Black Parrot Tulip Kakatua Hitam

loading...

Black Parrot Tulip Kakatua Hitam. Tulip saya nomer dua yang sudah mekar adalah Black Parrot (Tulip Kakatua Hitam). Tahun lalu saya menanam tulip hitam “Queen of Night” nah tahun ini pengen sesuatu yang berbeda, jadi saya nanam yang jenis parrot.

Saya menanam bibitnya tahun lalu 7 November 2013, mulai terlihat bakal bunganya Maret 2014, jadi butuh waktu sekitar 4 bulan. Saya menanam black parrot ini bersamaan dengan bibit krokus, mau coba-coba kombinasi siapa tahu bagus kan 😀 .

Black Parrot Tulip Kakatua Hitam. Nanam bibit tulip hitam black Parrot. Setelah 2 bulan mulai terlihat pertumbuhannya

Nanam bibit tulip hitam black Parrot. Setelah 2 bulan mulai terlihat pertumbuhannya

Potnya saya taruh diloteng selama 2 bulan, karena kalau taruh balkon akan sering kena hujan (umbi/bibit bisa busuk). Pada musim dingin diloteng rumah tidak jauh beda dinginnya seperti diluar rumah, hanya beda 2-3 derajat C.

Awal Maret mulai terlihat bakal bunganya, warna awal hijau, saya kira tulip hijau

Awal Maret mulai terlihat bakal bunganya, warna awal hijau, saya kira tulip hijau

Tulip Parrot dikenali dari daun mahkota mirip bulu unggas. Jenis Parrot sebanyak 99% merupakan perubahan dari jenis-jenis Tulip yang lain. Konon ada teori yang mengatakan daun mahkota seperti ini disebabkan pemisahan daun mahkota yang tidak sempurna.

Jenis yang ada sekarang memiliki batang yang kuat, sedangkan jenis yang ada pada zaman dulu memiliki batang yang lemah. Warna bisa bermacam-macam, tapi di bagian tengah daun mahkota pasti terdapat bercak-bercak warna hijau. Jenis ini sangat rentan terhadap cuaca buruk dan harus ditanam di tempat yang terlindung. Tinggi tanaman sekitar 31-41 cm.

Pertumbuhan Tulip Black Parrot. yang berwarna putih dan ungu adalah bunga Krokus

Pertumbuhan Tulip Black Parrot. yang berwarna putih dan ungu adalah bunga Krokus

Berhubung sudah 4 bulan ya, supaya cepat berbunga, saya bantu (percepat) pertumbuhannya dengan menaruhnya dibawah “growing lamp” selama 2 minggu. Cuaca mulai hangat, saya butuh pot-pot tulip untuk menanam bibit-bibit musim berikutnya (bunga musim panas), jadi saya pengen tulip-tulip cepetan yaaa berbunga, pot-pot kalian sudah ditungguin tuh :mrgreen: hahaha.

Beberapa pot tulip saya taruh dibawah Growing Lamp supaya cepat pertumbuhannya. Lampu saya nyalakan kalau malam saja

Beberapa pot tulip saya taruh dibawah Growing Lamp supaya cepat pertumbuhannya. Lampu saya nyalakan kalau malam saja

Awalnya saya agak sebel pas lihat bakal bunganya, ko berwarna hijau sih? 😕 Padahal saya nanam bibit tulip hitam. Ternyata awalnya memang warna hijau dulu, lalu akan berubah menjadi hitam. Perubahan warna menjadi hitam dimulai dari tepi bunganya.

Black Parrot Tulip dari warna awal hijau kemudian berubah menjadi hitam

Black Parrot Tulip dari warna awal hijau kemudian berubah menjadi hitam

Jangan lupa ya kalau mau menanam tulip, waktu terbaik mulai September hingga Desember, ketika cuaca mulai dingin. Cuaca dingin merupakan sinyal untuk bibit-bibit bunga musim semi tumbuh. Kalau nanam di negara yang tidak ada musim dinginnya, maka bibit-bibit tulip harus di “cold treatment” dulu alias disimpan dikulkas selama 3-4 bulan, setelah itu baru bisa ditanam.

Black Parrot Tulip. Foto 14.03.2014

Black Parrot Tulip. Foto 14.03.2014

Kalau menanam bibit-bibit tulip di pot, penyiraman sedikit saja, kalau sudah mulai tumbuh baru siram lebih banyak. Penting diketahui  jangan sampai tulipnya kena hujan terus menerus karena umbinya (bulb) bisa busuk.

Late Blooming Tulips. Tulip Black Parrot

Late Blooming Tulips. Tulip Black Parrot

Tulip hitam Parrot setelah mekar sempurna warnanya mencolok, tepi bunganya mirip bentuk bulu unggas, melengkung, bengkok atau bergelombang. Jenis ini sensitive terhadapa cuaca basah (jangan kena hujan kali yaa), merupakan bunga potong yang sangat baik.

Tulip kakatua sudah ada sejak tahun 1665. Tanaman ini hanya dihasilkan dari mutasi, tulip tersebut tidak pernah direproduksi dari biji. Varietas terdahulu terlalu lemah untuk berdiri tegak karena bunga-bunganya begitu berat, jadi posisi bunga tergantung, agak jatuh.

Merupakan persilangan dari Darwin, Triumph, dan tulip Single Early telah menghasilkan tulip kakatua yang indah. Hebat sekali ya ahli botani (yang pekerjaannya menyilangkan tanaman dan bunga-bunga) <3 .

Slide show foto-foto Black Parrot Tulip

untuk ke halaman berikutnya klik Next/Lanjut

Advertisements

70 thoughts on “Black Parrot Tulip Kakatua Hitam

  1. Tulipnya keren,,,saya pingin banget nanam yg triumph?ada bibitnya kah? Bisa kirim ke semarang? Harga n ongkir berapa?

  2. Gw baru tau kalo ada tulip kakak tua hitam :-0 btw kak kok blogroll di tempat gw ngak jalan yaaa yg punya kakak, ngak naik keatas kalo ada postingan. Kayak nya gw mesti hapus trus add lagi 🙁

  3. baru tau lho ada tulip model ini
    nggak kayak tulip yg umum ya.., cantik dan unik

    btw, Nel di blogroll kk posting baru nggak muncul, ( sama kayak blognya Noni) yg keliatan masih posting emoticon di wp, makanya ketinggalan banyak nih

  4. Ketelatenan luar biasa untuk menghadirkan black parrot, trim ya Jeng Nella berbagi keindahan kami menikmati dari cerita dan fotonya. (termasuk keelokan cheri-nya).
    Semakin memahami keketatan jadwal penanaman pada negara 4 musim.
    Salam hangat

  5. Duh, ini warna bunga nya rada anti mainstream gitu yah Nel…
    Biasanya bunga kan warna nya cerah ceria atau lembut menggoda gitu…

    Ini kok warnanya gelap, tapi tetep keren yah 🙂
    Sepertinya aku baru lihat deh bunga warna begitu..

  6. hijau-merah keunguan-merah kehitaman. benar benar eksotik perubahannya ya mbak :). coba kalo benar benar hitam legammm tambah eksotik mistis……. 🙂

  7. ngaruh ga sih tulip yg ditanam di indonesia ga segede seperti di luar negeri kak? tulip2 ku ga gede bunganya, apa karena aku tanam di daerah tropis ya? tangerang super hotttt sama lah kyk Jakarta

    • Hai Wita ada bbrp faktor, misal:
      ●tergantung ukuran potnya dan juga media (tanah) yg digunakan. Potnya kecil bunga juga kecil krn akar hanya dapat nutrisi sedikit, klo yg liar atau ditanam ditaman2 besar bunganya krn akar bisa leluasa cari makanannya.
      ●Tergantung ukuran bulb nya semakin besar ya bunga juga akan besar. Ada bulb ukuran 10 cm, 12, 14 cm.

  8. wah, baru tau ada bunga tulip warna hitam, bisa mekar lagi. taunya tulip cuma warna kuning trus bunganya kuncup. hehehe…

  9. mbaakkk, cantiiikkk ih. Aku baru tahu ada tulip warna gelap begini. Kesannya cantik tapi misterius. Eh, apa kebalikannya, ya? 🙂
    Setahuku tulip ya warna kuning doang, hihihi….

  10. awalnya dari judul kirain mau ngomong burung nggak taunya nama jenis tulip hahahha
    tulipnya beda yah sama yg biasa diliat, ini kesannya misterius gitu dari bentuk kelopak sama warna 😀

  11. Mbak nell, q mau ty ne. Apakah nanam crokus itu susah, seperti nanam tulip jg ya? Trims ya mbak nel.

  12. Kok unik gitu ya, dari hijau menjadi hitam…. Biasanya kan hijau ke kuning, cokelat, atau merah. Yah, namanya juga black parrot ya, hehe….

  13. Mbak Nel, bunganya cantik bgt yaa.. Warnanya juga unik. Ahh seneng deh liatnya, mudah2an nanti kl pindah ke rumah yang ada halamannya bisa nanam tanaman cantik kayak punyamu mba 🙂

  14. Berarti sebenarnya tanaman yang ditanam di negara 4 musim bs di tanam di negara tropis dengan syarat mesti di cold treatment dulu 3-4 bulan di kulkas ya? Ini berlaku utk semua jenis tanaman mbak?

Comments are closed.