May 29, 2020

7 Hal Menarik Mengenai Komentar Blogku

7 Hal Menarik Mengenai Komentar Blogku. Hai sobat bloger dan kamu pembaca setia blog saya ini, kali ini saya mau cerita mengenai tipe komen unikΒ dan menarik di blogku ini:

7 Hal Menarik Mengenai Komentar Blogku

1. 28 des 2017 saya balas beberapa komen. Ada dua komen dari Mayang dan Yosefin komen pertama. Untuk komentar pertama kali di blog saya ini memang akan saya moderasi dulu. Eh 2 hari kemudian ko saya terima komen moderasi Yosefin lagi, pas saya lihat komen-komen balasan saya ternyata yang untuk Mayang dan Yosefin ko hilang balasannya.

Padahal saya nulis komen agak panjang pula untuk mereka. Pada 3 jan 2018 setelah balas banyak komen lain, langsung saya kopi paste dulu ke word, daripada hilang lagi kan πŸ˜€ . Baru pertama kali saya mengalami balasan komen hilang begini, entahlah apa karena waktu itu saya lagi urusin pindahan hosting jadi ada pengaruh ke situ.

Ada yang aneh lagi, hampir 9 tahun ngeblog baru pertama kali ada komen (baru) yang bisa hilang dari salah satu tulisan saya. Waktu saya ngeblog di wordpress.com kejadiannya. Jadi ada komen pertama, ya saya moderasi dulu kan. Tapi karena saat itu saya tidak lihat dari komputer, saya belum loloskan komennya. Untuk komen moderasi begitu, biasanya akan saya cek ip address nya dulu di google, kalau ada informasi ip ybs adalah spammer tidak akan saya loloskan. Nah besoknya pas saya mau lolosin eh komennya malah hilang. Pikirku ybs kesel kali ya kelamaan saya tahan komennya haha. Saya malah jadi penasaran bagaimana caranya bisa hapus komen kita di blog lain sih?. Saya coba cari tahu utak atik wp reader tidak ketemu caranya sampai sekarang.

2. Buat yang rajin komen sana sini (via blogwalking) kalau tujuannya untuk naiikin rangking blog, jaman sekarang hal tersebut tidak berlaku lagi. Banyak sekali blog sistem komennya sudah nofollow, jadi blog yang kita komenin menyampaikan informasi ke google untuk tidak merangking blog yang komen tersebut.

Kalau jaman dulu kan katanya banyakin komen di blog yang PR nya tinggi, saat komen kita ada di blog PR tinggi ini maka rangking blog kita akan ikutan naik, sekarang tidak tidak berlaku gitu yaa. Namun kalau kamu mau dapatin sedikit trafik saat blogwalking masih berlaku, apalagi kalau komenmu unik yang bikin pembaca penasaran nah bakalan dapat banyak trafik, misalnya waktu saya komen di tulisan terbarunya Trinity yang membahas pengalaman Trinity ikutan kencan online.Β Saya berbagi sedikit pengalaman saya juga melalui komentar.

Selama 2 hari berturut-turut blog saya ketiban rejeki dapat 100 an pegunjung. Hari ketiga saya komen lagi memberitahukan link tulisan pengalaman saya ikutan online date. Soalnya saya mikir mereka yang mampir mau baca tulisan saya kan. Saya tidak mengerti membuat feature post, bikin tulisan lama saya tersebut muncul di bagian depan. Ya sudah saya komen lagi deh ke blog mba Trinity. Sampai saat ini hampir 1 bulan blog saya tetap dapat pengunjung (back link) dari blog mba T. Nih rejekinya kalau komen di blog terkenal dan tema yang masih jadi hot topik orang asia, yakni soal bule! Haha.

Baca juga: Mereka yang Nyasar ke Blog Saya – Tema Bule

3. Buat yang suka hanya kasih like di tulisan saya, jujur nih ya saya tidak pernah cek like dan tidak mengunjungi balik yang like, karena memang tidak tahu dan tidak pernah lihat jumlah like. Notif like ke email saya matikan karena membuat penuh inbox.

Jadi kalau mau colek saya, menyapa saya dan pengen dikunjungi balik (saya komen di tulisanmu) sapalah saya melalui kolom komentar ya. Sebisa mungkin saya kunjungi balik kamu, kalau tidak sesaat setelah kamu komen, mungkin di komen berikutnya saya ingat belum mengunjungi balik blogmu.

Tahun lalu pernah fasilitas like ini saya matikan, karena saya lebih suka komen ketimbang like. Alasan terbesar saya mematikan like saat itu, saya tidak percaya kamu sanggup baca tulisan saya dalam waktu 3 detik haha πŸ˜† . Saya pernah ngetes beberapa kali soalnya, masah setelah 3 -5 detik tulisan saya terbitkan sudah ada like. Saya sampai hapal bloger ini karena lihat gravatar like dia di banyak blog yang saya kunjungi. Like doang ya tidak ada komen bo!.

Bahkan tulisan kemalangan ada bloger yangg anggota keluarganya meninggal di like juga?. Kalau ada yang meninggal bilang ikut berbela sungkawa lebih bijak ketimbang di like kan. Apa susahnya nulis Inna lillahi wainna ilaihi roji’un,Β  turut berdukacaita, Mein Beileid, my deep condolences dsb nya. Kalau misal jari-jari kita kaku, mulut kering tidak bisa mengucapkan bela sungkawa, ya sudah tutup ada tulisannya tanpa meninggalkan jejak cuma β€œlike”.

Jangan kasih like kalau belum baca tulisannya, ya daripada salah kan, masah mengenai kemalangan ko malah di like toh? πŸ™ . Akhirnya saya mengaktifkan lagi fasilitas like karena di tahun 2017 dapat sekali post paid, lalu setelah seminggu tulisan di posting ditanyain, “.. dapat berapa komentar dan berapa like tulisannya?. β€œ.

Mampus!” pikir saya saat itu, wong fasilitas like saya tidak aktifkan kan. Saya buka postingannya lah ko ternyata banyak like nya πŸ˜† . Jadi ya walau kamu non aktifkan like di tulisan, dari wp reader itu bisa kasih like tanpa ybs berkunjung ke blog/tulisanmu. Ya sutralah sejak saat itu saya aktifkan lagi like di blog saya, soalnya percuma tetap aja muncul kan walau sudah di nonaktifkan πŸ˜‰ .

Saya tidak sengaja lihat like biasanya saat saya mengedit tulisan lama, melihat-lihat judul yang popular 3 bulan terakhir atau setahun terakhir misalnya. Saat blogwalking sayapun jarang sekali memberikan like. Kalau tulisan yang saya baca menarik buat dikomentarin, ya saya lebih suka komen. Kalau sudah komen ngapain di like lagi kan?. Ada beberapa bloger (makin kesini makin banyak) yang tulisannya ditutup komennya ya, pasti mereka punya alasan tersendiri sih. Saya jarang kasih like juga, karena saya lebih suka bawel ketimbang nge like πŸ˜€ .

Baca juga tulisannya Shiq 10 Tipe Komentar Blog dan Cara Meresponsnya.

4. Bagi kamu bloger baru. 6 bulan, atau baru setahun ngeblog, konon katanya blogwalking bisa cepat membuat blog kita cepat terkenal. Nah kalau tujuan kamu bw mau juga tulisanmu di komentari, janganlah berharap banyak kalau setiap blog yang kamu komenin bakalan komen balik.

Saya ingat banget belum lama ini ada bloger baru yang curhat di blognya mengenai dia komen di banyak blog tapi tidak ada yang komen balik di blog dia, jadi bw ya cuma nambah sedikit trafik dan bukan komen baliknya tulis dia. Ibaratnya dunia nyata, di dunia mayapun mencari teman berdasarakan kecocokan kali ya. Ada yang blog yang cocok dengan selera/kesukaan kita jadi mudah dikomenin, ada blog yang tulisannya memang menarik banget/mudah dikomenin karena topiknya yang asyik, ada pula blog/tulisan yang enak buat dibaca saja.

Komen di blog lain memang menyita waktu, kalau kamu banyak komen sana sini ternyata tidak dapat komen balik. Cobalah tes 3-5x di blog yang sama. Lihat kalau pemilik blognya mengunjungi balik, berarti kamu sudah dapat teman buat membuat lingkaran pertemanan saat berkomentar, nah saat komen di blog lain ternyata gayung tidak bersambut, jangan berkecil hati, carilah teman yang lain.

Di blog saya ini lumayan banyak komentator setia, jadi saya ada plugin khusus buat menampilkan top komentator sebagai rasa terima kasih πŸ˜‰ . Bisa lihat sisi kanan atas postingan ini. Daftarnya saya atur di reset setiap tahun. Saya aktifkan juga nama para top komentator tersebut bisa diklik ke blog mereka. Buat kamu yang ingin mencari teman baru yang rajin komen balik bisa kunjungi dan komentar deh di blog mereka.

5. Merasa pernah komen di tulisan saya namun tidak muncul?. Kalau baru pertama berkunjung dan berkomentar di blog saya memang akan saya moderasi dulu. Kriteria saya meloloskan komentar adalah: jangan numpang terkenal melalui blog saya kalau blogmu adalah olshop! πŸ˜› πŸ˜† . Jualan daster, seprai, obat kuat, obat herbal, obat jerawat, ebook, ayam goreng, mlm dsbnya.

Kalau mau promosi blog jualan, gunakan iklan facebook misalnya, atau google adword. Saya pernah ko beberapa kali pakai adword buat promosi, lebih efektif dibantuin sama google promosinya, ketimbang jorjoran komen di banyak blog malah beresiko bolak balik blogmu ditandai spam.

Pernah sampai ada 3 komen baru dari orang sama, salah satunya nanya kenapa komen dia tidak muncul, padahal setelah tekan enter ada pemberitahuan kena moderasi kan. Tidak saya lolosin karena alasan saya diatas πŸ˜‰ . Kalaupun model komen spam saya loloskan, akan saya hapus link promosinya, namun kalau saya cek ip address atau url webnya di google dan dinyatakan spammer, ya terpaksa saya arahkan dong ke kotak spam saya. Oh ya bahkan yang komen asal aja “wah mantap!” lalu kasih link tulisan dia di kolom komentar, nih saya tandai juga sebagai spam.

Baca juga tulisannya Maxmanroe Inilah 6 tipe pengunjung blog. Anda termasuk yang mana?. Tipe no 2 sampai 6 ada komen di blog saya πŸ˜€ .

6. Saat mau komen kolom komennya ngeblank putih atau hitam?. Saya pernah beberapa kali mengalami hal ini saat BW. Kalau kamu mengalami hal yang sama, coba di refresh saja, kemungkinan koneksi internetnya lagi down.

error saat mau komentar di blog
Mau komen saat blogwalking, kolom komen error begini. Coba di refresh aja

7. Masih susah tidak sih komen di blog saya melalui handphone?. Bisa colek saya di twitter-ku atau kirim email via form kontak di blog saya ini, bikin screen shotnya juga kalau error saat komen. Kalau memang banyak yang susah komen di blog saya, nanti saya coba tanyain lagi support wordpress atau Jetpack nya. Waktu itu sih pas lapor support Jetpack terakhir kali, disuruh debug wordpress, lalu beres deh πŸ˜‰ .

Kalau mau komen di tulisan saya komen aja, tenang saja sayaa gigit ko haha. Komen lebih asyik ketimbang cuma kasih like kan. Namun apapun juga pilihanmu, baik komen atau like makasih yang sudah sering mampir ke blog saya πŸ˜‰ .

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

69 thoughts on “7 Hal Menarik Mengenai Komentar Blogku

    1. Apa penyebab malas komentar Yos? πŸ˜€ apa artikelnya yg ga menarik, ga ada waktu atau ga kenal sama pemlik blognya?. Klo aku belakangan mulai jarang bw krn ga ada waktu, maaf ya klo aku ga langsung mampir ke blogmu πŸ˜‰ .

  1. i love it…saya baru tau pas baca ini … makasih sharingnya yaa.. secara saya lagi belajar blogging baru aja berumur 3 hari… sedang BW nih mencari pencerahan dan ilmu ttg blog .. keep inspiring others

    1. Hai Dona salam kenal, semoga semangat ngeblognya πŸ˜€ . Btw gravatarmu dikasih foto dong, supaya ga dikira spammer hehe, tadi komenmu masuk kotak spam, dan kebetulan kotak spam ini 2 hari terakhir entah kenapa jd banyak, untung saya baca satu persatu mana komen spam atau tidak πŸ˜‰ .

      1. hi Salam kenal juga, Emaknya Ben… gitu yah.. masih newbie nih… pelan2 gak tau caranya…kudu ngulik2 terus biar terbiasa sama lay outnya tampilan ini dan itu… sip masukkannya,,, hihihi… mohon bimbingannyaa…thx

      2. hi… salam kenal Emaknya Ben … gitu yaa.. karena masih newbie masih hrs bnyk ngulik2 biar ngerti cara kerjanya dan biasa ama lay outnya… makasih utk inputnya yaa…

  2. Di blog aku juga ada tuh mbak. Setiap aku post pasti langsung dilike. Itu termasuk spammer gak ya mbak?

    Etapi aku juga beberapa kali like aja loh ditulisan mbak nella. Tapi aku baca loh ?

    1. Hai Nie, spammer yg rusia ini ngelike di komentar aja, ga ada gravatarnya. Klo disorot like ybs ada like web. url sexy gitu. Eh yg baru kita posting trus sdh dpt like, tuh dia memang tukang like doang dimana-mana πŸ˜€ .

  3. Haiii kak Nella…bener banget, aku juga paling males untuk approve komen2 iklan gitu atau komentar yang berkonotasi negatif, bersifat SARA atau yang menggunakan username berkonotasi negatif/SARA…pasti ga aku approve…

    1. Hai Laxmi salam kenal ya πŸ™‚ . Klo komen sara sih seingatku aku belum pernah terima, tp klo iklan jualan sering bangettt huhu. Bahkan kadang ada komen panjang eh ujungnya ada link jualan juga πŸ˜† .

  4. App Feedly itu subscribe Feed RSS ngga tau apa itu feedbruner, kurang paham.
    Iya karena liked posts akan muncul di sidebarku makanya kadang aku klik tombol like πŸ™‚ menguntungkan juga bagi blog yang postnya aku like karena judul postnya nampang di sidebarku kan….
    Komen di mbak dari notif WP kok nggak bisa kekirim ya? Harus buka webblognya mbak, udah gitu submit komennya laaaamaaaaaaa bingits >,<

  5. Kadang aku kasi like supaya bisa baca ulang artikel itu sebagai referensi. Karena post yang aku like akan muncul di side bar blog aku sebagai favorit post.
    Selain itu pembaca blogku pun jadi tau artikel apa yang akhir-akhir ini aku baca dan aku sukai πŸ˜‰
    Btw sekarang aku nyoba baca blog mbak pakai app Feedly lho πŸ˜€

    1. Hai Intan, wah aku baru tahu mengenai like tsb bisa muncul di sidebar, soalnya aku ga keluarin widget tsb sih πŸ˜‰ . App feedly awalnya yang kamu subs dari kolom animasi (feedbruner) dibawah artikel bukan?. Bbrp minggu lalu sempat kaget dapat 20 subscriber sekaligus, ga tahu pasti apakah dari animasi (feedbruner) dibawah artikel atau dari versi AMP/mobile πŸ˜€ .

  6. Faktanya, aku komen sering ke banyak blog, memang krn aku suka blognya, dan tujuan utama, pgn nambah temen aja :D. Ga berharap dia mau BW balik lah..apalagi kalo blog terkenal kyk trinity, ato seleb bkog lain hahahah :p

    Makanya aku jg sebel mba, kalo ada yg komen singkat ga nyambung pula di blogku. Kalo moodku lg jelek, lgs aku tendang spam itu.

    Aku pake wp, tp jujurnya gaptek lah soal like , apalagi ngutak ngatik jeroannya. Malah ga tau samasekali gmn install si like itu hahahaha.. Toh aku jg lbh suka baca :p

    1. Hai mba Fan, klo bw ke blog rame & terkenal sih ga ngareplah dikunjungi balik, mereka org sibuk kan. Dimunculin aja komen kita sdh bersyukurlah πŸ˜‰ . Hahaha sama aku juga suka kesel, komen cuma “bagus, keren, bermanfaat, terima kaish sudah berbagi” lalu pakai kasih link promosi, ya ku tandai spam dong πŸ˜€ .

  7. Iya, dikomentari lebih asik. Jadi tau kira kira bagian pembahasan mana yang banyak diminatin atau direspon.

    Sebaiknya kalo komentar yang ikhlas. Jadi ketika gak dikomentarin apalagi gak dikunjungi balik gak kecewa apalagi sampe sakit hati dan berakhir dendam. Hiih ngerii…!

    Karena setiap orang pasti punya selera dan alasan kenapa gak ngunjungin balik apalagi ngomentarin.. Yah.. Gitu dah.. ??

    1. Diatas kamu Glen komen spam haha .. komen pertama cuma bilang “Mantap.. Lanjutkan” trus naruh link promosi dia. Sebel model komen begini. ybs pasti baca palagraf awal aja deh, klo baca sampai habis dia pasti lihat tulisanku mengenai komen spam πŸ˜€ .

  8. Di blog ku skrg ada juga kak yang cuma like doang πŸ˜€ Kadang bingung, baru terbit dah like..hihihi..

    Akuhh senaaang blogwalking.. Apalagi semenjak bbrp teman sudah hampir2 ga pernah update blog. Jadinya kesana kemari deh nyari2 lagi yg sreg dihati πŸ˜€

    1. Hai kak Monda, like dia dimana-mana kak .. cuma like doang πŸ˜€ . Mungkin maksudnya supaya terkenal kali ya πŸ˜€ . Pdahal aku sih biasanya saat bw malah lebih perhtaikan bloger yg komen, lalu ku mampir deh ke blognya.

  9. saling menuliskan komen, bagian dari apresiasi atas postingan yang kita baca ya Jeng, juga membuhul persahabatan meski terpisah jarak.
    Sementara ini saya masih sulit komen postingan Jeng Nella dari hp padahal dulunya nggak masalah. Ya sudahlah menikmati postingan Jeng Nella saat buka laptop hehe. Salam hangat

  10. poin no 4 emang menggelitik kadang pembaca di blogku pun juga sama mereka lebih suka silent reader tapi pas jumpa mereka tahu apa yang saya lakukan. ini lebih engagement sih bagiku.

  11. kak nel, mau liat artikelnya via chrome kok gak bisa ya. padahal biasanya bisa. masuk langsung ke blognya kakak juga gak bisa.ini aku pake mozila baru bisa

    hahaha, ada namaku disebut di paragraf awal πŸ˜€

    aku jarang bw sih kak, soalnya emang bisa dibilang punya waktu yg terbatas banget buat bw

  12. Kalau aku memang tidak terlalu tertarik untuk menaikkan traffic blog karena pada dasarnya aku bikin blog untuk dokumentasi and belajar untuk lebih terbuka dalam menyalurkan ide dan pikiran ?, aku blog walking and ninggalin komen juga hanya untuk blogger2 yang memang sangat menarik untukku ( bloggers yang kusukai ) makanya komennya ya kebanyakan di blog2 yang sama ?. Jujur loh kak, di blog aku merasa lebih mudah dalam “bersosialisasi” dan lebih cepat akrab karena di dunia nyata aku sangat kaku kayak kanebo ???. Btw aku baru habis beli tanah buat pot, mau nanam cabe rawit hahaha semoga cabe rawitku tumbuh ya ?

  13. Hm..Hapus komen di blog lain nggak bisa mba Nel. Sudah rame dibahas di forum dan jawabannya saklek : harus yang punya blog yang ngapus. Ah. Andai seperti di WA grup yaa…wkwk

  14. Nella, apa kabar ? Lama gak saling sapa di blog.. Kebetulan kamu tulis soal ini, tahun lalu aku pernah komentar di beberapa tulisanmu tapi gak pernah dibalas.. Mungkin masuk spam atau gimana.. Setelah itu kayaknya kamu jarang posting juga karena hamil anak kedua.. Mau nanya soal ini baru dari dulu tapi baru keingetan sekarang.. Semoga komentar yg ini nyampe dgn selamat?

    1. Hai Emmy, kabar baik πŸ™‚ . Ga ada komen2 dari kamu Em. Waktu bulan sept. 2017 blogku bermasalah, banyak komen tidak masuk, ga ada juga di kotak spam. Awalnya kukira para teman2 bloger emang ga pada mau komen lagi, atau sibuk hehe.. sampai bbrp bloger kontak aku via form kontak atau colek di twitter, nanya kenapa komen2 mereka ga muncul, apa aku hapus (ya kaga dong). Nah tuh aku baru tahu kan masalahnya, dan tanya ke support wp deh lalu diberesin masalah komen ga muncul tsb.

  15. Aku juga baca tulisannya Trinity yg tentang Kencan Online, malah jadi tahu cowo2 Eropa macam apa yang bisa kugaet kak πŸ˜† Stereotype sih πŸ˜†

  16. Baru tau ada yang jualan pake blog ??
    .
    .
    Tapi emang greget banget klo mau komen di tulisan mbk Nella, serasa ngelewatin paspampres ??…apalagi tambah hape error tiba2 ?? tapi tetep seneng baca blognya walaupun harus klik link dulu baru bisa baca hehehehehe

    1. Hai Anna, nah nih kali langsung ada url blog kamu di komenmu nih πŸ˜€ .Semoga ga susah lagi deh komen di blogku ya, sdh pernah minta support wp sih thn lalu utk diperbaiki. Iya harus klik link dulu karena blog self hosted jd ga bisa baca langsung di wp reader. Btw bgm perkembangan urus visamu?. Cerita baru di blog dong πŸ˜‰ .

      1. Wkwkwkwkw mungkin karna hape gak error jadinya bisa login ke blog mbak… tapi gpp kok mbak wong cuma tinggal klik doank ??? klo udah niat pengen baca apapun pasti dilalui *cieilaaahhhh ??
        Ini masih nunggu mbak… baru minggu lalu apply. Semoga cepet selesaiiiii hihihihi..
        Hahahaha iyaaa nanti pasti nulis lagi pengalaman buat visa ?? ditunggu ya mbak…

  17. Blogwalking memang habisin waktu.
    Makanya harus dilakukan dengan Fun dan pake hati hehehe..

    Mau blog kita dikomenin orang, ya harus mau kasih komen dulu di blog orang lain.
    Take and give lah ya..

    Seperti biasa, tulisan kak Nela bikin spamer jedar jeder hahaha..
    Semoga setelah baca ini gak ada lagi yang spam ya kak..

    1. Bener bangett Glen mesti pake hati BW nya. Kalau anak2 lagi pada ribut main teriak2 ya terpaksa kusudahi urusan ngbelog dan bw krn drpd komen ga enak kan gegara kesel sama anak2 haha πŸ˜€ . Spammer tetap ada aja sih, sebulan sekali ya ggp deh πŸ˜€ .

  18. Saya suka dgn statement, jangan kasih like kalau belum baca tulisannya…
    Saya selalu upayakan hal seperti demikian Mbak.

    Apa kabar Mbak? Semoga baik-baik selalu di perantauan.

    Salam dari saya di Sukabumi,

    1. Hai mas Asa, iya sebaiknya baca dulu drpd salah tangkap kan. Kadang soalnya ada komen ga nyambung juga, dan saya bisa tebak, pasti nih ga baca tuntas, langsung komen πŸ˜€ . Kabar baik saya mas, cuaca masih dingin menggigil, sudah ga sabar mau berkebun :mrgreen: .

  19. Butuh 2 – 3 kali baca untuk saya bisa mencerna isi keseluruhan dari sebuah artikel. Dari situ, saya mulai mencoba memikirkan dan menyusun komentar seperti apa yang sekiranya cocok untuk disampaikan berupa rangkuman pemahaman dalam kalimat terbatas. Tahap proses menyusun komentar inilah yang rumit. Kalau tidak bisa tersusun juga dan artikelnya memang berkesan, biasanya, saya akhiri dengan nge-like saja. ?

    1. Wah sepertinya bacaan bang Omar kebanyakan blog berat isinya yaa πŸ˜€ . Btw menyinggung iklan WA di versi AMP nih, saya sudah tanya support wp, setelah bbrp hari balas2an akhirnya dikasih tahu klo utk self hosted pakai AMP memang WA tidak bisa tampil krn plugin masih dikerjakan sampai skrg. Jadi hanya wp.com versi AMP yg bisa muncul WA nya.

      1. Nggak juga, Nel… Saya hanya mencoba memahami makna tulisan dari sudut pandang si penulis. ?

        Jadi, blogger wp.org musti nunggu proses penyempurnaan plug in AMP… begitu ya? Lama-lama jadi curiga kalo AMP ini salah modus google supaya blogger pindah ke blogcepot. ?
        Kemaren baru baca kalo sekarang fitur ad blocker di Chrome di bikin lebih kuat lagi filternya. Tau dah gimana efeknya nanti sama earning ads.

        1. Katanya supportnya AMP di wp.com bisa lebih di kontrol gitu, mungkin krn punya sendiri kan. Sudah setahun belum selesai juga pluginnya, saya dikaish linknya disuruh ikuti updatenya di https://github.com/Automattic/amp-wp/issues/217 . Kalau saya mikirnya malah klo mau WA muncul di AMP sebaiknya pindah ke wp.com .. tp kan di wp.com ini klo ga di paket profesional ga bisa main 2 monetasi. Makin gila ya ad blocker ini. Oh ya saya pernah baca di forum gitu, sebaiknya nulis topik yg disukai mereka ga kenal ad block spt ibu2 dan bapak2 usia 55 tahun ke atas kan spt mamaku tuh baca ya baca dan ga tahu cara tutup iklannya haha.

          1. Iya ya, jadinya earning ads nggak pernah bisa maksimal meski ikut self hosted. Walau bisa 2 monetize di paket bisnis di wp.com, selisih jumlah pendapatan rada susah di dongkrak lebih tinggi, karena annual fee yang cukup besar. Mungkin itu salah satu strategi buat menghambat berkembangnya blog hoax.

            Ide menarik buat nulis topik bagi mereka yang nggak mengenal ad blocker… hihihi… ada2 aja ya… hahaha… ?

  20. Kalau saya sih, komen memang karena niatnya komentar. Bukan untuk jualan, hehehe πŸ˜€

    Tapi betul sih, kalo visitor komen sesuai dengan konteks blog kita, rasanya ada kesan tersendiri. Apalagi jaman sekarang sepertinya lebih susah dapat komen via blog dibanding komen di Fb dan socmed yg lainnya.

    Cheers πŸ™‚

  21. Blogwalking dan ninggalin komen emang banyak nyita waktu, makanya aku kalau mau blogwalking, sengaja nyari blog / konten yang temanya memang bener-bener menarik buatku. Jadi, meskipun menghabiskan waktu dan belum tentu ngaruh ke ranking/traffic/komentar di blog sendiri, at least I’m having fun πŸ˜›

    1. Benar banget Miss Mae, BW ini jadi salah satu hiburan tersendiri buat saya ditengah hiruk pikuk ngurus rumah tangga. Namun entah kenapa belakangan ini makin sedikit blog yg asyik tulisannya, mulai banyak yg jualan/promosi/post paid gitu deh πŸ˜€ .

      1. Alhamdulillah, udah bisa diakses Mbak. Pakai link AMP.

        Ini bikin ngakak nih:
        “jangan numpang terkenal melalui blog saya kalau blogmu adalah olshop! ? ? . Jualan daster, seprai, obat kuat, obat herbal, obat jerawat, ebook, ayam goreng, mlm dsbnya.”

        Saya sudah jarang blogwalking, ya paling ke blog maknya Benjamin aja kalo dapet notif new post, dan itu jug as kalo lg sempet baca, krn tulisannya ga pernah pendek ?

        1. Kalau besok2 ga bisa dbuka, dibelakang url blog tambahin /amp aja mas Tri. Tampilannya mnimalis banget sih tp kan yg penting isi postingannya bisa dibaca dg baik ya πŸ˜‰ . Tuh yg jualan saya sebutin pernah semua mas komen di postingan saya, nyebelin kan sebenarnya tujuan utamanya mau promosi jualan mereka πŸ˜€ . Saya klo sempat nulis seminggu sekali, jadi ya semoga ga pendek2 amat dong ya, kan sdh seminggu mempersiapkan postingannya haha.

          1. Saya sebulan sekali, tetep aja susah buat nulis panjang. Nanti dicoba thema tulisan yang beda. Dulu waktu agak senggang, sekarang agak repot, dan kalo tidak sekali duduk, idenya suka hilang, mungkin faktor U ?

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: