June 3, 2020

5 Tips Merawat Lidah Buaya Tanaman Hias Agar Subur

5 Tips Merawat Lidah Buaya Tanaman Hias Agar Subur. Lidah buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit.

5 Tips Merawat Lidah Buaya Tanaman Hias Agar Subur

Lidah buaya, kadang-kadang digambarkan sebagai “tanaman ajaib” adalah semak bertangkai pendek. Lidah buaya adalah genus yang mempunyai lebih dari 500 spesies tanaman berbunga sukulen. Lidah buaya banyak tumbuh secara alami di Afrika Utara. Banyak kegunaan Aloe vera dibuat dari gel yang diperoleh dari daun tanamannya.

Tulisan Terkini

Gel lidah buaya mengandung dua hormon: Auxin dan Gibberellins. Kedua hormon ini menyembuhan luka dan sifat antiinflamasinya mengurangi radang kulit. Selain itu, dalam pengobatan Ayurweda, Aloe digunakan untuk menyembuhkan secara efektif masalah kulit kronis, seperti psoriasis, jerawat dan eksim.

Video Mengenai Media Tanam Lidah Buaya Dalam Pot

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih Dengan Lidah Buaya

merawat lidah buaya agar subur
Sebelah kiri Aloe vera barbadensis yang daging buahnya tebal, sebelah kanan Aloe arborescens v. frutescens hanya untuk tanaman hias

Aloe yang bisa dipergunakan karena daging daunnya tebal adalah Aloe barbadensis Mill, sedangkan satu jenis Aloe saya lainnya yang namanya Aloe arborescens v. frutescens hanya sebagai tanaman hias, tidak bisa dipakai daunnya karena daging daunnya sangat tipis.

Tips Perawatan Tanaman Lidah Buaya Agar Subur:

  1. Pot tanah liat (terakota) yang berpori dapat membantu menjaga tanah tetap kering, namun ini pengalaman saya yang menanam di negara 4 musim. Kalau pakai pot batu atau pot tanah liat, aloenya kedinginan, apalagi saat malam hari dan taruh diluar, jadi yang awalnya pakai pot tanah liat saya ganti dengan pot plastik. Kalau lidah buaya kedinginan daunnya lama kelamaan akan menjadi kekuningan.
  2. Jika ditanam dalam pot, lidah buaya membutuhkan tanah yang cukup kering dan berpasir serta cahaya matahari yang cukup. Tanaman Aloe dapat “terbakar” jika terkena matahari yang terlalu kuat dan dapat mengerut jika tanahnya terlalu lembap.
  3. Taruh Aloe Vera di dalam rumah (untuk negara 4 musim). Saat summer bisa ditaruh diluar rumah, asalkan ditempat yang ada naungannya (jangan tempat terbuka). Berdasarkan pengalamanku, kalau terkena angin kencang. Daunnya akan berubah menjadi kuning.
  4. Penyiraman tanaman lidah buaya hanya disarankan setelah tanah sudah benar-benar kering. Jangan Terlalu Sering disiram. Cukup seminggu sekali. Saat musim dingin lebih jarang lagi disiramnya. Bisa setiap 2-4 minggu sekali. Aloe vera daging daunnya tebal dan menyimpan air, makanya tidak perlu terlalu sering disiram.
  5. Pupuk Teratur. Baca aturan pakai pemupukannya. Sebaiknya gunakan pupuk untuk tanaman hijau bukan untuk tanaman berbunga.
tanaman lidah buaya
Aloe Vera ku jaman dulu nih 14.09.2012 cakep ya bentuknya sayang sudah mati hiks

Baca juga: Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya

Video 5 Tips Perawatan Tanaman Lidah Buaya Agar Subur

 

Demikianlah share saya mengenai : 5 Tips Merawat Lidah Buaya Tanaman Hias Agar Subur, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini juga mendapat pencerahan yaa jika ingin merawat tanaman lidah buaya.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta berkebun lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tonton juga:  Apakah Air AC Air Conditioner Aman Disiramkan ke Tanaman?

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: