3 Tanaman dengan Satu Nama Kenapa Bunga Wijaya Kusuma dianggap Epiphyllum? Bikin Bingung Anak Cucu

3 Tanaman dengan Satu Nama Kenapa Bunga Wijaya Kusuma dianggap Epiphyllum? Bikin Bingung Anak Cucu. Tanaman bunga Wijaya kusuma kepiting dianggap Wijaya Kusuma Epiphyllum padahal masuknya kaktus Natal (Christmas cactus) alias schlumbergera alias Crab Cactus (kaktus kepiting kalau mau diterjemahkan).

Mungkin pembaca ada yang mempunyai ketiga tanaman yang saya ingin bahas berikut ini, atau punya salah satunya?, semoga postinganku berguna dalam menjawab salah paham yang ada selama ini.

3 Tanaman dengan Satu Nama Kenapa Bunga Wijaya Kusuma dianggap Epiphyllum_ Bikin Bingung Anak Cucu

Nama boleh sama namun tanamannya berbeda. Epiphyllum, kaktus kepiting dan Pisonia grandis var silvestris

Ternyata bunga wijaya kusuma yang di Indonesia berbeda dengan genus Epiphyllum.

Bunga Wijaya kusuma di Indonesia itu yang dianggap tanaman keraton nama ilmiahnya Pisonia grandis var silvestris. Pisonia grandis, adalah spesies pohon berbunga dalam keluarga Bougainvillea, Nyctaginaceae. Saya nyari di Jerman tidak nemu dijual online haha.

Tulisan Terkini

Pohon Wijayakusuma ini menjadi simbol legalitas keraton-keraton Jawa. Spesies inilah yang pada tahun 1970 diambil dari pulau Nusakambangan oleh utusan Presiden Soeharto karena terpengaruh oleh mitos dan legenda yang tersebar di kalangan keraton bahwa siapa saja yang menanamnya akan menurunkan para raja Jawa. (sumber: biodiversityru4.com)

Daun dan bunga Pisonia grandis

Daun dan bunga Pisonia grandis. Pada foto tidak ada keterangan var silvestris. Sumber foto: Von Forest & Kim Starr, CC BY 3.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=6186100

Tanaman Epiphyllum (misalnya Epiphyllum oxypetalum) yang selama ini dianggap sebagai bunga wijaya kusuma disebut juga bunga Wiku sebenarnya berasal dari Meksiko, termasuk jenis tanaman kaktus yang mempunyai kelas dicotiledoneae. Nama lain Epiphyllum adalah orchid cacti atau jungle cacti tidak umum ya nama tersebut di tanah air.

Epiphyllum hidup di lingkungan hutan hujan tropis yang lembap. Meskipun begitu, tidak semua jenis tanaman ini bisa berbunga karena hal ini dipengaruhi oleh keadaan iklim, kesuburan tanah juga cara pemeliharaan, bahkan ada yang butuh 10,20 atau 30 tahun baru akan berbunga.

Kalau lihat pencarian di google atau para penjual tanaman hias online di Indonesia kita cari „wijaya kusuma“ keluarnya informasi tanaman genus Epiphyllum.

Jadi kalau kamu mau cari (beli) pohon wijaya kusuma asli Indonnesia yang konon keramat itu namanya, carilah dengan kata kunci: pohon wijaya kusuma keraton, bunga wijaya kusuma keraton atau wijaya kusuma keraton nama ilmiahnya Pisonia grandis var silvestris.

Pohon Wijayakusuma Kraton (Pisonia Grandis var Silvestris) yang selama ini dijadikan simbol kedigdayaan para raja di Jawa merupakan tanaman langka karena hanya tumbuh di batu karang di Asia Pasifik. (sumber: krjogja.com)

Baca juga: Apakah Air AC Air Conditioner Aman Disiramkan ke Tanaman?

Mitos bunga wijaya kusuma keraton. Dalam mitologi Jawa, tumbuhan ini dianggap pohon sakti dan dapat menghidupkan orang mati. Kalangan masyarakat Yogyakarta dan Surakarta, khususnya keraton, percaya bahwa seorang raja yang akan naik tahta haruslah memiliki bunga wijayakusuma sebagai syarat. Bunga ini juga dipercaya sebagai pusaka keraton Dwarawati titisan Wisnu sang pelestari Alam, Batara Kresna

Kebingungan pertamaku: Di wikipedia Indonesia nulisnya Wijaya Kusuma dan ada mitos seperti saya tulis diatas tapi gambarnya Epiphyllum oxypetalum bagaimana tidak bikin bingung masyarakat?. Emang sih di judul „wijaya kusuma“ ada dalam kurung (bunga), sedangkan wijaya kusuma asli di Indonesia itu bentuknya pohon.

Kebingungan keduaku: Beberapa tulisan atau bentuk E-book membahas tanaman keramat Pisonia grandis var silvestris namun semua fotonya pakai foto Epiphyllum. Hal ini akan membuat bingung anak cucu di kemudian hari, apalagi kalau mau membuat jurnal penelitian, tentunya harus banyak riset baca sana sini kan.

Kalau kamu pehobi baru tanaman genus Epiphyllum bisa bergabung ke grup Epiphyllum Indonesia

Kalau kamu pehobi tanaman genus schlumbergera alias kaktus kepiting bisa bergabung ke grup schlumbergera Indonesia 

Epiphyllum oxypetalum yang di Indonesia dikenal dengan nama bunga Wijaya kusuma

Epiphyllum oxypetalum yang di Indonesia dikenal dengan nama bunga Wijaya kusuma. Sumber foto
Von Elisa Arteaga from Caracas, Venezuela – Epiphyllum oxypetalum, CC BY-SA 2.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=3077326

  • Bunga wijaya kusuma kepiting = kaktus Natal (Christmas cactus) genus schlumbergera nama lain Crab Cactus (kaktus kepiting). Wijaya kusuma kepiting nama yang sering digunakan di Indonesia, padahal Schlumbergera tidak termasuk grup wijaya kusuma (Epiphyllum). Mari biasakan menyebutnya kaktus kepiting.
  • Bunga Wijaya kusuma hanya untuk genus Epiphyllum atau hybrida dalam suku Hylocereeae. Kenapa masyarakat pehobi di Indonesia tidak biasakan menyebut bunga atau tanaman Epiphyllum saja agar tidak bingung dengan pohon keramat sebenarnya.
  • Pohon Wijaya Kusuma (keramat) yang asli Pisonia grandis var silvestris, sering disebut juga bunga Wijaya Kusuma, karena tanaman tersebut ada bunganya?.

 

Kaktus Natal (Christmas cactus) alias schlumbergera alias Crab Cactus (kaktus kepiting)

Kaktus Natal (Christmas cactus) alias schlumbergera alias Crab Cactus (kaktus kepiting). Di Indonesia dikenal sebagai bunga Wijaya Kusuma kepiting. Sumber foto https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Cactus_de_no%C3%ABl_rev.jpg#/media/File:Cactus_de_no%C3%ABl_rev.jpg

Semoga pembaca tidak bingung ya haha. Bagi yang jualan juga seharusnya jujur, informasi tanaman yang dijual pasanglah foto yang sebenarnya. Pembeli juga hati-hati banyak penipuan penjual tanaman online di Indonesia khususnya yang Epiphyllum, di pasang foto bunga xxl nyatanya dijual bunga s, atau yang dikirim kaktus kepiting, parah banget! 😀 ; yang dijual Epiphyllum jenis mahal dikirim yang murah meriah 😆 .

Sumber bacaan:

 

Demikianlah postingan saya kali ini mengenai 3 Tanaman dengan Satu Nama Kenapa Bunga Wijaya Kusuma dianggap Epiphyllum? Bikin Bingung Anak Cucu. Kalau kamu baru pertama kali berkunjung ke blog saya dan suka tulisan ini silakan subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: Klik disini semua postingan kebun emaknya Benjamin

4 Comments

  1. Emaknya Benjamin br. Silaen November 4, 2021
  2. Omar Ramlee November 3, 2021
  3. Emaknya Benjamin br. Silaen November 2, 2021
  4. Omar Ramlee November 2, 2021

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: