Kebun Balkonku Saat Musim Semi

loading...

Halo sahabat berkebun walaupun sekarang sudah lewat musim semi, semoga suka ya kalau saya kasih lihat bunga-bunga yang bermekaran di balkon saya saat musim semi lalu :mrgreen: .

1. Bunga Hyacinthus

Bunga hyacinth adalah bunga musim semi. Di negara 4 musim mulai ditanam saat musim gugur. Selain tanaman luar rumah, hyacinth adalah salah satu bunga musim semi yang bisa dirangsang untuk berbunga di dalam rumah. Saat musim dinginpun (Desember – Januari) untuk menyemarakan Natal dan tahun baru aneka warna bunga hyacinth banyak dijual dalam keadaan sudah berbunga.

Kalau kamu tinggal di negara tropis, bibit umbi hyacinthnya harus di cold treatment dulu ya alias disimpan didalam kulkas selama 2-3 bulan, lalu bibitnya baru ditanam. Kenapa bibit umbi bunga Hyacinthus perlu di cold treatment dulu adalah supaya penanamannya mengikuti musim tanam negara asalnya.

Untuk panduan penanaman bibit umbi hyacinth silakan baca postingan saya ini Bibit Bunga Hyacinth yang ditanam di Jakarta

Teman-teman berkebunku di Indonesia banyak yang sukses membungakan hyacinth ini. Ada yang di Jakarta, Tanjung pinang, Tangerang, Jogya, kota lainnya saya lupa hehe.

Kebun balkonku Saat Musim Semi
Bibit Umbi Bunga Hyacinth. Umbi warna putih bunganya putih. Warna bunga lainnya kulit umbinya kemerahan. Hyacinth yang dobel flower banyak sekali saya tanam tahun lalu

 

Tips sukses menanam bunga hyacinth, selain harus di cold treatment, bibit umbinya jangan dikasih lihat tempat terang dulu. Bibitnya ditanam dipot lalu taruh ditempat gelap (atau ditutupi dengan karton) kira-kira 2 minggu an sampai terlihat bakal bunganya. Selama ditaruh ditempat gelap tetap disiram teratur ya.

Tahun ini saya menanam banyak sekali bibit bunga hyacinth yang dobel flower. Bibit bunga yang warna hitam dan putih saya tidak nanam karena habis semua terjual, saya hanya beli kedua warna tersebut masing-masing 10 biji.

Bunga Hyacinth harum semerbak
Bunga Hyacinth harum semerbak menghiasi tangga masuk rumah

 

Kalau bibitnya langsung ditaruh ditempat terang maka bunganya akan pendek dan tidak bisa mekar sempurna (lihat video dibawah ini)

Video Bunga Hyacinthus Wangi Semerbak

 

Ada lumayan banyak hyacinth saya yang kuntet, untungnya masih sempat ditreatment, ditutupi kertas/karton tebal selama 2 minggu an, berhasil juga bunga-bunganya bermekaran dengan sempurna 😉 .

Hyazinthen Biru Crystal Palace dobel flower
Hyazinthen Biru Crystal Palace dobel flower kalau biru satu lapis Peter Stuyvesant, yang merah Jan bos satu lapis, sedangkan yang dobel flower merah Red Diamond dan Eros

 

Selain ditanam dengan tanah, saya juga ada nanam dengan metode air (lihat video diatas durasi 2.07). Bagian bawah umbi hanya sekitar 0,5 cm terkena airnya. Taruh tempat gelap selama 2 minggu an atau sampai terlihat bakal bunganya. Bisa juga bagian atas umbi ditutupi atau dibikin topi penutup.

Menanam bunga hyacinth dengan metode air
Nanam bunga hyacinth dengan metode air. Ditutupi topi dulu sampai terlihat bakal bunga baru penutupnya dilepas. Kalau umbi tidak ditutup, tidak dibuat gelap maka bunganya akan kuntet tidak mekar sempurna

 

Dobel flower Hyazinthen Crystal Palace dan Red Diamond
Hyazinthen Crystal Palace dan Red Diamond keduanya dobel flower

 

2. Bunga Narcissus

Bunga ini umumnya berbentuk terompet kuning. Termasuk keluarga Amaryllidaceae (amaryllis). Jangan bingung ya kalau kadang kalian dengar ada yang bilang namanya bunga Narcissus dan ada pula yang menyebutnya bunga dafodil. Narcissus adalah nama latin bunga ini sedangkan nama botaninya adalah dafodil jadi kedua nama tersebut sama saja.

Tahun ini banyak Narcissus saya yang gagal berbunga karena busuk. Kalau ditanam ditanah langsung ya tidak akan kena masalah busuk umbi, karena saya berkebun di balkon jadi semua bibit (tanaman) saya tanam di pot, saat musim hujan berhari-hari maka umbi Narcissus jadi membusuk. Tahun depan pot-pot Narcissus harus saya pindah-pindah supaya tidak terus menerus terkena hujan.

Bibit Umbi Narcissus – Dafodillis
Bibit Umbi Narcissus – Dafodillis

 

Tahun lalu menanamnya Narcissus yang unik-unik saja, kalau yang bentuk terompet banyak sekali numbuh liar di taman kota atau hutan jadi tidak menarik lagi buat saya kesannya bunga sejuta umat haha.

Narcissus Dafodillis
Narcissus Dafodillis yang ditaruh di greenhouse mini semuanya mekar sempurna

 

Kalau menanamnya di pot bibit umbi Narcissus lebih baik tanam tersendiri tidak dicampur dengan bibit tulip Karena tulip tahan kena hujan berhari-hari malah bikin subur nah kalau Narcissus tidak bisa terkena hujan terus menerus.

 

3. Bunga Tulip

untuk ke halaman berikutnya klik Next/Lanjut

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

23 thoughts on “Kebun Balkonku Saat Musim Semi

  • June 11, 2017 at 5:27 pm
    Permalink

    Ihhhh dah lama ga mampir kesini.. :D. Udh lahiran kan ya mba?

    Kangen ih baca tanaman2 mu.. Aku baru tau loh kentang itu bisa tumbuh cuma dari kulitnya aja yaa? 😮 .. Dan jd tau jg beberapa bibit bunga ini ada perbedaan treatment.. Dulu aku mikirnya , kalo mau nanam, ya tinggal di kasih tanah, pupuk air :D.

    Reply
    • June 21, 2017 at 6:24 pm
      Permalink

      Hai mba Fan sorry baru balas komenmu. Bulan maret saya lahirannya ceritanya bisa klik disini ya.

      Iyaa klo saya sih kulit kentang mending jangan dibikin kompos, kecuali klo memang niat mau nanam kentang hehe. Ada juga sih jenis tanaman yg hanya dikasih pupuk dan air dan cuma sedikit dikasih perhatian tetap bisa berbakti, tp ada juga yg butuh perhatiannya tingkat tinggi haha.

      Reply
  • June 10, 2017 at 3:20 pm
    Permalink

    Saya merasa adem tentrem loh mbak kalau baca tentang kegiatan Mbak Nella berkebun,,saya coba sendiri untuk memenuhi balkon dengan tanaman cabe-cabean (selama musim panas ini),,,eeeh malah mati… layu, saya sedih dan putus asa, setiap nanam, selalu nggak berhasil. Tapi ide tentang bikin tanah kompos dari biomüll itu cerdas banget…bisa saya coba lagi ahhh nanti…

    Reply
    • June 21, 2017 at 6:31 pm
      Permalink

      Hai Girindra, klo masih kecil bibitnya (jungpflanzen) ga bisa kenal sinar matahari langsung dulu, klo sdh agak besar baru bisa. Musim panas begini siram tanaman lebih baik malam hari atau pagi2 banget waktu mataharinya belum muncul, klo sdh panas terik tanamannya ga bisa menyerap air lagi dengan maksimal.

      Reply
  • June 9, 2017 at 11:02 am
    Permalink

    Aku coba nanam lavender mba, tapi ya mati semua. Sudah bunga ke 4, kayaknya berhenti dulu. Btw Hyacinthusnya lucu.

    Reply
    • June 21, 2017 at 6:33 pm
      Permalink

      Hai El aku sih males nanam lavender dari benih/bibitnya lama kali baru berbunganya keburu winter, lebih baik beli tanaman jadinya. Pernah sekali deh dulu banget nanam ga numbuh2 haha trus kapok coba lagi 😀 .

      Reply
  • June 1, 2017 at 3:11 am
    Permalink

    Bagus ya Nel… Saya nggak terlalu demen ama tanaman kembang. Senengnya pas ngeliat kalo lagi mekar aja… ?

    Saya perhatiin itu hyacinth yang di tanam di air (hidroponik?), pake pupuk nggak di airnya? Dan itu pot gelas kacanya nge-pas banget… memang dijual khusus buat metode tanam di air? Perbandingan proses perkembangannya dengan yang di tanam di pot, lebih cepat / lambat?

    Reply
    • June 21, 2017 at 6:47 pm
      Permalink

      Halo bang Omar, hyacint yang di tanam dengan metode air bukan hidroponik, klo sistem tsb pakai nutrisi, nih yg hyacinth saya pakai air hujan yg sdh disaring. Biasanya selesai berbunga ya dijadikan kompos, krn susah sekali bakalan berbunga kali thn depannya. Pot gelasnya ada yg khusus untuk bunga hyacinth, tp klo misal mau pakai wadah gelas lain bisa juga asal bagian yg mengecilnya jd umbi bunganya ga masuk air terlalu dalam.

      Perbandingannya, lebih cepat berbunga yg pakai sistem air begini bang krn kebutuhan air tanamannya bisa terpenuhi maksimal, klo yg ditanam di pot kurang air sedikit bakalan gagal mekar.

      Reply
  • May 28, 2017 at 10:50 am
    Permalink

    Haaaa kakaaakkk udah lama gak pamer bunga…
    Cantik-cantik teruuus.
    Aku jg punya bunga yg mau dibuang tp malah jadi cantiiik.
    Kemaren mawarku udah parah kena kutu, terus aku biarin eehh malah sembuh, berbunga lagi.
    Apa mereka memang gak boleh terlalu dimanja kali ya kak..
    ????

    Reply
    • May 28, 2017 at 10:45 pm
      Permalink

      Bunga apa Sus yg kau mau buang?. Klo kena kutu aku kadang semprot dg campuran air dan cairan pencuci piring dikit. Kdg juga kubiarin aja haha. Tergantung tanamannya ada yg butuh dimanja ada yg tahan banting, misal klo ga tahan kena matahari tp kita malah taruh tmpt panas ya mati tuh tanaman 😀 .

      Reply
      • May 29, 2017 at 1:15 am
        Permalink

        Mawar kaaak.
        Ituuuu aja terus yg kena kutu. Nular pulak jadinya ke jambu biji dan yg lain.
        Jadi aku mau nyerah nanam mawar. Udah ku semprot pake pestisida yg alami sama yg beli gak mempan. Tp kalo pake sabun cuci piring sih belum pernah kak. Nanti kucoba lah.

        Reply
  • May 28, 2017 at 9:52 am
    Permalink

    hyacinthnya cantik banget Nel…
    dan aku penasran sama Narcissus, karena pernah buat posting dulu tentang Narcissme he… he.. sempat cari2 foto bunga itu soalnya

    Reply
  • May 28, 2017 at 9:50 am
    Permalink

    Postingan Jeng Nella bunga hyacint, narcisus dan tulip menyuntik semangat saya lihat hamparannya di keukenhoff. Nyoba bawa bbrp umbi lagi kami tanam di daerah dingin. Salam berkebun

    Reply
  • May 28, 2017 at 5:44 am
    Permalink

    Udah lama gak posting tanaman lagi dan skg ada banyak bunga cantik,aku nanam tomat dan cabe aja gagal ka apalagi nanam bunga udah bete duluan neh..hehehehe

    Reply
    • May 28, 2017 at 10:53 pm
      Permalink

      Ulfa klo bete coba beralih ke hobi yg lain dulu, ntar klo sdh semangat berkebun lg coba lg deh. Berkebun melatih kesabaran kita hehe.

      Reply
  • May 27, 2017 at 6:45 pm
    Permalink

    Tahun pertama berkebun gagal semua mbak nella. Tomat sudah berbuah, tapi setelah itu pohonya roboh dan buahnya masih hijau semua. Cuma sedikit yang merah yg bisa dibuat sambal. Trus cabenya berbuah lebat sekali, tapi kena penyakit dan pohonya kering. Untung masih ada satu pohon cabe yanh selamat dan bertahan.

    Kayaknya mau beli mawar saja. Cuma beberapa minggu yg lalu nyoba nyari stoknya habis. Pokoknya beli bunga mawar dululah, nanti bisa distek biar lebih banyak.

    Reply
    • May 30, 2017 at 7:57 pm
      Permalink

      Hai Shiq semoga tetap semangat berkebun ya, walau banyak tantangannya ? .
      Aku bbrp kali nyoba stek mawar gagal melulu, selalu mati stek kan nya pdhl sampai bela2in beli hormon penumbuh akar tetap masih gagal.

      Reply

Leave a Reply

error: Content is protected !!