Cara Melaporkan Tulisan yang di Copas ke Google DMCA

loading...

Cara Melaporkan Tulisan yang di Copas ke Google Dmca. Halo pembaca setia, kalian yang sudah lama berkunjung/mengikuti blog saya tentu sudah tahu ya kalau saya hobi berkebun, suka sekali kalau punya kesempatan nulis pengalaman berkebun saya. Nah ternyata nichie/tema tulisan berkebun menjadi salah satu santapan lezat buat di jiplak πŸ™ .

Postingan kali ini bukanlah pengalaman pertama saya melaporkan blog yang copas tulisan saya, namun karena pengalaman ini masih hangat dan saya lagi semangat cerita ya saya mau bagikan ke kalian πŸ™‚ .

Tulisan yang dicopas adalah tulisan saya yang berjudul Heboh Tanaman Dolar Penyebab Leukemia yang Mematikan. Saya posting tulisan tersebut pada 15 Januari 2016, saat itu lagi heboh-hebohnya mengenai tanaman Zamia Palme yang dituduh jadi penyebab kematian, padahal hanya hoax loh. Di beberapa forum yang saya sempat saya kunjungi banyak berita ngawurnya (percaya hoax nya), nah saya jadi penasaran dong, maka saya baca sana sini, cari sumber terpercaya sana sini dan mengolahnya menjadi tulisan dengan gaya bahasa saya sendiri.

Tulisanku yang dicopas habis. Hoax Tanaman Dolar Penyebab Leukemia. Lapor dmca dan sudah dihapus
Tulisanku yang dicopas habis. Hoax Tanaman Dolar Penyebab Leukemia. Lapor dmca dan sudah dihapus

Saya tidak menyangka kalau tulisan tanaman dolar tersebut menjadi tulisan viral (popular). Sejak januari 2016 diposting hingga saat ini tulisan tersebut menyumbangkan pageviews 208.654 dan sampai saat ini masih menjadi top post di blog saya.

Sebelum lapor blog copas ini saya komen dulu. Pengacara saya tuh si dmca hehe. Jempol deh buat team google dmca setelah lapor proses tidak pakai lama, artikel di blog copas dihapus.
Sebelum lapor blog copas ini saya komen dulu. Pengacara saya tuh si dmca hehe. Jempol deh buat team google dmca setelah lapor proses tidak pakai lama, artikel di blog copas dihapus.

Beberapa bulan kemudian saya pasangilah banner DMCA ditulisan tersebut dengan harapan tidak ada yang copas tulisan saya itu. Jika yang baca merasa tulisan tersebut berguna ya silakan dibagikan ke sosial media yang tombol-tombolnya ada pada bagian bawah tulisannya.

Secara berkala saya sering cek postingan-postingan lama saya, melihat apa ada yang perlu dibenahi atau tidak. Nah saya baru tahu kalau banner DMCA nya sudah hilang hiks πŸ™ . Saya tahu sih kalau wp.com pelit banget mengenai kode-kode html, kita tidak leluasa pasang-pasang kode html. Saya cek artikel-artikel top lainnya semua banner DMCA sudah hilang.

Tulisan tema berkebun dicopas habis blog ini. Di screen shoot ini yang dicopas adalah isu tanaman penyebab leukemia 2016. Tulisan bagian atas punyaku juga yang dikopas berjudul menyemai bibit secara indoor belum dilaporkan.
Tulisan tema berkebun dicopas habis blog ini. Di screen shoot ini yang dicopas adalah isu tanaman penyebab leukemia 2016. Tulisan bagian atas punyaku juga yang dikopas berjudul menyemai bibit secara indoor belum dilaporkan.

Tragisnya bulan Oktober ini ketahuan kalau ada 3 blog yang copas habis artikel tanaman dolar tersebut. Darah saya langsung mendidih (lebay hehe) beneran kesal sekali saat tahu. Saya harus masah bodoh atau bertindak?.

Mau lapor harus isi form DMCA harus menjelaskan duduk masalahnya. Ahhh beneran malas karena kalau jagoanku Benjamin lihat emaknya duduk didepan komputer langsung dia tarik-tarik tangan saya suruh main atau nonton bersama dia. Melaporkannya malam hari saat si bocah tidur sudah habis tenaga saya, sudah tidak bersemangat internetan maunya ya santai nonton tv atau tidur.

Akhirnya saya lapor juga pagi hari 15 oktober 2016. Saya lihat jagoanku lagi asyik nonton saluran disney mungkin bisa nyolong waktu bentar nyalain komputer πŸ™‚ . Hari itu sabtu jadi saya tahu laporan saya bakalan diproses hari senin depannya.
Form untuk melaporkan tulisan/gambar yang dikopi paste: https://support.google.com/legal/contact/lr_dmca?product=blogger
.

Ya ampun Tuhan buka link tersebut mengapa selalu kebuka versi bahasa Jerman, saya cari-cari ganti bahasa tidak ketemu. Jadi saya google dulu cari tahu bagaimana ganti bahasa. Akhirnya ketemu caranya disalah satu forum bahasa Jerman πŸ™‚ Bagi yang tinggal di Jerman bisa buka link berikut untuk versi bahasa Inggris https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-notice?hl=en . Pakai form ini bisa untuk lapor blog copas yang blogspot juga.

Saya cari form lapor bahasa Inggris karena sebelumnya sudah pernah lapor tulisan/foto lain yang dicopas jadi saya punya script laporannya, tinggal edit sedikit disesuaikan dengan masalah saya saat itu.

Pernah lapor kasus lain pakai form simpel lainnya berikut ini (berlaku khusus untuk blog copas yang wordpress saja).
https://automattic.com/dmca-notice

Selain dua form dmca diatas, ada form versi lain https://www.chillingeffects.org/notices/new?type=DMCA karena yang form ini lebih banyak kolom yang harus diisi saya jadi lebih memilih mengisi form pertama

loading...

Puji Tuhan hari senin malam cek email blog dapat email dari team google, mereka sudah proses laporan saya dan sudah hapus artikel copas di 3 blog yang saya laporkan.

Jawaban Google DMCA atas pelaporan 3 blog yang copas artikel saya. Kasus selesai artikel copas sudah dihapus. Thanks Team google
Jawaban Google DMCA atas pelaporan 3 blog yang copas artikel saya. Kasus selesai artikel copas sudah dihapus. Thanks Team google

Setelah dihapus artikel copasnya, kalau di buka lagi linknya tampilannya seperti dibawah ini:

Setelah link copas dihapus team google kalau dibuka begini tampilannya, artikelnya tidak ada lagi
Setelah link copas dihapus team google kalau dibuka begini tampilannya, artikelnya tidak ada lagi

Kalau kamu tertarik membaca penjelasan wp.com mengenai hak cipta dan dmca silakan baca:
β€’ Copyright and the DMCA https://en.support.wordpress.com/copyright-and-the-dmca
β€’ Trademark Infringement https://en.support.wordpress.com/trademark-infringement

Sampai saat ini masih ada beberapa artikel dan foto-foto saya yang dicopas dan belum saya laporkan, saya seringnya masa bodoh sampai kekesalan saya memuncak barulah saya lapor hehe πŸ˜€ .

Beberapa kali saya ditanya baik via komen blog maupun email, bagi kalian yang tertarik dengan artikel dan atau foto-foto berkebun saya silakan loh kalau mau digunakan satu atau dua palagraf tulisan-tulisan saya. Sesuaikan dengan gaya Bahasa kalian sendiri dan kalian nulis versi kalian sendiri. Tulisan versi kalian sendiri dan tambahkan versi pengalaman saya tidak semua satu tulisan saya di copas habis dong! 😑 .

Mengenai foto-foto silakan kalau butuh dipakai, asal JANGAN watermark/nama saya di crop/dibuang lalu diganti nama kalian. Hargailah hasil kerja orang lain, kalau memang gambar tersebut bukan hasil kebunmu kenapa ngaku-ngaku milik kamu? Lebih bijak kalau mencantumkan nama pemilik foto tersebut toh πŸ™‚ .

Contoh foto saya yang watermarknya di crop lalu diganti dan diakui sebagai milik blog lain:

Nah tahu tidak beberapa hari kemudian setelah urusan lapor melapor selesai, eh saya ketemu lagi blog lain yang copas artikel hoax tanaman dolar lagi. Saya ko curiganya pemilik 4 blog ini adalah orang yang sama karena bulan copasnya sama persis yakni bulan april 2016. Sepertinya 4 blog ini senang copas atau simpan post yang sedang hangat, tapi kalau memang mau digunakan untuk keperluan sendiri ya harusnya blognya di privat dong tidak bisa dibaca umum!.

Setelah pelaporan 3 blog yang copas artikelku, eh beberapa kemudian nemu satu blog lain ini lagi, ah capee deh lapor lagi.
Setelah pelaporan 3 blog yang copas artikelku, eh beberapa kemudian nemu satu blog lain ini lagi, ah capee deh lapor lagi.

Sejak lama saya ingin pasang plugin anti copas tidak bisa klik kanan pada blog, sayangnya sebelumnya di wordpress.com kan tidak bisa pasang plugin apapun, kalau blogspot sih ada tuh yang bisa pasang plugin tidak bisa klik kanan buat copas. Saat ini blog saya sudah pindah ke self hosted (wordpress.org.), setelah pindahan blog beres saya segera cari pluginnya WP Content Copy Protection & No Right Click .

loading...

Semoga dengan tulisan saya ini kalian yang punya pengalaman seperti saya dimana postingan kalian di copas (tulisan atau foto) bisa melaporkannya juga ke dmca.

Happy Blogging! πŸ™‚ .

About these ads
loading...

39 thoughts on “Cara Melaporkan Tulisan yang di Copas ke Google DMCA

  1. Aku ada lihat tuh di grup Blogger Indonesia yang ngaku suka copas blog orang loh kak. Sampe berantem di group, karena dia tdk mau hapus postingan yang dia copy habis. Edan ya ada orang benalu kayak gitu. Aku kawatir juga photo2ku dicuri …huaaaa

    1. Hai Dew pernah bbrp kali juga ada backlink ke blogku, eh ternyata dari blog copas, lalu aku kasih tahu sama pemilik blog aslinya. Katanya si tukang copas ngopas hampir separuh isi blog aslinya, blog SEO terkenal. Klo aku belum banyak juga lapor tulisanku di copas, males ngisi2 formnya hehe. Skrg sdh di self hosted pasang plugin ga bisa klik kanan, semoga mengurangi kenakalan tukang copas artikel.

      Oh iya mengenai foto pernah juga foto2ku di ambil dihapus watermarknya, kan dulu2 jarang kasih watermark atau WM nya dibagian atas atau bawah sekali jd bisa dicrop πŸ™ . Paling klo aku rajin lapor DMCA.

      1. Ngeri ya kak, kalau hasil kerja kita dirampas seenaknya..ada sih perusahaan yang bisa kt hire buat protek photo2 dan tulisan, cuma aku belum tau berapa setahunnya. Aku jaga2 sih semua photo2ku resize jadi kalau ada yang nyuri hasilnya blur. Tapi ya kalau udah niatnya jahat, pasti ada caranya.

        1. Ohh ada ya perush begitu. Suamiku pernah bilang sewa pengacara aja, klo ketahuan ada yg colong tuntut aja kan kita jadi dapat duit… Aku ketawa aja wong aku cuma blogger amatiran haha.

          1. Ada kak. Aku ikut forum photographer makanya tau. Photographer2 yg pro kan photo2 mereka juga dicuri sama photographer lain. Mereka hire perusahaan ini. Ada tuh kejadiannya setahun lalu, photographer dr US, photo2 dia dicuri, pelakunya dari negara kita, malu2in..isi webnya dia photo curian semua…mana banyak pula yg minta diphoto ama dia.

  2. Duh cuma baca postingan mbak Nella aja saya juga ikutan emosi. hahahaha.
    Sayangnya memang masih sedikit orang yang memahami hak cipta, bahwa butuh effort dan pemikiran untuk menulis, bahwa publikasi di internet bukan berarti lantas menjadi milik umum.

    Semangat berkarya terus, Mbak πŸ™‚

    1. Haiii Okti apa kabar?, wah lama ga ngeblog ya?.

      Emosikusdh berlalu setelah laporanku diproses DMCA hehe πŸ˜€ .

  3. cieee pindahan rumah baru. syukuran nasi kuning dunk mba..eh salah ya..hehehe…sabar ya mamaknya ben…mau belajar cara lapor kayak mbak ah biar kapok para plagiat kayak begitu.

    1. Hai Berliyandy wah klo ada yg bisa bikinin nasi kuning kirim ke rumahku mau juga deh ku beli hehe.
      Memang ada postinganmu di copas ya?.

      1. belum mba tapi juga jgn sampe bs kupenyet itu orang..hehehe…wahhh kirim ke jerman nyampe sana basi mba…xixixi

  4. aku tuh suka heran ama org yg suka copas plek plek sama ama kepunyaan org lain.. segitu malesnya, ato segitu ga punya idenya utk nulis tulisan dgn gaya bahasa dia sendiri yaaa.. kalo memang males ato ga punya ide, ya mnding ga ush bikin blog.. :D.. ga malu gitu ya mbak … -__-.. mentalnya udh kyk pencuri aja..

    1. Biasa mbak mungkin model blogger ini pengen cepatnya aja tanpa nulis tapi blognya terisi tulisan2 πŸ˜€ .

  5. Wah bu rumahe baru, tapi saya sulit masuk (pengamanan berlapis) dan bawa oleh2 ut dibawa pulang (saya sukanya offline ut baca2 post), jadi ke depannya mungkin saya jarang komen)

    1. Iya pak rumah baru nih πŸ˜€ .. kalau blog self hosted harus masuk ke blognya baru bisa baca & komen, pengamanan saya buat tidak bisa copas & klik kanan πŸ˜‰ .

  6. Ada orang ga mau mikir samsek main copas ya kak.. Gemes deh.. Pen cubit pipinya pake tang..huaa..

    1. Hai Py, iya model blogger yg mau gampangnya aja, bikin kesel hiks.

  7. Lapor bahasa indonesia kayak nya juga bisa yaaa hehehe
    Btw itu yang kopas blog nya penyakitpria, mmg dia penyakitan sampai kopas2 segala heheh

    1. hahaha iya tuh orang mungkin punya penyakit “suka copas” makanya judul blognya spt itu πŸ˜€ .

  8. Masih belum ngerti kepanjangannya DMCA apa, tp canggih banget ya kak bisa lapor ke Google segala. Benar2 memperhatikan copyrights. Hats off to Google, hats off to kak Nella yang rajin berkebun πŸ™‚

    1. Hai Ge nih kepanjangannya : The Digital Millennium Copyright Act (DMCA) πŸ™‚ . Hobi yang bikin aku bahagia ya berkebun ini, klo menjahit ga kuat bosan aku Ge, masak sering beli bahan2 sampai expired ga dibikin haha πŸ˜€ .

      1. Ahahahah sama.. aku masak seperlunya aja kak, kalo lagi laper ya masak itupun ga borongan.. Akibatnya sayur lauk keburu layu semua πŸ˜†

        1. Sama Ge, kalau belanja borongan seringnya pas mau masak ko malas dan ganti menu yg simpel hehe πŸ˜€ .

  9. Kesel banget yaa ka klo ada yg copas gt. Kaya ga belajar aja disekolahan.

    1. Lega sih setelah laporan diproses dmca hehe.

  10. Artikel saya juga dicopy total, judul berserta gambarnya. tanpa mencantumkan sumbernya. padahal sudah saya pasang banner DMCA. saya juga jengkel. Tetapi beberapa bulan lalu, ada juga yang mencopy abis semua artikel saya, berurutan pula artikelnya. saya biarkan saja, selang beberapa hari situs yang mencopy tersebut hilang sendirinya. Mungkin langsung di-penalti ama simbah Google

    1. Hai pak Rachmat Ooohh bisa ya artikel copasnya kena penalty google tanpa kita laporkan?.

  11. tulisan-tulisan lama saya waktu ngeblog di multiply juga banyak yang dicopas habis
    cuma saya belum tahu caranya lapor πŸ™

    1. Hai bang Jmapang coba dilaporkan saja bang, sapa tahu masih bisa πŸ™‚ .

  12. wah geram banget pastinya sampai lebih dari satu yang copas tulisan mba. tapi aku perhatiin sekarang itu kalau aku lagi nyari2 artikel apaa gitu banyak banget yang isinya sama. pad copas semua kali yaa..
    oya selamat ya mba pindahan rumah baru, aku baru ngeh nih.. πŸ™‚

    1. Hai Nis iya banyak artikel copas, biasanya sih yg model tips atau panduan bikin sesuatu. Mungkin blog aslinya ga tahu juga klo artikelnya dicopas πŸ˜€ .

  13. Ckckckckkk… kebangetan tuh blogger-blogger tukang copas,, mbok yaaa di parafrase dulu kek apaa cantumin link sumbernyaa kekkk… semoga setelah ini ggak ada lagi yang berani copas sana mari…

    1. Hai Asti kalau artikel di cantumin sumber linknya tapi isinya full copas sih aku tetap ga mau, kuatirnya dikira mesin epncari sebagai dobel content kan hehe πŸ˜€ . Klo Foto2ku asal ga di crop watermark ku dibikin sumber link ke blog ku sih boleh aja dipakai πŸ™‚ .

  14. sebelumnya kuucapkan selamat atas kepindahannya, semoga bebas masalah. bgmn kehamilannya mba? semoga sehat..
    copas memang ngeselin ya, kalau di ig aku liat sudah sampai bikin grup indonesiablacklist untuk seller yg bermasalah antara lain krn ambil gambar di copas itu, entah kalau blog…artinya artikel mba nel memang top sampai di copas banyak org…trmksh ilmunya…memang kita harus melawan yg begini, kalau di bisnis itu pernah ada kasus copas yg dibiarkan karena males dan kasian akhirnya brand nya jd turun level dan bangkrut…beda sama pelaku bisnis yg ada kasus dikit lgs disikat jadinya lebh panjang umur

    1. Terima kasih Fiberti πŸ™‚ . Kehamilan baik-baik saja skrg sdh 20 minggu, saya sdh merasakan gerakan bayinya tiap hari hehe.
      Kadang saya biarkan juga sih klo nemu artikelku di copas. Ada nih belum dilaporkan, cuma tulisan curhat kebun mengenai tanaman terong dan tomatku aja ngapain juga di copas, nah blog copasnya isinya cuma 1 artikel saya tsb loh hahaha parahh πŸ˜€ .

  15. kalo mau lapor di dmca kita harus punya kode html nya dulu di postingan kita nel?

    1. Ga perlu ada kode html ko Man, tinggal isi form lapor dmca nya saja nanti akan diproses.

  16. Wah salut buat ka nela, jago dan teliti benar mengenai dunia blogger, tapi bete jg ya hasil tulisan kita dicopas orang lain.. Saya blm sempat berkebun tp saya selalu ikuti blog kaka siapa tau nanti berguna kan ilmunya klo saya berniat berkebun spt ka nela,,,biarpun tulisan saya msh amburadul ya tetap bangga hasil tulisan sendiri ka 😊😊

    1. Hai Ulfa, bete banget pas nemu artikel yang sama dicopas 3 blog, rombongan gitu hehe, klo masih satu blog kadang sih ya udahlah males lapor πŸ˜€ . Iya dong bangga dg tulisan kita sendiri daripada copas kan πŸ™‚ .

      1. Bener banget ka,makanya sering” berkunjung ke pakar blog neh spt ka ka nela biar tambah pinter nulisnya 😊

Leave a Reply