Cerita Milestone Benjamin 25 Bulan

loading...

Halo pembaca setia blogku, semoga tidak bosan ya kalau saya cerita mengenai jagoanku lagi. Sebenarnya banyak hal mengenai saya atau berbagai hal menarik disekitar yang mau diceritakan, sayangnya saya lagi malas tingkat tinggi akibat cuaca panas :/ .

Jarang sekali saya bisa duduk manis di depan komputer. Kalaupun pas dapat moment istimewa tersebut saya malah sibuk mengerjakan hal online lainnya, bukannya ngeblog hehe πŸ˜€ . Begitu Benjamin melihat saya duduk di depan komputer langsung dia banyak tingkah menarik-narik tangan saya, ngajak main bersama atau nonton bersama, ya ide-ide yang sudah bersliweran dipikiranpun terbang tak berbekas.

Kenapa ditulis Benjamin 25 bulan? Kenapa tidak ditulis dalam tahun? 2 tahun 1 bulan kan simpel ya, hayoo apa ada yang seperti adikku protes karena saya bilang umur Ben dalam bulan? Hehe. Di buku pemeriksaan anak (baru saya cek nih) ditulis dalam bulan loh, sampai usia 64 bulan ditulisnya dalam bulan, lalu kadang saya suka iseng saat ada yang nanya β€žanaknya umur berapa?β€œ, lalu saya bilang β€žBenjamin sudah 25 bulanβ€œ, lalu yang nanya terdiam mikir dulu menghitung umur Ben dalam tahun πŸ˜† .

loading...

Umur 2 tahunan ini tingkahnya benjamin bagaimana dan Sudah bisa apa saja?:

β€’ Makan sendiri
Dibolehin makan sendiri begini pas Benjamin 2 tahun. Saya tidak suka kalau anak makan berantakan, lalu saya harus kerja ekstra lagi buat beresin remah makanan yang jatuh. Kalau kita punya asisten rumah tangga, pasti akan saya izinkan Ben makan sendiri lebih awal tidak menunggu sampai 2 tahun begini πŸ˜€ .

Bapaknya Benjamin yang menyuruh supaya Ben dikasih piring dan belajar makan sendiri, karena kalau kita lagi makan nih anak minta ikutan makan juga, minta dinaikkan ke bangku makannya, padahal sebelumnya dia sudah saya kasih makan dulu. Niat saya mau makan santai sama bapaknya ya gagal deh kalau Benjaminnya mau ikutan juga karena saya pasti sibuk suapin dia melulu. Saya belum suap bagian saya, anaknya sudah bilang β€žmamam mamam!” dua kali πŸ˜€ .

Video Benjamin Makan Sendiri

 

Pintar Benjamin makannya rapih tidak banyak makanan yang jatuh, emaknya senang deh haha. Hari pertama makan sendiri masih kagok (belum terbiasa) pegang sendok mengarahkan ke mulutnya, hari berikutnya makin pintar.

Kalau lagi makan sendiri begini biasanya makanan orang dewasa, ya nasi goreng, mie goreng, spageti, smash potato, bahkan nasi dan rendangpun dilahap Benjamin 😯 . Makanannya saya buat porsi sedikit, kalau sudah habis tambah lagi, dan makanannya saya potong kecil supaya mudah diambilnya sendiri. Saya selalu ingatkan β€žkalau mulut sudah kosong barulah suap lagi ya nakβ€œ. Kalau saya tidak bilang begitu bisa disuap melulu sampai mulutnya penuh banget πŸ˜† .

 

β€’ Bisa buka pintu sendiri

Bulan Agustus ini adalah bulan terakhir musim panas. Malam hari Benjamin sudah mau tidur di kamarnya dia lagi. Selama 2 bulan sebelumnya lebih banyak tidur bersama saya karena kamarnya Ben tetap panas kalau malam, si Benjamin mandi keringat melulu, rambutnya basah padahal sudah saya potong sangat pendek rambut Ben.

Nah ternyata nih anak sudah bisa buka pintu kamarnya. Saat pagi hari saya dengar kresek-kresek dari kamarnya saya kira apaan tuh ya, eh tiba-tiba anaknya muncul didepan saya haha. Waktu 18 bulanan si Benjamin sudah bisa buka resleting boksnya tapi karena belum bisa buka pintu, belum sampai tangannya walau dia berjinjit, paling nih anak gedor pintu minta dibukain.

Sekarang sih saya santai aja kalau dia bangun ya keluar sendiri. Pernah masih pagi buta saya dengar ribut dari kamar Benjamin. Kalau saya belum tahu nih anak bisa buka pintu mungkin saya kira ada maling masuk haha. Anaknya ke kamar saya dan kita lanjut tidur 2 jam an lagi. Kalau si Benjamin merasa kepanasan ya dia keluar kamarnya deh. Tidur siang masih di kamar saya karena kamarnya Benjamin masih panas sekali. Saya tidak sabar datangnya bulan September, sudah tidak nyaman lagi dengan cuaca panas ini.

 

β€’ Turun tanga keluar rumah

Nih ceritanya masih berkaitan sama buka pintu. Sejak Benjamin bisa merangkak kita sudah pasang penghalang ke tangga turun. Ada kardus besar panjang yang berat sebagai penghalang tangga. Umur 2 tahun Benjamin bisa menggeser kardus penghalang tersebut.

Tergeser sedikit saja kardusnya maka anaknya bisa lolos. Turunlah dia buka pintu bawah. Beberapa hari pertama nih anak hanya berdiri di tangga luar rumah sambil melihat-lihat jalanan, kalau lagi kumat isengnya dia cabutin tanaman-tanaman saya di tangga tersebut.

Bos kecil turun sendiri, lagi asyik menghitung mobil lewat
Bos kecil turun sendiri, lagi asyik menghitung mobil lewat

 

Suatu hari bapak dan anak mau pergi jalan-jalan, karena jadwal bus masih sekitar 15 menitan ya belum jalan dong, karena halte bus paling satu menit dari rumah. Seperti biasa saya santai saja di dapur karena nih anak kan biasanya hanya berdiri di tangga luar. Bapaknya Benjamin melongok ke bawah dari pintu kaca dapur, eh si Benjamin sudah berdiri di tepi jalanan. Busyet tuh anak kita langsung lari turun nyamperin si Benjamin.

Orang yang tinggal di bawah memang paling malas mengunci pintu pagar, padahal kalau tertutup rapat Benjamin belum bisa buka engselnya. Sejak saat itu pintu rumah kita kunci deh supaya aman. Benjamin belum bisa putar kunci, belum sampai kesitu level kepintaran Benjamin haha.

Selama 3 tahun kita tinggal dirumah ini pintu tidak pernah kita kunci, karena kalau ditutup biasa saja akan otomatis tertutup dan tidak bisa dibuka dari luar tanpa kunci. Jadi kalau kita dalam rumah ya tidak pernah pasang kunci dipintu, ribet juga bukanya pas mau pergi.

Hebat ya nak geser pengahalang tangga lalu turun dan buka pintu sendiri. Jangan rusak tanaman mamak yaa
Hebat ya nak geser pengahalang tangga lalu turun dan buka pintu sendiri. Jangan rusak tanaman mamak yaa

 

Berhubung bos kecil Benjamin sudah jago buka pintu, jadi di pasang kuncinya deh. Saya hanya sekali pasang kunci saya, takutnya pas mau pergi saya lupa copot dan langsung dorong pintu dari luar, ya bakalan mampus kita tidak bisa masuk rumah haha. Paling kalau bapaknya Ben dirumah pakai kunci dia.

 

β€’ Suka sekali lihat bebek

Hampir setiap hari Benjamin dan saya pergi jalan-jalan. Kalau kita tidak ada tujuan misal belanja ya biasanya kita pergi kasih makan bebek. Oh ya sebelum kasih makan bebek Benjamin saya ajak naik mobil-mobilan. Di pusat kota ada satu mobil-mobilan yang kalau dimasukkin logam 50 cents goyang-goyang mobilnya dan bunyi selama 2 menit.

Biasanya Benjamin saya kasih jatah 2 kali naik deh. Tidak seperti waktu umur sampai 15 bulan kalau sudah naik dia tidak mau turun sampai drama jerit-jerit sepanjang jalan, nah di umur 2 tahun ini kalau mobilnya sudah berhenti maka Benjamin akan turun sendiri dan kita lanjut jalan lagi.

Berhubung tidak ada foto saat Benjamin 2 tahunan ini, jadi nih foto naik mobil saat Ben 15 bulan.

Biar cuma gaya doang si Ben senang sekali. Benjamin 15 bulan. Musim gugur nih mobil-mobilan tidak ada lagi, muncul kembali tahun depan
Biar cuma gaya doang si Ben senang sekali. Benjamin 15 bulan. Musim gugur nih mobil-mobilan tidak ada lagi, muncul kembali tahun depan

 

Kalau kita pergi niatnya kasih makan bebek, kita bawa roti atau biskuit dari rumah. Kalau kita hanya lewat pusat perbelanjaan saja karena mau ke terminal/stasiun ya bebeknya tidak dapat jatah biskuit dari Benjamin.

Setiap kali lihat jembatan yang ada kali nya pasti Benjamin bilang: β€ž ..baba .. babaβ€œ β€ž.. nga ada nga babaβ€œ. Sudah berulang kali dibilang β€žbebek bukan baba nak!β€œ ya nih anak tetap bilang baba haha.

Video kasih makan bebek

 

Kalau dikasih makan bebeknya panggil teman-temannya kali ya karena lama-lama jadi banyak yang datang berebutan makanan, terakhir kali pernah saya hitung ada 20 bebek. Lumayanlah kegiatan begini jadi bikin Benjamin senang, sayangnya pas winter eh malah musim gugur bebeknya sudah tidak ada lagi, entah dikurung/dikandangin atau para bebeknya cari tempat hangat.

Kalau di pusat belanja begini Benjamin saya bebaskan lari karena aman tidak ada mobil, paling kalau habis hujan nih anak selalu loncat ke genangan air :D
Kalau di pusat belanja begini Benjamin saya bebaskan lari karena aman tidak ada mobil, paling kalau habis hujan nih anak selalu loncat ke genangan air πŸ˜€

 


β€’ Cerita Lain-lainnya lihat foto saja ya

 

Sudah mulai dikasih buku dan pensil warna buat belajar ya nak. Tapi Benjamin susah diajarinnya, bapaknya bilang biarin aja ngarapin apa dari anak usia 2 tahun?
Sudah mulai dikasih buku dan pensil warna buat belajar ya nak. Tapi Benjamin susah diajarinnya, bapaknya bilang biarin aja ngarapin apa dari anak usia 2 tahun?

 

Benjamin punya meja dan bangku buat belajar nih ceritanya, eh si bocah malah asyik nonton
Benjamin punya meja dan bangku buat belajar nih ceritanya, eh si bocah malah asyik nonton

 

Benjamin belum diajarin mengenal warna, kita kasih saja balok kayu dan plastik, terserah mau diapain, eh dia mikir sendiri kadang saya lihat dia susun baloknya satu warna yang sama, terkadang dikombinasi dua warna. Saya cerita ke bapaknya dia bilang: “baguslah berarti anaknya tidak buta warna” hehe πŸ˜€ .

 

Kalau ada tamu kita suruh melantai aja kali ya, karena meja tamunya sudah beralih fungsi menjadi meja bermain Benjamin haha, ada yang sama juga pengalamannya seperti kita? πŸ˜€ .

loading...
Meja tamunya sudah tidak pernah ditaruh taplak karena percuma dilempar melulu sama si bocah
Meja tamunya sudah tidak pernah ditaruh taplak karena percuma dilempar melulu sama si bocah

 

Meja tamu yang sejak punya anak beralih fungsi jadi meja mainan haha
Meja tamu yang sejak punya anak beralih fungsi jadi meja mainan haha

 

Jurnal Benjamin lainnya bisa dilihat pada Jurnal anak.

 

Tulisan Terkini

About these ads
loading...

66 thoughts on “Cerita Milestone Benjamin 25 Bulan

  1. Pinternya sudah bisa buka pintu, kalau pintu kulkas gimana kak?

    suka gemes kalau lihat anak kecil belajar makan sendiri, sayang aja makanannya tumpah2. hehehe..tapi kalau nga dibiasain entar kapan pinternya yach? Benjamin hebat.

    1. Kalau kulkas gak bisa Ben buka krn kulkasnya didalam lemari dan berat pintunya πŸ˜€ . Pas aku buka langsung si Ben ikut nimbrung pegang2 sana sini πŸ˜€ .

  2. Aduhh Ben.. hati2 yah nak, aku ngeri kalau anak kecil naik turun tangga, mbak Nella.. Tapi ben lucu bangettttt… gemesin jadi tega dimarahin.. haha

    1. Hai Inly, nih sih Ben sdh spt orang dewasa naik turun tangga sering tidak berpegangan bolak balik dibilangin kadang ga nurut, ya terserah dia deh, klo jatuh rasa sendiri haha.

      1. hahaha.. biar tahu rasanya kalau jatuh ya.. LOL

        1. ada bbrp hal yg suami dan saya bairin aja klo si Ben bandel gak nurut, misalnya soal naik turun tangga. Pernah juga saya bilang kaca ovennya panas jangan dipegang, si Ben tetap bandel, ya rasain deh panas pas dia pegang haha, setelah kejadian itu klo saya bilang panas Ben mengulang bilang “heiss (panas)” dan ga pernah pegang kaca oven lagi. Klo pisau ga mungkin saya biarin pegang haha fatal akibatnya.

          1. Anak kecil makin dilarang makin penasaran.. Jangankan anak kecil, org dewasa aja masih sering juga kok.. iyaaa jangan mahh kalau pisau.. horror..

  3. deasy ibu satu anak

    kak.nely… mungkin ben pernah liat cara buka pintu dan cara geser kardus… jadi dia meniru? sebaiknya kalo lagi buka kunci jangan sampai dia liat… biar gak tau acra buka kunci pintu.. ato engsel pintu juga

    1. Hai mbak Deasy, iya kali si Ben pernah lihat kita dorong kardus pengganjal tangga, makanya dia bisa. Sekarang tangga sudah gak ada penghalangnya.

      1. deasy ibu satu anak

        iya kak.nella.. makanya aku di wanti wanti sm ibu untuk jangan nyalain kompor depan anak dia bs cpt meniru… kompor gas kan mudah tgl clek… takutnya dia niru pas kita gak liat.. trs cabut colokan alat2 listrik.. itu dia suka meniru..dan gak bs dibilangin karena rasa penasaran dia

  4. Benar benar nggak kerasa..perasaan dulu waktu jadi SR, Ben masih baby merah…sekarang sudah pintar banget banyak akal, kreatif, dll..tingkahnya di video mengingatkanku sama ponakanku di Indo hihihi, sehat selalu Ben, tar sekedip dua kedip sudah masuk sekolah aja hihihi

  5. Seneng banget ya mbak disana bisa jalan jalan gitu terus ketemu tempat luas buat maen maen. Disini susah banget. Biasanya bingung sendiri mau bawa K kemana

  6. ya ampuuuun si ben makin pinter yaaaa ^o^.. selalu gemes liat foto2nyaa ;).. jgnkan umur 2 thnan mbak, ini rumahku aja msih susah rapi krn mainan anakku di mana2 :D.. pdhl udh 4 thn si kaka.. udh diajarin sih utk beresin mainan, tp tetep aja suka lupa anaknya.. apalagi kalo ntr adeknya udh bisa jalan ;p. ga kebayang ini rumah sepecah apa πŸ˜€

  7. biskuit itu khusus buat bebek ya… ?
    anak2 memang suka liat binatang ya, kami dulu sering nonton kambing he..he..

    lucunya lihat muka Beniamin sudah sampai bawah tangga, senyum kemenangan ya Ben

    1. Hai kak Monda, biskuitnya Ben yg dikasih buat bebek, kadang anaknya ikutan makan juga haha .. klo di kebun binatang sih gak boleh kaish makan hewan, berhub. ini di kali dan ada orang lain juga sering aku lihat kaish makan ya ikutan aja πŸ˜€ . Iya kak anak2 senang lihat binatang.

      Dulu aq kesal ka klo ada ibu2 kasih makan anaknya didepan rumah kita, kan kita punya anjing selalu gonggong klo ada org asing. Jadi serasa ada kebun binatang drumah haha πŸ˜€ .

  8. Ben ganteng banget siiih.
    Basti kalo makan nasi masih berantakan tapi kalo makanan yang lain bisa makan nyuap sendiri πŸ™‚

    1. Basti juga sama ganteng πŸ™‚ . Klo sedikit berantakan gpp wajar masih kecil, klo banyak berantakannya langsung aq suapin spy cepat hehe. Btw blog Eka yg satunya lagi sdh ga aktif ya?.

  9. jayden juga punya meja kecil gitu, tapi dipake buat makan sambil nonton tentunya hehehehe… jayden belom bisa loh naik turun tangga… motorik kasar dia emang agak lama sih, tapi uda bisa buka pintu sendiri juga… makanya kalo malem pintu kamar selalu dikonci… ngerinya kalo tiba2 tengah malem dia bangun tanpa kita sadar trus buka pintu sendiri keluar kamar…

    1. Hai Mel, waktu mau beli ingat pernah lihat mejanya Jayden hehe. Nih meja juga dipakai buat nyoret2, main mobil2an disitu, sambil nonton juga, klo makan di kursi tinggi.

      Tangga rumahku agak lebar Mel, klo yg tangga yg sempit jalan harus miring ya Ben gak bisa. Waktu aq ke rumah temanku di Belanda gitu tangganya sempit aku aja klo naik turun takut jatuh hehe. Iya ya semalampun aku mikir apa harus kunci pintu bawah, bgm klo anaknya tiba2 bangun, bpknya kerja malam, ya aq nya males turun jd dibiarin aja haha.

  10. Benjaminnya makin cerdas nih..sma ama mamanya…

    Update tiap hari,blog tentang teknologi,entertainment,misteri,sepak bola,sport,aneh dan unik,dan info lainnya.

  11. Reblogged this on NORA MAYA and commented:

    Yuhuuu, Milestonenya Ben udah sampai diumur 25 bulan. Gemes euy.
    Senangnya bisa baca tumbuh kembang Ben, belajar gratis lagi dari Ben dan Mbak Nella…πŸ˜€
    #Bighug dari aunty nr 😘

  12. Wah mbak Nella, Benjamin makin kece deh ;makin pintar dan makin gemes euy liatnya πŸ˜€.
    Izin reblog lagi ya mbak 😊

      1. Sama-sama mbak Nela…😊

  13. Pinternya! Nggak jauh beda umur Ben ama J. J umur 27 bulan. Kamu ajarin bilingual ya Nel? πŸ™‚

    1. Hai mamaj, iya Ben kita ajari 2 bahasa, saya ngomong bahasa Indonesia aja ke Ben, kecuali klo lagi ngomel kadang pakai bhs Jerman haha.

  14. Pinter Ben, makan sendiri sudah nggak disuapi. Kalau sudah kenyang, makanan masih banyak suka disuapin ngga mba? Kalau di Indonesia kan biasanya begitu…

    1. Hai Fiberti klo dia makan sendiri saya kaish porsi sedikit, klo kurang baru saya tambah. SEjauh ini selalu habis jatah dia hehe. Klo pas disuapin spy cepat nih, dan Ben sdh kenyang dia akan geleng kepala, piring didorong, klo begitu gak bsia dipaksa lagi.

  15. Kamu pinter banget Ben,, tapi harus tetap denger pesan Mamanya, berbahaya kalau main dijalan itu,, kalau hanya keluar dan menghitung mobil, boleh2 aja sih.
    Benar juga respon bapaknya Ben, apa yg diharapkan dari anak 2 tahun, dia nambah kepinteran lain aja udah membuat kita takjub dan emaknya harus berlari kesana kemari dibuatnya. Ntar ada masanya dia ga berhenti-henti nanya tuh Nel πŸ˜€

    1. Hai Sal, mungkin aku ngikut terbawa para ibu2 yg pengen anaknya pinter banyak hal melebihi usianya hehe. Ya sudahlah buat apa sih ya kebanggan diriku klo memang anaknya belum sampai situ level kebisaannya.

      Wah aku harus memepersiapkan diri nih klo nyampe masa anaknya nanya ini itu haha πŸ˜€ .

  16. ih gigi benyamin dan senyumnya gemesin kak

    1. Hai Win klo si Ben lagi nurut manis senyumnya hehe πŸ˜€ .

  17. Duh, Benjamin udah pinteeeeeer, senengnya πŸ™‚
    Itu seriusan dia doyan makan nasi rendang Nel? Tapi gak pedes kan yah hahaha…

    Usia 2 tahun emang lagi lucu2nya karena lagi eksplorasi banget, tapi lagi capek-capeknya karena kita gak boleh meleng hahaha…

    Duh, yang paling parah kalo anak udah bisa buka kulkas tuh Neeel, ampun deh bisa buka tutup kulkas berapa kali dalam sehari, padahal dalemnya gak ada apa2 juga sih bhahahaha…

    1. Hai Erry nasi rendangnya klo buatku gak pedes ko, nih bikin pakai bumbu jadi yg beli dari Belanda, pastinya sdh disesuaikan dg lidah orang eropa yg gak tahan pedas hehe πŸ˜€ .

      Iya Ry gak bisa meleng sedikitpun, apalagi klo keluar rumah. Untung deh hp ku gak ada internetnya jadi fokus liatin Ben pas di luar. Meleng dikit anaknya lari ke tengah jalan πŸ˜₯ .

      Buka tutup kulkas sdh lewat masanya, cuma sebentar krn sdh ku pasang penguncinya, jd kulkasnya nyambung ke rak bawah. Eh si bocah bisa narik juga jadi kulkas dan laci kebuka bersamaan haha.

  18. Duh mbak nel. Toss dl kita emak2 senasib sepenanggungan. Rumah tidak pernah bisa rapi. Meja makan, meja tamu, meja belajar sampai meja2 yg lain dikuasai bocil 2thnan ni. Ampun ya.. Axel da sering buka pagar buat keluar. Tktnya diculik dan banyak kendaraan yg lewat.

    1. Hai mbak Chris, hahaha tos lah kita ya. Pagarnya tinggi ga? klo pendek ntar Axel lama2 bisa manjat, di gembok aja deh spy aman. Iya klo di Indo ngeri ya banyak kasus penculikan anak πŸ™ .

  19. Wow Ben makin cakep & pinter…semoga sehat trus ya ben aamiin.

    1. Amin amain makasih doanya ya Tina πŸ˜‰ .

  20. Ben udah besar, mamaknya harus lebih lincah lagi πŸ™‚
    Rumah ga pernah rapi itu sudah bagian dari rumah kami juga.

    1. Hai Winnaz sayangnya saya gak selincah dulu faktor U (umur), makanya bener tuh ya emak2 bilang klo sdh ada calon langsung nikah trus puyna anak, klo sdh tua baru punya anak cepat cape nya hehe πŸ˜€ . Klo anak2 sdh sekolah semoga rumah bsia rapih kembali ya Win πŸ˜‰ .

      1. Kalau saya masih belum bisa Nel,, masih ada dua orang yg SD dengan jarak umur yg dekat,, rumah masih jadi taman bermain mereka πŸ˜€

  21. Heppy

    Kka Benyamin bs speak Indonesia juga?

    1. Hai Heppy, iya bisa bbrp kata bhs Indonesia (belum lancar ngomong), dia ngerti semua omongan saya krn dari lahir saya bicara bahasa Indonesia ke Ben, kecuali klo pas saya marah kadang saya pakai bhs Jerman haha. Klo sama keluarga di Jerman misal oma nya Ben juga ngerti klo disuruh apapun.

  22. ben tambah pinter ya… πŸ™‚

    kok kebetulan semalem gua baru ngeliat2 foto emma yang lama2 dan ngeliat foto pas dia pertama kali buka pintu hahaha

    1. Jadi kenangan ya Man foto pertama buka pintu. Ntar gw cetaklah foto si Ben buka pintu πŸ˜€ .

  23. Halo benjamin 😍 pinter maemnya suka denger ben bilang nda ada πŸ˜…

    1. lucu klo bilang “nda ada” pas lewat kali cari bebek hehe πŸ˜€ . Klo minta keripik berulang kali aku sodorin tempatnya yg kosong, ntar dia bilang “nda ada .. nda ada” sambil angkat kedua tangannya haha.

      1. Ea itu lucu bngt πŸ˜… temenku sini org jogja kalo manggil anaknya *tole (bhs jawanya son) lucu liatnya muka bule adat jawa bngt πŸ˜…

        1. hahaha pasti lucu banget ya Im aku lagi ngebayangin anaknya ngomong πŸ˜€ .

          1. Ea lucu mrk jg kejawa2an bngt sih tole bule πŸ˜…

  24. Lucu amat dah bisa keluar rumah sendiri.
    Nyokap ku pasang papan di pintu agar ponakan ku ngak keluar rumah, tp sekarang dah bisa manjat jd papan nya di tinggiin lagi

    1. anak kecil akalnya juga panjang kan, dia pasti cari cara supaya bisa melakukan yg dia mau hehe. Iya nih kardus penghalang juga sudah gak dipasang lagilah percuma bisa digeser si Ben πŸ˜€ .

      1. Emak nya mesti cari akal lagi buat menghalau anak nya keluar hahaha

  25. Hebat Benjamin sudah bisa buka pintu sendiri. Diajarin hati2 aja mbak. Biasa anak kecil suka lari2, takutnya jatuh dr tangga ato pas keluar ada bahaya.

    1. Hai Grant klo pintu sih sdh dipastikan aman. Klo pas dijalanan Ben suka lari ke tengah jalan, saya sudah punya cara jitu supaya dia mau gandeng pegang tangan saya. Klo soal jatuh dari tangga biar bolak balik dikasih tahu dia gak nurut ya tanggung resiko klo jatuh hehe πŸ˜€ .

      1. Wah, oke banget mbak. πŸ™‚

  26. Pintar cucu oma ya smga sehat2 selalu dlm lindungan Tuhan.AMIN.

  27. Kemampuan motorik Ben, luar biasa ya Jeng Nella. buka pintu dan turun tangga sudah dikuasainya. Selamat tumbuh kembang dalam berkat Tuhan ya Nak.

    1. Amin makasih ya bu Prih, semoga Ben bisa cepat lancar bicara juga πŸ˜€ .

  28. Disana musim panas ya to? Disini malah gak jelas kadang panas kadang ujan. Wahh ben semoga nanti sukanya petualang. Hahahaha

    1. Hai ito nih bulan terakhir summer. September sudah mulai sejuklah masuk musim gugur. Kalau kadang panas kadang hujan baguslah to kan seimbang daripada panas melulu atau hujan melulu πŸ˜€ .

  29. ngeliatin foto2 nya ben sambil elus2 perut, semoga muka si jabang bayi dlm perut cakep kayak Ben πŸ˜›

    1. Amin Dhy semoga lancar ya persalinanmu, cakep gak cakep anak buat ortunya pasti cakep ko πŸ™‚ .

Leave a Reply