6 Hal Terbaru Mengenai Pos Indonesia yang Baru Saya Ketahui

Paket diterima dalam keadaan Rapih. Biaya yang ditangih pas pos Rp.7000
loading...

Ceritanya saya lagi iseng buka FB nya pos Indonesia. Saya “like” akun ini 2 tahun lalu karena ada yang mau dikomplain “ko paket sudah 5 hari masih masih airport landing melulu statusnya?” . Kalau buka fb pos indo ini saya sering senyum-senyum karena dari 2 tahun lalu sampai saat ini komplainnya buanyak banget. Pos nya posting berita atau produk apapun pasti cepat banget ada yang komen nanya berbagai status paket.

Berikut 6 hal yang saya baru tahu ceritanya πŸ˜€ :

1. Petugas pos yang jawab komen (kita sebut CS aja ya) para komentator panggil kakak (kalau yang nanya perempuan) dan mas kalau yang nanya cowo. Lebih bagus begitu kalau menurut saya daripada bilang “bapak ibu” eh ntar banyak yang komen: “.. saya belum bapak-bapak, belum jadi ibu“. Saya keki banget kalau ada komen begitu. Dulu saya 4 tahun jadi call center, sama bos hanya boleh menyapa customer dengan bapak atau ibu karena itu sapaan resmi bahasa indonesia toh?.

2. Sekarang CS Pos Indonesia nya lebih banyak (rajin) menjawab komen. Memang tidak 100% komen (komplain/nanya status paket) dijawab, namun yang saya perhatikan tahun ini lebih baiklah banyak yang dijawab. Minggu lalu saya ada nanya status kiriman. Masah dijawab jam 02.30 wib loh, lah adminnya kerja dari rumah kali ya? rajin banget 😎 .

Dipanggil ka sama adminnya pos hehe. Jam 02.30 wib nih dijawab kaget saya rajin amat ya kerja pagi buta haha
Dipanggil ka sama adminnya pos hehe. Jam 02.30 wib nih dijawab kaget saya rajin amat ya kerja pagi buta haha

 

3. Ibu ini ada komplain puluhan kali tidak ditanggapi. Dia nanya ko paketnya sampai di UK. Tadinya saya mau komen “ya bu kalau sudah nyampe UK ya tanya pos sanalah bukan urusan pos indo lagi dong” . Saya kepo baca puluhan komen dia, banyak komen cuma kasih screenshoot dan nanya ko di UK? (tanpa penjelasan rinci) dan baca ulang banyak screenshoot ibu tersebut. Barang dikirim dari jakarta timur, kode negara tujuan BH . Walah pantesan ibu ini komplain mau kirim ke Bahreim ko ya malah nyangkut di UK?.

Ibu ini komplain ada puluhan kali loh ga satupun ditanggapi pos indonesia. Kirim barang ke Bahrain teluk persia  ko malah nyasar ke UK ya
Ibu ini komplain ada puluhan kali loh ga satupun ditanggapi pos indonesia. Kirim barang ke Bahrain teluk persia ko malah nyasar ke UK ya

 

Masah iya ada negara transit? Seperti penerbangan aja dong?. Saya rasa kalau bukan negara kecil banget ga mungkin paket transit dulu deh. Saya sering kirim paket ke tanah air langsung ko dari Jerman sampai ke Indonesia.

Mungkin harusnya ibu ini komplain pakai bhs indonesia, mungkin saja CS pos ga ngerti bhs inggris kan hehe. Lihat fotonya si ibu asal timur tengah, cantikk banget πŸ˜€ . Foto dan nama saya tutupi karena privacy ya.

Tadinya saya mau suruh tanya di UK dong negara penerima, eh ternyata yg salah kirim pos indonesia
Tadinya saya mau suruh tanya di UK dong negara penerima, eh ternyata yg salah kirim pos indonesia

 

Kalau pos Jerman sih paket tercatat pasti pakai barcode dan pas nyampe di pusat pengelolaan pos yang mendistribusikan mesin (ban berjalan), kalau barcode nya benar pastilah benar juga di distribusikan.

Pos indonesia nih entah human error atau mesin ga jelas deh. Sangat disayangkan CS pos indo ga menjawab satupun komplain si ibu. Padahal kalau memang salah ya bilang aja salah, lalu urus penarikan (minta retur dari UK) .

Baca juga: Terima Paket dari Luar Negeri, Senang atau tidak?

 

4. Paket salah kirim. Paket asal China, tujuan Jakarta Pusat malah dikirim ke Jakarta Utara dan status sudah diterima pula. Lah jangan-jangan alamat pengiriman dalam bahasa China kali jadi orang pos indo tidak bisa baca tulisannya hihi πŸ˜› .

Paket tujuan jakarta pusat ko malah dikirim dan status diterima di jakarta utara, dasar pos indonesia
Paket tujuan jakarta pusat ko malah dikirim dan status diterima di jakarta utara, dasar pos indonesia

 

Saya penasaran kalau salah kirim begini apa pos akan ambil lagi paketnya?, trus klo sdh dipakai sama yg nerima bagaimana dong?. Lah yang nerima juga bagaimana sih apa tidak baca nama dan alamat tertera ya?, klo tidak ada nama tersebut harusnya kan ditolak.

5. Pajak barang tertera pada status kiriman
Kalau sudah tertera begini nilai pajak barangnya berarti resmi dong tidak ada mark up nilai pajak saat ambil kan yaa.

Baru tahu kalau pajak paket sudah tercantum di status online pengiriman
Baru tahu kalau pajak paket sudah tercantum di status online pengiriman

Berdasakan pengalaman saya untuk paket tujuan luar Jakarta, tuh barang bisa ngetem 1-7 hari kerja di Jakarta baru dikirim ke kota selanjutnya. Punya ibu ini dari tanggal 5 Juni sampai tanggal 14 belum diteruskan, entah harus diambil ke pusat pos di Pasar Baru kali ya untuk selesaikan pajak paketnya disana.

 

6. Mahal sekali biaya bungkus ulang

2 tahun lalu biaya bungkus ulang pake Rp.7500 plastik besar. Paket dan plastik kecil Rp. 3.000 sudah termasuk biaya cek/periksa isi paket. Gile bener sekarag jadi Rp.20.000 . Nah kalau tidak dibungkus ulang sama pos kenapa pula di kenakan tagihan?. Itu yang ditanya bapak pemilik barang. Paketnya dalam kemasan asli dari negara pengirim. Entah deh 20rb tersebut resmi (ada bon) atau tidak, kalau yang saya sebutkan Rp.7500 diatas tuh ada bon nya dikasih pos.

Baru tahu ternyata bea cek pos dan repacking paket Ln sudah 20rb
Baru tahu ternyata bea cek pos dan repacking paket Ln sudah 20rb

 

Bagi yang punya akun FB kalau kamu punya masalah paket/surat/dukumen ko belum sampai, bisa tanya di fb pos indonesia. Tapi jangan berharap bakal dijawab karena yang komplain buanyak bener. Kalau kamu beruntung (macam menang undian hee) baru dijawab cs ny.

loading...

Fb pos indonesia https://www.facebook.com/posindonesia sedangkan kalau mau cek status paket kiriman ada resinya ya bisa cek di http://www.posindonesia.co.id atau http://ems.posindonesia.co.id saya lebih sering cek pakai link ini. Kalau ada yang mau tahu berapa sih pajak barang masuk tanah air bisa cek disini http://ems.posindonesia.co.id/custom.html

loading...

Saya bukan buzzernya Pos Indonesia, memang lagi iseng aja pengen nulis tema pos hehe. Kamu punya pengalaman unik dengan pos indonesia? πŸ˜€ .

 

Tulisan Terkini

About these ads
loading...

51 thoughts on “6 Hal Terbaru Mengenai Pos Indonesia yang Baru Saya Ketahui

  1. pernah mba aku ngirim paket ke US, aku dikasi pilihan biaya dari yang paling murah sampai yang paling mahal tergantung maunya nyampe berapa hari. aku pilih yang paling murah yang bisa nyampe satu bulan, eh dua minggu kemudian teman yang di US udah nerima barangnya, padahal dia tinggal termasuk di daerah pedesaan πŸ™‚

    1. Hai Baiq klo dari Indonesia keluar sih biasanya aman saja, yg masalah tuh klo dari LN kirim ke tanah air πŸ˜€ . Kalau saya sih beberapa kali terima surat/dokumen dari Indonesia lancar 1-2 minggu sdh nyampe. Klo paket belum bernai kuatir berurusan dg bea cukai Jerman hehe πŸ˜€ .

      1. hihi begitulah mba, musti banyak sabar yaa jadinya πŸ˜€

  2. Itu gak salah biaya bea + bungkus ulang 20rb?! O-o) ayandisertaimulutberbusa

    Btw sekedar share aja nih hehe, awal Juli kemarin aku belanja action figure (Disney Infinity – Nick Wilde) di ebay senilai 17,9 USD (sekitar 218k) buat koleksi pribadi aja. Ini pertama kali belanja di ebay btw. Dan estimasi pengirimannya baru sampai 19 Jul – 3 Agustus nanti. Pengirimannya pake jasa Royal Mail International Standard (Small Packets) dan FREE shipping dari UK πŸ˜€ Mudah2an pas sampai di Indo bisa lancar di bea cukai dan pos Indonesia. Aku sih optimis bakal bebas dari segala bea dan pajak karena harga barang dibawah 50$. Tapi ada rumor juga mainan beli dari luar harus ada SNI nya. Mainan yang aku beli itu dari disney sih jadi udah terpercaya lah. Tapi kalau harus ditabok ama biaya ongkos pos ampe 20rb lagi, ga ada bedanya ama harga lokal dong huh >:( aku sengaja rela belanja di ebay karena harga barang sini sama di olshop lokal bisa beda 20rb+ dan kebetulan juga mau eksperimen belanja di luar negeri hehe. Btw mau nanya dong, itu barangnya bakal dikirim ke rumah kita atau harus ambil sendiri di pos? Kalau harus ambil bakal ribet nih urusannya T-T) Thx sebelumnya.

    P.S : Aku update lagi kalau barangnya udah sampai di rumah tercintah ya πŸ˜€ mudah2an pos indo gak nakal sama aku :p

    1. Hai Purnama klo barang gak kena pajak diantar sampai rumah ko. Ada tracking number kirimannya gak?. Semoga gak kena biaya bungkus ulang 20rb ya hehe.. iya pls update klo sdh diterima barangnya.

  3. Tempo hari aku ngecek via EMS dan telepon langsung ke call centernya juga. Jadi ingat kejadian yang kita alami tempo hari mba, haha..

    1. Hai Wien yg kasus teh ya? hehehe.. btw kamu telp cc nya cepat masuk ga?, saya pernah sekali telp cepat nyambung dan langsung dikaish tahu status paketnya.

      1. Cepat masuk mba. Tapi ya itu, mereka hanya membacakan status sesuai EMS dan minta dicall lagi besok kalau mau tahu info selanjutnya.

        1. Oohh kalau data sesuai EMS aja sih bisa cek sendiri ya di web pos indonesia πŸ˜€ .

          1. Iya mba Nella, padahal kita maunya penjelasan status yang lebih daripada di EMS itu..

  4. Ajaib bgt ya Pos Indonesia πŸ˜€ waktu itu aku kirim barang ke Australia dan dia info sampai kok barangnya dalam waktu 2 minggu, syukurlah, mungkin tergantung apes/engga-nya ya? Klo tuh barang posisinya ga jelas trus hilang pula aku bisa nangis2 itu isinya barang2 body spa sama aromateraphy mahal pula, hahaha

    Utie

    1. klo barangnya berharga di asuransi aja. Klo dari Indonesia ke luar sih aman2 aja, yg apesnya klo kirim ke indo sering banyak masalah dan biasanya lamaaa nyampenya πŸ˜€ .

      1. Hahaha, masalah klasik disini mah :))

  5. wied

    udah 2 kali dapet kiriman dr jerman ke indonesia, tp barang ga pernah nyampe ke tangan mbak. ilang. jengkel ma pos disini. 😀😭

    1. Hai Wied dikirimi barang apa?, kalau kirim pakai pos tercatat ada tracking numbernya bisa bilang pengirimnya komplain melalui web pos jerman, akan diganti duit klo belum lewat 5 bulan.

  6. Ke bahrain malah ke uk, mungkin paket nya pingin piknik yaa kak #NgakManggilIBU

    1. hahahahaha jauh banget ya pikniknya pak πŸ˜›

  7. skr memang udh banyak kemajuan pos indoensia, tapi tetep sih aku msh blm percaya barangku dikirim pake ini mbak.. baru aja bulan aku bermasalah lagi ama POS Indonesia.. beli brg ama temen, eh, bisa2nya dia kirim pake pos! Dan itu paket ga nyampe2 ke rumahku.. aku hubungin lwt website ga dijwab, aku telp boro2 diangkat.. terpaksa aku dtgin kantornya , dan ngambil cuti cuma utk urusan ga ptg gini -__-. Bikin makin ngamuk, aku dtg ke sana jam 7.30 pagi, tpi CS nya belum dtg dong. padahal jelas2 di kantornya ditulis mereka mulai kerja dari jam 7! Wah, ga beres, aku lgs isi complaint form, walpun yaa aku g yakin itu bkl ditindaklanjuti.. tapi ya sudahlah, untungnya paketku akhirnya kembali.. alasan mereka , krn ga ada org di rumah pas paket dianter.. semuanya kerja, jd rumah kosong. tapikan mereka bisa telp gituloh.. TIKI ato JNE aja slalu nelpon tiap kali g ada yg bukain pintu rumah.. itu makanya aku blm bisa percaya ama pos dulu utk skr ini

    1. Hai mbak Fan wah untung akhirnya paketmu balik ya. Pos di Jerman klo gak ada org di rumah, mereka 2 kali bel aja.. gak nelep juga petugasnya kasih slip/surat suruh ambil paket besoknya di pos terdekat. Tapi pernah sabtu datang paket diataruh didepan pintu mungkin krn sabtu jd kelamaan klo aq ambil di kntr pos, untung ditaruh gitu aja sih krn isinya bibit/tanaman yg harus segera dibuka dusnya.

  8. hihihi niat banget nel ngebacain komen2 orang2… πŸ˜›

    1. lagi iseng aja Man hahaha eh ada bbrp komen yg gak dijawab pos tuh pas gw tahu jawabannya dan punya pengalaman gw jawabin bbrp komplain.. niat juga ya gw balaes2 komplain orang hahha.

  9. Di Indonesia sihh sepertinya lebih populer JNE dahh sebab kaluu ane beli sesuatu barang pasti dikirimnya via kurir JNE tetangga tetangga ane juga gituuhh hehe kirain ane pos Indonesia cuman utk kirim surat ajaahaha sama uang :’D

    1. Hai Liberto banyak produk pos indoensia, malah skrg jualan tiket pesawat juga hehe πŸ˜€ .

  10. Wah aku g pernah pake post indonesia klo kirim2 barang paling surat aja…klo barang dulu dr taiwan ke Indonesia pke JNE express aman cepat murah πŸ˜… pernah ngirim barang sekardus ukuran kulkas gede beratnya tak jadi masalah 2minggu aja dah nyampe dari taiwan ke kampung ku di jatim dor to dor perfecto πŸ˜… lewat pos pernah kirim barang dr singapor di obok-obok isinya ! Sebagian ilang…kafoook ogah pke post indonesia trus yg nganter jg suka minta imbalan *pake maksa walau sekedar surat…klo yg ngirim dr luar negeri suka di mintain uang πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜… ih males deh…gak tau mgkin ini cuma post di kampungku aja kali…ya πŸ˜…

    1. Im klo pakai Jne tuh gak kena pemerisakaan bea cukai ya? πŸ˜€ . Yang minta “jatah” tuh didaerah mungkin sepi job jadi cari sampingan hehehe gak tahu juga .. dari teman2 yg pernah cerita, atau dulu pas saya di Jakarta klo diminta duit resmi ada slip nya sih.

      1. Klo jne dr taiwan ongkir sudah termasuk bea cukai trus yg delivery dor to dor boro2 minta jatah di tawarin kopi jg g pernah mau loh klo pegawai jne klo pegawai post g di tawarin jg main masuk dan duduk ambil powe πŸ˜… *powe = posisi uweeenaaak πŸ˜… ea neh kyknya post daerahku yg gtu… soalnya kirim uang ke ponakan lwt wu ambil di post daerahku pegawainya minta jatah 10rebu kmrennya kirim lg via wu ponakanku lg di jogja krn mau kuliah dsna ambil uang wu di post jogja sana gak di mintain jatah tuh πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

  11. hi mbak informasinya sangat bermanfaat, kebetulan saya belum pernah pakai jasa pos indonesia selama ini, pernah coba cuman pakai jne

  12. Bukannya mau ngejelekkin milik negara sendiri ya. Tapi buatku , terima kasih banget deh tuk menggunakan jasa yg satu ini. Biarpun gratis. Byr aja buat pusing apalg gratis. Hahaha Sori POS Indonesia. (Pengalaman pahit yg ga usa diceritain, cukup jadi pelajaran)

    1. Hai mbak Chris pengalama pahit kiriman dalam atau LN?.

      1. Paket LN mbak. Sampe skrg ga nyampe2 barangnya. hahaha. uda direlain si.

  13. sejauh ini pengalaman saya baru sekali kirim paket lewat pos indonesia ke luar negeri, dan lancar2 aja, ceritanya kemarin suami ngirim paket ke Rumania untuk ibu mertua, perkiraan nyampe katanya sebulanan gitu, eh gak taunya gak sampe seminggu ibu mertua ngabarin kalo paketnya dh nyampe, wow cepet banget. mungkin paket kalo dari indonesia ke luar negeri lebih gampang kali ya dibandingkan dari luar masuk ke sini, gak tau juga,heehee

    1. Hai Adhy, kalau aku dari Indonesia ke LN baru sebatas kirim dokumen aja dan benar cuma seminggu an sudah nyampe. Klo berupa barang gak berani malas berurusan sama bea cukai Jerman πŸ˜€ .

      1. Pernah saya kirim barang ke italy (waktu itu kirim undangan pernikahan) kena bea cukai di italy dan harus bayar (kirimnya pake DHL) tapi pas kemaren kirim barang ke Rumania untuk ibu mertua (kirim pake Pos indonesia) malah gak kena biaya/ bea cukai di Rumania sama sekali, hm,,,perhitungannya beda kali ya mbak Nell

        1. ya ampun baru tahu klo undangan aja kena pajak, memangnya berat banget ya Dhy?. Ko beda2 gitu ya aturannya hehe πŸ˜€ .

  14. […] barusan baca blognya mba Nella soal kantor pos ( klik disini ) terus pernah baca blognya Wien soal kantor pos juga ( klik disini ) dan terakhir baca postinganya […]

  15. Hahaha Mbak Nella, saya punya pengalaman kocak soal kirim-kirim paket kayak gini. Jadi Natal tahun lalu saya kirim paket buat teman yg tinggal di Bochum, entah gimana, dia harus ambil di suatu kantor pos yg ditentukan (kayaknya karena apartemen dia kosong selama jam kerja). Eh dia kelamaan nggak ambil, akhirnya itu paket balik lagi ke saya! Hahaha.. Jadi ternyata pos Jerman cuma mau menahan/menyimpan paket itu selama tidak lebih dari 3 hari, kalau lebih, ya dikembalikan lagi ke si pengirimnya. Puji Tuhan saya bisa dapatkan kembali paket itu dan akhirnya saya kirimkan lagi, tapi jadinya nggak seru banget ya, masa kado Natal baru diterima bulan Februari, basi dong ya, sudah gitu kartu ucapan dan bungkus kado yg cantiknya sudah nggak ada pas diterima. Hahaha..

    Saya harus akui kalau pelayanan pos Indonesia saat ini sudah baik. Beberapa kali kirim paket ke luar negeri selalu sampai dengan selamat meskipun dgn waktu pengiriman yg nggak tentu. Waktu itu pernah kirim ke Polandia sampai dlm 5 hari kerja, tapi lain waktu, paket sampai dlm 2 minggu. Terima paket dari luar jg tidak masalah, dua kali belanja dari Amazon UK, barang saya selalu sampai rumah dgn selamat. Hehe..

    1. Hai Seraphine wah muter2 dong paketnya hehe. Untung bukan makanan ya isinya?. Keliatannya kalau kirim barang ke LN lancar aja, yg sering masalah klo dari LN ke Indonesia πŸ˜€ . Btw pesan barang dari UK kena pajak barang masuk ga?.

      1. Iya untung bukan makanan isinya Mbak. Hehe.. Waktu itu sih saya nggak kena pajak karena harga barang masih di bawah Rp 1 juta. Hehe.. Oh iya Mbak, mungkin begitu, soalnya temen saya kirim paket ke sini sampainya hampir dua bulan. Hahaha.. Dulu sudah dikira hilang di jalan tuh.

    2. adelina

      HI Seraphine..Kalo di Eropa..kalo ybs tidak di tempat biasa pos akan tinggalkan note untuk di ambil ke ktr pos terdekat.dalam waktu 2 minggu (kl d Ire) tidak di ambil maka akan di return ke pengirim… Emang kalo beli barang online gak ada pajak nya ya.? biasanya pajak lebih mahal dari harga barang nya… pengalaman teman cm beli barang seharga 200 dollar tp pajak nya bs 1000 dollar di RI..

      1. Hallo Adelina, mungkin peraturan pos setiap negara beda-beda ya. Pengalaman saya mengirim kado untuk teman di Jerman sih seperti itu ya, sekitar 3 hari langsung dikembalikan ke pengirim. Hehe..

        Beli barang online (hitungannya impor kan) harusnya memang kena pajak untuk barang di atas jumlah tertentu. Klo nggak salah ingat, di atas USD 100 sih. Coba googling mengenai pajak ini, saya pernah baca peraturannya kok. Hehe..

        1. Hai Seraphine max 50 usd yang bebas pajak hehe πŸ˜€ .

          1. Oh iya betul Mbak. Hehe.. Saya salah ingat, soalnya yg terakhir kemaren saya beli USD50 lewat sedikit masih ga kena pajak.

      1. Aku Indonesia, Posnya Indonesia, jadi?

  16. adelina

    Hi Nella…saya sudah kapok berurusan dengan pos Indonesia. πŸ™ pernah kirim paket ke Jkt isi nya baju2 baru buat keponakan di kirim via standard pos..isinya hampir 2kgs…tidak sampai sama sekali sampai sekrang :((.udh 3th….pd saat itu di telusuri sampe ke pos besar dg bawa resi (kl dr LN kan biar kiriman standard ada resinya ..cm ga ada asuransinya) mereka lempar sana sini …Beberapa bln lalu coba kirim lagi baju2 baru dan beberapa yg masih layak pakai ke JKt (mungkn mereka udh berubah karena sdh Gub baru :))…kali ini pakai register(biar bisa di lacak dan berasuransi) setelah sebulan status sdh arrived di JKT tp pemeriksaan custom (haa??..) hampir seminggu (sdh di JKt) tidak sampai juga akhirnya di cari dg bukti kirim ke ktr pos pasar baru ..di sana ternyata paket sudah di buka dan sudah di data/rinci..dan ada perkiraan harga barang2 nya..:(:( dan di suruh tunggu seminggu paket akan di kirimkan ke ktr pos Fatmawati karena alamat ke Jakarta selatan….hampir 2 minggu paket tidak di terima jg..(tapi status di track and record —> di kirim ke negara asal.. ) ha??? aneeeehh….akhirnya ktr pos Fatmawati di datangin …dan kali ini petugas berasalan paket tidak di ambil oleh ybs dan akan di kirim balik ke negara asal…Benar2 tidak masuk akal dr Ps Baru trs ke Fatmawati dan akan di kirim ke negara asal karena tidak di ambil ybs (lahh kan katanya akan di kriim ke alamat) ..Bayangkan itu cuma baju2 yg menurut saya tidak berharga ‘narkoba/drug” tp di perlakukan seolah2 harga nya bernilai tinggi. Dan paket sudah di buka dan di rinci padahal tidak ada barang terlarang sama sekali. Kecewa dengan pos Indonesia?? PASTI! sebenarnya saya akan adukan ke SMS gubernur AHOK biar di tindak lanjuti karena nama petugas dan bukti2 jelas mendukung ..tp kalo mikir nanti nya mereka malah kena sangsi jadi kasihan …tp saya ga akan berurusan dg pos Indonesia lagi …ada banyak cerita mengesalkan sbnrnya ..cm nanti tulisan saya jadi lebih panjang dari tulisan Nela .hahaha….Curcol πŸ™‚

    1. Hai Adelina, beneran dikirim balik ga kenegara asalnya?. Klo saya prnh bbrp kali paket gak sampai saya komplainnya ke kntr pos pengirim pos Jerman mereka yg urus investigasinya, prosesnya bisa 4 bulan sih, dan klo paket beneran gak sampai maka akan diganti sesuai ketentuan yg berlaku, klo misal diasuransi lebih besar lagi gantinya. Btw trus klo kirim2 paket lagi ke Jakarta pakai jasa apa De selain pos?. Saya senang dicurcolin ko, siapa tahu pengalamanmu dibaca atau dibutuhkan pembaca postinganku ini hehe.

      1. adelina

        akhirnya barang di ambil sendiri ke pos Fatmawati Nel…(menurut saya sih..ini buruk sangka…mereka status tulis akan di kirim balik ..tp kenyataannya barang tetap di JKt)..untuk kirim balik barang yg udh di bongkar ‘gak mungkin’ pegawai pos mau ngurusin dan biaya pun tidak sebanding..ngirim barang balik kan pake prosedur Nel..dan itu birokrasi nya panjang, .lagian isinya gak seberapa..mending di ambil ama oknun .”kalee” :).. (trauma pengalaman pertama waktu kiriman leyap tanpa bekas)..sekrang kalo saya kirim barang lewat teman yg mudik ato yg dtg ke LN..jd paket bisa di kirim lg antar Eropa dan lebih aman πŸ™‚ kalo dokumen saya pk DHL…tp kalo kiriman banyak saya pake jasa laut Nel..ada ekpedisi Malaysia di sini…agak lama sampai bulanan tp sampai ke tanah air selamat sentosa dan biaya lebih murah…dari German ada ekpedisi ‘pulang kampung” kalo Nela mo coba ..saya pernah kirim 30kgs cm 70eur di hit volume kotak dll…kirim dulu dari Belgi dan bisa di pick up untuk BENELUX..dan ini suka di gunakan pelajar yg plg for good πŸ™‚ semoga bermanfaat ..

        1. yang jasa laut saya pengen nyoba tuh katanya murah ya De?, cuma klo gak salah baca min 10 kg hehe πŸ˜€ pengen minta mama kirimin kerupuk haha . Pulang kampung iya saya tahu dan ada “like” fb nya juga, blm prnh nyoba sih.. jasa ini tetap kena pemeriksaan bea cukai juga. 30 kg itu kamu kirim apa? klo baju2 baru dilepas harganya bisa ga ya? buat ngirim ponakan misalnya. Makaish ya sudah share pengalamanmu ;).

          1. Adelina

            Sori telat bls Nel.. Aku kirim brg2 ku abs kelar sekolah Nel..Buku . Sepatu, baju..jaket, mainan termasuk coklat2 sekalian..syg drpd di buang. Bukan cm 30kgs tp 80kgs hehe kirim sepda juga bs pk pulang kampung .. Lancar jaya gak pk cukai dll.. πŸ™‚

          2. Hai Ade, itu kirim coklat gak lumer ya, bbrp kali saya pengen kirim coklat2 takut rusak dijalan hehe πŸ˜€ . Iya saya pernah baca keternagan bisa kirim sepeda dg pulang kampung. kayanya saya harus coba layanan pulang kampung nih πŸ™‚ .

Leave a Reply