Perhatikan Banyak Larangan Memotret di Jerman

loading...

Tulisan ini saya buat karena sudah sering dapat model komen seperti berikut:
Kak banyak yang cari bareroot mawar nih, yang beredar saat ini apa aja?, potretin dong!” .
Carikan pohon/tanaman/bibit ini itu potretin dulu dong di tokonya“.

Nel ada baju, sepatu, tas diskonan gak disono?, cariin dong.”
Biasanya saya langsung tolak: “Ogah ah gak tahu gw kan selera lu bagaimana, salah beli ntar bagaimana?.
Potretin dulu dong!” kata temanku.
“Di Jerman tidak boleh potret sembarangan“! jawabku ๐Ÿ˜† .

Nih teman-teman saya mungkin berpikir di Jerman tuh seperti di Indonesia ya bebas asal potret sana sini. Sebenarnya saya jadi malas kemana-mana bawa kamera karena ya banyak aturan di larang memotret! haha.

Beberapa contoh lokasi di Jerman yang dilarang memotret:

# Garten Center (Toko Pertanian)
Saya sering sekali mengunjungi garden center, satu tempat yang saya kunjungi adalah Hornbach. Ditempat ini dilarang memotret. Saya baca di forum, garden center lain yang namanya obi mempunyai aturan yang yang sama. Baca diforum lain ternyata memang di Jerman sini dilarang memotret di supermarket bangunan dan garden center ( Bau- und Gartenmรคrkte) . Peringatan dilarang memotret tertempel dipintu masuk. Kalau garden center yang saya kunjungi ketika ke Belanda tidak ada larangan memotret. Di pintu masuk saya cari simbol larangan potret, karena tidak ada simbolnya jadi saya asyik potret sana sini ๐Ÿ˜€ .

Simbol larangan Memotret di Garden Center. Potretnya secepat kilat, blitz pun saya matikan, sudah seperti mau ngemaling aja ngumpet2 haha
Simbol larangan Memotret di Garden Center. Potretnya secepat kilat, blitz pun saya matikan, sudah seperti mau ngemaling aja ngumpet2 haha

 

Baca juga: Mengunjungi Garden Center di Belanda

 

# Electronik Center
Dua contohnya adalah Media markt dan Saturn.

Seorang wanita bernama Karli, mengunjungi Media markt. Dia melihat televisi yang bagus yang mungkin dia incar untuk dibeli. Karli mengambil hp nya dan memotret tv tersebut (mungkin mau dibandingkan ditempat lain sebelum memutuskan membeli).

Datanglah seorang pegawai tokonya dan berkata: ” disini dilarang memotret” .
Karli :” kenapa dilarang?”.
Spg : ” karena disana (pintu masuk) tertera larangannya” .

Karli pergi ke pintu keluar. Disana ada 2 detektif yang berkata kalau dia sudah memotret dan harus menghapus foto tersebut.

Karli: ” memangnya kenapa tidak boleh memotret? ” .
Detektif: ” untuk alasan keamanan” .

Karli menghapus foto yang telah dia buat, lalu detektif meminta supaya Karli menunjukkan kameranya, untuk memastikan kalau foto benar-benar sudah dihapus.

# Kolam Renang
Ini di kota tempat tinggal saya ya. Kolam renangnya kalau menurut saya mewah. Indoor dan ada sedikit kolam outdoornya. Kolam utamanya sangat luas. Tepi kolam dihiasi begitu banyak bunga anggrek. Suasananya seperti di negara tropis, ada beberapa pohon palem menjulang tinggi. Bisa sauna, ada kolam air laut mati, kolam air magnesium, calsium dll. Pokoknya kalau mau memadu kasih dengan pasangan cocok lah ke tempat tersebut ๐Ÿ˜€ namun tidak boleh bermesraan yang berlebihan karena ada simbol larangannya .

Suatu kali saya pengen sekali memotret suasana dalamnya, katanya foto/gambar bisa berbicara lebih banyak kan yaa hehe. Nah tuh kamera sudah saya umpetin di handuk. Eh ketahuan bapaknya Benjamin, dia mengingatkan lagi kalau ada peringatan dilarang memotret tertempel di pintu masuk. Saya gigit jari lalu pergi taruh kamera ke lemari penyimpanan barang ๐Ÿ˜ณ .

Saya nemu videonya nih dari youtube. Suasana kolamnya saat malam

# Ruang praktek dokter kandungan & rumah sakit
Dua tahun lalu, saat kandungan saya sudah besar. Saya ingin punya foto buat kenang-kenangan saat berada diruang dokter kandungan. Saya meminta suami untuk memotret saya. Tentu saja bapaknya Benjamin bertanya dulu ke dokter apakah boleh memotret. Dokter mengatakan kalau disitu dilarang memotret. Walaupun tidak terpampang tulisan larangan memotret karena ibu dokter melarang, tentu saja kami patuhi.

Baca juga: Cerita Melahirkan Melalui Operasi Caesar

Kalau di rumah sakit bersalin, larangan memotret bisa saja dengan simbol kamera di coret. Seringkali saat kita mengunjungi saudara atau teman yang melahirkan, kita berlomba-lomba untuk memotret adik bayi yang baru lahir tanpa mempedulikan apakah blizt dari kamera menggangu si bayi atau tidak. Ingin langsung upload foto ke sosmed kalau bayi dari si teman kita sudah lahir. Apakah ibu dan ayah si bayi suka saat kamu upload foto bayi mereka?. Sudahkah kamu minta izin orangtua si bayi kalau kamu upload foto bayi tersebut? . Termasuk memotret si ibu yang masih lecek karena baru selesai bersalin atau repot ngurus si kecil, asal potret saja, asal upload ke sosmed, lalu si ibu kesal karena melihat fotonya terpasang di sosmed dengan tampang ala kadarnya.

# Toko Sepatu
Kalau tidak mau kena masalah karena potret memotret, sebaiknya sebelum masuk lihat dulu apakah di pintu masuk ada simbol kamera di silang.

 

Kenapa di Jerman tidak boleh sembarangan memotret?:
# kalau sudah ada larangan tertulis, seharusnya dipatuhi, tanpa perlu bertanya/heran alasannya. Kalau mau bebas memotret silakan di ruang publik misal jalanan. Bisalah sepuasnya selfi hehe. Kalau seperti di garten center, lokasi tersebut adalah milik pribadi/pengusaha dimana pemiliknya berhak membuat aturan yang mereka sukai.
# seorang pemilik toko kecil mengatakan (di forum) kalau pengunjung tidak menyukai aturan yang ada, “.. Anda tentu tahu dimana pintu keluar!”. (Kejam amat gitu ya orang Jerman hehe) .
# menyangkut hak cipta.
# kuatir saingan bisnis serupa meniru.
# kegiatan memotret seringkali menganggu pengunjung lain.

Bagi kamu yang mungkin kebetulan akan jalan-jalan/berlibur ke Jerman sebaiknya perhatikan baik-baik simbol larangan memotret ini. Larangan biasanya di pasang di pintu masuk, berupa simbol kamera di silang. Selain kamera disilang mungkin di toko tertentu ada juga simbol es krim disilang artinya dilarang makan mimun, simbol hati/love disilang dilarang bermesraan berlebihan kali ya haha saya lihat ada simbol ini di kolam renang indoor di kota tempat tinggal saya, ada lagi simbol/gambar anjing berarti dilarang bawa hewan peliharaan. Biasanya anjingnya di ikat di luar. Kalau kucing saya belum pernah lihat diikat hehe, biasanya sih kucing ditinggal di rumah ya.

Nekad ngumpet-ngumpet memotretnya ya bisa saja, asal kamu tahu saja dimana letak kamera-kamera tersembunyi berada. Saya pernah beberapa kali jelalatan di garden center pengen tahu dimana aja tuh kamera dipasan, banyak bo! haha ๐Ÿ˜Ž .

Oh ya apakah kamu termasuk yang sering upload-upload foto orang lain ke sosmedmu? temannya bisa teman dekat, teman jauh, rekan kerja, apakah kamu selalu minta izin mereka sebelum upload foto?.

loading...

Kira-kira dua tahun lalu teman saya yang suaminya bule bilang begini: Nel ntar pengacara suamiku hubungi kamu ya, kamu upload foto ada dia (nama) tuh. Temanku sih seperti nada bercanda ngomongnya, tapi kalau dipikirin serius ya bener juga sih, bisa saja kita dituntut sama yang ada di foto karena kita belum minta izin dia, belum tanya dia suka atau tidak kalau fotonya terpajang di sosmed. Saya langsung hapus foto dia. Truss waktu dia potret anakku lalu di upload ke sosmed dia, berarti saya bisa dong bilang hal yang sama, “.. saya tidak suka dan nanti pengacaraku hubungi kamu ya” hehe ๐Ÿ˜› .

Saya di undang makan siang ulang tahun teman saya, tentu saja ada orang-orang lain yang tidak saya kenal para undangan. Biasalah kita kan selalu gemes ya lihat anak kecil. Nah saat itu Benjamin umur 9 bulan lalu ada 1 anak bayi lainnya, ada temannya temanku potret kedua bocah kecil tersebut pakai hp, yang potret itu minta izin sama saya boleh ga potret Benjamin?, saya mau nolak juga ga enak kan toh dia sudah minta izin hehe.

Ada yang pernah dituntut ga gara-gara kamu potret sembarangan? ๐Ÿ˜€ .

loading...

Sumber:
# http://www.gutefrage.net/frage/fotos-in-geschaeften
# https://kwerfeldein.de/2009/02/24/darf-ich-darf-ich-nicht-ein-interview-mit-rechtsanwalt-philipp-dorowski-zum-fotografieren-auf-der-strasse/
# http://www.spiegel.de/netzwelt/gadgets/strassenfotografie-rechtsfragen-wen-man-knipsen-darf-a-1016555.html
# http://guidedmunich.com/german-privacy-laws/

 

Baca juga:
โ€ข Orang Jerman, Etika dan Kebiasaannya (Bagian VI)
โ€ข Beberapa Lokasi Membeli Bunga di Jerman
โ€ข Ladang Bunga di Jerman
โ€ข Ucapan Selamat dalam Bahasa Jerman
โ€ข Aturan Internetan di Jerman
โ€ข Tinggal di Jerman

About these ads

72 thoughts on “Perhatikan Banyak Larangan Memotret di Jerman

  1. Widiiiww, ternyataa begitu toh alasannya mbaa.. aku punya temen Jerman juga kan, dulu emang dia bilang kok ke saya kalo dia gak suka upload2 foto2 anaknyaa.. trus aku pernah dihubungin karena aku upload fotoku bareng anaknya, wih jadi gak enak aku mba hehehe.. katanya alasan privasi, bserta penjelasannya..

  2. Kejam amat ya sampai dikomentarin “anda pasti tahu jalan keluar” haha mungkin kalau saya disana bakal sering nangis kali yaa kalau komentar orang2 Jerman banyak yang pedes gitu hehe

    1. Tahun pertama nangis-nangis setelahnya sudah kebal ko hahaha ๐Ÿ˜€ . Disini memang gitu to the point, kita sdh 2x didatangi tetangga bawa rumah krn anakku katanya ribut banget.

  3. negara di eropa yang punya peraturan ketat begitu mana lagi mbak? selain jerman. Barangkali boleh bebas foto kalau tempatnya jelas buat wisata kali yaa

  4. gue

    Wah, jadi pengen liat-liat jerman jadinya kak ๐Ÿ˜€
    Pertengahan Agustus nanti aku berangkat ke UK, dapat beasiswa S2 MBA.
    Moga-moga bisa main-main ke Jerman nanti, sekalian nyambangin rumahnya kakak. Hehehe.

    1. Hai Yoto wah kerennn dpt beasiswa ๐Ÿ˜€ . Ayo aja mampir ke rumahku asal jangan winter gak ada pemandangan indahnya heheh ๐Ÿ˜€ .

      1. gue

        Hehehe, siap kak.. ๐Ÿ˜€

  5. Belum lagi kalau yang datang rombongan yang demen selfie haha sangat menggangu pengunjung.

    1. Hahahah iya Har bener banget klo group suka selfie perlu dihindari atau tungu mereka puas selfie baru kita gantian ๐Ÿ˜† .

  6. Wowww kaaakk itu yg kolam renang mantebh bangetttt!!! Hahaha …

    Eh iya, pernah nemuin cafe kok yg dilarang moto. Lagi asik2 mengagumi design nya trus cekrek trus disamperin sama staff nya hahaha! Tp ga sampe minta ngeliat kameranya sih utk ngapusin fotonya. Itu yg di media markt serem amat ampe pake detektip ๐Ÿ˜ฎ

    1. Hai Tim, iya keren kolamnya tp tiket masuknya 5x kolam biasaa hehe, belum tentu setahun seklai kesitu ๐Ÿ˜† . Cafe dimana yg ngelarang potret?, kalau saya sih ngumpet2 aja potretnya haha.

      1. Ada nih di Bandung huehe, tp itu jg uda foto2 bbrp br diomongin ๐Ÿ˜€

  7. Anang Jefry

    Repot juga nih kalo sampai gak tau, malu2 in lah bisa2 hehe

    1. Gpp lah kalau baru pertama wajar gak tahu hehe ๐Ÿ˜€ .

  8. Hahaha kemarin kemarin juga sempat di kasih tahu ngggak boleh foto pas pergi berenang, tapi karena penasaran minta izin sama pool guardnya ( benar nggak ya namanya, yang ngawasin orang berenang ) eh ternyata di kasih tapi cuman boleh selfie katanya nd plus mungkin belum begitu ramai ya ^^

    1. Hai Anna kalau saya minta izin malu ah hahha, mau ngumpet2 potret ketahuan suami dan dilarang ๐Ÿ˜€ . Btw kamu sudah tinggal di Jerman kah?.

      1. Hihihi, aku tebal tebalin muka saja…maklum masih agak ndeso soalnya menurutku pemandangan kolam outdoornya bagus dibelakang ada semacam pegunungan gitu apa bukit ya, sayang kalau nggak narsis dikit hihihihi ( kemarin kemarin aku ke Vitamar, lumayan bagus tempatnya ) nd mungkin karena bukan weekend/liburan jadi agak sepi lumayan serasa milik pribadi xp hihihi

        1. Hahaha klo awal2 sih maish tebal muka gpp ko, lama2 aku sih sdh males potret2 kecuali ada yg unik banget mau dipotret baru nekad ๐Ÿ˜€ . Iya klo hari kerja gak ramai kolam renang asyik deh renangnya ๐Ÿ™‚ .

  9. Wah baru tahu saya mbak, kalau rupanya tidak boleh motret sembarang di Jerman.
    Di sana bener2 menjunjung tinggi hak cipta dan privasi ya.
    Apa kabar ya klo di Indonesia? Hahaha

    1. Kalau di Indonesia enak lah bebas aja ๐Ÿ˜€ .

  10. syukurlah tidak dilarang sepenuhnya masih ada ruang untuk selfie ahaha

    1. Klo selfie di alam terbuka atau jalanan bisa aja ko ๐Ÿ˜€ .

  11. Suka deh dengan bahasan ini, Mba Nel (y)
    Sempat awal Afiqah masuk Grundschule dulu, kita ada acara di sekolah, menampilkan kegiatan anak-anak di sekolah tersebut seperti athletik, drama dsb. Kepala sekolah kasih peringatan ke siapa saja yang ambil gambar dan video untuk tidak menyebarkan di media sosial internet

    Lama lama aku pun terbiasa dengan segala privacy di sini, cuma kadang suka gimanaaa gitu kalo warga Jerman yang ambil foto saat plesiran tanah air kemudian menjadikan objek foto yang terpampang di Natgeo atau blog mereka.

    1. Hai Melly gak boleh menyebarkan krn menyangkut privacy pribadi, repot kan klo minta izin satu persatu hehe. Tapi klo misal gak fokus wajah seseorang boleh2 aja upload ke sosmed, saya ada baca dari German Privacy Laws.

      di tanah air skrg sdh banyak juga yg minta duit klo mau dipotret turis hehe, pengalaman pribadi soalnya ๐Ÿ˜€ . Klo gak kasih timbal balik ya gak boleh potret hehe. Klo pemandangan alam bebas dipotret ko di Jerman sini asal bukan orang ๐Ÿ˜† .

  12. mamipapa

    Wah kalau aku ke Jerman repot dong yah, soalnya hobi moto pemandangan, interior, arsitektur sama makanan. Gaya ngomong ky mau ke Jerman pdhl sih nggak haahhaahha…

    1. Hai Fel, klo pemandangan boleh ko bebas dipotret. Arsitektur dan bangunan klo diluar ya bebas potret, klo dalam museum atau gereja biasanya ada peringatan gak boleh pakai blizt. Gpp lah gaya dulu siapa tahu terwujud kan kita bisa kopdaran hehe ๐Ÿ˜€ .

  13. bagian yang saya suka, si ibu kesal melihat fotonya terpampang di sosial media dengan tampang ala kadarnya hahaha.. itu memang mengganggu da ๐Ÿ˜›

    1. Iya banget ya klo sebel aja pas masuk sosmed lihat foto yg kita gak suka hehe.

  14. So far sih g pernah…๐Ÿ˜…

    1. Untunglah kalau belum pernah ๐Ÿ˜€ .

  15. Wahh ketat ya mbaa larangan buat memotret. Kalau aku si disini palingan cuma masalah foto anak disekolah aja si gak bisa asal cekrekkk huehehe. Jadinya gak pernah ada foto bazyl disekolah klopun mau minta gurunya deh.

    Eh tapi yg masalah memotret bayi baru lahir trus ibunya difoto segala langaung upload di socmed emang nyebelin yaa.. Aku dl pas br lahiran ada temen berkunjung adal main moto aja trus minta main gendong bazyl. Akhirnya aku minta suster bazyl balikin ke babyroom ajalah huehehe

    1. Hai Nisa, kalau potret disekolahan tadi aku tahu dari Melly di Jerman sini, katanya boleh potret/videoin asal gak diupload ke sosmed.
      Iya ya lebih baik suruh tamu nya lihat dari kaca kamar bayi aja aman deh begitu gak asal gendong ๐Ÿ˜€ .

  16. itulah makanya aku slalu hati2 kalo mw motret tiap traveling ke LN mbak.. bukan cuma di Jjerman aja sih yg seperti ini.. rata2 negara maju udh nerapin, trutama di mall, restoran.. aku pernah ga ngeh kalo ada larangan motret makanan di FOODCOURT yg aku dtgin di singapura. Ditegur sih ama pelayannya, tp untungnya ga diminta hapus foto2 yg udh telanjur di ambil.

    di kantorku sendiri juga ada larangan memotret gini.. Di bank gitu.. pernah ada nasabah lg ngantri, eh dia selfie ;p.. lgs deh ama security ditegur.. suruh hapus.. kalo alasan di bank ga boleh motret sih krn keamanan ya… Jadi jgn sampe ada perampok bank yg ngeliat foto ruangan dalam bank, dia jd tau tuh di mana letak cctv, di mana letak pintu kluar dll.. ;D Aku aja pernah ditegur ama bagian Customer experience di kantorku, krn wakt itu ada lomba gitu di kantor, ttg foto dgn tema kartini.. nah foto yg aku submit disuruh ulang, krn di situ kliatan jelas CCTV ikut kepotret … ga boleh kliatan letak cctv di foto soalnya, walopun yg nyelenggarain lombanya org kantor sendiri

  17. Wah susah juga ya.. apalagi buat orang yg doyan motret demi update foto di media sosial, hehe.. Infonya unik banget. Salam kenal ya..

  18. eda

    waduh.. yg kaya gini ini kurng diperhatiin ya mba. Di Indonesia, juga ada beberapa tempat yg dilarang motret. utk kasus begitu, aku uda keder duluan, jadi gak berani motret ๐Ÿ˜€

    tapi kalo motret org lain trus posting di sosmed, itu seriing banget! mudah2an, ga kenapa2 deh. ngeri juga kalo misal sampe disomasi gara2 aplot foto orang sembarangan ๐Ÿ˜€

  19. Adel

    Setahu ku hampir di seluruh Eropa ada ketentuan blh mengambil gambar ato ga dg alasan mcm2. Cuma kadang org2 yg kaget dg aturan ini sk tanya knp?? Yaa jawaban nya sk2 aturannya di buat untuk apa ๐Ÿ™‚ dan kalo msh ngeyel mereka tunjukin pintu keluar. Kl foto2 ‘orang ‘tanpa sepengetahuan emang harus ijin sewajarnya.. Saya jg ga sk foto sata tiba2 nampang di sosmed.. Skrg saya bs ngomong sama kalo ada yg upload tanpa seijin saya bilang ‘ kalo gak di hapus saya tuntut ya ๐Ÿ™‚ dan memang itu ada aturan dan hukum nya. Pokok nya hidup di negara org sekarang bikin saya ‘saklek’ sama org2 Indonesia yg asal selfie dan ngerusak akhirnya.. Untung saya bukan org yg sk selfie dr dulu hehe jd ga berimbas banyak ๐Ÿ˜›

  20. tapi emang siiih yang namanya ngaplot foto org d sosmed ga bole sembarangan. Bisa merusak privacy. Suka deh tulisannya mom Ben, jadi self reminder yang suka motret seenak jidat,hahaha..
    Kalau di Indo, masuk rumah makan A, cekreeeek. Foto makanan, aplot. RM B, cekreeek,aplot. Biasanya aku review makanannya,xiiixixi

    1. Hai mom Ucupyo kalau motret seenaknya diri sendiri atau anak sendiri atau kebun sendiri dipotret ya gpp ko wajar aja, klo potret orrang lain ya barulah kita tanya dulu klo mau di upload ke sosmed ๐Ÿ˜€ . Klo aku sdh malas potret2 makanan, kamera penuh review gak ada satupun ditulis haha ๐Ÿ˜† .

      1. hahahahaha.. dasar emaknya Ben. Olehnya disetiap jepretanku, ku ukiiir namakuuu, jd kalau ada yg make tanpa ijin, ketahuan doong,hihihihihi.. eniwey kolamnya kelihatan oke bangeeeeeet

  21. bener banget mbak nel wong klo foto-foto aja banyak yg gak mau liat ke kamera. bikin ilfil aja kan. artinya tau sendiri klo ybs gak mau difoto. atau mereka to the point bilang sepanjang gak dimasukin ke socmed.

    sekali pas lagi visiten di rs. pasien minta foto bareng dokter dan pfleger. dokternya telek-telek bilang disini gak boleh foto-foto. rasanya buat kita kejem ya. tapi bisa ngerti juga apa kabar klo foto kita diliat oleh orang yg tidak kita inginkan atau tdk berkepentingan.

    salam
    /kayka

    1. Hai mbak Kayka, saya baca dari satu website katanya klo potret orang2 di Jerman boleh aja asal jangan fokus wajahnya, klo sampai ada yg fokus terlihat nanya dulu ke ybs klo misal akan di upload ke sosmed, klo buat pribadi aja ya gpp.

      Berarti beneran kan di rs pun dilarang potret, krn saya gak lihat ada simbol larangannya, tp klo nanya langsung ya kemungkinan besar memang tdk boleh hehe. Pas saya di rs ngumpet2 motret sendiri aja pas mau lahiran ๐Ÿ˜€ .

      1. di rs saya gak ada tanda larangan foto-foto mbak nel. tapi klo ada yang foto mesti ada aja yang negor.

        hehehehe sepanjang gak ketahuan sih gapapa kali ya asal yang difoto hanya kita aja.

        jadi inget pas lagi naik S-Bahn ada yang mainin hape. nah yang duduk diseberangnya gak seneng berasa difotoin dan to the point bilang:
        -kamu foto saya ya?
        +nggak.
        -coba sini saya liat kamera kamu.

        yg punya kamera terpaksa ngliatin kameranya. dan turun dari S-Bahn sambil ngomel panjang pendek.

        saya mlongo dan maklum krn kadang suka berasa difotoin diem-diem sama pasien kalo mereka pegang hape yang mengarah ke saya. bedanya saya belum pernah menegur langsung.

        salam
        /kayka

        1. Makasih mbak Kay infonya ๐Ÿ™‚ . Saya sih gak beranilah foto dokter/perawat/orang gak dikenal gitu drpd dituntut kan hehe.
          Saya pernah baca status di Fb ku mbak, ada wanita berani negor juga merasa dipotret, dan bener aja pas dilihat hp tersangka banyak foto2nya dan sama pria ini tuh foto2 di upload dan dijadikan topik obrolan di group chat dia, trus pria ini dilaporkan kepetugas keamanan.

  22. Kalau di Indonesia malah kebalikan kaliyaaa mintanya difoto dan dishare di sosmed, secara narsis semua getooo… hehehehe…….

    1. Hahaha iya mbak Shinta di Indo mah malah senang ya bisa terkenal berkat sosmed ๐Ÿ˜† .

  23. nggak bisa selfie juga donk yah?

    1. Boleh kalau selfie di jalanan hehe ๐Ÿ˜€ .

  24. Memang bener Nel, garden centre di Belanda ga ada larangan untuk foto didalam. Aku kalau ke garden centre dibeberapa tempat selalu ambil foto, bukan bunganya yang difoto tapi pernak perniknya haha. Petugasnya cuma senyum2 aja. Apalagi pas natal, bagus banget dekorasi didalam garden centre itu.
    Ada juga di restoran yang tidak memperbolehkan untuk memfoto makanan. Aku lupa apa di Belanda, Jerman atau Perancis ya. Pas aku ambil ancang2 mau ambil foto, didatangi dibilang ga boleh padahal didepan ga ada tandanya. Trus dibeberapa museum ada yg dilarang, ada yg diperbolehkan tapi ga boleh pakai blitz. Kalau yg ini jelas ada tandanya. Pas waktu di Kรถln aku beneran pengeen banget ambil satu foto dimuseum katedral. Pengen nekad sebenarnya karena objeknya bagus. Tapi ngelihat cctv jadi ngeper juga haha. Untuk yg menampilkan foto orang lain dimedia sosial kita, termasuk blog, aku setuju sekali memang harus ijin dulu, bahkan foto suamipun aku nanya dia dulu boleh apa ga. Termasuk anggota keluarga yg lain. Kalau keberatan ya ga kutampilkan.

    1. Hai Den paling enak deh di gareden center Belanda bebas potret hehe jadi pengen kesanana lagi :mrgreen: . Nah bener kan klo ada event khusus tahun baru, natal dll tuh bagus2 dekorasinya, gatel pengen potret tapi takut klo ketahuan juga haha.

      klo resto aku belum pernah lihat tanda dilarang potret, klo museum ada larangan pakai blitz, maish untung deh ya bisa potret ๐Ÿ™‚ . Iya ya biarpun anggota keluarga sendiripun nanya dulu boleh gak di upload.

  25. kolam renangnya kece’ abis!!!

    1. Iya bagus banget, paling setahun seklai ke situ, mahal sih hahaha ๐Ÿ˜€ .

      1. ohya? berapa emang sekali masuk mbak *kepo ๐Ÿ˜€

        1. Tiket masuknya utk 3 jam Rp.270.000 kalau seharian Rp.405.000 ๐Ÿ˜€ belum tentu tiap tahun kesitu sih paling kolam renang yg dingin aja airnya murah haha.

          1. busettt,, lumayan juga ya. hahhaha

          2. Hehehe iya paling setahun sekali kesana, mending di kolam yg air dingin aja murah ๐Ÿ˜† .

  26. Fee

    yang jelas yang suka selfie dan wifie bakal mati gaya di jerman wkwkโ€ฆ.kecuali foto2 sama pemandangan alamโ€ฆeh kalau foto2 sama hewan ternak dilarang ga? saya termasuk yang setuju banget prinsip mereka #sdhenegliatselfi2gajediberbagaitempatโ€ฆjaman di sana pernah dimarahin juga waktu foto dalam supermarket tapi untung ga di delete isi kamera karena saya bilang untuk keperluan studiโ€ฆuntung ketemu petugas yang pengertian..

  27. Fee

    yang jelas yang suka selfie dan wifie bakal mati gaya di jerman wkwk….kecuali foto2 sama pemandangan alam…eh kalau foto2 sama hewan ternak dilarang ga? saya termasuk yang setuju banget prinsip mereka #sdhenegliatselfi2gajediberbagaitempat…jaman di sana pernah dimarahin juga waktu foto dalam supermarket tapi untung ga di delete isi kamera karena saya bilang untuk keperluan studi…untung ketemu petugas yang pengertian..

    1. Iya mbak Fee selfie dg pemandangan alam atau jalanan ya boleh aja gak ada yg merasa hak milik hehe ๐Ÿ˜€ .
      Klo hewan ada pemiliknya ya kita harus nanya dulu, klo hewan liar sih gpp ko ๐Ÿ˜€ .
      Klo di supermarket dulu banget pernah potret2 tp ngumpet2 hahaha ๐Ÿ˜† .

  28. Wah sampe segitunya ya disana nel… Kalo kolam renang sih make sense karena org org pake baju renang kan… Tp kalo toko sih harusnya gak apa ya. Kalo org mau niru bisa beli trus ditiru. Kalo motret lbh karena mgkn masih mau banding banding dulu gitu jd di potret biar gak lupa…

    1. Iya Man parah disini, gw mah mending cari amannya saja klo ke toko gak usah keluarin kamera. Kecuali ada yg pengen banget dipotret ya ngumpet2 aja nekad langsung kabur haha.

  29. Pernah motret barang bagus ditoko sampe dibolak balik… Ga ngerti kalo dilarang motret… Diliatin terus sama pelayannya, tapi ga ada yang negur… Pas keluar baru sadar ada stiker dilarang motret… :mrgreen:

    1. Hahahaha pas dimana mas?. Pelayannya mau negor gak enak juga kali krn dikau belanja di tokonya ๐Ÿ˜€ .

      1. Dulu pas di Surabaya liat liat diecast… :mrgreen:

  30. Waduh di jerman aturannya ketat ya mbak nel. Oh ya kemana aja kok nggak posting ha ha ha……

    Kolam renangnya nurut saya mewah tuh mbak, bagus sekali. Harga tiket masuknya kira2 berapa tuh mbak?

    1. Hai Shiq4, gak kemana-mana lagi malas parah aja hahaha. Cape ngurus anak, rumah, jualan bibit dan berkebun makanya pas malam bisa nyantai sdh lelah tingkat tinggi ya gak konsen lagi mau nulis ๐Ÿ™ .

      Tiket masuknya utk 3 jam Rp.270.000 kalau seharian Rp.405.000 .

  31. Wow.. .suka bacanya.
    Orang jerman taat aturan y mba ๐Ÿ™‚

    Kalau disini, aku paling sebel, kalo ada tanda dilarang merokok, eh dia masih asik merokok. Padahal udah lihat ada anak kecil pula disitu. Hadeeeh..

    1. Terpaksa taat mbak kalau gak kena sanksi hahaha ๐Ÿ˜€ .

      Kalau di tanah air aturan dibuat memang untuk dilanggar ya, sanksinya pun awalnya saja jalan selanjutnya pada cuek bebek hehe.

      1. Iya ya mba….sanksi yg tegas salah satu kuncinya ๐Ÿ™‚

  32. Ribet amat yaaaa tp setuju dengan alasan2 nya terutama menganggu pengunjung lain

    1. Ribet sih lama-lama jadi terbiasa ko Cum ๐Ÿ˜† .

      1. Tina Harly

        Nel mana Benyamin… dah lamaaaa banget ga denger critanya..

        1. Hai Tina hahahaha iyaa maappp sorry banyak amat sih yg nanya Benjamin.. sdh 5 bulan gak cerita milestone si bocah, kaga sempat hehe. Pernah sekali cerita sedikittt aja di sini nih Random Dibuang Sayang โ€“ Lagi Males Aja .

Leave a Reply

loading...