Curhat Ngeblog Campursari

loading...

Sesuai dengan judul di atas saya ingin cerita beberapa hal mengenai ngeblog πŸ™‚ .

Kalimat tinta merah sebelumnya sudah saya coret nih ( Bagi yang tidak punya banyak waktu untuk membaca tulisan saya ini, mohon tidak berkomentar. Saya akan sangat menghargai kalau komen yang kamu buat nyambung dengan tulisan saya dan tidak sekedar mengejar backlink. )

Setelah dikasih peringatan kalimat tinta merah, yang pada komentar bagus semua dan sesuai isi komentarnya dengan isi postingan saya loh, berarti terbukti yang komen sudah membaca dulu tidak asal komen πŸ˜‰ .

1. Menulis apa yang sedang nge-tred dan ramai dibicarakan

Saya belum bisa jadi blogger yang update (langsung membahas apa yang sedang ramai), ada banyak blogger bisa real time bahasannya, saya kasih 2 jempol untuk mereka model ini πŸ™‚ . 3 hari lalu terbit postingan saya yang berjudul Heboh Tanaman Dolar Penyebab Leukemia yang Mematikan, keesokan harinya (sabtu) bangun tidur kaget angka blog stat luar biasa, padahal biasanya weekend ya sepi-sepi saja. Hari minggunya angka masih sama, dan hari ini saya perkirakan akan masih sama juga.

Biasanya dari mesin pencari paling tinggi diangka 1.900 di hari kerja, nah sejak sabtu 15.01.2016 mesin pencari sedang berpihak ke saya dan saya mendapat minimal 3.000 trafik, dan yang baca artikel hoax tanaman saya tersebut kalau minimal buka 2 halaman blog saya maka sudah bisa diperkirakan berapa pageview saya dapatkan. Tulisan Heboh Tanaman Dolar tersebut dihari ketiga ini page viewsnya sudah 7.200 .

Berkat bahas hoax tanaman dolar, banyak yang baca blog saya
Berkat bahas hoax tanaman dolar, banyak yang baca blog saya

 

Kalau mau bahas yang sedang trend menurut saya lihat juga apakah sudah banyak sekali yang bahas atau belum?. Kalau mau bahas mengenai aksi teror beberapa hari lalu wah saya tidak sanggup deh bersaing karena sudah banyak sekali yang membahasnya.

Tidak kalah penting untuk keberhasilan membidik target dari mesin pencari adalah gunakan long tail keyword, JANGAN lagi gunakan tag satu kata, karena akan sulit bersaing di mesin pencari. Untuk tulisan saya mengenai hoax tanaman tersebut saya lebih banyak menggunakan 3 suku kata.

Bertaburan kata pencari yang masuk ke blog berkat tulisan hoax tanaman dolar
Bertaburan kata pencari yang masuk ke blog berkat tulisan hoax tanaman dolar

 

Saya mau bahas sedikit mengenai komentar ya, KALAU MALAS BACA TULISAN PANJANG, LEBIH BAIK TIDAK PERLU DIKOMENTARI, cukup kasih like. Jujur saja saya merasa senep (kesal) dan bingung mau jawab komentar yang tidak nyambung dengan isi tulisan saya. Di postingan saya tentang tanaman dolar tersebut ada beberapa komentar yang tidak nyambung dengan isi tulisan saya.

Sorry ya kalau saya blak blakan begini, kalau hanya baca judul lalu scroll down sampai kolom komen lalu kamu komen pendek dan lanjut komen di blog lain ngejar target bw lebih baik tidak usah komen diblog saya.

Saya masih oke dikomentarin pendek kalau nyambung dengan isi tulisan saya. Kalau hanya dibilang edukatif, bagian mana yang edukatif nya?.

Please jangan sakit hati kalau pada tulisan saya berikutnya akan saya tanya ulang yang nulis komentar asal saja. “.. ketahuan tidak baca kan?, langsung komen lalu ngabur komen/bw di blog lain? “.

 

2. Stats WP sedang error

Jangan heran kalau hari ini kamu lihat perbandingan visitor dan pageview blogmu jauh sekali. Blog saya misalnya, pagi ini cek visitor 1, view nya 2.500 . Statnya memang lagi bermasalah, masah sih satu orang baca 2.800 halaman blog saya haha πŸ˜† .

Stats WP 18 Jan 2016 sedang error, visitor dan pageview tidak sebanding angkanya
Stats WP 18 Jan 2016 sedang error, visitor dan pageview tidak sebanding angkanya

 

Saya langsung ke forum wp bahasa Inggris dan benar memang blogger lain mengalami hal sama, dan orang supportnya sudah turut menjawab komen, sedang dilakukan perbaikan, dan kalau sudah selesai akan diberitahukan. Kalau berminat silakan baca ke halaman forumnya langsung Visitor count appears to be not working .

3. Pagination Artikel

Menurut panadaframework.com adalah proses membagi konten web dan menampilkannya pada halaman terpisah. sorry ya kalau tulisan di blogmu mengikuti model web berita yang ono tuhh dimana 1 judul tulisan di bagi menjadi banyak halaman, maka langsung saya tutup dan beralih baca tulisan blogger lainnya, dan kalau seluruh artikel blog ybs model pagination begini, I’m sorry goodbye alias saya unfollow.

Ayolah kalau tulisannya panjang sekali tidak masalah dibagi menjadi beberapa halaman, lah ini tiap satu palagraf disuruh klik halaman berikutnya. Saya kesal sama web berita model begini dan dulu sekali sering komen kalau web model begini ketahuan banget nyari duitnya! :evil:.

Belakangan saya sudah tidak pernah komen lagi di web berita dan ternyata sudah banyak orang yang komen seperti saya dulu, akhirnya para pembaca sadar dan mereka malah lebih parah komennya dari saya 😯 .

Pagination (membagi halaman tulisan) buat mencari trafik? Ngapain nyari trafik kalau tidak dapat duit?. Setiap halaman yang dibuka akan ada iklannya, dan dari situ pemilik web akan mendapat penghasilan. Namun tidak semudah itu juga dapat hasil (uangnya), tergantung jenis periklanannya. Ada model iklan klik, pemilik web akan dapat hasil kalau iklannya di klik, ada pula seperti Wordads bukan dari klik namun dari impressi, kalau pengunjung membaca normal (bukan ala robot) sampai selesai, barulah pemilik web dapat hasil (duit dari iklan).

Saya kesalnya kalau berita yang tidak ada bobotnya, judulnya membuat penasaran. Tulisan tersebut dibagi sampai 7-10 halaman dimana halaman terakhir adalah ucapan terima kasih sudah membaca sampai selesai. Dongkol KAN! Haha. Makin dongkol saat beberapa blog yang saya follow mengikuti model pagination web berita 😑 .

4. Asyiknya blog self hosted bisa pasang 2 jenis iklan

Para blogger sudah tahu dong kalau wordads sudah menerima pendaftaran baru lagi. Tahun lalu sempat distop pendaftaran baru dan banyak blog yang di banned dari WA katanya gara-gara banyak blog bahasa Indonesia yang dobel konten.

Banyak blog yang di banned tersebut jadi pindah ke self hosted dan mereka bisa ikutan Google Adsense. Kabar barunya adalah kini blog self hosted bisa pula daftar/ikutan wordads.

Banyak yang bertanya-tanya termasuk saya tentunya “memang bisa tuh pasang GA dan WA sekaligus?, wah asyik ya bisa dapat 2 penghasilan yaa ” . Dari support WA nya sendiri tidak masalah dipasang 2 jenis begitu, namun kalau blog WP.com seperti saya ini HANYA boleh ikutan WA hehe. Setiap orang punya rejekinya masing-masing ko :roll:.

Bagaimana tampilan WA dan GA yang terpasang bersamaa?

Contoh pemasangan iklan GA dan WA bersamaan
Contoh pemasangan iklan GA dan WA bersamaan

 

Pemasangan iklan google adsense (GA) bisa diatur sendiri oleh pemilik blog, sedangkan Wordads (WA) tidak bisa diatur sendiri. WA kalau pasang triple ads akan muncul di banner paling atas dan samping kanan atau kiri tergantung widget kanan atau kiri yang kamu aktifkan, dan satu iklan lagi terpasang di bagian bawah tulisan.

Perlu dipahami bahwa triple ads bukan artinya pendapatan akan 3x lipat. Iklan dibawah tulisan/artikel lah yang nilainya paling besar. Kalau pengunjung membaca normal sampai selesai (baca bukan ala robot) maka pemilik blog akan mendapat hasilnya, kalau hanya buka tulisan baca judul lalu scroll down sampai bawah dan langsung tulis komen maka pemilik blog tidak akan mendapat hasil dari iklannya.

Saya pernah bertanya ke support WA kenapa penghasilan saya sedikit sekali padahal trafik saya sekian banyaknya. Nah support WA bilang ada alat yang bisa mendeteksi apakah pembaca membaca normal dari awal sampai akhir atau pembaca hanya buka-buka banyak halaman saja scroll down sampai terlihat iklannya.

Terima kasih buat pembaca yang pernah bilang bantuin saya dengan cara klik iklannya, duuhh manis banget ibu ini hehe <3 . Sayangnya iklan WA bukan model klik iklan ko, melainkan model impressi, akan sangat membantu kalau kalian membaca normal tulisan saya dari awal sampai akhir, dengan begitu saya dapat hasilnya πŸ™‚ .

Tampilan bagian bawah iklan GA dan WA pada blog self hosted seperti berikut:

Blog self hosted bisa pasang 2 macam iklan, GA dan WA. Ini tampilan lihat dari tablet
Blog self hosted bisa pasang 2 macam iklan, GA dan WA. Ini tampilan lihat dari tablet

 

5. Buru-buruan pengen Monetasi Blog

Saya bukan mau mengecilkan hati kalian para blogger yang ingin sekali daftar WA. Perlu dipahami lagi bahwa kalau kita mau memonetasi blog trafik adalah hal terpenting yang diperlukan.

Supaya kalian tidak kecewa dan seperti satu blog bahasa inggris yang pernah saya baca mengatakan WA adalah scam gara-gara pendapatan dia hanya di angka cents saja. Padahal salah si blogger kenapa tidak baca syarat dan ketentuannya dahulu, dan kenapa ybs tidak masuk forum dan cari banyak informasi dahulu sebelum bergabung. Baca https://wordads.co/faq

Pageviews 10.000 per bulan belum bisa mendapatkan penghasilan (uang) yang agak bagus, kalaupun diterima kamu hanya akan mendapatkan nilai cent saja, padahal untuk minimal pencairan WA adalah 100 usd, nah perlu berapa tahun kalau dapatnya hanya cent toh?.

Silakan baca penjelasan saya klik mengenai trafik untuk WA .

loading...
loading...

Tulisan saya yang mungkin bisa membantu untuk menaikan trafik:
β€’ Blogwalking Salah Satu Cara Bikin Blog Terkenal
β€’ Tips Mendapatkan Lebih Banyak Trafik Blog
β€’ 7 Cara Membuat Blog Cepat Terkenal

Kalau sudah diterima WA nya akan terlihat laporannya di dasbor. Buka dasbor – setting – wordads .

Mohon maaf kalau saya tidak bisa membalas komentar atau banyaknya email yang menanyakan mengenai WA ini.

 

Tulisan Terkini

About these ads
loading...

135 thoughts on “Curhat Ngeblog Campursari

  1. Saya sudah coba WA hanya saja penghasilan bulan kemarin merosot tajam entah sekarang masih drop atau engga (sementara iklannya saya cabut), alternatifnya sekarang sedang apply GA, masih bingung antara GA atau WA, karena saya kurang suka kalau harus kombinasikan keduanya (bikin tampilan jelek)..

    Apakah blog ini WA nya juga drop beberapa bulan lalu..? Saya lihat sepertinya trafik Indo masih lebih potensial GA sih daripada WA..

    1. Hai Solusik, WA anjlok sejak bulan Februari, paling anjlok 2 bulan terakhir. Semua pengguna WA mengalamainya ada di bahas di forum wp english disini Earnings from WordAds account . WA dan GA nilai iklannya gak beda jauh, kalau pembaca asal asia nilainya kecil banget.

  2. Ibu satu ini ancene jempolan urusan blak2an

  3. Ehm, sebelumnya salam kenal, Mbak. Mudah-mudahan komen saya bukan termasuk komen yang dicoret diwarnain merah, trus dibuang ke kali… πŸ˜†

    Pertama sekali, saya seneng banget nemu blog Mbak Nella ini. Karena pembahasannya begitu detil dan rinci serta cenderung blak-blakan. Bagi saya yang masih nyubi ini jadi belajar banyak hal.

    Yang kedua, saya sendiri belum pernah memakai WA, tapi berdasarkan pengalaman teman-teman yang pakai, untuk memperoleh hasilnya sepertinya lebih lama dibanding GA. Karena itulah saya menguatkan tekad dan membulatkan hati untuk menggunakan self hosted. Tapi masih belum pede kalau mau pasang ruang untuk iklan mandiri.

    Yang ketiga, untuk paginasi, sebaiknya / idealnya dilakukan buat artikel yang terdiri dari berapa word ya? Atau dengan kata lain, dipotong setelah mencapai berapa word?

    Terima kasih atas tanggapan dan perhatiannya. πŸ™‚

    1. Salam kenal juga pak Tatang. Kalau komen baru pertama kali saya moderasi dulu, setelahnya langsung tampil ko πŸ˜€ . Ah pak Tatang suka merendah deh masah newbi sih sdh 3 thn ngeblog? hehe.

      Lebih baik tetap selfhosted bebas ngutak atik blog, termasuk bebas dalam hal memonetasi blog. Bisa sediakan kolom khusus untuk pasang iklan mandiri. Klo dobel pasang WA dan GA blog bisa berat pak. Saat ini WA lagi turun dapat duitnya sdh 2 bln ngedrop banget. Mau pindah ke self hosted saya malas repot pindahannya hehe πŸ˜€ .

      Untuk tulisan yang lebih 1000 kata bisa pakai paginasi πŸ™‚ . Jangan satu palagraf disuruh kehalaman berikutnya cape yg baca hehe πŸ˜† .

      1. Oke, Mbak thanks for the info. Eniwei saya juga bete tuh yang tiap satu paragraf ganti. 😐
        Dulu sebelum tahu ada paginasi akhirnya artikel saya bagi 2 postingan. Cuma saya pikir dengan paginasi lebih elok dipandang. :mrgreen:

  4. Tulisan Mba Nel yang begini ini niiiih ynag bikin racun aku pindah ke wp dari blogspot hahahaha *jujurnyabarusekarang
    Tapi seriously, aku masih ga mudeeeng urusan monetize dan cuma bisa melongo aja liat trafficmu, mantaaap !!

    Oiya malah aku sempat kepikiran mau pindah lagi self hosted, cuma masih mikir ribet ga ya pindahan lagi hmmmm…

    1. Hai Melly trafik mantap belum tentu penghasilan juga mantap haha. Klo menurutku dan pernah ada yg bilang di forum english klo mau monetasi blog lebih baik blog self hosted kita bebas ngutak atik html nya. Bisa sediakan ruang iklan di blog, coba klo ada 3 pemasang iklan aja tarifnya 300rb-500rb/ bln wahh kebanyang deh untungnya hehe. Klo ngarepin google ads atau wordads ga worth it bangettt. Kenapa aku belum pindah krn aku malas ngurusin pindahannya haha.

  5. Nah, itu dia. Saya dulu PV baru 200 per hari sudah nggaya apply WA. Aplikasi terlantar hampir empat tahun jadinya. Hahaha.

  6. gue

    Bakal lebih mantep lagi kalo long tail keywordnya itu dimasukin ke tag tulisannya mbak. Aku dulu pakai trik begitu. Cek long tail keywords pakai stats wordpress atau Google Webmaster Tools (harus register dulu). Lumayan bisa naikin sekitar 30%an.

    1. Hai Yoto terima kasih ya masukkannya πŸ™‚ . Mau nanya lagi dong πŸ˜€ .
      1. Long tail keywords nya judul ditaruh dikalimat awal postingan dan ditebalkan apa bisa berfungsi spt long tail keywords?.
      2. pakai stats wordpress, judul populer kita masukkan Long tail keywords nya ya?.
      3. Pernah bahas khusus di blogmu ga? saya mau baca lebih lanjut mengenai Long tail keywords? sorry banyak nanya πŸ˜€ .

      1. gue

        Bisa aja kak, cuma setauku akan lebih optimal kalau long tail keywordnya ditaruh di bagian tag. Kalau pakai Google webmaster tools, kita bisa ajarin Google untuk mengenal struktur halaman kita. Kalau dari segi struktur halaman, akan sangat membantu kalau keyword-keyword konsisten ditaruh di tempat terpisah dengan body.tulisan.
        Pakai stats wordpress, long tail keywordnya ambil dari search terms orang-orang. Yang paling banyak masuk search terms dengan keyword spesifik apa, itu yang diambil jadi long tail keywords. Soalnya kecocokan kata-kata yang diketik dengan kata-kata di blog kita juga jadi salah satu parameter penilaian Google untuk menentukan urutan
        Belum pernah bahas khusus di blog, cuma memang aku dari dulu niche blog, jadi kurang lebih utak-atiknya di sana πŸ˜€

        1. Sipp makasih ya Yo masukkannya πŸ™‚ . Klo ada waktu akan aku sempatkan cek stats wp utk lihat long tail keyword pengunjung blog πŸ˜€ . Oh ya kadang utk bikin tag tulisan tanaman saya ketik di google bbrp kata nanti muncul tag lanjutannya, sptnya orang2 sering cari tulisan tsb jd saya ngikut hehe.

          1. gue

            Hahaha, pakai fitur instant searchnya google ya. Bisa dipakai juga sepertinya caranya πŸ˜›

            Ada lagi yang namanya google trends mbak. Coba buka http://www.google.com/trends/explore#geo=ID . Kita bisa tau keyword-keyword apa aja yang lagi booming di Indonesia dalam jangka waktu tertentu, misal 30 hari, dst. Kita bisa juga search pakai keyword umum lalu lihat kata kunci apa yang lagi booming.

            Misal, search terms tanaman, terus kita bisa lihat bahwa top keywords untuk tanaman adalah tanaman hidroponik, lalu tanaman hias, dst. Sedangkan yang lagi rising (populer) dalam 7 hari belakangan adalah tanaman gelinggang, lalu tanaman kacang panjang, dst.

          2. Wahh ada juga google trends buat topik tanaman toh πŸ˜€ . Dulu pernah buka yang topcharts http://www.google.com/trends/topcharts dan saya lihat gak ada topik tanaman, jadi ya gak lanjut baca2 πŸ˜€ . Barusan saya buka lagi google trends sudah berhasil cari topik tanaman yang ngetrend dalam waktu tertentu. Makasih ya Yo sudah buka wawasan saya lagi hehe πŸ˜‰ .

          3. gue

            WordAds earning punyaku tiba-tiba ngedrop 98% nih mbak. Wkwkwk. Padahal impresinya masih kurang lebih sama. Aku cek pengunjung dari US juga masih normal. Ngalamin hal yang sama juga gak mbak?

          4. Hai Yoto iya sama earning Feb anjlok banget, impresi pdhl beda tipis sama bulan lalu. Bulan lalu saya dpt 3x lipatnya, sdh email wp supportnya 2x tidak dapat adjusment, terima nasib saja katanya dari pihak pemasang iklan memang tarifnya lagi ngedrop. Saya belum sempat bahas topik ini di blog tapi kamu bisa baca di forum wp english panjang ceritanya sampai balas berbalas sampai pihak WA. silakan di Earnings from WordAds account .

          5. gue

            Hahaha, naas euy kalo gini mah.. Nasib ntar gak bisa perpanjang domain pake WordAds lagi πŸ™

          6. Kita lihat dulu 1-3 bulan ke depan klo gak ada perubahan, mikir pindah ke self hosted kali ya. Klo self hosted kita bisa sediakan ruang iklan sendiri. Punya 3 pemasang iklan aja yg misal tarifnya Rp.300rb-500 sdh lebih untung dari WA πŸ˜† .

          7. gue

            Hahaha, enaklah yang blognya rame kayak punya kk.. πŸ˜›

            Aku mah blognya sekarang udah gak diurus, ngarep pure passive income dari WordAds malah jadi gini. Wkwkwk. Mungkin next gak aku perpanjang domain upgradenya πŸ˜€

          8. Rame sih rame tp gak ramai pendapatannya hehe. Setahu aku trafimu dari amrik banyak banget deh berklai lipat blog aku kan πŸ˜€ . Masah sih gak nutup domaian tahunan?.

          9. gue

            Biasanya lebih dari cukup kak, tapi kalau begini jadinya ya mana nutup.. wkwk. aku udah email tim wordads juga, sama ceritanya sama kk, gak dapet tambahan earnings.

          10. yang nyebelin knapa ada yg dapat tambahan kanapa ada yg tidak kan kesannya pilih kasih. Coba kita lihat bulan depan deh earningnya. Btw sdh 3 bulanan klo online dari komputer iklan WA ga terlihat tp klo dari tablet terlihat, mungkin ini jadi salah satu penyebab turunnya earning kali (dugaanku).

  7. Lilih Prilian AP

    Wah, saya jadi ikutan semangat blogwalking lagi. Kalo gak ada WA, mungkin bisa disiasati pakai iklan mandiri ya mbak?.

    ( link lilihprilian.web.id dihapus karena domain tidak aktif lagi. 12.08.2016 )

    1. Kalau blog self hosted bisa aja dipasang iklan mandiri, klo wp.com hanya boleh iklan wordads, kalau selain WA bisa di banned πŸ˜€ .

      1. Lilih Prilian AP

        Wuah ketatnya.

        ( link lilihprilian.web.id dihapus karena domain tidak aktif lagi. 12.08.2016 )

  8. Ngeblog campursari aja trafficnya udah lumayn banget, blogku Page view naik turun dan paling tinggi baru 58 hahaha..

    ngomong2 soal earning blog, bikin aku jadi tambah semangat ngeblog

    1. Hi Tiyawann, rajin blog walking berkomentar di blog lain supaya dapat banyak teman. Trafik naik cepat klo kita bw. Tekuni 1-2 tahun lihat hasilnya yang berbeda πŸ˜‰ .

      1. Iya mbak, yang lagi saya lakuin sekarang ya blogwalking sambil cari temen2 blogger lain,sambil perbaiki blog dan isi-isinya. Hh

        1. Lilih Prilian AP

          Nambahin, selain BW, sisipin tag-tag keyword yang mengundang pengunjung, kayak ada artikel di atas.

          ( link lilihprilian.web.id dihapus karena domain tidak aktif lagi. 12.08.2016 )

    2. gue

      Selain bw, intinya buat tulisan harus yang bermanfaat untuk orang lain. Sama kayak bisnis aja. Bw itu ibarat upaya marketing. Tapi bisa gak tanpa marketing blognya rame terus? Bisa aja, kalau memang kualitas blognya bagus, isinya banyak dicari orang, dan masih sedikit banget yang bahas. Jadi gak perlu promo, orang-orang udah cari sendiri, dateng sendiri. Hehe.

      Aku sekarang sih nerapin kayak gitu. Jadi sekarang nulisnya udah minimal banget, tinggal metik hasilnya. Bener-bener passive income jadinya πŸ˜€

  9. Baru tau ini kalo wordpress ga bisa daftar GA,, tapi yaudasii,, masih jauh juga buat kesitu,, masih belajar buat artikel yang bagus,, biar dapet ‘impressi’nya πŸ™‚

  10. saya baru mau mulai blog campu sari nih mbak Nella soalnya, nyari ide yg spesifik kayaknya susah. Berharap bisa dapat ilmu WA dari suhunya yang ini nih.

    1. Mulai nulis dari apa yang kita suka, milsanya dari hobi kita :mrgreen: .

  11. Ngeblog campur sari itu berat, apalagi yang nuliskita sendiri haduhh

    1. Hehehe iyaa, saya ngumpulin idenya dulu bisa semingguan, nulis sedikit2 saat anak tidur πŸ˜€ .

  12. Ngeblog dengan nulis berbagai topik itu berat, apalagi motivasinya ngeblog buat dapet duit, pasti berabe

    1. Gak masalah juga apapun bentuk motivasi yang penting jadi rajin menulis kan hehe πŸ˜€ .

  13. susan

    Mbak nella πŸ˜„,,aku senyum2 sendiri baca diatas beserta komen2 ,,,apa lagi aku ndk ngerti blog ngeblog,,,apa kabar mbak nellaπŸ˜‡

  14. fee

    terus terang yang bunga dolar itu saya awalnya kira soal dolar beneran haha..belum terlalu paham soal WA2an…tetapi memang menarik, ya kalau didalami bahkan sampai sedetail itu bisa tahu apakah kita benar2 baca atau ngga jadi kayak diintip tetapi menurut saya semakin ngetop blog semakin susah juga ya menentukan apakah si pengunjung niatnya benar2 baca artikel atau sekedar gitu deh…jadi menyikapinya jg pasti harus bijaksana….kalau saya yang udah ga nyambung plus kalau ketauan ada kata2 iklannya di username, baru ga di approve….krn belum fokus ke soal WA mungkin toleransi saya masih lumayan lebar harusnya teges kali ya TFS

  15. mbaa.. ini curhatan yang berbobot.. hehe..banyak kasih tau info trmsk ttg tag kata juga pasang iklan di blog.. yg blm terpikir sm saya.krn msh males isi blog. hehe.. (moga komen saya ga trmasuk spam ;))

  16. Benar mba, malas ya kalau ada yang komentar tapi engga nyambung dengan topik postnya.

    1. Saya bingung balasnya tuh, tapi berikutnya klo ada komen ga nyambung akan saya tanya ulang ybs hehe πŸ˜€ .

      1. Hahaha.. Kadang saya hanya say thank you doank, malah berujung minta nomor handphone, LOL

  17. pengetahuan banget Mba klo baca soal dunia perblog-an dr tulisan Mba Nel. walaupun aku nulisnya masih belum banyak dan masih males2an, tp suka googling cari tau klo pas Mba Nel nulis tentang blog dan segala di dalamnya hehe.. btw aku br tau mba tentang tag2an itu yang bisa banyak kata, selama ini aku buat nya satu aja, padahal logikanya aku aja nyari pasti masukkin beberapa kata kan huhuu aku seh blog nya belum dapatin uang, tp lumayan klo lewat tag2an gitu bisa naikkin traffic yaa hehe..

    1. Hai Astrid, saya buat tag lebih dari satu suku kata baru setahun belakangan ini, dapat banyak ilmu dari blog khusus yg bahas SEO yang saya follow . Saat perbaiki postingan lama (bbrp tahun lalu) sering ketawa sendiri krn tag satu kata spt youtube, facebook, gmail, saya pakai saat itu. Pdhl ga ada gunanya juga kan, mana mungkin orang cari informasi pakai tag yg saya sebut tadi dan masuk ke blog saya ini haha.

  18. kakak ini mah rajin and top deh urusan per blog an. hiks hiks aku mah masih bingung sama ga dan wa.

    1. Hai Ita daripada bingung dengan wa dan ga, kita fokus saja dulu mengisi blog yukkk πŸ™‚ .

      1. huwaa makjleb banget ini. hihi..betul betul tapinya^^

  19. aku ngikutin satu dua orang aja yang suka posting real time, Nel, tapi baca sekedarnya doang karena sebenernya baca yang topiknya trend gitu kayak buat nambah info doang. Aku sukanhya ngeliat postingan karena orangnya sih, maksudnya ya yg aku baca emang yg temen temen blogger yang kufollow aja, itu bacanya buat relaks kayak mengikutin temen temen sendiri.
    aku kalo baca yang perhalaman begitu pake nomer nomer, udah tau patternya Nel. Yang paling oke okenya pasti di halaman awal, halaman selanjutnya pastiii biasa aja. Udah kapok penasaran trus dikecewakan baca sampe abis dan dalam hati mikir “yah, gini doaaaang, intinya mah di nomer 1 doang kaliii”

    1. Kalau aku banyak blog yg ku follow posting real time begitu adalah blogger otomotif, aku follow mereka krn mereka follow duluan blog ku πŸ˜€ .

      hahaha sama pengalaman kita ya Ndang, pernah ku baca tips suami istri kan ya, semua halaman lebih dari 4 halaman ku klik terus sampai habis. Dongkol banget “cuma begitu aja tipsnya, udah tahu aku kali, umum doang aja tipsnya” haha .. kapok deh, jd belakangan ini aku baca judulnya dan halaman 1 aja πŸ˜† .

  20. Baca tulisa Jeng Nela mah tdk cukup dari atas ke bawah, lah bagian diskusi pun ramai menarik, caro saling sambut jawaban juga menarik. Aneka cara sahabat bertukar komentar ya Jeng. Salam

    1. Terima kasih bu Prih πŸ™‚ . Ramai komentar kalau nyambung dg topik postingan saya senang, sayangnya kadang ada yg komen ga nyambung hehe.

  21. Saya suka baca dari atas sampai bawah tapi percuma kak Nella saya liatnya dari hp muluu kebanyakan :’D
    Jarang dari pc :’D suka baca post kakak yg bermodel curhat..
    Apalagi kakak suka Whitney Houston kan?
    :’D pernah diposting dehh prnh ane baca

  22. Rizal Ardhi Rahmadani

    Barusan aja memulai blogging lagi, meski sekarang pindah ke self hosting. Setelah memasang aplikasi wordpress jadi bisa terhubung lagi dengan blog-blog yang dulu saya follow. Yang membuat saya kagum itu dari sekian blog yang saya follow sejak masih SMA dulu, hanya punya Mbak yang masih eksis. Entah yang lain kekurangan topik atau bagaimana. Termasuk saya sendiri sih yang kurang produktif untuk menulis di blog. Hehe ikutan curhat.. πŸ˜€

    (reyzeal.com dihapus karena domain tidak aktif lagi. 09.07.2016 )

    1. Iyaa kak Nella dri dulu masih eksis banget Duluu aje broo zamannya ane ngeblog
      blog yang paling ane ingat wktu itu Irfanhandi sama Pursuingmydreams
      Zaman ane 2012 :’D Bacabaca
      teruus Sayang irfanhandi udh gk aktif lagi :'(
      *maaf broo ane nyamber aje:’D

      1. Ntar kalau begitu saya perbanyak postingan model curhat deh hehe πŸ˜€ .

        Liberto ingat aja tuh postingan whitney tahun 2012 loh haha nih kalau mau baca lagi R.I.P Selamat Jalan Whitney Houston .

    2. Hai Rizal barusan saya follow blogmu via email krn ga lihat tombol follow ala WP πŸ˜€ . Blog saya banyakan tema curhatnya, mungkin krn itu jadi ada saja bahan tulisan, curhat berkebun dan curhat keseharian jd topik di blog saya πŸ˜‰ ..

  23. DEar Mbak Nella…aku belum ada sebulan punya blog, jadi belum begitu tahu dunia perbloggingan πŸ˜€ hiks.., motivasi punya blog gara2 jadi silent reader di blog2 favorit aku,,, sejauh ini sih motivasinya cuma pengen nulis buat ngisi waktu luang aja,, Thanks mbak banyak artikel di blog mbak yg bermanfaat

    1. Hai Galuh terima kasih juga sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya, happy blogging yaa πŸ˜‰ .

  24. Wah Nel, mau komen jadi ngeri ngeri sedap nih karena sudah ada warning hahaha. Btw, aku baru tahu lho tags itu bisa panjang, maksudnya bisa lebih dari satu kata. Aku pikir selama ini tags itu justru yang bagus yang singkat, ternyata salah. Trus kalau ngasih tags harus fokus satu baris (misalkan terdiri dari 3 kata) atau bisa lebih? Bagusnya yang mana? Wah aku beneran tertarik tags ini, baru paham kalo yang terbaca dimesin pencari ya tags ini. ntar mau kurombak ah tags2 postinganku haha.

    1. Hai Deni, besok ku hapus deh kalimat peringatannya haha πŸ˜† . Klo tag hanya 1-2 kata susah bersaing dg blog yg sudah muncul di halaman pertama google πŸ˜† . 3 kata sdh bagus ko, klo punya ide 4 kata ya boleh saja. Misalnya saat aku bikin postingan pangalaman menanam cabe dari bibitnya, jangan hanya bikin tag satu kata: cabe, nanam cabe, sayuran, biji cabe .. saingannya ribuan blog kan, jadi lebih baik bikin tag: menanam cabe dari bijinya. Tags ga perlu banyak ko, 2-4 tags asal tepat sudah bagus bersaing di mesin pencari.

      Aku sering buka postingan beberapa tahun lalu buat perbaiki tagsnya, sering ketawa krn dulu banget masah, youtube, google, facebook aja dimasukin jadi tag, gilee aku, pdhl ngapain ga laku kali tag begitu πŸ˜€ .

      1. Waaahhh terima kasih banyak ilmunya Nel, bergunaaa banget buatku ini. Ntar malam ah mulai nyicil2 rombak tags2 postingan lama yang super irit hahaha.

        1. Hai Den, iya dicicil ngerjainnya. Klo spt aku sdh pusing banget krn sdh masuk tahun ke 7 ngeblog, baru selesai nyicil perbaiki daftar postingan yang 5 tahun lalu haha, nyerah deh. Paling klo postingan baru lebih perhatikan pemberian tags nya.

  25. nel… takut nih mau komen nel…. sampe dikasih warna merah gitu warningnya… huahahaha…

    jadi ngeliatin search term itu ada gunanya ya nel, jadi tau topik apa yang bisa mendatangkan pengunjung ya…

    yang wp error itu error banget ya. masa 1 pengunjung view nya sampe 2000-an pages. gile bener. itu orang gak ada kerjaan banget. hahaha.

    gua gak ngerti lho 1 topik jadi beberapa halaman? hmmm ntar coba gua baca2 lagi tentang pagination ini…

    1. Huahaha habis gw kesel sama komen ngasal jadi gw bikin deh peringatan, dan komen2nya baru pada nyambung nih πŸ˜€ . Stat WP nya sudah normal lagi Man.
      Kalau mau lihat pagination (pembagian halaman tulisan) ada contoh tulisan gw 2 tahun lalu Beberapa Cara Membasmi Kutu Daun Di halaman pertama bagian bawah ada kalimat untuk ke halaman berikutnya klik β‡’ . Tulisan tsb karena panjang banget jadi gw bagi 2 halaman. Hal ini termasuk bisa naikkin trafik, kan yg biasanya cuma 1 halaman jadi 2 halaman dstnya. Ada kode khususnya html buat pagination begini. Gw sih oke aja klo tulisan panjang banget dibagi bbrp halaman, yg nyebelin klo postingan pendek tiap 1 palagraf disuruh klik ke halaman berikutnya.

      1. Ooo kayaknya gw ngerti deh sekarang. πŸ™‚

  26. Pagination, saya ada beberapa tulisan saya aktifkan pagination, itupun yang diatas 750-100 kata, ini karena menyesuaikan dengan sidebar theme yang saya pakai, istilahnya biar pas di bagian sidebar tidak kosong karena scroll terlalu ke bawah.

    Untuk double Monetization, iya kemarin sudah dapat jawaban dari WordAds, untuk SelfHosted bisa menayangkan ikan dari Adsense dan WordAds. Yang penting pengaturan posisinya tidak mengganggu pembaca.

    Untuk WordAds bagi pemilik blog selfhosted bisa atur posisinya dimana, karena bisa insert AdsControl di widget. Mungkin untuk yang hosted di WP tidak bisa alias given posisinya di sidebar, header, dan bagian bawah, cuma mungkin ada pilihan aktifkan header ads atau tidak.

    1. Hai Hobilari di blog saya inipun ada beberapa tulisan yang menggunakan pagination, sama alasannya dengamu karena panjang sekali tulisannya akan membuat jenuh yang membacanya.

      Untuk dobel monetasi apakah benar loading blog jadi lambat?. Klo WA yg triple ads posisi iklannya di header atas, sidebar kiri atau kanan blog (tergantung mana diaktifkan) dan 1 lagi dibawah artikel. Tinggal diatur iklan GA nya krn WA tidak bisa diatur manual. Utk WA klo mau aktifkan header ads makan sidebar akan aktif juga ads nya.

      1. Loading so far masih acceptable mbak, masih normal lancar, aku tambah plugins wp cache supaya beban web tidak berat.

        1. Oohh begitu, terima kasih informaisnya yaa πŸ™‚ .

  27. liat visitor dan viewersnya mbak Nella langsung minder euy:-P. sambil mikir kira2 postingan apa yg bisa mendulang traffic πŸ™‚

    1. Hai Adhya topik berkebun salah satu yg mendulang trafik :mrgreen: .

      1. ah masa? duh mulai dari mana nih ya,gak ngerti apa2 juga, harus cari banyak informasi nih tentang berkebun, kayaknya harus magang dulu jadi asistennya mbak Nella bantuin berkebun di rmhnya,hehe

        1. Gampang ko mulainya, Adhya nanam cabe, tomat dll berarti sudah punya pengalaman untuk di tulis di blog. Bgm caranya sukses nanam cabe dan tomat?, apa kendalanya?, misal kena hama lalu bgm cara menghalau hama. Nah dr situ saja bisa bikin bbrp judul topik berkebun :mrgreen: .

          1. siip, nanti saya coba2 bikin postnya. btw iya nih mbak tanaman tomatku kadang buahnya gak bagus, dalamnya ada item2 gitu, kayaknya dia kena penyakit πŸ™ eh malah curcol, nanti mau coba cari informasinya ah kenapa dia bisa gitu,hehe makasih ya mbak Nella πŸ˜‰

  28. Kalau masalah Pagination Artikel kadang dilema juga si mba, contoh ketika saya bikin artikel tutorial yang panjangnya hampir 1000 kata, kalau dibuat jadi satu halaman takut bikin bingung yang baca tapi kalau dibagi suka ga enak diliat πŸ™‚ akhirnya saya biarin aja deh panjang satu halaman
    Tapi kalau cuma satu pargarah terus dipisah ke halaman lain si bener2 deh πŸ™‚

    1. Kalau postingannya panjang boleh-boleh saja ko dibuat beberapa halama, yg nyebelin kan klo satu palagraf pendek disuruh ke halaman berikutnya. Web berita bhs Inggrispun ada yg bikin model pagination begini πŸ˜† .

      1. hehe kalau yang blog english saya sering liat malah, yg paling males dibikin pake slider πŸ™

  29. MultiAPK

    Iya, saya juga sering baca artikel yang setengah2, alias di bagi2 perhalaman, tapi bagi saya itu hal yg wajar,,, tujuan mereka itu bagus sih, yaitu buat ningkatin website pageview mereka, tapi kan sipembaca sangat terganggu… tapi ya tergantung dari kita juga sih, intinya sih “simbiosis mutualisme”

    (multiapk.com dihapus karena domain tidak aktif lagi. 20.06.2016404. That’s an error.

    The requested URL / was not found on this server. That’s all we know. )

    1. Kalau saya pribadi sih merasa terganggu kalau postingan pendek dibagi sampai 10 halaman, contoh artikel tentang tips2 nanti tiap satu tips disuruh ke halaman berikutnya haha πŸ˜† .

  30. Iya paling kesal sekali kalau buka blog atau web yang satu artikel dibagi beberapa halaman.
    Jadi harus bolak balik baca halaman yang tulisannya sedikit tapi penuh dikelilingi iklan atas bawah kiri kanan. Buang waktu saja rasanya.
    Biasanya kalau ingat nama blog atau webnya ogah mengunjungi lagi haha..

    1. Kalau banyak iklannya termasuk pembagian artikelnya terlalu banyak malah bikin loading nya lambat yaa mbak. Ada bbrp web gardening luar yg model begini, tiap palagraf disuruh kehalaman berikutnya, ya terpaksa dibaca krn butuh informasinya hehe πŸ˜€ .

  31. Trafficnya bikin iriii hihihi πŸ˜€ wah aku baru tau lho yg masalah tags ini sebaiknya 3 suku kata, makasih banget ilmunya mbaak

    Kalo WA…aku woles aja deh, udah 2 bulan gak gerak dr angka 10 dollar hahahaha

    1. Hai Dita, belakangan saya sudah gak lagi banyak pakai tag 1-2 kata sulit bersaing di mesin pencari πŸ˜€ .

      WA saya mulai tahun 2013, pertama kali dapat cuma 97 cents loh hahaha setiap bulan makin naik, bisalah skrg buat nutup biaya domain πŸ˜‰ .

  32. Traficnya mantap ni mba… Padahal blog curhatan campursari… WA nya lumayan buat bayar mapping WordPress.
    Lah punya saya blog curhatan tapi sepi pengunjung πŸ™ ngga bisa bayar mapping wp.com apalagi selfhost

    1. Hai Ferdy, 1-2 tahun pertama saya mulai ngeblog juga sepi trafik & komen. Coba blogwalking deh, berkomentar di blog lain. Tekuni setahunan pasti akan lihat hasilnya yang berbeda πŸ˜‰ .

  33. Kak … kmrn aku baru dengerin pencerahan dari erwin panigoro ttg personal branding buat blog, kata nya kalo keseringan posting yg kekinian atau yg lagi hitz itu ngak bagus karna akan cepet di tinggalkan. Jadi sekali2 boleh asal jangan keterusan hahaha

    1. Iya dek kalau sekali-kali bisalah, klo kekinian melulu postingannya gak sanggup, ntar lapak bibit bungaku ga keurus haha πŸ˜€ . Postingan kekinian ya bagusnya hanya sesaat, beda sama postingan yang bisa dicari orang melulu misalnya cerita jalan-jalan atau berkebun menurutku akan laku melulu πŸ˜‰ .

  34. Ira

    aku pun kemaren sempet ngerasain wp eror mbak Nella…bingung sendiri kenapa visitornya cuma 1 πŸ˜†

    1. Ooohh dari kemaren ya? saya baru sadar pagi tadi, dan barusan cek nih sudah beres lagi ko πŸ™‚ .

      1. Ira

        syukurlah kalau sudah beres lagi. Aku belum ngecek lagi mbak Nella πŸ˜€

  35. nggak nyangka ya Nel.., tanaman dollar itu banyak yg penasaran …, pasti hoax tanaman penyebab leukemia itu nyebar ke mana2 gara2 orang2 keranjingan share di grup2 chatting tanpa check2 dulu…

    Nel..nanti aku mau kontak ya…, ada yg copas artikel aku full 100 persen…

    1. Nella udah pernah bahas ini.. tapi kk lupa artikelnya he..he.. maaf ya..

      1. Hai kak Monda sudah nemu artikelnya? aku belum pernah bahas khusus sih cuma cerita singkat saja mengenai artikel yang di copas, aku posting di Kumpulan Tulisan Berkebun Saya Tahun 2015 .

        Tulisan kak Monda yang di copas itu di blog wp.com atau self hosted?, klo self hosted pernah ada yang cerita disuruh urus sendiri masalahnya dg pemilik blog copas, tp aku wp.com nih diurusin dan tuh 3 artikelku yg dicopas dan foto/banner jualan akhirnya dihapus sama google dari blog yg copas.

        Cara melaporkan artikel dan atau foto blog copas ke google dmca
        Form lapornya: https://support.google.com/legal/contact/lr_dmca?product=blogger
        Lapor di wordpress: https://en.support.wordpress.com/trademark-infringement
        bisa juga di: https://en.support.wordpress.com/copyright-and-the-dmca
        Bisa juga lapor ke: https://www.chillingeffects.org/notices/new?type=DMCA

        1. yg di blog self hosted Nel..
          yg di wp.com juga ada, aku tulis review buku, sama pengarangnya dicopas abis ke blognya ( ini juga belum aku apa2in)

    2. Kalau di grup berkebun kalau sampai hari ini masih ada yang nanya langsung kena marah adminnya, disuruh baca postingan hari seblumnya, karena sudah bbrp kali dibahas tuntas. Bener banget kak sampai skrg masih banyak yang penasaran dan mencari kebenarannya di google πŸ˜€ .

  36. no. 2 saya yg sering… masa pageview 100, visitor cuma 1… main berondongan dong…wkkwkwk

    1. WP.com stats nya sudah nromal lagi nih, barusan cek.. klo self hosted entahlah πŸ˜€ .

      1. biasanya gitu pas awal awal pergantian hari waktu greenwich mbak… suka error statsnya

        1. Pergantian hari waktu sudah desember tahun lalu ko πŸ˜€ .

          1. mungkin ada semacam glitch sehingga statistik terlihat error…nih sy sering bgt loh kejadian

  37. Kereen bgt trafficnyaa ^^

    Itu poin 3 emg ngeselin banget siy..

    1. Terima kasih ya Izz, hehe iya kadang nyebelin pagination begitu πŸ˜† .

  38. Arlan85

    Sedikit komen utk point 4 dan 5. Blog sy pake GA dan satu iklan dari tempat lain. Berhubung saya punya domain yang numpang di bligspot ya bisa pasang iklan sebanyak yg saya mau, cuman boro2 mau monetize, page view dikisaran 350-500/hari. Selama 5 tahun ngeblog GA cuman di bilangan $30.

    Berhubung sy ga terobsesi monetize iklan2 itu cuman jadi pajangan aja, menurut sy blog dgn iklan keliatan lbh keren walaupun tidak menghasilkan, jadi diambil positifnya aja. hehehehe…

    arlan85.com linknya dihapus karena domain tidak aktif lagi. 22.02.2016

    1. Hai Arlan, jangan pasrah begitu dong. Kalau misal blog nichie kita tentang game, cari grup yang bahas hal yang sama, cari teman2 blogger yg punya nichie blog yg sama. Di postingan saya no.5 ada cara untuk naikkin trafik πŸ˜‰ Happy blogging ya.

  39. Emejing banget Mbak Nel trafficnya. Hihihi. Saya paham banget itu rasanya gimana dikomenin singkat dan asal cabcus lari buat komen di blog lain.
    Saya belom bisa euy cari postingan yang bisa mendulang traffic begitu Mbak Nel.

    1. Hai Dani, saya ga nyangka aja tuh hoax pohon dolar membawa banyak pembaca ke blog saya ini. Kadang klo kita mikir tulisannya bakalan hits eh malah sepi, lah ini malah saya biasa saja ga niat ngejar angka, lah malah laku hehe.

      Saya juga bingung mau jawab komen yg asal aja πŸ˜† .

    2. coba bikin review lipstik, Dan. Aku ngikik baca tulisan Jihan Davincka yang bilang secapek capeknya nulis yang bijaksana bijaksini travel gambar pemandangan bagus sana sini bakal kalah sama yang review lipstik dkk hahahaha .

      1. Hahahaha. Iya juga sih. Emberan deh review lipstick laku banget

      2. Iya Mbak Yo. Waktu nonton memang cast karakter nya John Cusack agak mengganggu. Kurang bengis sebagai orang Romawi. Mihihihi. Makasih ya Mbak tambahan informasinya πŸ™‚

        1. salah balaaaaassss kau daaaan kok mbak Yo siiih ngomongin John Cusack pula. Jam berapa ini di sanaaaa hahahah

          1. Eeeeeeh. Kayaknya aku tadi sudah ngetik Mak. Error di aplikasi. Itu balesan berhari-hari yang laluuuuu. *maapkan Mbak Nel yaaaa.
            Btw lippenstick emang laku abweeeshhh. Hahaha.

          2. Hehehe iya dimaapkan ko Dan πŸ˜€ .

          3. Beda jam Dani dg jam kita Ndang hihi πŸ˜€ .

  40. Walah ternyata bener stat wp lagi error ya mba, udah 2 hari saya liat agak aneh
    Visitor banyak ga diitung tapi page views tetep diitung πŸ™‚

    Kalau masalah gabungin WA dan GA sebetulnya ada untung ruginya juga si mba menurut saya salah satunya loading blog makin lambat πŸ™‚ cuma karena penasaran akhirnya saya coba pasang aja dua2nya pengen liat mana yang lebih menghasilkan

    Selain itu kapok juga mengandalkan GA doang, ketika blog disable jadi ga bisa menghasilkan apa2 padahal butuh biaya juga buat bayar hosting, internet dll πŸ™‚

    1. Hai mbak Ayu, stats WP.com barusan cek sudah normal lagi nih, klo self hosted bgm?.

      Mengenai WA dan GA makasih ya informasinya, nanti saya taruh di tulisan saya πŸ™‚ .

      Kalau bisa jalan kedua nya asyik juga sih mbak, semoga lancar saja ya.

      1. Iya udah lancar lagi mba statnya, cuma dua hari (minggu & senin pagi) errornya
        sama-sama mba moga makin lancar juga WA nya

    2. Hai mbak Ayu, saya dapat masukan dari hobilari.com untuk menghindari loading lelet pada dobel monetasi bisa tambah plugins wp cache πŸ˜‰ .

      1. Dulu pernah pakai juga si, tapi lagi saya nonaktifkan dulu πŸ™‚ karena seperti ada bentrok sama plugin lain atau sama settingan di theme akibatnya iklan GA sering ga muncul yg diatas post kalau dibuka dari firefox & belum ketemu solusinya makanya dinonaktifkan.

  41. Neeeeel…
    Itu kalo wp nya error dan pengen tetep nge cek page view bisa dicobain ke google analytic Nel…

    Aniwey, aku pun masih belum punya kekuatan buat bikin postingan real time atau apalah yang lagi ngehits saat ini, mending curhat sesuka hati aja deh hehe….

    1. Hai Erry, google analytic aku gaptek haha ga ngerti baca informasinya πŸ˜† . Stats wp sudah normal lagi nih. Sangking sesuka hatinya samalah spt kamu, jadi banyak ceritaku kadang ya sudah basi, dan tunggu tahun depannya, eh kelewat juga momentnya haha.

  42. Wah aku malah blm baca tulisan mbak yg ttg tanaman itu. Eh aku tau tuh portal berita yg beritanya diirit-irit… Ngeselin emang, hahaha. Tp kadang masih dibaca juga klo nganggur & kadung penasaran. Jadilah, baca sedetik-dua detik, klik… Baca dikit lagi… Klik lagi…. sabaaaar πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    1. Hahaha iya Tyk kalau kurang kerjaan aku juga iseng baca, termasuk baca komen seru dari para pembacanya πŸ˜† . Pernah aku penasaran tips suami istri dari web berita tsb, aku buka sampai lebih 5 halaman, dan setelah selesai aku baca semua halaman, kezelll karena tipsnya yg sdh ku tahu semua dan cuma umum aja hahah πŸ˜† .

      1. Oooh iya klo berita seleb di K*panlagi emg dinomerin yaa… Kadang sampe 15 foto which means 15x ngeklik, huahaha. Tp klo komen, aku jarang baca. Klo komen, lbh sering intip komen di Instagram….. Sadis2 bok!

        1. Aku gak punya IG, di K*panlagi tuh komen2 nya sadis2 juga, habis beritanya sering ngasal sih, bikin judul yg heboh. Paling aku baca komen barisan atas aja πŸ˜† .

          1. judulnya BOMBASTIS, hahaha.

  43. Wah suhu diluar minus, tipi disini sediki memanas aha sabar nel. Wah usul yang bagus Tag 3 suku kata, aku harus terapkan juga nie, ketcuuup buat nel biar adem..

    1. Hai Ria iya nih saat ini minus 4, tadi siang pergi belanja sama anakku dia rewel kedinginan kali ya, padahal seluruh badan sudah tertutup, pas dalam bus untung si Ben anteng πŸ˜€ . Iya coba pakai tag 3 suku kata supaya lebih mudah bersaing di mesin pencari πŸ˜‰ .

  44. Nah jarang2 blogger yang mau buka2an kaya mba nella ini, portal berita yg dimaksud liliput6 bukan mba :p
    Ngeselin banget emang.
    Btw saya juga pake Selfhost tp blm di approve sama om james tuh, gara2 traffic yg masih dibawah standar WA kayaknya, padahal GA udah work dari blog Selfhost umur 1,5bln

    1. Buka-bukaan juga ga yang wah banget blog saya, dapat dari WA pun asal nutup domain sudah bersyukur πŸ˜€ .
      Web beritanya ada beberapa, jangan sebut nama ah ntar terkenal lagi haha.
      Sabar saja mungkin banyak yang daftar WA kan baru dibuka pendaftarannya, jadi status antri πŸ˜‰ .

    2. Udah kirim email tanya langsung ke support WA mas? kalau belum dicoba aja
      soalnya blog saya juga udah 2 minggu lebih dicuekin, ditolak engga diterima engga tapi begitu tanya via email besoknya langsung dibales & diterima ternyata πŸ™‚

      1. Mba nella kan udah terkenal di jagad maya wkekeke
        @opikini, iya nih, statusnya masih digantung sama om james, punya saya masih dibawah 1k sih…

        1. Blog saya pv 200/day diaccept koq, bener saran Opikini tuh

Leave a Reply