Tulisan Pertama di Tahun 2016 – Lapak Bibit Bungaku

loading...

Waktu cepat berlalu ya, tanpa terasa sudah tanggal 6 Januari 2016. Blogger lain sudah banyak yang posting tulisan sejak 1 Januari lalu, lah saya masih terbawa hawa liburan melulu.

Jangan dikira saya pergi liburan ke LN (kita ko bokek melulu haha). Kami (bapaknya Ben, Benjamin dan saya) Natal dan Tahun baru dirumah saja, eh kerumah mama mertua deh berkunjung, selebihnya kami hanya dirumah saja. Bawaannya musim dingin ya begini malas-malasan, untung si Benjamin tidak ketularan emaknya ikut malas hahaha. Si Ben tidak mengenal musim, setiap hari selalu ceria, riang gembira happy melulu sepanjang hari.

Lapak bibit bungaku tidak kenal liburan

Kamu yang mengikuti blog ini mungkin tahu kalau saya jualan bibit bunga, mungkin juga banyak yang tidak tahu karena saya hampir tidak pernah promosi jualan saya di setiap postingan, saya nih model penjual shy shy cat (baca : malu-malu kucing). Saya jadi nyengir kalau ingat kalimat shy shy cat, jadi ingat si cantik jelita Lidiastevani yang pesan inbox panjangnya belum saya balas kembali.

Di blog saya ini saya menyediakan halaman khusus untuk promosi jualan saya. Kalau saya tulis postingan tema berkebun, sudah lewat sebulanan, baru saya bikin kalimat dibagian bawah “yang berminat membeli bibit strawberry silakan klik halaman ini ya“. Saya penjual yang aneh ya? orang lain jualan promosi jor-jor an lah ko saya malu-malu.

Karena tinggal di negara 4 musim jadi bibit-bibit yang saya jual musiman mengikuti musim tanamnya. Ada bibit musim semi seperti tulip, dafodil, krokus, hyacinth dll yang beredar dipasaran dan saya jual saat musim gugur hingga musim dingin (sept – des), nah tuh tulip paling lakuuu deh πŸ˜€ .

Bibit tulip dan bibit musim semi lainnya. Jualanku tahun 2015
Bibit tulip dan bibit musim semi lainnya. Jualanku tahun 2015

 

Baca juga: Daftar postingan saya mengenai bunga tulip

Bibit musim panas seperti bibit (umbi) lily, calla, gladiol, dahlia dll beredar saat musim semi dari bulan maret sudah beredar dipasaran.

Saya tidak promosi besar-besar an, hanya pajang jualan di blog saya ini, bahkan yang berteman dengan saya di fb pasti tidak pernah lihat kalau saya nawarin dagangan saya kan?, paling pas sudah sold out baru saya laporan hehe. Mesin pencari salah satunya mr google tuh yang paling berjasa mengirimkan banyak sekali para pembeli kepada saya. Saya pernah iseng tanya beberapa pembeli darimana tahu olshop bibit saya, dibilanglah dari google.

Saya sudah 3 tahun jualan bibit tanaman. Market pasar saya ke tanah air tercinta, ya iyalah ngapain saya jualan bibit di Jerman, wong di sini pusatnya πŸ˜† . Semuanya berawal dari blog tercinta ini, saya suka berkebun, suka menulis pengalaman saya berkebun dan dari hobi tersebut mendapatkan penghasilan (uang saku) dengan menjual aneka bibit bunga.

Tidak punya halaman, tidak punya taman, tidak punya kebun, ehh kita bisa ko berkebun diatas balkon. Foto Okt 2013
Tidak punya halaman, tidak punya taman, tidak punya kebun, ehh kita bisa ko berkebun diatas balkon. Foto Okt 2013

 

Saya punya banyak sekali pembeli loyal yang setiap tahun terus-terusan repeat order. Mereka beli bibit untuk tanam sendiri dan ada beberapa yang menjualnya kembali. Banyak dari para pembeli setia tersebut jadi teman berbagi cerita seputar berkebun, yang sayangnya karena waktu saya makin terbatas dan tidak sanggup membalas banyak sekali email masuk dalam waktu singkat.

Para pembeli bayar dengan rupiah transfer ke BCA saya, setelah uangnya numpuk berjut-jut *gayabanget haha setelah uangnya min. 10-15 jutaan rp saya minta tolong adik saya yang kerja di bank untuk tukarin tuh duit rupiah ke euro dan masukkin ke rek euro saya. Saya ngambil deh ke atm tiap kali butuh duit (euro) buat beli bibit.

Nah saya bingung kedepannya bagaimana lapak bibit saya ini, karena adikku sudah sukses dari bisnis Nanospray nya dan dia berhenti kerja dari bank padahal sudah 10 tahun kerja huhuhu πŸ˜₯ .

loading...

Kamu pasti bilang kenapa tidak pakai kartu atm BCA ambil duit? kartu saya sudah expired! πŸ˜€ . Sama cs bca nya disuruh ganti ke Jakarta, lah saya belum ada niatan ke tanah air kan. Kalau internet banking lancar jaya tapi saya hanya bisa transaksi mata uang rupiah.

Kalau biasanya orang transfer uang ke tanah air, ini saya malah kebalikannya haha. Kalau transfer antar bank (tukar kurs juga) nah tuh biayanya sekitar Rp. 1 juta rp, pakai semacam western union katanya Rp. 400rb an. Makanya entahlah bagaimana masa depan lapak bibitku kalau tidak bisa nukar duit lagi (mahal biaya kirim tukar uangnya).

Balik lagi ke jualan bibit tanaman. Untuk bibit berupa benih siapa saja boleh beli karena saya tinggal masukkin amplop dan kirim, tidak repacking dan tidak jual ketengan karena ngabisin waktu πŸ˜† . Males banget kan kalau cuma dapat untung 2rb – 5rb perak tapi kerjaannya banyak membagi 1 bungkus bibit jadi beberapa untuk jual ketengan, duuh habis waktu saya deh.

Berikutnya bibit berumbi seperti tulip, lily, gladiol, calla, dahlia dll buanyak sekali, terkadang saya fokus beberapa saja supaya hemat waktu mengurusnya. Kalau bibit berumbi ini saya hanya melayani sedikit pembeli *kesannya belagu yaa haha.

 

Untuk bibit berumbi ini saya terkadang melayani yang ingin beli ketengan, misal mau separuh saja, dari 1 bungkus isi 10 hanya mau ambil 5 biji. Mereka yang beli seringnya untuk paket 1 kg bisa beli 5 jenis bibit bahkan lebih, butuh waktu untuk bungkusinnya, kasih nama, dan saya selalu potret bibit yang akan saya kirim jadi pembeli bisa lihat kualitasnya.

1 paket kadang butuh waktu 30 menit bahkan dulu bisa 1 jam loh, sekarang sih sudah tambah cepat kerjanya sudah 3 tahun gitu loh haha. Termasuk makin pintar (tahu) menyusun bibitnya dalam kardus, yang umbi keras dibagian bawah, bagian atas baru yang lembek. Tiap kali menyiapkan paket paling tidak 3-4 paket. Pas Benjamin tidur 2-3 jam saya kerjain, atau saat bapaknya Ben di rumah saat weekend, saya maunya tidak diganggu saat bungkusin bibit-bibit.

Kalau lagi rajin dalam seminggu bisa mengurusi 6-10 paket nah sayangnya kalau lagi kumat malesnya bisa seminggu an tuh saya sama sekali tidak kerja *ngeblek nyantai-nyantai melulu πŸ™„ . Saat hitung duit semakin menipis baru kerja rodi lagi haha. Dulu saya pernah ngurusin paket sampai tengah malam loh, waktu mama saya di rumahku ini dia juga pernah lihat ko πŸ˜€ .

 

Saya kira bisa nyantai sedikit sampai Februari, supaya bisa ngeblog dulu dan menyapa para blogger yang lama tidak saya samperin blognya, ternyata sudah mulai banyak pesanan bibit tanaman. Kalau dipasaran bibit-bibit musim panas beredar bulan Maret, namun beberapa online shop sudah menjajakan jualan mereka dari akhir desember tahun lalu, jadi saya sudah bisa pesan dan akan saya terima bibitnya akhir bulan januari atau februari bulan depan.

Sibuk ngedit-ngedit foto dan bikin harga, termasuk membalas banyak sekali email masuk adalah kerjaan saya setiap hari. Ada saatnya semangat luar biasa, sambil membayangkan pundi-pundi duit, namun sering juga kumat malas kerjanya. Begini enaknya kerja sendiri, jadi bos sekaligus karyawan buat diri sendiri.

 

Jangan dikira saya dapat uang ratusan juta dari lapak begini, buat saya kalau saya bisa beli bibit-bibit dan tanaman termasuk keperluan berkebun yang saya inginkan, saya bisa beli sendiri tanpa minta duit ke bapaknya Benjamin, lagipula apanya yang diminta kalau duit berlebih dia juga tidak ada hehe dang adong hepeng melulu (*tidak ada uang).

Di Fb kalau ada yang add saya, kadang bilang wow soalnya mutual friends 40-50 orangnya tuh semuanya pehobi berkebun :mrgreen: . Kalau ada yang posting foto tanaman, nanti yang komen ya temannya itu itu juga, lama-lama hapal nama-namanya.

Maafkan saya ngoceh terlalu panjang, tidak sadar sudah mengetik sepanjang ini, padahal niatnya hanya ingin membuka salam tahun baru dan kasih dua point cerita, ternyata sudah sepanjang ini jadi point berikutnya nyusul diceritakan ya.

loading...

Salam hijau selalu! :mrgreen:

 

Artikel terkait :
β€’ Beberapa Lokasi Membeli Bunga di Jerman
β€’ Mengunjungi Garden Center di Belanda
β€’ Cara Menanam Sayuran dari Bibitnya
β€’ Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman
β€’ My Balcony Garden, Gone But Not Forgotten
β€’ Mengunjungi Keukenhof Kebun Dapurnya Belanda
β€’ Taman Mawar di Lottum, Belanda

About these ads
loading...

83 thoughts on “Tulisan Pertama di Tahun 2016 – Lapak Bibit Bungaku

  1. Mbaaaaaa,Emaknya ben hehehe apa kabar ? Akhirnya di buka juga kolom komentarnya πŸ™‚
    cantik2 bunganya, ada beberapa naro pot bunga di tangga yaa, smaart hehehe.. aku mah gak kepikiran kali mba, tau nya paling di balkon aja hehehe kalau aku punya tanah di belakang rumah nanti pengen juga ah berkebun hehehe

    1. Hai Syifna kabar baik πŸ™‚ . Iya mulai postingan pertama di tahun 2016 sdh dibuka lagi komennya πŸ˜€ . Ayoo kita berkebun, salam hijau ya :mrgreen: .

      1. Ima van dam

        Bersyukur sekali aku nemu blogmu mbak hihihi aku jg di LN lg nyari2 ide liat love gardening neh keren aku sih suka tp sejak musim dingin kebunku terbengkalai haha masih terlalu dingin untuk ngerapiin kebunku.aku di UK mbak baca2 ini mbak jual bibit online send by post jd punya ide aku mau jualan baju2 batik buatanku sendiri ntar hihihi “suka jahit” klo gardening suka di kebun sendiri for myself aja hehe.eh aq follow pinterest nya ya.

  2. Asyiikkk…. sudah bisa komen lagi di sini, kemarin sempet putus asa gak bisa komen xixixii

    saya dah pindah kerja ke daerah yang masih hijau dan lapang, salah satu harapannya bisa menjadikan halaman belakang rumah seperti punya mba ini, yaa dengan tanaman2 sini. tapi koq dah hampir 1 tahun masih kosong dan penuh rumput aja yaa

    mau mulainya males pakai banget… soale yang jual peralatan dan bibit malah jauh hisk…

    1. Hai mas Ahsan, iya sudah dibuka lagi mulai postingan ini πŸ˜€ . Tanahnya di gempurkan dahulu, sykur2 klo turun hujan, spy tambah bagus tanahnya. Nanam yang paling mudah bisa spt sayuran, cabe tomat. Untuk cabe dan tomat atau terong enak juga, bijinya kita angin2nkan dulu seminggu, setelah itu siap deh ditanam :mrgreen: .

      1. Haii juga mba …
        he he, kenapa mba kemarin2 di tutup komennya … banyak banget yang masuk yaa…

        di sini hampir tiap hari hujan malahan. iya neh pengin banget nanam cabe/tomat tapi gak sempet-sempet

  3. Permisi mbak, ni kan tema blog kita sama. Tapi kok waktu di beranda foto tidak tampil. Itu kenapa ya?

    1. Ukuran fotonya jangan terllau besar, saya guankan 100 atau 200 kb saja, klo terlalu besar lewat dr yg disyaratkan tidak akan muncul fotonya.

  4. Frohes Neus ya! Waah greem thumbs bener! Saya punya cuma Anggrek, karena gakada balkon juga. Tapi seger emang ya kalau banyak tanaman dirumah.

    1. Frohes neues Jahr juga Lulu. Klo untuk anggrek saya belum si tangan hijau, dulu saya punya banyak anggrek eh mati semua, trus beli lagi ada 4 nih baru 1 aja yg rajin berbunga πŸ˜€ .

      1. Danke ya!heheehe, baca2 tentang Anggrek, katanya diajak omong juga biar berbunga. BTW, temen saya dulu ada yang bilang ada yang jual kayak bunga Melati online gitu, lupa dimana:((. mbak Nela tau dimana kira2?

        1. Hai Lulu, tanaman2ku sering ku ajak ngobrol ko haha pernah baca tulisan juga katanya ya begitu ya diajak ngomong spy berbunga/berbuah πŸ˜€ . Mungkin harus lebih sering ya, klo yg berbunga saya puji2 bilang cantik :mrgreen: . Untuk beli melati di: http://www.kraeuter-und-duftpflanzen.de tahun lalu saya beli bibit kangkung di shop tsb, thn ini pengen beli melati, pandan, kencur, kunyit dll lainnya lupa pokoknya tanaman2 khas Indonesia ada di shop tsb. Melati yang Jasminum sambac itu melatinya indonesia, saya pengen punya yg lain warnanya ada yg kuning ini link melati: http://www.kraeuter-und-duftpflanzen.de/Duftpflanzen/Jasmin

          1. Waah makasih mbak! iya nih biar rumahnya wangi Indonesia, bunga melati hehe, semoga thn ini bisa juga nambah tanaman dirumah kita yang mungil hehe.

          2. Saya juga mau beli tuh melatinya πŸ˜€ . Oh ya kalau punya akun FB bisa ikutan grup klik Berkebun di 4 musim tempat share pengalaman berkebun πŸ˜€ .

  5. Asyikkk kolom comment sdh dibuka. Haiiii kak nella. Apa kabarnya dan gimana benjamin? Entar add kakak di fb dech? Biar lbh updated ttg kak nella.

    Btw nich kak, karena sering baca tulisan kakak sekarang aku jadi punya hobby baru nich menanam sayur. Dan rasanya happy bangat melihat perkembangan sayur ku setiap hari. Hehehe

    1. Adelinnnnaaaaaaa aku sudah 3 hari loh request ke blogmu diterima atuh non haha, tiap hari dan barusan aku ulang melulu request nya tetap belum bisa masuk.

      Barusan aku add km ya di fb, aku lihat ada 3 blogger mutual friends kita, smeoga ga salah add πŸ˜€ .
      Nanam sayur apa saja, sdh sering dipanen?. Salam hijau yaa :mrgreen: .

      1. Kakak ke adelinatampubolon.com bukan. Karena di .com nga ada request gitu dech. Jgn ke wp yach. Ini tiap comment selalu balik ke wp. Hiksss. Belum ngerti utak atiknya ini.

        Aku nanam bayam, kangkung, caisim. Tapi di pot gitu. Rada deg2an takut nga bisa besar.

        1. ya ampunn Adelina ternyata kamu punya blog baru makanya yg lama ditutup πŸ˜€ . iya aku minta ke wp melulu, skrg sdh tahu deh hehe. Klo yg .com ga diprotect πŸ˜€ . Semua tanamanku nanam di pot, wong kita tinggal di lantai 1 .. sayuranku subur aja ko nanam dipot :mrgreen: .

          1. Horeee akhirnya kak nella bakalan berkunjung ke rumah ku. Karena baru pertama kali kak jd agak parno gitu dech. Nanti kl sd besar aku ceritain perkembangan sayurku yach.

  6. Mbak kalau masukin duit euro dari indonesia ke bank euro ada biayanya juga nggak? Ya ampun itu biaya satu juta kalau transfer ke tanah air lumayan juga ya, eman-eman kalau kataku *hahahaha.

    1. Hai Elly dulu sih prnh 1x transfer duit ke bank Jerman tp dikerjain adikku yg org bank kena 10 usd aja. Hahaha iya lumayan banget 1 juta kan, makanya lagi cari cara bgm yg biayanya kecil πŸ˜† .

  7. Mba Neeel, Selamat Tahun baru yaaa…
    Hobi yang satu ini emang menyenangkan yak, apalagi aku suka butuh herbs segar buat foto hihihi kan lagi lagi makanan
    Kalo mereka (si tanaman) berbunga dan berbuah berasa dapet reward dan hati ikut berbunga deh, refreshing banget pokoknya πŸ˜‰

    1. Hai Melly selamat tahun baru juga yaa. Klo aku nanam herbs buat menghalau hama hehe, trus suka sama bau macem2 herbs segar :mrgreen: . Iya senang klo tanaman yg kita pelihara pada berbakti hehe alias menghasilkan πŸ™‚ .

      1. eh herbs menghalau hama ya? *barutau, soalnya masalahku satu, itu taneman mesti memunculkan lalat kecil >_<“

        1. iya Mel bau2an herbs bikin hama menjauh, spt basilkum, lavendel, koriander tuh aku nanam πŸ˜€ . Herbsnya kamu taruh rumah ya?. Pasang stiker kuning untuk nangkap serangga beli di mΓΌller drogerie dan DM lebih murah, bentuknya lihat disini: Ampuhnya Stiker Kuning Perangkap Serangga.

          1. Gelb Sticker ya, ah oke siiip nanti kucari di dm. Makasiih mba neeell

          2. Iya Mel gelb sticker namanya, ga usah beli di garden center krn lebih mahal πŸ˜€ . Cari di MΓΌller atau DM aja, kualitas sama harga lebih murah. Menjelang musim semi bakalan banyak serangga keluar sarangnya, makanya aku pasang bbrp stiker di pot2 tanaman rumah.

  8. Akhirnya dibuka kembali. Happy New Year Mbak Nel. Dan selamat mengembangkan bisnis online bibitnya. kayaknya dah mulai harus simpan link blog mbak dari mamaku deh – bisa2 dia langsung pesan nih ke mbak Nel.

    Memang repot ya mbak urusan uang ke luar negeri dan sebaliknya. Dulu pun juga mikir gitu. Tanya2, transfer $1000 kena $20 dan kelipatannya berlaku. Eh pas masuk rekening dipotong lebih. Karena bank sana rekanan sama bank lain, terus dipotong lagi sama bank penerima sini. Hikssss…. Mau WE juga mahal biayanya. hihi

    1. Happy New Year juga Ryan πŸ˜€ . Aku lagi cari cara nih metode transfer yg bgm yg kecil biayanya, kasihan juga klo misalnya jadi dibebankan ke pembeli kan πŸ™ . Salam hijau sampaikan buat mama mu ya Ryan :mrgreen: .

      1. Ngeri sampaikan salamnya mbak. Hahah. Terakhir ksh unjuk yang hidroponik, mamaku pengen malah.

        Iya mbak. Sayang kalau smp pembeli kena beban gede. Kecuali beli partai besar.

        1. Kalau mau nanam ala hidroponik di tanah air banyak tersedia penunjangnya, misalnya nutrisinya tuh ditempatku ga ada nutrisi/pupuk yg sesuai. Kalau mamamu ada fb bilang deh join grupnya klik Rumah Hidroponik Bertha Suranto saya banyak dapat ilmu dari grup tsb πŸ˜€ .

          1. Ada mbak FB-nya. Pernah komen deh kayaknya di Mbak. Apa blm yak. Saya lupa juga sih. πŸ˜€

  9. Hai Nel, selamat Tahun Baru 2016 ya. Semoga apa yg jadi harapan ditahun ini lancar jalannya dan sukses.
    Aku baca tulisanmu ini jadi terkagum sama passionmu di berkebun. Salut! Penasaran pengen nanya karena aku baru kenal blogmu ini kan tahun 2014 akhir kalo ga salah, hobi berkebun ini sudah sejak di Indonesia atau baru muncul pas tinggal di Luar Negeri?

    1. Selamat Tahun Baru juga Deni πŸ™‚ . Aku hobi berkebun sejak di Jerman Den, waktu di tanah air pernah beli mawar pengen banget, pas nyampe rumah pindah pot yg pelihara selanjutnya mamaku haha . Di Jerman dan Belanda orang2nya kan senang berkebun ya nular ke aku. Sebenarnya di tanah air banyak juga yg suka berkebun, berkat blog ini jd ketemu banyak teman berkebun.

  10. Met tahun baru yaa emaknya Ben πŸ™‹πŸŽ‰
    Semoga thn 2016 lapaknya makin sukses en proses tukar menukar duit makin lancar hehehee… 😜
    Groetjes πŸ’–

    1. Selamat tahun baru juga yaa PatriCia πŸ˜€ . Bgm bikin emoticon bagus unik begitu? gak ada di keyboard aku nih hehe.

      1. Emoticon nya dari hape ka Nella… hehehe… ^____^

  11. fee

    kalau liat yang beginian mupeng ingin berkebun lagi…tapi waktunya itu huhuhuhu…..belum jatuh bangunnya kayak bang oma pemula….tanaman lokal saja masih hidup segan mati tak mau bagaimana yg 4 musim….nyimak tips2nya di blog ini dulu, deh…:)

    1. yang saya tanampun masih sering mati ko mbak Fee, hobi begini melatih kesabaran juga πŸ˜€ kalau sudah kesel banget bisa tanaman kena hama ya langsung dibuang saja haha.

  12. Huuuu… jd inget tanaman cabe ku kering karena kebanyakan MOL. Saya masih hijau nih soal urbanfarm, modal feeling tanpa ilmu πŸ˜€

    1. Jangan over nutrisi mas πŸ˜€ . Ilmu berkebun banyak di internet tinggal kitanya saja rajin membaca πŸ˜‰ .

      1. Karena merasa pinter mbak πŸ˜€ maklum keturunan petani tp KW kayaknya :mrgreen:

  13. febriminato

    mbak saya minta bunga boleh.. bunga bank wkwkw…

    1. Bunga bank saya juga mau dong hahaha πŸ˜€ .

      1. febriminato

        wah cpt ya balesnya… kalo bunga di tepi jalan ada ga ya? wkwkwk

  14. Frohes Neues mbak nella πŸ™‚
    wah jadi tuing-tuing nih mata saya liat nilai uang yang masuk ke pundi-pundinya mbak #mauuu
    kewl banget hobi yang bisa diduitin begini ya. ich drΓΌcke mir die Daumen, dass das du mehr Kunde kriegst, damit dass du ein Urlaub nach Indonesien machen kannst, um deine BCA Karte zu erneuern…. hihihi nyambung gak sih mbak nel? Guten Morgen ΓΌbrigens πŸ™‚

    salam
    /kayka

    1. ralat mbak dah keburu kekirim Ich drΓΌcke dir meine Daumen… πŸ˜€

    2. Saya jawab bhs Indonesia saja ya mbak, biar cepet hehe πŸ˜† .

      Selamat tahun baru juga ya mbak Kayka πŸ™‚ .
      Amin amin makasih banyak doanya, semoga bisa saya jalan-jalan ke tanah air nabung dulu nih hehe.

  15. indahnya…. moga 2016 juga tahun yang indah

    1. Amin semoga tahun ini indah buat kita semua ya bang Jampang πŸ™‚ .

  16. Selamat Natal dan Tahun Baru ya Mba Nella and lil’ fam. Semoga menjadi tahun yang lebih baik untuk kita semua.
    Ah, akhirnya kolom commentnya dibuka kembali πŸ˜›
    Sebenarnya dan sejujurnya, aku sempat kepingin beli bibitmu mba, tentunya habis buka artikel bunga-bungamu itu, tapi tak pending dulu karena masih tinggal di kost, hahaha.. Mupengnya sudah tingkat tinggi πŸ˜€

    1. Hai Wien selamat tahun baru juga, iya semoga tahun ini lebih baik untuk kita semua πŸ™‚ .
      Kolom komen sudah dibuka kembali, semoga saya bisa konsisten untuk membalas komen masuk πŸ˜€ .
      Dilihat-lihat saja bungaku2ku dan dikasih komen sudah seneng saya hihi.

      1. Amin mba Nella. Duh mba. Sampai kututup tu screen supaya ga makin mupeng lihat bunganya. Hahaha..

  17. Met tahun baru ya nel, hahha kebalikan ma aku ya nel ( curcol) wah semangat ya nel, btw sayang banget tu adiknya padahal dah 10 tahun.
    Melenceng pada topik… 😜

    1. Hai Ria selamat tahun baru ya πŸ™‚ . Kata adikku spy makin konsen ngurus bisnisnya. Ntar kapan2 ku ceritakan mengenai pencapaian adikku deh, dia kerjain bisnis itu kurang dari 3 thn dan sdh bisa beli rumah, jalan2 ke LN 3x setahun seringnya di duitin tuh tiket. Aku sementara ya masih sedikit sukses ya pada bagian jualan bibit bunga aja haha :mrgreen: .

  18. selamat tahun baru kak Nela, kakak sangat konsiten dalam berkebun salut

    1. Selamat tahun baru juga Winny, wah keren ya kamu bisa berfoto dg pak Habibie πŸ˜€ .

  19. titien yusinta

    jd gk sabar nunggu bunga2 cantik beredar

    1. Sabar ya cantik, kalau sudah rapih daftarnya pasti saya kabarin πŸ™‚ .

  20. Wiiiih segernya kalau tiap hari liat kebun sndiri. Saya suka kaktus tapi ga pinter ngerawatnya. Beli 4 biji kaktus dalam 1 bulan suskes… mati! Hahahaha *eh bangga pula.
    Salam kenal ya kak…
    Pasti orang Batak yaa? (Sok tau) πŸ˜€
    Boleh ya kk belajar bertanam bunga sama kakak πŸ™‚

    1. Hai Uchi salam kenal juga ya πŸ™‚ . Saya sudah 2x nih nanam bibit kaktus sama sekali ga numbuh parah yaa haha. Yg terakhir saya sebar lebih banyak sama sekali ga numbuh2 πŸ˜† . Iya orang batak sdh ketauan dari tampang saya ya haha. Ayoo sama-sama belajar berkebun :mrgreen: .

      1. Klo sama2 dari sumut pake kemistri aja kk udh kerasa aura bataknya hehehee..
        Sedap kali liat kebun yang subur hijau royo2 gt kak, bisa ngilangin stres ya kk. Aku kalau lg suntuk suka melarikan diri ke tukang bunga diberastagi. Selain sejuk bisa cuci mata.
        Tapi aku maunya kaktuuuusss hikkksss

  21. menyenangkan banget ya mbak kalau hobi juga bisa mendatangkan rezeki buat kita

    1. Hai Aya sementara ini baru beginilah yang bisa saya lakukan untuk cari uang saku hehe πŸ˜€ .

  22. yeay akhirnya bisa komen lagi :-). suka banget warna warni bunganya. sukses terus ya mbak Nel dengan bisnis jualan bibit bunganya πŸ˜‰

    1. Hai Adhya makasih ya πŸ™‚ . Akhirnya kamu juga balik ngeblog lagi ya πŸ˜€ .

  23. Wahjuni Pudji Astuti

    Halo mbak Nella pa kabar? (walau terlambat gak apa2 kan?)Selamat Natal dan tahhun Baru 2016 ya….Boleh dong bagi cerita suasana natal dan tahun baru di Jerman dan cerita tentang liburan mbak Nella dan keluarga (walau dirumah ataupun dirumah omanya Ben) kan pasti ada tuh cerita asiik yang boleh di share he..he

    1. Hai mbak Wahjuni selamat tahun baru juga ya πŸ™‚ . saya berpikir sejenak nih, ada ga ya cerita natal tahun baru yg asyik diceritakan, hmm sptnya lebih asyik cerita mengenai tanaman aja deh :mrgreen: .

  24. Selamat tahun baru mama ben…. πŸ™‚
    Semoga makin lancar jaya usahanya, ya mba….aamiin

    1. Selamat tahun baru juga ya Gustina. Aminnn terima kasih doanya πŸ™‚ .

  25. eh gua baru tau lho kalo lu jualan bibit tanaman. ongkir ke indo nya apa gak mahal ya nel?

    btw tumben nih komentar nya dibuka haha

    1. 1 kg ongkirnya Rp. 172rb negara tetangga malah ada yg ongkirnya rp.500rb laku aja loh, memang klo sudah suka tanaman sptnya harga bukan halangan haha. Iya mulai skrg komen dibuka kembali, kan waktu itu gw pernah nanaya lu “pernah ga dapat komen ga enak di blog?” krn gw sdh dapat jawaban dr lu, semoga gw bisa terapkan dan ga dimasukkin hati klo dpt komen ga enak gitu.

  26. Hai mba nel.. apakabarnya nih? Hehe..
    Aku jg lg mulai pengen berkebun nih. Xixixi. Masih pemula bgt. Baru mau nyusun2, tanah belakang rumah mau diapain, tanah depan rumah mau diapain. Semoga nanti tamannya bisa secantik punya mba nel yah. Xixixi ngarep padahal mulai aja belum πŸ˜€
    Sukseess ya mb buat jualannya..

    1. Hai Ilmiy walau cuaca jelek, tetap ah postif jawabnya “kabar baik dong” πŸ˜€ .
      Wah klo punya pekarangan ayolah dimanfaatkan paling ga nanam yg bisa dimakan spt cabe, tomat sayuran, lumayan bisa ngirit belanja dapur kan. Happy gardening yaa :mrgreen: .

  27. Selamat Tahun baru mbak Nel. Selalu baca postingan terbarunya tapi cuma bisa ngelike dulu Hehehe.. Seneng yah ngeliatin yang hijau-hijau dan berbunga gini. πŸ™‚ Sukses buat jualan dan bunga-bunganya mbak πŸ™‚

    1. Hai Anggi selamat tahun baru juga ya πŸ™‚ iya beberapa bulan memang postingan saya cuma bisa di like aja, makasih ya sudah selalu nge-like πŸ˜‰ .

  28. Asyik sudah bisa komen lagi…
    Btw baru kali ini benar-benar merhatiin tangga rumah mbak Nella, ternyata bagus juga ya.. apalagi ditaruhin pot-pot bunga begitu. Cakepnyaaa…

    1. Hai mbak Ami, iya mulai skrg blogku bisa dikomenin lagi πŸ˜€ .
      Itu tangga rumah niru orang lain atau pas baca majalah dapat ide buat mempercantik tangga, kan menyenagkan mau masuk atau keluar rumah lihat bunga2 yg cantik πŸ˜† .

  29. Wah komentarnya udah diaktifkan lagi.

    Saya juga lagi pingin nyoba berkebun mbak. Dulu waktu sma pernah berkebun beli mawar, kaktus, dan macam2 ngak tahu namanya. Di kebun rumah banyak bunga bugenvilnya. Tapi nggak t3rawat hiks…. Tahun ini mau nyoba lagi hobi berkebun. Jadi sering2 kemari:D

    1. Hai Shiq4 iya mulai postingan ini bisa dikomen kembali πŸ™‚ . Ayo rajin dirawat tanamannya, pasti tuh tanaman berbakti memberikan keindahan buat yg merawatnya. Happy gardening yaa :mrgreen: .

      1. Nurul

        Mbaa maaf mau tanya, jual bunga krokus? Ada stoknya?

        1. Hai Nurul, krokusnya sdh habis, sdh lewat musimnya, september-des beredar lagi πŸ™‚ .

Leave a Reply