Blog Self Hosted (dot org) udah bisa ikutan Wordads

Pengumuman resminya kalau blog self hosted sudah bisa ikutan wordads
loading...

Hai sahabat blogger khususnya yang blog kamu di monetasi, kali aja ada yang belum tahu kalau sekarang blog self hosted atau blog dot org sudah bisa ikutan periklanan wordads. Pengumuman resminya di rilis 28 desember 2015 lalu.

Pengumuman resminya kalau blog self hosted sudah bisa ikutan wordads
Pengumuman resminya kalau blog self hosted sudah bisa ikutan wordads

 

Bagi pembaca yang baru membaca tulisan saya ini kalau bingung apa sih wordads, silakan baca Ngeblog dapat Duit Dengan WordAds

Jika kamu punya blog self-hosted WordPress.org ada 4 langkah untuk bergabung dengan wordads:
1. Daftar di WordAds.co. https://wordads.co/signup/
2. Download dan install AdControl plugin https://wordpress.org/plugins/radcontrol
3. Pastikan Jetpack plugin http://jetpack.me terinstal dengan baik.
4. Lengkapi konfigurasi di Dashboard WordPress di bawah Pengaturan> WordAds.

Sedikit kilas balik kalau pada Maret 2015 lalu Wordads banyak men-suspend/banned blog-blog bahasa Indonesia karena banyak dobel kontent (blog kopi paste) lalu blogger yang punya konten original banyak yang kena suspend juga dan mereka jadi rame-rame pindah ke self hosted supaya bisa monetasi blog dengan cara lain, misal ikut google ads.

Wordads versi baru (Wordads 2.0) https://wordads.co/2015/11/02/introducing-wordads-2-0 sudah mulai berjalan sejak bulan November 2015, yang katanya bayarannya akan lebih baik dari versi sebelumnya.

Angin segar bulan desember 2015 ini sudah dibuka lagi pendaftaran wordads, termasuk blog self hosted bisa ikutan WA, wah kue kita dibagi-bagi semakin kecil dong nih haha. Yang awalnya hanya wp.com sekarang wp.org juga sudah bisa ikutan 😎 .

loading...

Bagi kamu yang ingin ikutan juga (belum pernah daftar sama sekali), tetap ya trafik akan jadi penentu utamanya, karena tanpa trafik yang tinggi, penghasilan yang didapat tidak akan memuaskan.

Tiap blog akan punya perbedaan besar dalam penghasilan (dolar). Faktornya antara lain:
Jumlah trafik. Bukan mau mengecilkan hati kalian, kalau tiap bulan masih dibawah 100.000 pageviews dapatnya akan kecil sekali. Contoh bulan November 2015 page views saya 132.2015 ; ads imp nya 51.175 ( iklan yang dibayar) dapatnya 54,95 usd dapat segitu karena 36% nya pengunjung asal Amerika. Jadi trafik tinggi belum tentu dapat penghasilan yang banyak.

Asal pengunjung/pembaca blog terbanyak. Kalau page views sudah 100.000 an dimana 30% nya adalah pengunjung/pembaca asal Amerika kita bisa dapat agak lumayan. Pengunjung asal Amerika utara akan memberikan kontribusi lebih baik karena pemasang iklan disana membayar lebih tinggi ketimbang negara lain. (Baca juga : Tips Mendapatkan Lebih Banyak Pengunjung Blog Asal Amerika).

• Berapa banyak pembaca blog menggunakan pemblokir iklan (ad blockers), kalau blog kamu banyak dibaca oleh mereka yang pasang ad blockers maka penghasilan kamu akan berkurang. (Baca juga : 2 Hal yang Membuat Penghasilan Wordads Kecil)

Iklan aktual yang terpasang. Tidak semua negara ada pemasang iklannya, kalau blogmu dibuka dari negara yang tidak ada pemasang iklan dan atau tidak ada iklan yang cocok untuk ditampilkan maka hanya akan terlihat kalimat “mengenai iklan ini (about these ads)” dan pemilik blog tidak akan mendapat apapun walaupun trafiknya tinggi.

Kalau mau tahu FAQ WordAds lainnya silakan di website https://wordads.co/faq

Blog self hosted yang ikutan google ads (GA) dan daftar wordas diterima, jadi bikin ngiri saya. Penasaran berarti bulan depan bakalan dapat 2 kali duitnya ya 😆 . Dari GA dan WA, di forum ada yang bilang kalau dari pihak WA tidak ada masalah dua jenis begitu terpasang. Tapi saya yang blog WP.com ya tidak bisa ikutan GA, karena kita hanya boleh pasang WA itulah mengapa saya bilang ngiri.com haha.

Forum wp Indonesia https://id.forums.wordpress.com mulai ramai kembali, senangnya 🙂 . Para blogger senior dan mereka yang pendapatannya tinggi tidak segan berbagi ilmu di forum.

Pengumuman resmi dalam bahasa Inggris mengenai blog self hosted sudah bisa ikutan wordads silakan di https://wordads.co/2015/12/28/adcontrol-plugin-is-here

Jangan kaget kalau blog kamu atau blog tetangga yang tidak ikutan WA ada tayang iklannya, kalau blogmu mulai banyak pembacanya akan muncul iklan, namun pemilik blog tidak mendapat bayaran. Penghasilan dari iklan akan digunakan pihak wordpress untuk menunjang kinerja mereka. WP kan punya banyak sekali tenaga kerja (teknisi, insinyur, desinger dll) yang perlu di gaji juga toh hehe.

Kalau tidak mau ada iklan di blog mu, bisa gunakan fasilitas No-ads yang biayanya 30 Usd per tahun.

loading...

 

Baca juga :
Tips Mendapatkan Lebih Banyak Trafik Blog
7 Cara Membuat Blog Cepat Terkenal
2 Hal yang Membuat Penghasilan Wordads Kecil
Memaksimalkan Wordads Pada Foto Blog
Tips Mendapatkan Lebih Banyak Pengunjung Blog Asal Amerika
Mengenai dapat Duit dari WordAd (Triple Ads)
Blogwalking Salah Satu Cara Bikin Blog Terkenal

About these ads
loading...