Musim Gugur Saatnya Memberi Makan Burung Liar

Pada bulan November kita sudah bisa memberikan makanan untuk burung-burung liar, untuk beberapa daerah yang dinginnya sudah lebih awal misal bulan September kita bisa memberikan makanan lebih awal. Kegiatan memberi makanan burung seperti sudah menjadi tradisi di negara yang ada musim dinginnya.

Orang-orang sini baik hati kasih makan burung liar. Kasihan kan burung-burung liar tidak bisa cari makan saat cuaca dingin. Pohon-pohonpun tentu saja tidak menghasilkan buah lagi yang jadi makanan burung. Kalau bukan kita yang menolong burung-burung liar mungkin saja banyak yang mati kan 😀 .

 

Burung-burung yang besar terbang dengan kelompoknya ke negara yang sedang mengalami musim panas misalnya seperti ke Afrika, nah burung yang kecil-kecil ini yang tetap dalam negeri yang perlu kita bantu.

Menurut bund.net orang-orang Jerman setiap tahunnya memberikan dana sampai jutaan euro untuk membeli makanan burung.

Makanan burung liar tersebut banyak tersedia di supermarket ataupun garden center, kalau rajin bisa bikin sendiri (saya sih malas hehe). Ada pula warga yang meletakkan (menggantung) buah-buahan di teras atau balkon mereka.

Video menonton burung liar makan

 

Tinggal di Jerman

Saat bongkar tanaman tomat saya menemukan banyak sekali larva kumbang yang merusak akar tanaman. Kesal pantas saja 2 tanaman tomat saya mati karena akarnya di rusak larva kumbang ini. Ada beberapa yang saya lempar jauh larva kumbangnya, lalu saya mikir “.. eh kan bisa dikasih buat makanan burung toh larva kumbang yang terkumpul banyak” 😀 . Berhasil saya kumpulkan ada paling sedikit 10 hama larva kumbangnya. Saya tidak pasang foto larva kumbangnya, karena geli lihatnya. Bentuknya seperti ulat yang gemuk sekali, warna putih.

Balkon Belakang. Rumah Burung itu untuk taruh makanan buat burung liar, berhubung musim dinginya tidak parah jadi ga ada burung yg datang cari makan

Balkon Belakang. Rumah Burung itu untuk taruh makanan buat burung liar, berhubung musim dinginya tidak parah jadi ga ada burung yg datang cari makan

 

Rumah burung, makanan tuang dari atas, nanti akan keluar di bolongan tersebut

Rumah burung, makanan tuang dari atas, nanti akan keluar di bolongan tersebut

 

Pemandangan burung-burung saat makanan begini memberikan ke asyikan tersendiri buat Benjamin dan saya. Seringkali burung-burung berebutan makan, padahal ada beberapa makanan yang saya taruh. Kalau makanan burung sedang habis, tidak ada burung yang sudi mampir ke balkon saya 😆 .

Saat musim dingin burung-burung tidak bisa cari makanan jadi orang-orang sini taruh makanan buat burung liar. Foto desember 2014

Saat musim dingin burung-burung tidak bisa cari makanan jadi orang-orang sini taruh makanan buat burung liar. Foto desember 2014

 

Ada juga warga yang menyediakan rumah-rumahan buat burung liar. Berbagai macam model rumah burung pernah saya potret ketika di kebun binatang, bisa dilihat berikut ini:

 

Fyi memberi makan hewan liar terutama burung-burung ya, hanya boleh dilakukan saat musim dingin, karena saat cuaca sudah bagus, musim dingin sudah berlalu jangan lagi sediakan makanan untuk hewan liar, supaya hewan tersebut mencari makanannya sendiri.

Burung liar kalau dikasih makanan melulu akan membuat kotor lingkungan. Pemerintah setempatpun melarang kasih makaan burung-burung kalau tidak musim dingin. Saya sering melihat di atap gedung atau perumahan dijadikan tempat nongkrong burung-burung liar dan membuat kotor atap, malah ada yang sampai parah, tuh burung-burung membuat sarang di pojokan bawah atap. Yang membuat kita kesal kotoran burungnya jadi berantakan.

Sayapun kesal, saat balkon saya yang sudah saya sapu bersih, eh kotor sekali karena burung-burung makan tuh pilih-pilih makanan, dan mengotori balkon saya 🙁 .

Beberapa Lokasi Membeli Bunga di Jerman

 

Follow

error: Content is protected !!