Bounce Rate Apa Gunanya Buat Blog?

loading...

Bounce Rate Apa Gunanya Buat Blog?. Sahabat blogger, kali ini saya ingin share mengenai Bounce Rate. Bagi yang tertarik dengan blog tutorial, mari lanjut dibaca, yang tidak tertarik bisa beralih baca kumpulan postingan lihat kebunku penuh dengan bunga atau siapa tahu kangen lihat jagoanku Benjamin 😆 .

Bounce Rate (Tingkat Bouncing) – BC adalah istilah internet marketing yang digunakan untuk menganalisa trafik suatu situs. BC akan memperlihatkan persentase pengunjung yang mengunjungi suatu situs lalu pergi (“bounce”) tanpa membuka halaman lainnya.

Menurut saya kalau blog kita tipe pengunjung/pembacanya kebanyakan dari mesin pencari akan membuat bounce rate situs (blog) menjadi tinggi. Namun kalau blog kamu bagus sekali isi dan tampilannya, tipe pembaca dari mesin pencari ini bisa betah berlama-lama di blog kamu, syukur-syukur kalau dia follow blog kamu, maka kamu punya tambahan pembaca tetap 🙂 .

Pernahkah sahabat blogger mencari suatu informasi melalui mesin pencari, akhirnya memutuskan situs mana yang dituju, informasi ketemu, kamu puas lalu langsung tutup situs (blognya) tanpa membuka (klik) halaman lain situs tersebut?. Nah kalau kamu tipe begitu akan membuat situs yang kita kunjungi tersebut tinggi Bounce rate nya.

Tingkat bouncing adalah ukuran efektivitas suatu situs (blog), bagaimana kita sebagai pemilik blog bisa membuat pengunjung/pembaca betah berlama-lama membaca blog kita. Dari yang awalnya klik satu halaman, eh dia tertarik judul lainnya yang dilihat mungkin pada widget disisi kanan, kiri blog dan bagian bawah blog.

Berapa ukuran bounce rate yang bagus?
Kurang dari 40% bagus
40% -50% cukup bagus
menuju lebih dari 60% adalah pertanda buruk

kalau situs/blogmu tingkat bouncingnya 40% atau kurang berbahagialah berarti pengunjung menyukai blogmu 😀 . Paling tidak ada beberapa halaman yang dibaca pengunjung.

Mengapa bounce rate bisa tinggi?
• Banyak link yang patah atau linknya tidak aktif lagi.
• Yang dicari pengunjung tidak sesuai dengan yang diharapkan, jadi langsung menutup halaman blog kita.
• Tampilan blog buruk, misalnya satu halaman penuh isinya iklan, informasi yang dibutuhkan dibagian bawah, mata kita dijejali iklan dulu baru dapat informasi yang dibutuhkan. Apalagi iklannya adalah iklan judi atau esek-esek serem saya langsung tutup. Tadinya saya follow jadi klik tombol unfollow blognya.
• Iklan pop ups atau berlangganan blog model pop ups, diklik tutup tidak bisa, biasanya saya langsung pergi dari situsnya.
• Situs/blog lelet dibuka. Ini Tool mengukur kecepatan situs https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

Gile nih blog satu halam penuh isinya iklan judi, postingan seiprit ada dibawahnya. Boleh pasang iklan begini utk blog self hosted
Gile nih blog satu halam penuh isinya iklan judi, postingan seiprit ada dibawahnya. Boleh pasang iklan begini utk blog self hosted

 

Cara menurunkan bounce rate adalah dengan memperbaiki penyebab bounce rate menjadi tinggi (penjelasan diatas).

Mengecek Bounce Rate bisa lihat Google Analytics kalau blogmu sudah dipasang Google Analytics tentunya. Sayangnya saya masih bingung dengan data yang ditampilkan Google Analytics, tidak mengerti cara menganalisanya 😀 .

Biasanya saya cek bounce rate blog saya dengan membuka banner alexa yang memang saya pasang di sisi bawah kanan blog saya. http://www.alexa.com/siteinfo/http://pursuingmydreams.com

Saya buat postingan ini supaya sayapun secara berkala membuat blog saya menjadi lebih baik lagi, memperhatikan bagian mana yang mulai turun mana yang sudah tercapai. Nah untuk Bounce rate ternyata saya masih di kisaran ya gitu deh, mau bilang jelek ko ya hmm hmm 😆 mau bilang bagus ko ya jauh dari angka bagus haha. Bounce rate blog saya per awal oktober 2015 ada diangka 55%. Bulan oktober saya rajin lagi cek link yang rusak (Baca: Gunanya mengecek link patah). Ratenya makin baik saat saya secara berkala mengecek link yang rusak, dan saat saya menurunkan postingan ini Bounce rate blog saya di angka 50% .

loading...

 

Sumber :
dari berbagai sumber salah satu yang ingat dari www.dipietro.biz/bounce-rate

loading...

 

Baca Juga :
7 Cara Membuat Blog Cepat Terkenal.
Blogwalking Salah Satu Cara Bikin Blog Terkenal.
Cara Terbaik Membalas Komentar Blog
Job Online Apakah Harus Selalu Diterima?
Cara Mengatasi Komentar Blog Tidak muncul
Ngeblog dapat Duit Dengan WordAds
5 Tips Etika Berkomentar di Blog
Tips Mendapatkan Lebih Banyak Trafik Blog
Bahagia Ngeblog itu, Saat ..

About these ads
loading...