Ampuhnya Stiker Kuning Perangkap Serangga Mengatasi Hama Kebun

Ampuhnya Stiker Kuning Perangkap Serangga. Trap atau perangkap kuning ini bisa digunakan untuk mengendalikan hama (serangga) bersayap, misalnya lalat penggorok daun atau lalat buah.

Ampuhnya Stiker Kuning Perangkap Serangga Mengatasi Hama Kebun

Berdasarkan pengalaman saya stiker ini ampuh untuk memerangi hama (serangga) terbang pada bunga (tanaman). Stikernya dapat ditaruh diluar, dalam rumah bahkan juga dalam rumah kaca. Stiker tinggal digantung, ditancapkan ke tanah atau diselipkan di pot tanaman.

Ampuhnya Stiker Kuning Perangkap Serangga. Stiker ini berguna untuk menarik perhatian hama serangga, kalau nempel tidak bisa terbang lagi.

Perangkap kuning, yellow trap pada pot anakan bunga lili

 

Cara kerja Stiker Kuning Perangkap Serangga: hama bersayap ini tertarik dengan warna kuning. Hama akan tertarik mendatangi/hinggap pada stiker tersebut, akan lengket dan mati dalam beberapa hari karena tidak bisa bergerak/lepas.

Tulisan Terkini

Stikernya tidak mengandung bahan kimia. Kertas/karton kuning hanya diberi perekat berupa lem (bening), lem tidak akan kering walaupun dalam jangka waktu lama.

Mengapa warna kuning menarik perhatian hama bersayap?. Hama serangga ini dapat melihat dalam spektrum ultraviolet (UV). Warna terang akan memantulkan lebih cahaya UV.

Stiker kuningnya sudah penuh hama serangga yg menempel, harus ganti yang baru

Tanaman tomat Cherry. Stiker kuningnya sudah penuh hama serangga yg menempel, harus ganti yang baru

 

Hama (serangga) yang akan tertarik ke stiker kuning antara lain:

• Whitefly – kutu putih (bahasa Jerman disebut Weißen Fliege).

Serangga ini bersayap kecil menempel dibawah daun, hama tersebut menghisap getah sel dari tanaman. Larvanya berwarna hijau kekuningan. Dikebun saya serangga ini sembunyi dibawah daun tomat cherry.

• Lalat buah drosophilidae (bahasa Jerman disebut die Taufliegen).
Saya kesal dengan serangga ini, kalau musim panas, taruh buah-buahan diatas meja, buah yang mulai matang akan menarik perhatian lalat ini. Tong sampah untuk sampah organik juga banyak didatangi lalat ini kalau sampahnya mulai banyak.

• Lalat jenis Sciaridae (bahasa Jerman disebut die Trauermücken) .
• Kutu daun (Aphids) (dalam bahasa Jerman disebut die Blattläuse)
• Kutu trip (Thrips)
• Lalat dan hama terbang lainnya, yang ukurannya kecil.

Ampuhnya Stiker kuning melawan hama bersayap. Pada gambar saya taruh di jendela dalam rumah

Ampuhnya Stiker kuning melawan hama bersayap. Pada gambar saya taruh di jendela dalam rumah

 

Biasanya hama (serangga terbang) ini mulai banyak datang saat pergantian musim, dari musim dingin ke musim semi, atau saat musim panas lalat mulai banyak keluar.

Apakah predator (pemangsa/serangga baik) akan menempel juga pada stiker kuning?. Seperti lebah dan kupu-kupu apa akan tertarik pada warna kuning?. Jawabannya tidak! 🙂 .

Beberapa tahun berkebun saya belum pernah menemukan serangga baik menempel pada stiker kuning, karena serangga baik seperti lebah dan kupu-kupu punya spektrum warna lain, alias tidak tertarik warna kuning.

Lebah tidak akan menempel di perangkap kuning karena lebah sukanya warna gelap

Lebah tidak akan menempel di perangkap kuning karena lebah sukanya warna gelap

Baca juga: 5 Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan Bagus Atasi Polusi

Video Stiker Kuning Perangkap Hama Lalat Buah (Ampuh Pengalamanku)

Jika kamu tidak menemukan stiker kuning di toko pertanian terdekat, kamu bisa membuat sendiri perangkap kuningnya.

Cara membuat sendiri stiker kuning perangkap serangga:
• Gunakan kertas atau karton tahan air, paling penting gunakan karton warna kuning (hama bersayap tertarik warna kuning).
• Karton diberi perekat misal dengan minyak goreng, lem tikus atau oli.
• Bisa juga gunakan bambu atau botol plastik sebagai alatnya, lalu di cat kuning terang. Lumuri bambu atau botol kuning tersebut dengan perekat (apa saja yang kental seperti yang saya sebut sebelumnya, bisa minyak goreng, lem tikus atau oli).
• Pasang perangkap didekat tanaman.
• Kalau minyak sudah kering, bersihkan kertas dan lumuri minyak lagi. Kalau kertas udah penuh dengan hama yang menempel gunakan kertas yang baru.

Stiker kuning perangkap serangga. Yellow trap

Menang kuis majalah berkebun, dapat stiker kuning, gunanya buat nangkap hama serangga terbang. Foto 17.12.2014

Demikianlah pengalaman saya mengenai Ampuhnya Stiker Kuning Perangkap Serangga Mengatasi Hama Kebun. Kalau kamu baru pertama kali berkunjung ke blog saya dan suka tulisan ini silakan subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

 

Sumber :
• Gelbtafel – Test
• Trauermücken (Sciaridae)

error: Content is protected !!