Tips Bunga Amaryllis Berbunga Kembali

loading...

Tips Bunga Amaryllis Berbunga Kembali. Halo sahabat berkebun, kalau sebelumnya saya sudah menceritakan pengalaman saya merawat bunga amaryllis (Baca : Tips Perawatan Bunga Amaryllis ), saat ini saya lanjutkan tema amaryllis dengan bahasan, bagaimana supaya bunga Amaryllis berbunga kembali dari tahun ke tahun.

Sweet Nymph Amaryllis. Amarylis dobel flower yang cantik. Mekar Januari 2015, akhir september di dormat dulu 6 minggu
Sweet Nymph Amaryllis. Amarylis dobel flower yang cantik. Mekar Januari 2015, akhir september di dormat dulu 6 minggu

 

Cara bunga amaryllis berbunga kembali
Amaryllis bisa dibuat berbunga setiap tahun, hal ini membutuhkan trik dan perawatan yang tepat.
Rahasia amaryllis bisa berbunga setiap tahun adalah setelah selesai masa berbunga biarkan tanamannya bertumbuh dengan baik. Daun yang tumbuh dengan baik (hijau) memberikan nutrisi yang baik ke umbi amaryllis. Bunga yang sudah layu dibuang, begitu juga dengan batangnya dibuang. Pelihara hanya daunnya saja.

 

Pojok Tanaman dalam rumah. Foto 10 sept 2015 seminggu kemudian daun amaryllisnya jatuh lemas, artinya umbi butuh didorman
Pojok Tanaman dalam rumah. Foto 10 sept 2015 seminggu kemudian daun amaryllisnya jatuh lemas, artinya umbi butuh didorman

 

Tips supaya Amaryllis berbunga kembali :
• Setelah bunga selesai mekar, sudah layu dan kering, buang bunganya dan potong batang bunganya hingga dekat umbi (5 cm dekat umbi).
Daun biarkan saja, jangan dipotong selama 5-6 bulan.
• Tetap siram dan pupuk tanamannya secara teratur.
• Saat daun berubah warna menjadi kuning atau coklat atau saat daunnya sudah jatuh lemas, artinya umbinya sudah membutuhkan istirahat, istilahnya dorman.

loading...
Daun amaryllis setelah 6 bulan jatuh lemas, tandanya umbinya mau istirahat. Daun dipotong buat dijadikan kompos
Daun amaryllis setelah 6 bulan jatuh lemas, tandanya umbinya mau istirahat. Daun dipotong buat dijadikan kompos

 

Cara dorman umbi amaryllis :
• Keluarkan umbi dari pot
• Potong semua daunnya (sisakan 1-2 cm dekat umbi).
• Potong akarnya, sisakan sedikit saja (saat dorman ini akar akan kering sendiri).
• Bungkus umbinya dengan koran dan simpan dalam kulkas selama 6-8 minggu. Perhatikan supaya dekat penyimpanan umbi amaryllis tidak ada buah apel. Karena gas etilen yang dihasilkan buah apel akan membuat umbi amaryllis menjadi steril (mandul) sehingga tidak menghasilkan bunga.
• Setelah lewat 6-8 minggu keluarkan dari kulkas.
• Basahi bagian akar dengan air, atau rendam beberapa jam, cukup bagian akar yang terendam (hal ini untuk merangsang pertumbuhan akar baru).
• Tanam di pot yang sesuai. Amaryllis tidak suka pot yang terlalu besar. Cukup 2,5 cm lebih besar dari ukurna umbinya.
• Siram teratur 1-2 minggu sekali. Kalau kamu tinggal di lokasi yang kelembapan tinggi sekali, cara mengecek media tanam, raba dengan jari, kalau kering baru disiram lagi.

Dorman amaryllis dalam pot, bisa juga, caranya :
• Potong semua daunnya.
• Letakkan pot ditempat sejuk dan gelap. Suhu sekitar 5-10 derajat C, misal simpan di garasi atau ruang bawah tanah. Di Jerman banyak sekali rumah punya ruang bawah tanah (keller). Tidak punya tempat gelap?, tutupi koran saja 🙂 .
• Biarkan selama 6-8 minggu
• Jangan dipupuk, jangan disiram karena umbinya lagi istirahat.
• Setelah lewat 6-8 minggu, cek potnya, kalau sudah ada pertumbuhan, pindahan ke tempat terang.
• Berikan media tanam yang baru.
• Siram teratur 1-2 minggu sekali.
• Pupuk diberikan setelah tanamannya mulai tumbuh besar.

Mengapa batang amaryllis sebaiknya dipotong?
Setelah masa berbunga selesai, kalau batang dibiarkan pada tahun berikutnya akan menghasilkan benih (amaryllis pods). Pantas saja amaryllis ibu mertua saya menghasilkan benih/biji karena batangnya dibiarkan sampai kering sendiri,. Pada tahun 3 tahun baru keluar benihnya. Benihnya muncul pada bongkol bunga yang rontok, lalu dibiarkan sampai kering (hitam) dan pecah.

Dari beberapa web berkebun yang saya baca, sebenarnya batang amaryllis tidak berguna lagi setelah bunganya rontok. Kalau batang dibiarkan akan memerlukan nutrisi yang banyak untuk kelangsungan hidup batang tersebut.

Tidak ada gunanya menumbuhkan benih/biji amaryllis karena bunga pertama akan muncul setelah 6 tahun pemeliharaan. Namun kalau kamu mau bereksperimen termasuk sabar menanti bijinya sampai berbunga ya silakan dilakukan.

Pot saya gunakan yang terbuat dari tanah lihat, karena pernah gunakan pot plastik, tanamannya rubuh tidak kuat menahan tanamannya yang besar. Sepertinya pot keramik bisa membuat amaryllis tambah cantik ya 🙂 . Sebaiknya berikan juga penyangga saat batang amaryllis semakin tinggi.

Ada beberapa sahabat berkebun yang heran melihat amaryllis Nymph saya berbunga duluan, baru keluar daunnya. Hal ini wajar ko, kalau kita beli umbinya dari toko biasanya dari toko sudah di dorman, jadi saat tanaman ditanam pertama akan berbunga duluan.

 

Sumber :
http://web.extension.illinois.edu/cook/downloads/9226.pdf
http://www.usna.usda.gov/Gardens/faqs/AmaryllisBloom.html
http://id.wikihow.com/Memelihara-Bunga-Amarilis
http://www.gardeningknowhow.com/ornamental/bulbs/amaryllis/amaryllis-bloom-again.htm

loading...

 

Baca juga:
Cara Menanam Sayuran dari Bibitnya
Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman
Tips Mengatasi Jamur Pada Tanaman Bunga Mawar
Cantiknya Purple Prince Tulip
Mengunjungi Garden Center di Belanda
Beberapa Lokasi Membeli Bunga di Jerman
Artikel Berkebun lainnya

About these ads
loading...