Curhat Berkebun 2015 – Semangat Musim Gugur

Biji bibit Bunga Agapanthus nya sudah terlihat. Agapanthus seeds
loading...

Pembaca setia, semoga kalian tidak bosan ya kalau saya belakangan ini kebanyakan posting mengenai tema berkebun, karena lagi semangat dan bahagia pengennya nulis tanaman melulu hehe. Tema berkebun jauh dari haters jadi sementara cari yang membuat hati bahagia sajalah :mrgreen: . Saya janji awal tahun depan postingan yang bisa ramai dikomentari terutama yang join blog saya karena tema Jerman bakalan saya suguhi kembali tema Jerman dan saya akan buka kolom komentarnya lagi πŸ™‚ .

Terima kasih bagi kalian yang sudah join blog saya, kaget beberapa hari belakangan ini sehari bisa dapat 3-4 yang follow, baik follow sesama wp atau yang berlangganan melalui email. Paling bahagia kalau dapat yang follow lewat email berarti blog saya dianggap istimewa dan tidak mau ketinggalan postingan terbaru nya πŸ™‚ .

Kembali ke topik curhat berkebun.

Saya bingung mau kasih judulnya karena yang mau diceritakan macam-macam.

1. Bunga Agapanthus

Agapanthus dikenal juga dengan nama African lily, dalam bahasa Jerman disebut Schmucklilie berasal dari keluarga Amaryllidaceae. Tanaman ini satu keluarga dengan bunga Amaryllis.

Rimpang  Agapanthus  sejak beli sampai beberapa bulan bentuknya begini saja tidak ada perubahan drastis
Rimpang Agapanthus sejak beli sampai beberapa bulan bentuknya begini saja tidak ada perubahan drastis

 

Selama 2 tahun saya nanam dari Agapanthus dari rimpang (Rhizom) hasilnya mengecewakan, mati sebelum berkembang. Saya tidak patah semangat beli lagi bentuk rimpang, gambarnya seperti diatas.

Bulan lalu akhirnya saya punya Agapanthus yang sebenarnya. Saya beli tanamannya sudah berakhir masa berbunganya, yang saya senang dan jadi beli karena saya lihat bakal biji/bibit menempel pada bekas bunganya. Benar saja setelah beberapa minggu bongkol bunganya mengering dan pecah, keluarlah bijinya yang nantinya bisa ditanama untuk menghasilkan Agapanthus juga.

 

Setelah baca-baca beberapa web berkebun, kalau nanam dari biji (seed) membutuhkan waktu 2-4 tahun Agapanthus nya untuk berbunga pertama kali, tentunya dengan perawatan yang tepat, karena saya baca-baca juga dari bentuk rimpangpun banyak Agapanthus yang tidak berbunga.

Bunga Agapanthus  sudah selesai berbunga menghasilkan biji yang bisa ditanam lagi
Bunga Agapanthus sudah selesai berbunga menghasilkan biji yang bisa ditanam lagi

 

Biji Agapanthus belum semuanya pecah jadi saya bungkus plastik supaya bijinya aman tidak jatuh atau diterbangkan angin. Pada ujung atas plastik saya beri lubang supaya bisa masuk udara dan plastiknya bagian dalam tidak berembun.

Perhatian: Biji (seed) Agapanthus saya tidak untuk diminta-minta!. Pusing deh makin terkenal blog saya jadi makin banyak yang minta macam-macam hahaha πŸ˜† . Saya masih menghargai loh kalau ada yang nanya “..dijual tidak bibitnya atau biji tanamannya. Kalau tidak dijual bolehkah dibayar sekian rupiah atau saya ganti ongkos ke tokonya“. Kalau saya minta-minta atau dikasih gratis sama orang toko bakalan saya kasih gratis ke yang minta ko πŸ˜› .

 

2. Bunga Dahlia

Sebelumnya beberapa kali saya mengeluh kalau semua dahlia saya belum ada yang berbunga, padahal sudah lewat musim panas. Semua dahlia saya kena hama, jadi saya babat habis daunnya (Baca: Memangkas Bunga Dahlia). Nah akhirnya ada satu jenis yang sudah muncul bakal bunga.

Bagi yang mau bunga dahlianya berbunga banyak, sebaiknya buang bakal bunga pertama (ratu bunga). Maka akan muncul lebih banyak bakal bunga baru. Bunga mau banyak tapi kecil, atau sedikit tapi besar?. Kalau mau bunganya lebih besar, pelihara hanya beberapa bakal bunga saja, lainnya dibuang.

Kalau mau bunga dahlia bebrunga banyak sering dipangkas. Potong 1 bakal bunga eh datang yang baru 2
Kalau mau bunga dahlia bebrunga banyak sering dipangkas. Potong 1 bakal bunga eh datang yang baru 2

 

Dahlia yang sudah ada bakal bunganya ini namanya dahlia otto’s thrill. Katanya ini bunganya besar sekali, kalau lihat batangnya iya bakalan besar bunganya. Semoga sempat mekar sempurna sebelum datang winter.

Berikut postingan mengenai bunga dahlia:
β€’ Tips Penanaman dan Perawatan Bunga Dahlia
β€’ Bunga Dahlia Jenis Kaktus Park Princess
β€’ Memangkas Bunga Dahlia

 

3. Bunga Mawar

Tahun lalu dan tahun ini saya hancur hati karena banyak tanaman bunga mawar yang mati. Bahkan yang saya beli mahal ikutan menunjukkan tanda-tanda menuju kematian, batang besar yang hijau tinggal satu. Mawar yang saya beli dari Belandapun sudah sekarat πŸ™ .

Bulan ini saya coba-coba stek bunga mawar, saya lakukan musim gugur begini karena cuacanya sudah mendukung, tidak panas lagi, tidak pernah lagi matahari panasnya sampai lewat 25 derajat C.

Belajar Stek bunga mawar, sejauh ini berhasil mata tunas makin gemuk, batang tetap hijau
Belajar Stek bunga mawar, sejauh ini berhasil mata tunas makin gemuk, batang tetap hijau

 

Kalau cara stek mawar berhasil akan saya update lagi perkembangannya ya. Sejauh ini keliatannya berhasil, sudah beberapa minggu batang mawarnya masih tetap hijau. Mata tunasnya makin gemuk. Pot (kecil) mawarnya saya taruh tempat teduh tidak kena matahari langsung, pot saya tutupi plastik, cara memberikan airnya, saya rendam potnya dalam ember berisi air sekitar 10-15 menit.

Hati saya lagi galau, ada email dari mawar david Austin UK, dapat diskon 20% sampai awal November. Pengen beli tanaman jadinya saja karena kalau dari root kuatir tidak tumbuh seperti yang diharapkan.

Diskon 20% mawar david austin dari UK, galau pengenn beli tapi harganya itu loh
Diskon 20% mawar david austin dari UK, galau pengenn beli tapi harganya itu loh

 

Ciri khas mawar DA adalah kelopak bunganya berlapis-lapis. Saya beli DA yang lokal separuh harga dari UK sana, beli bentuk root ternyata tumbuhnya tidak istimewa, semoga tidak mati tahun ini πŸ˜€ .

Buat yang bertanya ke FB saya mengenai koleksi bunga mawar saya, doain saja saya punya waktu buat bikin postingan lanjutannya. Saya bisa nulis-nulis begini saat Benjamin menginap di rumah omanya saat weekend.

loading...

Berikut postingan mengenai bunga mawar:
β€’ Taman Mawar di Lottum, Belanda
β€’ Bunga Mawar Koleksiku
β€’ Beberapa Cara Membasmi Kutu Daun
β€’ Tips Mengatasi Jamur Pada Tanaman Bunga Mawar

 

4. Stroberi

2 jenis tanaman stroberi yang saya tanam muncul 2-3 anakannya, saya pisahkan malah tragis mati semua anakan dan tanaman intinya huhu πŸ˜₯ . Mungkin sebaiknya direndam air dulu beberapa jam sampai media tanam lunak, jadi mudah memisahkannya. Tidak patah arang saya beli lagi, tahun depan saja dipisahkan anakannya.

Beli lagi stroberi korona, yang sebelumnya pas dipisahkan anakannya malah mati bersama tanaman intinya
Beli lagi stroberi korona, yang sebelumnya pas dipisahkan anakannya malah mati bersama tanaman intinya

Perhatian lagi: Stroberi saya bukan untuk diminta-minta!. Susah kirim tanaman ke tanah air bakalan mati dijalan, saya kasih tahu beli bibitnya saja ya, tanam sendiri. Stroberi yang saya tanam dari bibit 6 bulan sudah berbunga dan siap berbuah. Saya kasih tahu harga dia malah komplain “kak ko mahal amat bijinya!”.

Gila yaa, lihat sendiri web nya dah, saya cuma minta lebihin 1 euro dari harga di webnya supaya bisa nutup ongkir kalau ada rencana beli lagi, beli sendiri sana ongkirnya 5 euro“. Beneran saya ngomel begitu!. Kalau stroberi yang murah ya cari aja yang lokal, pengen barang luar harga lokal cape deh πŸ˜› .

Ya udah deh kak minta anakan stroberinya aja, masukin ke paketku“. Padahal saya sudah bilang anakan stroberi dan tanaman inti mati semua saat dipindah πŸ™ . Coba kamu diposisi saya pengen jedotin kepala ke tembok ga sih kalau punya teman berkebun model begini?.

Berikut postingan mengenai stroberi:
β€’ Beli Stroberi Petik Langsung dari Ladangnya
β€’ Pengalaman Menanam Stroberi dari Bibitnya
β€’ Tergila-gila Menanam Stroberi

loading...

 

Salam Hijau selalu :mrgreen:

 

Tulisan Terkini

About these ads
loading...