Tips Perawatan Bunga Amaryllis

loading...

Tips Perawatan Bunga Amaryllis. Hai sahabat berkebun. Pada kesempatan ini saya ingin share mengenai bunga Amaryllis. Di Jerman, bunga amaryllis adalah salah satu bunga yang setia hadir saat Desember atau Januari. Saat perayaan Natal bunga amaryllis biasanya mekar, kalau telat ya paling tidak bulan Januari bunga cantik tersebut akan mekar. Umbi amaryllis ditanam mulai bulan September, jadi saat desember akan mekar bunganya menyemarakan perayaan Natal.

Di Jerman bunga amaryllis adalah tanaman hias dalam rumah (houseplant), seringnya ditaruh di depan jendela supaya kena cahaya dari luar. Di Jerman jendela ada tatakannya, namanya die Fensterbank (Window sill), pada Fensterbank tersebut biasanya kita taruh tanaman atau berbagai macam hiasan rumah. Sebagai pecinta jalan kaki biasanya saya suka melihat jendela rumah orang dari jalanan, ya karena ada aja hiasannya itu asyik buat dilihat. Saya pernah beberapa kali jalan-jalan ke Belanda, di Belanda malah kebanyakan rumah tidak ada hordengnya, tidak hanya hiasan jendela yang terlihat dari jalanan, namun bagian dalam rumah bisa juga dipandangi dari luar 😀 .

Sweet Nymph Amaryllis. Amarylis dobel flower yang cantik. Mekar Januari 2015, akhir september di dormat dulu 6 minggu
Sweet Nymph Amaryllis. Amarylis dobel flower yang cantik. Mekar Januari 2015, akhir september di dormat dulu 6 minggu

 

Bunga Amaryllis dengan sedikit trik dan perawatan, umbinya bisa dibuat berbunga setiap tahunnya.

Saya sudah punya bunga amaryllis dari tahun 2012, lalu amaryllis ibu mertua saya menghasilkan biji, lalu saya punya amaryllis yang bunganya berlapis. Saya punya beberapa pengalaman mengenai bunga tersebut, namun belum pernah satu kalipun membahas detail mengenai bunga amaryllis di blog saya ini. Bahkan saya punya banyak sekali foto-foto dan video bunga cantik tersebut saya dari tahun 2012 sayangnya jadi penghias folder komputer saya hihi 😆 .

Amarylis (Hippeastrum) adalah bunga tropis yang berasal dari Afrika Selatan. Tanaman ini mempunyai genus dalam keluarga Amaryllidaceae (Suku bakung-bakungan).

Reproduksi tanaman ini umumnya secara allogamy (penyerbukan silang) dan Hippeastrum dapat diperbanyak dari biji atau dari umbi, untuk usaha komersial menggunakan teknik in vitro, atau memisahkan umbi menjadi beberapa bagian.

Tips perawatan bunga amaryllis :

• Ukuran pot sebaiknya jangan yang terlalu besar. Amaryllis suka pot yang agak sempit, ukurannya sekitar 2,5 cm lebih besar dari ukuran umbinya cocok buat amaryllis.
• Pot harus memiliki drainase yang baik, begitu pula dengan media tanamnya harus yang poros jadi ketika disiram air tidak akan tergenang (air tergenang akan membuat umbi busuk).
• Media tanam bagus dikombinasi dengan kompos.

• Potong sedikit akarnya sebelum penanaman.
• Rendam umbi dalam air selama beberapa jam untuk merangsang tumbuhnya akar. Cukup rendam bagian bawah saja, jadi tidak seluruh umbi terndam air.
• Umbi tidak ditanam terlalu dalam, cukup 2/3 nya saja..

• Ketika belum tumbuh boleh ditaruh ditempat terkena matahari langsung.
• Beri pupuk setiap 2-3 minggu sekali. Pupuk diberikan setelah umbinya mulai tumbuh.
Amaryllis akan berbunga dalam waktu 7-10 minggu setelah penanaman.

Penyiraman yang berlebihan pada pada awal penanaman akan menyebabkan kerusakan umbi, jadi perhatikan pemberian airnya.
• Siram teratur 1-2 minggu sekali. Kalau umbi belum tumbuh pegang media tanam, kalau kering baru disiram lagi.
• Putar pot secara berkala supaya tanaman tidak miring karena si tanaman mencari matahari, makanya kalau tidak diputar akan tumbuhnya miring

• Setelah masa berbunganya selesai, rawat amaryllis dengan baik. Siram dan pupuk teratur, daun jangan dipotong sampai 5-6 bulan setelah berbunga.
• Berikan penyangga tanaman, karena biasanya batang amaryllis cukup besar dan tinggi, yang kalau potnya tidak kuat menahan maka tanamannya akan rubuh.
Daun amaryllis yang hijau dan tumbuh baik ditambah sinar matahari yang cukup akan memberikan nutrisi yang baik ke umbi. Hal ini berguna untuk pembentukan bunga berikutnya.
• Di negara 4 musim, saat musim panas tanaman ini bisa ditaruh diluar rumah.

Metode penyiraman Amaryllis yang saya lakukan:
Rendam potnya (tentu saja ada tanaman dalam potnya 😀 ) dalam ember berisi air sudah saya campur pupuk cair. Rendam 10-15 menit. Dengan cara merendam begini, air akan menyerap langsung ke akar tanaman, dan umbinya tetap kering. Kalau selalu menyiram dari atas, umbi akan basah, lama kelamaan bisa busuk. Kalaupun terpaksa menyiram dari atas, usahakan menyiram dari bagian tepi pot.

Kalau kamu tipe orang pelupa sebaiknya pasang timer saat merendam pot amaryllis, soalnya saya pernah teledor dan akibatnya buruk. Saya rendam pot amaryllis dan saya tinggal pergi 2 jam. Seminggu kemudian daun amaryllis jadi kuning, saya bongkar umbinya sudah busuk. Anakan bertahan namun beberapa waktu kemudian ikutan mati. Untungnya jenis amaryllis biasa, coba kalau yang unik-unik nangis bombaya deh saya haha 😀 .

Mengapa amaryllis tidak berbunga?

Jika amaryllis kamu hanya tumbuh daunnya saja dan tidak berbunga, tetap rawat dengan baik. Daun yang hijau dan sinar matahari yang cukup akan memberikan nutrisi yang baik ke umbi. Beberapa umbi amaryllis memang tidak memiliki cukup nutrisi untuk menghasilkan bunga, maka dari itu pelihara dengan baik dan lakukan dorman yakni umbinya diberikan waktu istirahat beberapa bulan.

Pada postingan berikutnya akan saya berikan Tips bagaimana supaya bunga Amaryllis berbunga kembali dari tahun ke tahun.

 
Bagi yang suka tanaman, suka berkebun untuk update harian berkebunku silakan “Like” my Facebook Page: https://www.facebook.com/pursuingmydreams22 atau lihat bagian kanan blog saya ini ada banner page nya :mrgreen: .
 

loading...

Sumber :
http://www.extension.umn.edu/garden/yard-garden/flowers/growing-and-caring-for-amaryllis/
http://www.gardeningknowhow.com/ornamental/bulbs/amaryllis/amaryllis-care-instructions-how-to-care-for-an-amaryllis.htm
https://www.earlmay.com/media/cms/905190_Amaryllis_2010_4E00EF4A77353.pdf
http://www.rochestergardening.com/bulbs/amrylcar.html

loading...

 

Baca juga :
Beberapa Lokasi Membeli Bunga di Jerman
My Balcony Garden – Berkebun di balkon
Kilas Balik Gagal Totalnya Proyek Berkebun
Tanamanku Subur Menggila karena ..
Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman
Artikel Berkebun lainnya

About these ads
loading...