Aci Goreng Buatan Sendiri, ga kalah sama buatan abang jualan

cireng aci goreng buatan sendiri, mantap rasanya
loading...

Bermula dari membaca postingan Melly yang juga tinggal di Jerman mengenai membuat cireng empuk gurih, saya jadi kepengen membuat sendiri cemilan tersebut. Sudah 5 tahunlah terakhir kali beli cireng di abang gorengan, ditenpat saya sini mana ada abang gorengan lewat, paling lap iler kalau ada teman posting resp masakan buatan mereka. Saat tidak kuat menahan godaan terpaksa membuat sendiri πŸ˜† .

lagi kangen dikomentarin, postingan ini dibuka untuk 5 komentar pertama ya πŸ˜‰

Saya paling malas kalau mau coba resep ada satu bahan yang saya tidak tahu namanya dalam bahasa Jerman, atau tidak tahu carinya dimana dan paling males kalau ternyata harga bahannya mahal.

Saat jalan-jalan ke Belanda akhir April lalu, saya sempat diantar ke toko asia. Paling banyak beli sambal botolan dan kerupuk, nah saya beli beberapa jenis tepung, termasuk tapioka juga. Kalap belanja saat di toko asia beli ini itu, rencana mau praktek resep ini itu, biasanya bahan-bahan yang saya beli menumpuk didapur, dan kalau kadaluarsa masuk tong sampah haha.

Balik ke tema cireng. Di resepnya Melly, tepungnya menggunakan menggunakan Tepung Kentang atau Tepung Sagu, saya buka lemari dapur saya yang ada tepung tapioka. Tanya Melly cari Tepung Kentang dimana ya, dijawab sama Melly, masah iya saya tanya dia lagi sama tidak ya Tepung Sagu dan Tapioka?. Basa-basi banget belum tentu saya buat cirengnya πŸ˜† .

Saya jadi cari di google masukkin kata kunci cemilan dari tepung tapioka. Eh yang diharapkan muncul ada resep aci goreng. Nah nih saya bertanya-tanya lagi aci sama tidak ya dengan cireng haha. Masakannya gampang sekali tapi saya ko banyak bingung ini itunya.

Singkat cerita saya ketemu resep dari cookpad karena ada dibagian atas google, jadi paling top kali ya hehe. Resepnya klik disini.

Bahan-bahan membuat cireng aci goreng
150 gr tepung tapioka/kanji
2 Sdm tepung terigu
200 ml air/200ml santan
2 siung bawang putih halus (saya pakai 4 siung biar mantap harumnya πŸ˜€ )
1/4 sdt merica bubuk
1 batang daun bawang, potong-potong
garam secukupnya
1 Sdm tepung beras
saus sambal untuk cocolan
minyak tuk menggoreng

cireng aci goreng buatan sendiri, mantap rasanya
cireng aci goreng buatan sendiri, mantap rasanya

 

loading...

Daun bawang saya ambil dari kebun, kebetulan ada, cuma butuh sedikit. Kalau beli disupermarket terlalu banyak sayang akan mubajir kebuang.

Daun bawang bejasa, kalau butuh tinggal petik seperlunya. Sudah keliatan bakal bunganya, siapa tahu dapat biji buat bibitnya
Daun bawang bejasa, kalau butuh tinggal petik seperlunya. Sudah keliatan bakal bunganya, siapa tahu dapat biji buat bibitnya

 

Cara membuat cireng aci :
β€’ Rebus santan hingga mendidih, karena dibilang pakai santan lebih gurih jadi saya pakai santan, kebetulan punya santan kemasan.
β€’ Sambil menunggu santan mendidih, siapkan wadah campurkan tepung tapioka, terigu dan tepung beras.
β€’ Bawang putih, merica dan garam saya haluskan bersama di lumpang, setelah santan siap saya tuang sedikit dan aduk.
β€’ Santan dituang ke campuran tepung sedikit demi sedikit, masukkan bawang putih dkk yang sudah siap.
β€’ Masukkan daun bawang yang sudah dipotong-potong
β€’ Setelah adonan agak dingin, bentuk sesuai selera. Nah saya pakai sendok makan langsung taruh ke minyak panas, jadi tidak saya bentuk. Berikutnya akan saya bentuk tipis ah supaya hasil cireng banyak πŸ˜‰ .
β€’ Saya tidak buat sausnya, males hehe. Saya makan bersama Rocket herb salad hasil petik dari kebun sendiri.

Santap Rocket herb salad bersama Aci goreng
Santap Rocket herb salad bersama Aci goreng

 

Siapa tahu ada yang bingung seperti saya mengenai tepung sagu dan tapioka.
Tapioka, tepung singkong, tepung kanji (dalam bahasa Jawa), atau aci sampeu (dalam bahasa Sunda) adalah tepung yang diperoleh dari umbi akar ketela pohon atau dalam bahasa Indonesia yaitu singkong.

Tapioka memiliki sifat-sifat yang serupa dengan tepung sagu, sehingga penggunaan keduanya dapat dipertukarkan (sumber wiki).

loading...

kamu suka juga makan cireng aci? atau suka jajan gorengan lainnya?πŸ˜€

 

Baca juga:

β€’ Resep Brownies yang Simpel
β€’ Pengen diet? Cobalah Salat Kentang
β€’ Perkedel Kentang Panir
β€’ Membuat Kue Nastar Enak
β€’ Istilah Masakan Jerman – Indonesia
β€’ Resep masakan lainnya

About these ads
loading...

12 thoughts on “Aci Goreng Buatan Sendiri, ga kalah sama buatan abang jualan

  1. wihh mantapp kak Nella bikin sndiri.. Sukakk banget kak ma cireng ini.. Nanti kalo pas balik ke Indonesia, atau ada yg kesana titip Cireng Salju bumbu rujak deh kak.. Enyakkk bangett!! πŸ˜€

    1. Hai Py, dari namanya aja sepertinya enakk banget tuh ya πŸ˜€ . Iya deh nanti aku minta titip klo ada yg datang, skrg sih terpaksa bikin sendiri dulu πŸ˜€ .

  2. Enaknya mbak , daun bawang tinggal metik πŸ™‚ aku batal masak suatu menu gara2 daun bawangku habis, hehehe. Eman rasanya masak klo bahan gak komplit πŸ™‚

    1. Hahaha kalau ga ada daun bawang tadinya mau batal bikin juga sih Tyk πŸ˜€ untunglah lihat kebun masih ada 1 tanamannya.

  3. Duhhh ini enak anget-anget pake cabe rawit πŸ˜€

    1. Iya Dita cuca sudah dingin ditempatku, cocoklah cemilannya nih πŸ˜‰ .

  4. saya suka cireng. nyam… nyam….

    1. nyam nyam juga bang, saya bakaln sering bikin cireng deh πŸ˜€ .

  5. pas banget nih mbak nel dingin-dingin seperti sekarang bikin goreng-gorengan ya.

    tepung sagu saya belum pernah liat disini mbak, mesti nyetok kalo pas mudik. ada beberapa kue yang perlu tepung sagu. tepung sagu katanya sih dari pohon sagu atau pohon aren.

    salam
    /kayka

    1. Hai mbak Kayka, iya mbak cocok cemilannya cuacapun sudah makin dingin, anginnya kadang kencang euy πŸ˜† .
      Saya jadi masukin tepung sagu ke daftar pesanan buat titipan ntar klo mamaku datang thn depan πŸ˜‰ .

  6. Akuuuuu komen pertamaaa hihihi…. baru kemaren buat lagi ditambah sambel petiiiis, aduuuuh uenaaak !!! Andalanku mbaaa, buat ngilangin eneg makan kue, keju dan roti teruuus hihihi

    1. Hahahah komen pertamax dong ya Mel πŸ˜€ . Iya aku lagi bosan makan yang manis2 nih, makanya pas banget praktekin bikin cireng πŸ™‚ .

Comments are closed.