Tergila-gila Menanam Stroberi

Kiri Strawberry Florence.  Strawberry Toni Merambat (Hummi KletterToni) yang tengah. Kanan Strawberry Korona Fragaria vesca Korona)
loading...

Tergila-gila Menanam Stroberi. Siapa yang suka makan stroberi?, yang suka makan apa termasuk suka menanamnya juga?. Bagi saya petik stroberi dari kebun sendiri memberikan rasa kepuasan tersendiri 😎 .

Tahun lalu saya sukses menanam stroberi dari bibit (benihnya). Tanamannya saat umur 6 bulan sudah menghasilkan bakal buah. Nah karena kalau dari bibit stroberi terbatas pilihan jenisnya, maka tahun ini saya beli stroberinya yang sudah berupa tanaman.

Jangan dikira tanaman jadinya yang sudah besar ya, masih kecil sekali, makanya harganya tidak terlalu mahal. Bisa hidup dan berbuah saja sudah hebat tuh, karena ada beberapa stroberi yang saya pelihara itu mati menggenaskan *hiperbola 😛 . Saya pilih tanamannya yang sudah ada bunganya, jadi kemungkinan besar akan segera keluar buahnya. Saat-saat musim panas nah tuh banyak stroberinya yang sudah berbunga, syukur-syukur malah sudah ada buahnya.

Stroberi yang paling sering dibiakkan adalah stroberi kebun (Fragaria ×ananassa). Saat ini saya memiliki 10 jenis stroberi. Buahnya ada yang tunggal (satu batang 1 buah), ada yang 1 batang rimbun buahnya alias lebih dari 2 buah, banyak pokoknya 🙂 .

Stroberi atau tepatnya stroberi kebun (juga dikenal dengan nama arbei, dari bahasa Belanda aardbei) adalah sebuah varietas stroberi yang paling banyak dikenal di dunia. Seperti spesies lain dalam genus Fragaria (stroberi), buah ini berada dalam keluarga Rosaceae.

 

Bagi yang berminat membeli bibit Stroberi silakan klik Jual Bibit Strawberry

10 jenis Stroberi yang ada dikebun balkon saya seperti berikut :

1. Strawberry Fraise

Lama penyemaian (germination ) 12-20 Hari.
Tahun lalu saya beli bibitnya untuk coba-coba nanam stoberi. Bibit ini merupakan bibit proyek berkebun anak kecil (die maus saatgut) . Nah ternyata saya sukses menanamnya. Saya tiga kali memindahkan tanamannya. Umur 6 bulan sudah berbunga dan menghasilkan buah. 1 cabang ada beberapa buahnya. Rasa buah manis, ukurannya kecil.

Pot stroberi sudah saya bungkus supaya tidak mati saat musim dingin
Pot stroberi sudah saya bungkus supaya tidak mati saat musim dingin

 

Saat musim dingin, potnya saya tutup rapat dengan kain tebal. Sebelum ditutup tanamannya saya berikan air agak banyak. Tanaman baru dibuka kembali saat musim semi.

Tanaman stroberiku saat dibuka bungkusnya ketika musim semi. Segar bugar hijau dan lebat. Foto bawah setelah dipangkas
Tanaman stroberiku saat dibuka bungkusnya ketika musim semi. Segar bugar hijau dan lebat. Foto bawah setelah dipangkas

 

Saya bahagia sekali saat membukanya, saya kira tanamannya kering karena sama sekali tidak disiram 3 bulan saat winter, eh ternyata subur dan tetap hijau daunnya.

Menanam Stroberi dari bibitnya
Menanam Stroberi dari bibitnya

 

Sayangnya semua tanamannya kini sudah mati huhuhu 😥 *nangis kejer. Saya tidak ke balkon beberapa hari, karena cuaca sejuk dan tidak perlu disiram. Pas mengecek, eh semua tanaman stroberiku tersebut kena kutu (hijau) banyak sekali. Saya semprotlah dengan anti hama minyak canola (rapsöl). Karena sudah 2 kali penyemprotan tidak hilang kutunya, saya kesal, jadi saya pangkas ekstrim. Potnya kena matahari langsung pas terik sekali, ya sudahlah gosong tanamannya.

Pelajaran lain kali, kalau tanamannya sakit dan dipangkas ekstrim jangan dijemur dipanas terik, karena daun mudanya tidak tahan panas.

 

2. Strawberry Elsanta

Saya beli dua tanamannya. Ditanam ditempat stroberi saya yang sudah mati.

 

3. Strawberry Putih

Saya sih sudah sering melihat dimajalah mengenai stroberi warna putih. Sepertinya asyik juga kalau punya sendiri. Jadilah saya beli satu tanaman saja, saya lihat etiket tanaman, gambar stroberinya putih. Saya yakin saja kalau akan muncul stroberi putih.

Senang sekali karena bakal buahnya banyak sekali. Jenis ini yang satu cabang bunganya bisa lebih dari 5. Tanamannya kena kutu, tidak saya pangkas ekstrim kuatir bernasib seperti stroberi saya yang sudah mati.

Katanya Stroberi putih. Ternyata yang muncul ko malah merah. Kalau putih ya berarti belum matang dong ya haha
Katanya Stroberi putih. Ternyata yang muncul ko malah merah. Kalau putih ya berarti belum matang dong ya haha

 

Tunggu ditunggu akhirnya bunga menjadi buah. Ternyata buahnya dari putih berubah menjadi merah saat matang. Berarti bohongan dong, bukannya stroberi putih hiks. Hal ini saya ceritakan ke bapakanya Benjamin hanya ditertawakan saja hehe.

 

4. Strawberry Sweet Mary XXL

Namanya saja yang xxl dan gambar produk buahnya besar, kenyataan buah stroberinya kecil (tidak sekecil stroberi liar). Buahnya mulus dan manis, tanamannya bebas hama. Saya beli 3 tanamannya saat masih kecil.

Stroberi sweet mary xxl. Ada kacang kapri numbuh di pot stroberinya
Stroberi sweet mary xxl. Ada kacang kapri numbuh di pot stroberinya

 

Strawberry sweet mary xxl. Sesuai dengan namanya, rasa buahnya manis. Ukuran biasa tidak xxl deh
Strawberry sweet mary xxl. Sesuai dengan namanya, rasa buahnya manis. Ukuran biasa tidak xxl deh

 

5. Strawberry Raspberry (Erdbeer-Himbeere). Katanya bentuk stroberinya seperti raspberry. Tanamannya belum berbuah. Saya penasaran, beneran atau bohongan lagi nih haha. Kalau lihat dari wikipedia atau dari google terlihat bentuk buahnya seperti Raspberry.

Tidak saya potret karena belum muncul bakal buahnya, kalau lihat daunnya sama saja seperti stroberi lainnya.

 

6. Strawberry Gantung

Saya beli dua tanaman, ditanam dipost yang sama. Buahnya menurut saya tidak terlalu kecil. Saya sudah beberapa kali mencicipi mnaisnya stroberi gantung ini.

Strawberry gantung Fragaria ×ananassa. Disatu pot ada 2 tanaman
Strawberry gantung Fragaria ×ananassa. Disatu pot ada 2 tanaman

 

7. Strawberry Toni Merambat (Hummi KletterToni)

Beli satu tanaman saja, ada dijual ditoko dekat rumah. Kalau beli di olshop aslinya hummibeeren.de minimal pembelian 3 tanaman dan kena ongkos kirim. Pas banget ada yang berbunga, saya tidak sabar nunggu buahnya.

Strawberry Toni Merambat (Hummi KletterToni). Senang banget banyak bakal buahnya. Kalau sudah lebat daunnya baru akan saya berikan alat buah merambatnya
Strawberry Toni Merambat (Hummi KletterToni). Senang banget banyak bakal buahnya. Kalau sudah lebat daunnya baru akan saya berikan alat buah merambatnya

 

Fyi. Stroberi merek Hummi tersebut ada hak ciptanya, kamu bisa beli di webnya langsung https://www.hummibeeren.de atau kalau beruntung cari di toko terdekat.

8. Strawberry Mieze

loading...

Awalnya saya pesan stroberi Aroma, beli diolshop itu karena ada jenis yang aroma, ya walaupun sebenarnya saya ingin yang dari Hummi, karena tidak ada saya pikir aroma merek lain okelah yang penting jenisnya sama.

Pas email pengiriman saya terimapun masih tertulis stroberi aroma yang akan dikirim, eh pas nyampe rumah ko datangnya yang jenis Mieze (tertulis ganti yang aroma). Kecewa berat, padahal saya awalnya belanja disitu karena pengen stroberi aroma, jadi banyak beli lain-lain juga 🙁 .

1 paket stroberi Mieze isi 6 tanaman. 2 saya tanam dipot sweet mary dan 4 disatukan di pot gantung. Saya taruh pot gantung karena saya lihat bentuknya yang model buat digantung. 2 tanaman mati huhu, tinggal yang dipot gantung. Kalau lihat daunnya yang kecil, sudah ragulah sama jenis ini. Sampai sekarang belum berbuah.

Strawberry Mieze, sudah sebulan sejak beli sampai saat ini belum berbunga, sudah ada yang mati disebelah kiri tuh huhuhu
Strawberry Mieze, sudah sebulan sejak beli sampai saat ini belum berbunga, sudah ada yang mati diseblah kiri tuh huhuhu

 

Saya ingin banget punya Hummi® Aroma warna buahnya tuh merah maron, katanya sih stroberi paling gelap didunia. Jenis ini tidak ada ditoko terdekat, kalau beli di web hummi minimal pembelian 1 paket isi 12 tanaman, ada ongkos kirimnya juga. Memang murah kalau dihitung satuan, tapi 12 tanaman mau taruh dimana, secara stroberi saya sudah banyak. Seandainya ada teman dekat rumah nih saya ajak beli berdua deh hehe.

*saat tulisan ini diposting, Strawberry Mieze nya sudah tinggal kenangan alias mati 🙁 . Disuatu hari yang gila sekali panasnya, saya lupa menurunkan pot gantung tersebut. Keesokan harinya saya tengok, semua daun-daun stroberi Mieze gosong tidak bisa diselamatkan lagi 😥 .

 

Tergila-gila Menanam Strawberry (Bagian 2) klik disini

 

loading...

Bagi yang berminat membeli bibit Stroberi silakan klik Jual Bibit Strawberry

 

Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Fragaria
https://id.wikipedia.org/wiki/Stroberi_kebun
http://strawberryplants.org

 

Baca Juga :
Pengalaman Menanam Stroberi dari Bibitnya
Beli Stroberi Petik Langsung dari Ladangnya
Ladang Bunga di Jerman
Lihat Kebunku Penuh dengan Bunga
Kaktus dan Pemeliharaannya
Cara Menanam Biji Pohon Wisteria
Tanamanku Subur Menggila karena ..
Bunga Lili dan Perawatannya
Postingan berkebun lainnya

About these ads
loading...