Tips Mengatasi Jamur Pada Tanaman Bunga Mawar

loading...

Tips mengatasi Jamur Pada Tanaman Bunga Mawar. Jamur adalah hama yang paling umum kita temukan pada tanaman di kebun kita, kalau kamu tidak ingin menggunakan bahan kimia mematikan sebagai anti hama, bisa coba menggunakan susu murni untuk melawan infeksi jamur pada tanaman kesayangan kamu.

Bunga Mawar Favorit hits masih subur sekali tetap berbunga. Tahun ini berbunga 3 kali senangnya hatiku. Foto Nov 2013
Bunga Mawar Favorit hits masih subur sekali tetap berbunga. Tahun ini berbunga 3 kali senangnya hatiku. Foto Nov 2013

 

Saya mengetahui informasi ini ketika menonton tv, eh ada tayangan mengenai berkebun. Setelah 5 menit menonton ternyata ada bahasan mengenai bunga mawar yang terkena jamur. Sama persis seperti yang terjadi pada beberapa bunga mawar saya. Ada 3 mawar saya yang mati huhu 😥 . Saya sudah beli anti hama kimia katanya ramah lingkungan dan tidak menghalau predator baik seperi lebah. Nah baru sebulan tuh anti hama sudah habis saya semprotkan ke tanaman saya. Harga sebotol isi 1 liter 10 euro (sekitar Rp. 145.000) .

Pengen beli lagi, jadinya mikir, lama-lama ko jadi boros beli anti hama kimia melulu. Jadi selesai menonton tayangan gardening saya langsung ke dapur dan meracik anti jamur buat tanaman bunga mawar saya.

Powdery mildew (dalam Bahasa Jerman disebut Echter Mehltau) bahasa Indonesia saya sebut jamur tepung saja ya. Terjadi terutama pada mawar dan tanaman hias lainnya seperti Begonias, Asters dijumpai juga pada pohon apel, mentimun dan wortel.

Jamur ini dapat dikenali dari warnanya yang putih pada bagian atas daun, juga pada tunas dan bunga. Sedangkan Downy mildew (dalam Bahasa Jerman disebut den Falschen Mehltau) jamur ini dijumpai pada bagian bawah daun membuat daun kalau diraba seperti bertepung, warnanya putih atau kuning pucat.

 

Tanaman-tanaman saya terkena jamur saat cuaca panas sekali, daun-daunnya jadi kering. Kering begitu jadi santapan lezat buat hama hinggap, makanya sekarang saya sering semprot tanaman-tanaman saya dengan air, supaya kelembapan tetap terjaga. Penyemprotan tidak bisa dilakukan pada tanaman yang tidak tahan kena air banyak ya, seperti tanaman tomat, cabe, paprika, ketimun dan petunia tuh kalau kena banyak air malah busuk daunnya.

Tanaman-tanaman yang saya semprot air seperti mawar, dahlia, lili, dan tanaman berdaun tebal lainnya. Kalau sedang berbunga jangan bunganya disemprot, cukup daunnya saja, kalau bunga kena air akan cepat busuk.

Susu cair untuk melawan jamur (mildew/ Mehltau) pada tanaman hias

Silakan coba obat rumahan berikut. Mengunakan susu cair dicampur air untuk melawan jamur pada tanaman bunga mawar. Caranya campurkan 1 bagian susu cair dengan 9 bagian air. 100 ml susu cair campur dengan 900 ml. Buat saya jumlah 900 ml terlalu banyak jadi saya bagi dua, susunya 50 ml dan air 450 ml.

Pengunaan susu cair murni dicampur air untuk anti fungi pada tanaman mawar
Pengunaan susu cair murni dicampur air untuk anti fungi pada tanaman mawar

 

Semprotkan pada tanaman yang terinfeksi. Susu yang dipergunakan adalah susu segar (BUKAN H-milk). Mikro-organisme dari susu melawan jamur pada tanaman, kalau gunakan H-milk mikroorganismenya sudah mati jadi tidak berfungsi melawan jamur.

Kandungan lesitin dalam susu melawan jamur pada tanaman dan natrium fosfat memperkuat sistem kekebalan tubuh tanaman. Lakukan penyemprotan seminggu sekali. Walaupun tanaman belum terkena infeksi bisa juga dilakukan penyemprotan supaya bunga mawar kamu tetap terawat.

Silakan dipraktekkan pada tanaman bunga mawar kesayanganmu :mrgreen: .

 

loading...

Sumber:
• http://www.zuhause.de/mehltau-an-rosen-und-anderen-pflanzen-bekaempfen/id_48035610/index
• http://www.ndr.de/ratgeber/garten/schaedlinge/Gemuese-natuerlich-vor-Schaedlingen-schuetzen,schaedlinge117.html

 

loading...

You may also like:

• Taman Mawar di Lottum, Belanda
• Beberapa Cara Membasmi Kutu Daun
• Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman
• Memangkas Bunga Dahlia
• Beberapa Lokasi Membeli Bunga di Jerman
• Tanaman Beracun, Jauhkan dari Anak-anak
• Jalan-jalan ke Taman Wilhelma Stuttgart
• Mengunjungi Pameran Flora
• Ladang Bunga di Jerman
• My Balcony Garden – Berkebun di balkon

About these ads
loading...