Mengecek Link Patah Bikin Jari Keriting

loading...

Tulisan ini dipersembahakan untuk para teman-teman blogger dan kalian yang baik banget sering kasih komentar di blog saya ini πŸ™‚ .

1. Saat menuliskan komentar kalau tidak punya blog tolong ya jangan tulis macam-macam di kolom website, kosongkan saja. Banyak yang nulis alamat blog fiktif, misalnya nama yang komentar namadiri.com, ada juga yahoo.com, google.com dan banyak web alay lainnya yang ditulis. Bahkan banyak juga yang hanya tulis www saja πŸ™ .

Hasil mengecek link patah, banyak sekali link yang harus dihapus karena tidak aktif atau linknya tidak benar karena hanya bikinan yang komen :D
Hasil mengecek link patah, banyak sekali link yang harus dihapus karena tidak aktif atau linknya tidak benar karena hanya bikinan yang komen πŸ˜€

 

Fyi kalau linknya fiktif alias pas diklik tidak terbuka itu bikin blog yang kamu komentari jadi jelek, iya loh, kan link mati (dead link) memberikan efek jelek buat blog tsb, istilah kerennya menurunkan kualitas SEO blog. Saat berkomentar alamat mesin pencari dituliskan di kolom website sepertinya tidak perlu deh, kalau tidak punya blog lebih baik dikosongkan saja πŸ˜‰ .

Saya cape harus sering cek dead link begitu, waktunya lebih baik digunakan buat berkebun toh :mrgreen: . Makanya tiap ada yang komentar saya cek, apakah ybs nulis web alay atau tidak. Ada juga yang punya blog tapi dia mungkin tidak mau blognya dikunjungi, jadi tuh kolom web/blog ditulis dengan alamat yang salah (fiktif). Saya sih sudah tahu orang-orangnya, makanya tiap dia komentar pasti saya hapus saja nama blog dia. Kamu bisa ko hanya mengisi nama dan email kalian, maka komentar akan muncul. Tenang saja email kalian tidak terpajang secara umum, hanya saya yang bisa lihat. Bisa juga berkomentar dengan menghubungkan id sosial media yang kalian ikuti, misal fesbuk atau twitter.

2. yang punya domain sendiri tidak nebeng misal sama wordpress atau blogspot tuh sering domainnya tidak diperpanjang lagi, jadi domainnya pas diklik tidak bisa dibuka. Itu namanya dead link juga. Pernah saya mengedit alamat blog si pengomentar, dari domain lama ke yang sekarang eksis. Duuhh keriting tangan bo, karena komentar ybs ratusan hahaha.

3. Blog tidak aktif lagi, baik domain yang ada atau blog gratisan. Tangan saya keriting juga harus kosongin semua nama blog ybs dari kolom komentar dia. Nama diri dan komentar ybs tetap terpajang.

4. Sorry saya tidak terima titipan jemuran (istilah sekelompok blogger), kalau komentar silakan komentar saja. Jangan promosi blog/tulisan kamu secara berlebihan. Kan sudah ada kolom untuk menuliskan alamat blog kamu, jadi tidak perlu menuliskan ulang link postingan terbaru kalian pada komentar yang kamu buat. Tahu ga sih kalau model nitip-nitip jemuran begitu adalah spam?, kalau tulisan kamu itu kamu hapus, itu bikin dead link ke blog saya!. Kalau lebih dari dua kali saya terima yang tiitp link dari orang yang sama, biasanya komentar ybs saya tandai spam.

Broken link berasal dari kata broken dan link, broken artinya pecah, mati, dan link artinya tautan, link. Jadi, broken link itu adalah Link yang mati, jika di klik maka akan menemukan halaman yang page not found. Page not found adalah halaman yang salah atau halaman yang tidak ada halamannya.

Kenapa saya kuatir sama link patah (broken link/dead link)?:
β€’ Menurunkan kualitas SEO blog.
β€’ Broken link mempengaruhi pagerank dan pengindeksan blog oleh mesin pencari (Search engine). Banyak link patah bikin pagerank blog jadi turun dong.
β€’ Kalau terlalu banyak dead link di blog saya, blog saya bisa dianggap spam oleh search engine, karena yang dicari pengunjung tidak ada, karena link yang diklik pegunjung ternyata linknya patah.
β€’ Kasihan pegunjung, mereka lihat komentar keren kamu, penasaran sama kamu dan lihat ada nama blog kamu, eh pas diklik blognya fiktif alias tidak ada not found.

Saya senang kalau tulisan saya dikomentari, maunya ya dikomentari secara positif dong ya πŸ˜€ . Belakangan ini banyak postingan saya buka kolom komentarnya. Dulu sempat terpikir akan saya tutup, alias semua postingan tidak bisa dikomentari lagi. Saat komentar tulisan di tutup jadi bisa fokus hanya nulis saja, termasuk bisa punya lebih banyak waktu untuk blogwalking.

Saya baca sana sini blog seo, timbang baik buruknya untuk tetap buka komentar atau tidak, bahkan blogdolar.com yang selalu saya baca, sekarang sudah ditutup kolom komentarnya. Kalau tulisan saya tutup komentarnya banyak blogger akan menjerit tidak bisa eksis di blog saya haha. Dulu ada yang komplain begitu hehe. Habis kadang saya kesal kalau ada yang komentar tapi minta dikunjungi balik πŸ˜› .

Panjang sekali palagraf penutupnya! πŸ˜† .

Saya biasanya cek link patah secara berkala menggunakan www.brokenlinkcheck.com katanya bisa juga mengecek melalui google analitik, cuma saya tidak ngerti caranya.

Seberapa sering kalian mengecek link patah di blog?.

loading...

 

Sumber:
β€’ http://haqiqiw.blogspot.de/2013/08/pengertian-broken-link-apa-penyebab-dan.html
β€’ http://infokubloggers.blogspot.de/2013/12/cara-cek-memperbaiki-broken-link-blog-brokenlinkcheck.html

loading...

 

Baca Juga :
β€’ 7 Cara Membuat Blog Cepat Terkenal.
β€’ Blogwalking Salah Satu Cara Bikin Blog Terkenal.
β€’ Cara Terbaik Membalas Komentar Blog
β€’ Job Online Apakah Harus Selalu Diterima?
β€’ Cara Mengatasi Komentar Blog Tidak muncul
β€’ Ditunggu Kunjungan Baliknya yaaaa
β€’ Ngeblog dapat Duit Dengan WordAds
β€’ 5 Tips Etika Berkomentar di Blog
β€’ Tips Mendapatkan Lebih Banyak Trafik Blog
β€’ Rayakan Pencapaian Blog Anda

About these ads

50 thoughts on “Mengecek Link Patah Bikin Jari Keriting

  1. Terima kasih Jeng Nella sharingnya. Saya nggak pernah ngecek link patah karena yang sering komen kebanyakan sahabat yang rutin saling berkunjung.
    Kalau nitip jualan biasanya tidak saya muat. Eh jangan-jangan saya nitip jemuran di kebun Ben yang asri hehe

    1. Kebun saya sudah 2 minggu ini dingin bu Prih, jemuran ga kering2 deh klo taruh luar πŸ˜€ .

  2. so, what’s the point of the sharing then kak Silaen???
    since i think your concern even more about page rank raher and SEO crap than the real interaction to your blog reader….
    tp emang klo link mati suka nyebelin sih, jd galau juga ya kayak makan buah simala kama…
    tp klo ninggalin alamat email aku balesnya ke email klo dia nanya ttg masakanku kak…

    1. The point is i dont link dead link. I hope the poeple who make comments know about dead link and that effect when someone write link that not exist. If you want to attract advertiser coming to your blog, you have also concern about trafic and seo.

  3. saya malah gak pernah ngecek deadlink mbak Nella πŸ™‚

  4. aku baru tau kak nel ngecek2 ginian, emang kadang di kolom komentar blog lain suka ada sih yang komen pas di klik page not found. ganggu ya bisa dikira spam nanti blog kitanya. hahaha yg nitip2 jemuran itu juga nyebelin euy.

  5. Baru tau aku soal broken link ini… Makasih infonya ya πŸ™‚

  6. Wah, ilmu yang sangat berguna nih Nel. Ilmuku belum sampai sini, nulis diblog ya masih begini-begini saja haha. Thanks for sharing ya
    Diurut Nel biar tangan ga kram πŸ™‚

  7. Titip jemurannnn…hehe
    Baru tau nih ttg deadlink dan aslik aku belum ngerti SEO…ngeblog masih gini2 aja..

  8. wah, ternyata ngaruh ya kak
    makasih lo kak, infonya berguna banget
    ternyata lumayan banyak broken link di blog saya πŸ˜€

  9. aku coba link tersebut untuk cek blog link tapi koq gak bisa ya NEl?

    1. di kolomnya tulis nama blog kita tanpa http dan www

      1. ow ok πŸ™‚ buanyak banget punya aku hahaha. Gak tau mesti diapain ini

        1. Ga bisa satu hari memperbaikinya, biasanya aku paling 1 jam sdh bosen. Lain hari lanjut benerin lagi πŸ˜€ .

  10. Wah saya malah nggak ngeh soal broken link begini. Makasi infonya Mbak πŸ™‚

  11. Aku baru tau nih mba kalo link patah berpengaruh buruk ke SEO. Soalnya beberapa kali ada juga yang mampir ke blogku dan isi link patah di kolom website saat nulis comment. Gara-gara baca postingan ini aku jadi ngecekin satu-satu comment2nya. Pegel juga yaaaa hehehe. Anyway, thanks for sharing, mbak Nella πŸ™‚

    1. Ceknya pakai link yg tulis di postinganku deh spy ketauan banyak link patahnya. Iya pegel memperbaikinya hehe.

  12. Hmm.. kalau di blog aku sih ngga pernah terlalu perhatiin linknya mbak.
    Rata-rata sih yang nitip-nitip link itu udah otomatis masuk ke spam
    Memang berguna banget kalau komentar di moderasi dulu. Makasih ilmunya ya, jadi ngerti sekarang tentang broken link dan pengaruhnya ke blog πŸ™‚
    Btw jari keritingnya udah lurus lagi belum πŸ˜€

    1. Termasuk artikel2 tanaman nih kalau ada waktu aku cek linknya, kasihan kan yg baca klo klik malah linknya sdh mati. Di blogku dimoderasi utk yg pertama kali komen aja, krn beda waktu 5-6 jam kaishan klo komen lama tertahan πŸ˜€ .

  13. Thx nel udah dikasih infonya, aku ngak tahu soal kaya ginian cuma tau aja saat nanti pas aku mju ganti blog yg berbayar blog blog fiktif ini bakal nganggu..
    kalau ngak punya blog ya kosongin aja ngapain malu..

    1. Banyak yg ga punya blog nulis alamat yg ga ada, entah maksudnya apa, pdhl aku juga penasaran pengen berkunjung dan baca2 πŸ˜€ .

  14. -n-

    Oooh begitu toh ceritanya. Dpt ilmu baru deh akyuuu, ttg deadlink… Dan istilah jemuran, hahaha. Kocak! πŸ™‚ TFS ya.

    1. Heheh iya lucu ya istilah titip jemuran gitu πŸ˜€ .

  15. Aku gak pernah merhatiin mbaaakk. Waahhh harus dilihat juga ya klo gini. Eh tapi klo linknya ke facebook boleh gak seh mbak sebenarnya?

    1. Entah kenapa klo linknya ke fb sering muncul info sebagai link mati, pdhl fb nya aktif. Aku biarin aja sih klo ada yg komen dg id fb.

  16. Wah gw baru tau kalo broken link bisa nurunin page rank. Gw emang gak ngerti soal seo sih nel… Gak pernah ngecek broken link juga. Hehe. Thanks ya buat info nya…

    1. Semoga berguna dan klo sempat silakan dicek hehe πŸ˜€ .

  17. wahh aku malah baru tau tentang broken link dan efek-nya ke SEO blog dari mba Nella, makasih sharingnya πŸ™‚

    1. Iya Dita, semoga berguna ya πŸ˜‰ .

  18. ternyata pengaruhnya besar ya mbak.

    di WP saya banyak nih link matinya. sebab saat import dari blog lama yang dibumihanguskan, link web komentarnya ngikut ke import πŸ™

    pantesan PR saya nggak naik-naik yah? πŸ˜€

    1. Sebaiknya di cek reguler bang. Alexa rank saya juga ga naik2 krn banyak link mati πŸ˜€ .

  19. Malah aku baru paham ada istilah begini, makasih ya Mba atas sharingnya hehe

    1. Semoga ga bingung dengan istilah2 tsb πŸ˜€ .

      1. Ga bingung Mba (untungnya haha)

  20. Saya baru tau info ini, thank’s mama ben πŸ™‚

  21. MS

    agak jarang ngecek broken link, terakhir 2 bulan lalu, itu juga baru bisa ngecek posting selama satu bulan aja

    1. Aku juga jarang ngecek sih kak, sekalinya ngecek buanyak banget yg perlu diperbaiki πŸ˜€ .

  22. Aku sendiri malah ga pernah ngecek deadlink apa bukan… Males saja… :mrgreen:

    1. Hahaha iya saya juga kalau ingat dan lagi peduli aja baru cek πŸ˜€ .

  23. ooohh baru tau ternyata gitu.. mksh kak, jd dapet ilmu baru. Btw salam kenal ya kak nella, sy suka baca blognya apalagi ttg Ben πŸ™‚ tapi baru sekarang pertama komen πŸ˜€

    1. Hai Anna salam kenal juga ya, kamu punya blog juga?. Ben sudah bisa jalan loh, semoga saya sempat posting ceritanya πŸ˜€ .

      1. iya ada blognya, tapi jarang update hehehe..
        waaah Ben ganteng udah bisa jalan? ditunggu postingan tentang Ben nya ya kak..

  24. Pretty good post!, Makasih ya mbak share tulisannya.

    1. Thanks pak Pleisbilongtumi πŸ™‚ .

      1. You’re welcome mbak. πŸ™‚

  25. Wah. Selama ini saya gak pernah cek mbak. Jadi ngaruh juga yak. Makasih mbak sharingnya. Nanti cek deh.

    1. Iya Ryan ngaruh banget. Silakan di cek πŸ˜‰ .

      1. Nanti saya buka di laptop mbak. Makasih ya infonya mbak

Comments are closed.

loading...