Benjamin dan Ayahnya – Perayaan Hari Ayah di Jerman

loading...

Benjamin dan Ayahnya – Perayaan Hari Ayah di Jerman . Bertepatan dengan hari ayah internasional yang diperingati 14 Mei ini, saya ingin menceritakan sedikit hubungan ayah dan anak, antara Benjamin dan ayahnya. Saya kalau cerita selalu bilang “babenya Benjamin”. Untuk yang penasaran mengapa saya tidak bilang suami tercinta, ayah, bapak dan bahkan tidak menyebut nama seperti dulu lagi sebelum ada Ben, jadi begini alasannya, dulu blog saya ada aplikasi (widget) untuk penterjemah. Babenya Benjamin senang baca-baca blog saya.

Nah lupa bulan apa tepatnya, penterjemahnya tidak aktif lagi. Di wordpress memang tidak dibolehkan pasang widget dengan html jadi ya hilang begitu saja tranlstornya. Suatu hari babenya Benjamin komplain karena dia tidak bisa mengerti lagi isi blog saya, ya bagaimana dong, masah gara-gara mau pasang penterjemah saya harus pindah ke blog self hosted?. Nah daripada yang diomongin salah paham kalau hanya bisa (mengerti) lihat nama dia saja, makanya lebih baik saya tidak menyebut nama langsung toh, jadi saya selalu nulis “babenya Benjamin” .

Huu saya kadang ngiri dengan blog yang bisa nulis dengan Bahasa Indonesia yang baik, namun saya juga senang kalau baca blog yang gaya bahasanya ringan, enak dibaca, ga perlu banyak mikir, gaya bahasa seperti bicara dengan teman. Jadi saya harus banyak belajar menulis dengan Bahasa Indonesia yang baik kalau nantinya ketemu widget penterjemah yang cocok dipasang di blog saya ini.

Sorry kepanjangan palagraf pembukaannya 😆 .

Ada yang tahu ga sih kalau di Indonesia hari ayah diperingati setiap tanggal 12 November?. Hingga saat ini saya hanya tahu hari ibu di Indonesia diperingati 22 desember, namun banyak juga yang ikut-ikutan hari ibu internasional minggu kedua lalu kan hayoo ngaku 😀 .

Beginilah ayah jaman sekarang, disuruh jaga anak sambil main komputer. Hebat multitasking kan hehe. Benjamin usia 3 bulan
Beginilah ayah jaman sekarang, disuruh jaga anak sambil main komputer. Hebat multitasking kan hehe. Benjamin usia 3 bulan

 

Hari Ayah adalah hari untuk menghormati ayah. Sementara di Amerika, dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hongkong dalam Hari Ayah atau Father’s Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan ke tiga bulan Juni, dan dirayakan hampir di seluruh dunia yang dimulai pada awal abad ke-12. Biasanya Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan.

Hari ayah (Vatertag) di Jerman juga merupakan hari pria (Männertag) adalah hari libur nasional, bertepatan dengan Ascension day (hari kenaikan Tuhan Yesus). Pada hari ini, sekelompok pria pergi hiking, pesta barbeque atau hanya kumpul-kumpul untuk tujuan mabuk. Mereka membawa gerobak kecil untuk membawa bir. Ada juga yang keliling-keliling naik mobil sambal nyanyi-nyanyi keras dan membunyikan klakson mobil. Di keluarga babenya Benjamin sendiri tidak ada kumpul keluarga seperti hari ibu minggu lalu.

Hiking tour on father's day, Vatertagswanderung, in Germany. Source Wikipedia
Hiking tour on father’s day, Vatertagswanderung, in Germany. Source Wikipedia

 

Belakangan hari ayah di Jerman tidak lagi menganut nilai asli yang fokusnya ke kumpul keluarga melainkan sekarang adalah hari dimana para pria ngumpul dengan sahabat-sahabatnya dan pergi ke kneipe (pub) untuk minum-minum.

**********

Ketika Ben masih bayi kecil imut-imut hingga usia 3 bulan tidak ada hubungan ayah anak yang terlalu istimewa. Benjamin sering tidak bereaksi wah saat bersama babenya. Babenya juga ga bisa membuat Ben tertawa girang. Nah setelah lewat 3 bulan barulah ayah dan anak laki-lakinya lengket seperti perangko <3 .

Ben di gendong papa mau siap-siap kerja sudah rapih. Ben usia 2 bulan

 

Kalau saya bilang supaya babenya ngajak Ben main, tuh mainan misal ada 10 jenis bisa selesai dimainkan dalam waktu 5 menit, ga ada improvisasi sama sekali. Saya sudah ajarin begini begitu supaya 1 mainan bisa lama dimainkan, sebut warnanya, bentuknya, didekatkan ke anaknya, bikin drama singkat dll, besoknya tetap sama 5 menit sudah selesai! *cape deh 😀 .

Babenya Ben banyak sekali membantu saya untuk urusan rumah tangga, termasuk mengurusi Ben dong. Kalau ada suamiku tercinta dirumah, nah tugas dia mengganti diaper atau bajunya Ben. Dasar Ben selalu pecicilan tidak bisa diam di meja ganti. Baru ditaruh langsung tengkurap, mau pasang diaper susah, mau dikasih krem kulit sering adu gulat dulu, si bocah langsung diri dan berpengangan ke besi di tembok lalu joget-joget.

loading...
Benjamin tidur siang bareng bapaknya, Ben setelah imunisasi pertama badan Ben bukan panas melainkan jadi dingin. 22.10.2014
Benjamin tidur siang bareng bapaknya, Ben setelah imunisasi pertama badan Ben bukan panas melainkan jadi dingin. 22.10.2014

 

Menguji kesabaran banget. Karena saya sudah mengurusi Ben sejak bangun tidur pagi, terkadang saat malam sudah cape, gantian dong saya minta babenya Ben yang turun tangan. Iya dibantuin sih tapi selaluuu ya meja ganti berantakan seperti kapan pecah, baju kotor tidak ditaruh ditempatnya, asal lempar ke pojokan meja ganti, diaper bekas tergeletak di atas mesin cuci atau asal lempar ke wastafel, dikira ada babu cantik kerja 24 jam yang bisa beresin semuanya 😛 . Saya tuh inginyan supaya babenya Ben ini kerja rapih sedikit kek tanpa perlu mendelegasikan tugas dia lagi ke saya. Begitu lagi dan lagi, biarinlah saya sih ga pernah ngomel-ngomel karena dia toh sudah baik hati bantuin saya.

Nah saat babenya Ben turun tangan untuk urusan ganti mengganti, kan seringnya dia juga sudah cape pulang kerja, emosi jiwa sering dong. Saya paling dari ruangan lain nunggu kalau sudah ada kalimat Jerman yang lucu dengan nada tinggi baru saya datang sambil saya ketawa “butuh bantuan ga?” :mrgreen: .

Benjamin und sein vater. Benjamin dan ayahnya
Benjamin und sein vater. Benjamin dan ayahnya

 

3 kalimat kesal babenya kalau Ben tidak nurut :

zum kuckuck nochämol (damn it!)
zum kuckuck aberauch!
mensch bleibt locker! (take an easy, santaiiii dong)

siapa sih kuckuck disebut-sebut saat orang Jerman kesal? Der kuckuck adalah burung Kangkok (Cuculus canorus), lucu ya burung disebut-sebut saat kesal 😆 .

Babenya Benjamin tidak pernah mencium Ben, katanya cium mencium khusus cowo ke cewe atau sebaliknya. Jadi yang senang dilakukan babenya Ben adalah yang macho man gitu deh seperti adu jidat, adu kepala, adu hidung, angkat tinggi Ben dll. Saya kadang iseng nyuruh Ben cium babenya, apalagi dulu pas Benjamin saat-saat sering ileran hahaha ga mau babenya, katanya geli, jijik kena ludah haha. Saya bilang dong “.. ya ampunn cuma ludah ga sakit kali”, “ludah anak kecil ga bau kan!”, “ludah anak sendiri tau, masah jijik”. Tetap aja babenya ga mau kalau kena ludah Benjamin atau Ben meper gitu pas digendong 😎 .

Benjamin manis sekali, dia tidak ganggu bapaknya yang beneran lagi tidur pulas, cape pulang kerja. 27 april 2015. Benjamin
Benjamin manis sekali, dia tidak ganggu bapaknya yang beneran lagi tidur pulas, cape pulang kerja. 27 april 2015. Benjamin

 

Any man can be a father, but it takes someone special to be a dad.” —Anne Geddes

Benjamin and his father. The pics from Ben 4 days until 10 months old. Benjamin dan ayahnya. Foto dari Ben usia 4 hari sampai 10 bulan
Benjamin and his father. The pics from Ben 4 days until 10 months old. Benjamin dan ayahnya. Foto dari Ben usia 4 hari sampai 10 bulan

 

Apa di tempatmu merayakan hari ayah juga?. Ceritain dong satu hal yang lucu atau berkesan antara kamu dan ayahmu 🙂 .

 

loading...

Sumber:
http://de.wikipedia.org/wiki/Vatertag
http://german.about.com/od/holidaysfolkcustoms/a/vatertag.htm

 

Artikel terkait:
Peran Ayah Dalam Keseharian Bayi
Berbagai Macam Gaya Tidur Benjamin
Benjamin Bangun Terlalu Pagi
Pengalaman Para Orangtua Mengatasi Anak Tantrum
Perkembangan Benjamin Usia 8 ke 9 Bulan
Cerita Melahirkan Melalui Operasi Caesar
Rangkuman Pengalaman Kehamilan Trimester 1 – 3

About these ads
loading...

88 thoughts on “Benjamin dan Ayahnya – Perayaan Hari Ayah di Jerman

  1. ya ampun mbaaa…si ben kliatan kecil bgt, ato babenya yg super gede yaa :D…

    Aku jujur aja deh, baru tau hari ayah ini sejak kuliah di malaysia.. krn seumur2 ga prnh ada yg nyebut2 ttg hari ayah di sekolah ato dilingkungan aku tinggal…

    jdnya, stlh taunya telat bgt gini, ga prnh jg mw ngerayain ato sekedar ngucapin k papa ato suami :D… Ga biasa aja kali yaa…

    1. Bapaknya Ben yg tinggi gede 😀 . Tinggi badanku aja ga nyampe pundaknya suamiku tuh hehe.
      Iya mbak Fan ga biasa kita merayakan hari ayah, cuma hari ibu aja ya yg dirayain di tanah air 🙂 .

  2. Kalo di Europe atau US emang lebih terkenal hari ayahnya. :p hehee jadi ngiri. :3 hmm udah 3 tahun ya si B.Benjamin. 😀 semoga makin sayang sama babenya… lucu-lucu fotonya. sayang sy bc sambio ngantuk. jdi pengen toidur kyk bnjamin sm babenya. 😀

    1. itu foto pas 3 bulan?? wkwk kirain 3 tahun! dasar udah ngantuk. :p salam buat kluarga di sana ya Mbak Nella. 😀

    2. Hai Pai, Ben sudah umur 10 bulan 😀 . Jangan bergadang, kalau sudah malam tidur sana hehe.

  3. Huahahah.. Si Ben hobi ndusel-nduselin jugak ya, Mbak Nel.. 😀 Tapi Ben emang manis bangeeeet.. Uuuuh.. :*

    1. Iya Beb hobi banget sih Ben begitu, trus kalau lagi kumat manjanya, maunya digendong melulu 😀 .

  4. Kayaknya jarang banget yg merayakan hari ayah disini hehehe
    Btw lucu banget yaaa bapak nya ngak mau nyium tapi di ganti dengan adu jidat, adu kepala hahahaha #Kocak

    1. Iya ya Cum, seumur2 aku juga baru tahu nih ternyata ada loh hari ayah di Indonesia 😀 .
      Hahaha kata bpknya Ben klo cium2 co ke cewe atau sebaliknya.

  5. Hari ayah/bapak, kirain cuma pelesetan dari hari ibu aja kak. Jadi inget masa kuliah dulu. Bapak kuliah juga di medan (prog. pemerintah) aku kuliah di riau, pas bapak mau balik ke jambi (rumah tinggal) dia bela2in bilang ama sopir busnya untuk berenti sebentar di Pekanbaru cuma untuk nitip uang jajan bebas sortir mama ke akuuu…
    Moment sederhana yang mengharukan. Daddy, I miss u…

    #Lah..curhat??!!

    1. Hari ayah beneran ada ko di Indonesia, ya cuma aku sama sekali belum pernah dengar dirayain 😀 . Untung supirnya mau ya berhenti sebentar. So sweet banget bpk mu Sus 😉 .

  6. Wah lama nggak mampir ke sini, tahu-tahu Ben udah gede dan makin cakep, Mbak 🙂

    1. Hai Chris iya Ben makin besar, sudah 10 bulan usianya 😉 .

  7. ahahahaha, unik yaa ga mau cium2 itu
    tapi Ben kyuttt bangeett

    1. kata bpknya Ben klo cium2 begitu co ke cewe atau sebaliknya hehe.

  8. Hoho bentar lagi Jeng Nella, Ben dan babenya saling kejar bola atau mancing bareng….Emaknya jadi suporter plus ingetin waktu makan kalau sudah main bareng suka lupa makan….
    Salam

    1. Iya ya bu Prih bentar lagi Ben dan bpknya bakalan sering jalan bareng sesama pria hehe. Saya sih asyik bisa ngruus kebun saja 😉 .

  9. Sayangnya ga ada hari ayah di Indonesia ya mbak……Selamat hari ayah buat babenya Ben, ceritanya lucu tp ngena banget mbak…..Btw izin reblog ya mbak…..

    1. Hari ayah di Indonesia ada sih mbak, tapi gak pernah dirayaikan spt hari ibu deh 😀 . Ok mbak Nora silakan di reblog 😉 .

      1. iya, ga pernah denger euforianya,,,,Trims mbak Nela…

  10. Reblogged this on NORA MAYA and commented:

    Selamat hari ayah, walaupun rada telat ngucapinnya…:)). tapi di Indonesia ga pernah ada tuh…..
    Sepenggal cerita dari “Mamaknya Ben” bikin lucu tapi ngena, sebenarnya pria punya cara sendiri buat mengungkap rasa sayang. Beda dan unik, kadang sulit untuk dimengerti….:P

  11. netty

    Selamat hari ayah buat babenya ben. Sampai hari ne q belum pernah dengar hari ayah diindonesia mbak, mungkin yg terpenting si ayah bisa jadi kepala keluarga yang benar menafkahi , membesarkan, dan menyekolahkan anak- anaknya. Q jadi teringat ama suamiku dan bapakku ne setelah baca postingan mbak nella.

    1. Hai mbak Netty, ada mbak hari ayah di Indo, cuma ga pernah dirayain 😀 . Trus ngucapin hari ayah ke suami dan bapak mbak? 🙂 .

  12. Wah luncunya Ben sama babenya, hehe…
    Jadi hari ayah di Jerman digunakan untuk hiking lalu mabuk, hehe..
    Kalo di Indonesia tidak ada kegiatan spesial untuk hari ayah. Bahkan saya gak tahu ada hari ayah di Indonesia.

    1. Hahaha kurang lebih skrg begitu pak 😀 . Hari ayah jd ajang kumpul2 para pria dan minum2.

  13. Kalau di kita adanya cuma hari ibu ya Mbak. Mungkin Bapak dianggap sudah sepantasnya kerja dan mengabdi untuk keluarga jadi gak perlu ada hari ayah untuknya hehehe..

    1. Iya ya mungkin begitu mbak, para ayah dapat apresiasi dari istri dan anak saja tidak perlu dirayakan spt hari ibu 😀 .

  14. waduhh gendut juga si Lae ya… itu juga di Ben lucu sekali :D.

    1. Hahaha makmur to, makan melulu ya gendut deh 😀 .

  15. Saya kagum dengan blog ini mbaq, maaf bila komen saya oot.
    klo berkenan mampir ya mbaq.

    1. Hai Vahrur kagum di sisi mananya? 😀 . Nanti saya mampir ya 😉 .

  16. Sama kaya suamiku, bukan tipe yang cium-cium anak cowoknya. Lebih suka adu kepal tinju, tempelin jidat pokoknya anti lebay dan alay haha…
    Btw kapan sih pastinya hari ayah sedunia, mo ikut ngerayain ah… 😀

    1. Hahaha berarti bpknya si Ben ada temannya, aku pikir dia aja yg aneh sendiri hehe. Hari ayah beda-beda mbak di tiap negara. Di Jerman 14 Mei lalu, ternyata belanda bulan depan, di tanah air bulan November.

  17. Baru tau ada hari ayah di bulan mei. Taunya ya ntar bulan juni. 🙂

    Yg gak mau cium karena cium cuma antara co dan ce itu cuma kebiasaan babenya ben aja atau emang kebiasaan org Jerman gt nel? Padahal kalo ama anak kan selalu pengen ya cium cium… Apalagi kalo lucu kayak ben gini… Hahaha

    1. Ternyata hari ayah beda-beda di tiap negara. Suami temanku di tanah air ada juga tuh ga mau cium anak cowonya, berarti bpknya si Ben bukan yg aneh sendiri hehe. Iyaa heran ko bisa tahan ga cium pdhlnya anaknya lucu banget kan 😆 .

  18. mamipapa

    kalau di sekolah anak2 nggak ada hari Ayah hehehe adanya Ibu itu juga 22 Desember kali, maklum sekolah nasional…
    panggilan babe Betawi banget Mbak Nella hahahaa, selamay hari Ayah yah untung Babenya Ben dan hari Ibu untuk enyaknya Ben (udah lewat juga)

    1. Hahaha iya biar lucu aja Fel makanya selalu bilang babe aja 😀 . Makasih ya, iya hari ibu sudah lewat nih.

  19. Selamat hari ayah buat papanya Benjamin. Semoga suatu hari nanti beliau sudah mau diciumin Ben yah. Hehehe

    1. Hahaha bulan depan kucoba deh suruh cium, atau nanti pas Ben 1 thn kali aja berubah pendirian kan 😉 .

      1. Amin, semoga Ben dan daddynya makin lengket yah kak, hehe

  20. Selamatt hari ayah untuk babenya Benjamin 😀

  21. so sweet ya kan, this post made me wanna had a baby sometime…..

    1. sudah ada calon ga Ded? kalau sudah ada cepatlah .. 😉 .

      1. tunggu kurs dolar turun kak, krn biasanya harga sinamot juga turun, hahahaha

        1. hahaha bisa aja kamu Ded, dollar gak turun2 tuh naik iya 😀 .

  22. aduh beh kalo ga mau nyium ben, aku aja deh yang nyium2 gemes ben 😛

    1. Iya yaa yuk kita cium Ben rame-rame 😀 .

  23. Sya

    Jujur aku gatau loh mbak, kalo ada hari ayah di indo hahaha. Itu Ben superrr unyuuu…. mau bikin ah yang kaya gitu 😀

    1. Hai Sya, iya saya juga baru tau pas mau bikin postingan, cari tau ada ga hr ayah di Indo eh ternyata ada 😀 .

  24. Selamat hari Ayah untuk daddynya Ben ya mbaa 😀
    Tapi aku jadi bingung, jadi sbnrnya hari ayah itu kapan?
    Aku panik sendiri pas baca judulnya, karena aku gak ngucapin ke ayahnya Ian. Soalnya kmrn pas hari Ibu aku ngucapin ke Ibunya Ian mba. Sekarang kalo gak ngucapin ke ayahnya, aku berasa durhaka :'(
    Langsung googling, dan untung di Belanda hari ayahnya masih bulan depan 😀

    1. Kalau di Jerman sendiri lebih ramai saat hari ibu, kami kumpul keluarga. Kalau hari ayah, suamiku aja ga ngucapin ke ayahnya haha. Untung di Belanda masih bulan depan ya, jd Afi masih bisa mengucapkan ke ayahnya Ian 😉 .

  25. -n-

    Manis sekali foto2nya. I cant stop smiling. They’re gonna be best friend for sure!!

    1. Semoga yaa bpk dan anak akur selalu 😉 .

  26. Ko bisa tahan Babe Ben ga cium Ben yang unyu itu? haha

    1. Haha iya tahan ko 😀 . Konsisten loh dari Ben lahir sampai skrg tetap ga mau cium krn suamiku itu bilang cium2 gitu cuma berlaku buat cowo ke cewe atau sebaliknya.

      1. Canggih banget ya haha

  27. selamat hari ayah yaaa untuk babenya Ben

  28. Gak mau sun ya, jadinya adu jidat. Kocak banget, biar Ben-nya tambah macho, Mbak 😀

    1. Hahaha iya ya mbak Nad, semoga makin macho deh si Ben 😀 .

  29. Aaaakh, gokil nih Babenya benyamin :3 hihihi selamat hari ayah deh buat babenya Ben :3 eeeh, si Ben unyunyaaa :3

    1. Hahaha iya gokilnya konsisten ga berubah-ubah loh 😀 .

      1. Wahaaa, ya itu yang bikin seru suasana rumah ya mbak 😀

  30. klo babenya ga mau cium Ben sini aku aja yang ciumm Ben, kiss…kiss.. dari tante…hehehehe lucuu banget siii Ben….Salam kenal ya mba 😀

    1. Salam kenal juga ya. Kiss balik ya untuk tante Yuli *kata Ben kicik.

  31. Selamat Hari Ayah buat babenya Benjamin 🙂 aku yo malah lupa sama nama Beliau kak hehehe.
    Benjamin lucu banget sih mukanya pas pake baju ijooo, foto kedua dari bawah 😀

    1. Makasih ya Ge 🙂 . Hahaha iyalah lupa aku kan sudah jarang nulis nama si bpk itu 😀 . Iya ya muka polos anak kecil <3 .

  32. Aihhh lucunya Ben, pengen colek pipinya gemezzzz

    1. Colek juga ah tante Bijo 😀 *kata Ben kicik. btw alamat emailmu lucu hehe.

      1. Aku nggak kreatif bikin email ini, makasih emak ben haha..
        *Peyuuk ben

        1. lucu, bikin ketawa pas tau emailmu 😉 .

          1. Aku pernah ditegur bos di bag lain juga gara2 minta softcopy kerjaan supaya dikirimin ke emailku itu, dia minta email corporate saking gak percayanya dia, manalah aku punya, disangka itu email main2 haha

          2. hahaha kalau urusan kantor jangan email yg lucu begitu dong 😀 apa lagi misal mau kirim lamaran perkerjaan, hrdnya bakalan ketawa kali 😆 ..

  33. Beeeeeen, duhh lucu banget sih mbaaa

    1. Hehe iya Dit, semoga Ben tetap lucu spy bisa kuceritain terus di blog 😀 .

  34. Dian Novita

    Kalau saya si selama ini sering ngerayain hari ibu doang,hehehe..
    Wehehehe ben luwucu banget ya kak,hohoho
    So sweet2-tan gitu sama babenya(halah bahasaku amburadul..hehe) , habis baca postingan kakak yang ini jadi inget masa kecilku dulu sama babeku sering dipanggul kalau jalan-jalan, oke deh gara-gara pos ini aku jadi telepon ayahku buat ucapin selamat hari ayah, lha malah ayahku bengong g ada jawabanya(kaget kali aku tiba2 ngomong gt),,hehe
    Happy Father’s Day

    1. Dian kamu manis sekali sampai telp ayahmu, pasti beliau senang dong 😉 .

  35. Huahahahaha. Ngebayangin waktu Ben ndusel-ndusel habis disuruh nyium sementara babenya gak mau gitu lucu bener Mbak Nel. Wkwkwkwkwk..

    1. Haha iya bener begitu spt yg kamu gambarkan Dan, pokoknya si bpk tetap gak mau dicium 😀 .

  36. Asyik nih benjamin bisa liburan bareng ayah. Selamat hr ayah aja deh, meskipun aku blm jd ayah heheh

    1. Suatu hari Habibi akan jadi ayah juga ko 😉 .

  37. wah aku baru tahu di jerman hari ayah jatuh hari ini, makanya disana longweekend benar ya.
    kata teman aku disana libur 4 hari dari kamis sampai minggu mantap.

    1. Loh setauku di Indonesia juga longweekend mbak Ria, emangnya mbak Ria ga libur tha? 😛

    2. Jumat gak libur, kecuali klo ambil cuti ya memang jd long weekend banget. Nih hari bpknya Ben kerja ko 😉 .

Comments are closed.