Blogwalking Salah Satu Cara Bikin Blog Terkenal

loading...

Blogwalking Salah Satu Cara Bikin Blog Terkenal. Pada postingan sebelumnya saya membahas mengenai 7 Cara Membuat Blog Cepat Terkenal. Saya tidak membahas secara detail karena saya bukanlah pakar SEO. Saya hanya berbagi pengalaman bagaimana saya ngeblog selama hampir 6 tahun ini.

Salah satu hal yang saya lakukan selama saya ngeblog adalah dengan melakukan Blog walking (BW). Tidak tahu ya pengaruhnya buat blogger lain, namun buat saya beneran cara ampuh banget bikin blog saya dikenal banyak orang.

Blogwalking (BW) yakni mengunjungi blog lain. Jangan sekedar mengunjungi dan jadi silent reader saja, alias cuma baca dan tidak menjalin komunikasi dengan si pemilik blog. Kalau yang kamu lakukan hanya sebatas menjadi pengagum rahasia, bagaimana blog kamu akan bisa dikenal. Kenalan dulu dengan blogger lain, sapa blogger lain, komentari tulisan mereka dengan baik, timbal baliknya maka blog kamu akan dikenal banyak orang.

Tips Blogwalking ala emaknya Benjamin:
Mengomentari tulisan blog lain dengan baik. Jangan hanya komen singkat : top, bagus keren, pertamax, keduax, klimax dll. Sering komentar pendek begitu, saya yakin lama-lama kamu akan ditandai sebagai spam.
BW pakai nama asli, nama samaran boleh aja, asal jangan pakai nama jualan, jangan pakai nama toko dan sejenisnya.

BW karena memang tulus ingin BW bukan ada maksud lain, yakni misalnya promosi terselubung. Muji-muji yang punya blog, muji daster yang dipakai pemilik blog, ujungnya jualan daster. Nama yang digunakan saat BW juga nama toko daster. Selain daster ada juga tempat kursus, studio musik dan promosi lainnya. Saya juga jualan, tapi saat BW tidak pernah sekalipun saya bawa-bawa jualan saya. Promosi jualan ada tempat khususnya ko, ada forum untuk jualan, ada milis di hari jualan, ada wadah klik iklan, adsense atau pajang di iklan sosmed. Jadi sorry aja yang komentar di tulisan-tulisan saya karena ingin promosi (jualan) akan saya hapus atau saya tandai SPAM.

• Masih nyambung dengan sebelumnya. BW jangan promosi blog berlebihan. Sudah ada kan kolom untuk menuliskan alamat blog kamu, jadi tidak perlu menuliskan ulang link blog atau link tulisan terbarumu di komentar yang kamu buat. Amat sangat jarang nonggol di blog saya, sekalinya komentar (muji-muji dulu), ujungnya minta dikunjungi balik karena ybs lagi ikutan Giveaway (GA) produk tertentu (bukan GA yang diadakan blogger), sampai dikomentar dia dituliskan link tulisan GA yang baru dia buat, supaya saya segera mampir ke tkp.

Saya senang aja ko mengomentari blog yang ikutan GA, beneran saya senang kalau ada teman blogger menang, namun ya cobalah pakai cara yang tidak berlebihan untuk mendapatkan dukungan. Blogger macam itu, setelah GA ya ga mampir lagi ke blog saya, begitu dia ikutan GA lagi, saya yakin dia akan menyapa saya kembali hehe. Mungkin dikira saya rajin kali ya mengunjungi balik yang komentar di blog saya. Kalau ada waktu, kalau pas online biasanya saya memang langsung kunjung balik.

Jangan nyuruh/minta dikunjungi balik. Memang yang punya blog minta kamu komentar di blog dia?. BW lah karena memang kamu ingin tulus BW bukan mengharapkan kunjungan balik. Sorry aja kalau ada yang pertama kali atau dua kali komentar di blog saya model begitu akan saya hapus, atau kalau saya lagi bad mood saya tandai SPAM.

Seberapa sering BW perlu dilakukan?. Tergantung kesanggupan kamu, sanggup mengunjungi 50, 30, 20 bahkan hanya 5 blog per hari, yang penting kontinu. BW sebanyak-banyaknya, BW sampai enek hahaha. Semakin sering kamu BW semakin blog kamu terkenal.

Saya perhatikan blog yang rame (komentar dan trafik) salah satunya karena yang punya blog rajin sekali BW. Contoh blogger yang saat ini saya ingat selalu beredar dimana-mana adalah Arman dan Toro si Cumilebay. Saya mampir ke blog A eh ada dia, saya mampir ke blog B ada dia juga. Pokoknya ada dimana-mana tuh komentar si dua blogger tersebut. Ya ga heran deh blog mereka rame 😀 . Kalau bisa pertamax (komentar no.1) di tulisan mereka, efeknya dapat banklink berhari-hari 😀 .

Mana lebih mengguntungkan BW di blog ramai komentar atau blog sepi komentar?. Saya melakukan keduanya, ga pandang bulu, mau blog rame kek saya komentari, blog sepi saya komentarin juga kalau isi tulisannya saya suka.

loading...

Untungnya komentar di blog ramai adalah saya akan dapat banyak sekali banklink. Saat saya komentar di blog ramai, banyak blogger lain juga mampir ke blog saya karena melihat foto saya yang kece haha (misalnya loh) atau penasaran sama saya karena nama saya yang keren 😛 . Pemilik blog yang saya komentarin belum tentu mengunjungi balik blog saya, mungkin ybs sibuk namanya juga blog rame hehe. Pasang foto gravatar yang kece, pakai nama yang keren dan komentarlah yang bikin pembaca lain penasaran sama kamu. Maksud saya tentu saja kamu harus komentar yang baik ya.

Backlink atau perujuk yang masuk ke blog saya. Ini data tengah-tengah saja, bagian atas masih banyak lagi.
Backlink atau perujuk yang masuk ke blog saya. Ini data tengah-tengah saja, bagian atas masih banyak lagi.

 

Untungnya komentar di blog sepi komentar saya akan sering dapat komentar balik. Sekalipun hanya saya doang yang komentar di blog dia, tidak masalah buat saya karena saya suka tulisan blogger tersebut, dan saya akan sering mampir ke blog dia. Eh ternyata si blogger itu juga jadi rajin loh komentar di blog saya. Bagaimana kalau saya lebih sering lagi mengunjungi blog lainnya kan? tambah ramai deh blog saya.

Berbahagialah kalau kamu sering disebut-sebut pada tulisan blogger rame, artinya kamu akan dapat trafik tambahan dan bahkan mendapat teman-teman baru dan silent reader. Blog saya sih ga rame banget, namun kalau saya ada kesempatan saya akan menyebutkan blogger lain di blog saya. Kalau saya kenal seorang blogger yang tema tulisannya mirip dengan teman tulisan saya, maka saya tidak ragu untuk menyebutkan dia (menuliskan alamat blog) di tulisan saya.

Apakah blogwalking memberikan pengaruh yang signifikan untuk blog kamu?. Ada tips lain ga saat kamu blogwalking? Mungkin ada yang berbeda dengan yang saya lakukan?.

Happy Blogging! :mrgreen: .

loading...

 

Artikel Terkait :
7 Cara Membuat Blog Cepat Terkenal.
Job Online Apakah Harus Selalu Diterima?
Ditunggu Kunjungan Baliknya yaaaa
3 Tipe Komentar yang “Ga banget deh”
Ngeblog dapat Duit Dengan WordAds
5 Tips Etika Berkomentar di Blog
Aturan Internetan di Jerman
Rayakan Pencapaian Blog Anda

About these ads
loading...

124 thoughts on “Blogwalking Salah Satu Cara Bikin Blog Terkenal

  1. Aku abis baca artikel ini jadi sering blogwalking, sampai kadang waktu yang diabisin buat update blog sendiri lebih sedikit daripada waktu yang diluangkan untuk blogwalking hihi.. Sekali blogwalking jadi ketagihan soalnya

    1. Hahahaha iyaaa Baiq saya sering ketagihan BW dan kebetulan lg malas update blog, ya sudah deh lewat seminggu ga ada post baru di blog 😆 .

  2. Salam kenal mba, suka deh sama blog nya. Apalagi yg sharing ttg kehidupan di luar negeri 🙂 keep it up (y)

    1. Hai Baiq salam kenal juga, makasih sudah mampir 😉 .

      1. Iya mba.. sy lagi belajar ngeblog, semoga nanti bisa terkenal jg someday seperti blog mba ini hehe walaupun perjalanan masih jauh krn baru mulai 😀

  3. sidoe.ga

    blogwalking untuk menambah wawasan dari blog yg kita kunjungi, kalau ada kesempatan silahkan mampir ya gan, thx

    (sidoe.ga dihapus karena domain tidak aktif lagi. 09.07.2016 )

  4. Harus bikin artikel dan harus blogwalking tiap hari ? Di situ kadang saya merasa malas 😀

    1. Kalau malas bagaimana bisa terkenal hehe 😀 .

  5. Bener banget Mbak Nel soal BW ini. Sayangnya aku masih keteteran euy.Huhuhu.. 🙁

  6. Halo mbak Nella, salam kenal ya… aku sih suka bw dari jaman belum punya blog mbak tapi cuma sebatas SR. Setelah punya blog tetap setia jadi SR hehehe. Soalnya blog aku kan isinya remeh temeh gitu… jadi masih galau dan labil, apa penting membuat blog ku ramai dan terkenal hahaha

    1. Hai mbak Ana salam kenal juga ya. Kalau blog rame senang aja banyak teman yang baca dan saling komentar hehe 😀 .

  7. Tapi memang di dunia blogsphare hal tersebut bukan hal yang naif memang, karena mereka BW juga tujuannnya biar blog mereka di kenal cuma kadang suka kebablasan dan akhirnya jatuhnya nyepam deh, trims saya baru ketemu ini Blognya mba, salam kenal ya

    1. Hai mas Muklis salam kenal juga ya. Kami yang saling mengomentari blog (saat blogwalking) biasanya sudah saling mengenal ko, jadi ya gak akan nyepam 😀 .

  8. Bener banget ini kak 😀 Blogwalking bikin blog jadi rame 🙂

    1. Iya Py beneran nih bw bikin rame deh 😀 sayangnya sekrang aku gak bisa serajin dulu bwnya krn sebukk haha .

  9. Intinya, banyak blogwalking berarti banyak rezeki ya mbak .. hehehe..

  10. Hallo, Mba 😊 Setuju bgt sama yg Mba blg di sini. Aku belakangan mulai srg BW walaupun kdg mdh jadi silent reader. Walaupun aku msh baru di blog aku gak prnh minta kunjungin balik. Menurutku kalo org emg tertarik sama blog kita, mereka akan visit dgn sendirinya. Aku suka BW karena pastinya nambah wawasan 😊

    1. Hai Icha makasih ya sudah berkunjung ke blog saya 🙂 .

  11. t3ph

    wahh bener banged tips2nya ini! tapi apa daya belakangan kok gw sibuk banget sampe ga terlalu sering blogwalking seperti dulu. Blogwalking ini lumayan ngabisin waktu kira2 2 jam an lo Mbak. Dan gw klo komen orangnya gabisa singkat kepengennya panjang2, makanya ga cocok klo blogwalking di hp (males ngetik komen panjang2 pake 2 jari doank).
    Selaen menaikkkan traffic, sebenernya gw emang orang kepo yg demen baca cerita org laen huaahaha 😀
    Bener tuh si Arman bisa2nya ya komen di smua blog yg gw kunjungin. dan dia biasanya pertamax ato keduax komen di blog gw lho, kok sempetttt ya beliao? misteri bwt gw hahahah 😀

    1. T3ph knapa sih tiap kali komen di blog gw ga pernah cantumin blog lu? kan spy banyak yg kenal hehe. Iya BW makan waktu, minggu lalu pas ada waktu gw 3 jam buat bw hahaha. Klo dari hp gw sering silent reader aja, krn sering banget typo, atau sdh ngetik panjang eh ga muncul komennya. Hahaha kayanya Arman sering buka wp reader kali makanya pas ada postingan baru pasti dia komen aja 😀 .

      1. t3ph

        loh masa ya??? gw baru sadar setela cek ulang, knapa ya bgitu? biasanya klo gw komen di blogspot, gw login sebagai openID dan cantumin link blog gw nyonyakecil.wordpress.com. Lu bilang gitu gw baru priksa eh iya tnyata link gw tidak tampakkk, oh noo!

        1. t3ph

          eh ternyata lu wordpress yah, loh knapa ya? gw baru sadar link gw gak muncul hmhhh

          1. eh maap komen2 spamku dihapus aja Mbak. ternyata settinganku ada yg ga beres, ini udah aku benerin, udah muncul kan link nya? thank u lo buat infonya, gw baru tau after all these yearsss… hahaha hugss

          2. Gak spam ko Teph, gw cuma heran knapa tiap kali lu komen gak pernah cantumkan alamat blog lu, kan banyak blogger bisa mampir juga ke blog lu.
            Panggil Nella aja, sdh biasa kita lu gw an, ga usah panggil mbak2 hehehe.

          3. Hahaha iya Teph gw di wp ko, sejak awal lu gak pernah cantumin link blog lu, gw heran aja loh, gw pikir lu ga mau ada yg kunjungi 😀 .

  12. Newbie Tora

    Sudah lama gak pernah berkunjung ke blog ini lagi,.. 😀 Saya juga terkenal 😀 Versi sendiri Hahaha

    ( link newbietora.com dihapus karena domain tidak aktif lagi. 15.09.2016 )

    1. Hahaha iya terkenal bisalah versi sendiri-sendiri, kalau trafik bagus kan berarti Newbietora terkenal di mesin pencari 😉 .

  13. Betul sekali, sampai saat inipun saya masih suka kegiatan blogwalking … 🙂

  14. iya sih mbak aku setuju blog walking dan komentar tulus bikin blog makin sering dikunjungi. nah sebelnya orang kayak aku ini, aku blog walking, baca banyak cuma suka segan ninggal komentar. ada semacam perasaan waah nanti aku dikira sksd sok kenal sok dekat gitu. itu sih yang selama ini kurasakan.

    1. Kalau aku baru pertama mau komen selain komen di postingan utama, aku komen juga di komen “about” pemilik blognya, alias kenalan dulu hehe. Trus lihat2 juga komen2 sebelumnya apa dibalas yg punya blog, klo iya berarti aku rajin deh komen, klo ga satupun dibalas, aku biasanya jadi silent reader aja 😀 .

  15. Setuju banget kalo BW ini bisa nambah trafik, aku suka BW ke blog2 yg ngak perna di kunjungi sama sekali. Bisa nemu dari twiter atau fb link nya, dari situ kan makin banyak yg tau blog kita kalo kita nya meninggalkan jejak

    1. Iya Cum rajin BW bisa naiikin trafik ya. Kamu gak minta kunjung balik blog mu kan? hehe.

  16. Setuju banget … Banyak blogger2 pemula yg kmrn nanya gimana cara blog kita bisa terkenal dan trafik naik. Jawaban gw cuman “Posting yang menarik & rajin blogwalking”
    Bw penting banget, biar orang2 tau kalo kita masih ada, dan masih punya postingan hehehe

    1. Intinya sih kalau blog masih jalan sebaiknya rajin BW nya Cum 😀 .

  17. nice sharing emak,…. guuddd gudddd,… semoga ketularanku blog ku jadi Terkenak juga hhh

  18. wih… trafficnya mantep nih… 😀
    yap… blogwalking emang dahsyat banget…
    Tapi lebih seneng lagi kalau referersnya dari search engine… hihiihiii… :mrgreen:

    1. Dari search engine biasanya trafiknya turun naik mas, klo weekend ngedrop 🙁 . Hari libur ngedrop hehe.

  19. Setuju, Mbaaaak.. 😀

    Justru aku salut sama blogger yang uda berkeluarga dan bekerja, karena waktu yang mereka butuhin pasti jauuuuh lebih banyak.. Belom lagi urusin anak, rumah, kerjaan, pasangan, dll.. Hihihi.. Dan serunya dari blogwalking bisa dapet temen beneran 😛

    1. Hai Beby aku lihat kamu dari blog cumilebay, makanya kemaren mampir ke blogmu 😉 .

      1. Makasih banyak yah, Mbak Nella 😀

  20. mamipapa

    eh aku sebr

      1. mamipapa

        huaaa udah komen panjang2 kagak masuk, yg masuk malah ini blom kelar ngetik kepencet 😭

        kl aku suka sebel sm yg komen trus orgnya jualan grrrr udah keki duluan, atau asal komen gak sesuai konten posting “anaknya pinter, cakep, dll” yg dimaksud pinter apa juga gak tau trus apakah baca posting dgn bener. Tapi demi popularitas makanya komen (biasa buat naikin traffic blog org tsb)
        Yang keki kmrn mba, masa aku baru klik publish dalam itungan detik udah di like…. yg bener aje lu baca blom udah ngelike, saking sebelnya posting itu khusus aku hapus like nya (tapi gak bisa semua posting kehapus yah like nya) maksudnya mau hilsngin semua tombol like di semua posting… yg bikin keki itu link nya jualan suvenir… kadang kesel sm org model gitu gak hargai empunya blog, kl emg mau jualan yg bener lah pasti ada wadahnya juga kan….

        jadi inget pertama masuk sini gara2 posting berkebunnya hehehe 😁
        pengen nulis posting ttg etika komentar tapi masih ragu2 maju mundur nih hihihi ydah berbulan2 maju mundur

        1. Iya makanya bingung, ko komenmu pendek gitu Fel hehe.
          Hahaha iyaaa banyak yg asal komen aja gak baca postingan kita, muji2 dulu setinggi langit trus promosi jualan dia dah 😀 . Aku pernah bbrp kali iseng setelah posting trus cek tulisanku jiaaahhhh beneran Fel langsung ada like nya huahaha. Trus yang jualan souvenirnya minta kita folback dia, sebel ga tuh ggggrrrr.
          Ayo Fel bikin aja postingan etika berkomentar, gpp ko pasti banyak yg setuju dg kamu ko 😉 .

  21. Apakabar emaknya Benjamin? Aku sering baca nih ke sini tapi suka ketemu postingan yang komennya closed, jadi kirain udah closed terus.

    Aku sebisa mungkin selalu melakukan blogwalking…. menjaga silaturahmi….

    1. Hai mbak Zizy baik mbak. Kalau postingan tema berkebun memang sengaja saya closed drpd di komentarin hanya top, keren, nice post hehe.
      Kalau saya closed berarti saya lagi pengen BW 😉 .

  22. blog ane blog kantor, tapi ane gak pernah spam, slalu baca semua infonya

    1. Baguslah kalau tidak pernah spam 🙂 .

  23. ohya sama masalah comment ya Mba.secara dengan segala keterbatasan waktu dan mood juga ahahaha. kadang suka kelupaan balasin comment atau gak aku prefer kunjung balik ke blog yangbersagkutan buat comment diblognya. abisnya kalau aku lagi gada waktu trus balsain satu2 trus aku gak punya waktu BW trus..Bazyl keburu cranky..buyar deh me time aku hueheheh

    duh ini jadi panjang dan 2 comment ke mba Nella hehehe

    1. Hahaha sama dg aku Nisaaa 😀 . Ternyata membalas komentar blog tuh membutuhkan waktu yg gak sedikit ya. persislah spt komenmu. Mana bisa akau duduk cantik internetan klo Ben gak tidur, pas Ben tidur aku malah masak dan ngerjain kerjaan rumah.

  24. Wahh emang ada ya Mba yang comment ke blog mba krn dia lagi ikytan GIveaway doang . Malesin banget ya yang kaya gitu.. Aku semeng BW mba bukan karena mau ngejer traffik tapi seru aja klo jadi kenal banyak temen blogger. Tapi aku paling males klo ada yng comment cuma nyuru visit balik blog dia

    1. Adaaa Nis haha. Klo GA yg diadain blogger masih okelah, tp klo GA produk trus aku ikutan pajang promosi produk tsb dong, ya kuhapuslah link tambahan yg dibuat di komen dia. Aku tetap kunjungi balik tulisannya, kupuji2 postingannya, semoga menang 😀 .

  25. Hahahaha, kalo ada yg komen singkat2 kyk, ‘infonya berguna.tx’ , waduh itu minta dispam emg mba..lgs deh ga pake liat mood, aku tndang ke spam aja 😀

    Aku tuh sbnrnya pgn lbh srg BW, tp apa daya ya, pulang kntor aja malam, jd kdg br bisa bnyakan BW, kalo weekend… Memang sih paling bnyk yg aku cari blog traveling krn aku hobi bgt jalan2. Tapi blog yg cerita sehari2 kyk punya mba ini, aku jg suka :).. Apalagi bhsnya enak, tulisan mudah dibaca.. ada tuh blog yg isinya bgs, tp ampun dah, font tulisan kecil dan agak berbayang… hadeuuh aku nyerah bacanya… matanya bisa nambah minus kalo maksain 😀

    1. Klo yg komen gitu coba tanya ulang, info bagian mana yg berguna? Haha. Jangan2 yg komen gak baca postingan tuh, hanya ngejar bnyk bw 😀 . Kadang ada blog yg pemiliknya lihat tampilan blogbagus buat dia sendiri. Aku kloneu blog yg tulisannya ga bisa dibaca, lsg kututup pibdah ke lain blog 😆 .

  26. Bener tuh, berguna sekali apalagi bagi blogger newbie kayak ane ini, hadeh naikin traffic itu rasanya kayak ndorong bus mogok sendirian. Hahah

    1. Hahaha mana sanggup ah dorong bus sendiri 😀 .

  27. Hai, Nella… aku belakangan juga udah jarang nulis. Bahkan bulan 3 kemarin nggak bikin satu pun cerita. baru awal bulan ini bikin cerita super singkat : 100 kata. Nah, nulis aja jarang, apalagi bw. Bulan ini aku mau merajinkan lagi,ah.. 🙂

    1. Hai bang Riga, aku sudah baca 2 cerita terakhirmu, bagusss deh 🙂 .

      1. makasih, Nella… semoga cerita-cerita berikutnya juga kamu suka ya… *tapi nggak tahu kapan ditulis. 😀

  28. Asik nih BW sejatinya ngeblog itu asik, mau tema apa aja, karena kita gak bisa samain tulisan kita dengan blog lain, disini nih yg juga keliatan keunikan dan ciri setiap blogger, semua punya font masing” dan asik untuk saling sapa menyapa, ketika bertamu ke blog yg kita kunjungi biasakan permisi pada tuan rumah 🙂

    1. Panggil yg punya rumah juga jangan seenaknya, padahal ada halaman profile. Ada loh yg panggil saya mbak Pur gara2 nama blog saya ini pursuingmydreams, ada juga yg panggil mbak Jerman, padahal nama saya nella hahha, sptnya saya ketemu blogger yg kejar tayang pengen buanyak bw jadi asbun (Asal bunyi) aja hihi. *sorry curhat kepanjangan 😆 .

      1. ngiahahaha ya disini juga yang terkadang kayak gimana gitu, ada juga dulu pernah manggil mbak ke saya, tapi setelah saya kasih tau di halaman profl baru ngeh itu tamu hahahha

  29. Kak nel aku masih ingat aku nemu blogmu dari sondang kalo ga salah dulu. Ahhhhh masih newbie nih mesti banyak2 belajar. Kadang aku baca2in postingan tp kadang ga sempat nulis komen.

    1. Hai Jo, gak apa-apa ko gak komen, asal ada yg baca aja aku sudah senang 😉 .

  30. MS

    Dirimu rajin bw, tapi berani juga nutup kolom komen…, kk salut lho
    teman2 yg ke sini udah pada tau kebiasaanmu, kalau sempat nella pasti kunjung balik
    makanya tetap pada setia ke sini

    1. Hai kak Monda, klo aku tutup postingan berarti aku sadar diri sdh lama gak BW, aku kadang gak enak hati para blogger sdh komen di blogku tp aku ga sempat2 berkunjung balik, jd saat postingan ditutup aku bisa bebas bw dulu 🙂 .

  31. dandi iskandar

    sesama bloger memang harus membantu , sama sama untung jadinya hehe,, tapi enak loh wbsite nya ini uda rame gak kaya saya nih masih sepi bngd maklum newbie hehhehe

    1. Saya awalnya pernah juga ko merasakan newbie 😀 .
      Ayoo rajin BW Dan 😉 .

  32. iya lho klo mbak nela gak komen saya gak tau klo blog saya ada yang baca.

    tips yang berguna banget mbak…

    salam
    /kayka

    1. Hai mbak Kayka, sesama blogger sebaiknya saling memperkenalkan blog teman mbak. Sama-sama punya banyak teman/pembaca kan asyik 😉 .

  33. Mau balas komen Dita kok jd ke bawah ya? Td aku mau nulis kalau pengalamanku dengan Dita hampir mirip. Komen di seleb blog kadang gak dibales😁

    1. Sibuk kali yang punya blog haha. Apa semua komen disitu ga dibalas satupun? 😀 .

  34. Same feeling here, Dit.

  35. Akupun setuju. BW itu semacam kulonuwun perkenalan ke tetangga2 karena kita orang baru, sedang nyari kenalan baru. Kalau kenalan berarti kan harus sopan, biar sama2 nyaman 🙂

    1. Kadang ada blogger yg baru pertama komen, ga dibalas sakit hati, masih untung kan komennya saya tayangin hehe, kadang ada juga baru pertama komen sudah tanya ini itu, padahal yg ditanyakan sudah saya jawab di komen blogger sebelum dia. Kalau semua blogger seperti kamu Den, tenteram dunia perbloggeran kali ya 😉 .

  36. beneran kata mbak Nel,blogwalking plus ngasih komentar yang baik biasanya yang punya blog jadi mampir ke blog kita, apalg klo ada blog rame yg link blog kita waduh langsung naik deh traffic nya macam waktu itu mbak Nel pernah link blog saya krn Award2 itu, viewer saat itu msh jd best ever, makasih ya 😀

    1. You’re welcome Adhya, semoga makin banyak teman ya 😉 .

  37. Kerennn kak … Kayaknya perlu belajar banyak nih dari yang sudah master nya dibidang ini nih 😀 kunbal ya kak 🙂

      1. Visitor kk begitu banyak 😀
        Boleh gak kak. saya minta kontak kk ? saya mau tanya2 seputar wordpress sama kk . 🙂

          1. Boleh kak.. makasih banyak . 1 jurus jitu nya sudah saya terapkan ‘blog walking yg sehat ‘ dan hasil nya sangatt muuantapp. Mauliate kk 😀

  38. Setuju Nel, BW itu emang naikin traffic. Aku liat juga bny blogger yg rajin bgt komen dan blog mrk emang rame bgt

    1. Kamu Non rajin banget BW pantesanlah rame banget tiap kamu posting 😀 .

  39. Aaaakk.. Aku udah lama menelantarkan blog dan blogwalking. hehehe..

    1. Sudah punya anak emang susah buat BW, aku juga sama sudah jarang BW 😀 .

  40. Wehhh.. bener tuh mbak.. BW lah dengan tulus, bukan ada udang dibalik rempeyek.. hahahaha
    banyak banget yang komen kemudian ngomong, visit blog aku ya, follow blog aku ya… hedeehhh…

    Padahal BW itu kan selain nambah temen, bisa nambah ilmu juga…

    Btw, BW ngarus banget emang untuk meningkatkan tingkat ke TOP an blog di google.. hehehe

    Apa kabar, Mbak? Benjamin nya usia berapa sekarang? Masih suka menanam bunga? 😀

    1. Hahaha iya, bgm mau follow balik kalau nichi blognya ga kita suka kan, misalnya bahas otomotif sementara kita ga ngerti 😀 . Ben sudah 8 bulan, berkebun masih jalan dong :mrgreen: .

  41. kalau saya sih jarang blogwalking 🙂 tapi emang itu penting kalau blog ingin banyak dikunjungi orang

    1. BW memang membutuhkan waktu khusus, saya juga sudah mulai susah untuk rutin bw 😳 .

  42. mungkin saya masuk yg rajin BW kali yah 😀

    1. Bang Jampang kamu rajin banget BW, saya sering banget komen abang dimana-mana 😀 .

      1. kalau kuota lagi numpang mbak 😀

  43. Iya, blogwalking memang menambah banyak teman baru terutama untuk newbie macam aku gini. Hehehe…

    1. Bener banget Ji kita jadi punya banyak teman blogger 😉 .

  44. bener bangeettt.. efek dasyat dari blogwalking ada gw rasakan juga mbak.. contohnya blogger tenar sekelas ko Arman dan mbak Nella juga yang lain2 jadi BW balik dan kasi komen di blog sepi gw 😀

    1. Nanti jadi rame deh kalau banyak teman 😉 .

  45. rajin BW sih benernya tapi suka sebel kalo komen ke selebblog trus gak dibales hiks….bales komen aja dia gak mau, apalagi bales perasaan aku #lahhh?!

    1. Kadang kalau aku pengen nyari teman baru, kulihat dulu blog yg kukunjungi tsb apa rajin balas komentar2 atau tidak, klo ga satupun dibalas, aku cukup sbg pembaca saja hehe.

  46. paling sebel ama orang yang komen trus minta kunjungan balik. padahal kalo ada komentator baru, gua pasti berkunjung balik lho. tapi kalo pake disuruh berkunjung balik, gua malah gak mau berkunjung balik. hahaha. abis, masa pamrih gitu ya. 😛

    1. Iya males banget klo ada yg minta kunjung balik. Di postingan gw ini ada juga yg komen gitu lagi capee deh 😆 .

  47. Saya berharap dengan BW, teman saya bertambah ya mbak hahahha.. ngarep 😛

    anyway,, thanks infony :))

    1. Dg BW beneran bisa nambah banyak teman ko 😉 .

  48. Nah, masalahnya saya adalah silent reader.
    Kebanyakan tulisan bagus memang tidak perlu dikomentari, yang saya komentari biasanya jika tulisan itu ngawur, misalnya berita hoax, opini sesat. Yang begini kalau dikomen dipastikan gak niat buat ngunjungin balik. 😀

    1. Hahaha wah kalau postingan ngawur begitu saya malah takut komentarin, takut diserang yg punya blog 😆 .

  49. Joss….

    #komennya keren kan ya mbak? hehehehe….
    Anyway… selalu menyenangkan BW ke blog mbak ini (tulus lho gak ngarep lainnya), banyak info yang bisa diperoleh, apalagi kalau ngomongin tempat tnggalnya saatini…. jadi pengen ke luar negeri.

    1. Komenmu keren banget bang RA 😉 . Btw knapa bang ditempat tinggalmu?.

      1. Dari bayi sampe skrg masih di sini di sini aja mbak, pengen ke luar tp apa daya tangan tak sampai #MalahCurcol

  50. Awal sebelum punya blog aku rajin BW alasan agar pada kenal muka n nama aku dulu lagian emang blum punya blog hahaha.

    Satu lagi kalau BW boleh aja tapi kadang ada beberapa yg tanya padahal di atas udah ditulis jelas kaya mau komen namun ngak niat.
    jadi malah terkesan tidak menghargai, itu menurut aku loe ya..
    Jujur aku rajin BW tp

    1. Kalau tulisanya aku paham makna n artinya plus tidak terlalu berat yang terpenting tidak bhs inggris serem takut aku salah artiin secara ngak pintar tu bahasa.
      hahahaha tapi BW emang bikin tambah teman tetap juga kita bikin tulisan yang enak n ngak berbelit pasti banya yang datang syukur syukur folow kita.
      Mantap kan.

    2. Iya Ria, aku ingat banget km rajin BW waktu belum punya blog.
      Untunglah akhirnya km bikin, kan aku jadi tahu ttg km juga 🙂 .

      Nah tuh kadang ada blogger yg malas baca komen sebelumnya, nanya sesuatu yg penting, pdhl dibawah komen dia sudah kujawab. (paling gak kan baca komen 1 atau 2 sebelumnya dong). Cara nanyanyapun ga baik, panggil yg punya blog bukan namanya pdhl gampang tinggal lihat profile pasti ada namamu. Eh tuh blogger tersinggung ko komen ga dibalas, baru pertama mampir loh ke blogku. Begitulah serba serbi para komentator 😀 .

  51. Dulu sebelum rajin bw blog saya kayak dalam hutan, sepi banget. Emang sih ada traffic dari Google tapi beda, pengunjung jenis ini jarang berkomentar. Beda dng pengunjung yang bw, walau jumlahnya lebih sedikit tapi lebih seru, blog jadi lebih hangat karena ada interaksi 🙂

    1. Coba angkat topik kontroversial mas. macem aborsi, eutanasia, pernikahan homoseksual, itu sampe kiamat rasanya juga bakalan rame orang ngomonginnya. 😀

      1. Nah itu dia, aku gak berani. Maklum aku kan emak-emak 🙂

    2. Hehe iya mbak Evi, walau blog lumayan dpt trafik dr guggle, tp itu cuma hari itu aja, besok lain lagi yg datang, memang mereka jarang komen, hanya baca yg mereka cari :D: .

  52. -n-

    Komen PERTAMAX itu udah basi. Coba deh komen: ELPIJI 3 KILO! 😆

    1. Ya ampuun komen pertamax malah belum ku balas sorry ya Tyk, telat :D: .

      1. -n-

        bahahaha gpp mbaaak….

        1. Komentar di blog ku hanya dimoderasi yg pertama kali komen aja, klo sdh pernah ya langsung tayang. Aku buka dasbor kadang gak langsung bisa balas semua komen, kdg si bocah Benjamin ngamuk, ya kumatikan kompi, makanya kadang banyak komen kelewat. Semoga para blogger maklum sih bukan aku gak mau respon hahaha.

          1. -n-

            i understand kok mbak. aku sendiri salut sama blogger2 yg rajin merespon komentar; bagian dari netiquette yg aku masih sering miss…..

Comments are closed.