Pengalaman Para Orangtua Mengatasi Anak Tantrum

loading...

Pengalaman Para Orangtua Mengatasi Anak Tantrum. Bulan Februari lalu saya cerita mengenai Saat Benjamin Ngamuk. Saat itu saya mendapat banyak masukan berharga dari para orangtua mengenai topik tersebut. Jadi saya ingin buat rangkuman dari komentar-komentar di postingan tersebut, supaya enak dibaca 😉 .

Pak Ahsan
kalau ngamuk harus segera dilakukan sesuatu agar ngamuknya nggak jadi alat untuk dia mengulanginya lagi kalau minta sesuatu.

Pengalamanku si kecil akan menjadikan ngamuk ketika ia pengin sesuatu dan nggak dituruti. Setelah dia ngamuk baru dituruti. Kalau udah begini, apa-apa pasti akan gampang ngamuk

**********

Nisa
Bazyl mulai tunjukin gejala tantrum/ngamuk dan jerit-jerit mulai umur 1th 4bln an gitu. Biasanya ada yang buat si anak gak nyaman atau ingin sesuatu tapi susah mengungkapkan. Kalau gak kesampaian akhirnya ngamuk senjata mereka. Aku si aku diemin aja karena bazyl bukan tipe yg bisa dimanis-manisin kalau lagi ngamuk tunggu reda baru aku samperin peluk dan ajak ngobrol baik-baik.

Nanti makin besar beda lagi gaya tantrum mereka. Diumur Bazyl skrg kalau lagi ngamuk udah aku berlakuin time out 1-5 menit. Baru aku ajak ngobrol aka negosiasi (umur segini anak biasanya udah pinter nawar ahahahaha )

Tulisan Nisa mengenai Tantrum: Bazyl + Tantrum and some tips.

**********

Arman
Kalo kita juga kalo anak tantrum di rumah ya didiemin aja. Biarin aja sampe cape sendiri. Karena anak kalo tantrum itu gak bisa diomongin atau dimarahin. Mesti nunggu udh calm down baru diomongin.

**********

Joeyz
Beda anak,beda cara nanganinnya. Kalo si kakak lagi tantrum mesti di peluk dan dibujuk, cepat banget anteng. Kalo si adek hmmm mending diemin aja, susah dibujuk anaknya.

Kadang anak ada anggota badannya juga yang sakit tapi ga bisa bilang. Misalnya, kalo udah mulai merangkak dan banyak gerak, itu biasanya badannya pegel-pegel. Jadi ga ada salahnya anak dipijat-pijat setiap habis mandi atau sebelum bobo ;))) . Charge keasabaran!.

**********

Puji
Kalo lagi liat keponakanku tantrum, sama maknya didiemin sampe si anak cape hahaha..

**********

T3ph
Dulu pas anak pertama klo tantrum gw suka ga ngerti apa sbab nya, sering no idea at all hehe.
klo pas anak kedua, mungkin krn uda ada pengalaman ya, jadi bisa lebi sabar ngadepin anak. Klo tiba2 marah di high chairnya waktu makan, biasanya krn tnyata kaki nya digigit nyamuk tanpa gw tau. Kalo marah pas mainan biasanya krn dia ga bisa ngelakuin sesuatu yg dia mau trus dia kesel sama diri sendiri. Yah tapi lucu juga sih klo liat dia pas marah2 ngambek gitu hahah. Intinya dia marah biasanya ada sebabnya. Ya disabarin aja sampe marahnya reda. Kitanya jangan ikutan ngotot nanti tambah esmosi jiwa

**********

Nadia K
Pernah banget dan ya…rasanya dada ini mo meledak tp gak bisa haha kadang saya sering liat ibu2 marahin balitanya yg tantrum krna mungkin rasanya memang seperti itu kalo nurutin emosi. Saya daripada meledak biasanya diem dulu aj biarin dia nangis baru deh dia udah agak capean saya peluk trus bisikin nasihat2 dgn nada bercanda.

**********

Wulan
Selamat datang didunia yang penuh ujian kesabaran mbak 🙂
Tantrum itu puncaknya umur 2 tahunan loh mbk
he…masih lama ya, smangat!!!
semoga stok sabarnya tambah banyak.

loading...

**********

Lenny
ya ampun sama bingit sama anakku (2 bulan di atas ben)..suka ngamuk2 ga jelas and beneran bikin emosi jiwa, pernah aku sentil mulutnya sampai dia nangis kejer, abis itu aku yg nangis karna nyesal banget. Iya sih nanganinnya cukup dg peluk & nyanyi salah 1 lagu favoritnya dari nursery rhymes.

Heran yaah…koq kita bisa2nya kebawa emosi sama bocah sekian bulan ini hahaha… skrg cara jitu spy ga kebawa emosi, aku selalu ingetin diriku sendiri kalo hanya dia satu2nya temenku di rumah saat bapake ngantor & aku lahirin dia di usia 41 th dengan cara normal & lahir sempurna.

**********

Dedy
Anak2 kalo ngantuk malah jadi hiperaktif, trus bisa ke fase tantrum klo ada yg bikin dia gak nyaman atau ngrasa insecure. Kalau aku sih ponakanku yang sering tantrum klo pas nginap di rumah (pindah kamar istilah si opungnya). Biasanya gak usah di omonging apa2, dipeluk sambil digoyang2, atau diomongin tegas (udah2 sayang, dll) dan jangan pernah suara manja2 krn bakalan tambah ngamuk tuh anak.

**********

Ami
Menurut aku sih anak jangan dibiarkan lama ngamuknya ntar takutnya jadi kebiasaan lho, biasanya bayi dan anak kecil merasa kurang nyaman atau sakit makanya jadi nangis dan jika terabaikan jadi ngamuk deh. Biasanya aku atau suami langsung cari penyebabnya sambil tenangkan dia.

Di keluarga kami termasuk dari ortu dulu ngga bakalan biarin anak nangis kenceng apalagi sampai ngamuk terutama yang udah bisa bicara. Biasanya ditangani dengan tenang tapi tegas. Anak-anak harus belajar menghargai dirinya dan orang lain dan juga berlatih mengendalikan dan mengemukakan emosinya secara sehat.

Btw pernah baca juga kalau anak-anak yang kelamaan nangis atau suka di bentak kasar dan mengalami kekerasan syaraf di otaknya putus dan salahsatu imbasnya iq nya berkurang. Ngga tau benar atau hoax.
Yang jelas kuncinya sabar biar bisa tetap tenang hehe…

**********

Nora
Biasanya ama ponakan kalo ngamuk dicari usaha biar pecah konsentrasi ngamuknya. Agak sedikit tegas ngomongnya, hanyas saja ga bentak. Nadanya aja agak tegas dari biasanya.

**********

Ika Koentjoro
Pernahlah… biasanya aku tarik nafas dulu sebelum ngedeketin tuh anak biar emosi nggak meledak

**********

Fanny
kalo tantrum mah Fylly ga begitu sering… Tapi dia tantrum kalo sarung jelek kesayangannya ga ada ;p.. Wah, itu bikin darahtinggi bgt deh ngadepinnya;p lagi2, suami biasanya yg bisa bikin dia tenang. Sama sih, cuma digendong sambil ditepuk2 gitu.. pokoknya sampe ketiduran.. kalo aku mah udh nyerah dan ngebiarin dia tantrum ampe capek.

**********

Izzawa
anak saya kalo ngamuk yg parah belum ada mbak…dan jgn sampe deh hehe…palingan cuma rengek2 aja kalo nggak di turutin maunya naik satu tingkat jadi nangis..kalo nggak juga ..ya nangis ampe teriak2 heheh..jd sebeelum itu trrjadi biasanya saya harus ngerti dulu maunya apa.

**********

Kebanyakan kasih masukan supaya kita mendiamkan sesaat sampai si anak puas ngamuknya. Orangtua juga harus jaga diri supaya ga terpancing emosi jiwa yaa hehe.

Mau cerita singkat saja, Benjamin hampir 2 minggu berturut-turut ngamuk pagi, siang dan tengah malam. Bingung.com deh babenya Benjamin dan saya. Nah suatu hari sama babenya, si Ben di biarkan merangkak ke mana aja Ben mau. Biasanya memang kami taruh ditempat main ada pintunya. Ruang tamu kita pasangi pintu khusus, ruangannya jadi dibagi dua. Seperti di video berikut penampakannya :

Jadi setelah 2 minggu kami buka melulu pintunya, terserah Ben kapan mau keluar masuk tempat mainnya.

Horeee Bebasss anak kelincinya
Horeee Bebasss anak kelincinya

Setelah bebas pesta pora dong Benjamin? iyaaa 😆 . Ampunnn deh banyak banget ulahnya Benjamin. Lain kali saya mau buat postingan khususnya.

loading...

Antara lain tingkah Benjamin bisa dilihat pada postingan Perkembangan Benjamin Usia 7 ke 8 Bulan.

Terima kasih buat sahabat blogger dan para orangtua yang sudah memberi masukkan. Semoga rangkuman ini berguna buat para orangtua saat buah hati mereka tantrum (ngamuk), apalagi buat para ibu baru seperti saya misalnya, wah saat itu sempat stres juga bingung.com deh. Untung dramanya cuma 2 minggu, sudah selesai. Sekarang aman sentosa Benjamin manis banget <3 .
Benjamin 8 bulan. Kalau anteng begitu manis banget kan yaaa jagoan mamak

Berhubung ini hanya postingan rangkuman, jadi kolom komentar saya non aktifkan ya. Kalau masih ada yang ingin kasih masukkan bisa di postingan awal klik disini.

 

Baca juga :
• Video Gaya Permainan Benjamin
• Cerita Benjamin Bisa Jalan
• Berbagai Macam Gaya Tidur Benjamin Saat Bayi
• Peran Ayah Dalam Keseharian Bayi
• Benjamin dan Ayahnya – Perayaan Hari Ayah di Jerman
• Benjamin Bangun Terlalu Pagi
• Rangkuman Pengalaman Kehamilan Trimester 1 – 3
• Jurnal Kehamilan (Screening Test)

About these ads

One thought on “Pengalaman Para Orangtua Mengatasi Anak Tantrum

  1. […] Tntrum, kata yang jarang saya dengar maupun saya pakai sebagai bahasa sehari-hari. Umunya saya memakai kata ngambek atau ngamuk untuk kondisi anak yang sedang mengalami tantrum. Dan keingintahuan saya karena membaca hal ini di blognya Emaknya Benjamin. […]

Comments are closed.

loading...