Buah Cherry Gratisan Paling Nikmat

loading...

Harusnya diposting ketika musim panas, yaelah judul ini nyangkut di draft. Jadi sekarang postingnya ya :mrgreen: .

*****

loading...

Halo para pembaca setia apakah kalian setuju kalau yang gratisan tuh memang paling nikmat ? πŸ˜€ . Musim panas adalah musim buah cherry, stroberi, plum, persik dll. Saya paling suka cherry dan stroberi. Saya menunggu-nunggu sekian lama, ko tidak ada yang ngasih saya cherry gratisan ya hiks 😳 ya pasrahlah kalau sampai lewat musimnya ya udahlah.

Memang dasar saya pelit kenapa ga beli aja toh? πŸ˜› . Eittss kalau ada gratisan kenapa harus beli?. Ketika musimnya cherry berbuah biasanya yang punya pohon pada bersedekah ko hahaha. Iya mereka akan membagi-bagikan buah cherry dari pohon yang mereka punya.

Sebelum pohonnya berbuah, banyak bunganya dulu dong. Nah begini pemandangan pohon cherry ketika berbunga pada musim semi.

Setiap pagi semakin cantik saja pohon ceri tetanggaku ini. 5 April 2014 jam 8.18 Pagi
Setiap pagi semakin cantik saja pohon ceri tetanggaku ini. 5 April 2014 jam 8.18 Pagi

 

Bagi yang tertarik melihat lebih banyak bunga pohon cherry (Baca : Indahnya Pohon Cherry ketika Berbunga).

Pohon cherry tidak berbuah setiap tahun, ya suka-suka si pohon untuk berbuah, contohnya pohon cherry milik mertua saya tahun ini sama sekali tidak berbuah padahal tahun-tahun sebelumnya sampai beberapa kali panen. Pohon cherry tetangga yang tahun lalu tidak berbuah dengan bagus & lebat, eh tahun ini ampunn ngiler banget lihat buahnya tiap kali saya pandangi dari balkon rumah saya. Mau minta ke tetangga malu, kalau dikasih ya saya tidak nolak hehe.

Pohon Cherry milik ibu mertuaku. Berbuah lebat sekali sampai pohonnya hampir patah. Foto tahun 6 Juli 2011
Pohon Cherry milik ibu mertuaku. Berbuah lebat sekali sampai pohonnya hampir patah. Foto tahun 6 Juli 2011

 

Suatu sore, bel rumah saya berbunyi. Saya sendirian sedang asyik nonton TV. Biasanya kalau Frank dan saya tidak ada janji dengan seseorang atau tidak ada pesan barang online ya kita tidak buka pintu, soalnya sering ada yang nawarin barang dagangan (sales) males banget kan nolaknya. Bel berbunyi dua kali, saya tidak buka pintu, saya mengendap-ngendap ke dapur, dan ngintip dari kaca yang mengarah ke jalanan β€œeh itu kan ibu tetangga yang punya pohon cherry, ngapain dia nenteng seember kecil buah cherry. Buat saya atau buat ibu yang punya rumah kontrakan ya?”.

Banyak sekali buah cherry tetanggaku ini, jadi mupeng pengen minta
Banyak sekali buah cherry tetanggaku ini, jadi mupeng pengen minta

 

Halahhh pengen nanya β€œmasih ada cheery nya ga bu??” maluuu. Soalnya kan tetangga belakang rumah, sama sekali ga pernah tegoran, masah pas negor minta cherry ? πŸ˜€ .

Prunus avium (sweet cherry). Pohon Cherry Tetanggaku  sedikit lagi merah matang. Foto 9 Juni 2014
Prunus avium (sweet cherry). Pohon Cherry Tetanggaku sedikit lagi merah matang. Foto 9 Juni 2014

 

Jadi daripada ileran pengen cherry saya belilah sedikit di supermarket. Saya beli cuma 160 gram 1,26 euro (sekitar Rp.20.000) kalau sekilo Cherry manis harganya 7,90 euro dirupiahkan sekitar Rp. 126.000. Diluar musim panas bisa dua kali lipat harganya. Oh ya cherry ini cherry asal Jerman ya, kalau yang impor misal dari Turki malah harganya separuh lebih murah. β€œHeran produk impor ko bisa lebih murah ya?”. Berhubung saya pecinta produk lokal, jadi saya beli yang lokal saja sekalian mendukung petani lokal toh hehehe πŸ˜‰ .

Cherry Manis Beli di supermarket. Cuma Beli sedikit 160 gram aja dapat 15 biji.
Cherry Manis Beli di supermarket. Cuma Beli sedikit 160 gram aja dapat 15 biji.

 

Menurut data FAO tahun 2011 negara Turki adalah penghasil buah cherry terbanyak didunia, no. 2 nya adalah Amerika, sedangkan Jerman sendiri ada di urutan 16.

Nah tiga hari kemudian …

Frank pulang kerja bawa bungkusan agak berat, ternyata buah cherry! :mrgreen: . Makanya sabar ntar juga ada yang ngasih kan hahaha. Seorang ibu pasiennya Frank, yang pernah memberikan saya bibit salat, dia yang memberikan Frank sekantong buah cherry dari kebunnya.

Dikasih sekilo cherry manis dari pasiennya Frank. Horeee Puas deh ngemil cherry
Dikasih sekilo cherry manis dari pasiennya Frank. Horeee Puas deh ngemil cherry

 

Bakalan puaslah saya menyantap buah cherry nih, saya timbang sekitar 1,1 kg. Buah cherrynya simpan dikulkas, dalam kantong kertas supaya tidak busuk. Kalau mau dimakan baru dicuci, kalau dicuci dulu baru masuk kulkas akan busuk.

Kalau sedang musimnya Buah Cherry banyak yang bikin selai atau buah kue. Bijinya dikeluarkan dengan alat khusus
Kalau sedang musimnya Buah Cherry banyak yang bikin selai atau buah kue. Bijinya dikeluarkan dengan alat khusus

 

Jika sedang musimnya buah cherry, banyak yang membuat selai dan kue (bolu). Biji cherrynya dikeluarkan dengan alat khusus seperti terlihat pada gambar berikut :

Mengeluarkan Biji buah Cherry dengan alat ini
Mengeluarkan Biji buah Cherry dengan alat ini

 

Alat mengeluarkan biji Cherry ini dibagian bawahnya bolong, biji akan jatuh kalau kita tekan alatnya
Alat mengeluarkan biji Cherry ini dibagian bawahnya bolong, biji akan jatuh kalau kita tekan alatnya

 

Kalau buah cherrynya lebih dari sekilo cape juga ya mengeluarkan bijinya satu persatu hehe πŸ˜† . Saya belum berminat membuat selai atau kue, cherrynya saya santap begitu saja tiap hari πŸ˜‰ .

Bagian atas itu Biji-biji Cherry. Sobat berkebun di Indonesia pada pengen bijinya pengen coba tanam yaaa
Bagian atas itu Biji-biji Cherry. Sobat berkebun di Indonesia pada pengen bijinya pengen coba tanam yaaa

 

Buah Cherry ada yang manis dan asam

β€’ Cherry Manis nama latinnya Prunus avium dikenal sebagai sweet cherry, wild cherry atau bird cherry dalam bahasa Jerman disebut Süßkirschen. Keluarganya Rosaceace.
β€’ Cherry Asam nama latinnya Prunus cerasus dikenal sour cherry, tart cherry atau wild cherry dalam bahasa Jerman disebut Sauerkirschen. Keluarganya Rosaceace.

Oh ya kapan saya pernah baca katanya buah cherry bagus untuk penderita asam urat, bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah . Jadi selagi musimnya mari kita santap aneka macam buah-buahan.

 

Baca juga :
β€’ Beli Stroberi Petik Langsung dari Ladangnya
β€’ Ladang Bunga di Jerman
β€’ Black Parrot – Tulip Kakatua Hitam
β€’ Mekarnya Tulip Darwin Hybrid Salmon Imp.
β€’ Memotret Bunga Tulip
β€’ Tulip Berbau Permen
β€’ Tanamanku Subur Menggila karena ..
β€’ My Garden

 

loading...

Sumber : wikipedia dan pengalaman penulis

 

*komentarditutup*

About these ads
loading...