Menanam Bunga Petunia dari Bibitnya

Petunia Flower. Petunia umumnya diserbuki oleh serangga, makanya undang ya serangga baik datang ke taman mu
loading...

Menanam Bunga Petunia dari Bibitnya. Sobat berkebun, saya ingin berbagi pengalaman saya menanam bunga Petunia dari bibit (benih) nya. Sebenarnya saya paling tidak suka menanam bunga atau sayuran dari bibit yang berupa benih. Kenapa .. ?. Kesel .. sebel .. frustasi 70% GAGAL melulu πŸ™ .

Protected by Copyscape Web Plagiarism Check

Saya pernah beberapa kali sebar beberapa bungkus benih bunga tidak ada satupun yang tumbuh, makan ati kan! πŸ˜› . Benih tanaman (bunga) susah tumbuh karena ukurannya yang super kecil seperti butiran pasir di laut. Beneran saya tidak lebay ko, coba saja lihat benih bunga Petunia.

loading...

Benih Petunianya saya peroleh tahun lalu, dari rumah ibu mertua saya. Di balkonya mertuaku khusus ditanam beberapa warna Petunia duo color. Ibu mertuaku senang aja setiap kali saya merapikan tanaman koleksinya. Kadang kalau saya berkunjung saya mengunting daun-daun tanaman yang menguning, atau membuang bagian bunga yang telah kering, atau batang tanaman yang mati saya buang.

Petunia duo Color cantik sekali ya. Ini jenis Petunia yang bunganya besar
Petunia duo Color cantik sekali ya. Ini jenis Petunia yang bunganya besar

 

Nah sembari merapikan, saya buka mata lebar-lebar dong, kalau tanaman beliau ada bibit (benihnya), kan saya bisa dapat gratisan hehehe :mrgreen: . Biasanya menjelang musim dingin ibu mertuaku membantai semua tanamannya, taman dirapikan dan dibongkar.

Petunia ibu mertuaku. Ini foto tahun lalu 18 Agustus 2013 sudah bisa dikumpulkan benih bunganya
Petunia ibu mertuaku. Ini foto tahun lalu 18 Agustus 2013 sudah bisa dikumpulkan benih bunganya

 

Tanaman (bunga) seperti Petunia akan mati karena tidak tahan dingin. Tanaman berumbi seperti dahlia dibongkar dan umbinya disimpan digudang. Sebelum Petunia ikutan dibabat habis, saya sudah duluan ngumpulin benihnya dong πŸ˜€ .

Dari bagian mana bunga Petunia bisa kita dapatkan benihnya?
Kalau bunga-bunganya sudah kering, cabutin yang keringnya. Cabut bunganya dengan tangan. Nah biarkan bongkolnya pada tanamannya, karena bongkol bunganya ketika kering akan pecah, dan benih/biji Petunia akan keluar dengan sendirinya.

Kita bisa gunting batang bongkol bunganya, karena kalau mau kumpulan biji Petunianya saja agak susah karena lengket. Perlu diperhatikan, ketika kamu menggumpulkan benih Petunia kan ada daunnya ikut menempel, maka simpannya menggunakan tisu supaya daunnya kering sendiri dan tidak busuk.

Benih atau Bibit Petunia bisa kita jumpai ketika bunga sudah kering, bongkol bunga akan pecah dan bijinya terlihat seperti pasir
Benih atau Bibit Petunia bisa kita jumpai ketika bunga sudah kering, bongkol bunga akan pecah dan bijinya terlihat seperti pasir

 

Saya sudah menggumpulkan banyak sekali benih Petunia, saya simpan (kumpulinnya) dalam plastik. Saya lupa selama 2 hari plastinya berada di tas, setelah saya keluarkan ya sudah lembab sekali dan daun-daunnya busuk πŸ˜₯ . Benih Petunia memang masih menempel, cuma saya tidak bisa pisahkan karena benihnya berwarna hitam dan daun-daun Petunia busuk juga menjadi hitam. Jadi saya coba jemur, dengan harapan ada beberapa benih yang tetap bagus kualitasnya.

Lebih menarik kalau bisa lihat video bunga Petunianya kan yaa πŸ˜‰

loading...

untuk ke halaman berikutnya klik β‡’ Next/Lanjut

About these ads
loading...