Cerita Melahirkan Melalui Operasi Caesar

Sejak dari ruang operasi hingga ke kamar pemulihan ini Bayi bersama ibunya dong. Bentar lagi bayinya akan di pakaikan baju. 15 juli 2014 jam 6.14 sore
loading...

Cerita Melahirkan Melalui Operasi Caesar. Hai sahabat blogger akhirnya saya bisa menyelesaikan menceritakan pengalaman saya melahirkan (melalui operasi). Ini saya nyicil draftnya selama sebulan 😳 habisnya sibuk ngurusin si kecil dan ngurus rumah, padahal ada mama loh yang bantuin, ga kebayang kalau ga ada mama puyeng kali cuma berdua Frank ngurus si kecil, trus kalau Frank kerja ya saya bakal kelimpungan deh πŸ˜› .

Postingannya panjang, jadi yang tidak berminat membaca, skip saja lihat foto-fotonya πŸ˜€ .

Senin 14 Juli 2014 saya melakukan periksaan terakhir kali ke dokter kandungan, 3 hari sebelumnya sudah dikasih tahu dulu, kalau pada 14 Juli tersebut jika berat anakku sudah cukup, saya akan dirujuk ke rumah sakit supaya di cek lebih detail lagi, apakah sudah bisa melahirkan. Pada hari tersebut dilakukan pemeriksaan usg. Dokter bilang anakku kira-kira beratnya 3,6 kg. Sempat kaget juga karena sebulan sebelumnya masih 2,8 kg, ko cepat banget naiknya, sampai mikir apa saya kebanyakan makan? padahal badan biasa aja tidak gemuk loh cuma perut saya saja yang buncittt πŸ˜† . Saya juga tidak mengidap diabetes ko, pokoknya saya sehat, bayinya juga sehat. Dede dalam perut aja nih yang makannya lahap hehe.

Surat  rujukan dari dokter kandungan buat ke rumah sakit
Surat rujukan dari dokter kandungan buat ke rumah sakit

Selesai pemeriksaan dari dokter, Frank dan saya langsung meluncur ke rumah sakit. Urus administrasi lalu masuk ke bagian bersalin. Di kamar pemeriksaan tersebut khusus untuk saya dan Frank, lalu masuklah seorang bidan yang ramah sekali mempersiapkan tes yang harus saya jalani. Pertama dilakukan pemeriksaan detak jantung bayi, saya duduk dibangku yang nyaman sambil kaki bisa diselonjorin lalu dipasangi kabel alat tesnya. Pemeriksaan ini berlangsung kira-kira 30 menit. Selama pemeriksaan terkadang bidannya meninggalkan ruangan dan masuk lagi sambil ngobrol dengan Frank.

Setelah tes jantung bayi dilakukan, datanglah direktur medisnya Dr. Rosmarie untuk memeriksa posisi janin. Pertama dengan alat usg, lalu diperiksa melalui alat kelamin. Sakitt banget waktu tangan dokternya masuk hiks sampai dipegangin bidan πŸ˜₯ . Setelah melalui dua pemeriksaan tersebut dokternya bilang bayi saya besar sekitar 4 kg jadi sebaiknya di operasi. Saya terdiam sesaat, wong maunya lahiran normal (pengen metode waterbirth, sudah lihat bak/kolamnya loh πŸ˜€ ). Dokter keluar ruangan, saya dikasih kesempatan berdiskusi dulu dengan Frank, saya kekeuh pengen normal.

Nah si bidan datang lagi, lalu pegang perut saya, seperti ngukur-ngukur β€œapakah bisa lahir normal atau tidak”. Bidannya bilang bisa ko lahir normal, tapi dokternya tetap menyarankan saya operasi. Dokternya ngomongnya sih menyarankan tapi kalimat gaya bahasanya seperti menekankan β€œHarus Operasi”. Ya sudahlah daripada galau saya bilang saya mau diskusi dengan mama saya dulu di rumah. Jadilah Frank dan saya pulang dulu, ntar balik lagi ke rs. nya.

Mama bilang kalau bisa normal, normal ajalah. Melahirkan secara normal sakitnya di awal (mules-mules), kalau dioperasi, sakitnya setelahnya. Mama bilang adikku paling kecil ketika lahir beratnya 3,7 kg lahirannya bisa normal ko.
Sore itu saya masih sempat tuh skype an sama adikku di Jakarta nanya-nanya baiknya bagaimana. Adikku sudah punya 2 anak (usia 5 dan hampir 2 thn). Adikku sama seperti mama, saranin lahiran normal. Sempat-sempatnya saya diajarin latihan pernapasan buat melahirkan πŸ˜€ .

Saya sudah mantap β€œpengen lahiran normal”. Cihuuyy akhirnya dokternya mengizinkan. Nah supaya bayinya tidak semakin besar, maka besoknya saya akan di diberikan obat supaya dirangsang mules-mules dan segera melahirkan. Saya akan diberikan obat setiap 4 jam supaya mules. Saya nanya ke Frank, kalau pada pemberian obat pertama kali belum mules, nunggu pemberian obat kedua bisa pulang dulu ga? ogah banget kan nginep di rs. malah bisa stres dong πŸ˜€ . Oh ya rs. tempat saya melahirkan dekat rumah, sekitar 10 menitlah naik mobil. Eh ternyata boleh pulang sampai mulesnya datang. Ke rs. lagi tiap kali mau dikasih obat. Tgl 14 Juli itu sampai 2 kali bolak balik ke rs. seperti tamasya aja πŸ˜€ .

Selasa 15 Juli 2014 pagi-pagi sekitar jam 9 sudah berada di rs. saya sudah kenyang sarapan seperti disarankan dokter hari sebelumnya. Saya kembali menjalani tes pemeriksaan detak jantung bayi selama 30 menit. Masuklah seorang bidan bernama Susanne, bidannya beda dengan yang kemarin. Bidan Susanne fasih berbahasa Indonesia πŸ˜€ . Kata bidan yang kemaren bidan Susanne pernah kerja di Indonesia, jadi bidan Susanne kursus bahasa Indonesia di Jerman sini loh,. Eh pas saya tanya langsung ke bidan Susanne dia bilang hanya liburan di Indonesia, entahlah mana yang benar πŸ˜› .

Setelah tes pemeriksaan detak jantung bayi selesai, masuklah Dr. Rosmarie beserta Dr. Schumacher (bosnya para dokter) sepertinya pada ngadu gitu deh ya kalau saya tidak mau di operasi, masah sampai kepala dokter mendatangi saya πŸ˜› . Dr. Schumacher memeriksa saya dari alat kelamin halahhh tadinya mau nolak dokter cowo nih, selama ini kan saya ditangani dokter cewe. Eh ko diperiksa dokter cowo tidak sakit ya hehe padahal sama dokter yang cewe sehari sebelumnya sakittt amat!.

Saya masih sempat berargumen tuh dengan Dr. Schumacher saya bilang kalau mama saya melahirkan adik saya yang beratnya 3,7 kg bisa dengan normal. Trus dokternya nanya tinggi badan ayah saya berapa?, sedangkan Frank kan tinggi besar, jadi ya menurut si dokter ga bisa bandingin saya dengan mama. Saya bilang lagi, kalau dioperasi tuh sakitnya setelahnya kan??, bahkan kadang ada yang luka bekas operasinya lamaaa baru kering. Eh dokternya bilang β€œdioperasi tidak sakit, malah setelah dioperasi langsung bisa beraktiftas”. Saya kira oohh berarti beda kali ya di Indonesia dan di Jerman, mungkin sudah canggihlah cara dioperasi di Jerman kalau tidak sakit.

loading...

Dokter keluar ruangan, sekarang bidannya yang berusaha meyakinkan saya kalau β€œjalan terbaik adalah operasi” katanya kalau saya lahiran normal, kepala anak bisa saja keluar dan yang dikuatirkan badannya nyangkut karena berat anak yang besar, nantinya akan lahir cacat.

Sebel banget sih, saya kira datang hari itu bisa lahiran normal seperti yang sudah disepakati sebelumnya, ternyata dua dokternya kekeuh banget supaya saya melahirkan dengan cara operasi. Sangking sebelnya, yang tadinya pengen tanggal 20 Juli aja di operasinya supaya bertepatan dengan perkawinan Frank dan saya (nikah di catatan cipil) saya bilang β€œya udahlah kalau sama aja memang harus dioperasi juga, sekarang aja langsung dibelekkkk nih perut saya” ngapain di lama-lamain lagi.

Saya pengen hari itu juga 15 Juli karena seminggu itu jadwal Frank sekolah jadi ya dia bisa bolos untuk nemanin saya, kalau nunggu minggu depannya lagi Frank harus kerja, masah saya sendirian di rumah sakit, males banget deh πŸ™ .

Mama kan ikut nganter (diruang tunggu) saya keluar sebentar bilang kalau mama akan diantar pulang oleh Frank soalnya saya akan dioperasinya sore.

Frank dan saya harus mengisi banyak formulir dan menandatangi lembaran pernyataan resiko dari proses operasi. β€œtuh kan dioperasi lebih berisko dong sampai kita disuruh tanda tangan segala?” . Ada satu formulir yg lucu loh, Frank kan bisa nemanin saya di ruang operasi nah kalau Frank pingsan atau ada kejadian yang tidak diharapkan maka semuanya akan diluar tanggungan rumah sakit dan asuransi πŸ˜€ .

Sambil mengisi formulir masuklah seorang dokter yang memasang alat untuk persiapan alat infus. Dari alat tersebut dia mengambil darah saya 3 tabung kecil.

Persiapan mau dioperasi.  Darah diambil dari tabung kecil tsb jadi tidak perlu bolak balik di ambil melalui jarum suntik
Persiapan mau dioperasi. Darah diambil dari tabung kecil tsb jadi tidak perlu bolak balik di ambil melalui jarum suntik

Selesai mengisi formulir-formulir, Frank dan saya menghadap dokter anestesi, kita diwawancarai apakah ada riwayat penyakit dari kita berdua dan keluarga. Selesai wawancara kita tanda tangan surat pernyataan lagi. Halahhh ko jadi serem banget ya, seumur-umur saya belum pernah dioperasi,bahkan dirawat dirumahsakitpun belum pernah. Operasi akan dilakukan sore hari sekitar jam 3. Saya tidak boleh makan dan minum kira-kira 5-6 jam sebelumnya. Laperr lihat Frank akan siang πŸ˜€ .

Menunggu Waktu Operasi rasanya lama betul, ditambah rasa lapar komplitlah
Menunggu Waktu Operasi rasanya lama betul, ditambah rasa lapar komplitlah

Setelah Frank selesai makan siang, kami bertemu bidan Susanne lagi dan diantar ke satu ruangan dimana sudah ada tempat tidur untuk saya masuk ruang operasi nanti. Saya disuruh lepas pakaian dan pakai baju operasi (yang belakangnya terbuka dari atas sampai bawah hanya ada tali pengikat), lalu Frank pakaikan stoking amat super ketat ke saya. Saya lepas jam tangan dan anting, taruh ditas. Tas digeletakin saja di ruangan, untungnya sih aman-aman saja ya πŸ˜€ .

loading...
Kata mama  sms yaaa pas mau operasi. Ini lagi nunggu detik-detik ke ruang Operasi
Kata mama sms yaaa pas mau operasi. Ini lagi nunggu detik-detik ke ruang Operasi

Sudah rapih pakai baju operasi, saya diajak ke kamar sebelah oleh bidan

untuk ke halaman berikutnya klik β‡’ Next/Lanjut

About these ads
loading...

135 thoughts on “Cerita Melahirkan Melalui Operasi Caesar

  1. Alhamdulillah istri saya ketika melahirkan tidak caesar … πŸ™‚

  2. Akuuu mba, cesar juga…. Dari awal hamil, aku keukeuh bilang ke dokter, “Saya HARUS CESAR dok. ” Kalo sampe tuh dokter nolak, aku udh pastiin bakal cari dokter lain… syukurnya dia mau πŸ˜€ Soalnya kebanyakan dokter2 tua gitu ga mw cesar klo msh bisa normal… Alasanku cesar, krn aku ga mw ngerasain sakitnya, dan mama mertua bilang, aku ga boleh triak2 kalo melahirkan.. hrs DIAM SERIBU BAHASA… gila apa ya, jelas aja aku lgs bilang ama suami, “Aku harus cesar…aku ga bkl tahan disuruh diam pas melahirkan normal” Dan suami nyerah..

    dokter di RSIA tempat aku melahirkan lumayan ahli….selesai operasi aku ttp diksh infus penghilan sakit selama 2 hari.. efeknya? Jelaslah aku ttp ga kesakitan setelah operasi… dan setelah 2 hari, rasa sakitnya cuma nyut2 doang mba.. kyk gigit semut.. See, operasi itu ga skit samasekali… mendingan gini drpd normal.. dan bks ops ku udh pudar bangeet ga terlalu kliatan… krn cream yg rutin aku pake..

    Makanya aku suka heran ama temen yg bilang skit bgt kalo operasi selesainya…yeee, dokter dia aja mah yg jago kali ;p So, seumur2, aku ga bkl mau melahirkan normal πŸ˜€

    1. Hahaha kalau mau teriak boleh aja ko mbak, kan di ruang bersalin ga ada ibu hamil lain πŸ˜€ .

  3. Salam kenal Naela. Saya dari Malaysia. Saya suka baca catatan Naela dan suka melihat foto Ben…

    1. Salam kenal juga ibu Sabariah, terima kasih sudah mengunjungi blog saya πŸ™‚ .

  4. Saya telat baca,,,xixixi
    saya jg pakain induksi meski di detik-detik terakhir.
    Sempat was was krn seminggu sblm lahiran debay katany jg 3,7kg
    eh pas lahir 3.3kg.

    1. Hahaha iya lebay ya bilangnya bayinya gede ga bisa normal yaelah ga taunya .. πŸ˜€ .

  5. […] Emaknya Benjamin / Agustus 11, 2014 […]

  6. Benjamin ganteng banget…. Aku dua kali melahirkan caesar, di Indonesia… Gak sakit sama sekali setelahnya…. 24 jam kemudian udah boleh duduk, langsung lanjut jalan…. Cuma rasanya rada kaku2 dikit awal2… Seminggu udah gak kaku lagi. Apa tiap orang beda ya? Karena ada juga yang bilang abis caesar sakit banget rasanya.

    1. Hai mbak Citra, kayanya sih tiap orang beda2. Saya 3 minggu baru benar2 pulih dan bisa beraktiftas spt biasa πŸ˜€ .

  7. wah mbak new mom jga ya….udh lama g main kesini jd baru tau ada sikecil ben …selamat y mbak… sya kmren juga d caesar, saya 3 hari baru bisa bangn dr tempat tdur dan btuh sktr 2 mggu lbh utk bs berjalan norml…ttp smp skrg pun kdg masih ngilu2 dikit…caesar emg ribet deh…

    1. Terima kasih mbak Izza, selamat juga ya buat kehadiran si kecil. Saya 3 minggu baru benar-benar pulih, untungnya saat itu ada mama tercinta yang menemani saya, krn saya ga bisa langsung ngurus si kecil.

  8. yulan hakim

    haiii baby ben! we have same birthday lohh! yippppiiiie! πŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™Œ
    .hai hai mbak nella,seneng bgt deh baca blognya,, ini udah hari ke8 aku baca blognya, dicicil dikit2, tp udh baca juga sih sebagian besar cerita di tahun2 sbelum ini πŸ™‚ ,udh berkunjung juga ke bbrp blog kapur yg mbak nella suggest.. bbrp diantaranya ada yg udh pernah saya cicil baca juga, blog mbak siti & mbak nonik.
    tp krna baca blog mbak nella ini, minggu lalu saya sm sodara saya juga udh iseng2 daftar asiandating hihihihihi :p ,kami berbekal quote “nyari rejeki & jodoh jgn cuma lewat 1 pintu”.
    .oiya,wktu itu nemu link blog mbak dari kolom komen di blog kak trinity. love to know u here mbak nella.. sehat2 terus yah disanah.. πŸ™†β€

    1. Hai Yulan makasih ya sudah mampir ke blog saya πŸ™‚ . Wah udah ada brp ya yg sama ultahnya di Benjamin, ntar saya hitung para komentar yg ultahnya sama dg Ben hihi. Semoga beruntung juga ya di online dating πŸ˜‰ .

  9. Mba Nelaaa baru kali ini deh baca proses kelahiran caesar yang lengkap kaya gini haha. Aku ini paranoid sama yang nama2nya ngelahirin2, soalnya pas di sekolah dulu sex ednya dikasih liat video melahirkan… trauma deh sampe skrg. Sakit gak tuh pas disuntik bius di spinal cordnya? Congrats yaaaa buat kelahiran baby Benjamin, so cute! πŸ™‚

    1. Pas disuntik ga sakit, cuma kaget ketika di oles cairan dingin sebelum jarumnya masuk πŸ˜€ .

  10. Selamat Mbak Nella. Eh salam kenal juga, untuk Mbak Nella, Mas Frank (sok ikrib) dan Benjamin. Cakep bingits lo si Ben ini :D. Gimana pun cara melahirkannya, perjuangan seorang Ibu itu memang luar biasa Mbak. Aku merinding bener deh bacanya. Dan di bagian perawat laki2 yg ngomong dirimu ga ngerti2 apa yg dia bilang itu, berasa pengen nabok ya πŸ˜›

    1. Hai mbak Ayu salam kenal juga, makasih sudah mampir πŸ™‚ .
      Semoga kalau saya nantinya melahirkan lagi di rs yg sama ga ketemu tuh perawat lagi πŸ˜† .

  11. terakhir baca n komentar tulisan mbak waktu itu mbak belum hamil, n ternyata sekarang udah punya baby belasteran yang lucu. jujur aku iri mbak(iri yang positif ya πŸ™‚ ) karena sampai sekarang aku masih berjuang untuk bertemu dengan Mr. Bule ku sendiri. aku ingin punya baby yang lucu belasteran kaya baby mbak… semoga baby, mbak n suami sehat selalu ya.

    1. Hai mbak Santi, saya doakan semoga cepat bertemu pujaan hati ya. Tetap SEMANGAT mencari πŸ˜‰ .

  12. dian

    Salam kenal mba nela, br nemu blognya mba nela ditengah kegundahan hati sptnya melahirkan secar hikkss skr kehamilanku udh 36 w dan dede msh aja posisi lintang entah knp sebulan lbh diajak nungging maminya jg ga mau turun2,akhirnya pasrahlah daku,klpun nti sc.. Mba nela kmrn sc sakit yah?duhh jd tmbh tkut aja nih..secara ama jarum suntik aja ngeri boo..itu mb nella sc pas udh kerasa kontraksi2 apa blm mba..

    1. Hai Dian salam kenal juga ya πŸ™‚ . Sudah coba konsul ke bidan? adikku pas mau lahiran, bayinya di putarin sama bidan bisa ko.

      5 jam setelah operasi sakittt spt mau mati πŸ™ . Saya nahanin sakit krn saya pikir klo dikasih obat kuatir keluar melalui asi kasihan dong si kecil ikutan makan obat, ternyata setelah operasi asi ga langsung keluar ko, jadi klo nanti km rasa sakittt banget langsung minta penghilang rasa sakit ya. Ga terasa kontraksi kan saya lahiran melalui operasi sesar, 4 hari lebih cepat dari prediksi lahiran normal.

  13. fietha

    Nah lhooooo, dah lama ga main kesini tau-tau udah melahirkan aja Mba Nela? Selamat menjadi ibu yah mbak, diriku nanti nyusul 4 bulan lagi, hehehe

    Saya juga was was nih mbak, pengennya sih lahiran normal. cuman ini body kurus bener emang dah dasarnya dari sono. Bubid bilang kalo mau normal, bayinya dijaga biar ga gede, maksimal 3 kg an. cuman ya gimana caranya ya, kan pertumbuhan janin katanya pesat banget, hiks. ini aja berat badan dan naik 7 kg, tapi sy masih merasa kurus, hahaha…

    Kebayang nanti yg ngurusin tanaman ku siapa klo lahiran, hiks

    1. Hai Fie aku senang deh kamu kembali ngeblog, seneng baca2 tulisanmu lagi πŸ˜€ .
      4 bulan lagi ada kemungkinan bb mu naik deh, soalnya 1-2 bulan menjelang lahiran laparrr melulu πŸ˜† .
      Makanan di banyakin sayuran dan buah2an aja Fie. Waktu hamil lalu bb aku toal naik 10 kg.

      Setelah lahiran, tanaman cuma kusiram2 aja, ga sempat ngurusin detail hehe.

      1. fietha

        Makasih mba, bosen juga ga ngeblog, heheh
        5 bulan udah 7 kg nih mba πŸ™ trus juga kurang doyan ma sayur, soalnya suami ga doyan sayur, jadinya saya ikut2an de jarang makan sayur.. Tapi diusahain deh, demi si debay, hehehe

        1. Iya usahin Fie banyakin makan sayur dan buah, jangan kebanyakna karbohidrat nanti dedenya makin cepat besar πŸ˜€ .

  14. Fransisca Anetzeder

    Hi mb Nela… Seneng baca blog nya,sharing ttg jerman dan pengalaman melahirkannya. Soalnya sy jg baru di jerman, dan sedang hamil juga,hihi…bs bahan pelajaran penting. Saya lg deg2an nih mb,blm tau bs melahirkan normal atau caesar,krn kasus kita hampir mirip…suami ku tipikal Jerman yg tinggi gede,dan ak tipikal asia yg kecil mungil. Dokter jg ud blg klo mgkn baby ku besar. So far sih semua normal,posisi baby jg normal,tp ntr hrs dicek lg bs normal gak… Klo caesar slm 3 minggu itu hrs butuh bantuan ya mba di rmh? G bs ngurus baby sndri? Ini nih yg bkn agak takut,krn kan suami kerja,ga ada yg bantuin. Beruntung deh mb nela ditemenin mama…tp kan kita nurut aja kali yaa,klo dokter blg bs normal,yaa normal,klo hrs caesar kyk mb nela,jg nurut aja deh ya… Pengalaman pertama hamil dan di luar negri pula,jauh dari keluarga,hehe…

    1. Hai Sisca, selamat ya buat kehamilanmu, semoga lahirannya bisa normal πŸ™‚ . 2 Minggu itu ngurus diri sendiri aja aku kesulitan, soalnya tiap kali gerak bekas jahitannya sakit. Kalau ditambah ngurus si kecil yg rewel melulu ga kebayang klo ga ada mama. Seminggu nya lagi badan mulai rada enakan. Berpikiran postif saja Sis, kan tiap orang beda2 daya tahan tubuhnya, siapa tahu kamu akan cepat pulih. Oh ya berpikiran positif juga bisa lahiran normal, klo normal bisa langsung ngurus anak loh πŸ™‚ . Coba tanya suami siap tahu bisa ambil cuti pas kamu lahiran, soalnya stres kali kalau menanggani bayi sendirian.

  15. grace

    nela..congrat..salam sayang untuk benjamin:-*

  16. arianimartini

    Selamat Mbak atas kelahiran Putra tersayang semoga kelak menjadi anak yg berguna dan berbakti pd kedua Orangtua,cepet pulih kesehatannya ya…..

    1. Aminnn makasih ya mbak Ariani buat doanya πŸ˜‰ .

  17. selamat datang Benjamin, semoga sehat2 yach dan kak nela cepat pulih dan kembali beraktifitas.

    1. Thanks ya Adelina πŸ™‚ . Sekarang aku sudah pulih, sudah bisa beraktifitas lagi πŸ˜€

  18. Temen sebelah ku 2 minggu lebih katanya kak pemulihan pasca sesar..

    Lucuuu bangett Baby Ben πŸ˜€ Jauhh banget pengen gendong.. Sehat2 teruss yah Mama dan Baby πŸ˜€ Ehh ama bang Frank juga deng.. πŸ˜€

    1. Hi Py, aku baru pulih setelah 3 minggu 😳 . Makasih yaa πŸ™‚ .

  19. Aku pun sesar kak.. Barusan aku tulis di blog yang pregnancy.. Yang penting semua sehat ya kak :*

    1. Iya Eka yg penting semua sehat πŸ™‚ . Sipp meluncur ke blogmu πŸ˜€ .

  20. Ngebacanya ikut tegang mba… hehe… Titip cubit pipi benjamin ya mba… Xixixi

    1. Hehehe hai Firsty sudah ku cium aja pipi Benjamin πŸ˜€ .

      1. hihi… gapapa deh dicium juga… πŸ˜›

  21. Aku pun pengennya normal Mbak. Tapi mulai minggu ke 11 kemaren pas USG kata dokternya janinku udah melebihi ukuran normal yang harusnya 3.7 cm udah 4.1 cm.
    Waktuku masih panjang, smoga nggak melebihi ukurannya biar si emak bisa normal aja

    Eniwei, selamat ya Mbak Nella dan Frank.
    Untuk Benjamin, jadi anak yang cerdas dan patuh sama orangtua ya Nak…
    Cium hangat dari Indo πŸ™‚

    1. Hai Winda iya waktumu masih lama ko, semoga nantinya bisa lahiran normal ya πŸ˜‰ .

  22. waaaah selamat jadi ibu^^. welcome to the jungle hehe

  23. selamat yaa mbak… atas kelahirannya…

    1. Thanks ya mbak Aisyah πŸ˜‰ .

  24. HOREEEEE udah lahiran, Benjamin ganteng banget. Tapi baca prosesnya agak takut juga.
    Once again congrats ya…

    Luv
    Esa

  25. nelsons

    Wah selamat ya ito atas kelahiran anaknya.. perjuangan melelahkan yah..

    ( link nelson-s.co dihapus karena domain tidak aktif lagi. 15.09.2016 )

    1. Mauliate ito Nelson πŸ˜‰ .

  26. Hi Mb Nella,

    Selamat menjadi ibu baru yaa.. aku ga bisa komentar banyak tapi moga2 mba Nella menikmati peran baru sekarang, artikel ini menarik walopun aku blom menikah apalagi punya anak (malah curhat) πŸ˜›

    Tadi pagi aku dapet notif klo aku di-follow Mb Nella, hehehe.. senang sekalii πŸ˜€ sesungguhnya aku ngefans sm blog ini dan cuma pernah ninggalin 1 komentar selebihnya cm jd silent reader.. jd malu :”)

    Salam kenal Mb Nella! Salam jg buat Mamanya, Frank, dan si kecil (kaya dia udah ngerti aja salam2an) πŸ˜€

    • Utie
    1. Hai Utie salam kenal juga ya makasih sudah berkomentar πŸ˜‰ . Kalau ada yang follow blogku, trus aku mampir dan nichie blognya aku suka pasti aku follow balik :D.

  27. nana1803

    Selamat yaaa…
    Saya juga caesar 14 juli 2011.. BB bayi 4,3kg πŸ˜€
    4 hari habis caesar udah di suruh latihan jalan2 sama nenek.. sakitt bangett :'(
    1bulan lebih baru ga sakit lagi, maklum.. lahirannya di kota kabupaten di kalimantan… kebayangkan beda teknologinya sama disana ^^v

    1. Hai mbak Nana, sama lah kita ya, saya juga setelah lewat 3 minggu an baru ga sakit lagi, baru bisa lari-lari lagi ngejar bus dan kereta hahaha. Wah anakmu besar sekali mbak πŸ˜€ .

  28. tammybrighten

    Selamat Nella, Elterngeld ma Kindergeldnya dah ngurus kan yah?

    1. Thanks ya mbak Tammy πŸ™‚ . Iya lagi ngurus, kemaren kedua berkas baru kirim via pos.

  29. Cut Isyana

    Aku tiap baca atau denger cerita tentang lahiran bawaannya deg-degan excited Mbak. Deg-degan karena sakit tapi excited karena akan punya bayi. Haha..
    Hai Benjamin, selamat datang di dunia ini.. Semoga bisa jadi anak yang baik buat Mama Papa ya.. πŸ™‚

    1. Makanya waktu aku hamil ga terlalu banyak baca2 proses melahirkan, kuatir jd takut aja hihi :D. Aminn makasih Nyanya doanya πŸ˜‰ .

  30. Cut Isyana

    Deg-degan bacanya, Mbaak..
    klik next dulu yah.. πŸ˜€

  31. Semua tergantung ukuran lingkar kepala bayi dan lingkar tulang panggul, bukan ukuran besar bokong ya, krn byk juga ibu2 yg bokongnya besar tp ternyata lingkar tulang panggulnya kecil,
    anyway, yang penting kan si dedek Benjamin sehat
    kakakku yg pertama melahirkan normal n yang kedua caesar (krn kembar 3), yang normal jaul lbh cepat recoverynya

    1. Pinggulku besar tp dokter ngotot spy aku operasi. Yup yg penting Benjamin sehat πŸ˜‰ . Wah kembar 3 ga kebayang deh repot ngurusnya, 1 aja pusing nih πŸ˜€ .

  32. Mau operasi atau normal yang penting anaknya sehat ya mbak. Cuma kalau pengalaan aku normal seh emang gitu, aku tengah malam melahirkan. Besok paginya udah mandi cebang cebung sampe bersih. Malahan disaranin sama dokter biar sering sering jalan 😁

    1. Ibu yg satu kamar dgku lahiran normal, langsung bisa beraktifitas ngurus bayinya. Ngiri liatnya πŸ˜€ . Hari pertama aku msh tergeletak tak berdaya di tempat tidur.

  33. kalo disini kayaknya tergantung dokternya kak.. kalo dokternya jago operasi, kayak temenku, hari ini operasi, besoknya uda bisa pecicilan… tapi ada juga temenku yg kayak kakak…baru 2-3 mgg baru sembuh… makanya sebisa mungkin aku menghindari operasi, biar kata anaknya cepet keluar, tapi pulihnya lama… tapi apapun itu, yg penting babynya sehat2 ya kak… aku jaga2 nih biar babynya ga ndud hehehee…

    1. Iya Mel klo bisa normal mendibgan normal aja, jd bisa langsung ngurus si kecil. Di operasi sengsara setelahnya πŸ˜† . Aku juga sdh jaga2 ga makan banyak, berat badanku naiknya 10 kg, ternyata si dedeknya ngambil byk makannya jd ndut deh dia.

  34. Horas Ito Nella,

    Akhirnya saya khatam juga dengan blog ito (saya baca dari awal dibuat sampai posting terakhir). Ceritanya seru apalagi di bagian jalan-jalannya. Saya suka blogwalking dan beruntunglah bisa kesasar di blog ito.

    Selamat ya buat kelahiran putranya Benjamin Emanuel. Oya, gimana ya caranya merahasiakan jenis kelamin bayi ke Frank sewaktu ditelepon, padahal kan waktu ito belanja perlengkapan bayi, Frank pasti selalu menemani… πŸ™‚ Pasti ada pengalaman lucu, dalam misi ini. πŸ˜›

    Horas

    1. Horas juga ito, pas belanja2 kebutuhan bayi saya pergi sendiri trus saya sembunyikan barang2nya πŸ˜€ . Lucunya Frank tahu jenis kelamin bayi kita krn bapaknya tipe ga bisa simpan rahasia, lgpula bpknya pengen cucu cowo. Suamiku itu liat bpknya senang banget plus sdh cerita ke tetangga2 ya udahlah ketahuan πŸ˜† .

      1. Wah, jadi gak surprise dong! Keluarga di Indo juga sepertinya lebih prefer pahopu lelaki kan? Tapi sayang tidak bisa meneruskan ‘klan’ (macam di film-film) Silaen, πŸ™‚

        Wah ribet juga ya belanja mesti sembunyi-sembunyi.

  35. netty

    Selamat sekale lg mbak nella atas kelahiran dedek benyaminny ya. Q lahiran anak kedua operasi jg krn BB bayi kata dokter 4 kg jd possi Bayi tidak turun2 makny susah lhiran normal. tgl 28 juli 2010 dokter bilang hrs operasi jd ke rs diperiksa semua darah, urine dan denyut jantung bayi. Tgl 29 jam 9 operasi jam 10 selesai. Keesokan hari q belajar putar kanan putar kiri, esokny belajar jalan dan 2 hari kemudian keluar dari rs. Setelah hampir tiga minggu q beraktifitas kembali tapi tidak terlalu diforsir, bekas operasiny lama2 hilang d putih kembali.

    1. Terima kasih mbak Netty πŸ˜‰ . Wah 2 hari mbak sdh boleh pulang ya, itu permintaan mbak atau dari rs. nya?. Klo di tempatku lahiran normal nginepnya 2 hari, klo operasi 5 hari.

  36. Hi mbak Nella, salam kenal yah…
    Ternyata dokternya yang ngotot operasi yah, kirain disitu pro normal. Di tempat kita tinggal (Canada) sini pro-normal, jadi biar bayinya gede kalo gada komplikasi diusahain normal. Disini USG terakhir di usia kehamilan 18w jadi gatau berat bayi terakhir sebelum lahir. Sewaktu anak ke-2 lahir baru tau ternyata gede juga, berat 4kg dan panjang 56cm…hehehe…waktu itu sempet kepala di atas dan udah pernah diomongin ada kemungkinan mesti operasi, ternyata bisa melahirkan secara normal lagi.

    Yang penting semua sehat2 ibu dan babynya, selamat ya buat kelahiran Baby Benjamin πŸ™‚

    1. Hai sis Feli salam kenal juga ya πŸ™‚ . Sebenarnya aku mau ko nyoba normal, berhub. Dokternya ngotot ya udahlah. Untung juga sih di operasi krn ternyata anakku lehernya kelilit plasenta.

      1. Wah untung caesar ya, kalo terlilit plasenta bisa-bisa asphyxia bayinya… ih serem. Tapi untung semuanya berlalu dengan lancar.

  37. Bisnis Pulsa

    Selamat ya, semoga dedek bayinya sehat selalu. (duniapulsa.biz linknya dihapus karena tidak aktif lagi. 04.10.2015)

  38. Aaak selamaaat. Perjuangannya super ya :’). Semoga aku juga nantinya lancarr.. aamiin

    1. Hai sis Yuli kalau bisa normal sebaiknya normal saja πŸ™‚ .

      1. Iyah maksudnya semoga bisa normal dan lancarr. Aamiin πŸ˜€

  39. Dengan prioritas keselamatan ibu anak, operasi jadi sarana, kemajuan luar biasa kini dengan bius lokal ya Jeng Nella.
    Anak kedua kami lahir c. caesar dengan berat 2.6 kg posisi sungsang, pemulihan berlangsung normal dengan menghindari angkat berat.
    Jarak lahiran anak ke 2 caesar ke anak ke 3 normal yang rapat (19 bulan) bikin sungguh deg2an.
    Selamat momong Benyamin ya Jeng Nella bersama arahan Oma.

    1. Sama bu Prih, disini dokter bilang pasca OP sebaiknya ga hamil dulu selama setahun πŸ˜‰ . Aku kadang bandel msh angkat yg berat 😳 dokter bilang sih jangan angkat2 lebih dari 5 kg.

  40. bacacnya aja udah ikutan kayak ngosngosan mba. panikkkkk. tapi syukur deh. mba sama dedek ben nya sehat sehat. πŸ™‚
    Mba nela, banyakin foto ben donkkk. πŸ˜€ unyuuuu banget dedek ben-nya.

    1. Ntar yaa Chit nyusul foto2nya, aku harus kecilin dulu ukurannya πŸ˜€ .

  41. Chelle Handojo

    si mama anak 4 lairannya sesar semua loh… cuma keknya cepet pulihnya..
    cuma ada kakak sepupu yang juga sesar, tapi gegara ada keturunan diabet bekas lukanya ga kering2… malah pernah kebuka lagi :/
    cuma sekarang udah seger buger lagi πŸ˜€
    dan duuuh, baby Ben cakep banget jadi naksir hihihi

    Blog/url miamichaelaa.wordpress.com dihapus karena blog diprivat. Update 07.01.2016.

    1. Beda2 kali ya Che daya tahan tiap orang, makanya mama mu cepat pulih, trus aku lama deh 😳 . Duuhh kakak sepupumu kesakitan dong ya klo lama jahitannya kering.

  42. Neeeel,….
    Lahiran normal ataupun operasi, yang penting mah sang bayi dan ibunya sehat dan selamat deeh…itu yang hrs jadi prioritas…
    Aku sih kayla & fathir dulu normal, jadi gak ngerti juga pasca operasi nyaa…

    Selamat begadang2 dan nyuci2 popok yah Neeeeel….hihihi…

    1. Semoga berikutnya pas anak ke 2 aku bisa lahiran normal deh πŸ˜€ .
      Kaga nyuci popokkkk kan pakai pampers melulu, tinggal buang aja deh πŸ˜† .

  43. membaca yang operasi lewat caesar sepertinya pada lama pulihnya
    saya dulu operasi juga melahirkan Nel, setelah melalui semua rangkaian untuk melahirkan normal (normal ini maunya dokter), saya justru mempersiapkan diri untuk melahirkan caesar (plasenta priveria), makanya semua buku tentang melahirkan secara operasi saya lahap, secara saya di rantau.
    anak saya lahir 19.45 WIB, berat 3,6Kg, setelah diruang perawatan, obat bius habis, pertama kali yang saya lakukan belajar batuk dan tertawa, belajar miring kiri-kanan, belajar menegakkan punggung, duduk, dan turun dari tempat tidur. Paginya sekitar pukul 10, saya sudah bisa jalan pelan, agak bungkuk ke kamar mandi. Hari ke 3 pulang dari rumah sakit sudah berjalan tegak. 6 hari setelah melahirkan sudah seperti ibu2 lain bawa anak imunisasi ke RS sama dokter anak waktu melahirkan.

    1. Duuhhh batuk, bersih dan tertawa terbahak-bahak malah kuhindari tuh Sal soalnya sakitt banget ke jahitannya πŸ™ . Hebat kamu Salma stl 6 hari bisa beraktifitas normal πŸ˜‰ .

  44. Duuhh baca cerita melahirkan mau normal n operasi tetep aja sama deg2an nya. Tapi happy ya mba benjamin sehat dan lucu banget. Aku juga dulu caesar. After obat bius abis langsung disuru gerak dan jalan. 4hr dirumah sakit. Pesan dokter dan suster justru kita harus banyak gerak dilawab walau emang si perih2 asoy gimanaa gitu yaa heheheh. Biar kata caesar aku tetep pake bengkung perutku heheh selama kurleb 1.5bln. Karena aku banyakin gerak jadi sekitaran 1 mingguan dah ilang and kalau bekas jaitan si jujur sampai sekarang masih ada mba. Semoga mba nella gak ada bakat keloid ya. Minta salep khusus aja mba ama dokter biar cepet hilang. Semoga membantu. Kissseees gemes buat baby banjamin 😘

    1. Aku ga bisa gerak selama sehari Nis, pas mau operasi dipasangin kateter jd ya bisa tiduran aja ga bolak balik ke wc. Besoknya nyoba bangun sakitt ga bisa digerakin kaki πŸ™ . Bekas jahitan baru hilang sakitnya stl 3 minggu.

  45. Ceritanya seru banget ya mbak…
    Yang baca jadi ikut deg-degan lho, ngebayangin prosesnya berlangsung,
    untung ngak disertai foto ben saat berdarah-darah πŸ™‚
    Ditunggu cerita selanjutnya…

    1. Ga boleh potret2 di ruang operasi πŸ˜€ .

  46. semoga cepet pulih kak Nella πŸ™‚ belom pernah dioperasi jadi ga pernah ngerasain sih, cuma denger2 memang pemulihan cesar lebih lama dibanding lahir normal..
    ditunggu postingan update foto2 baby Benjamin yg cute πŸ˜€

    1. Terima kasih Clarissa πŸ™‚ . Ditunggu aja ya foto2 Benjamin πŸ˜€ .

  47. Embakkk… Saya belum pernah melahirkan, belum nikah juga sih,,,
    tapi semoga nanti saya normal kalo melahirkan, amin

    Btw, selamat atas kelahiran putranya ya mbak :*

    1. Thanks ya Annisa. Kalau bisa normal iya normal aja melahirkannya, jadi cepat pulih trus bisa ngurus bayinya πŸ™‚ .

      1. Iya mbak, doakan saya cepat dapat jodoh ya… (*eh malah… hihihi

  48. iya dulu esther pas lahiran c-section (pas andrew) juga rada lama pulihnya. kayaknya sekitar 3 mingguan juga dah. seinget gua waktu itu kalo dia batuk atau ketawa tuh bekas jaitannya sakit.
    beda banget ama pas lahiran normal (pas emma), cepet banget pulihnya. abis lahiran, gak pake lama (mungkin sejam atau dua jam kali) udah bisa jalan.

    1. Benerrr bangettt Man, harus hindari jangan sampai batuk dan bersin juga krn sakit di jahitan OP. Nah tuh dia yg gw pengen, klo normal langsung bisa jalan. Gw hari ke 2 hrs belajar jalan msh dituntun, trus selama seminggu datang perawat nemanin gerak badan πŸ˜€ .

  49. mbaaaaaa speechless bacanya
    semoga segera pulih keadaannya ya
    semangat mba πŸ™‚

  50. Mbaa, Aku bacanya sampe mules2. pernah liat perempuan melahirkan caesar waktu kakaknya temenku lahiran kebetulan sama suaminya di video-in gitu. trus kita2 pada nonton deh di kantor huaaaaa.. semua muka tegang termasuk kakaknya temenku hehehe… Anaknya kembar, sampee lamaaaaa bangeet hehehe
    Mau ceasar atau normal yang penting ibu dan baby nya selamat dan sehat yaa mba πŸ™‚

    1. Di tempatku sini ga boleh potret2, ga ngerti apa seluruh Jerman memang gitu aturan di dokter kandungan dan rs. Sayang banget ga ada dokumentasinya πŸ™ .

  51. Wah cepat ya, ternyata Baby Ben sudah hampir satu bulan umurnya sekarang. Fotonya lagi dong Mbak, pengen lihat perkembangannya juga πŸ™‚
    Anak-anakku dulu dua-duanya lahir cesar juga. Kalau yang pertama memang atas anjuran dokter, sedangkan yang kedua, istriku sudah keenakan cesar, jadinya minta di-cesar lagi πŸ˜›

    1. Iya Chris nanti ku update foto2 terbaru Ben πŸ™‚ . Mungkin krn aku baru pertama kali OP jd sakit bangett kali ya.

  52. clararch02

    Aih mau deh hamil dan melahirkan di Jerman, biarin aja dibilangin kaga ngerti Deutsch, hihihi…

    1. Aku juga ga ngerti2 banget ko, sehari2 PD aja klo ngomong, kalau yg penting misal ke dokter selalu dikawal Frank hehe πŸ˜€ .

  53. panjang banget yah mba prosesnya, tapi akhirnya membahagiakan yah, benjaminnya ganteng beneeeerr….

    1. Iya panjanggg πŸ˜€ thanks ya Dian πŸ˜‰ .

  54. selamat, mbak.
    semoga segera pulih

    sudah dua orang blogger yang bikin postingan melahirkan. dua2nya cesar..

    1. Terima kasih bang Jampang πŸ˜‰ .
      Aku pengen lahiran normal sih, ada daya dipaksa dokter hrs OP .

  55. wah bacanya seru ya, jadi ingat operasi saya tapi kan walau bukan lahiran saya operasinya bius lokal juga malah yang nanganin 5 orang juga….
    pulihnya seminggu lah… btw, mana mbak update foto terbaru benjamin dan kabar ibunya di jerman gimana? gak kaget ama cuaca disana?

    1. Iya ya mbak banyak yg nangani pas operasi, aku baru tau πŸ˜€ .
      Iya ntar deh ku update foto Benjamin dan mama πŸ˜‰ . Cuacanya enak kata si mama, adem πŸ˜€ .

      1. sama disni juga adem gak mandi keringat cuma masih dingin bagi saya……

        orng semua pakai baju biasa saya pake sweater karn mmg panas sih tapi berangin dan dingin 20 celcius yaaa iyalah dingin bagi saya yang sepanjang hidup dengan cuaca 25 celc – 38 celc………….. tapi saya suka gak keringatan …………mandinya kurangi aja 1x sehari…lol

        1. 20 derajat klo di Indo tuh dingin krn pasang ac πŸ˜€ . Ntar balik ke tanah air gerah lg deh mbak hehe. Klo dingin mandi 2 hr sekali aja wong ga keringatan hahaha πŸ˜† .

  56. Pertolongan dari sang mama pasca lahiran otu emang luar biasa ya kak. lucky you.
    Ka nella lama juganya 3 minggu. Aku waktu lahiran anak pertama bener2 mau mati rasanya pas mau belajar duduk pasca operasi… apalagi belajar berdiri dan jalan…asli aku ampe nangis. Butuh 3 hari sampe bisa jalan normal. Trus masa nifasku juga lama banget sebulan lebih (.pake pembalut selama sebulan…darah ga brenti2..heran)
    Trus butuh setahun sampe rasa nyut2 di bekas operasi baru hilang.

    Tapi anak ke 2 ku kan operasi lg kak nel…tp serba gampang dan ga sakit. Cepet banget pulihnya. Ga pake nangis deh.

    Cerita kehamilan emang beda2 ya kak.
    Btw….Benjamin so handsome….update fotonya ben lagi donk πŸ™‚

    Sehat terus ya Ben and mamanya πŸ™‚

    1. Iya Jo untung bangettt ada mamaku disini, ga kebayang klo berdua suami aja pasti hepott πŸ˜† . Samaa Jooo aku ngerasahin hampir mati hari pertama nahan sakitnya, nangis sesegukan, mamaku sampai bilang “udahlah punya 1 anak aja, sedih lihat aku nahan sakit” hahaha. Sdh 4 minggu darah nih msh keluar cuma sedikit2sih, kadang keluar, besoknya bersih, besoknya datang lagi, kata mama klo Operasi ya begini sedikit2 keluarnya, klo lahiran normal langsung keluar banyak.

      Ntar deh ya foto2 baru Benjamin,soalnya malas ngecilin sizenya πŸ˜€ .

  57. Wah benar benar panjang tapi seru ceritanya…

    coba di indo pasti udah disuruh nginep aja di RS. oh ya nel kenapa pakai stoking ya jadipenasaran..? wah resek tu perawat cowoknya jelas2 kamu paham maksud dia cuma dianya ngak sabaran.
    untung ada susane…
    kalau teman teman aku yg caesar rata rata emang lama, trus pada minum obat cina 4 jam setelah obat dari dokter biar cepat kering dari dalam. plus buat jahitanya jg pakai perban khusus duh ribet dah..
    Aku juga suka dokter cowok lebih telaten cos dokter aku buat konsul jg cowok hehe.

    wah kenapa ngak da foto baby benyamin yg baru pasti sekaranp udah berubah mukanya, cos masih berubah ubah…
    wah panjang benar ya komen aku haha maap ya nel.

    1. Pakai stoking spy ga bengkak kaki, detailnya ntar kutanya Frank lagi deh dia kan perawat juga jd tau πŸ˜€ . Mamaku bilang klo tau aq di OP mau bawa obat cina tuh. Jahitanku cepat kering ko Ri, sakittt banget di jahitannya, benangnya wrn hijauspt benang layangan πŸ˜† .

      Foto baru nyusul ya. Gpp aku senang ko komen panjang πŸ˜‰ .

  58. Waaaah, selamat ya Mba Nela. Benjamin ganteng. Sudah mejeng di blog dan ketemu Benjamin setelah lama gak main ke sini.Hihihihi.
    Wah lama juga ya Mba sampe 3 minggu pemulihan. Dulu istri lahiran normal Mba Nel, jadi gatahu proses pemulihan operasi bagaimana. Sehat selalu ya Mba. πŸ™‚

    1. Thanks ya Dani πŸ™‚ . Klo normal bagusnya tuh langsung bisa beraktifitas Dan, aku 1 hari geletak aja di tempat tidur πŸ™ hr berikutnya msh sakittt aja.

  59. marwanti nuraini

    Selamat ya atas kelahiran putra pertama mbak Nella…semoga menjadi anak yg dapat dibanggakan orang tuanya…amien..

    1. Amin makasih doanya mbak Wanti πŸ˜‰ .

  60. Astaga mbak, ampe dioperasi ternyata? Tapi demi baby Ben ya mbak… Semoga ke depannya sehat terus ya mbak & baby Ben 😘

    1. Iya Cha aku lahirannya dioperasi krn dokternya ngotot. Thanks ya πŸ™‚ .

  61. bagus juga ya dipertemukan dgn ibu yg sdh menjalani operasi cesar, jadi bisa lihat pasien yg menjalani OP yg sama ok2 aja.
    btw di rs nya berapa lama mbak? di rs saya kalo gak ada komplikasi dan drainagenya udah dilepas, hari itu juga atau paling lambat besoknya udah dipulangin.

    salam
    /kayka

    1. Hai mbak Kayka pas aku liat ibu lain pasca OP jadi agak tenang dikit, tp ternyata ko akunya malah sakittt luar biasa stl 5 jam πŸ™ . Klo lahiran normal 2-3 hari, OP 5 hari, tp aku disuruh nambah 1 hr spy berat anak bisa naik dulu (bb anakku sempat turun sampai 10%).

      1. lumayan banget ya bisa total enam hari di Entbindung.

        rasa sakitnya gimana mbak udah total ilang gitu apa masih on and off?

        salam
        /kayka

        1. Bosen banget 6 hr di rs. Ga bisa nonton tv, ga internetan krn ga ada wlan πŸ˜€ . Sakitnya perih di jahitannya mbak. Iya on off sakitnya, dikasih obat sih untuk sehari klo msh sakit minta tambahin obatnya.

          1. heeheh gak ada tv masih gapapa ya mbak, gak bisa internetan itu yang rada2 parah ya.

            waktu saya operasi dulu jahitannya gak sakit lho mbak, didalemnya yang rada senut-senut. sayatan di rahimnya yang bikin sakit kali ya mbak?

            salam
            /kayka

          2. Iya parah ga bisa internetan seminggu jadi ga tau berita dunia luar πŸ˜€ . Iya mbak pas di sayatan OP nya yang sakit banget, jangan sampai bersin dan batuk krn sakit klo gerak2 gitu πŸ˜† .

          3. wah bener banget mbak nel, kalo giliran batuk dan bersin gak bisa dielakkan lagi harus pelan-pelan banget sambil pegangin perut.

            salam
            /kayka

  62. t3ph

    waduh masa sampe 3 minggu ya? gw si normal lairannya jadi gabisa komen.
    Tapi Benjamin ganteng yaa, kebule2an gitu hihihihi. Kebayang kok repotnya, biasa 2 bulan pertama asli repot banged. Bisa bobok aja uda precious banged. Banyak2 istirahat dl yaa

    1. Iya Teph 3 minggu baru gw merasa sehat lagi, stl 3 minggu ga terasa sakit lagi bekas jahitannya, bisa jalan jauh lagi. Benerrr bangett bisa tidur aja seneng banget deh πŸ˜€ untungnya mamaku msh sampai awal Oktober disini jd klo malam dijaga mama πŸ˜‰ .

Leave a Reply