Cerita Mamaku Ngurus Visa Schengen Sendiri

Visa Schengen Jerman. Mama Tercinta kunanti kedatanganmu hehe
loading...

[getty src=”147505882?et=l6NsUf7TRQxx31M_Ma6AgQ&sig=tNrFtHYQQwAFraLqSLMXYgQPp_nTpdRtosmm2d7UTPU=” width=”414″ height=”470″]

 

Mengurus visa selalu membuat saya ketar-ketir, baik mengurus visa anggota keluarga maupun saya sendiri. Ketakutan sendiri kalau visanya tidak disetujui πŸ˜€ jadi sering de javu ingat pengalaman buruk pertama kali apply visa Belanda tahun 2009 (Baca: Panduan Apply Schengen Visa di Kedutaan Belanda). Bukan hanya sekali namun dua kali pengalaman deg-deg an menunggu kepastian apakah visa saya disetujui atau ditolak.

Pertama kali yang visa Belanda tersebut tahun 2009 pengalaman buruk kedua ketika mengurus long stay visa Jerman melalui kedutaan Jerman di Swiss. Saat itu saya kan ogah harus pulang ke Indonesia untuk mengurus visa Jerman (mahal tiket PP Indonesia – Jerman nya). Ketika itu izin tinggal di Swiss hampir berakhir mepet banget (izin tinggal saya sisa 2 minggu an). Petugasnya *judes* bilang untuk long stay visa butuh waktu 2-3 bulan memang benar sih kalau urus dari Jakarta ya butuh waktu tersebut πŸ™ .

Puji Tuhan, ajaib dalam waktu seminggu atau 10 hari kerja, pokoknya sebelum izin tinggal di Swiss saya berakhir tuh visa Jerman keluar πŸ˜‰ .

Jadi saya sudah 3 tahun belum pernah mudik ke tanah air 😳 .

Segitu ya sedikit cerita pembukaan mengenai mengurus visa. Kali ini saya mau menceritakan pengalaman mama saya mengurus visa schengen melalui kedutaan Jerman di Jakarta. Status mamaku ibu rumah tangga, sehari-hari mengurus (mengawasi 2 cucu yang usianya 5 dan hampir 2 tahun). Jadi walau hanya ibu rumah tangga bukan pegawai kantoran bisa tembus ko tembus visa schengennya. Tidak pakai surat keterangan kerja, wong ibu rumah tangga πŸ™‚ .

Seperti yang kalian tahu saya akan melahirkan pertengahan Juli ini. Nah pengen dong mama tercinta ada disampingku, menemani saya selama saya lahiran dan mengurus si kecil. Jadi mama akan tinggal selama 90 hari Jerman. Waktu 90 hari tersebut batas maksimum visa schengen. Kalau mau tinggal lebih dari 90 hari ribet tetek bengeknya harus ada sertifikat lulus ujian A1 Bahasa Jerman, pusing deh mamaku kalau harus kursus bahasa asing. Jadi ya 90 hari juga sudah bagus lah ya.

Mama saya sudah pernah datang ke Jerman 2 tahun lalu, bersama ayah dan salah satu adik saya Roy. Saat itu mereka hanya tinggal 2 minggu di Jerman untuk menghadiri pemberkatan pernikahan saya. Saat itu sih lancar jaya mengurus visa schengennya, dalam 3 hari visa sudah ditangan. Mungkin karena durasi tinggal juga tidak lama kan hanya 2 minggu, jadi gampang deh disetujui :mrgreen: .

Nah mengurus visa yang baru ini yang pengen tinggal 90 di Jerman pakai sedikit drama. Saya heran dong biasanya kan hanya butuh 3 hari, lah ko si mama disuruh datang ambil visanya setelah 4 hari kerja.

Datanglah mama di tanggal yang disuruh 18 Juni 2014, mamaku menunggu selama 2 jam dengan berpanas ria di depan kedutaan. Petugas bilang visanya belum selesai gubrakk.com . Saya beneran ketar-ketir selama beberapa hari karena sudah beli tiket dan 2 minggu lagi tanggal keberangkatan.

Malamnya saya minta Frank email ke kedutaan, pakai bahasa Jerman intinya supaya cepat gitu hehe. Kali aja kalau orang Jermannya (pengundang) yang nanyain status visa akan dapat jawaban.

Isi emailnya seperti dibawah ini. Oh ya form buat kirim email petugas visa ada di website kedutaan Jerman http://www.jakarta.diplo.de

Surat Cinta untuk nanyain visa mamaku
Surat Cinta untuk nanyain visa mamaku

 

Isi emailnya bilang kalau mama saya datang di tanggal yang ditentukan untuk ambil visa, ternyata visanya belum selesai. Padahal mama saya sudah bawa semua berkas yang dibutuhkan, termasuk VerpflichtungserklΓ€rung / Declaration of Commitment / Surat undangan atau jaminan yang kami buat di Rathaus tempat tinggal pengundang.

Besoknya kami dapat jawaban emailnya, yang jawab orang Jerman (ketahuan dari namanya). Intinya mama harus menunggu karena kedutaan Jerman belum dapat jawaban dari Berlin apakah visa disetujui atau tidak. Belakangan banyak sekali yang apply visa ke Eropa dan harus di diperiksa dahulu apakah visa layak dikeluarkan bagi ybs atau tidak.

Jawaban Email dari Kedutaan Jerman. Disuruh Nunggu visanya
Jawaban Email dari Kedutaan Jerman. Disuruh Nunggu visanya

 

Catatan dari kedutaan: Dokumen yang sudah lengkap tidak memberikan jaminan diperolehnya Visa Schengen

Waktu kan tidak bisa menunggu, makin mepet ke tanggal keberangkatan 5 Juli. Saya makin senewen ketika mama nanyain β€žbagaimana sudah dapat jawaban belum dari kedutaan?β€œ. Koper mama sudah penuh dengan titipan-titipan saya hehe sayang banget kan kalau gagal terbang, termasuk bingung ngurus tiket yang sudah dibeli, entah di potong separuh atau hangus belum cari tahu *pasrah.com* .

Frank mengirim email pertanyaan ke kedutaan tanggal 19 Juni 2014. 2 atau 3 hari kemudian saya minta email lagi nanyain, eh doi tidak mau β€œsudahlah nunggu aja, kata petugasnya tunggu jawaban dari Berlin” . Ada satu hari saya tidak bisa tidur semalaman. Mana ada di kamus petugas di Indonesia akan baik hati menghubungi kita? Ada juga kita yang harus aktif ngejar-ngejar jawabannya, iya kan??? πŸ˜€ Ya kalaupun ada petugas (baik hati) yang telp berapa persenlah.

Daripada stres melulu tidak bisa tidur nyenyak, saya kirim emaillah (pakai bahasa Indonesia) pilih form bahasa Indonesia. Kalau sudah dapat status misal visa ditolak, kalau ada waktu 2-3 hari kan bisa cancel pesawat dengan harapan tiket tidak hangus. Pikiran positif negatif, saya usahakan lebh besar pikiran positifnya ya doong πŸ˜€ .

Surat Cinta kedua untuk nanyain status Visa mama. isinya agak lebay gpp yang penting tenang kalau sudah dijawab
Surat Cinta kedua untuk nanyain status Visa mama. isinya agak lebay gpp yang penting tenang kalau sudah dijawab

 

Kenapa mepet ngurus visa dengan tanggal keberangkatan?.
Sebenarnya ga mepet loh, saya sudah perkirakan waktunya ko. Bisa mulai mengurus visa 3 bulan sebelumnya. Saya pikir dua bulan sebelumnya ngurus cukuplah.

β€’ Frank urus surat VerpflichtungserklΓ€rung / Declaration of Commitment / Surat undangan atau jaminan yang kami buat di Rathaus tanggal 17 April 2014. Bayar 25 Euro.

β€’ 22 April 2014 kirim dokumennya ke Jakarta (ke alamat mama) bersama kopi paspor Frank, slip gaji doi 3 bulan terakhir, surat kontrak rumah kita. Dokumen kirim menggunakan pos tercatat (einschreiben) jadi kalau hilang/berkas tidak sampai tujuan bisa komplain dan dapat penggantian uang. Soalnya tuh surat VerpflichtungserklΓ€rung bikin 25 euro kalau hilang apes dong πŸ˜› . Gile baru sampai 2 minggu kemudian. Sebelum berkas sampai saya belum berani daftarin mamaku secara online untuk bikin visa. Ntar sudah dapat tanggal repot kalau berkas dibutuhkan belum ditangan.

β€’ Kangettt waktu lihat jadwal bikin janji online bulan Mei hingga awal Juni sudah penuh tanggalnya. Orang-orang banyak duit ya pada mau jalan-jalan ke Jerman ? hahaha atau yang mau sekolah ?. Akhirnya ada satu tanggal nyempil masih kosong, yakni 12 Juni 2014 jam 9 pagi. Puji Tuhan dapat daftarin mamaku.

β€’ Mama datang/ngurus visa sendiri ke kedutaan, diantar adikku Andre yang sekalian pergi kerja. Kata mama petugasnya tidak banyak nanya. Cuma ditanya tujuan ke Jerman, ada siapa di Jerman?. Petugas bilang visa bisa diambil tanggal 18 Juni 2014.

β€’ Rencana keberangkatan 5 Juli 2014, kembali ke tanah air 2 Oktober 2014. Tanggal 18 Juni belum keluar visanya stres lah saya πŸ˜₯ .

Beberapa hari kerjaan saya google mengenai pengalaman orang-orang yang mengurus visa Jerman :
β€’ Walaupun ada VerpflichtungserklΓ€rung / Declaration of Commitment / Surat undangan atau jaminan. Surat sakti tersebut tidak menjamin visa disetujui.
β€’ Ada yang minta masa berlaku visa 14 hari, cuma disetujui 7 hari. Padahal ybs sudah booking tiket dan penginapan di Eropa.

β€’ Ada wanita yang apply visa stay 90 hari. Ditanya petugas β€žmemang bisa cuti kerja 3 bulan?β€œ. Di Indonesia jatah cuti cuma 2 minggu kan?. Nah ybs bilang dia kerja sama abangnya, jadi bisa dong. Jujur itu menyakitkan yaaa hehe ternyata visa ybs di tolak. Eh ada pacarnya (orang Jerman) nunggu di luar kedutaan, pengen ngomong langsung dengan petugas. Awalnya kaga boleh masuk. Biar kata ada pacar orang Jerman ga jaminan loh visa disetujui. Yang dikuatirkan petugas yg bikin visa kaga balik lagi bo ke tanah air klo blang status pengundang pacar. Tapi ada juga yang lolos sih, entahlah tergantung mood petugasnya kali yaa.
β€’ Ada yang apply visa 90 hari ditolak alasannya β€œalasan kedatangan ke Jerman tidak jelas”. Padahal ybs sudah pegang surat sakti VerpflichtungserklΓ€rung dari keluarga di Jerman.

loading...

β€’ Kalau ada pengalaman kalian boleh ditambahkan ya.

Dalam kasus penolakan visa, pemohon akan diberitahu alasan dasar penolakan visanya. Pemohon bisa mengajukan keberatan secara hukum atas keputusan penolakan dari Kedutaan tersebut. Capee ngurus lagi dari awal.

Visa ditolak

Penolakan – apa yang harus dilakukan? silakan baca http://www.jakarta.diplo.de/Vertretung/jakarta/id/01_20Visa/04ablehnung/ablehnung.html

Jadi saudara-saudara visa mama saya sudah disetujui. Puji Tuhan! Tanggalnya persis seperti yang kami inginkan (masa tinggal di Jerman 90 hari) jadi tidak perlu ubah tiket. Senangg bangettt!. Email lebay saya ke petugas visa dijawab keesokkan harinya, dibilang visa sudah bisa diambil. Baru bisa tenang dengan sempurna pas mamaku sudah pegang paspornya dan visanya tertempel manis πŸ™‚ . Mamaku dikasih jenis visa multiple entry, artinya kalau mau keluar wilayah schengen misal mau jalan-jalan ke London nah bisa masuk lagi ke negara schengen. Tidak sempat lagi mengurus visa selain schengen, udah dapat ini saja sudah senang deh.

Visa Schengen Jerman. Mama Tercinta kunanti kedatanganmu hehe
Visa Schengen Jerman. Mama Tercinta kunanti kedatanganmu hehe

 

*sorry fotonya burem, adikku potret pakai hp*

 

loading...

Mengenai syarat-syarat membuat visa Schengen melalui kedutaan Jerman, nanti akan saya susul postingannya ya. Sebenarnya bisa juga baca di website kedutaan sudah jelas sih disana http://www.jakarta.diplo.de

Oh ya beberapa hari lalu saya baca ketentuan baru pengurusan visa schengen. Awalnya hanya butuh 3 hari kerja, mulai akhir Juni 2014 untuk pengurusan visa schengen membutuhkan waktu 10 hari kerja. Entahlah hanya berlaku di kedutaan Jerman atau juga di kedutaan negara lain. Untuk musim panas begini jadwal bikin janji (online) padat sekali, jadi yang mau urus visa usahakan urus jauh-jauh hari.

Mengurus Visa Schengen Jerman Butuh 10 hari kerja. Ketentuan baru per akhir Juni 2014
Mengurus Visa Schengen Jerman Butuh 10 hari kerja. Ketentuan baru per akhir Juni 2014

 

Artikel terkait:
β€’ Panduan Pengajuan Visa di Kedutaan Switzerland (Jakarta)
β€’ Proses Pengajuan Long Stay Visa ke Swiss (visa D)
β€’ Mengajukan visa Bekerja dan Berlibur (Work and Holiday) ke Australia
β€’ Pengalihan Pengurusan Schengen Visa Belgia dan Visa Luksemburg
β€’ Panduan Apply Schengen Visa di Kedutaan Belanda
β€’ Pengalaman Perpanjang Paspor di Imigrasi Jakarta Pusat

About these ads
loading...

102 thoughts on “Cerita Mamaku Ngurus Visa Schengen Sendiri

  1. rangga

    Selamat siang mbak. tks infonya. saya mo tanya. jika keberangkatan saya ada dua connecting flights yg satu di abu dhabi dan Munchen sebelum tiba di berlin (Jkt-Abu Dhabi-Munchen-Berlin) lalu ke negara schengen lainnya dgn pesawat dan kereta. lalu, balik ke jakarta dgn 2 connecting flights jg (berlin-frankfurt-abudhabi-jakarta). Jika kasusnya seperti itu, apakah bisa menggunakan visa schengen single entry? Terima kasih. mohon jawabannnya mbak πŸ™‚

    1. Bisa ko, kan tidak keluar negara schengen toh?.
      Di abudhabi hanya transit saja tidak perlu visa krn hanya berada dalam bandara.

  2. Sherly

    Halo Kak salam kenal..
    Maaf saya mau tanya,kalo seandainya berangkat tgl23 febuari apa bisa urus visa nya di bulan desember/januari?
    Kebetulan yg berangkat hanya kedua orgtua saya saja untuk mengunjungi adik saya yg kuliah di sana.. Apa ada berkas2 lain yg perlu diminta dr adik saya?kalo undangan rasanya tdk mungkin ya krn adik saya masih kukiah di sana & blm bekerja.. Jujur saja saya masih bingung sama syarat2/berkas yg harus disertakan untk apply visa.. Ibu saya ibu RT & ayah buka usaha kecil2an jd semua tdk pny surat ket kerja.. Apa bisa saya yg menjadi ‘sponsor’ mereka? Atau mungkin jg ada tips agar visanya mudah2an bs goal?hehehe
    Terima kasih banyak kak.. πŸ™‚

    1. Hai Sherly, maaf baru balas. Visa sudah bisa diurus 3 bulan sebelum keberangkatan, makin cepat diurus makin baik ko πŸ™‚ .
      Bikin visa turis saja, mudah juga ko, ga perlu surat undangan. Kalau menginap di hotel sertakan bukti bookingannya ketika mengurus visa. Ibu saya juga ibu rumah tangga, dapat ko visanya, ga perlu surat ket. kerja. Ketika wawancara jawab yg mantap, jangan ragu2, dan bilang pasti balik ke tanah air kan ortu Sherly punya usaha yg harus diurus, atau bilang juga misal kangen lihat anak hehe πŸ˜€ . Semoga dapat petugas visanya yang baik ya πŸ˜‰ .

  3. eliana

    maaf mau tanya…waktu di telpon untuk mengambil visa apakah orang kedutaan bilang..visa nya bisa di ambil atau kah pasport nya bisa di ambil ya?

    1. Klo dibilang ambil paspor, kemungkinan visanya ditolak.

      1. eliana

        Omg padahal dia anakku..semua surat sudah di lampirkan dan dia sudah 18..:(

        1. eliana

          Jadi begini..anak saya udah 18 tanggal 5 november lalu..lalu dia antrag visum tgl 12 nov lalu di minta ambil lagi tgl 19. Tgl 19 nya dia datang katanya visa nya masih di atasan jadi engga di tolak.kita kontak terus per email per tlp dll dan baru tadi di beri tau kalau pasport bisa di ambil waktu saya tanya apa visq dapat mrk bilang ga bisa kasih tau.Duh..aku doa terus siang malam supaya aku bisa ketemu anakku krn aku udah menunggu 13 tahun lamanya supaya dia bisa kemari.sebelum nya krn blm 18 mantan suami ga mau tanda tangan krn dia mau rache sama aku jadi anakku di persulit kemari.Besok keputusan nya..Berharap mujizat Tuhan banget..:(

          1. Semoga ada mujizat ya mbak Eli. Kita berpikiran positif dulu. Kalaupun pahitnya ditolak, tetap bisa banding ko mbak. Klo boleh tau visa kemana?.

          2. eliana

            Ke NRW..iya kita hanya bisa berdoa Tuhan tau kerinduan anak2nya..

          3. eliana

            Ke NRW..iya kita hanya bisa berdoa Tuhan tau kerinduan anak2nya..Percaya Tuhan punya rencana

          4. Amin mbak Eli. Saya juga turut doakan supaya visa anak mbak dapat ya πŸ˜‰ .

  4. echi

    Hai kakak apa kabar πŸ™‚
    Kak hari ini visaku di tolak, katanya takut aku ga kembali lagi. Padahal aku sdh dpt surat sponsor dan surat keterangan kerjanya.
    Apa bs langsung applay lg ya kak,
    Dalam surat keterwngan kerja yang kemarin memang tidak menerangkan tanggal pergi dan pulangnya. Apa harus di cantumkan juga ya kak tanggal pergi dan pulangnya?
    Mohon pencerahannya ya kak πŸ™ :'(
    Terima kasih kak πŸ™‚

    Best regards,
    Echi

    1. Hai Echi, coba liat paspormu ada cap penolakannya ga? Klo ga ada bisa apply lagi, tp klo ada stempel penolakan tunggu 6 bln br apply lg.

      Disurat keterangan kerja harus tertera tgl berapa mulai cuti dan tgl brp kembali kerja. Jd yakin kan klo km bakal pulang ko ke tanah air. Jumlah gaji tulis juga di ket. Kerja tsb.

      1. echi

        Hai kak, terima kasih ya selalu jawab pertanyaanku πŸ™‚
        Iya kak nanti aku revisi surat keterangan kerjaku+nominal gajinya.
        Kak itu bs apply visa 90 hari kan ya? Sm rubah tanggal asuransinya ya kak, aku pakai asuransi ADAC yg di Jerman.
        Terima kasih banyak ya kak buat pencerahannya, jadi bs mengurangi rasa sedih πŸ™‚

        1. Iya max stay 90 hari. Cuma km harus pintar2 kasih jawaban pas wawancara, krn pasti ditanya “cuti kantor di Indonesia kan hanya 14 hari, ko mau tinggal di Jerman 90 hari?” . Asuransi ga masalah dr mana aja bisa. Jangan sedih tetap semangat. Kalau sdh dapat visanya kasih kabar ya πŸ˜‰ .

          1. Iya kak ini sampe buay surat ketetangan dr orang tuaku yg menjamin aku kembali ke indo+revisi surat keterangan kerja…
            Sedih kak sudah prepare hihihihi…
            Oiya kak maaf satu lagi kak… Kan yg buatkan aku surat sponsornya ibunya pacarku. Karena kan tinggal sama ibunya. Plus account bank ibunya+ktp ibunya yg umurnya sdh 84 tahun. Pas wawancara aku bilang mau berkunjung dan liburan…
            Itu bermasalah ga kak kl kondisinya seperti itu…
            Pasti kak aku kabari dapat ga nya visaku hihihihu
            Msh semangat kak πŸ™‚
            Terima kasih banyak ya kakak πŸ™‚

          2. Iya boleh bilang begitu, trus yakinkan petugasnya kamu pasti balik. Bilang klo calon mertuamu pengen banget kenal km, jd dinanti kedatanganmu oleh keluarga di Jerman. Klo ditanya ko lama banget 3 bulan stayanya. Sayang duitnya tiket kan mahal, km kerja brp bulan tuh utk bisa beli tiket dll dll πŸ™‚ .

          3. Hai kakak siap, kemarin aky ajukan surat keberatan diembassy dan sekarang sedang proses.
            Terima kasih ya kak buat replay nya πŸ™‚

  5. Tika

    Salam kenal, Mbak Nella nih saya mau nanyain sebelumnya bulan Juni saya sudah berangkat ke Jerman dan stay selama 56 hr agustus kemarin saya baru balik ke Indo dan sekarang saya mengajukan visa lagi untuk keberangkatan 23 Desember selama 45 hari kira2 visa bisa kluar ga ya coz kan berdekatan banget tgl kepulangan ma keberangkatan kedua.. nih udah 2 minggu 1 hari visa saya belom ditangan.. saya mengurusnya dari Konsulat Surabaya jd tidak perlu dtg ke Jakarta. tp kok lama ya, hati jd galau kepikiran trus..

    1. Hai Tika salam kenal juga ya πŸ™‚ . Berdoa saja supaya visanya disetujui. Mama saya stay 90 hari, jadi harus ada jeda 6 bulan sampai kedatangan berikutnya. Kalau mau datang lebih awal katanya sih ga dikasih lagi 90 hari, melainkan dikurangi jumlah harinya. Prose mengurus visa di kedubes Jerman sekarang butuh waktu lebih lama, yakni 10 hari kerja. Sudah pernah email menanyakan statusnya?.

      1. Tika

        Siang, mbk Nella kemarin waktu mbak balas koment saya , pas saya lagi perjalanan pulang dari mengambil visa di konsulat. Puji Tuhan visa saya diterima total waktu yg saya butuhkan skitar 3 minggu lebih karena waktu saya memberikan persyaratan saya agak kecepatan jd nungguin dikirim ke Jakarta di pas in 3 bulan sblom hari H, Cuma sih waktu itu pernah ditelepon minta kirimin rekening koran 3 bulan untung wkt saya mengurus saya udh siap-siap juga walaupun ga diminta waktu pengurusan sebelumnya tapi saya baca dari blog mbk yang menulis masa mau liburan kagak punya duit, ya saya siapin saja sejumlah dana dan saya ngirit2 supaya dana ga kepakai banyak dan dana minimal dipenuhi.. but selama ini Kedutaan maupun Konsulat tidak pernah mempersulit atau menanyakan hal yang aneh-aneh. Sekarang tinggal menunggu keberangkatan saya Desember nanti. Senangnya bisa merayakan Natal di negara bersalju πŸ™‚

        1. Hai Tika Puji Tuhan yaa.. aku seneng dengarnya visamu sdh keluar πŸ™‚ . Salju kadang datang kadang tidak. Tahun lalu sama sekali ga turun salju loh πŸ˜€ .

  6. Baru ngeh kalau mau tinggal lebih dari 90 hari harus lulus ujian A1 Bahasa Jerman 😐 untung yang kurang dari itu nggak perlu πŸ˜€ ngurus visa nya aja udah ribet~ apalagi pake kursus dulua πŸ˜€

    1. Diwajibkan kursus dulu supaya ga bingung banget pas nyampe Jerman, soalnya paling dikota-kota besar spt Berlin atau MΓΌnchen banyak yg bisa bhs Inggris kota lainnya apalagi yg pedesaan masyrakatnya hanya berbahasa Jerman.

      1. oh, jadi begitu ya 😐 kirain di daratan eropa itu banyak yang bisa bahasa inggris deh. minimal tahu sedikit bahasa jerman gitu ya ^^

  7. Wow, si opung mau tur eropa nih kayaknya…..
    mo liat pahoppu dia kak,
    God blessed you all the way through!!!

  8. Hebaaatt… Salu sama mamanya Mba… Bisa ngurus sendiri… πŸ™‚

    1. Untungnya si mama bisa ngurus sendir, naik pesawat juga tidak ada yg mennemani πŸ˜€ .

  9. Mbak Nela sudah mau lahiran yaaa? Asiiik ditemani mamanya. Lancar dan sehat selalu mb Nela & baby πŸ˜‰

    1. Thanks ya Nabila .. Amin iya semoga lancar semuanya πŸ™‚ .

  10. ded

    Waktu 3 bulan utk pengurusan visa adalah jangka waktu yg disarankan.
    Jadi tidak salah

    Setiap mengurus visa saya juga mengalami hal yang sama.
    Diterima ga ya?

    1. Benar pak Ded max 3 bulan sebelum berangkat sudah bisa urus visa.
      Samaaaa deg2 an plong deh begitu visa ditangan :D.

  11. Selamattt…. Untung visa akhirnya didapat..
    Selamat menanti kelahiran buah hati yang pertama ya Mb Nella…
    Salam hangat dari tanah air…

    1. Terima kasih ya Hari, salam hangat juga πŸ™‚ .

  12. Syukurlah akhirnya visa mamanya Mbak Nella keluar juga. Lumayan tenang lah ya Mbak sekarang, dan pasti menyenangkan kalau melahirkan bisa ditungguin sama mama πŸ™‚

    1. Iya Chris sudha tenang aku nih, mama sudah dirumahku πŸ˜‰ .

  13. PertolonganNya tepat pada saatNya, berbonus deg-degan.
    Syukur ya Jeng, semakin tenang menyambut kelahiran sang buah hati dengan didampingi mama.
    Sekarang beliau sudah disamping Jeng Nella ya.
    Salam

    1. Hehehe iya bu Prih tepat pada waktuNYA πŸ˜‰ .
      Iya sudah tenang mama sudah dirumahku πŸ™‚ .

  14. Wah deg2annya kyk nahan pipis euyy. Btw soal ngurus2 visa ini,dua tahun lalu kalo gak salah visa teman saya di tolak di kedutaan US yg di jakarta. Katanya sihh gara namanya yg mirip dari Irak. Ya… Mungkin juga gara issue agama yg dl kali yakkk. Ka nel.. Mamanya bawa andilaman sama lampet gak?

    1. Wah klo ke US lebih susah lagi tuh to πŸ˜€ . Bawa kembang goyang dan kerupuk2, klo andaliman aku masih ada πŸ˜€ .

      1. Hahahah. Tetap ya andaliman kecehh and sexy di lidah. Apalagi musim dingin kali yakk.

        1. Iya to klo nyambel aku suka tambahkan andaliman, enak getir2 di lidah πŸ˜€ .

  15. Waalahhh seneng nya y nel…..bentar lg nanguda sdh bersamamu…..tgl brp lahirannya nel?

    1. Hai kak Tia, mamaku sudah dirumahku πŸ™‚ .
      Perkiraan tgl 18 Juli ka tp bisa aja lebih cepat atau lebih lambat dari tgl tsb.

  16. lega deh bacanya,
    akhirnya mama bisa datang..,
    semoga Nella tenang saat partus nanti didampingi mama ya, semoga lancar dan sehat semuanya

    1. Iya ka Monda semoga semua lancar πŸ˜‰ . Malam ini si mama berangkat besok nyampe, πŸ˜€ .

  17. Memang kalau urus visa pas musim panas gini kayaknya akan lebih lama ya Nel. Aplikasinya langsung numpuk kali yaa.. Banyak yg mau liburan.

    1. Iya kali Be orang-orang pada pengen liburan πŸ˜€ .

  18. adel

    Nel..visa schengen emang bs buat masuk Uk? Setahu sy visa Uk lain dr schengen…ato skrg udh ada aturan baru ya? Sy yg tinggal di Irlandia aja mau ke Uk apply visa…

    1. Kalau mau ke UK bikin visa UK dulu πŸ˜€ . Visa mamaku schengen Multiple Entry artinya kalau mau keluar schengen (asal punya visa negara tujuan) lalu balik lagi ke schengen boleh. Klo single entry hanya boleh masuk 1x ke schengen, artinya klo keluar negara schengen ya ga boleh masuk lagi.

      1. Adel

        Ok πŸ™‚ abs aku baca sekalian bisa traveling ke London ..wahh baru tau Uk udh masuk schengen lol.. secara syarat visa UK njelimet… aku yg tinggal di Dublin aja 16 halaman yg hrs di jawab … πŸ™

        1. Adel UK tidak termasuk negara schengen.

  19. Wah jadi tahu mba, ternyata undangan dari keluarga pun belum sakti, referensi baru, kalau pada mau apply visa kudu hati-hati banget. Met lahiran ya mba

    1. Iya harus diperhatikan syarat2 dokumennya, trus sebaiknya ngurus jauh2 hari. Thanks ya Elly πŸ™‚ .

  20. Aku belum pernah ngurus visa, tapi lumayan jadi tau2 sedikit mudah2an bisa beneran ngurus visa nanti. Hihihi. Syukurlah ya mbak mama udah lolos visanya dan bisa nemenin nanti ketika sudah lahiran. Oh iya mbak, mamamu marganya panjaitan ya? Suamiku jg panjaitan soalnya. Hehe

    1. Aminnn semoga bisa bikin visa juga ya Mar πŸ˜‰ .
      Iya mamaku boru Panjaitan, jangan2 ortu suamimu kenal dg mamaku πŸ˜€ . Mamaku dari Sitorang, nama kampungnya Huta Ginjang.

  21. Akhirnya lahiran bisa di tunguin mama nya, selamat yaaa kak. Semoga lahiran nya lancar, semua sehat πŸ™‚

    1. Makasih ya dek. Aminn amin semoga semua berjalan lancar πŸ˜‰ .

  22. clararch02

    Kayanya perjuangan banget yah ngurus visa itu Ka.. untung sudah disetujui dan visa jadi yaa.. selamat ketemu ama Mama lagi…

    1. Iya asyikkk aku ketemu mama lagi πŸ™‚ .

  23. Duh bahagianya bisa ditemenin mama saat lahiran anak tercinta. Selamat ya Mba Nella πŸ™‚

    1. Iya kang aku bahagia hehe πŸ˜€ .
      Makasih ya kang πŸ˜‰ .

  24. Waaaah…hari kelahiran semakin dekat yah Neeeel …
    Untunglah urusan visa udah beres jadi nanti bisa ditemenin mama tercinta yaaaah πŸ™‚

    Emang lahiran kalo ada mama itu hati ini suka jadi berasa tenang deeeh πŸ™‚

    1. Iyaaa Ry berattt nih perut kaya bawa bola bowling πŸ˜€ .

  25. Cut Isyana

    emang deg-degan ya ngurus visa.. Waktu itu pas apply visa di kedutaan italia, ada Mas-mas ditolak 2x visanya. Padahal gayanya necis gitu. Kan gaya necis = banyak duit ehehehe..

    Selamat ya Mbak dalam hitungan hari akan jadi mamah πŸ™‚

    1. Gaya necis mungkin ngomongnya terlalu gombal kali (sombong πŸ˜€ ) malah ditolak.

  26. baru lihat tulisannya “Schengen”. sebelumnya baru denger doank pengucapannya. itu jenis visa yang satu visa diakui oleh beberapa negara ya, mbak?

    1. Iya bang, satu visa (schengen) bisa berkunjung ke 26 negara http://id.wikipedia.org/wiki/Perjanjian_Schengen πŸ˜‰ .

  27. Syukur ya mba udah diapprove visanya. Happy dong mamanya bentar lagi datang dengan titipan dikoper hehehe. Tapi emang ngurus visa tuh buat deg2an ketar-ir. Aku terakhir ngurus visa pendamping buat visa krja suamiku aja deg2an banget padahal aku dah punya visa amrik sebelumnya tp visa turis.masih aja ditanya ina itu pdhal dokumen udah lengkap banget lap keringet πŸ˜₯πŸ˜…

    1. Hahaha iya lap keringat juga πŸ˜€ aku sampai curiga sama mamaku apa jawabnya bener pas wawancara πŸ˜† . Untunglah sekarang sdh beres :Wink: .

  28. wah sama deg2 an waktu urus visa US malah nti visa di setujui baru beli tiketnya… serba nervous kalau urus beginian, mesti urus visa, tiket . MERP ..hahhah ribet,com… btw selamat ya nnti lahiran ditemani bunda nya… πŸ™‚

    1. Kita beli tiket duluan krn pas ada promo mbak, klo mepet cari tiket pas mau berangkat mahal πŸ™ . Beresiko sih klo visa ditolak ribet ngurus tiket, malah klo tiket promo ya hangus deh.

      1. besok donk ibunya berangkat mbak… sendirian berangkatnya? berani ya solo traveling………….kalau ibu saya mana berani..lokalan saja dia takut …….apalagi international. kecuali umrah or pergi haji,….

        1. Iya besok mbak, pesawatnya sama ko dari Indonesia sampai Jerman, transit 1,5 jam di Malaysia ga perlu keluar πŸ˜‰ .

          1. hebat ibunya nnti tibanya langsung di kota mbak nella kan?

          2. Suami & aku jemput mbak ke bandara. 1,5 jam naik mobil πŸ˜‰ .

          3. ohhh gak jauh kok .. selamat bersua dengan mama nya ya……………….

  29. bonita

    mbak Nella, setahun lalu aku apply visa Schengen (lagi) tapi gak sampai 90 hari karena sudah dikasih dua minggu duluan awal tahun, jadi yang bisa diminta 70 hari saja. Berhubung sudah mau resign dari kerjaan, biar masuk akal alasannya saya minta baik-baik mantan boss untuk bikin surat keterangan bahwa saya mantan pegawai beliau/perusahaan dan hendak ke Jerman dengan tanggungan biaya sendiri. Verpflichtungserklaerung juga sudah dapet dari pacar (waktu itu status kami masih pacaran), tapi memang belum ada rencana menikah, jadi saya info ke Kedutaan kalau kunjungan ini untuk melihat apakah kami cocok atau tidak setelah tinggal bareng (saya tahu, gaya hidup saya sudah ngikut orang Jerman), kalau cocok lanjut ke pernikahan, enggak ya pasti pulang ke Indo. Ternyata, cocok dan lanjut ke pernikahan, tapi setelah itu pun pulang dulu ke Indonesia setelah masa berlaku visa habis, ambil ujian A1 di Goethe dan urus visa lagi (Nachzugvisum). Semoga info ini bermanfaat.

    1. Ooohh klo jeda perginya ga lama ga dikasih ya 90 hari?.
      Klo saya dulu juga spt jalannya Bonita cuma saya melalui kedutaan Swiss karena calonku saat itu menetap di Swiss, pulang ke Indo ngurus surat2 nikah deh, lalu kami pindah ke Jerman.

      Thanks ya sudah berbagi pengalaman di postingan saya ini πŸ˜‰ .

      1. bonita

        Mbak Nella, kalau peraturannya belum berubah, maksimal 90 hari itu dalam jangka waktu 6 bulan (180 hari). Jadi misalnya kalau mama mbak nanti pulang lagi ke Indonesia setelah masa kunjungan habis dan mau berkunjung lagi ke Jerman selama maksimal 90 hari, beliau baru bisa apply visa lagi untuk keberangkatan bulan Januari 2015 ke atas. Bisa recheck juga ke Kedutaan Jerman di Jakarta sebelum apply visa yang baru lagi. Selamat menunggu detik2 kelahiran ananda. Alles Gute!

        1. Ooohh begitu ya jadi ga bisa langsung apply ulang 90 hari lagi πŸ˜€ .
          Thanks ya buat infonya πŸ˜‰ .

  30. wahhh.. senangggg, akhirnya mama mb Nela berhasil.. berhasil.. horeeee… *halahhh, malah kek dora the explorer.. hihihhi…. semoga lancar lahirannya ya mba Nelaaaa… salam buat mama πŸ™‚

    1. Heheheh ga apa2 bersorak rame2 kita mbak πŸ˜€ .
      Aminnn makasih ya mbak Henny πŸ˜‰ .

  31. ngurus visa itu mamanya mbak Nella pake tiket yg udh dibeli yah? seumpama gak diapprove rugi dunk tiketnya πŸ™

    1. Habisnya klo nunggu visa keluar, sdh mepet berangkat mahal bangett Cha tiket.
      Kita sdh beli 3 bulan lalu tuh tiket. Iya sih klo ga disetujui visanya ya rugi tiketnya.

  32. glek, ribetnyaaaa… T__T
    kapan lah saya bisa ke eropa ini…

    1. Ayoo kapan mbak Okti kita kopdaran πŸ˜€ .

  33. Ry

    Alhamdulillah ya mbak, jadi Mamanya mbak Noni bisa ketemu anak dan cucunya πŸ™‚
    Sehat selalu ya untuk mamanya Mbak Nela ….

  34. Waduh bacanya deg2an kak Nella, untung akhirnya visa sudah di tangan ya.
    Asik dong ketemu mama lagi, hilang sudah kangennya hehehe πŸ˜‰

    1. Iya Grace sempat deg2an sekarang sudah plong lah πŸ˜€ .

  35. Mampir lagi nih, sama mbak, lagi deg-degan nih, nunggu ibu mertua yang sedang apply visa, aku undang ke Inggris, pake visa turis, mudah2an gak ribet πŸ™‚

    1. Awalnya saya daftarin mama juga dg visa turis krn klo visa kunjungan ko ribet baca aturannya, eh ternyata di visa tertera visa kunjungan keluarga πŸ˜€ . Semoga di setujui visa ibu mertuamu ya mas πŸ˜‰ .

  36. Ami

    Rumit juga ya mbak urusan visa ini.. Tapi yang penting pas lahiran si baby, bisa didampingin mama rasanya tenang dan bahagia. Kebayang senangnya perasaan mbak Nella dan mama pas bertemu nanti πŸ™‚ Aku jadi ikutan kangen mama juga nih, untung bentar lagi mudik πŸ˜€

    1. Iya Mi sdh ploong lah mama sdh pegang visa πŸ˜‰ .
      Asyikkk yayg mo mudik πŸ˜€ .

  37. Wahhh ahkirnya dapat juga jadi terharu mengebu penuh emosi bacanya ” Lebay”
    Tante bawa daku bersamamu
    :Cry:

    1. Jangan sedihh πŸ˜₯ dongg Ria πŸ˜€ .

  38. alhamdullilah udah datang visanya. aku udah ngerasain deh deg2annya gak enakkk hehehe

    1. Iyaa Non ga enak deh sebelum visa ditangan πŸ˜€ .

Leave a Reply