Beli Stroberi Petik Langsung dari Ladangnya

Keranjang Stoberinya hampir penuh
loading...

Salah satu kegiatan mengasyikkan ketika musim panas adalah beli stroberi petik langsung dari ladangnya. Kegiatan ini dalam bahasa Jerman disebut “erdbeere selber pflücken” . Dua kali saya mengajak Frank ke ladang stroberi, sayangnya doi tidak mau “ngapain cape-cape petik sendiri, kalau pas musim panas begini stroberi banyak dijual dan murah” katanya 😛 .

Ketika awal-awal stroberi keluar dipasaran harganya 2,5 euro setengah kilo (kalau dirupiahkan kira-kira Rp.40.000), harga tersebut masih mahal. Walau mahal ga nyesel deh karena rasanya manis sekali dan buahnya besar-besar.

Oh ya stroberi yang saya maksud ini bukan stroberi dari supermarket, melainkan dari ladang stroberinya lalu dijual di kios stroberi. Stroberi dari supermarket, umumnya stroberi yang dibudidaya di rumah kaca, rasanya tidak semantap (semanis) yang dari ladangnya langsung.

Sukaa banget kalau sudah musimnya stroberi. Manis banget, puas-puasin makan stroberi selama musim panas
Sukaa banget kalau sudah musimnya stroberi. Manis banget, puas-puasin makan stroberi selama musim panas

 

Sabtu 21 Juni minggu lalu, Frank dan saya mengunjungi seorang teman kuliahnya Frank di Besnheim. Sekitar 40 menitlah naik mobil dari rumah kami di Sinsheim. Kata Frank Bensheim dikenal sebagai tempat yang duluan hangat ketika musim semi (Frühling), nah mungkin salah satu alasan cuaca bagus tersebut makanya di Bensheim cocok berkebun Stroberi.

Saya pergi ke ladang stroberi bersama Layla, putri temannya Frank. Dari rumah Layla ga sampai 5 menit jalan kaki ke ladangnya. Ketika di jalan saya tanya Layla berapa harga setengah kilo stroberi, Layla bilang 90 cent petik sendiri. Walahhh beneran harga segitu ???. Murah sekali !!! 😀 teriak saya dengan hebohnya. Secara baru minggu lalu saya beli 2,20 euro (harga tersebut sudah turun nih, awalnya 2,5 euro).

Kami tiba di kios Stroberi, saya baca rincian harganya :
Stroberi Petik Sendiri 1 kg 1,8 euro (Rp.28.000)
Stroberi sudah dipetikkin 1 kg 2,3 euro (Rp. 36.800)

Layla mengambil keranjang yang disediakan kemudian kami pergi ke ladang stroberinya.

Ikuti  tanda ini untuk Jalan Menuju Ladang Stroberi
Ikuti tanda ini untuk Jalan Menuju Ladang Stroberi

 

Bagi yang berminat membeli bibit Stroberi silakan klik Jual Bibit Strawberry

 

Sebelum sampai di ladang stroberi, kami melewati dahulu hamparan ladang gandum (Weizen). Di bagian pinggir jalan gandumnya sudah mengguning, sedangkan pada bagian tengah masih hijau.

loading...

 

Katanya Layla dibagian sini sudah habis stroberi yang matangnya, jadi lainnya masih kecil dan hijau, kita ke bagian sebelah yukk ➡

 

Nah kami tiba di bagian yang tepat, ada beberapa orang yang sedang asyik memetik stroberi.

Di bagian ini banyak yang gede-gede stroberinya
Di bagian ini banyak yang gede-gede stroberinya

 

Video Ladang Stroberi

 

Sebelum Layla dan saya pergi berburu stroberi, mamanya Layla bilang yang petik stroberi hanya boleh Layla, saya disuruh melihat-lihat saja, karena saya sedang hamil tua tidak bisa jongkong untuk petik stroberinya. Kebetulanlah saya jadi punya banyak waktu untuk potret sana sini dan buat video singkat, maklum ini kali pertama saya ke ladang stroberi :mrgreen: .

Orang-orang yang asyik Petik Stroberi. Kalau dari bahasa yang mereka pakai sptnya orang-orang Rusia
Orang-orang yang asyik Petik Stroberi. Kalau dari bahasa yang mereka pakai sptnya orang-orang Rusia

 

Eh padahal saya beberapa kali jongkok jugal oh buat cari stroberi dan langsung melahapanya 😀 . Kapan lagi bisa melakukan kegiatan asyik begini ya hanya bisa ketika musim panas saja. Layla bilang “makan saja sepuasnya, lahap 1 stroberi satu stroberi lain taruh keranjang buat kita beli”. “huahahaha dari tadi juga sudah saya lakukan ko” 🙄 <3 .

Walau ada beberapa stroberi bentuknya berantakan namun buahnya besarr dan manisnya mantapp

 

Beberapa kali Layla menyodorkan stroberi yang besar untuk saya lahap, padahal sih sambil potret sana sinipun saya nyambi ngemilin stroberinya yang saya petik sendiri 😉 .

Asyiknya Petik Stroberi. Lahap satu, yang satu lagi masuk keranjang :D
Asyiknya Petik Stroberi. Lahap satu, yang satu lagi masuk keranjang 😀

 

Hasil Perburuan kami 😆

Keranjang Stoberinya hampir penuh
Keranjang Stoberinya hampir penuh

 

Video Stroberi hasil Perburuan kami

 

Ketika mau pulang kami berpapasan dengan 2 ibu bersama anak mereka yang masih kecil, asyik nih bikin anak kecil bergerak (olahraga) ngumpulin stroberi 😀 .

 

Petik Stroberi kegiatan mengasyikkan juga buat anak-anak
Petik Stroberi kegiatan mengasyikkan juga buat anak-anak

 

Ini yang kami beli. Berat total stroberi yang Layla Petik 2,4 kg kami bagi dua deh
Ini yang kami beli. Berat total stroberi yang Layla Petik 2,4 kg kami bagi dua deh

 

Musim panas begini asyiknya petik apa lagi yaaa 💡 :mrgreen:

loading...

 

Bagi yang berminat membeli bibit Stroberi silakan klik Jual Bibit Strawberry

 

Baca juga :
Ladang Bunga di Jerman
Mengunjungi Pameran Flora
Jalan-jalan ke Taman Wilhelma Stuttgart
Bunga Peony Raksasa
Update Kebun Sayuranku
Mencari Inspirasi Berkebun
Daftar Tulisan “Kebunku”

About these ads
loading...

72 thoughts on “Beli Stroberi Petik Langsung dari Ladangnya

  1. waahh….besar2 banget ya mbak stroberinya……jadi pengen…hehehe

  2. Hahaha lihat Strobei yang disini jadi ingat petik berry di berastagi
    tante Nella kapan pulang ke Medan 🙂 yuk petik stroberi ke berastagi asyik loo
    xixixi 😆

    1. Banyak juga ya to kebun stroberi di Medan?. Iya kapan2 saya ke Indo kita kopdaranlah 😀 .

  3. wah bagus ladangnya dibiarkan alami… luas lagi ladangnya. Terus ini bisa mengobati rindu kampung mbak…secara mirip mirip bentuknya dengan ladang yang ada di negeri kita.

  4. wow
    asli bikin slurp
    stroberi lokal sini kayaknya nggak sebagus itu

    1. Beda negara beda cara penanamannya juga jadi rasapun berbeda 😀 .

      1. kayaknya emang lebih cocok di eropah ini buah

  5. Whoaaaa…
    Asyik sekali Neeeeeel 🙂

    Di Bandung pun ada sih Nel, di daerah Lembang dan di Cihanjuang juga ada, tapi tempatnya gak segede disonooooh…dan buah strawberry nya pun gak semua nya gede, jadi kita harus pinter2 metik nya jangan sampe yang belum mateng juga ke petik…

    Duh, perutmu udah gede banget dan udah gak bisa jongkok yah Neeeel…
    Kalo lihat jempol kaki sendiri masih bisa gak Neeeel….hihihi…
    malah ngeledek

    1. Datangnya oagian kali Ry jd bisa dapat yg sdh merah 😀 .

      Hahaha masih bisa liat jempol kaki tp agak membungkuk 😆 .

  6. waaah keliatan seger banget Mbak, jadi pengen beli deutsche erdbeer besok ;p
    btw 2 minggu lalu aku juga ada rencana ke ladang stroberi, tapi hujan sepanjang hari. rencana gagal :((

    1. Iya minggu ini mendung dan bbrp hari hujan ya. Semoga minggu depan cerah kembali 😉 .

  7. Seger banget kak Nel, gede2 bgt lagi yah 😀 Eh iya tuh, lagi hamil gede ga boleh jongkok2 😀 hehehe..

    1. Iya Py klo ada yg gede kupetik 😀 . Kuatirnya si dedenya ke tekan kali ya makanya ga boleh sering/terlalu lama jongkok 🙂 .

  8. gedeee banget buahnya, gak kayak disini dan asem pula haha

    1. Klo asem dibikin milkshake aja Non pakai gula yg banyak 😀 .

  9. multi

    Jadi pengen stroberinya
    apa lagi dijadiin es buah wih… muantep banget buat buka puasa hahaha 😀

    1. Eh iyaaa yaa enak juga dibikin es buah 😀 .
      Besok2 pas beli lagi kubikin deh, thanks Multi sdh kasih ide 😉 .

  10. mamipapa

    Astaga mbak Nella…. pengen banget deh bisa metik strawberry di kebon, ini brp x ke bandung gagal melulu nih rencana metiknya…tapi disini punya tentu gak segendut dan manis bgt ky disana yah itu 1 kg 28rb mah murah bgt yah, kl beli di spm se pack gitu yg organic rasanya 22-25rb tergantung type2nya… kl punya korea bisa 70-80 per pack tp lbh gede packingnya kl yg us punya bisa 150rb kdg promo buy one get one tetep aja mahal hahha pasdi coba rasa juga gak sampe enak gmn yg harus bayar 150rb hahahaha

    tunben bisa dikomen, biasa tutup komentar hehe

    1. Walah Fel mahal banget ya 150 rb, sudah spt mahalnya pepaya di Jerman sini .. untungnya mahal puas manis banget pepayanya. Maklumlah produk impor mahal.

      Load kerjaan lagi ga tinggi jadi komentar kubuka 😀 .

  11. luasnya hamparan ladang stroberinya…. kehebohan petiknya bikin sensasi indah…
    Sayang belum semua var stroberi yang di tanam di sekitar kami berasa manis Jeng Nella, rada dominan asemnya.
    Selamat menikmati stroberi

    1. Iya bu Prih luas banget nih ladang stroberinya. Hahaha iyaaa hebohh klo yg baru pertama kali spt aku 😉 .

  12. Stroberinya ga pake asem.kayak di indo ya ka nel….. aku juga suka banget yg namanya metik2 buah. Waktu petik apel dimalang aku kenyang makan pas petikinnya trus mereka sediain kran air buat cuci2 buah selama dikebun…. dikasih payung trus pas selesai petik bayar dan dikasih jus apel gratis….enyakkkkk! Eh strobeei yh di bdg jg gt sih tp suka abis buahnya kalo pas wiken rame soale

    1. Manis yg disini Jo. Wah asyik juga tuh petik apel, pohonnya tinggi ga? 😀 .

  13. Asiiiik banget, indah ya ladangnya. Stroberi-nya juga ranum-ranum, menggiurkan *nahan puasa.

    1. Sekarang udah buka puasa nih 😉

  14. Strawberry-nya gede-gede dan segar banget kelihatannya. Sama seperti banyak teman lain, di sini aku juga belum pernah ketemu strawberry yang betul-betul manis, kebanyakan dominan asemnya. By the way, itu metik sambil makan gak pa-pa, Mbak? Kalau banyakan yang dimakan bisa untung dong ya 😆

    1. Iyaa Chris gpp ko makan sepuasnya hehe 😀 .

  15. Wahhh …. indahnya ladang stroberi dan kita jadi tahu abc nya stroberi 🙂
    sayang saya tidak begitu suka rasa stroberi tetapi sangat suka rasa vanili or nano-nano, mau tau kenapa? sensor. Tidak boleh menyertakan link tambahan. Link blog sudah ada tempatnya

  16. Iih seru banget. Aku pengen deh ngerasain makan strawberry hasil langsung metik gini. Di frisco sanaan dikit ada ladang buah gini juga tapi pas mau kesana ya kok tutup. Wiihh itu hasilnya di buat smoothies enakk segerrr 😃😃

    1. Mungkin bukanya ga setiap hari Nis? atau belum ada lagi yang matang 😀 .
      Iya enakk dibuat smoothies apalagi pas cuaca panas 😉 .

  17. Hello Nella, we really love the articles…kamu sangat menikmati topik2 kamu… Kebetulan kami juga memasukkan ide ttg home gardening sebagai bagian dari upaya ber-moneysmart. Sekalian kami mengundang Nella dan para bloggers untuk sumbang tulisan di Howmoneyindonesia ya… Salam sukses..

    1. Hai HMI terima kasih untuk tawarannya. Sementara ini saya ngeblog di blog sendiri dulu 🙂 .

  18. hari

    waw strawberrynya besar dan merah tua. pasti maniiiiss

    1. Iya yang warnanya merah gelap paling manis 😀 .

  19. Cut Isyana

    kayak di Bandung hahaha. Tapi strawberrynya kadang mungil dan keriput -_-

    1. Aku belum pernah sih kalau di Bandung 😀 . Cuma lihat foto2nya di internet aja.

  20. pengen…
    pengeeeeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnn bangeeeetttttt…..

  21. Pengen banget metik sendiri strawberrynya… Memang beda rasanya mbak.. dulu pernah dibawain stroberi hasil metik sendiri sama sodara yang pulang liburan dari bandung, enakk banget banyak manisnya daripada asemnya.. ngga kaya yang dibeli di supermarket di sini udah kecil, benar-benar asemm pulak bagaikan menggigit jeruk nipis brrr… Kalau sampai diriku yang ada di ladang bersama mbak Nella barangkali bikin malu ya soalnya jalannya bakalan merangkak dan makan sepuasnya di antara semak stroberinya 😀

    1. Ngiluu dong gigi klo asem spt jeruk nipis 😀 .
      Hahaha iya yaa kita petik stroberi sepuasnya sampe kenyang baru pulang 😆 .

  22. Seruuuu banget…..
    Suka strowberry
    Kalo disini mahal mbak, itupun masih asem 🙂
    Mbk…minta alamatmu dung ke emailku wulan_118@yahoo.co.id
    Jd kapan nih hpl nya, moga lancar y

  23. wah kita belum pernah nih strawberry picking.. 🙂

    1. Di L.A ada ga Man? Disana ga dingin2 amat kan spt nya cocok berkebun stroberi 😉 .

  24. wah stroberinya se3ger seger yaa

    1. Seger petik langsung dari ladangnya 😉 .

  25. This is a lot of work but certainly worth it. The strawberries in the basket look so fresh and delicious.

    1. Indeed carol is a lot of work, and we paid cheaper for the strawberries 😉 .

  26. Gita

    Wah, asyik banget Strawberrynya gede2 dan manis2. Strawberry di Indonesia gak ada yg manis, sis. Aku udah nyari dimana2, ada teman punya ladang Strawberry di Lembang, Strawberry nya juga asem, padahal ukurannya besar lho…heran. Di Indonesia yg aku tau dari jenis Strawberry Holland, Strawberry California dan Strawberry Earlybite. Tp gak ada yg manis…hik…hik…hik…aku juga ada tanam tp rasanya….asam juga. Udah dikasi pupuk KCL dan coba macam2 trik tp tetep gak bisa manis. Mungkin emang dari asal bibitnya rasanya begitu…hik…ada jual bibit bijinya gak?? Mau…

    1. Aku pernah lihat (di Internet) ladang stroberi di Indonesia, ko nanamnya di plastik ya?, klo di Jerman sini langsung ke tanah/ladangnya, jadi akarnya bisa mencari makan kemana-mana.

      Aq lagi nanam dari biji/bibit iseng beli untuk proyek berkebun anak-anak, paling thn depan berbuah wong tanamannya masih kecilll, ga tau manis atau ga, klo bibit lainnya mahall isinya paling 10-15 biji harganya mulai 80rb an, ini merek yg bagus. Yg banyak dijual disini sdh bentuk tanaman jadi sis, nanam dari bijinya keburu datang musim dingin 😆 ..

      1. Gita

        Iya, banyak yg pake plastik/polibag/karung, tp ukuran plastiknya cukup besar. Pernah liat ada yg tanam perbatang di tanam di satu karung ukuran 30kg, setinggi 50cm bahkan lebih. Mungkin supaya tanahnya tetap gembur dan kalo hujan airnya cepat turun dan gak menggenang. Biasalah hujan di Indonesia kalau lagi musim, bisa tiap hari dan bikin banjir, kalo kelamaan di air menggenang, strawberry bisa busuk dan mati. Makanya tanamnya begitu. Pernah ada teman cerita beli root stawberry dari AS tp, begitu sampai rootnya mati. Wah, semoga strawberry yg sis tanem buahnya manis ya….^^
        Btw, kalo emang bibit bijinya yg buahnya manis, harga segitu mau kok, gpp…kalo disini gak kuatir winter hahaha..

        1. Gita

          Aku suka strawberry tp tiap beli selalu asam, makan 1 sisanya kebuang (gak suka jus, selai, atau puding strawberry), sayang kan…tp tiap ada strawberry selalu beli…makanya pengen banget yg rasanya manis. Sebenernya bijinya bisa diambil dari buahnya pake jarum…

        2. Iya di Indo ga perlu kuatir kena winter 😀 .
          Ya udah klo aku ke toko ntar ku liat deh ya bibitnya, ga tau manis atau nga belum pernah nanam, liat gambar stroberinya aja gede2.

  27. Termasuk murah tuh mbak, disini yang udh diskon aja 50rb/ stgh kg 😔
    Aku juga pengen dunk jalan2 petik stroberi!!! Disini dimana yah?

    1. Coba cari di google deh Cha 😀 . Disini juga jarang2 ko, paling tahu klo lihat iklannya di koran, atau pas rumah teman dekat ladangnya.

  28. kalo hamil tua, jongkok2 gitu gpp koq kak… katanya nanti lahirannya bisa lancar hehehe…

    itu strawberrynya murah banget… bikin mupeng hahaha… disini kalo beli di supermarket uda ga gitu seger… tapi ga ada kebun strawberry yg bisa dipetik langsung hahaha.. eh, ada deh…tapi di bandung… itu juga aku belom pernah hehehe…

    1. Hahahah gitu ya Mel 😀 . Ga seger mungkin krn impor ya.
      Iya klo ga salah petik stroberi ada di Ciwidey 😀 .

  29. Ahahahah jongkok dikit gapapa lah, siapa tau jongkoknya gaya ngepel yang dianjurkan buat bumil kan ihihi ya ampun Nel, mupeeeeeeng ya ampuun stroberi lover di sini. Dan sampe skg cuma bisa ngolahnya dibikin jus, smoothies, sama es krim doang. Yg di sini kalo yg manis itu mahal Nel, jadi biasanya kalo buat dimakan sama krucils aku beli yg mahalan, yg murah dan asem buat orang gede dijus ihihi campur sama nanas jadi seger. Itu harganya buat yg ukuran gede mah murah ya. Di sini stroberi impor muahallnyoo, satu tempat isi 14 gede sih harga 96 rebu zzzzz

    1. Iyaaa Ndang boleh kan ya jongkong asal ga sakit ko 😀 .

      Disini mnalah buah tropis yg mahal, spt Pepaya yg gede kmaren kubeli yg beratnya 900 gram klo dirupiahkan 112rb 😆 Pengen bangett ya belilah untungnya sdh 2x beli walau mahal ga nyesel, maniss banget. Klo beli buah dari negara tropis tutup mata ga liat harganya hahaha.

  30. wuih.. ngiler liat stoberinya gede2.. kalo di Medan biasanya petik stoberi harus ke brastagi dulu. itupun kecil2 dan asemnya minta ampun. harganya sekilo Rp.80ribu pula.

    1. Di Brastagi dingin kan ya? 🙂 .
      Klo di bikin selai atau dibuat pudding bisa dikasih gula spy manis 😉 .

  31. Wie geht’s nella…?

    Nella kok pas banget ya acara petik petik ma cuacanya, katanya sering hujan disana.

    iiih stroberinya bikin ngiler tp aku ngak begitu suka.
    tp kalau liat sebanyak itu ya tetap ngiler…

    1. Mir geht gut 😀 .

      Belum hujan nih, bak penampung air hujan sdh kosong. Semoga lusa hujannn 😉 .
      Klo selai Stroberi suka ga Ri? .

      1. Gut nella…
        wah selai strobery aku jg ngak doyan tapi kalau es cream suka 😉

  32. Waa mupeng ni mba nel liat strowberrynya 😀 *lemparin sinii donk 1 kerdus 😆

    1. Hahaha hancurrr dong klo dilempar 😆 .

      1. Yaudah dikirim aja mbak nel 😀

  33. wah besar2 ya strowberry nya… disini kecil kecil.. aku dulu mikir kalo strwberry itu pohonnya tinggi hahahha ternyata merambat di tanah gitu yaa….

    1. Tanamannya pendek mbak, ga merambat ko 😀 .

      1. ohh pendek ya…terakhir sy lihat tanamannya waktu ke Bandung tahun 2008 hahha… jadi udah lupa…

Leave a Reply