Musim Panas Enaknya Ngapain?

Pemandangan Balkon Belakang. Pagi aja panasnya sudaha pool banget disini
loading...

Hai sobat blogger, ditempatku sini panasnya gila-gilaan. Jam 9.30 saja panasnya sudah 32 derajat C. Musim panas berdasarkan kalender akan dimulai tanggal 21 Juni nanti. Kemarin dengar siaran berita di radio, katanya cuaca pas libur Pfingsten (Pentakosta) kali ini terpanas terpanas sejak 50 tahun terakhir.

Temperatur Musim Panas 2014. Foto Kiri hampir jam 1 siang, suhu sedikit lagi nembus 26 derajat C. Kanan suhu pagi ini jam 9.30 pagi aja sudah 32 derajat ampunn dehh
Temperatur Musim Panas 2014. Foto Kiri hampir jam 1 siang, suhu sedikit lagi nembus 26 derajat C. Kanan suhu pagi ini jam 9.30 pagi aja sudah 32 derajat ampunn dehh

 

Suhu dalam rumah kalau siang antara 27- 28 derajat C, suhu segitu aja rasanya sudah gerah sekali. Termometer luar rumah saya pindahkan supaya tidak kena matahari langsung, ternyata sama saja ya itu siang hari hampir 36 derajat C. Kemarin pas keluar rumah mau berkunjung ke rumah mertuaku, saya lihat di pusat kota suhunya 41 derajat C, kata Frank sih termometernya pas kena sinar matahari, makanya angkanya gila begitu.

Pagi tadi begitu bangun tidur jam 6.30 langsung saya siram semua tanaman-tanaman, kemudian nyetrika selama 2 jam. Mumpung masih pagi masih adem, saya babat semua baju-baju buat di setrika. Kemarin (malam) mau nyetrika ga sanggup, karena ruangan rasanya panas banget, badan juga gerahhh, bawaannya sudah malaslah melakukan kegiatan yang tambah bikin panas.

Antara jam 9 atau Jam 10 pagi Rolladen di ruang tamu dan kamar tidur saya turunin, karena dibalkon bagian belakang ini sang mentari ganas banget. Sekitar jam 4 atau jam 5 sore baru saya naikin rolladennya.

Kiri Ruang tamu, kanan kamar tidur. Mencegah Panas masuk Rumah Rolladen (Blind jendela) sudah diturunkan sejak pagi jam 9
Kiri Ruang tamu, kanan kamar tidur. Mencegah Panas masuk Rumah Rolladen (Blind jendela) sudah diturunkan sejak pagi jam 9

 

Pintu balkon depan, saya buka lebar-lebar, karena disitu masih sejuk sekali, angin yang masuk membuat adem ruangan. Matahari akan bersinar dengan garangnya ke bagian depan ini mulai jam 2 siang sampai jam 6 – 7 sore.

Kalau lagi masak saya nyambi ngadem ke balkon depan. Dapur ini nembusnya ke balkon depan, bisa cuci mata lihat tanaman atau ngitungin orang lewat πŸ˜€ .

Dapur dan Ruang Makan yang tembus ke Balkon Depan Rumah
Dapur dan Ruang Makan yang tembus ke Balkon Depan Rumah

Kompornya dibagian kanan, tidak terpotret.

loading...

Tanaman-tanamanku untungnya hingga saat ini masih baik-baik saja, tidak seperti tahun lalu banyak yang mati πŸ™ .

Tips melindungi tanaman saat musim panas:
β€’ Siram tanamannya saat pagi-pagi sekali, ketika mataharinya belum bersinar terik. Jadi tanamannya bisa menyerap air dan menyimpannya menghadapi garangnya mentari. Kemudian saat matahari menjelang terbenam siram lagi kalau dirasa butuh. Kalau ditempatku sini masih terang hingga hampir jam 10 malam, jadi kadang saya siram sekitar jam 8 malam.

β€’ Kalau bisa jangan gunakan pot-pot plastik, karena plastik membuat tanaman semakin panas. Sayangnya pot tanah liat (terakota) mahal ya hahaha πŸ˜† πŸ˜› . Jadi ya terpaksa tetap ada tanaman-tanaman menggunakan pot plastik, walau kadang saya di cerewetin Frank katanya “kasihan tanaman-tanamannya kepanasan pakai pot plastik” .

β€’ Kalau menggunakan pot plastik, jangan gunakan yang warna hitam karena warna hitam membuat makin panas. Coba deh ketika panas banget kamu pakai baju warna hitam, pasti rasanya lebih panas kan ??? πŸ˜€ . Penjelasannya karena warna hitam tersebut memiliki penyerapan yang sempurna, menyerap radiasi dari tubuh kita atau sinar matahari dan tidak memantulkannya kembali,sehingga apabila kita memakai pakaian hitam badan kita akan cepat merasakan panas (penjelasan dari yahoo answer).

Kebun Tomatku jam 9.15 pagi ini mau ditutupi koran menghindari sengatan matahari
Kebun Tomatku jam 9.15 pagi ini mau ditutupi koran menghindari sengatan matahari

 

Beginilah setelah ditutupi koran ..

 

Saat Musim Panas beginilah saya melindungi tanaman tomat-tomat saya dari sengatan matahari. Foto Kanan, tanamannya tetap terlihat segar kan
Saat Musim Panas beginilah saya melindungi tanaman tomat-tomat saya dari sengatan matahari. Foto Kanan, tanamannya tetap terlihat segar kan

 

Sebenarnya dari bulan lalu saya sudah cari-cari alat untuk menghindari sinar matahari di balkon. Semacam terpal, apa sih namanya dalam bahasa Indonesia? payung penahan matahari gitu deh ya πŸ˜€ dalam bahasa Jerman ada yang jenisnya Sonnenschirm, Ampelschirm, sonnensegel banyaklah modelnya, intinya untuk menutupi balkon.

Nah harganya tidak ada yang masuk dalam budgetku doong hahaha paling murah 20 an Euro (sekitar 320 rb rupiah). Saya mau beli yang harga segitu, kata Frank ambil yang ukurannya 2-3 meter aja jadi seluruh balkon tertutupi dan bisa taruh bangku buat duduk-duduk di balkon.

Ide dia sih bagus banget ya, cuma kalau dananya ga masuk saya ga mau ah :mrgreen: masah cuma buat melindungi beberapa tanaman tomat harus keluar banyak duit, kalau begitu ya lebih baik beli tomatnya aja di supermarket, malah lebih murah, lagi melimpah ruah musim panas begini hehehe πŸ˜† . Pengennya kan berkebun dengan dana seminimal mungkin πŸ˜› . Jadi sementara ya ditutupi saja tanaman tomat-tomatnya dengan koran.

Beginilah pemandangan balkon belakang pagi tadi ..

 

Pemandangan Balkon Belakang. Pagi aja panasnya sudaha pool banget disini
Pemandangan Balkon Belakang. Pagi aja panasnya sudaha pool banget disini

 

Sisi lain Balkon belakang. Walau suhunya 36 derajat C untungnya semua tanaman masih baik-baik saja
Sisi lain Balkon belakang. Walau suhunya 36 derajat C untungnya semua tanaman masih baik-baik saja

 

Pohon Cerry Tetangga, semakin merah aja buahnya. Untunglah tuh Pohon tinggi besar bisa melindungi sedikit tanamanku
Pohon Cerry Tetangga, semakin merah aja buahnya. Untunglah tuh Pohon tinggi besar bisa melindungi sedikit tanamanku

 

Pemandangan Balkon depan, yang adem kalau masih pagi hingga jam 12 siang

 

loading...

Sobat blogger “bagaimana cuaca ditempat kalian? apakah sepanas ditempatku sini?” πŸ˜€ .

 

Tulisan Terkini

About these ads
loading...

112 thoughts on “Musim Panas Enaknya Ngapain?

  1. sofyan

    Kalau musim panas, terbit mataharinya jam berapa mbak disana?

    Blog/url elektron.web.id dihapus karena sudah tidak aktif lagi. Update 22.12.2015.

    1. Jam 5 pagi sudah terang πŸ˜€ . Terbenam hampir jam 10 malam.

  2. Hi nel….kami br kembali dr holy land …pas mandi di laut mati…suhunya mncapai 46Β°,slrh badan ini sy tutupin pake lumpur.wahhhhh…..panas teriknya maknyousss……tp kulit ga item…..jd aku bs ngerasain suhu
    Panas di tempatmu di tmbah lg nella sdg hamil…..

    1. Hai ka Tia wah seru dong ka ke Holyland, aku belum pernah πŸ˜€ .
      Bagus tuh kak lumpur laut mati buat kecantikan πŸ˜‰ .

  3. Wah di sana panas di sini malah hujan terus menerus nih Mbak

    1. Minggu ini untungnya lagi adem nih Chris mentok 24 derajat, aku suka yg sejuk begini πŸ˜€ .
      Wah klo pas hujan saatnya nampung air hujan untuk siram tanaman πŸ˜‰ .

  4. Di Cimahi sini adeeem luar biasa mbak :p hihi..dibanding tempat mbak maksudnya..
    Serius deh di sini lagi adem karena lagi sering hujan dan mendung.
    Wah, rumahnya cozy banget deh..minimalis, sederhana tapi asri ya banyak tanaman πŸ™‚

    1. Minggu ini ditempatku juga lagi adem mentok 20 derajat, Semoga begini terus πŸ˜€ .

  5. Kok sama dengan tanaman cabe ku dulu ketika masih kecil yang aku tutupi pake koran kalo siang, biar ga layu.. hehe

    1. Iya sama tanaman cabe pas pasnas terik saya tutupi koran juga πŸ˜€ . Tahun ini saya absen dulu nanam cabenya.

  6. cocoknya memang berkebun, membaca beberapa tulisan berkaitan dengan berkebun jadi pingin berkebun

  7. Wuih di Jakarta belakangan ini panasnya luar biasa. Keluar kantor sebentar, lalu masuk kantor lagi, sudah sakit kepala.
    Eh tahu-tahu dua hari ini hujan deras lagi. Cuaca Jakarta sudah tak bisa ditebak.

    1. Masuk kantor langsung kena AC sakit kepala deh ya mbak πŸ™ .

  8. di medan panas gilaa mba nel, jam 9 pagi aja suhunya udah 30 keatas, kalau udah jam 12 ke atas udah hampir 40 kurasa. ac kipas angin ga berasa lagi. beli ice cream dari supermarket depan gang rumah aja udah cair ku rasa kalau belinya jalan kaki. XD
    oia mba nell mau nanya ni, jadi tanaman begonia mba gimana di musim yg panasnya segitu di german? masih survive kah?
    saya galau mau nanam, soalnya kata sbgian teman di facebook, tanaman begonia harus di udara yg sejuk. jadi berhubung di german lagi panas panasnya, dan kebetulan mba udah nanam duluan, saya mau berguru sama mba πŸ˜€
    info dan sarannya donk mba. bibitnya lagi kurendam ni, besok pagi rencananya saya tanam umbinya. πŸ˜€

    1. Hahahah makan es krimnya ditokonya aja dong ya Chit πŸ˜€ .

      Begonia sudah kupindahkan ke tempat tidak kena matahari langsung, jadi hanya kena matahari pagi. Amanlah tempatnya :Wink:
      Kalau baru ditanam aku taruh tempat kena matahari, setelah daun-daunnya makin besar baru pindahin.

      1. Pas baru ditanam kenai matahari y mba umbinya. Terus mba itu umbinya gmn cara nanamnya mba bagian datarnya ke atas y mba?

        1. Umbinya ga kena matahari dong kan tertanam dalam tanah πŸ˜€ .
          Bagian atas yang ada agak bolongnya, kalaupun salah meletakkan bagian umbinya, akan tetap tumbuh ko. Tenang aja Chit tanaman selalu mencari matahari jadi salah posisi juga ga masalah ko πŸ˜‰ .

  9. 24 derajat jg sdh cukup panas nell, hampir sm rasanya ky di Sunter πŸ˜‰ Tapi di sini kadang di tengah2 panas suka hujan atau gerimis tiba2, jd tiap hr pasti liat perkiraan cuaca. Jam 11 malem msh terang, makin ke utara makin terang krn midnite sun (bisa baca buku tanpa lampu di balkon, hehe) Winter? Ohhh noooo…di sn cm bisa mrasakan panas full mgkn 2-3bln, ahir agustus sdh mulai dingin lg πŸ™ mk nya skrg lg byk turis di sini nell krn temperaturnya lg bagus. Kita jg planning mo hiking awl juli. Hugs!!! πŸ™‚

    1. 24 derajat tuh sejukkk Hen πŸ˜€ . Ditempatku mulai dingin bulan Oktober, tanaman/bunga-bungaku masih bertahan sampai November.
      Selamat berlibur ya Hen pelukjuga .

  10. Di sini juga lagi dilanda panas mbak,tiap hari gerah banget…

    1. Walau panas-panasan kulitmu tetap putih ya Rit ngiri aku deh, coba sejam saja aku kena terik matahari langsung gosong πŸ˜† .

  11. kalo di sana mah panas2 juga keliatan bersih gitu yah kak? di indonesia kok gersang ya hahaha

    1. Bersih karena masyarakatnya juga turut menmjaga lingkungan kali ya πŸ˜€ .

  12. Waaah kalau di Balikpapan sini mah sudah biasa 32 derajat celcius kak πŸ˜€

    1. Hehe iya ya Mess dulu aku pernah jalan2 sama mama ke Balikpapan, waduhhh sepanas Jakarta πŸ˜€ .

  13. aku lagi di Frankfurt sekarang n kepanasan juga, Nellaaa…

    1. Hai Ning di Jerman mau jalan2 kemana aja?. Berapa hari di Jerman?.
      Iyaaa panasss, hujan ditunggu2 ga datang juga πŸ™ .

      1. Hanya ke Bayern Munchen Stadion & Neuschwanstein Castle. Aku sukaaa di Jermaan. Orang-orangnya tinggi-tinggi, langsing dan mancung-mancuung.. Hahahaha

        1. Waktu aku ke Munchen dengan 2 teman, niatnya mau ke stadion bola malah ga jadi, kita cuma belanja2 aja πŸ˜† .
          Hahaha iya Ning, orang2 disini banyak yang jangkung πŸ˜€ .

  14. Wah! wah! mungkin ini efek pemanasan global ya? di Jerman yang subtropis bisa nembus 35 derajat celcius. ck.ck.ck
    kalo di sini… mungkin hampir sama, tapi cuma kalo siang antara jam 11 ampe jam 1 siang. abis itu udah adem. eh? :/ itu siang harinya kan panjang, mulai jam 6 pagi sampai jam 10 malam ya?? :O wow!

    1. Di Indo sudah biasa ya panas sepanjang tahun πŸ˜€ bagusnya jadi puaslah di tanah air untuk berkebun. Ha setelah jam 1 siang disanan adem Pai?. Iya terangnya sampai hampir jam 10 πŸ˜‰ .

      1. Iya, cuma kalo di Indonesia itu variasi tanamannya yang gak banyak. masih kalah sama Jerman, hehehe :p
        Iya, setelah jam 2 tepatnya. klo jam 2 masih puanas..
        Hmm.. itu misalnya kalo orang puasa gimana ya? :p wekekek ampe jam 10! :O

        1. Di Jerman banyak mungkin karena tanaman disini beredar berdasarkan musimnya. Ada bunga musim semi, bunga musim panas, musim gugur dan winter makanya jadi banyak πŸ˜€ .
          Iya Pai yang puasa mulai jam 3 pagi sampai jam 10 malam.

  15. Wah ga nyangka kalau di Eropa bisa sepanas itu saat summer. Sabar ya mba Nella, summer pasti berlalu (kayak lagu ya). Di tempat saya, pinggiran Jakarta, juga panas banget. Kadang sore mendung dan banyak petir, tapi terus hujannya cuma semenit, habis itu panas lagi.

    1. Hehehe iya akan berlalu panasnya setelah 3 bulanan ko πŸ˜€ .
      Sama disini hujannya main2 aja nih, padahal sdh ngarepin hujan deras, supaya bak penampung air penuh πŸ˜† .

  16. gimana kabarnya bumil satu ini di cuaca musim panas Jerman? mudah-mudahan tetep sehat semangat meski keringetan ya… si adik kecil dalam perut yang kuat ya dalam menikmati summer time πŸ™‚

    1. Untuk menghilang rasa panas saat hamil, aku biasanya makan es krim atau jus πŸ˜€ .
      Iya dinikmati ajalah summer time nya πŸ˜† .

  17. hah, disana sampe 32an juga ya. dimedan udah 40an loh Nel

    1. Kalau pagi 32 Non, siang bisa 35. Pas dibawah matahari nyaris 41 πŸ˜€ .

  18. Halo mba Nella, salam kenal ya πŸ™‚
    Di sana panas banget ya mba, di jakarta juga belakangan ini panas πŸ™
    Dapurnya bagus deh mba, bisa tembus ke balkon liat bunga πŸ˜€

    1. Hai Suri salam kenal juga ya πŸ™‚ .
      Untungnya panas disini 3-4 bulan saja, kalau di Jakarta bisa sepanjang tahun panas ya, kecuali pas musim hujan πŸ˜€ . Iya klo suntuk masak bisa lihat2 balkon dulu πŸ˜† .

  19. sama mbak disini dari hari minggu matahari luar biasa garangnya, antara 34-37C im Schatten. kalo langsung dibawah mataharinya sih gak tau deh serasa kek tengah hari dipinggir pantai. memang harus rajin nurunin rolladen lagi ya. btw saya masih nyari2 kipas angin nih mbak nella…

    salam
    /kayka

    1. Nah mengenai kipas angin. Saya kan 3 thn lalu bawa dari Jakarta mbak. Model kipas angin gantung agak besar. Saya minta pasangin suami pas summer 2 thn lalu, kata dia di mesin kipasnya ga ada sertifikat keamanannya, nanti klo terjadi korsleting dan kebakaran, asuransi ga nanggung akibatnya. Iiiiiihhhh ribet banget ya orang Jerman sini πŸ™ jadi tuh kipas tersimpan aja di gudang.

      1. sayang ya kipasnya. tapi gapapa deh daripada klo kenapa2 harus nanggung sendiri.

        salam
        /kayka

        1. Iya mbak Kayka, gpplah daripda menanggung akibatnya kan, jangan sampai deh πŸ˜€ .

  20. Wahh.. itu suhunya ekstrim bgt mba, Nel… Tapi untungnya cuma 3-4 bulan aja yaa… hahaa
    Rumahku di daerah perbatasan antara Tangerang dan Bogor… Suhu rata-rata di sini tuh 32Β°C.
    Kalo lg musim kemarau,, panasnya bisa sampe 34Β°C. Tapi kalo lg musim hujan,, suhunya bisa langsung turun dan sejuk, bahkan kadang2 sampai berkabut. hehee…
    Nah karena skrg udah musim kemarau,, mau gak mau,, aku puter tanaman, tanaman yg tahan panas, aku taruh di luar,, kalo yg gak kuat panas, aku amankan di balkon (kebetulan balkonnya pake atap genteng, jd gak kena hujan dan panas. hehee).
    Soal pot plastik hitam,, waaahhh,, hampir 80% tanamanku ditanam di pot plastk hitam yg bulat… Sementara sisanya ditanam di kaleng bekas cat dan pot panjang cokelat.
    Utk pot paten (pot semen) di halaman rumahku, aku ganti tanamannya jadi Portulaca, Amaryllis, Melampodium, Jasmine, dan Torenia.. (Torenia-nya sedikit maksa. :D)

    1. Hai Frida iya untungnya panasnya hanya 3-4 bulan πŸ˜€ .
      saya ada 1 pot dari semen (sepertinya) tanaman selalu mati kalau ditanam di pot tsb πŸ™ .

      1. Kok bisa mati? kan kalo dari semen,, lumayan adem dibanding pot hitam yg dari plastik. Apa mungkin karena suhu di sana yg berganti-ganti selama 4 musim,, jd berpengaruh dgn PH tanah dalam pot semen.
        Selain bunga2 td, aku jg nanam pohon Katuk, Sirih hijau, Plumbago Zeylanica, kencur, dan 1 tanaman yg “unknown” di pot paten semen di sisi rumah (lumayan subur. hehee).
        Btw, dari dulu aku cuma jd silent reader di blog mba… baru skrg ikutan comment,, geregetan sih ngelihat kebun mba, Nel… hehee

        1. Semen kan ga bisa nyerap air πŸ™ . Sementara ini aku pakai buat tanaman agapanthus masih baik-baik tuh tanaman πŸ˜€ .

          Kalau tanaman2 yg agak lama menghasilkan aku ga tanam, kuatir patah hati keburu datang musim dingin belum sempat menikmati hasilnya πŸ˜€ .

          Tadi aku gregetan liat foto2 tanaman di postingan pameran Flona mu πŸ™‚ .

          1. Owh iya yaa,, itu juga tanaman2 di pot semen ku, aku siramnya cuma 1x sehari doank (kalo lg kemarau), tapi kalo lagi musim hujan, dibiarin aja. πŸ˜€ yg penting ada lubangnya di bawah…
            Jangankan mba yg ada musim dinginnya,, di sini aja kalo ada tanaman yg lama bgt menghasilkan,, kayaknya udah bete duluan… hehee

            Iya, mba.. bunga2 yg dijual bagus2 deh… saking aja baterai hp-ku keburu habis, jadi gak banyak foto2nya… πŸ™

            Oh iya, mba,,, aku sempet baca postingan mba yg ttg Lupin/Lupine beracun,, padahal ini aku lg usaha mati-matian menyemai bijinya,, (dpt bijinya dari tante yg pulang dari Belanda),, tapi itu biji kagak numbuh-numbuh,, udah segala usaha aku coba, cold stratification, hot stratification, merendam 12-24 jam, disemai biasa… semuanya gatot… wkwkwk.

          2. Lupine ga susah ko nyemainya.. iya sdh benar direndam dulu sebelum ditanam.
            Ada tgl expired benihnya ga? siapa tau sdh lewat.

          3. Ada mba,, di kemasannya mah expirednya tuh tgl 1-1-2015. Berarti masih lama kan yaa…
            Apa mungkin gak cocok di daerahku yg panas bgt… Sekarang sih aku lagi nyoba masukin kulkas lagi selama 12 minggu,, ada forum yg bilang kalo Lupine butuh oscillating temperature…

            Btw, mba masih WNI atau udah jd warga negara Jerman? Di Jerman byk org Indonesia yg menetap di sana yaa? envy deh hehee…

          4. Kamu nanam di tray penyemaian dulu ga? atau diwadah kecil spt bekas gelas aqua?, kalau langsung di pot besar jarang benih tanaman bisa tumbuh besar karena akarnya rapuh. Setelah ditanam jangan kena matahari terik, taruh ditempat teduh sampai tumbuh agak besar πŸ™‚ .

            Saya masih WNI dan pengen tetap selamanya WNI ko πŸ˜‰ . Iya banyak WNI disini πŸ˜‰ .

          5. Iya, mba,,, aku nyemainya di tray semai, di pot, dan di wadah bekas agar-agar… ada yg aku tutupi pakai plastik bening & ada yg gak,, Semuanya aku taruh di balkon yg gak kena matahari,, tapi gak ada 1 pun yg berkecambah… #nasib πŸ˜€
            Memang media semai/tanam yg bagus buat biji Lupine apa ya? Aku sih ada yg pake kompos doank, ada yg pake mix tanah+kompos, mix tanah+kompos+sekam bakar… Tetep aja gak ada yg ampuh… huhuhu nangis bombay πŸ™

            Wih,, masih cinta Indonesia! salut! Semangat mba! πŸ˜‰

          6. akujadigaruk-garukkepala bingung πŸ˜† . Kalau nyemai bibit saya ga pakai media maca-macam hanya tanah (kemasan) saja.
            Kalau tanamannya sudah besar baru pakai media macam2 spt kompos.

  21. Hebat Mba Nella nih lagi hamil juga masih saja perhatian sama tanamannya Untung tanamannya nggak minta dikipasin ya :mrgreen:

    1. Tanaman2 tsb salah satu hiburanku Kang πŸ˜€ senang kalau lihat yang berbunga.
      Hahaha tanaman untungnya hanya minta air sih :mrgreen: .

  22. Wah di sana cerah bangeet ya mba … saking cerahnya.. puanase puuolll yooo kata orang jawa bilang hehe.

    1. Iya sangking cerahnya panasnya poolll πŸ˜† .

  23. Halo Mbak, sedang panas ya udara disana?
    Saat ini Bekasi juga sedang panas-panasnya. Kadang masih ada hujan kalau sore, tapi tetap gak bisa mendinginkan sedikit udara malam.
    Dan selalu Mbak, khas disini, musim panas nyamukpun menyerang dgn dahsyat…

    Salut, Mbak tetap telaten merawat tetumbuhan nih…

    Salam,

    1. Hai mas Asa, iya mas lagi musim panas nih. Hahaha kalau ditempatku saat ini khasnya musim panas banyak lalat πŸ˜† .. untungnya nyamuk belum ada.

  24. Menikmati blog Jeng Nella semakin menghargai kerajinan berkebun warga negara 4 musim, saat dinggin diamankan dari luar rumah, saat panas menyengat ditutupi koran. Merahnya ceri menggoda Jeng…

    1. Hehe beginilah nasib yg tinggal di negara 4 musim, harus buat perencanaan berkebunnya supaya tanamannya bertumbuh dengan baik πŸ˜‰ .

  25. Iya bener Nel, pot plastik itu bikin taneman kepanasan….tadinya aku mah pede aja, aaahh tahan lah. ternyata bbrp hari ini terik buanget, eh mati deh. Mau beli pot terakota itu yg kecil aja 50 cent…gedean 1.50 cent … hmm, ngalahin aja deh wiken mau beli daripada mati semua spices aku huuuhuhu! aku sempet nya malem doing nyiramin taneman, harusnya pagi2 gt dikasi aer dikit seperti tips kamu cuma aku mah malas, bangun langsung mandi trus pergi kerja..mana inget sama taneman hahaha!

    1. Awal musim semi ada pot2 terakota murah disatu supermarket, ukuran 20 cm. Tiap belanja aku beli satu, hrg 2 euro, thn lalu lebih murah. Eh skrg sdh sold out, di tempat lain hrg 2-3 x lipat. Klo ada Flohmarkt kadang aku nyari pot2 juga kdg ada aja deh nemu πŸ˜‰ .
      Hahaha iyaaa kerja kantoran mana ingat tanaman, paling kamu bangunlah 15 menit lebih awal Pie πŸ˜‰ .

  26. Panas juga kaaaak. Rata-rata 32C deh padahal aku di Bogor lhoooo. Btw semoga tomat-tomatnya tetap hidup yaaa

    1. Waduhhh masah dibogor aja sepanas itu ya, setau aku Bogor sejuk πŸ˜€ .

      1. Makanya, Kaaaak. Gerah beeeet

  27. Ya ampun lagi hamil gede pula ya Nel panas begitu. Aku suka sih liat ruangan jadi terang full matahari tapiii panasnha gag deh. Di jakarta gak jelas Nel kadang terik luar biasa tetiba hujan lebat. Jaga kesehatan ya Neeel

    1. Iya Ndang ampun deh aku kepanasan melulu nih, daster yg kubawa dr indo ga ada lagi yg muat (bukan daster hamil πŸ˜€ ) . Sendal2 cantikku 4 pasang dr indo ga muat krn kaki bengkak. Ya udahlah tabah aja sebulan lagi brojol hehe πŸ˜† .

  28. di jakarta juga panasnya ampun2 deh, tapi mentok paling 30-32 derajat sih, ga pernah ampe 40 hehehehe… ga kebayang kalo ampe 40, mungkin AC di rumah uda tak nyalain semua, dan tagihan listrik langsung melonjak hehehehe…

    1. Beruntunglah yg punya AC Mel πŸ˜€ . Nyala 2-3 jam aja kan nolong banget, apalagi bumil selalu merasa panas melulu. Listrik mahal banget ditempatku, belum kpikiran beli.
      Sampai bulan lalu sih masih adem pas musim semi, nah mulai bulan ini ampunnndeh panas.

  29. di aceh pun beberapa hari belakangan ini panas banget. tapi kayaknya belum pernah sampai 36* C lah ya. untung masih ada kipas angin. :p

    1. Haha iyaaa untung aja masih ada kipas angin ya πŸ˜€ .

  30. waaah pantes bungaku makin gak bener hidupnya, potnya dari plastik warna item, kena matahari langsung dan aq tunggal di Riau yang panasnya lumayaanlaaahhh…
    kirain bunga suka ama matahariii….
    bungaku mawar mbak…

    1. Hai Eda Leni, di Riau panas banget kan ya πŸ˜€ . 4 pot bunga dahliaku tanam di pot plastik putih dan 2 lainnya pot tanah liat, sementara ini masih baik2 saja terkena matahari langsung.
      Mawar suka dan tahan matahari ko, klo yg pakai pot hitam jangan kena matahari langsung deh, pagi hari ketika masih sejuk siram, sore siram lagi.

  31. Gita

    Tempatku panasnya paling tinggi 34 derajat celcius, rata2 suhunya 32 serajat. Tuh, suhu segitu dimulai dari jam 8 pagi sampe jam 4 sore. Kayaknya panas di eropa gak beda jauh sama di tropis y, cuma kalo tropis sepanjang tahun, sementara di eropa mungkin 3 sampai 4 bulan..ya.

    1. Iya sis Gita disini panasnya hanya 3-4 bulan, cuma ya tersiksa banget πŸ˜† .

  32. Di sini juga kayaknya udah masuk musim panas eh kemarau mbak, soalnya mulai jarang hujan dan panasnya full dari pagi sampai sore. Pokoknya gerah banget dan malas kemana – mana.
    Btw liat termometernya mbak Nella jadi pengen punya juga. Penasaran berapa ya suhu di rumah sama di kebun ^ ^

    1. Hai Mimi, untungnya kalau sudah panas berhari-hari eh ada saatnya hujan bbrp hari jadi bikin adem πŸ™‚ . Aku lagi merindukan sang hujan hehe. Iya pas panas dirumah saja, keluar rumah pas malam aja πŸ˜‰ .
      Termometer banyak banget disini, karena 4 musim perlu banget punya supaya bisa memantau cuaca πŸ˜€ .

  33. Panas membara sudah ku lewati nel bulan kemaring. sekang emang panas tapi tidak menyengat cos angin juga baru kenceng kencengnya, kalau malam dingin sekarang πŸ˜‰

    1. Asyik dong ya kalau sudah lewat panasnya πŸ™‚ . Ditempatku masih sampai Agustus panas beini πŸ™ .

  34. Kalau disini kan daerah tropis Nel, Panas ya standar, kadang hujan juga,
    pot tanamanku malah rata-rata plastik berwarna hitam πŸ˜€

    1. SUdah biasa ya Sal panasnya πŸ™‚ . Aku lagi mengharapkan datangnya hujan, bak penampung air sudah kosong, terpaksa lusa nyiram tanaman pakai air keran deh.

  35. Gerah banget yah Nel disono?
    Dikirain cuma daerah Ciwastra doang yang gerah mah…halah…hihihi…
    Kalo 32 derajat sih aku masih kuat lah, tapi kalo 41 derajat sih ampun deh…

    Lagian dikau iseng amat sih Neeel, itu kenapa lagi gerah2 gitu malahan nyetrika siiih?
    Sini lempar tumpukan bajunya ke londri kiloan di komplek rumah ku, cuman 3500 doang sekilo nya…bhuahaahaha…bukan ngiklan

    1. Gerahhhhh Ri πŸ˜₯ Pinjam AC mu dong πŸ˜† . Kalau sudah hampir 40 derajat aku dirumah aja ga kelayapan dulu, malam baru keluar rumah sepertikalongdeh πŸ˜€ .

      Londri kiloan tuh nyuci setrika ya?, paling benci cuma nyetrika nih, klo nyuci tinggal masukkin mesin πŸ˜‰

  36. lihat tanaman jadi inget rumah dan ibu, yg selalu berkutat dengan kebun, tanah dan taman …. hobi nyokap selalu ganti2 sesuai musim tapi kayaknya yg paling eksis ini.. tapi kenapa ga ada yg menurun ke anaknya

    1. Berkebun hobi paling asyiklah Dan πŸ˜€ . Kalau jarang dirumah susah punya hobi berkebun hehe.

      1. Bener, nanti kalo mudik bikin tulisan kebun IBU….

  37. wah lagi parah ya panasnya…
    disini mei kemaren panas kayak gitu kena heat wave 2 kali. sekarnag so far udah normal… moga2 tetep begini dah… hahaha.

    1. Panas begini sampai Agustus Man πŸ™ . Suhu normal di L.A berapa?.

  38. kebanyakan pot plastik di sini saya lihat warnanya hitam πŸ˜€

    1. Saya dapat sih yang warna putih bang, cuma ya harganya sedikit lebih mahal dari yg hitam πŸ˜€ .

  39. di bandung juga panaassss nih, mbak Nel. Udah beberapa minggu ini nggak turun hujan. Jam istirahat mending di kantor saja, lah. Makan bekal yang dibawa dari rumah, habisan kalo keluar ajiibbbb panasnya sampe ubun2. Aku rindu hujaaaannnn….!
    Btw, rumah mbak Nella rapiiiiii… aku ngiriiiii…! πŸ˜€

    1. Iyalah klo ga ada yang urgent keluar ruangan ya didalam aja ngadem, ada ac kan di kantormu Fit? dirumahku sih cuma mengharapkan angin berhembus, atau ga ya terpaksa ngipas2 sendiri, untung bawa 2 kipas dari Jakarta, satu ku kasih Frank πŸ˜† .

      Rumahku rapih kalau mau dipotret hihihi πŸ˜€ .

  40. wah ternyata panas juga summernya disana ya mbak, wah dapurnya cantik ya..saya paling senang duduk di balkon pasti nge blog kalo aku punya rumah yang ada balkonnya yang penting cuaca bagus aja haahha

    1. Balkonku belum ada bangku dan meja πŸ˜€ jadi ya cuma bisa lihat-lihat tanaman saja.

      1. oh pasti seru kalau di buatin bangku mbak… kalo summer sisa duduk manis sambil ngeteh….

        1. Iya sih maunya ada bangku dan meja di balkon.
          Ntar lah cari-cari diskonan dulu πŸ˜€ .

          1. kalau di sana IKEA kan yang terkenal t4 beli furniture yang ok …

  41. Are you serious? 36 Β°C? Itu biasa begitu atau hanya saat ini saja?

    Link titipan dihapus .

    1. Suhu selama musim panas aja kira-kira 3-4 bulan lah πŸ˜‰ .

  42. Ira

    jakarta tuh mbak Nel yang suhunya bisa sampai 30an derajat
    kalau bandung sekitar 28 derajat,,panasss

    1. Beda 2 derajat begitu sama panasnya ya Ri?.
      27 – 28 derajat tuh suhu dalam rumahku, sudah gerah kalau segitu ngipas2 deh πŸ˜† .

  43. wahhh mantabbb nel panasnya, sini baru 24 derajat aja uda pada berjemur dan nyebur pantai atau danau..tapi lumayan lah bersyukur msh kena matahari, jd kesempatan ini emang digunakan dgn sebaik baiknya πŸ™‚

    1. Hai Hen, 24 derajat adem dong ya πŸ™‚ . Panas ditempatku kelewatan, ini sih sudah samalah spt di Jakarta πŸ™ . Iya sih bersyukur masih ada matahari ya.. eh tapi tapi dibanding musim panas, aku mending musim dingin deh hehe.

  44. disini masih dingin aja mba. panas si tapi tetep dingin banget apalagi daerah downtown. 14 – 18c
    klo dah kedinginan gitu kadang aku kangen cuaca jakarta *hayaahhh :))) bosen pake jaket terus

    1. Wahhh masih adem ya Nis πŸ˜€ . Aku sih ga kangen cuaca Jakarta, panass hehe.

      1. Masiih pake banget!! Tapi heranya liat beberapa bule udah pada nekat pake baju summmer ahahahah. Duuhh aku sik masuk angin deh -___-

        1. Hahaha iya tuh para bule klo sdh lewat 15 derajat c mulai gerah kali πŸ˜† .

Leave a Reply