Bunga-bunga Musim Semi yang Gagal

loading...

Sahabat berkebun, saya ingin berbagi cerita mengenai tanaman/bunga musim semi saya yang gagal, alias tidak bagus tumbuhnya, alias tidak sampai keluar bunganya 😥 .

Proyek gagal ko dipamerin?. Hehe iya supaya kalian tahu kalau sayapun masih harus banyak belajar dalam hal berkebun. Tidak semua yang saya tanam berhasil.

Kalau saya hanya posting tanaman/bunga yang bagus dan selalu berhasil, saya bukan gardener sejati dong hehe, iya namanya tukang kebun pasti ada kalanya gagal kan?. Saat gagal ya putus asa, ngambek, mogok ga mau berkebun dulu. Nah setelah putus asanya hilang, balik lagi berkebun 😆 .

Rasa kesal karena gagal tidak lama-lama saya pendam, saya mulai lanjut menanam untuk berbagai bibit musim panas. Saya senang sekali karena sudah banyak tanaman/bunga musim panas saya tumbuh dengan baik.

Postingan kali ini akan saya perlihatkan dulu foto-foto tanaman/bunga yang gagal, yang jelek tuh, yang bikin kesal saya hehe (sekarang sih sudah bisa tertawa-tawa).

1. Tulip-tulip yang gagal

loading...
Tulip-tulipnya keliatan tumbuh bagus kan, tapi tidak satupun berbunga huhu. Foto kanan sudah terlihat bakal bunga tapi tidak mekar huhuhu
Tulip-tulipnya keliatan tumbuh bagus kan, tapi tidak satupun berbunga huhu. Foto kanan sudah terlihat bakal bunga tapi tidak mekar huhuhu

Ada tulip biru, ungu, pink, merah. Saya tanam di green house mini. Daun-daunnya terlihat bagus dan segar kan. Iya sampai kutu yang hijau menggerogoti tulip-tulip tersebut. Hiks tamat riwayat tulip-tulip tersebut. Gambar kutu hijau (Lihat: Beberapa Cara Membasmi Kutu Daun).

Saya hanya membasmi manual kutunya, karena lihat bentuk tulip-tulipnya sudah tidak bagus, saya sudah pasrah (malas). Ketika tanamannya sudah hampir kering, saya bongkar dan buang daun-daunnya. Umbinya sepertinya saya buang juga hahaha.

Nanam 8 biji tulip Red Impression hanya 2 yang keluar bunganya
Nanam 8 biji tulip Red Impression hanya 2 yang keluar bunganya

Saya nanam tulip xxl, jumbo deh umbi/bibitnya. Tanam 8 yang keluar bunganya hanya 2 biji, itupun bentuk bunganya tidak cantik. Saya tidak puas. Ada 1 tulip ungu nyasar hehe.

Darwin hybrid xxl hasilnya jelek. Kecewa saya sungguh keciwa
Darwin hybrid xxl hasilnya jelek. Kecewa saya sungguh keciwa

 

Darwin hybrid xxl mix. Tanam 6 umbi hanya 2 yang keluar bunganya, warna merah. Saya tidak puas bentuknya tidak cantik. Bunganya bantet, batangnya pendek jadi bunganya mekar dekat permukaan tanah.

Double Late Orange. Awalnya tumbuh bagus, terlihat beberapa bakal bunga tapi tidak satupun mekar
Double Late Orange. Awalnya tumbuh bagus, terlihat beberapa bakal bunga tapi tidak satupun mekar

 

Lilien Tulips tidak mekar bunganya
Lilien Tulips tidak mekar bunganya

 

Geflammte tulip tidak keluar bunganya
Geflammte tulip tidak keluar bunganya

 

Rococo Red Parrot tidak keluar bunganya
Rococo Red Parrot tidak keluar bunganya

 

Tulip dobel flower cuma 2 yang berbunga
Tulip dobel flower cuma 2 yang berbunga

 

Tulip Crispa, Parrot dan Dobel Flower tanam di satu pot besar. Hanya beberapa yang mekar. Kecewa huhuhu
Tulip Crispa, Parrot dan Dobel Flower tanam di satu pot besar. Hanya beberapa yang mekar. Kecewa huhuhu

 

Ceritanya saya pengen ngikut para gardener yang saya sering lihat di Pinterest, dimana mereka nanam bibit-bibit (bulb flower) dalam pot kaca. Heran dehhh mereka ko bisa berhasil ya??.

Blue Parrot Bakal bunga tidak ada yang mekar huhuhu
Blue Parrot Bakal bunga tidak ada yang mekar huhuhu

 

Awalnya saya senang sekali, bulb tulipku tidak berjamur, saya berikan air dari tepi kaca. Bakal bunga keluar beberapa biji, ternyata tidak satupun mekar. Sungguh kecewa, padahal pot kacanya kalau siang saya masukkin rumah supaya tidak kepanasan, sore dan pagi saya keluarkan lagi.

Lihat foto tanda “X” tuh bunganya tidak mekar dan kering sendiri.

2. Iris

Baru pertama kali nanam iris, sungguh kecewa ko tidak keluar bunganya ya.

Iris ku cuma begitu aja, tidak keluar bunganya
Iris ku cuma begitu aja, tidak keluar bunganya

 

Saya lihat punya orang yang umbinya seperti jahe atau kunyit bagus sekali Iris jenis tersebut. Sedangkan yang saya tanam bibit (bulbnya) seperti tulip. Musim tanam berikutnya saya mau coba Iris yang umbinya besar deh.

3. Hyacinthus

 

4. Fritillaria

Saya sudah senang awalnya, bibit-bibitnya numbuh semua, segar dan bagus. Nah musim semi kali ini aneh, suhunya kadang seperti musim panas. Jadi saya telat pindahin potnya.

Fritillaria Awalnya bagus, bakal bunganya banyak. Sayang telat pindahin kepanasan jadi mati huhuhu
Fritillaria Awalnya bagus, bakal bunganya banyak. Sayang telat pindahin kepanasan jadi mati huhuhu

 

5. Allium

Allium kecil numbuh seperti daun bawang saja, tidak keluar bunganya. Bibit yg besar ditengah itu Kaiser's crown kaga numbuh huhuhu
Allium kecil numbuh seperti daun bawang saja, tidak keluar bunganya. Bibit yg besar ditengah itu Kaiser’s crown kaga numbuh huhuhu

Allium yang agak besar

Hampir tragis juga mati kepanasan, untung masih sempat dipindahkan sebelum daun-daunnya kering.

 

Allium yang lebih besar. Untung sebelum mati kepanasan sudah kupindahkan potnya ketempat teduh
Allium yang lebih besar. Untung sebelum mati kepanasan sudah kupindahkan potnya ketempat teduh

 

Kedua Jenis Allium sudah terlihat bakal bunganya, semoga sampai mekar sempurna
Kedua Jenis Allium sudah terlihat bakal bunganya, semoga sampai mekar sempurna

 

Mengapa tulip-tulipnya gagal? Tidak tumbuh dengan baik?

• Cuaca akhir tahun lalu hingga tahun ini tidak jelas. Iya jadi yang harusnya winter suhunya minus, eh minusnya hanya kira-kira seminggu deh kalau dijumlahkan. Selebihnya agak hangat, dingin lagi, hangat lagi. Tulip-tulip tetangga yang ditanam ditaman langsung tidak bermasalah, karena dalam tanah, akarnya bisa leluasa kemana-mana cari makan. Seperti saya yang nanam tulip di pot repot harus banyak yang diperhatikan.

• Pemberian air tidak cukup. Jadi kan pot-pot tulip ketika ditanam saya taruh semuanya diloteng rumah (gelap dan dingin) kalau sudah tumbuh baru taruh balkon. Nah harusnya disiram seminggu sekali, kadang saya malas “ah dingin ko, tidak perlu banyak disiram”. Jadi kadang 10 hari sekali, kadang 2 minggu sekali geblek ya hahaha. Padahal mahluk hidup ketika musim dinginpun butuh cairan dong.

loading...

Kegagalan yang saya alami, tidak membuat saya kesal berlama-lama, justru ketika gagal saya jadi instropeksi, “ko bisa gagal ya?”. Setelah tahu kemungkinan dimana gagalnya, jadi nanti ketika nanam lagi, saya bisa belajar dari kegagalan kali ini 😉 .

 

Tulisan Terkini

Mengapa? *komentar ditutup*

About these ads
loading...