Pohon Bunga Peony Ludlowii

loading...

Pohon Bunga Peony Ludlowii. Melanjutkan postingan mengenai bunga peonya ya. Kali ini saya ceritakan yang jenis Ludlowii. Lokasi tumbuhnya peony ini masih sama yakni di taman Bad Rappenau. Cerita bunga Peony sebelumnya (Baca: Bunga Peony yang Mempesona).

loading...
Strauch-Pfingstrose. Peony ludlowii
Strauch-Pfingstrose. Peony ludlowii

Saat saya mengunjungi taman di Bad Rappenau tersebut, jenis Peoni Ludlowii ini belum ada satupun yang mekar, namun sudah banyak bakal bunganya. Saya jadi penasaran melihat bentuk bunganya. Kalau baca keterangan dari wikipedia, warnanya kuning.

Protected by Copyscape Web Plagiarism Check

Bunganya tidak berlapis-lapis seperti jenis peony lain. Kira-kira 2 minggu lagi saya akan mengunjungi si peoni tersebut untuk memotret bunga-bunganya 😉 .

Peony bud. Ini bakal bunganya, sudah banyak sekali
Peony bud. Ini bakal bunganya, sudah banyak sekali

Paeonia ludlowii

Paeonia ludlowii, pohon peony Ludlow atau paeony Tibet, adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga Paeoniaceae, asli selatan timur Tibet.

Peony jenis ini lebih menyerupai semak belukar, dibandingkan bentuk pohon. P. ludlowii dapat tumbuh hingga 2,5 m (8 kaki). Bunga berbentuk mangkuk, berwarna kuning cerah, berukuran 12 cm diameter, dengan benang sari menonjol.

Ada 3 Pohon Peony ludlowii, belum ada yang mekar bakal bunganya
Ada 3 Pohon Peony ludlowii, belum ada yang mekar bakal bunganya

Biji Paeonia ludlowii

Ukuran besar loh, mirip tai kambing hehe

Menggumpulkan biji bunga Peony. Collect Peony Seeds
Menggumpulkan biji bunga Peony. Collect Peony Seeds

 

Biji Paeonia ludlowii. Paeonia lutea var. ludlowii seeds
Biji Paeonia ludlowii. Paeonia lutea var. ludlowii seeds

 

Biji-biji Peony yang saya temukan tidak terlalu banyak, mungkin harusnya saya datang ke taman tersebut ketika musim gugur. Musim semi saat ini sudah berjatuhan bijinya. Nah biji-biji yang jatuh ada beberapa saya ambil, ko sudah pada bolong. Jadi yang saya kumpulkan yang masih menempel di buahnya (pada buah / kelopak bunga yang kering).

Kalau kamu tertarik mencoba menumbuhkan bunga peony dari biji bisa cari informasi di internet bagaimana menumbuhkan biji bunga Peony, gunakan kata kunci “peony seed germination”.

Seperti Melihat Pohon duit haha langsung saya petik semua biji Peonynya
Seperti Melihat Pohon duit haha langsung saya petik semua biji Peonynya

Berikut ini saya akan berbagi tips/pengalamannya Gita (sobat berkebunku yang tinggal di Palembang) menumbuhkan biji Peony. Kenapa saya tidak gunakan informasi dari internet?, karena saya tidak kenal para gardener tersebut, lebih baik cari yang di Indonesia saja toh 😉 .

Oh ya yang dibahas disini adalag biji bunga peony ya, bukan benih bunganya. Kalau menumbuhkan dari benih ampunn nyerah sajalah, karena ukurannya seperti pasir, saya sudah malas duluan ngerjainnya hehe 😀 .

Biji Bunga Peony ludlowii masih dalam cangkang buahnya
Biji Bunga Peony ludlowii masih dalam cangkang buahnya

 

Cara Menumbuhkan Biji Peony (peony seed germination) :
• Biji direndam 24 jam, lalu tanam 1 sampai 2 bulan dipot biasa(mengikuti musim gugur untuk membentuk embrio akar).
Kunci germinasi biji peony adalah air dapat menyentuh embrio, jadi untuk mempercepat proses penyerapan air untuk masuk ke embrionya, permukaan biji bisa di gosok-gosok dengan kertas amplas (bijinya keras sekali).

• Biji yg ditanam diambil dan disimpan di kulkas sekitar 4 bulanan untuk membentuk embrio batang, baru bijinya akan bertunas.
• Sesudah bertunas tanam di media yg disiapkan (pot) tempatkan ditempat sejuk, sesudah anakan tampak kuat baru letakan ditempat yg panas supaya rajin berbunga.

• Kalau menanam dari biji sekitar umur 3 tahun baru bunga Peony muncul. Bunga yang muncul tidak langsung cantik berlapis-lapis, bisa hanya selapis kelopaknya, juga kecil bunganya, bertahap akan mulai berlapis dan besar.
• Peony termasuk bisa tumbuh di zona tropis yg panas, namun kurang tahan terhadap air yg berlebihan.

Biji Paeonia ludlowii yang berhasil saya kumpulkan:

 

Video Bunga Peony ludlowii

Sempat iseng cek di ebay, untuk harga jual biji peony, namun saya tidak ingin menjual biji peony saya kok, akan saya bagikan secara gratis ke 5 pembeli setia olshopku. Daftar namanya sudah saya punya, jadi jangan email saya ya, tidak akan saya balas hihi, bagi yang beruntung akan terima email dari saya 😉 .

Sumber:
• http://en.wikipedia.org/wiki/Paeonia_ludlowii
• http://en.wikipedia.org/wiki/Peony
• Pengalaman Gita di Palembang

 

Protected by Copyscape Web Plagiarism Check

 

loading...

Beberapa Artikel lain yang sayang dilewatkan:
Bunga Peony yang Mempesona
Mekarnya Tulip Darwin Hybrid Salmon Imp.
Tanamanku Subur Menggila karena ..
Memisahkan Bromelia Guzmania
Bunga Lili dan Perawatannya
Kaktus dan Pemeliharaannya
Cara Menanam Biji Pohon Wisteria
Menanam Sayuran Yuk
Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman

 

Mengapa? *komentar ditutup*

About these ads
loading...