10 Tanaman Beracun, Jauhkan dari Anak-anak

loading...

Melanjutkan postingan sebelumnya mengenai Tanaman Beracun, Jauhkan dari Anak-anak.

Protected by Copyscape Web Plagiarism Check

Menurut tabloid Junge Famile-Noweda yang saya baca, di wilayah Nordrhein-westfalen (Jerman) setiap tahun lebih dari 100.000 anak-anak diobati secara medis akibat keracunan, sebagian besar disebabkan keracunan akibat tanaman.

[getty src=”154969657?et=nPf5kOu2TvtZXh6z_XAvOg&SeoLinks=off&sig=KRlO_rIxykZjTR8y5ViPEXzQs98ln3xoPeVv0fRQBhM=” width=”398″ height=”656″]

Anak kecil harus belajar kalau tidak semua buah dan semua dedaunan yang dia lihat ditepi jalan boleh dimasukkan ke mulut. Anak yang lebih besar bisa mengajar adiknya, paling penting tentunya peran serta orangtua memberitahukan anak-anaknya.

Di Jerman sini, baru berapa meter keluar rumah, kita akan bisa menjumpai tanaman/bunga-bunga yang warna dan bentuknya menarik, ada yang di pinggir jalan atau ditanaman warga (banyak rumah warga tanpa pagar, jadi bisa lihat langsung tamannya).

Saya saja yang sudah dewasa kadang masih seperti anak kecil, heboh dan penasaran ketika melihat „Oooii cakep banget tanamannya, cantik sekali warna bunga“ lalu pegang dan cium-cium hahaha 😆 .

 

Tanaman beracun no. 1-5 (Baca: Tanaman Beracun, Jauhkan dari Anak-anak)

6. Colchicum autumnale L (Eng: autumn crocus, meadow saffron atau naked lady) (Jer: Herbstzeitlose)

Colchicum autumnale. Herbstzeitlose. Autumn crocus. . Foto dari Wikipedia
Colchicum autumnale. Herbstzeitlose. Autumn crocus. . Foto dari Wikipedia

Bagian tanaman beracun: Semua bagian tanaman. Terutama benih dan umbi.

Gejala keracunan: Mual, muntah, diare, kadang-kadang pendarahan parah, kolik spasmodik, denyut jantung yang cepat, bibir kebiruan, kemungkinan kematian akibat kelumpuhan pernapasan.

Vergiftungssymptome: Übelkeit, starkes Erbrechen, massive Durchfälle z.T blutig, krampfartige Koliken, Herzrasen, Blaufärbung der Lippen, mögliche Todesfolge durchAtemlähmung.

loading...

 

7. Lupinus Polyphyllus LINDL. (Eng : Large-leaved Lupine, Big-leaved Lupine, atau Garden Lupin ) (Jer : Vielblättrige Lupine)

Lupinus polyphyllus. Foto Böhringer Wikipedia
Lupinus polyphyllus. Foto Böhringer Wikipedia

Bagian tanaman beracun: terutama benih, pada daunnya hanya sedikit racun.

Lupine yang pernah saya beli ketika jalan-jalan ke Belanda tahun 2012. Tanamannya sudah tamat riwayatnya, dulu belum tahu merawat tanaman 😀 . Saat ini saya coba nanam lagi dari bibitnya.

loading...
Lupinus Perennis (Foto: dok. pribadi)
Lupinus Perennis (Foto: dok. pribadi)

Gejala keracunan: Air liur berlebih, muntah, gelisah, gangguan irama jantung, kelumpuhan, kemungkinan kematian akibat kegagalan pernapasan

Vergiftungssymptome: Vermehrter Speichelfluss, Erbrechen, allgemeine Unruhe, Herzrhythmusstörungen, aufsteigende Lähmung, mögliche Todesfolge durch Atemstillstand

 

8. Convallaria majalis (Eng : Lily of the Valley) (Jer: Maiglöckchen)

Maiglöckchen (Convallaria majalis). Lily of the Valley
Maiglöckchen (Convallaria majalis). Lily of the Valley

Itu difoto, akhirnya saya beli tanaman jadi. Frustasi nanam dari root nya, tidak numbuh-numbuh hiks 🙁 . Tahun ini coba nanam lagi, masih begitu-gitu aja tanamannya. Padahal mahal bibitnya 😥 .

Ketika saya mengunjungi tetangganya mertua, saya lihat ada banyak sekali Lily of the Valley ditamannya, lalu saya mau pegang supaya terlihat jelas bunganya, eh si ibu pemilik rumah bilang “hati-hati ya, jangan dipegang-pegang. Giftige pflanzen”. Dalam hati mikir “Giftig” apa artinya juga tuh, maklum dulu awal-awal nyampe Jerman ya belum tahu banyak kata-kata dalam Bahasa Jermanlah yaa 😀 .

Bagian tanaman beracun: Semua bagian tanaman. Terutama bunga dan buah.

Gejala keracunan: mual, muntah, diare, jarang: aritmia, pusing, dada sesak, pada kulit dan kontak mata dapat menyebabkan iritasi.

Vergiftungssymptome: Übelkeit, Erbreche, Durchfall, selten : Herzrhythmusstörungen, Schwindel, Brustenge, bei Haut- und Augenkontakt auftretende Reizungen.

Bunga tanaman ini wangi, akan tercium kalau bunganya banyak, kalau sedikit harus cium dari jarak dekat bunganya, baru akan tercium harumnya. Lily of the Valley juga dijadikan bunga tangan ketika Kate Middleton menikah. Apa sih Kate tidak tahu ya itu bunga beracun hehe.

 

9. Robinia pseudoacacia L. (Eng : black locust) (Jer: Robinie)

Black locust. Robinia pseudoacacia. Foto dari wikipedia
Black locust. Robinia pseudoacacia. Foto dari wikipedia

Bagian tanaman beracun: Semua bagian tanaman. Terutama kulit dan biji.

Gejala keracunan: Nyeri perut, mual, muntah, diare, kejang dan kemungkinan pingsan.

Vergiftungssymptome: Bauchschmerzen, Übelkeit, Erbrechen, Durchfall, Krämpfe und Kollaps möglich.

Robinia pseudoacacia. Foto dari wikipedia
Robinia pseudoacacia. Foto dari wikipedia

Setelah ku perhatikan, ko mirip wisteria putih ya?, Jangan-jangan pohon yang kulihat di tempat bermain anak tersebut adalah pohon Robinia dong bukan Wisteria. Iya soalnya lihat bentuk polongnya mirip sekali Robinia. Wah harus kupotret tuh pohon pas berbunga nanti.

 

10. Ilex aquifolium L. (Eng: holly, English holly, European holly, atau biasanya Christmas holly) (Jer: Stechpalme)

Ilex aquifolium. English holly, Christmas holly. Foto dari wikipedia
Ilex aquifolium. English holly, Christmas holly. Foto dari wikipedia

Bagian tanaman beracun: Semua bagian tanaman. Terutama buah dan daun.

Gejala keracunan: Mual, muntah, diare, gastritis, sakit perut, mengantuk, denyut jantung tidak teratur.

Vergiftungssymptome: Übelkeit, Erbrechen, Durchfall,, Magenschleimhautentzündung, Bauchschmerzen, Schläfrigkeit, Herzrhythmusstörungen.

 

Apa yang harus dilakukan jika terjadi keracunan?

Paling penting supaya tetap tenang. Kalau tenang kita jadi bisa berpikir dengan baik toh 😉 .

Informasi berikut harus siap untuk telepon darurat:
• Usia dan berat badan anak
• Deskripsikan tanaman penyebab keracunan
• dan jika mungkin beritahukan waktu konsumsi
• dan asupan (kalau termakan)

Pada kebanyakan kasus pengobatan awal keracunan : berikan si anak minum banyak air putih, teh herbal atau jus untuk mencairkan jumlah racun yang diserap dalam perut. Harus dihindari memberikan susu atau air garam. Vermeiden Sie unbedingt Milch oder Salzwasser . You must avoid milk or salt water. (Ooohh saya pikir susu bisa menetralisir racun? Ternyata tidak?).

Jika terjadi keracunan pada anak (di Jerman) bisa menghubungi no. Telp di bawah ini:

Giftnotruf Berlin
Tel. 030/19240

Giftinformationszentrum Nord,
Göttingen Tel. 0551/19240

Informationszentrale gegen Vergiftungen, Bonn
Tel. 0228/19240

Giftinformationszentrum
Erfurt Tel. 0361/730730

Vergiftungs-Informations-Zentrale
Freiburg Tel. 0761/19240

Giftinformationszentrum
Rheinland-Pfalz/Hessen,
Mainz Tel. 06131/19240

Giftnotruf München
Tel. 089/19240

Detail no telepon lainnya bisa dilihat pada : http://www.giz-nord.de

Protected by Copyscape Web Plagiarism Check

 

Sumber : tabloid Junge Famile-der Ratgeber aus Ihrer Apotheke

 
 

Tulisan Terkini

About these ads
loading...

41 thoughts on “10 Tanaman Beracun, Jauhkan dari Anak-anak

  1. Bunganya cantik-cantik ya? Nggak nyangka kalo beracun. Beda dengan di Indonesia ya? Kasus keracunan biasanya akibat makanan kadaluarsa atau oplosan 😀

    1. Beda negara beda kasusnya ya 😀 .

  2. Duh, ternyata lumayan banyak juga tanaman yang beracun yah Nel…

    Dan itu si Kate Middleton kayaknya mah udah disuntik anti racun dulu sebelum nikah kayaknya…hihihi…

    1. Hahaha mungkin kali ya sudah disuntik dulu si Kate 😆 .

  3. netty

    Wah q jd takut nanam bibit lupineku yg kupesan dr mbak nell. Memang sih selama neh anak2ku takut megang bungaku tp jg terdorong anak2 ngambilnya. Gmn dong????

    1. Hai mbak Netty, yg beracun Lupine yg warna warni. Bibit (biji) nya yg beracun, klo daunnya hanya sedikit racun. Pdhl dulu aku pegang bibitnya mau tanam ga pakai sarung tangan hahaha setelah tahu jadi serem, besok2 klo pegang bibitnya harus pakai sarung tangan deh. Bilang anak-anak liat2 aja mbak jangan dipegang2 bunga, nanti gatal2.

  4. Bunga yang no 7 cantiiikkk..
    Btw, aku baru tau soal tanaman2 beracun ini. Jadi inget dulu jaman kecil suka mainin bunga apa ya namanya tuh aku lupa, yang bisa diisep airnya, manis2 gitu rasanya. Untung bukan salah satu dari tanaman beracun ini ya mba. Serem juga kalo main isep gitu hehe. Thank for sharing ya mbaa 🙂

    1. Lagi aku kecil mainannya juga berburu tanaman2, termasuk tanaman tetangga. Untungnya ga kenapa2 ya 😀 . Aku lupa nama tanaman yg Lia maksud, dulu sih ada tanaman yg bisa diambil/dibuat minyak, diambil bijinya (biji saga) dll.

  5. Lah koq hampir sama komentarku sama si Py hahha 😀

    1. Gpp berarti kalian satu pikiran 😉 .

  6. Nomor 8, cantik2 tapi beracun. Ternyata bukan cuma manusia aja yg gitu ya kak. Bunga juga bisa 😀

    1. Iya Mes cantik ya Lily of valley 🙂 . Sama spt manusia ya, yg cantik ada yg beracun :lol:.

  7. Cantik2 beracun yah kak 😀 Jadi serem kalo deket2..hehe

    1. Dekat-dekat boleh ko Py asal jangan dipegang-pegang aja 😉 .

  8. Di sekitar rumahku sih banyak pohon bintaro, katanya itu beracun juga sih Mbak

    1. Wah harus hati2 juga ya Chris 😉 .

  9. suzieyenyen

    ..salam kenal mbak nella,..aku followermu lho mbak..baru kali ini ni ikutan komen walaupun gak punya blog..habis gemes banget aku sama bunga bunganya ..cantik cantik. Mau ada ada racunnya kek mau enggak ..aku suka semua deh, aku tunggu penggalaman selanjutnya ..selamat dg kehamilanya..moga sehat slalu..

    1. Hai Suz salam kenal juga ya 🙂 . Thanks ya sudah mampirudah follow blogku.

  10. tanamannya cantik2 & lucu mba tapi sayang yaa beracun

    1. Makanya dilihat aja ga pegang2 😀 .

  11. Wah baru tahu kalau Xmas holly itu beracun. Aku pernah lihat di Irlandia, untung nggak megang. Makasih informasinya mbak.

    1. Aku sering lihat menjelang Natal, untung aku belum pernah iseng pegang2 😀 .

  12. Kalau di sini yg lagi banyak itu keracunan jajanan, Mbak…. *OOT

    1. Hehe itu dari dulu keracunan jajanan 😀 . Aku jadi pengen jajanan kaki 5 😳 .

  13. Gita

    Untuk penetralisir racun kalo dalam chinese medicine itu secepat mungkin konsumsi apa aja yg berbahan baku lobak, makanan, jus atau langsung dimakan umbinya (paling cepat efeknya lobak putih), trus ada lagi minum air kelapa muda. Dijamin langsung netral. Tp kalau racunnya sudah masuk ke tubuh 24 jam lebih aku kurang tau apa efek penetralisirnya akan sama. Dulu aku pernah keracunan obat dokter yg ternyata kadaluarsa, trus langsung minum air kelapa muda sampe 10 biji. Kalo adikku sempet kemakan borak dari ikan laut yg diawetkan pake borak (gak tau soalnya kerjaan oknum di pasar sih, aku juga sempet kena tp gak sebanyak adikku yg kulitnya sampe melepuh hitam) karena dokter salah kasih obat, kondisi adikku sampe serupa sindrom stevens-johnson untuk menetralisir obat dokter dan borak dikulit, konsumsi air kelapa muda juga. Sebenernya lobak lebih efektif, tp kami gak suka rasanya, lagipula dikampung banyak pohon kelapa..^_^ Kelapa muda untuk obat tidak boleh dijatuhkan/terbanting ketanah sewaktu dipetik karena akan mengubah kandungan senyawa didalam airnya dan mengakibatkan tubuh lemas, jadi buahnya dipetik diikat tali dan diturunkan pelan2 saja.

    1. Waduhh serem sekali efek keracunannya 🙁 . Lobak putih banyak ditempatku sini. Yg tdk ada air kelapa. Pernah beli kelapa di supermarket, mahalll airnya cuma 30 ml. Sdh 2x beli air kelapa kemadan di toko asia, lumayanlah mengurangi rasa kangen air kelapa 😀 .

  14. bunga lupinus perennis bentuk daunnya sekilas mirip daun ubi kayu 🙂

    1. Wah iya ya pak, daunnya menjari mirp daun singkong 😀 .

  15. ejuna

    Mbak, mau tny dong, sy ada tnm tulip, tp daunnya pd busuk, terus byk binatang hitam yg terbang2, tp umbinya msh bagus, sy mau tny umbinya apa dibuang atau msh bs ditnm lg? Terus bagaimana supaya daunnya ng busuk, kmrn itu sempet kehujanan terus . Terima kasih

    1. Tanam di pot ya?. Klo hujan pindahkan potnya, kalau kena hujan terus akan busuk. Bongkar potnya lalu daunnya potong semua. Klo umbinya lembek, buka perlahan hingga ketemu yg masih putih dan keras, angin2kan. Klo mau ditanam lagi simpan di kulkas dulu 3 bulanan. Oh ya simpan dibungkus koran ya.

  16. Infonya bgs Nel walo bunganya kow cakep2 yaaaa tp berbahaya

    1. Cukup dipandangi saja Non jangan dimakan 😀 .

  17. pantesan aja banyak makan korban anak-anak. sebab anak-anak suka dengan sesuatu yang berwarna cerah dan indah

    1. Benar bang Jampang . Anak-anak penasaran lihat bentuk dan warnanya.

  18. Jelas anak anak suka karena warnanya pada mencolok gitu nelll, so menarik perhatian mereka,
    Tapi kasian juga kalau pada keracunan gitu..

    1. Ortunya harus kasih tahu anaknya 🙂 . Tapi namanya anak-anak selalu penasaran deh 😆 .

  19. serem.. padahal cakep2 gitu ya… tapi beracun….

    1. Iya Man sayang ya cantik tapi beracun 😀 .

  20. bunganya cantik2 tp sayangnya kok beracun ya..klo kita adalah penghobi bunga yang lg punya anak yang masih kecil2 tau bunga yg kita tanam drumah t’nyata beracun,emg sbaiknya jgn dtanam ato dbuang aj..ya meskipun dalam hati sayang krn bunganya cantik..toh masih ada bnyak bunga cantik2 tp tdk beracun yg bs kita tanam..klo d alam liar bnyak tmbh bunga2 yang beracun,ya setidaknya kita menciptakan lingkungan yg aman buat anak2 ya dimulai dari rumah kita sendiri dulu..y kan..

    1. atau si anak diberikan pengertian, kalau bunganya hanya bisa dilihat saja. Beritahukan juga akibatnya kalau misal dipegang atau paling bahaya dimasukkan ke mulut.

Leave a Reply