Suasana Musim Semi di Sekitarku

loading...

Saat ini sudah musim semi, cuaca sudah mulai hangat, kalau saya bilang malah terlalu hangat untuk ukuran musim semi. Suhu sekitar 20-23 derajat C cocoknya buat awal musim panas dong ya 🙂 .

Protected by Copyscape Web Plagiarism Check

Per tanggal 30 Maret nanti akan dimulai waktu musim panas. Menurut om Wiki sistem “Waktu Musim Panas” adalah dimana waktu resmi dimajukan (biasanya) satu jam lebih awal dan diberlakukan selama musim semi dan musim panas. Hal ini dimaksudkan untuk lebih menyesuaikan jam ketika hari masih terang dengan jam kegiatan kerja dan sekolah. Horeee berarti tidur bisa 1 jam lebih lama hehe sebenarnya tidak berpengaruh buat saya yang lebih banyak dirumah saja dan tidak perlu bangun pagi buta 😀 .

Ketika musim dingin perbedaan waktu Jerman dan Indonesia (WIB) 6 jam, akhir Maret nanti akan beda 5 jam. Di tanah air waktunya lebih duluan, jadi kalau sahabat blogger bangun tidur di pagi hari jam 6 pagi, nah saya baru mau tidur malam hari jam 23 itu kalau tidak begadang :mrgreen: . Makanya kalau komentar kalian dibalasnya lama ya karena perbedaan waktu tersebut. Saya juga tidak lagi menahan “memoderasi” komentar blog (kecuali kalau yang baru pertama kali komen) karena alasan perbedaan waktu tersebut. Ko ga enak ya nahan komentar masuk terlalu lama untuk tayang hehe.

Cukup membicarakan “Waktu Musim Panas”, sekarang saya ingin memperlihatkan foto-foto dan video singkat suasana musim semi disekitar saya. Tentu saja yang berhubungan dengan tanaman yaa *tetep* 😎 .

1. Toko-toko bunga dan atau retail tanaman

Bunga-bunga musim semi yang dijual membuat “lapar mata”, padahal saya sudah nanam sendiri loh, namun melihat yang sudah mekar rasanya beda deh 😳 .

Ajaib deh tahun ini, bulan Februari sudah keluar edisi Bunga-bunga Musim Semi. Jerman Foto 6 Februari 2014
Ajaib deh tahun ini, bulan Februari sudah keluar edisi Bunga-bunga Musim Semi. Jerman Foto 6 Februari 2014

 

loading...
Bunga-bunga musim semi yang dijajakan di toko bunga. Foto 6 Februari 2014
Bunga-bunga musim semi yang dijajakan di toko bunga. Foto 6 Februari 2014

 

Pengen beli semua bunga-bunganya
Pengen beli semua bunga-bunganya

 

Menahan diri untuk tidak beli, cukup melihat-lihat saja bunga-bunga yang di Jual
Menahan diri untuk tidak beli, cukup melihat-lihat saja bunga-bunga yang di Jual

Lihat koleksi retail tanaman lainnya yukk

Musim semi tahun ini datang lebih awal, cuaca sejak bulan Februari sudah mulai hangat, salju entah lagi pergi kemana, lupa mampir ke mari 😀 . Padahal tahun lalu 2013 sampai bulan April salju masih sesekali turun dan cuaca masih dingiiiinnn.

Koleksi retail tanaman lainnya lagi nih

2. Bunga-bunga musim semi di Jalanan

Pohon ini mirip bunga sakura, tapi jujur saya tidak yakin. Jadi buat yang tahu namanya mohon infonya dong ❓ .

Pohon Musim semi di pinggir jalan, tidak tahu namanya. Bunganya keluar duluan, setelah itu baru tumbuh daunnya. Foto 15 Feb 2014
Pohon Musim semi di pinggir jalan, tidak tahu namanya. Bunganya keluar duluan, setelah itu baru tumbuh daunnya. Foto 15 Feb 2014

 

Pohon Musim semi. Small Spring tree
Pohon Musim semi. Small Spring tree

 

Supaya lebih jelas, berikut ini videonya (15.02.2014):

 

Coba lihat foto pohon dibawah ini, mirip kan foto diatas? Hanya pohon yang dibawah ini lebih tinggi

Pohon Musim semi tidak tahu namanya
Pohon Musim semi tidak tahu namanya

 

Die Schneeglöckchen (Galanthus) atau Snowdrop
Banyak ditemukan di taman-taman umum atau pekarangan rumah. 2 Tahun lalu saya nanam tidak numbuh huhu 🙁 kapok tidak mau nanam lagi, sepertinya bunga ini cocok ditanam di tanah yang luas dan tumbuh liar.

Video hamparan Schneeglöckchen (Galanthus) atau Snowdrop (22.02.2014):

Crocus. Bunga ini satu keluarga dengan bunga Iris

Bunga Crocus. Jika bunga ini sudah mekar ditaman-taman berarti sudah musim semi
Bunga Crocus. Jika bunga ini sudah mekar ditaman-taman berarti sudah musim semi

Dafodil (Narcissus) dikenal juga sebagai lonceng Paskah (Osterglöckchen) karena mekar biasanya sekitar perayaan Paskah.

Dafodil (Narcissus) menyemarakkan musim semi dan perayaan Paskah
Dafodil (Narcissus) menyemarakkan musim semi dan perayaan Paskah

 

Bunga Dafodil (Narcissus) tumbuh liar di tepi jalan
Bunga Dafodil (Narcissus) tumbuh liar di tepi jalan

Video bunga Dafodil (Narcissus) di tepi jalan (14.03.2014):

 

Pohon buah ceri tetanggaku, muncul banyak bakal bunganya sepertinya bulan depan baru akan mekar bunga-bunganya. Setelah berbunga baru tumbuh buahnya.

Pohon Ceri tetangga sudah banyak bakal bunganya
Pohon Ceri tetangga sudah banyak bakal bunganya

Pohon musim semi lagi, tidak tahu namanya. Bagi yang tahu mohon informasikan dong . Terima kasih untuk Haekal yang sudah memberitahukan nama pohon ini adalah Forsythia.

Pohon Musim semi, berbunga dulu lebatt setelah bunga rontok baru tumbuh daun-daunnya. Forsythia in full bloom Forsythias are popular early spring flowering shrubs in gardens and parks
Pohon Musim semi, berbunga dulu lebatt setelah bunga rontok baru tumbuh daun-daunnya. Forsythia in full bloom Forsythias are popular early spring flowering shrubs in gardens and parks

 

Tanaman (pohon) ini berbunga lebat berwarna kuning ketika awal musim semi, setelah bunganya rontok baru akan tumbuh daunnya. Saya perhatikan banyak halaman rumah orang dihiasi pohon ini.

Forsythia flower. Die Forsythien (Forsythia). Pohon Musim semi, cantik ya kalau dibentuk membulat
Forsythia flower. Die Forsythien (Forsythia). Pohon Musim semi, cantik ya kalau dibentuk membulat

 

loading...

3. Musim semi dibalkonku :).

Happiness is not in the mere possession of money; it lies in the joy of achievement, in the thrill of creative effort.” Franklin D. Roosevelt.

Buatku salah satu happiness adalah kalau saya masih bisa berkebun <3 .

Protected by Copyscape Web Plagiarism Check

Tulisan Terkini

About these ads

90 thoughts on “Suasana Musim Semi di Sekitarku

  1. nyenengin banget ya Mba Nel ngelihat suasana musim semi ini. Berwarna banget..

  2. Gita

    Oya, kenapa gak snowdropnya nyabut aja di taman yg sudah mekar untuk ditanam dirumah/pot? Nah, forsythianya juga bisa ambil sedikit rantingnya untuk ditanam (katanya mbah google mudah tumbuhnya kalo di stek gitu)..Fufufufufufu…niatjahatmuncul.com

    1. Ga bisa dicabut sis, tertanama sudah sangat dalam karena tumbuh dari tahun ke tahun.
      Aku baca dari wiki kalau forsythia harus di perhatikan pertumbuhannya krn akan tumbuh sangat liar aku males ah, lagipula berkebun hanya di balkon 😀 .

      1. Gita

        Oh, snow drop bisa terus tumbuh begitu ya? Krokus sama dafodil juga? Tulip bisa juga kah?
        Wah, iya ya…dibalkon ya, ku do’a kan semoga nanti sis nella bisa punya rumah dengan halaman yg luas jadi bisa banyak tanam bunga2 deh sama anak2 dan suaminya…:D

        1. Bunga berbulb tumbuh tiap tahun, makin banyak karena beranak terus, dan tidak dibongkar ditaman-taman umum. Jadi tumbuh liar 😀 . Dulu sih waktu ngontrak dirumah yg ada sedikit kebun, iya ku bongkar nyari bulb tulipnya, ampunnn dalam bangett, setelah itu ga mau bongkar2 lagi mendingan beli 😉 .

  3. Unik yah kak, berbunga dulu baru keluar daunnya. Cantik2 banget bunganya, pantes aja kak Nel laper mata :p

    1. Iya Py, tuh pohon-pohon keluarin bunganya dulu setelah puas baru muncul daunnya 😉 .

  4. Hwoooooww Sugoiii / Kereeen…… 😀 ….Kalo abis pulang kerja liat pekarangan banyak bunga/tanaman nikmat sekali….. refreshing,,,

    1. Iya habis cape kerja, lihat tanaman membuat hati senang 😉 .

  5. mupeng mba nella, liat bunga-bunga yg dijual.. 🙂

    1. Hehe sama saya juga mupeng 😀 .

  6. Keceriaan musim semi tertuang dalam postingan ini Jeng Nella
    Terpaku si ungu crocus..
    Terpada pada Forsythia ceria….
    Trim Jeng, berbagi keceriaan musim semi. Salam

    1. Terima kasih bu Prih 🙂 . Salam musim semi yaa :star: .

  7. ded

    Entah mengapa, tanaman2 yg dijual tukang bunga selalu memikat hati dan membuat kt tergoda untuk memilikinya 🙂

    1. Di tukang bunga dibuat istimewa misal bunfanya banyaaak, jd yg lihat tertarik beli, eh pas dibeli stl bbrp waktu ga seindah yg ditoko 😳

  8. mamipapa

    hallo Mbak Nella salam kenal yah, tiap kali posting bunga atau kebun demen bacanya hehehe

    bunga snowdrop itu sekilas kaya bunga sutera bombay yah pdhl mah beda model daun sama bunganya hihihi maksudnya rumpunan dari jauh kl bunga musim semi yg pink kaya hydrangea pdhl mah bukan yah, kl punya kebun di rmh pengen nanem bunga2 sama seri buat memasak ky cabe, bawang

    1. Hai Fel salam kenal juga ya 🙂 .
      Wah aku baru tahu nama bunga sutera bombay, ntar mau googling ah 😀 .

  9. Saya baru tahu kalau jamnya dimajukan kalau musim panas gitu. Hal seperti itu diumumkan secara luas atau memang sudah jadi kebiasaan. Takutnya ada yang lupa setting jam kan bisa telat ke sekolahnya.

    1. Sudah dari tahun 1919. Ada terter di kalender mengenai perubahan waktu, klo jam ditelp dan komputer otomatis akan berubah, klo jam tangan setting manual 😀 . Di tv biasanya juga diinfokan juga.

  10. Yang namanya suka, walau di rumah sudah ada, lihat bunga-bunga yang ada di retail tetap saja ingin membelinya ya Mbak?
    Selalu disuguhi foto-foto bunga yang indah bila saya berkunjung kemari…

    Salam,

    1. Iya pengen beli 😳 . Untung bisa nahan diri, infattko diruah sdh punya banyak 😀 . Terima kasih mas Asa untuk kunjungannya 😉 .

  11. Gita

    Sis, yang pink itu mungkin Rose Tree of China…Prunus Triloba…mungkin sih..^_^

    1. Oohh itu namaya, thanks sis ntar coba aku google cocokin fotonya 😉 .

  12. Mau ke Jerman .. Mau Ke Jerman aaah hehehe, mau menikmati indahnya musim semi hihihi. Kalau di yurop banyak musim yaa hehehe
    musim semi itu rasanya hangat2 gitu yaa mba hehee, trus kalau musim dingin, cuma dingiiin gitu aja yaa kayak ada angin2 gitu mba, trus tanaman juga laen2 yaa yang tumbuh dan berkembang atau bahkan nggak ada tanaman yang tumbuh/berkembang yaa .
    Kalau musim semi, tanaman yang tumbuh dan berkembang jadi cantik2 yaa, Ohoho .. baru tau perbedaan waktu antara Indonesia dan Jerman adalah 6 jam, waktu Indonesia lebih cepat yaa 🙂

    1. Yg banyak angin klo musim gugur, serem klo badai datang 😥 . Musim dingin klo saljunya tebal malah ga dingin2 banget ko. Nah favoritku musimsemi, sejukkktanaman mulai tumbuh, bunga2 bermekaran, indah deh <3 . Iya di Indonesia lebih dulu 6 jam 😉 .

  13. Kak, kalau nanti buah ceri-nya udah berbuah, potoin ya kaaaak. Aku mau liat 😀
    Untunglah aku mampir blog ini. lihat-lihat bunga yang cakep. Anakku nendang-nendang senang ^_^ Hehehe

    1. Iya Eka nanti klo pohon cerinya mulai berbunga aku potretin ya, pas berbuah juga 😉 . Masih banAk pohon lainnya yg berbunga cuma belum sempat keliling lagi 😀 .

  14. Akang malah jadi “kenyang mata” lihat2 bunga2 cantik di blog ini 🙂

    1. Hehe bagus2 ya kang bunga2nya 😉 .

  15. RY

    Postingan mbak Nela selalu bikin ngiler mata dan jadi seger liatnya 🙂

    1. Hai RY semoga ga bosan ya lihat postingan tanaman melulu 😳 .

      1. RY

        Gak pernah bosen mbak, tapi maaf jarang komen karna kburu ngiler sama suasana tamannya 🙂

        *hug Mbak Nela

  16. Hah? Udah 20-23 derajat C aja mbak? Lah kok hangat sekaliii..
    Di sini masih dibawah 10 C terus, mana badai mulu lagi. Tapi udah banyak tuh Crocus sama Daffodil di pinggir-pinggir jalan.. Cantiiik!

    1. Iya saat ini jam 2 siang nih suhunya 20 derajat C, keluar rumah sudah pakai baju musim panas ajalah 😆 . Iya itu crocus dan daffodil muncul duluan, setelahnya baru tulip 😉 .

  17. wah tjantik tjantik yah 😀

    1. Sangking cantiknya jadi bilangnya tjantik yaa 🙂 .

  18. kalo liat bunga2 gini , inget emak yg rajin nanem bunga dan berkebun di rumah… tapi kok ga ada yg nurun ke anaknya :D, anaknya cuma bias nelp “bu di rumah yg berbuah pohon apa?”

    1. Hahaha trus kalau pohonnya sudah berbuah, baru anaknya pulang ya? 😀 .

      1. Iyahhhh dan lalu pergi bagai rampok bawa buah sekarung

  19. Waduh bunga-bunganya bagus banget, gak bisa ngomong banyak, pokoknya baguuuuuussss sekaliiiiii….

    1. Iya bagus-bagus yaaa Len 🙂 .

  20. Mba Nella ulet banget ya nanem gitu hehehe., pingin deh liat langsung tanaman2nyaa 😀

    1. Daripada beli ya aku nanam sendiri aja hehe 😀 .

  21. cantik2 mba Nel… Yang biru di rak bunga apaan Mba Nel? *ngga bisa liat bunga biru, karena emang jarang bunga warna biru yaaa 🙂

    1. Firsty suka warna biru yaa? 🙂 . Foto 1 dan 2 bunga yang warna biru namanya bunga Primula http://en.wikipedia.org/wiki/Primula iya jarang warna biru.

      1. Iya Mba Nel… suka banget… hehehe. Love Blue 🙂

  22. cantik2 ya bunganya,,jadi seger ngeliatnya..jadi pgen ikutan berkebun..

  23. Bunga crocusnya cantik banget Mbak Nel…

    1. Iya Deva bagus si crocus, warna lain ada kuning dan putih, belum nemu untuk dipotret 😀 .

  24. Mba nellll itu kembangnya sumpahh bikin ngilerrr,… mauuu,… cakep cakep bingitt 😀

    1. Iyaaa Chris bingitt bangett ya cakepnya 😀 .

      1. Wkwkwk,… yang ada bonggolnya itu, lucu ya 😀

  25. seolah-olah berada di lokasi 😀

    1. Tertarik beli juga kalau seolah-olah berada di lokasi tsb? 😀 .

      1. enggak 😀
        Pastinya saya nggak telaten buat ngerawat tanaman

  26. Wah cakep-cakep banget.
    Memang sih kalau ke toko tanaman sering kali bikin lapar mata, sekalinya sudah dibeli bingung merawatnya

    1. Hehe iya Chris, termasuk bingung mau taruh dimana lagi tanaman2ku, balkon sudah penuh 😳 .

  27. Bunga-bunga yang cantik,
    dan bagi penggemar bunga memang bikin laper mata,
    udara pasti jadi ikut segar.

    1. Iya udaranya segarr sekali 😉 .

  28. Wow mantep tu bunga kuningnya ntar dah aku tanya teman aku sapa tau dia tau, oh iya nel kalau cuaca ngacok gini ngaruh tidak sama liburan musim panas, karena diprediksi april turun salju eh malah udah masuk semi…
    tapi seneng dung ngak berkutat ma salju, keliatanya si cha yg rumahmya kena salju…

    happy musim semi nel..

    1. Hai Ria, aku sudah tahu yg kuning itu namanya Forsythia, tadi dikasih tahu Haekal 😉 . Iya senang ga ada saljunya eh musim semi datang lebih cepat jadi bisa siap-siap berkebun kembali 🙂 .

  29. Bunga yang warna ungu cantik banget ….
    Seandainya bisa di tanam di tanah air

    1. yang ungu yang bunga krokus ya?. Kalau mau ditanam di tanah air bibitnya disimpan dikulkas dulu kira-kira 1 bulanan, baru ditanam 😉 .

      1. Yups, bunga krokusnya cantik banget…
        Waduh…. sampai 1 bulan ? Bisa-bisa kelupaan, pas buka kulkas sudah mulai tumbuh 😀

        1. 1 bulan sudah singkat itu, kalau bibit tulip malah harus disimpan di kulkas selama 3-4 bulan 😀 .

  30. sekotheng

    Senang melihat postingan mbak tentang bunga dan bagus2 lagi. Saya juga suka bunga, sayangnya malas untuk berkebun. Hehe..
    Tapi saat ini mulai menanam tanaman yg mudah dirawat seperti kaktus..=)
    Salam kenal Mbak.

    1. Nah kaktus gampang dipelihara tuh 🙂 .
      Salam kenal juga Galuh 😉 .

  31. Kyaaaa mupenggg banget mba. Bener kata mba, sy juga bakalan pengen beli kalau jadi mba. Cakep kali kali kaliiiiii. Kyaaa sy aja kalau mau beli anggrek di medan sering mupeng sangkin banyaknya 😀 apa lagi klw di german ya mba. Btw mba pohon bunganya kerenn banget. ga kebayang deh pertama kali numbuh setelah musim semi, ternyata bunga duluan baru daun. biasanya daun dulu kan mba 😀
    Keren keren.

    1. Kalau di Medan cuaca masih mendukung Chit, beli2 tanaman lalu bisa taruh tanaman di luar rumah, lah ditempatku bingung pas winter mau taruh dimana 😆 . Iya cakepp pohon-pohon disini berbunga dulu banyak banget, setelah rontok bunganya baru numbuh daunnya 😉 .

  32. itu bunga-bunganya minta diborong banget hehe

      1. liat harganya kemudian tutup mata

  33. Asyik ya…di pinggir jalan bunganya cantik2 gitu. Di sini sih, bunga di taman aja bisa dipetik atau dicabut 🙁

    1. Kalau di petik ga masalah nanti akan tumbuh lagi ko, nah klo dicabut hingga ke akar jadi rusak 🙁 .

  34. Hari

    Awesome… Di Jerman retail tanaman hiasnya bikin pengen…

    1. Iya pengen banget borong tanaman2 yg dijual 😀 .

  35. di Indonesia kok gak ada ganti waktunya ya..ahahhaha mau donk 1 jam nya di disc … biar sy ngantor jam 9 aja…

    1. Hahaha iya yaa asyik juga tuh kalau waktu bisa di maju mundurkan 😆 .

      1. di amrik juga sudah ya… 1 jam lebih cepat .serasa di cut.. kayak jam kerja di cut aja 2 jam *mulaingawur.com

  36. oh kalo di jerman belum ganti ya waktunya. disini udah dari awal maret ganti waktu. 🙂

    1. Oohh di Amrik dari awal Maret toh 😀 . Iya di eropa akhir Maret baru ganti jamnya.

  37. Bakalan penuh warna-warni tuh mba ntar di setiap sudut oleh tumbuhan yang mekar…

    heran ya, kota seperti di jerman yang wilayahnya nggak luas, masih tersisa buat tumbuhan untuk hidup dan mekar. Lhaa di jakarta… tumbuhanpun gak dapet tempat untuk berbunga.. kalah oleh debu dan polusi

    1. Di Jakarta sudah banyak bangunan tinggi pak 😀 selain itu banyak tempat bukan di jadikan lahan hijau (taman) malah dibangun jadi mall . Masyrakat kalau mau lihat yang hijau ya pergi ke pinggiran spt ke Bogor 🙂 .

    1. Iya pak Iphong klo siang hangat-hangat seger 😉 .

  38. Dingiiiinnnn….berrrrr 😉

    1. Seger ah, ga terlalu dingin ko 😀 .

Leave a Reply

loading...