Ditunggu Kunjungan Baliknya yaaaa

loading...

Saya mau curhat, mau nyampah disini boleh ya. Pengen numpahin unek-unek biar plong ๐Ÿ˜€ .

Blogging hands (Foto: gettyimages)
Blogging hands (Foto: gettyimages)

Dulu sekali tahun 2009 waktu saya mulai ngeblog, 2 tahun pertama siapa sih yang ngelirik blog saya ini. Siapa pula yang sudi berkomentar di blog ini, bahkan yang memberikan “like” juga tidak ada.

Kemudian saya mulai baca-baca artikel tutorial blog, bagaimana meningkatkan trafik, bagaimana supaya blog ramai pembaca dan ramai yang kasih komentar juga. Ringkasan kemajuan blog saya tulis di trafik blog.

Rajin blog walking, mulai dapat teman-teman baru dimana kami saling mengunjungi, saling berkomentar. Makin hari makin banyak teman-teman blogger saya. Trafik makin naik dari teman blogger maupun dari mesin pencari yang mengantarkan banyak sekali orang ke blog saya ini. Saat ini sekitar 800 page views (tiap hari kerja) saya dapatkan dari mesin pencari. 2000 Page views setiap hari sudah biasa.

Friendship (Foto: gettyimages)
Friendship (Foto: gettyimages)

Senang? tentu saja!. Namun belakangan jadi beban juga loh buat saya. Apalagi postingan ramai komentar saya senang sekaligus stres hahaha. Blog saya tentunya belum seramai yang komentar di blognya Arman atau Bebe sih ๐Ÿ˜€ .

loading...

Stresnya knapa?:
โ€ข Banyak komentar tentunya harus dibalas satu persatu. Untuk menunjukkan penghargaan “rasa terima kasih” kepada yang sudah berkomentar. Iya kalau saya punya banyak waktu akan saya balas langsung semua komentar, bagaiman kalau saya tidak banyak waktu untuk nongkrong di depan komputer atau tidak punya cukup waktu memegang tablet berlama-lama?.

โ€ข Stres karena tiap hari pasti terima email pribadi yang banyak. Kalau hanya butuh jawaban singkat gampanglah ya, bagaimana kalau email curhat yang butuh jawaban panjang lebar dari saya. (Kadang saya “sim salabim tidak ada email, jangan ada email masuk pleasee” ๐Ÿ˜† )

Tipe email yang jadi sarapan atau makanan siang saya tiap hari:
1. Misal curhat bagaimana cari jodoh bule, ko pacar bule (atau gebetan) saya begini, begitu, harus bagaimana nih kak?. Sudah join online datingnya, cara kerjanya bagaiamana?, cari bule yang baiknya bagaimana? Karena ketemu scammer melulu. Sudah ketemu jodoh lalu mau nikah, nanya cara ngurus suratnya ke saya juga, sudah saya kasih tahu buka tulisan ini, baca sebaik-baiknya disana, nanti dia nanya lagi!. Ko saya jadi seperti konsultan cari jodoh?.

2. Bagaimana cara sekolah, kuliah dan kerja di Jerman. Ini kalau di jabarin macam-macam pertanyaannya bikin saya stres tingkat tinggi berkepanjangan. SAYA TIDAK SEKOLAH, TIDAK KULIAH BIDANG FARMASI dan TIDAK KERJA BIDANG FARMASI DI JERMAN. Kalau saya curhat (cerita) di blog mengenai tema tersebut ya itu impian saya, dan belum terwujud makkkk ๐Ÿ˜ฅ . Saya stress kalau ditanya-tanya melulu hiks. Sudah saya kasih tahu baca disini, disana. Join forum ini itu, nanti orangnya nanya lagi hiksss.

Kalau mau kerja atau pindah ke Jerman, kamu tidak akan dapat visa kalau hanya โ€žya datang aja dulu ke Jerman, numpang si A, B atau C. Ada om saya bisa nampung katanya tinggal sama dia dulu, sekaligus bantu-bantu kerjaan dia di klinik. Urusan kerjaan nanti baru cariโ€œ. Hellooo saya kasih tahu ya, kamu tidak akan dapat visa. Visa PASTI DITOLAK kalau situasinya seperti itu. Kalau mau kerja harus sudah dapat surat kontrak kerja dulu dari perush di Jerman. Kalaupun sudah dapat kontraknya kamu akan berurusan dengan pihak tenaga kerja โ€œArbeitsamtโ€ Akan ditanyain ke kamu dan perusah yang terima kamu. โ€œKenapa ambil tenaga kerja dari luar Jerman? Apakah tenaga kerjanya tidak ada di Jerman? Kalau tidak ada baru dipertimbangkan keluarnya visaโ€.

Belakangan banyak tenaga kerja perawat lansia didatangkan dari Cina kalau Vietnam banyak yang magang ke sini, karena Jerman kekurangan tenaga kerja.

Saat ini 2,4 juta warga membutuhkan perawatan lansia, dan angka ini diperkirakan naik menjadi 3,4 juta pada tahun 2030 – dan lebih dari 100.000 pekerja terampil diperlukan. Menurut Badan Statistik Jerman, sekitar 950.000 orang saat ini bekerja untuk perawatan geriatrik di Jerman.

(ngutip DW lengkapnya baca Jerman Tengok Imigran untuk Kerja di Panti Jompo dan Perawat Lansia dari Mekong)

Jadi perawat lansia memang enak? tidakkk, sering sekali Frank bilang “..dasarr kerjaan brengsekkk”. Lain waktu saya ceritain kerjaan suamiku tercinta deh ya ๐Ÿ˜‰ . Kalau berminat cari kerja di Jerman silakan cari tahu sendiri ya, saya tidak akan jawab kalau ada yang nanya-nanya. Ko saya jadi seperti konsultan sekolahan atau kerja?.

3. โ€œBerapa kelembapan udara di Jerman tiap musimnya?โ€œ (ditanyakan seseorang yang mau expansi bisnis ke Jerman kali ya). โ€žKalau bulan Februari sekitar jam 7 pagi masih gelap kah, soalnya mau kursus pagi atau siang aja baiknya ya?โ€œ. โ€žDari bandara Frankfurt ke Berlin, ke Belanda, ke Swiss naik apa, berapa lama, nginep dimana?โ€œ. โ€žContoh toko-toko dijalan ini jualan apa saja aja ya?โ€. Bahkan yang mau nulis novel nanya-nanyanya ke saya gubrak.com.

4. Nanya-nanya visa, kenapa ditolak (kalau ditolak hanya petugas visa dan Tuhan yang tahu, knapa nanya ke saya hikss). Nanya-nanya cara nikah di Jerman, di Swiss, dan Negara lain, baiknya nikah di Indonesia atau di luar negeri?. Nikah beda agama tempatnya dimana, dinegara mana, bagaimana caranya?, bahkan contact personnya nanya ke saya juga. Padahal di tulisan dan website yang saya tunjukkan sudah ada informasinya, dibagian atas kiri atau kanan website.

5. Nanya-nanya mengenai tanaman, kenapa begini, kenapa begitu. Didaerah panas cocoknya nanam apa?. Nah tipe email begini masih bisalah saya layani karena sesuai hobi saya. Itupun kalau yang ditanyakan sudah pernah saya alami (pengalaman).

Masih banyak tipe emailnya, nanti kalau ingat saya tambahin deh ya, atau buat bagian II ๐Ÿ˜€ .

Tipe-tipe email yang saya jelaskan diatas itu sebenarnya bisa cari jawabannya di google ko. Mengesalkan itu kalau kamu termasuk tipe yang malas membaca dan malas cari tahu sendiri. Gampang langsung nanya saja beres toh?.

Saya sering curhat ke Frank, dan Frank tahu ko saya mauuuu yaaa balasin satu persatu email begitu ๐Ÿ™„ . Frank sampai berulang kali nanya loh โ€œkamu dapat duit ga kalau jawab-jawab email begitu banyak? Minta banyaran 1 euro kek per emailโ€. Bahkan pernah saya sindir seseorang yang berulang kali nanya-nanya melulu bahkan nanya tempat tinggal saya “mau kirim parcel kesaya?”. Sumprit deh saya tidak pernah menarik bayaran dari email yang saya jawab. Bahkan tidak menerima ucapan terima kasih juga tidak masalah kooo tapi sebel kan kalau ada yang email diujung kalimat “di tunggu segera balasannya!”. Kalau saya dibayar ya saya segera balas, tipe email seperti itu malah saya cuekin!.

โ€ข Stres kalau yang berkomentar di blog saya menuntut โ€œditunggu kunjungan baliknyaโ€. โ€žMampir yaโ€œ sampai dikasih link tulisannya supaya mata saya bisa melihat jelas?? ๐Ÿ˜ฏ . Saya jawab komentar ybs, nanti begitu lagi โ€žditunggu kunjungannyaโ€œ.

Padahal ya menurut saya โ€žkalau kamu sudah bisa berkomentar di blog seseorang apalagi blog yang ramai pengunjung dan tinggi trafiknya, itu sudah memberikan kesempatan orang lain untuk melihat id kamu toh? Bukan hanya si pemilik blogโ€œ.

Belakangan kalau saya blog walking, beneran yaaa saya TIDAK MENGHARAPKAN segera dikunjungi balik dan dikomentari postingan saya oleh blogger dimana saya sudah berkomentar. Jika saya bisa berkomentar, maka saya sudah menitipkan id saya, nama blog saya di blog tersebut.

Saya kasih tahu ya, saya menerima banyak sekali trafik dari blog yang saya komentari misal blog Bebe, Melissa, Noni, Arman, Sondang, Fascha, dll, silakan lihat foto dibawah ini, banyak sekali backlink yang mampir ke blog saya.

Url  atau Perujuk Penyumbang Trafik ke Blog Pursuingmydreams.com. Data 3 bulan Terakhir, data yang teratas saja ya, terlalu pajang hingga ke bawah
Url atau Perujuk Penyumbang Trafik ke Blog Pursuingmydreams.com. Data 3 bulan Terakhir, data yang teratas saja ya, terlalu pajang hingga ke bawah

Apakah dari yang punya blog? Apakah yang punya blog punya waktu mampir ke blog saya? TIDAK, mungkin yang punya blog sedang sibuk mengurus rumah tangga, sibuk kerja, sibuk mengurus bayi yang baru lahir dan kesibukan lainnya. Saya TIDAK mengharapkan dikunjungi balik, tapi teman-teman yang punya blog penasaran pengen tahu siapa sih saya dan saya mendapat banyak trafik lohhh ๐Ÿ˜‰ .

Per 2 Maret 2014 follower blog saya berjumlah 1.017 (kalau teman-teman sosial media tidak termasuk angka tersebut ya) entah dari mana saja mereka hingga berjumlah 1.017 hehe. Saya senang banyak yang mengikuti blog saya, namun disisi lain saya harus berhati-hati menuliskan sesuatu yang pribadi, bahkan nama lengkap suami dan saya sudah saya hapus dari “About me” untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kalau kamu bertanya-tanya kenapa saya belakangan ini sering menutup akses komentar blog. Jawabannya karena saya tidak punya waktu banyak nongkrong di depan komputer, tidak punya banyak waktu untuk blog walking. Stres karena banyak yang sudah berkomentar di postingan saya BERHARAP kalau saya sesegera mungkin 1X24 jam segera berkomentar juga di blog mereka. Serasa saya berhutang ๐Ÿ˜ .

loading...

Heloo apakah saya meminta kamu berkomentar di blog saya?. Nah daripada pusing jadi saya tutup akses komentar postingan saya. Padahal banyak juga teman-teman blogger yang tulus komentar di blog saya tanpa mengharapkan kunjungan balik kan? Hanya ingin berkomunikasi dengan saya bener kan? ๐Ÿ™‚ .

Sepertinya nantinya disetiap akhir postingan tulisan akan saya berikan kalimat begini: โ€žSilakan berkomentar, namun yang mengharapkan kunjungan balik atau berharap saya akan berkomentar balik di blog kamu. JANGAN BIKIN KOMENTAR di postingan saya ini yaโ€œ *salamdamai* ๐Ÿ˜† .

Baca Juga:
โ€ข 5 Tips Etika Berkomentar di Blog
โ€ข 3 Tipe Komentar yang โ€œGa banget deh!โ€
โ€ข Cara Membeli Domain di Toko WordPress
โ€ข Mengenai dapat Duit dari WordAd (Triple Ads)
โ€ข Tips Mendapatkan Lebih Banyak Trafik Blog
โ€ข Blogwalking Salah Satu Cara Bikin Blog Terkenal
โ€ข 7 Cara Membuat Blog Cepat Terkenal
โ€ข Job Online Apakah Harus Selalu Diterima?

About these ads
loading...

152 thoughts on “Ditunggu Kunjungan Baliknya yaaaa

  1. sabar ya mbaa. kayak gitu pasti nyebelin bgt deh ya. hehe ๐Ÿ™‚
    aku setuju tuh, gak perlu deh kyknya nulis “mampir ke blog aku ya”.. aku juga baru mulai nge-blog tahun ini. dan bersyukur bgt ada yg mau mampir liat blog aku krn aku comment blog org lain. hahaha (malah curhat)

  2. Serba salah ya mbak Nella, kalau blog sepi pengen banyak pengunjung, giliran banyak pengunjung kita yang jadi repot sementara kita nggak punya banyak waktu karena kesibukan. Sejauh ini saya masih biasa2x aja, nggak terlalu memikirkan traffic, ngeri dengan konsekuensinya….nanti aktivitas di dunia nyata malahan terganggu, meski pengen punya domain sendiri yang bukan gratisan sebenernya, tapi masih gaptek ๐Ÿ™‚

    Kalau soal nanya2x, saya sering dapet pertanyaan aneh….sama seperti mbak Nella…. ada yang niattttt banget dapet bule trus curhat dan nanya nggak kira2x…ckckck….nggak bilang terima kasih pula, trus giliran saya tanya tentang dia eh malah pura2x nggak baca…hadeh ke laut aja deh orang kayak begini.

    1. Hehe iya Fel serba salah ๐Ÿ˜€ .

      Belakangan saya ga balas lagi kalau ada yang curhat minta dicarikan bule ๐Ÿ˜† .

      Ada yang senang curhat sih, mungkin karena sekarang fasilitas internet mudah sekali ya, 24 jam bisa dari Hp. Saya balas sekali, dia nanya lagi, saya balas lagi, nanya lagi. Hadoohh capee hahaha. Iya kesal kalau ada yang sudah dijelaskan panjang lebar eh ga terima kasih pula ๐Ÿ™ .

      1. Felicity

        Iya, kalau tipe yang nanya2x panjang-lebar tapi nggak punya attitude….(tapi kok tetep nekat ya ngirim email nanya2x lagi, memelas minta dibalas pula) ini bakalan saya cuekin deh mulai sekarang. Harus belajar tega, kasihan sebenernya kalau ybs betul2x butuh info, tapi kalau kelakuannya begitu, padahal dia yang butuh ya…. ya males juga kita jadinya…berasa dimanfaatkan banget… 1001 bener deh kelakuan manusia di dunia maya ๐Ÿ™‚

  3. memang segala sesuatu ada plus minusnya ya. kalo kaya saya yg nubie ngarep banget dapet banyak kunjungan atau komen..
    tapi buat kak nella yang udah eksis, malah rempong juga ya balesin komennya hahaha..

    1. Hahaha iya Chrys rempong dan menyenangkan juga ๐Ÿ˜€ .

  4. saya belajar banyak hal dari blog mbak Nella, blognya isinya berkualitas, dan bermanfaat makanya traffiknya tinggi, saya alhamdulilah sebulan ini traffik dah mulai naik follower yang dulu cuman bbrp orang sekarang dah hampir 100 padahal aktif posting baru sebulan, sebelumnya saya cuekin…, ternyata makin tinggi traffik makin berat juga beban moril yang di emban mbak ya… skrg aja komentar spam ku juga sudah mulai banyak, apalagi saya kerja mesti jago bagi waktu ngeblog n kerjaan……………….

    1. Kalau di blogku spam masuk ke kolom khusus spam, mbak Siti aktifkan askimet ga? jadi spam akan masuk situ semua.
      Kalau rajin dan belum numpuk spamnya aku cek apakah ada komen sobat blogger yg nyasar masuk spam box, klo malas langsung sekali klik kosong tuh spam box ๐Ÿ˜† .

      1. askimet ya, oh caranya gimana ya? sisa aktifkan saja kan>? soalnya banyak spam suka comment, jga..kayaknya sudah aktif deh………

        1. Kalau di dasbor mbak Siti sudah ada belum? coba cek dasbor –> statistik askimet.
          Kalau mau dikeluarkan ke tampilan blog, maka dari dasbor–> tampilan–> widget –> widget askimet.

          1. baik mbak aku coba cek dulu yaaa

  5. Kalau mbak dihujani banyak email seperti itu, berarti blog mbak memang populer ๐Ÿ™‚

  6. kalo blogku isi komentarnya, titip link artikel semua
    nggak ada kata2 minta dikunjungi balik siih

    1. Beda-beda ya kelakuan pengunjung hehe ๐Ÿ˜€ .

      1. kalo aku boleh nggak minta dikunjungi
        #eh
        wkwkwkwkwk

  7. lusi andayani

    sy trmsk yg rajin jln k blog mb nella..cari2 info bunga apa aj yg udh berhasil mb nella tanam.bljr dr pengalaman org cri info se bnyk2nya….sy sndiri g pny blog n g prnh fotoin bunga2 sy.pngn punya tp kykna g akn smpt ngurusnya.haha…
    yg sabar yaaa mba n jgn bosen update info nya.kl bsa jgn sering di tutup komen nya krn sy trmsk org yg males email.haha…kl akhrnya sy nanya,itu krn udh mentok.hehe…

    1. Thanks ya Lusi sudah sering mampir ๐Ÿ™‚ . Klo aku sedang tidak banyak kerjaan, komentar kubuka ๐Ÿ˜‰ .

  8. ternyata blog yang rame pengunjung dan komentar bikin repot juga ya Mbak Nella…
    makanya saya jarang kasih komen di sini, walaupun tiap kali ada postingan baru dr blog ini sy trm via email…
    kasian sama yg punya blog..hahaha

    1. Hehe sudah mampir saja saya berterima kasih ๐Ÿ˜€ .

  9. Blogging itu ada masa suka dan dukanya, kadang sebel juga. Sukanya kalau pengunjung blognya banyak, dan mendapat komentar yang bagus dari pengunjung. Dukanya, kalau server lagi down, ada hacker kurang kerjaan nyerang, dan lain-lain. Dan yang bikin sebel tuh komentar dari sobat blogger yang asal-asalan, ga nyambung sama isi tulisan.

    Yang lebih asyiknya jadi blogger, kita tambah pinter lho. Secara tidak sadar kita juga jd sering baca, pengetahuan nambah, dan teman juga tambah. Kadang berasa seperti konsultan aja kalau sering ditanya-tanya sama visitor hehehe.

    1. Hai Max, aku setuju denganmu ๐Ÿ˜‰ . Iya blogging ada suka dukanya, yg kamu tulis benerr banget. Komentar dari sobat blogger yg asal2an mungkin ngejar setoran blog walking ya, stl komen langsung ngabur dan komen di blog lain ๐Ÿ˜† .

  10. evy doloks

    hahaha … sabar ya nel. upahmu besar di sorga. wkwkwwk … kalau udah nanya yang aneh2x, jawab seperlunya saja. kalau mereka kesel, ya bukan salah dikau juga kan ?! kalau nggak nyadar udah nanya aneh2x, doain aja rame2x supaya sadar. um, ngomong2x cowok bule mau gak kalo dikasih marga ?! bletak! ๐Ÿ˜€

  11. dea

    Hi kak nella….. saya suka blog walking, pernah punya blog tp cuma buat curhat gag jelas.. he cuma sebagai silent reader… suka ajah baca pengalaman orang juga….. suka komentar asal sbg tanda mengapresiasi penulis blog sebatas itu dibls syukur gag dibales jg gpp… krn aq mikirnya balesin satu2 wah banyaknya kl sibuk balesin malah nanti penulis blog lama buat bikin tulisan baru aq lama nungguin bacaan…. hihihiiii.. semangat kak nella……

    1. Hai Dea makasih ya sudah berkunjung ๐Ÿ™‚ Iya semangattt ngeblog deh ๐Ÿ˜‰ .

  12. Hallo mba Nella,
    saya sering lho baca-baca disini, tetapi belum pernah sepertinya meninggalkan komen.
    blognya ramai, komennya rame, saya justru ‘sibuk’ baca komennya juga, seru aja ๐Ÿ™‚ .
    saya termasuk pembaca lambat, akibatnya BW saya juga ga banyak.
    kadang membalas komen juga cuma dengan berkunjung balik.
    salut sama mba nella yang mbalasin email satu-satu dengan pertanyaan bejibun gitu.
    ntar saya kirim email juga, “tolong kirimkan bule jerman satu ya mba” , ditunggu segera lho ๐Ÿ˜€ .
    * komen emak-emak gaje.

    1. Hai Ysalma salam kenal ya, ini komentar pertamamu di blog saya :Wink: . Thanks ya sudah sering mampir, walau ga sering komen ga apa-apa ko buatku yang penting postingan saya bisa menghibur pembaca ๐Ÿ˜€ .

  13. Hihihi…. Mbak Nela sudah kayak artis dan konsultan aja ya, Mbak, hehe…

    Begitulah Mbak, semakin tinggi pohon, semakin kencang juga anginnya…. ๐Ÿ˜€

    1. Hehehe konsultan musiman alias kalau suasana hati lagi bagus ya dibalas email yang nanya-nanya, kalau nga ya lama-lama lupa ๐Ÿ˜ณ .

  14. maksudnya blog sya bisa seramai blog mb@pursuingmydream..

  15. mampir ke senior blogger..
    moga blog-nya bisa seramai blog@pursuingmydream..

    thx untuk postingannya !

    1. Hai Capung terima kasih juga! ๐Ÿ˜‰ .

  16. Mba nella yang alasan stess pertama i feel you, aku gak pernah maksa buat siapapun yang berkunjung ke blog buat comment. Trus tetiba dia comment ngomongin aku sombong jarang balas comment n dibanding2in sama blogger lain yang lebih ramah dan mau balas comment. Iihh sebel deh aku delete aja commentnya dan tetiba dia jadi unfollow aku di blog n ig huhuhuhu ohya sama aku juga belum sempet kunjungan ke blog dia si ๐Ÿ™

    1. Hahaha parah banget ya ๐Ÿ˜† . Kulihat kamu rajin ko Nis balas komentar, harusnya yg nulis komentar ga perlu nungguin detik itu juga bakal dibalaslah, kurang kerjaan kali ๐Ÿ˜€ .

  17. Padahal skrg udah gampang bgt yah kak ada google, tapi masih banyak yg males nyari tau dulu. Maunya yg gampang aja..ckckc..

    eh tapi py gitu kok kak, mau orangnya kunjungin balik ato enggak kalo memang py dah nyaman sama blognya pasti py datang terus ๐Ÿ˜€ meski seringnya telat krn kalo pas lagi hectic ya ga bisa buka inet ๐Ÿ˜€

    1. Setuju ama Py, kalau sudah berteman diminta atau tidak pastinya kita kunjungi ko ya, asal ada waktu. Aku kangen juga kan kalau sudah lama ga berkunjung, mau tahu kabar teman2 kita yaa ๐Ÿ˜‰ .

  18. modernbunda

    ternyata repot juga ya kalau blog pribadi bnyk pengunjung..#stares

    (modernbunda.com linknya dihapus karena tidak aktif lagi. 04.10.2015)

    1. Paling kalau stres saya mulai hilang baru nengok blog lagi hehe ๐Ÿ˜€ .

  19. He he he . . . sabar Mbak meskipun betul kata Mbak Nella kalau ada yang berkunjung terus minta kita kunjungi balik kadang terasa menyebalkan, belum lagi yang beriklan. Itu sebabnya komentar di tempatku selalu aku moderasi dulu, sekalian buat menyaring yang model begitu itu ๐Ÿ˜€

    1. Hai Chris, dulu sih komentar aku “moderasi”, nah sudah bbrp bulan saya buka, artinya yang pertama kali komentar di blog baru perlu “dimoderasi” komentar seterusnya langsung tayang. Alasannya karena perbedaan waktu 6 jam, Indo bangun tidur, di tempatku baru mau tidur, kalau komentar banyak tertahan untuk moderasi ga enak ah ๐Ÿ˜€ .

  20. kaget juga Aku Mba Nel kalau ternyata isi emailmu bukan cuma notif koment untuk blog, tapi juga banyak curhatan…wkwkkwwk ya tapi bersyukur juga kali ya Mba berarti Nama dan blog Mba Nel sudah punya nilai lebih di mata para bloger dan pembaca…Ikutan nulis email curhat aaaah ๐Ÿ˜›

    1. Kalau komen aja masih bisalah ku handle, nah email pribadi yang curhat itu yang bikin pucingg ๐Ÿ˜† . Pleasee jangan ikutan curhat ah ๐Ÿ˜€ .

  21. Waah mba, beratnya, sabar ya mba, namanya juga ngeblog, kadang ada masanya banyak waktu buat blogwalking, posting, komen tulisan2 yang disuka, kadang malah sekedar lihat blog sendiri aja nggak sempat.

    1. Hehehe benar mbak Elly kadang nengok blog sendiri aja ga sempat ๐Ÿ˜ณ .

  22. Aku setuju itu, pertanyaan-pertanyaan yang sebenarnya bisa dicari di google tapi ditanyakan ke blogger, itu mengganggu sih. Kecuali ttg experience misalnya ada yang tanya gimana sekolah Vay yg skrg, itu masih relevan ya…
    Kalau tanya yang general, kok ya gak googling aja…

    1. Benar sekali mbak Zy, kalau tanya pengalaman yang memang kita tahu ya sah-sah saja sih ya, asal jangan nanya berulang kali ๐Ÿ˜€ .

    1. Hai pak Nasrudin salam kenal juga ya :Wink: .

  23. Wow, trafiknya sudah tinggi itu kak … *OOT :mrgreen:

    1. trafik tinggi ternyata kadang bikin repot juga jadi sibuk atau akunya yang sok sibuk ya ๐Ÿ˜† .

  24. Jeng Nella, bisa menikmati aneka postingan keren di sini merupakan kebahagiaan blogging.
    Sharing sahabat dalam mengelola pemilahan email pribadi, kadang tulisan Jeng Nella komentar ditutup bagian dari pengelolaan blog yang elegan.
    Kiranya berkat kesehatan menyertai Jeng Nella

    1. Terima kasih bu Prih ๐Ÿ˜‰ .
      Terkadang saya menutup kolom komentar kalau saya sudah lama tidak blog walking, jadi sementara tidak ada komentar masuk membuat saya bisa mengunjungi para sahabat blogger ๐Ÿ˜‰ .

  25. Hmm … jadi menimbang-nimbang, apakah berbahaya jika menyebutkan nama asli dan lengkap di about me?

    1. Nama asli boleh saja, asal tidak lengkap sekali, cukup nama depan atau panggilan kita. Kalau lengkap sekali seperti di ktp atau akte lahir, bisa dilacak di google, cari dimana alamatnya, biodatanya juga ๐Ÿ˜€ .

  26. Wah …
    Ternyata repot juga ya Nel …
    Yang jelas ini menggambarkan bahwa banyak orang yang membaca dan tertarik dengan topik yang nella tulis … (apapun motivasinya)

    Di tempat saya … yang sering mengirim e mail biasanya adalah orang tua yang ingin menyunatkan anaknya … mereka minta alamat tukang sunat yang bagus … karena saya pernah posting mengenai pengalaman menyunatkan anak saya di tempat tersebut …

    Salam saya Nella

    (8/3 : 8)

    1. Tema-tema yang sering kita tulis di blog membuat orang ingin tahu lebih lanjut ya om ๐Ÿ˜€ . Kalau masih sedikit yang nanya saya masih ladeni, cuma kalau sudah kebanyakan pusing hehe.

  27. Baca posting ini saya jadi kepikiran bagaimana kalau blog saya suatu waktu jadi ramai juga dan banyak yg berkomentar?
    Ah blog saya sekarang masih sepi-sepi saja. Jadi sebelum terjadi seperti yang Mbak tuliskan ini, saya menikmati dulu rasa sepi ini Mbak… ๐Ÿ™‚

    1. Sabarr Kang Ujang nanti ada saatnya akang kewalahan membalas komentar masuk sangking banyaknya ๐Ÿ˜€ .

  28. clararch02

    Ka Nella, sabar ya.. Waduh, lagi hamil loh, nanti bayinya mirip orang yang komentar aneh2 itu lagi, hihihi… aku juga beberapa kali itu dapat email orang yang minta info, tapi minta balasan cepat secepat-cepatnya, tau rasanya, loh kog dia yang butuh aku yang harus repot, tapi berhubung belum terlalu banyak type begitu jadi masih tak ladenin dengan baik hati o:-)

    1. Hahaha jangan sampailah anakku mirip yg ga bagus hihi. Iya kadang aneh ya, pengen cepat knapa bertanya dan tidak cari tahu sendiri ๐Ÿ˜€ .

  29. jadi membayangkan kalo blo trafficnya kaya k nella. wuiiihh…
    bawaan debay jadi panjang curhatnya ya kak:)

    1. Hai Ita dulu (1-2 thn) lalu saya juga ada di posisimu ko, ko blog orang lain bisa wuiiiihh ya ๐Ÿ˜€ .

  30. sariwidiarti

    yang bikin stres kalau ada capcaynya, bahkan berkali – kalai masukin kodenya salah ๐Ÿ˜€

    1. Hahaha benar banget, biasanya itu di blogspot ๐Ÿ˜€ .

  31. Steven Lim

    hmm, kalo aku si ga ngerti buat blog. Selama ini ya cuma tau berkunjung aja, komentarnya juga yang penting aja. Yang sabar ya kak Nella.

    1. Thanks ya Steven ๐Ÿ˜‰ Walau kamu tidak ngeblog terima kasih mau berbagi pengalamanmu berkebun ๐Ÿ™‚ .

  32. Tetap semangat “ฬฎ ฦ—ฦ—ษฦ—ฦ—ษฦ—ฦ—ษ”ฬฎฦ—ฦ—ษฦ—ฦ—ษฦ—ฦ—ษ “ฬฎ ๐Ÿ˜€

    *Link disini dihapus pemilik blog dimana Anda berkomentar*

    1. Selalu semangat ๐Ÿ˜‰ .

  33. Komen satu lagi yah..yah…yah?
    Dan aku pun gak pernah mencantumkan alamat email di blog sih…

    Ada beberapa silent reader yang tiba2 follow aku di twitter dan nyapa, dan ada juga beberapa yang add aku di fesbuk dan ngajakin ngobrol juga…kebanyakan sih nanya2 soal Korea gituh…hihihi…

    Tapi gak pernah sampai mengganggu juga…

    Saran ku sih, kalau memang sudah merasa gak nyaman gak usah ditanggapin juga sih Nel. Yang penting sih, jangan sampai kegiatan dan mood nge blog jadi terganggu hanya karena segelintir orang yang males browsing atau gak punya temen curhat…hihihi…

    Moga gak stres lagi yaaaaah ๐Ÿ™‚
    Dan ditunggu kunjungan baliknya yah…*plak*…hihihi…

    1. Komen banyak boleh ko, aku senang bacanya, apalagi kalau banyak nasehatnya ๐Ÿ˜€ .
      Per hari ini email pribadi sudah kuhapus dari “about me”. Dulu kan blogku maish sepii yaa jadi sok sok an ikutan bloger LN yang pajang email di blog ๐Ÿ˜ณ .

      Kalau mood lagi bagus baru aku kunjung balik ya hihi ๐Ÿ˜† .

  34. bhuahahaha…
    eciyeeee…ada yang stres nih yeeeeh… *minta dijambak*

    Duh Neeeeel..kalo boleh sih aku kasih saran berdasarkan pengalamanku ngeblog yah Neeeeel ๐Ÿ™‚
    Buat aku, nge blog ituh harus dibawa FUN lho…
    Makanya aku paling TIDAK MAU MERASA untuk BERKEWAJIBAN melakukan sesuatu yang berhubungan dengan nge blog ๐Ÿ™‚

    Kalo lagi pengen posting, yah posting, kalo lagi pengen nonton drama Korea dan gak pengen posting…yah aku gak posting…hihihi…

    Kalo lagi gak pengen BW, yah gak BW, kalo lagi gak pengen jawab komen, yah gak dijawab…
    Tapi ketika aku pengen melakukan, maka semuanya aku lakukan dengan hati yang tulus lho…dan gak pernah merasa “HARUS”

    Mungkin itulah makanya aku nge blognya rada angin anginan gitu kali yaaah…hihihi… ‘moody’ banget dueh..hihihi…

    1. Kalau aku lagi pengen berkebun, maka blog di tinggalkan dulu ๐Ÿ˜† . Erry makasih bangettt ya buat nasehatnya ๐Ÿ˜€ .

  35. kl menurut kk sih kalau kita sudah saling berteman baik pastilah ngerti kapan teman blogger bisa kasih komentar kapan cuma baca doang… krn kakak juga sering gitu…

    kl memang sudah saling cocok pasti teman akan tetap datang walau kita nggak kasih komen

    kk juga ok aja kl teman2 cuma ninggalin jempol atau komen di fb aja

    untuk masalah Nella yg kerepotan balas email, bgmn kl Nella nggak usah kasih alamat email beneran di pengisian data komentator, buat aja halaman kontak… atau ada bbrp teman yg bikin disclaimer di blognya, tak akan membalas email

    1. Iya kak Monda benar bangett, kalau sudah punya lingkaran teman-teman blogger, mereka akan tetap komen ya walau ga kita kunjungi balik ๐Ÿ™‚ .

      Thanks kak sarannya, aku sudah hapus email pribadi dari “about me” jadi yang mau berkirim pesan bisa melalui “kontak” itupun ku tuliskan aku ga akan balas semua pesan masuk ๐Ÿ˜‰ .

  36. ardika

    Ini salah satu blog yang bikin aku iri kalo lihat angka kunjungannya. Blog pribadi tapi udah rame banget. Selamat mbak Nella. Semoga selalu sabar untuk membalas kunjungan dan komentar teman-teman yang datang.

    (Link zonaperubahan.com sudah tdk aktif lagi jadi dihapus ya 03.10.2015)

    1. Waktu sepi dulu aku rajin jalan-jalan melulu (blog walking) udah ramai malah kerepotan ๐Ÿ˜ณ . Iya aku sabar, kadang terhibur juga ko baca-baca komentar masuk ๐Ÿ˜‰ . Thanks ya Ardika ๐Ÿ™‚ .

      1. ardika

        Di era informasi saat ini kita dapat kesempatan untuk berteman dengan banyak orang melalui banyak jalan mbak. Ini yang membuat kita tidak lagi pernah merasa sendirian.

        (Link zonaperubahan.com sudah tdk aktif lagi jadi dihapus ya 03.10.2015)

  37. Hihihi, ternyata banyak suka dukanya ya mbak. seneng tapi juga ngerasa susah disaat yang bersamaan :D. jadi berasa artis.
    Oh iya mbak, thanks udah mampir and thanks udah sharing cerita tentang Jerman ๐Ÿ˜€
    Bumil jangan terlalu mikir berat loh, entar dedenya ikutan pusing … xixixi

    1. Artis dunia maya hehe .. enak jadi biasa-biasa saja ya ๐Ÿ˜‰ .
      Thanks ya Tika buat sarannya.

  38. Hahahaha.. Yang nanya ternyata macem2 ya Nel. Yang sabar ya bumil.

    1. Iya Bebe aku sabar-sabarin deh ๐Ÿ˜€ . Makasih yaa ๐Ÿ˜‰ .

  39. ini namanya kalah sama redaktur media online, biarpun gitu trafik blog ini dibalik curhat tetap harus bersyukur semoga makin ramai dan ramai dan semakin mengerti dengan adanya maklumat diatas. Untuk gak ada sambutan dari komentar, follow back ya kak hahaha *hiburan buat mba Nella ๐Ÿ˜€

    1. Nah tuh “follow back” sering diminta di twiiter ๐Ÿ˜€ . Nanti kubahas juga deh di postingan khusus ๐Ÿ˜† .

      1. Weh mantap, pembahasan yang mendelik dan bikin ketawa ya mba Nel ๐Ÿ˜€

  40. Mba Nella yang sabar yaaa.. Positifnya ya berarti blog mba Nel makin hari makin terkenal *keren*, nah yang ganggu2 gitu cuekin aja mba. Nanti juga nyari google kan mau ga mau. Hihihi

    1. Iya Maria aku sabarrr ko ๐Ÿ˜€ .
      ternyata ada sisi ga enaknya jadi terkenal ๐Ÿ˜ณ .

  41. postinganku yang banyak di klik soal amandel mbak. Alhasil banyak yang konsultasi, beberapa aku suruh nanya dokter, tapi kebanyakan aku suruh operasi aja biar hidup lebih enak. Hihihihihi….saran ngaco ^_^

    1. Saranmu benar juga kok Tje, dioperasi aja biar beres kan ๐Ÿ˜‰ .

  42. sabar ya mba Nel (pukpuk) . aku juga dapet email lumayan banyak nanya2 soal bule, kadang2 pertanyaannya lucu2 sih udah gitu setelah dijawab beberapa kali orangnya ilang hahaha. Ya wis, kalo sempet aku jawab kalo lg riweh apalagi mati lampu melulu, aku biasanya yah tunda2 deh jawabnya.
    Mba…..aku baru tau dari Beby, mba lagi hamil. Selamat ya, semoga lancar2 semuanya

    1. Ntar yang ilang balik lagi kalau ada yg mau ditanyain lagi Non ๐Ÿ˜€ .

      Amin makasih yaa ๐Ÿ˜‰ .

  43. Ahahahahaha.. Mbak Nellaaaa… ๐Ÿ˜†

    Aku lah, padahal yang baca blog-ku juga ga banyak, tapi sesekali ada juga sih nanya-nanya urusan jalan-jalan (contohnya pas aku jalan-jalan di Thailand). Kadang suka keluar sebelnya, soalnya aku juga bikin itinerary/cari-cari info pake acara nguprek-nguprek dari internet. Lah kalo mereka nyampe di blog aku, harusnya bisa nyari di internet juga dong.. ๐Ÿ˜›

    But at one point, mungkin aku juga pernah kayak mereka: “pengen tau secara instan.” Jadi tetep diladeni dulu aja lah, lagian dikit gini, kebayang deh stress-nya mbak Nella gimana.. ๐Ÿ˜†

    1. Hai Afri hahaha iya nyebelin ya kalau ketemu model penannya begitu ๐Ÿ˜€ .

  44. mbak nellaaaaa apa kabar?
    dari kapan tahu waktu baca postingan ttg kehamilan mbak nella aku udah buat comment panjang lebar tahu2 kolom commentnya closed (gk tahu karena baca dari hp) hahaaaa

    btw, selamaaat yah buat kehamilannya dan semoga diberi kesehatan dan kelancaran hingga hari ‘H’ nanti ๐Ÿ™‚ amiiiiiinn

    hahaa ttg balas membalas komentar nih ya aku juga kadang ada rasa malasnya mbak (ngaku) padahal yg kasih komentar juga dikit banget :p

    1. Hi Nin kabar baik ๐Ÿ™‚ maaf aku jarang berkunjung ke blogmu karena ko tipa kamu posting judul baru ga muncul notifnya di wp reader yaa? ๐Ÿ˜ฅ .
      Kalau seting komen ditutup kan ga keliatan kolom nulis komentarnya, ko kamu bisa nulis Nin? ๐Ÿ˜€ .

      1. Aku ganti alamat mbak : qupunyadia.wordpress.com

        Iyaaah aku commentnya via hp, kolom commentnya tetap nongol tp begitu klik send baru deh nongol pemberitahuan kalo kolomny ditutup ๐Ÿ˜€

  45. Untung postingan ini nggak di “close” komen-nya ๐Ÿ™‚ jadi akang bisa nulis komen disini deh :mrgreen: biarpun komennya ngga bermutu :mrgreen: #cuma bisa ngarep dapat trafik kayak Mba Nela disetiap postingan.

    1. Apapun komennya yang penting komen Kang ๐Ÿ˜‰ . Terima kasih ya kang sering berkunjung ke blog saya ๐Ÿ™‚ .

  46. Tahun 2009-2010 aku ngalamin hal yang sama kak. Sekali posting komentar pasti di atas 100 (di luar reply). Kalau nggak sempat balasin komen ya aku cuekin aja ๐Ÿ˜€
    Aku nggak pasang alamat emailku di blog jadi kecuali blogger yang aku kunjungi ya mereka nggak tau alamat emailku ๐Ÿ˜€ dan alamat email yang aku pakai di blog dengan email utama aku bedakan. Dengan begitu, kalau pun ada yang kirim email ke aku, kadang aku bukanya bisa kapan-kapan pas aku longgar punya waktu ngintip email yang bukan utama.
    Itu sedikit tips dari aku kak ๐Ÿ™‚

    1. Hai Eka, thanks ya aku sudah ikuti saranmu dan kak Monda ๐Ÿ˜‰ . Email pribadi kuhapus dari “about me” jadi yang mau menghubungiku bisa melalui “kontak” di situpun ku tulisaaku ga akan balas semua pesan yang masuk ๐Ÿ˜€ .

  47. ya macam-macam tipe blogger mbak. sepertinya saya belum pernah bikin postingan untuk ngelompokin blogger yang minta kunjungan balik. soalnya di tempat saya belum ada ๐Ÿ˜€

    1. Syukurlah kalau belum ada ๐Ÿ˜‰ .

  48. Saya sembilan ratus sembilan puluh sembilan persen sependapat sama sampeyan, mbakyu… ๐Ÿ˜€ Hanya kalo sekiranya saya punya artikel yang menurut saya “pantas” untuk dishare kan, saya pasti nitip jemuran aka link. Itupun hanya sesekali saja. Dan biasanya saya pilih-pilih tempat jemuran. Ga asal pasang. Saya sengaja memilih blogger blogger yang udah punya nama dan ber reputasi tinggi. Juga tergantung di artikel hot apa adem saja. #danke ๐Ÿ˜€

    1. Reputasi tinggi maksudnya ramai? atau kalau sudah kenal baik ya ๐Ÿ˜€ .

      1. Ya…ramai, mengundang massa. ๐Ÿ˜€

  49. wah.. mbak nella pengunjung blognya buanyak ya.. blog gw pengunjungnya sehari gak sampe 80 orang.hihi..

    1. Hai Yeklin nanti lama-lama blogmu akan naik juga deh trafiknya, rajin blog walking tanpa mengharapkan kunjungan balik ๐Ÿ˜‰ . 2 tahun pertama blog saya juga sepiiii sekali ๐Ÿ˜ณ .

  50. Hahahahaha…
    Soalnya kamu suka kasih info macem-macem sih mbak makanyaaa banyak yang nanya…
    Aku ngeblog sejak 2004 dan duluuuu udah sempet banyaaaak yang komen2 apalagi kan dulu aku gabung di blogfam.. trus waktu hiatus pada hilang smua..
    Kalau sekarang aku ngeblog yaa cuma karena senang aja jadi gak apalah kalau gak ada yang komen hahaha

    1. Apa aku hiatus aja dulu kali ya setahun gitu hehe ๐Ÿ˜€ .

  51. Ira

    mbak Nella,,,jangan ampe terlalu stres ya,,,,kan lagi hamil juga,,perlu jaga emosinya ๐Ÿ™‚
    duh pertanyaan pengunjung blog mbak Nella ada ada aja,,mulai dari soal cari kerjaan, cari pacar bule, ampe beasiswa kuliah ๐Ÿ˜†

    semoga tetap sehat yah mbak Nella ๐Ÿ™‚

    1. Masih banyak model pertanyaan lain ๐Ÿ˜€ . Thanks ya Ira ๐Ÿ™‚ .

  52. Puk puk mbak Nel…sabar aja Mbak…kalo gak bisa balas, ya gak usah balas. Gak boleh pusing-pusing ah bumilllll…jaga kesehatan ya Mbak Nel ๐Ÿ˜€

    1. Oke Dev thanks sarannya yaa ๐Ÿ˜‰ .

  53. hehehe … Mba Nela… Mba Nela… sabar yaaa ๐Ÿ™‚
    nggak tau nih mau koment apa hehehe.. kalau saya, mau ada yang koment yaa terima kasih.. atau cuma sekedar bekunjung , baca-baca blog saya.. yaa monggoo.. terima kasih juga … ๐Ÿ™‚

    pantesan waktu saya mau koment tentang jurnal kehamilan mba nela, laah kok di tutup hehehe.. penasaran knp. Saya berpikir mungkin ada yang koment/ngiklan nggak jelas gitu di blog ๐Ÿ™‚

    1. Kalau saya lagi banyak kerjaan, ya terpaksa ditutup aja akses komentarnya, daripada ditungguin kunjungan balikku ๐Ÿ˜€ .

  54. Ish, kalimat terakhirnya galak, ah… ๐Ÿ˜†
    Aku beberapa kali dapet tuh mbak, komentar yg BENERAN basa basi: “artikel yang bagus, ditunggu kunjungan baliknya”
    Ya ampun paaaakkk…! Saya tak pernah nulis artikel, wong blog cupu saya itu cuma blog curcolan, kooookkkk! Mana ada artikel serius disitu, sih? Huh! *nebeng curhat* ๐Ÿ˜†

    1. Hahaha trus kamu kunjungi ga Fit blog ybs? .

  55. Nge-blog memang harus ikhlas, saya juga tipe tidak semua komentar dibalas kok.
    Betul, tidak perlu minta kunjungan balik, fokus pada perbaikan kualitas isi saja. Nanti juga akan ramai dengan sendirinya.

    1. Dear pak Iwan, oo begitu ya pak? ๐Ÿ™‚ . Jadi tidak perlu semua komentar dibalas? kuatir dianggap tidak menghargai hehe.
      Akan saya terapkan anjuran pak Iwan, karena jujur saya kewalahan kalau harus balas semua komentar termasuk harus kunjung balik yg nulis komentar ๐Ÿ˜ณ

      1. Adel

        Bener Nel..kamu salah satu yg paling rajin balesin semua komen..padahal di blog ‘sebelah’ gak tuh ..lol…
        Curhat mu ttg tanya2 sih ada bener nya.. semua sudah ada di Internet cari aja dulu sendiri knp harus lgs tanya2 …kayanya habit orang Indo emang gitu deh…manja dan males.. maunya cepet aja.. padahal kl udh hidup di negara org apa2 semua di cari dan di lakukan sendiri ..mana ada yg mau bantuin ..prinsipnya..toh semua udh lengkap di jabarkan..knp tanya ??
        Ok…sukses Nel !!

        1. Thanks Adel ๐Ÿ˜‰ . Terkadang yg bikin kesel, yang ditanyain sudah ada di postinganku, bahkan ada penkomentar lain yg jawab, eh ditanyain lagi ๐Ÿ˜€ .

  56. dian_ryan

    hihihi bumil lagi curcolpukpuk mba nella.sabar yah mba nel,

    eh tapi emang sebel juga yah kalo terima email udah dijawab terus nanya2 lagi….

    ( link dianryan.blogspot.com dihapus karena domain tidak aktif lagi. 06.10.2016 )

    1. Terima kasih Dian sudah mau baca curcol aku hihi ๐Ÿ˜€ .

  57. huahahahaa kak Nella, kakak adalah pengunjung pertama di blogku dulu setelah kak Eka Ceritaeka ๐Ÿ˜€ pernah juga itu ada blogger yg minta kunjungan balik ke blognya. kalau ada waktu, pasti kukunjungi, daripada kubilang: awas terbalik ๐Ÿ˜€ bisa2 terbalik beneran dia hahaha ๐Ÿ˜€ kocak2 emang yang ngeblog ini. salam balik aja kak ๐Ÿ˜€ balikin tangan maksudnya ๐Ÿ˜€

    1. Oh ya yang pertama? ๐Ÿ˜€ . Mauliate godang ya Messa sering mampir dan berkomentar ke blogku ini ๐Ÿ˜‰ .

  58. yuyu

    Wah, qu mau blogwalking tp jaringanqu d’papua ni lola alias loading lama kak. Jd yg berkunjung jga terbatas the ๐Ÿ™

    1. Wah susah juga ya kalau terganggu jaringan internetnya ๐Ÿ™ .

  59. hahahaha…
    sama pengalamannya. walaupun mungkin gua gak sebanyak elu dapet emailnya, tapi ada aja yang email minta dicariin kerjaan di US. lha emangnya gua head hunter apa ya? ๐Ÿ˜›

    anyway, gua selalu komen juga lho di blog lu ini… hahahaha. ๐Ÿ˜›

    1. Hahaha minta cariin kerja, cariin bule, cariin kampus yg bagus halahhh pusing deh ๐Ÿ˜€ .

      Eh tadi gw sdh komen juga ko ditempat lu ๐Ÿ˜† .

  60. Mirip-mirip nih Nella, walaupun sedikit beda. Postingan yang banyak di-klik orang di blogku itu yang tentang ‘kebaya’. Alhasil beberapa komentar dan e-mail masuk nanya-nanya tentang kebaya, sampai tukang kebaya juga titip promo di postinganku itu.. Hahahaha..

    1. Hahaha sama dong ya nah karena aku lebih sering bahas tanaman, yang nitip promosiin dagangan tanaman ada juga ๐Ÿ˜€ .

    1. Iya dinikmati sambil meneguk segelas kopi ๐Ÿ˜‰ .

  61. Huahahah sabar sabar kak nel.. emang males yah kalau ada yang komen dan diakhir komen ditulisin ditunggu kunjungan baliknya, jadi terkesan kaya dia komen biar dapet komen juga.. selama ini sih belum dapet komen yang kaya gitu kan blog aku belum se eksis blog kak nella hihihihi ๐Ÿ˜€

    1. Iya Re aku sabar-sabarin deh hihi.
      Kalau mampir saja ke blog yang komen sih pasti ya, eh pas sudah mampir ko nichie blognya buat aku bingung apanya yg mau dikomentarin ๐Ÿ˜€ .

  62. waduuhhh… bumil lagi curhat sambil ngomel nih…. pengaruh hormon pasti yaa.. wkwkwkwkkk…… anw, semoga kehamilannya sehat2 saja yaa…. ^_______^

    1. Hehehe makasih ya Patricia :Wink: . Tenang saja saya jarang ngomel diblog, sekalinya ngomel ya maaf ko panjang sekali ๐Ÿ˜ณ .

      1. dimengerti koq bu… unek2 bumil emang ga boleh dipendem… hrs keluar biar hamilnya enak wkwkwkwkk… ๐Ÿ˜‰

  63. Hahahaha…..ka Nellaaaaa…. yuk keramas dulu yuk.hihihi…ngeselin pasti ya liat komen “ditunggu kunjungan baliknya ya” :)))
    Kak nell, aku komen disini ga minta kunjungan balik kok ya.. minta doanya aja spy dpt trafik sebanyak ka nella…hahaha…ga dink..aku jarang banget2 liat stats, baru2 ini ngeh’nya fungsi stats itu. Maklum newbie

    1. Hahaha iya Joeyz nanti aku mau keramas, biar segerr ๐Ÿ˜€ .
      Oke aku doain yaa ๐Ÿ˜‰ .

  64. “Nanya-nanya visa, kenapa ditolak (kalau ditolak hanya petugas visa dan Tuhan yang tahu, knapa nanya ke saya hikss)”
    <– sampe ngakak bacanya ๐Ÿ˜†

    Sabar sabar mbaa.. inget lho lagi hamil ๐Ÿ™‚
    Dibawa enjoy aja, latihan jadi public figure mba Nel ๐Ÿ˜€

    1. Kalau yg nanya 2-3 orang awalnya ngakak, lama-lama akunya yg kesel ๐Ÿ˜ฅ .

      Iya sabar .. sabar deh. Thanks Mas Gusman ๐Ÿ˜‰ .

  65. Wah… punya fan bamyk ribet juga rupanya kalau sensiri ya…. hehe ๐Ÿ™‚ jadi, sekarang kayaknya mbak udah waktunya punya sekretaris pribadi or management kayak artis-artis… hehehe ๐Ÿ˜€

    1. Hehehe belum sanggup menggaji sekretaris pribadi ๐Ÿ˜ณ .

  66. mantep sis…sudah buanyak nih pengunjung blognya..kang majid kapan ya ๐Ÿ˜€

    1. Pasti ada waktunya deh Kang Majid ๐Ÿ˜‰ .

  67. Ria angelina

    hahahahahha..
    ( ambil nafas sambil minu air dulu..)
    sabar nel ingat ingat baru hamil.

    Tapi dari awal sampai sekarang aku selalu bilang THANK YOU VERY MUCH nel, berkat blog kamu menjadi obat rinduku pada jerman.
    walau buanyak berkebunya haha its ok.

    1. Ria aku sudah minum nih ๐Ÿ˜† . Makasih sarannya ya hehe.

  68. kapan ya, aku bisa kebanjiran pengunjung gitu??? Kalau aku selalu siap saja, hehehe ๐Ÿ˜‰

    1. Pasti nanti ada waktunya juga ko PB akna kebanjiran pegunjung ๐Ÿ˜‰ . Wah PB sudah 2x selalu pertamax komen nih ๐Ÿ˜€ .

      1. Hahah, saya sudah biasa dipanggil kawan-kawan Bloggger Hunter kok…hehee ๐Ÿ˜†

        1. Ooohh gitu sebutan PB ๐Ÿ˜€ .
          Selalu eksis ya ๐Ÿ˜‰ .

          1. iya gitu, ๐Ÿ˜‰ hehehe

Comments are closed.