Jurnal Kehamilan Screening Test

Berapa biaya amniocentesis alias Fruchtwasseruntersuchung? Apakah asuransi menanggung semua biaya?

Hasil penelusuran saya (cari di google dan ke beberapa forum) untuk di Jerman, test Amniocentesis atau Fruchtwasseruntersuchung biayanya antara 1.000 -1.400 euro (kira-kira 16,5 – 23 juta rupiah). Seorang wanita di forum ini tahun 2012 dia menjalani test tersebut biayanya 1.400 Euro, si wanita memiliki asuransi pribadi (privat versichert).

Biaya Amniocentesis, Fruchtwasseruntersuchung di Jerman Jika bayar sendiri

Biaya Amniocentesis, Fruchtwasseruntersuchung di Jerman Jika bayar sendiri

Sebelum menyetujui mengikuti test ini, saya google dulu mengenai biayanya, kalau mahal ya Fank dan saya juga tidak mau menjalaninya (saya pribadi sih yang tidak mau 😳 ). Duit dari mana sejumlah tersebut, beneran tidak ada budget ke situ. Pas tanya ke dokter kandungan saya, dibilang gratis karena saya hamil di diatas usia 35 tahun jadi termasuk berisiko dan harus menjalani tes tersebut. Puji Tuhan bangett gratis! 😉 .

Wanita yang hamil dibawah usia 35 tahun dan tidak memiliki gangguan kesehatan atau tidak memiliki risiko kelainan genetik seperti yang saya jabarkan diatas, namun ingin ikut Amniocentesis bayar sendiri karena asuransi tidak menanggung.

Setiap Asuransi berbeda kebijakannya, lebih baik ibu hamil tanya dulu ke pihak asuransi yang Anda miliki. Misalnya ada saudara di Jerman sini yang bilang, tiap kali tes (pemeriksaan) darah dia harus bayar sendiri. Puji Tuhan asuransi yang Frank dan saya miliki menanggung biaya tiap kali pemeriksaan ke dokter kandungan termasuk ketika menjalani Amniocentesis (Fruchtwasseruntersuchung), hanya vitamin yang beli sendiri, tidak mahal ko hanya beberapa Euro.

Kelainan apa yang dapat ditemukan setelah menjalani amniosentesis?
Pada awal kehamilan, amniocentesis dapat mendiagnosa berbagai penyakit genetik yang berbeda seperti kromosom dan masalah janin antara lain (*detailnya silakan klik teksnya):

Down Sindrom (trisomi 21)
Patau Sindrom (trisomi 13)
Edwards sindrom (trisomi 18)
Martin–Bell sindrom atau Fragile X
• Jarang, gangguan metabolisme bawaan
Cacat tabung saraf (anencephaly and spina bifida) oleh kadar alpha-fetoprotein kerusakan pada jalur saraf seperti spina bifida (tulang belakang terbuka)

Apakah ada risiko (pada ibu dan janin) saat dan setelah menjalani amniosentesis?

Mengetahui risiko pemeriksaan tertentu, merupakan prioritas bagi wanita hamil. Setiap calon ibu pasti ingin yang terbaik bagi janinnya dan pastinya perlu tahu apakah tes tertentu pengaruh terhadap buah hati yang dikandung).
• Kontraksi rahim
• Risiko pada cairan ketuban, perdarahan minor karena beberapa cedera atau infeksi rahim.
• Risiko cedera pada bayi saat jarum masuk ke rahim. Dokter / petugas kesehatan yang melakukannya profesional ko, dilakukan pemantauan USG dulu baru jarum masuk. (*tenang saja, bayi tidak terganggu, kecuali kalau bayi aktif bergerak, repot juga ambil carian ketubannya 😀 ).

• Amniosentesis bisa menyebabkan infeksi serius atau komplikasi lain, risikonya sangat kecil 1:1000 wanita.
• Sayangnya, diperkirakan sekitar satu dari 100 wanita mengalami keguguran sebagai akibat langsung dari amniosentesis. Tentunya harus cari tahu kualitas dari rumah sakit atau klinik tempat dilakukan pemeriksaan.
• Amniosentesis yang dilakukan pada trimester ketiga, menunjukkan risiko yang jauh lebih kecil dari komplikasi dan tidak terkait dengan persalinan prematur.

• Jika Anda positif HIV, ada risiko Peningkatan virus yang dipancarkan ke bayi Anda pada tes amniosentesis. Untuk alasan ini, prosedur ini sebaiknya dihindari, terutama pada trimester ketiga. Jika Anda masih ingin untuk terus maju maka Anda membutuhkan pengobatan dengan terapi antiretroviral (ART), ini Menurunkan risiko penularan ke bayi Anda.
• Hepatitis B dan hepatitis C adalah pembawa infeksi virus, namun, tidak ada bukti penularan penyakit yang ditemukan bayi setelah menjalani amniosentesis.
• Wajar jika Anda kuatir apakah perlu menjalani amniosentesis ini ?. Jika Anda cemas silakan konsultasi dengan dokter kandungan atau bidan Anda. Tenaga medis tersebut akan memberikan penjelasan mengenai pro dan kontra amniosentesis.

Berapa lama amniosentesis berlangsung dan bagaimana prosedurnya, sakit kah?

Proses Amniocentesis alias Fruchtwasseruntersuchung. Cairan Ketuban diambil menggunakan jarum, ga sakit ko. Foto dari 9monate.de

Proses Amniocentesis alias Fruchtwasseruntersuchung. Cairan Ketuban diambil menggunakan jarum, ga sakit ko. Foto dari 9monate.de

• Prosesnya sekitar 20 menit bisa juga lebih cepat.
• Menjelang pemeriksaan jangan pipis yaa (buang air kecil) karena akan mengurangi jumlah cairan. Saya disuruh minum teh dulu. Dari wawancara ke pemeriksaan menunggu sekitar 30 menitan, kebelet pipis ditahan! Karena ga boleh pipis lagi hiks 🙁 .
• Ibu berbaring di tempat pemeriksaan. Perut diolesi cairan (dinginn 😀 ) lalu dilakukan pemeriksaan USG untuk melihat posisi janin.
• Dokter mencari posisi yang tepat untuk jarum masuk (kita bisa lihat langsung dimonitor). Jarum akan dimasukkan ke ruang kosong rahim dimana janin tidak akan terganggu (anakku antengg).
• Cairan ketuban diambil kira-kira 15- 30 ml (prosesnya 5 menitan) saya dikasih lihat 2 tube yang diambil, warna kekuningan.
• Kalau cairan yang diambil (dibutuhkan) untuk pemeriksaan tidak mencukupi, akan dimasukkan jarumnya dua kali. Kalau hari itu tidak cukup juga, maka Anda harus datang dilain hari. Puji Tuhan, saya hanya satu kali disuntik langsung dapat jumlah cairan yang dibutuhkan.
• Prosenya tidak sakit, yang membuat tidak nyaman pas perut diolesi cairan dingin, sempat kanget, lalu disuruh minum air yang banyak trus nahan pipis itu yang tidak enak 😐 .

Proses Amniocentesis tidak sakit (*kalau ibu hamilnya takut lihat jarum suntik atau takut lihat dokter ya repot juga sih hehe :mrgreen: ). Awalnya sempat kuatir mau ikut tes ini atau tidak. Ada beberapa anggota keluarga dan teman disini bilang prosesnya sakit, berisiko buat janin. Nella kan sehat ngapain tes gituan, cancel aja bla bla bla (bagaimana mau cancel sudah bilang iya ke dokter, sudah bikin janji ke klinik. Mereka yang berkomentar tidak pernah menjalani Amniocentesis, sebatas berkomentar karena kata sih a sih b sih c, dengar gosip sana sini. Makanya saya jadi malas cerita-cerita kehamilan, malas dengar omongan yang sebatas nakut-nakutin aja, lebih baik cerita setelah melakukan pemeriksaan deh supaya tidak mendengar komentar yang negatif.

Kenapa sebelum pemeriksaan disuruh minum yang banyak?
Karena Scan USG menggunakan gelombang suara (An ultrasound scan) yang memperlihat gambaran bayi di layar komputer. Gambar menunjukkan posisi dan gerakan bayi Anda.

Alat USG di Mannheim ini lebih canggih dari yang ada di dokter kandungan tempat saya tiap bulan memeriksakan kandungan. Kalau yang di dokter kandungan alat USG nya istilah kelas 3, yang di klinik Mannheim kelas 2 dan yang no.1 paling bagus ada di universitas (kedokteran kali ya).

Jurnal Kehamilan (Screening Test). Scan USG saat Amniosentesis. 3 Februari 2014

Scan USG saat Amniosentesis. 3 Februari 2014

No. 1 itu gambar kepala anakku, no. 2 kakinya, no.3 telapak (jari) kakinya

Hasil pemeriksaan cairan yang diambil akan diketahui setelah dua minggu, kalau mau lebih cepat harus bayar. Jika tes amniosentesis ini masih dianggap kurang oleh si dokter, akan dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Oh ya fyi kalau Anda ragu-ragu menjalani amniosentesis, dokter mengatakan bisa menjalani pemeriksaan darah saja. Namun ini tidak ditanggung asuransi, biaya sekitar 500 euro (sekitar 8 juta rupiah). Sampel darah yang diambil akan dikirim ke Amerika, alat disana lebih canggih. Ketika saat itu saya di klinik, ada pasangan yang tadinya mau menjalani amniosentesis, trus jadinya diambil darah saja, trus gesek kartu kredit buat bayar pemeriksaan tersebut.

Hasil pemeriksaanku sudah keluar. Dokter kandunganku telepon, saat itu deg-degan ko dokter telp ya, kenapa tidak kirim surat? kenapa-napa nih, sudah takut duluan. Frank yang angkat pertama, lalu dikasih ke saya karena Frank tetap ingin menjadi rahasia akan jenis kelamin anak hehe. Dokter bilang anakku sehattt, jenis kelaminnya … (rahasia dulu yaa) soalnya Frank rajin baca-baca blog saya hihi.

Sampai disini dulu ya cerita-ceritanya, kalau ada yang baru akan saya ceritain lagi 😉 .

Ps. : terima kasih tidak terhingga buat teman-temanku semuanya, teman-teman bloger dan pembaca blogku yang rajin berkunjung kesini dan mengucapkan selamat atas kehamilanku, mendoakan yang terbaik buat kehamilanku termasuk yang berkirim email dan berkirim pesan di media sosial. Terima kasih yaa buat perhatian kalian 🙂 .

Sumber:
http://www.babycentre.co.uk/a327/amniocentesis
http://www.treffpunkteltern.de/schwangerschaft/Schwangerschaftsvorsorge/fruchtwasseruntersuchung-amniozentese_671.php
http://en.wikipedia.org/wiki/Amniocentesis
http://www.huggies.co.id/kehamilan/panduan-kehamilan/pemeriksaan-khusus-selama-masa-kehamilan.aspx
http://www.academia.edu/5025540/Amniosentesis_Makalah_Ini_Ditulis_untuk

 

Baca juga: Cerita Melahirkan Melalui Operasi Caesar

114 Comments

  1. Niah Wardhani March 25, 2017
  2. Toothless Mind June 24, 2014
  3. Pursuingmydreams June 24, 2014
  4. Pursuingmydreams June 15, 2014
  5. mkstories4life June 14, 2014
  6. Lulu May 27, 2014
  7. Pursuingmydreams May 27, 2014
  8. Lulu May 27, 2014
  9. Pursuingmydreams May 26, 2014
  10. Pursuingmydreams May 26, 2014
  11. jessmite May 26, 2014
  12. Lulu May 25, 2014
  13. pursuingmydreams April 22, 2014
  14. Dewi April 21, 2014
  15. pursuingmydreams March 30, 2014
  16. emmediaroza March 30, 2014
  17. pursuingmydreams March 21, 2014
  18. t3ph March 20, 2014
  19. pursuingmydreams March 18, 2014
  20. BukuHarian March 18, 2014
  21. pursuingmydreams March 13, 2014
  22. NisadanChicco March 11, 2014
  23. pursuingmydreams March 11, 2014
  24. pursuingmydreams March 11, 2014
  25. NisadanChicco March 11, 2014
  26. chris13jkt March 11, 2014
  27. pursuingmydreams March 7, 2014
  28. pursuingmydreams March 7, 2014
  29. emmediaroza March 6, 2014
  30. shintadaniel March 6, 2014
  31. Oh Mas Gusman! March 5, 2014
  32. pursuingmydreams March 5, 2014
  33. pursuingmydreams March 5, 2014
  34. pursuingmydreams March 5, 2014
  35. Nadia March 5, 2014
  36. edy March 5, 2014
  37. Nunu El Fasa March 5, 2014
  38. pursuingmydreams March 4, 2014
  39. Pypy March 4, 2014
  40. Hwa Hwa Wong March 4, 2014
  41. lingganingsih March 4, 2014
  42. pursuingmydreams March 3, 2014
  43. pursuingmydreams March 3, 2014
  44. pursuingmydreams March 3, 2014
  45. pursuingmydreams March 3, 2014
  46. Risma Armia March 3, 2014
  47. siti March 3, 2014
  48. Siwi March 3, 2014
  49. hennypuji March 3, 2014
  50. ronal March 3, 2014
  51. pursuingmydreams March 3, 2014
  52. pursuingmydreams March 3, 2014
  53. pursuingmydreams March 3, 2014
  54. pursuingmydreams March 3, 2014
  55. pursuingmydreams March 3, 2014
  56. pursuingmydreams March 3, 2014
  57. amy syahmid March 3, 2014
  58. syifna March 3, 2014
  59. mkstories4life March 3, 2014
  60. siti March 3, 2014
  61. ladeva March 3, 2014
  62. dian_ryan March 3, 2014
  63. pursuingmydreams March 2, 2014
  64. pursuingmydreams March 2, 2014
  65. pursuingmydreams March 2, 2014
  66. pursuingmydreams March 2, 2014
  67. pursuingmydreams March 2, 2014
  68. prih March 2, 2014
  69. Bibi Titi Teliti March 2, 2014
  70. Bibi Titi Teliti March 2, 2014
  71. Bibi Titi Teliti March 2, 2014
  72. liamarta March 2, 2014
  73. pursuingmydreams March 2, 2014
  74. pursuingmydreams March 2, 2014
  75. pursuingmydreams March 2, 2014
  76. pursuingmydreams March 2, 2014
  77. pursuingmydreams March 2, 2014
  78. Ria angelina March 2, 2014
  79. cumilebay.com March 2, 2014
  80. jampang March 2, 2014
  81. Ni Made Sri Andani March 2, 2014
  82. IdealisticRebel March 2, 2014
  83. pursuingmydreams March 1, 2014
  84. pursuingmydreams March 1, 2014
  85. potretbikers March 1, 2014
  86. Gita March 1, 2014
  87. Ujang Sundana March 1, 2014
  88. rere March 1, 2014
  89. Messa March 1, 2014
  90. pursuingmydreams March 1, 2014
  91. pursuingmydreams March 1, 2014
  92. pursuingmydreams March 1, 2014
  93. pursuingmydreams March 1, 2014
  94. pursuingmydreams March 1, 2014
  95. pursuingmydreams March 1, 2014
  96. pursuingmydreams March 1, 2014
  97. pursuingmydreams March 1, 2014
  98. pursuingmydreams March 1, 2014
  99. pursuingmydreams March 1, 2014
  100. pursuingmydreams March 1, 2014
  101. pursuingmydreams March 1, 2014
  102. Ujang Sundana March 1, 2014
  103. Juwita March 1, 2014
  104. Arman March 1, 2014
  105. Oh Mas Gusman! March 1, 2014
  106. Baginda Ratu March 1, 2014
  107. buzzerbeezz March 1, 2014
  108. Primerinamer February 28, 2014
  109. joeyz14 February 28, 2014
  110. danirachmat February 28, 2014
  111. dhira rahman February 28, 2014
  112. Messa February 28, 2014
  113. potretbikers February 28, 2014
error: Content is protected !!