Jurnal Kehamilan (Screening Test)

loading...

Memenuhi permintaan banyak teman blogger yang katanya tidak bisa eksis dan tidak bisa cerewet berkomentar gara-gara beberapa tulisan saya tutup akses komentarnya hihi :mrgreen: maka tulisan ini bisa dikomentarin deh 😀 . (*yang berkomentar sekaligus berpromosi, dengan berat hati link tulisan atau promosi tersebut akan saya hapus).

Saya mau cerita mengenai Screening test alias Amniocentesis alias Fruchtwasseruntersuchung yang saya jalani 3 Februari lalu. Saya dirujuk dokter kandungan di kota tempat tinggal saya ke klinik di Mannheim, karena peralatan di Mannheim lebih lengkap dan alat USG nya lebih canggih.

Apakah yang dimaksud dengan amniosentesis?

yang dimaksud Screening Test Amniocentesis
yang dimaksud Screening Test Amniocentesis

Amniosentesis adalah tes medis untuk skrining bayi (screening babies), di mana dokter mengambil sedikit cairan ketuban (kira-kira 15- 30 ml). Cairan ketuban ini mengandung beberapa jaringan dari embrio atau janin yang menyimpan informasi genetik penting. Sampel (cairan) ini kemudian diperiksa dan dilakukan pengujian di laboratorium untuk memeriksa kelainan apapun, misalnya kemungkinan adanya cacat lahir.

Amniosentesis adalah tes diagnostik, dimana kita akan bisa mengetahui kondisi tertentu dari janin dan juga dengan tes ini akan diketahui jenis kelamin si bayi. Jadi bagi kamu yang tidak ingin mengetahui lebih awal jenis kelamin bayi, lebih baik beritahukan dulu ke dokternya sebelum tes dimulai.

loading...

Contohnya Frank, sejak awal dia bilang dia tidak ingin mengetahui lebih awal jenis kelamin bayi kita, dia ingin pas menggendong si anak, baru dia tahu perempuan atau laki. Alasan dia sih supaya surprise gitu loh 😀 Saya menghargai keinginan dia. Saya sih mau tahu lebih awal, jadi tahu mau beli baju dan perabotan si bayi kan 😉 .

Pada usia kehamilan berapa bulan dilakukan amniosentesis?
Amniosentesis (atau prosedur lain, yang disebut chorionic villus sampling (CVS) ) dapat mendiagnosa masalah di dalam rahim. Amniosentesis biasanya dilakukan ketika usia kehamilan antara 16 dan 22 minggu.

Pada kondisi seperti apa, seorang ibu hamil menjalani amniosentesis, bolehkan tidak menjalaninya?

Jangan kuatir, tes ini tidak menyebabkan keguguran. Kita hanya akan ditawarkan amniosentesis ini jika ada kemungkinan besar bayi kamu memiliki kelainan kromosom atau kelainan genetik. Kalau resikonya sangat kecil akan hal tersebut, kita tidak akan ditawarkan menjalaninya 😉 .

Ibu hamil akan ditawarkan amniosentesis jika:
• Skrining tes seperti tes darah dan test nuchal (Nuchal translucency / NT) menunjukkan bayi Anda memiliki risiko tinggi mengalami masalah kromosom.
*test Nuchal translucency / NT untuk mengetahui apakah ada pengumpulan cairan bawah kulit di bagian belakang leher bayi Anda. Semua bayi memiliki cairan di bagian belakang leher mereka, namun pada bayi dengan Down sindrom cairan tersebut mengalami peningkatan.
• Hasil USG menunjukkan masalah dengan bayi Anda, seperti cacat jantung, yang mungkin menandakan adanya kelainan kromosom.
• Anda memiliki keluarga atau kerabat yang memiliki kelainan genetik.
• Umur ibu hamil 35 tahun yang dianggap usia rawan

Sebelum tes dimulai Frank dan saya diwawancarai dokter dulu (tidak persiapan, tidak tahu bakalan ditanyakan hal ini). Kita ditanya mengenai riwayat keluarga kami berdua. Apakah ada penyakit tertentu mulai dari garis kakek nenek, orangtua, saudara kandung, paman dan bibi, anak-anak dari saudara kandung, saudara sepupu apakah ada penyakit tertentu yang mereka derita. Pertanyaan dokter membuat saya berpikir agak lama, menggingat satu persatu dari saudara-saudara saya tersebut. Tahu sendiri kan orang Indonesia banyak sekali saudara-saudaranya 😀 . Saya 4 bersaudara, trus mama berapa saudara kandungnya, bapak juga, lalu sepupu, lalu anak-anak adik saya, anak-anaknya para sepupu. Beneran mikir lama deh 😳 A nikah dengan si B anaknya berapa, anaknya sehat atau tidak. Sepupu yang itu tidak menikah sehat atau tidak. Nah dokternya menggambar pohon keluarga sambil menulis informasi penting yang Frank dan saya berikan. Puji Tuhan dari garis keluarga Frank dan saya tidak ada risiko yang berbahaya.

Setelah setuju bersedia menjalani pemeriksaan amniosentesis, maka Frank dan saya menandatanggani surat pernyataan, ko serem ya 🙁 .

• Ibu hamil atau si suami memiliki risiko besar mewariskan penyakit tertentu ke janin, seperti misalnya penyakit Anemia sel sabit (Sickle-cell disease (SCD) ).

Anemia sel sabit adalah kondisi serius dimana sel-sel darah merah menjadi berbentuk bulan sabit, seperti huruf C. Sel darah merah normal berbentuk donat tanpa lubang (lingkaran, pipih dibagian tengahnya), sehingga memungkinkan mereka melewati pembuluh darah dengan mudah dan memasok oksigen bagi seluruh tubuh. Sulit bagi sel darah merah berbentuk bulan sabit untuk melewati pembuluh darah terutama dibagian pembuluh darah yang menyempit, karena sel darah merah ini akan tersangkut dan akan menimbulkan rasa sakit, infeksi serius dan kerusakan organ tubuh.

• Wanita yang pernah hamil sebelumnya, dan mengalami kelainan genetik pada janinnya.
• Wanita yang hamil di usia rawan (diatas 35 tahun) nah makanya saya ditawarin tes ini karena saya hamil anak pertama ini di usia 35 tahun.

Kalau Anda ditawari atau berminat mengikuti tes amniosentesis ini berikan informasi yang sedetailnya ke dokter Anda, kalau misal tidak tahu riwayat kesehatan keluarga bisa tanya orang tua atau tanya keluarga dulu, baru berikan informasi yang jelas ke dokter kandungan Anda, jadi tidak asal jawab berdasarkan kira-kira saja, kuatir nantinya salah kan. Tanya dokter kandunganmu juga mengenai pro kontra mengikuti tes ini, pokoknya kalau sudah sreg ikutan, baru deh jalani 😉 .

Jika Anda ingin mengikuti test ini (amniosentesis) karena alasan kondisi genetik, memiliki risiko penyakit keturunan, Anda akan ditawarkan mengikuti chorionic villus sampling ( CVS ) sebagai gantinya, karena CVS memberikan diagnosis lebih awal. Apa itu chorionic villus sampling ( CVS ) silakan infonya di http://www.babycentre.co.uk/a328/chorionic-villus-sampling-cvs .

loading...

Berapa biaya amniocentesis alias Fruchtwasseruntersuchung? Apakah asuransi menanggung semua biaya?

untuk ke halaman berikutnya klik ⇒ Next/Lanjut

About these ads
loading...

112 thoughts on “Jurnal Kehamilan (Screening Test)

  1. sakit nggak waktu perutnya ditusuk jarum buat ngambil sample air ketubannya, mbak? soalnya di Indonesia kurang familiar skreening kehamilan seperti itu, sih 🙂 hehehe

    1. Ga sakit ko, agak kaget pas diolesi cairan (dingin) ke perut 😀 .
      Jika kehamilannya beresiko baru ditawarin screening test, salah satu contohnya misalnya pada saya krn usia 35 tahun pada kehamilan pertama.

  2. Usia pernikahan kita hampir sama! anak kami udah mau dua tahun! Selamat ya, semoga lancar!! semoga kapan2 kita bisa kopdaran ya!

    1. Thanks Lulu, tinggal dimana? kalau ada kesempatan boleh nih kopdaran 😉 .

      1. Di Dortmund. Btw saya jadi Pengen tanam2 juga. Tapi kita g ada balkon jd rada refot.

        1. ga ada balkon jadi punya kebun/taman ya? 🙂 .

          1. Heheh juga gak ada, so ya terbatas nanemnya yg bisa ditaruh di windo box aja.

  3. mbak nell selamat,,, sudah isi ya,,,, selamat selamat,,, semoga lancar sampe persalinan nanti mb,, 😀

    1. Aminnn makasih doanya Dew 😉 .

  4. t3ph

    waduh jadi penasaran jenis kelaminnya juga nih

    ntar kalo kamu beli2 perabot ato pernak-pernik bayi gimana ngumpetinnya dari suami? kan kliatan klo pernakperniknya cewe ato cowo heuehue, ato beli yg unisex aja ya?

    1. Aku umpetin saja dulu 😀 . Iya beli yg unisex 😉 .

  5. Jadi tambah pengetahuan karena usia aku juga udah di atas 30’an dan belum nikah, calon ngajak nikah udah dari 2 tahun yang lalu tapi aku sendiri masih takut berkeluarga. Makasih yah udah buka mata aku klo wanita hamil di atas 35 tuh beresiko. Saya doain semoga persalinannya nanti lancar, ibu dan anak sehat semua… Amiiiiiiiiiiinnnn…

    1. Lia kalau sdh ada calon udahhh diresmikan aja 🙂 . Aminnn makasih ya 😉 .

  6. Mba nella dulu ongynku juga bilang klo susu minum susu biasa juga gpp gak usah pake susu hamil ( plus susu hamil aku gak suka kaya bau besi ) karena di luaran gak ada yang namanya susu hamil. Katanya itu hanya ada di indo aja hehehe. Yauda aku just minum susu biasa dong…sehat2 selalu ya mba. Seru n takjub ya klo liat foto2 usg gitu. 🙂

    1. Kalau minum sus biasa ya hampir tiap hari, cuma sedikit aja, kalau susu putih bikin enek 😳 .

      Iya Nis takjub lihat foto2 usg, apalagi kalau lihat di layar usg, sayang ga boleh di rekam proses usgnya 🙁 .

      1. Lho gak boleh ya mba klobdisana direkam? Klodisini masih boleh direkam mba hehehehe … Pokoe mba nella n baby inside sehat terus ya. Peyukkk dari jakarta!! 🙂

        1. Iya ga boleh direkam hik 🙁 kuatir ada yg ga beres kali ya, ketat deh disini ga boleh asal potret atu rekam.

          Aminn makasih peluk juga yaaa 🙂 .

  7. Wah beberapa hari gak mampir jadi hampir ketinggalan cerita nih.
    Syukurlah hasil tesnya menunjukan semuanya ok ya Mbak. Semoga Mbak Nella dan dedek yang di perut sehat selalu sehingga persalinannya nanti juga lancar.

    1. Amin amin makasih ya Chris 😉 .

  8. baru bulan kemaren saya liat tulisan kak nella yg udh positif hamil. eh ternyata kemaren waktu saya Testpack hasilnya positif. tp satu garis masih pudar. berharap sekali beneran positif, soalnya udh nikah 1 thun jg. rencananya besok baru mw ke dokter. skrg bakalan sering2 liat blognya kak nella ni, apalagi tentang kehamilan. makasii udh share y kak…

    1. Hai Roza coba cek dulu ke dokter, kadang alat test bisa salah loh 😉 .

      1. maaf baru sempat blz lg ne kak nella.. bersyukur sekali karena ternyata setelah di cek ke dokter kandungan, saya memang benar2 lg hamil. dan skrg udh memasuki minggu ke delapan. ternyata hamil itu ada suka dukanya ya kak nella.. apalgi klo pusing, mual, muntahnya kambuh. tp gak apa2..semuanya harus dinikmati. semoga kak nella dan debay nya sehat2 aja sampe lahiran nanti yaa…

        1. Hai Roza selamatttt ya 😉 . Semoga kamu dan si bayi sehat yaa. Aku ga mengalami mual-mual, ngidam juga nga 😀 .

  9. Hai Nella, selamat ya atas kehamilannya, semoga sehat terus sampe persalinan nanti…. seru loh bikin jurnal kehamilan dari bulan ke bulan karena pengalamannya pasti beda2… apalagi nanti kalau anakmu uda lahir, dengan sendirinya bakal gantiin peringkat teratas jurnal tentang tanaman dan kebunmu,.. hehehe, have fun and enjoy your preggy moments…

    1. Hai Shinta terima kasih buat sarannya 😉 . Niatnya bikin jurnal bulan per bulan hanya tidak sempat 😳 .

  10. Nadia

    Hallo, ka Nella! Selamat atas kehamilannya. Aku beruntung! Udah lama ga kesini, eh pas giliran berkunjung dapet kabar bahagia 😀 hehe.
    Aku do’a kan yang terbaik buat calon bayi dan calon ibu sama calon bapaknya juga. Semoga sehat selalu. God bless you.

    1. Hai Nadia terima kasih yaa 🙂 .

  11. edy

    Selamat ya mbak ats kehamilan nx, moga2 mbak Nel n dedek kecilnya dlm keadaan sehat selalu n dimudahkan proses persalinan nx.

    1. Aminnn, terima kasih pak Edy 😉 .

  12. Waaah beneran gratis? Kalau bayar berapa duit mbak? Asli saya bergidik pas bagian foto pengambilan cairan. Takut disuntiiiiiik.

    1. Iya gratis. Kalau bayar sendiri dirupiahkan sekitar 16-23 juta. Wahh kalau takut disuntik repot dong hehe 😀 .

  13. AKhirnyaa kak dibuka juga komennya.. Kan pengen ikut meluapkan kegembiraan juga 😀 Puji Tuhan yah kak baby nya sehat.. berdoa sampe lahiran dan tumbuh besar juga tetap sehat. Amin 😀

    Aku juga nanti mau kayak bang Frank ahh.. Pengen surprise soale jenis kelamin baby..hihihi 😀

  14. asik juga bacanya buat tambah pengetahuan,sip mantap

  15. mba nella…. takjub sama foto usg dedek bayinya, jelas banget. baca postingan yg lalu, kenapa di jerman gak minum susu bumil? mungkin sudah dicover semua dlm vitamin kah, membuatku bertanya-tanya mb nella.. 🙂
    sistem kesehatannya bagus ya disana, *seneng bgt tambah wawasan..
    thanks mba nella mau berbagi, sehat2 ya buat adek bayi juga mamanya..

    1. Iya vitamin2 dari makanan saja. Untunglah ga disuruh minum susu, kan jadi tidak terlalu ndut 😀 .

  16. Berkunjung ke sini dapat gembira 🙂
    Selamat ya Mbak. Semoga semuanya lancar. Saya semangat sekali membaca postingan Mbak yang satu ini, soalnya saya tidak tahu apa-apa tentang screenig test hehe. Sekarang sudah tahu deh 😀

    1. Hai Risma apa kabar?? 😀 .
      Aminn thanks ya 😉 .

  17. Thanks for sharing, mba Nella.. sehat2 selalu yaaa 😀 😀

    1. Nanti kalau ada yang baru saya ceritakan lagi. Thanks ya Siwi sudah mampir 😉 .

  18. mbak Nella… selamat yaaa… turut berbahagiaa, baca jurnal kehamilanmu bikin jadi tambah tahu… salam buat dedek bayinya yaaaa

    1. Terima kasih yaaaa Puji 🙂 .

  19. Sehat selalu Ya buat Mba Nel dan buat Dedek cabang bayi nya 😀

    1. Amin!. Terima kasih Ronal 😉 .

  20. Selamat ya mbak Nella atas kehamilannya,sehat selalu buat mbak Nella dan bayinya, amieenn.. 🙂

    1. Hai Amy, thanks ya. amin semoga lancar semuanya 🙂 .

  21. Akhirnya bisa koment juga di Blog nya Mba Nel 🙂
    Semoga Ibu dan baby-nya sehat serus ya mba. Amieen 🙂

    1. Hehe iyaa sudah kubuka settingannya 😳 .
      Amin makasih ya Syifna 😉 .

  22. akhirnya bisa komentar.. hehe. selamat ya mba tuk kehamilannya.. moga sehat dan lancar buat kehamilannya..

    nice info bgt buat sy pribadi baca artikel mba ini.. buat nmbh info sy jg.. krn sy lg hamil jg mba.. hehe..
    thanks for share yaa 🙂

    1. Hehe iya sudah aku buka settingannya hihi.
      wah selamat juga dong ya mbak Mar. Brp bulan? kapan akan lahirannya?.

      1. maaf br buka lg notifnya.. skrg msk minggu ke 27 mba.. insya Allah sktr akhir agustus.. kl mba kapan perkiraan lahirnya ?

        1. Kalau aku perkiraannya pertengahan Juli, dokter bilang bisa saja lebih cepat, tergantung dede nya kapan mau keluar. Sekarang sdh 36 minggu 😀 .

  23. wah bakalan sering baca postingan tentang ilmu kehamilan nih… sangat bermanfaat… semoga lancar nanti lahirannnya ya mbak Nel dan ibu dan bayi sehat…..

    1. Thanks mbak Siti.
      Sejauh ini aku baru 3 kali posting jurnal kehamilanku 😀 . Kadang mood kadang nga. Amin iya semoga lancar semuanya 😉 .

      1. aamiin kudoakan yaa..semoga lancar….!!nanti aku belajar dari mbak deh..

  24. Huaaaa lagi hamil ya Mbak Nel…selamat yaaaa…semoga selalu sehat 😀

    1. Iya Dev. Thanks yaa 😉 .

  25. dian_ryan

    Alhamdulillah hasilnya baik2 ajabaca komen diatas, sehat2 terus yah mba nella dan dedek bayi sampe lahir nanti, penampakan hamilnya mana mba..? hihihi penasaran 😀

    ( link dianryan.blogspot.com dihapus karena domain tidak aktif lagi. 06.10.2016 )

    1. Amin.. makasih Dian 🙂 .
      Ga ada penampakan hehe aku ga naik banyak, kapan-kapan aku potret deh perutku 😀 .

  26. Sangat menghargai prinsip Jeng Nella yang cerita sesudah tes saja.
    Syukur dengan hasil tes yang tidak ada yang perlu dikuatirkan
    Selamat bertumbuh kembang di rahim mama ya nanda….
    Salam hangat

    1. Hasil tesnya bagus. Aminn terima kasih bu Prih 🙂 .

  27. Dulu sih, waktu hamil Kayla atau Fathir aku gak pake tes tes an…
    Tapi emang waktu hamil Fathir aku pas pas in di usia 30 sih,..hihihi…

    Aku hanya bisa mendoakan dari Bandung coret sinih semoga Nellla dan dedek bayinya sehat dan selalu dilindungi yaaaah…

    Mudah2an diberikan kemudahan, apalagi dirimu sedang merantau nun jauh disonoh..mudah2an gak mendadak ngidam pengen lumpiah basah atau baso ceker atau yang aneh aneh yah..hihihi…

    Pokoknya jaga kesehatan terus yaaah ^_^

    1. Thanks Erry buat doanya. Amin semoga lancar. Ko ngomongin lumpia, baso, ceker ayam mau juga pengenn 😳 .

  28. Ituuuu..maksudnya yang suka komplen gak bisa eksis dan cerewet di blog mu ituh maksudnyah salah satunya dakuuuh yaaah…bhuahaha…
    Emang sih…hihihi…

    1. Hahaha iya salah satunya. Aku suka ko gaya cerewetmu Ry 😉 .

  29. Nellaaaa…tes komen dulu soalnya pake tablet inih suka mendadak ilang komen nyaaaa…

    1. Tes diterima 😀 . Di blogdetik juga kadang bisa hilang komen 🙁 .

  30. Sehat2 terus ya mbak Nella & baby.. 🙂

    1. Amin. Thanks ya Lia 😉 .

  31. Ria angelina

    Pokoknya dijaga ya nel and sehat sehat..
    naik turun tangga juga hati hati ya…aku ingin cepet cepet summer biar ketahuan cowok pa cewek…

    1. Thanks Ria 🙂 . Aku juga ga sabaran pengen lihat langsung hehe.

  32. Akhirnya comment nya dibuka 🙂 Selamat yaaa kak, semoga selalu sehat dan lahiran selamat

    1. Hehehe iya sudah dibuka 😀 .
      Trima kasih dik Cumi 😉 .

  33. semoga sehat selalu, ibu dan bayinya 😀

    1. Aminn. Makasih bang Jampang 😉 .

  34. Syukurlah Mbak.. hasil testnya menunjukkan tidak ada resiko yang perlu membuat khawatir ya. Jadi selamat menjalankan kehamilan dengan tenang ya Mbak,

    1. Iya mbak Andani saya jadi plong dengar jawaban dokternya 😉 .

  35. Very nice blog.. Hugs, Barbara

  36. Gita

    Semoga bayi dan ibunya sehat, Frank juga sehat.
    Lahirannya mulus dan lancar. Biar gak ketahuan kelaminnya apa, beli baju bayi yg netral aja sis, putih atau kuning, atau bajunya disembunyiin hehehehe….
    Sis, itu jarum panjang amat…kalau aku pasti udah gimana gitu….biasa disuntik berobat saja sudah tegang dan pingin kabur…phobia jarum saya… Di Jerman enak ya, asuransinya terpercaya, kalau disini…hmm asuransi suka ngeles dan bikin ribet…

    1. Benar juga sis Gita, di sembunyikan ya pas aku belanja 😀 .
      Dokternya sudah kasih komentar klo aku termasuk yg perlu ikut tes tersebut jadi ya asuransi nurut aja 😉 . Biasanya polis asuransi yg ditolak klo untuk urusan kecantikan atau mempercantik diri.

  37. huaaa akhirnya bs komen lg.. sehat2 terus yah kak nella & babynya. semoga hasil testnya bagus yah.. btw emang lebih surprise sih kalau tau jenis kelaminnya pas udah keluar tapi ya mungkin prepare baju dan barang2 si baby agak bingung hehehehe

    1. Hehe iya Re untuk postingan ini kubuka settingannya jadi bisa dikomentarin 😀 . Hasil testnya sih bagus, smeoga lancar semuanya 😉 .

  38. Setelah banyak membaca tentang berkebun, sekarang disini jadi banyak pengetahuan mengenai kehamilan.
    Buat saya sih jadi ngebayangin saja seandai nanti saya sudah beristri dan hamil. Ah…entah kapan tapinya, Mbak.
    Hormat dari saya di Bekasi, Mbak…

    1. Hai kang Ujang ga apa-apa baca-baca menambah informasi 😀 . Semoga akang ketemu jodoh ya 😉 .

      1. Iya Mbak. Pengetahuan mengenai kehamilan seakan mempersiapkan saya menuju kehidupan berkeluarga.
        Semoga Mbak saya segera ketemu jodoh…

  39. Juwita

    Anak cewek cowok sama Aja yang penting Ibu anak sehat, Gbu.

    1. Iyaaa sama saja yang penting sehat 😀 .

  40. moga2 hasil test nya baik2 aja ya…

    test amniotik ini sebenernya ada resiko juga kan ya… dulu pas hamil andrew, karena anak pertama, kita rada parno. karena sepupu gua tuh down syndrome. jadi kita pengen test amniotik. tapi dokternya gak prefer karena gak perlu menurut dia karena kehamilannya gak beresiko. jadi akhirnya kita gak jadi test deh.

    1. Amin iya Man semoga baik2 saja 😉 .
      Iya ada resikonya juga, salah satunya pas mau ambil cairan ketuban klo si anak ga bisa diam maka jarum bisa kena ke anak.

      Benar dokternya klo ibu hamilnya tidak ada riwayat penyakit dan ga ada risiko penyakit turunan ya dokter ga akan menyarankan untuk ikutan tes tsb.

  41. Wuaaaa, semoga semua lancar ya mba Nel 🙂
    Hebat juga suaminya bisa tahan ga kepo penasaran sama jenis kelaminnya hehehe

    1. Kadang penasaran ko 😀 tapi saya tidak kasih tahu hehe.

      1. ke pembaca kasih tau donggg, hehehe…
        penasaran juga jadinya 😀

  42. Aku terharuuuuu liat foto USGnya, mbaaakkk….
    Sehat terus ya, kalian ber2, sampe waktunya lahiran nanti… Btw, kalo nanti mbak Nella udah mulai belanja baju si baby, bakal ketahuan dong sm mr Frank apa jenis kelaminnya, apalagi kalo warna baju2nya pink semua, misalnya… :))

    1. Terima kasih Fitri 🙂 .
      Haha iya sih kalau aku mulai belanja Frank bakal tahu juga 😉 .

  43. Fruchtwasseruntersuchung <- baca ini bikin lidah melilit.
    Semoga lancar sampai lahiran ya mbak Nel 😀

    1. Hahaha iya Ri disini beberapa kata memang disambung begitu 😀 . Fruchtwasseruntersuchung itu 3 kata kalau cara bacanya Frucht wasser untersuchung. Amin thanks yaa 😉 .

  44. Primerinamer

    wah saya jadi penasaran jenis kelaminya anaknya mbak, haha, untung anaknya mbak anteng serem juga kalau pas lagi aktif gerak jarumnya masuk 😀

    1. Iya untungnya anakku anteng 😀 . Klo gerak-gerak harus nunggu sampai diam baru jarumnya masuk 😉 .

    2. Hai primer blogmu ga aktif lagi ya? .

      1. aku lagi sakit db sama typus mbak, lagi istirahat dulu blognya… hahaha

  45. Pernah baca nih ttg tes ini. Ngambil sampel air ketuban. Aku dulu suka deg2an kalo tiap USG campur excited sih. Semoga lancar terus ya kak Nella proses kehamilannya:)

    1. Hai Joeyz mauliate ya 🙂 .Iya sama perasaanku juga campur aduk tiap kali mau cek kehamilan. Senang kalau bisa lihat anaknya gerak2 pas di USG 😀 .

  46. Huaaaaa… Syukurlah mba neeeel. Tadi sempat kepikiran kenapa-kenapa. Syukurlah kalau sehat-sehat. Selamat ya Mba Nel. You have a cute little baby. Dilihat dari hasil usgnya. Hihihi.

    1. Iya Dan anakkku sehatt 🙂 . Amin makasih yaa 😉 .

  47. Alhamdulillah mbak klo si kecil sehat.. mudah2an nanti mudah ya proses kelahirannya!

    1. Thanks Dhira. Amin! iya semoga lancar 🙂 .

  48. Termasuk aku tuh kak. Udah beberapa kali mau komen tapi eh komen off hahhaha 😀 aku setuju lah dgn sikap om Frank itu. Lebih surprise kalau gak tau jenis kelamin anak sampai lahir nanti 🙂

    1. Kadang aku mikir, tulisanku sptnya ga perlu dikomentarin deh hihi. Iya suprise tapi dia penasaran juga 😀 .

      1. Tapi pembaca blog kakak merasa perlu mengomentari. Seperti yg kakak tulis itu, belum eksis kayaknya kalau belum ngomentarin 😀

  49. Menyimak dulu, sebelum saatnya nanti tiba 🙂

    1. Kalau saatnya tiba mampir lagi ya PB 😉 .

      1. siap,bu’ hehehe 😆

Leave a Reply