Random Dibuang Sayang (2)

loading...

Berhubung belum ada cerita-cerita seputar tanaman (musim dinging tidak ada bunga atau tanaman diluar rumah), jadi harap maklum kalau saya jarang posting di blog ya 😐 . Bagi yang kangen dengan saya, iya deh saya mau cerita beberapa kegiatan harian yang saya lalui beberapa waktu lalu.

1. Bahagia itu sederhana

β€’ Sesederhana bisa makan nasi pakai kecap dan bakwan udang bikinan sendiri. Udangnya mahal, tutup mata jangan lihat harganya :mrgreen: .

Bikin Bakwan Udang. Nikmat Bangett
Bikin Bakwan Udang. Nikmat Bangett

β€’ Sesederhana bisa ngemil kerupuk sepuasnya. Untung pas ke Belanda September lalu dianterin ka Ephie ke toko Asia, saya borong banyak kerupuk, mie instan dan sambel botolan. Belanja hampir sejuta rupiah kalau di kurskan, biarlah persediaan juga kan. Berapa banyakpun kerupuk digoreng tetap aja langsung habis, jadi belakangan saya goreng sedikit-sedikit saja πŸ˜€ .

Bisa makan kerupuk di negri orang tuh sesuatu banget hehe. Kerupuk mie, kerupuk tempe, kerupuk udang, klo harga tutup mata pas mau beli
Bisa makan kerupuk di negri orang tuh sesuatu banget hehe. Kerupuk mie, kerupuk tempe, kerupuk udang, klo harga tutup mata pas mau beli

β€’ Sesederhana makan nasi dengan ayam goreng dan sayuran.

Sedap banget makan nasi entah dengan ayam goreng atau pangsit pokoknya harus ada sayurnya
Sedap banget makan nasi entah dengan ayam goreng atau pangsit pokoknya harus ada sayurnya

β€’ Sesederhana bisa nyambel dan bikin bihun goreng.

Nyambel sendiri, cabenya dari hasil kebunku. Kanan Bikin Bihun goreng pakai buncis sedapp
Nyambel sendiri, cabenya dari hasil kebunku. Kanan Bikin Bihun goreng pakai buncis sedapp

Cabenya hasil kebun sendiri dong πŸ˜‰ . Cabe spanyol dapat 372 gram, kemudian ada cabe cherry, ya lumayanlah bisa buat 3 kali bikin sambel.

 

2. Berburu Barang Bekas di Flohmarkt

Flohmarkt atau Pasar loak adalah jenis pasar yang berisi lapak orang yang ingin menjual / barter berbagai barang mulai dari barang berkualitas rendah sampai barang berkualitas tinggi dengan potongan harga atau barang bekas pakai (wikipedia).

Flea Market in Sinsheim Germany
Flea Market in Sinsheim Germany

Flohmarkt ini di adakan sekolahan di kota tempat tinggal saya. Berlangsung hanya dua hari, sabtu dan minggu 30 Nov dan 1 Desember lalu. Saya pergi ketika hari minggunya. Tahun ini saya pergi sendirian, karena Frank tidak mau ikut, pusing dia melihat orang-orang berdesakan berburu barang bekas hehe. Kalau musim panas biasanya pasar loak lainnya banyak diadakan di tempat terbuka.

Di Pasar Loak ini Keramik-keramiknya banyak yang berupa barang antik peninggalan para oma tempo dulu
Di Pasar Loak ini Keramik-keramiknya banyak yang berupa barang antik peninggalan para oma tempo dulu

Kalau ke Flohmarkt yang disekolahan ini membuat lapar mata, terutama keramik untuk pajangan atau peralatan makan. Harganya sangat murah, asal jeli mengecek kita akan dapatkan barang-barang yang kualitasnya masih bagus, malah beberapa barang masih baru dalam kemasannya.

 

3. Mengunjungi Pasar Natal

Pasar Natal awalnya merupakan tradisi di Jerman dan Austria, namun sekarang meluas ke berbagai negara di dunia. Dalam bahasa Jerman, tradisi ini disebut Christkindlmarkt, Christkindlmarket, atau Weihnachtsmarkt. (wikipedia)

Christmas market  2013 in Bad Wimpfen Germany
Christmas market 2013 in Bad Wimpfen Germany

Lokasinya di kota tua Bad Wimpfen. Saya sudah tiga tahun berturut-turut ke pasar Natal ini. Sepertinya tahun depan malas kesini lagi, karena semuanya sama saja πŸ™„ . Lokasi stand-standnya sama, penjualnya sama, yang didagangkan sama, bahkan ramainya ampun deh sama!. Pengennya sih bisa ke pasar Natal di kota besar seperti di Berlin, Munchen, Stuttgart, Hamburg dll, pasti lebih meriah πŸ˜‰ .

Stan-stan di pasar Natal berbentuk kios kecil yang dibangun dari kayu. Selain makanan dan minuman, di stan-stan pasar malam tersebut juga dijual mainan, kerajinan tangan, dan hiasan Natal. Ada pula panggung hiburan, paduan suara dan dansa. Komidi putar dan kincir merupakan permainan di pasar Natal yang digemari anak-anak (wikipedia). Di Bad Wimpfen hanya ada komidi putar, ramai melulu, banyak anak-anak merengek ke orangtuanya untuk naik berulang kali.

Saya keliling sendirian selama 2 jam, Frank turunin saya dilokasi jam 5 sore (sudah gelap gulita) lalu dia kerja mengunjungi pasien-pasiennya. Setelah lelah saya telp Frank untuk jemput saya. Tahun lalu saya juga jalan-jalan sendirian. Untung jugalah pergi sendirian, jadi tidak takut hilang atau saling mencari sangking ramainya lokasi.

Ke pasar malam begini membuat lapar mata, baru sampai beli Bratwurst sosis pedas pakai roti, lanjut jalan beli gebrannte mandeln (kacang bersalut gula), lanjut lagi beli magenbrot (roti jahe) jajan melulu πŸ˜† . *maaf tidak ada foto makanannya, jalan sambil makan ya tidak bisa leluasa memotret.

loading...
loading...

Christmas Gift Suggestions:
To your enemy, forgiveness.
To an opponent, tolerance.
To a friend, your heart.
To a customer, service.
To all, charity.
To every child, a good example.
To yourself, respect.”
Oren Arnold

 

You may also like:
β€’ Random Dibuang Sayang bagian I
β€’ Jalan-jalan ke Wilhelma Stuttgart
β€’ Brezeln, salah satu kesukaan saya di Jerman
β€’ Taman Mawar di Lottum, Belanda
β€’ Orang Jerman itu

About these ads
loading...

79 thoughts on “Random Dibuang Sayang (2)

  1. lapar mata plus lapar perut nih baca postingannya mbak nella πŸ˜† barang2nya unik2 yang dijual

    1. Ya gpp lah sesekali belanja yang unik-unik πŸ˜‰ .

  2. Saya suka dengan ungkapan bahagia itu sederhana, mba. Dan mba mencontohkannya dengan bagus disini. Mungkin kalo bagi saya, bahagia itu sederhana, sesederhana kopi panas beserta pisang goreng yang disodorkan oleh si mamah waktu libur di Sabtu pagi…

    Salam dari jauh mba,

    1. Ah saya jadi kangen menikmati pisang goreng disore hari πŸ˜€ .

  3. Pengen komentar tentang sticky postnya, Mbak. πŸ™‚

    Analytic blognya keren. Google Analytics, Pagerank, Alexa, semuanya keren. Jadi pengen belajar soal analytic nih..

    1. Saya malu klo dikomentarin, makanya saya tutup akses komentarnya hihi.

  4. ^_^ Mbak Nella asik banget.. Tulisan-tulisannya keren… Salam Kenal ^_^ Andre wu.

    1. Hai Andre salam kenal juga, terima aksih sudah berkunjung πŸ˜‰ .

  5. ulekan sambalnya eksis mba nel hahaha

    1. Hehe iya Non, dulu aku punya yang dari kayu ga enak banget, susah halus bumbu2nya πŸ˜€ .

  6. dian_ryan

    Meski namanya pasar loak tapi cakep yah mba,
    Wah senangnya udah berasa suasana natal yah mba, pasti asyik bgt deh πŸ™‚

    ( link dianryan.blogspot.com dihapus karena domain tidak aktif lagi. 06.10.2016 )

    1. Iya pasar loaknya tertata rapih πŸ˜‰ mungkin karena cuma 2 hari pasarnya jadi ya tidak berantakan.

  7. asik banget yah jalan-jalan liat pasar loak. mirip sih sama aku, bedanya aku senang banget kalo yang ‘diloakin’ buku-buku, alias bazaar. Hehehe.

    1. Ada juga buku-buku loak, banyak sekali, sangking banyak jadi pusing pilih πŸ˜€ .

      1. wah wah wah… sepertinya asikkkk… πŸ˜€

  8. Ada juga ya pasar loak disana. Kirain disi aja πŸ˜€

    1. Ada mbak, malah klo summer banyak pasar loak dadakan πŸ˜€ .

  9. Bahagianyaaaa. Ngebayangin suasana di sana pasti menyenangkan sekali.

    1. Kadang ada juga yg ga bahagia ko Dan, misal susah cari makanan Indonesia πŸ˜€ .

  10. aiiih..cobeknya ada juga yang jual di sana ya…
    bisa sering2 nyambel dong Nel, enak makan ayam goreng pake nasi anget plus sambal…, dinginnya udara di luar pasti langsung ilang

    1. Ada kak, cuma jarang-jarang dijual, pas ada yg jual aku beli deh πŸ˜‰ . Iya kak dingin-dingin begini makan jadi tambah sedapp πŸ˜€ .

  11. Aku baca kata-kata “makan nasi pake kecap” di awal postingan langsung laper mba.. Langsung ngebayangin kenikmatan nasi hangat + kecap + telor dadar. Aduh enak banget tuh. Bahagia itu (benar-benar) sederhana ya mbak πŸ˜€

    Btw, kalo lagi winter gini, taneman mba nella gimana mbak kondisinya?

    1. Tanaman2nku sudah banyak yg ku bongkat spt dahlia dan gladiol umbinya di angin2kan, setelah kering bungkus koran simpan di gudang, tahun depan tanam lagi. Kalau sayauran termasuk cabe, tomat mati semua tanamannya, jadi layu krn kedinginan.

  12. emang ya mbak makan masakan Indonesia di luar negeri itu jadi berasa sesuatu sekali, apalagi tempe, krupuk dan sambel, mantaabh! btw aku pegel loh kalo ngulek pake ulekan begitu mbak…
    flohmarketnya indoor ya mbak??
    ngerayu Miku ke pasar natal ah… mbak aku mau dunk pernak pernik lucunya ituuuuu…:* *ngerayu tingkat dewa* mbak nella cakep deh πŸ™‚

    1. Kalau lama nguleknya pegel Cha. Paling bawang dan cabe ku ulek, klo tomat blender aja spy cepat πŸ˜€ .
      Flohmarktnya iya indoor, summer baru deh banyak yang outdoor. Kmau juga cakeep ko Cha πŸ˜‰ .

  13. Bahagia sekali ya, Mbak, kalo butuh bumbu dapur semuanya ada di pekarangan kita. Istriku sekarang juga lagi seneng-senengnya nanem tumbuhan bumbu (cabe, tomat, kemangi, kunyit) dan sayur di pekarangan. Karena rumah cuma petak kecil saja, jadi kebun pekarangannya ya cukup pake pot saja πŸ™‚

    1. Hai pak Rohmad salam kenal ya πŸ™‚ . Saya berkebunnya juga di atas balkon pak, maklum rumahnya di lantai 1 ga punya taman deh. Tanaman2ku semuanya dalam pot-pot, tetap bisa subur πŸ˜‰ .

  14. Hahaha nasib tinggal di Jerman ya nel makan indonesia gt kayaknya nikmat banget! πŸ™‚ Ga kebayang klo aku disuruh pindah ke sana, harus say good bye sama warung2 disini. Walaupun mahal tp at least masih ada yg jualan. Sukaaa bgt sama christmas market di Jerman, disini juga ada cm ga kayak di Jerman yg ampun deh rame nyaaa. Pernah 2x ke christmas market disana, sekali di Dortmund dan satu lg di mana ya lupa, di desa gt deh. Ada ice skating ring nya gak nel ?

    1. Iya nih Pie nasibku harus terima, susah kalau mau beli bahan makanan Indonesia harus beli online ada ongkos kirimnya belum dipajak pula harga2nya. Tahun lalu aku pernah ditraktir di resto Indonesia di Belanda ya ampunnn enakkk bangett, yang masaknya ibu orang Indonesia.
      Ice skating harus ke kota besar deh, ditempatku sini ga ada.

  15. Ya ampun… cuma mau makan bakwan udang, nasi, dan kerupuk aja di sana harus merogoh kocek dalam-dalam ya, Mbak…. Tapi nggak apa-apa, yg penting bisa bikin bahagia, hehe….

    1. Hehe gpp sesekali Ditter, daripada harus beli tiket ke Indonesia kan πŸ˜€ .

  16. awesome,Kak Nella semua serba organic dari kebun sendiri.di tunggu cerita cerita berikutnya.

    1. Hai Hwa, berkebunnya lanjut tahun depan mulai april atau Mei πŸ˜‰ .

  17. Bahagia itu menurutku klo dpt bumbu2 langka macam juniper berries kak…heheh
    btw, aku barusan bikin schweinshaxe pake junpery berry,
    satu lagi hal sederhana yg bs bikin bahagia, adalah senyum pasien balik klinik, walau senyum meringis post giginya diekstraksi, hehehe

    1. Nah itu bahagianya seorang koki sperti kamu Ded πŸ˜€ . Hahah bisa aja kamu πŸ˜‰ .

  18. Ria angelina

    NEL..
    cerita cerita lg tenteng jerman, seneng dah.
    thanks ya..
    wah kalau nanti eh kalau suatu hari nanti aq pergi ke jerman aku janji bawain kamu kerupuk mentah yang buanyak and aneka rasa.
    nel cobek itu kamu bawa dari indo nel..?

    1. Hai Ria, asyikkkk benerin ya bawain aku kerupuk, sedikit2 aja tapi macem2 πŸ˜€ .
      Cobeknya beli disini pas lagi ada, klo bawa gileee Ri berat banget ada kali 6-7 kg.

  19. RY

    Mbak Nelaaa, kalau dirupiahin berapa harga udangnya ?? *penasaran* hehehehe
    Tapi emang nikmat banget makan nasi anget sama bakwan atau kalau di Bandung namanya bala-bala πŸ™‚

    1. Udangnya Rp.45.000 isinya 90 gram. Eh aku pernah dengar tuh bala-bala, udangnya gede-gedenya ah nikmat banget pastinya πŸ˜‰ .

      1. RY

        Waah lumayan juga ya, dikira di Jerman malah harga seafood lebih murah …

        Bala-bala sih nggak pake udang atau lainnya, tapi bakwan memang rata-rata pake udang. Apapun namanya tetep enak kalao dikasih udang diatasnya ya Mbak …

        hehehhe

  20. Kakk Nel, suka bangett itu pernak pernik natalnya.. Coba kalo ada begituan di sini.. Bisa2 jebol dompet kali yahh :p

    1. Di PRJ ada kali pernak pernik gitu? πŸ˜€ . Untungnya sengaja bawa duit sedikit kan di pasar malam ga bisa gesek kartu, jadi amanlah ga belanja banyak πŸ˜‰ .

  21. netty

    Wah ramai banget ya, bikin ngiler lihat barangny unik-unik. Eh ngomong2 mbak nel, suaminya suka makan nasi dan sambal jg ya?

    1. Hai mbak Netty iya ramai bangett πŸ˜€ . Suamiku suka makan nasi tapi sambel ga bisa karena pedass πŸ˜† .

  22. Bener2 sesuatu yahh kak makanan Indo disana, perjuangan yah ut menikmati πŸ˜€ Jadinya walau simple jadi bahagia bangett..

    Kerennn kak pasar natal nyaa. πŸ˜€ Lucu2 beneerrr dahh hiasan yang dijuall..

    1. Berhubung ga ada yg jual makanan Indonesia, terpaksa dan dipaksa kreatif bikin sendiri πŸ˜€ .

  23. pasar natalnya cakep ya… hiasan natalnya cantik2… sambel ulekan emang nikmat ya, apalagi makan pake nasi hahahaha…

    1. Cabe dan bawang aku ulek, tapi klo tomatnya ku blender supaya cepat, males nguleknya πŸ˜€ .

  24. kreatif kak Nel jadi gk usah beli cabe lagi yah

    1. Bulan januari sampai maret nanti bakalan beli cabe sih, terpaksa karena masih dingin belum bisa nanam bibitnya πŸ™ .

      1. disana mahal gk kak harga cabe? btw selamat yah kak PR kakak 3 hebat hehhehe

        1. Cabe mahal Win, makanya aku nanama sendiri. Disini bisa 200rb an loh sekilo. Makasih yaa πŸ˜‰ .

          1. buset kak mahal amat hahaha klo di indo bisa dpt berkali lipat

          2. Iyaaa gileee deh disini πŸ˜€ .

  25. Setuju sekali kalo bahagia itu sederhana, tinggal bagaiman kita mensyukuri hidup kita. Dan sambel nya bikin ngilerrrrr πŸ™‚

    1. Iyaa tetap bersyukur walau bisa makan nasi dengan kerupuk dan sambel ya hehe πŸ˜€ .

  26. Setuju, Mbak,. Bahagia itu sederhana sebetulnya. Selama pas di hati jadinya bahagia ya.
    Soal krupuk, sebetulnya aku lebih suka emping daripada krupuk. Mau digorengin sekaleng besar kalau sudah di depan comp atau sambil nonton, gak sadar sudah habis aja itu emping sekaleng πŸ˜€

    1. Saya juga ada emping mentah nih Chris 2 plastik. Makan kerupuk ga bisa berhenti sampai habis, makanya aku goreng sedikit2 aja πŸ˜‰ .

  27. Mba, pasar natalnya seruu, tapi emang dimana2 jajanan makanan lebih menarikkk yaa hehehe. aku juga kalo misalnya kemana2, gak beli barang tapi jajanan makanannya pasti adaaa aja yang dicoba πŸ˜€

    1. Iyaaa Trid, aku sama sekali ga beli barang, cuma jajan aja banyak πŸ˜† .

  28. wuiiihh, keren banget mbak Nell, nyambel pake cabe dari kebun sendiri. TOP!
    Haha, samaaaa… krupuk disini pun masih tetep idola, loh. Makan tanpa krupuk itu.. bagai… makan tanpa krupuk! Hahaha…

    1. Iya Fit ga lengkap kalau ga ada kerupuk, tapi disini aku belum nemu kerupuk kaleng, itu loh yg bulet putih 3 tahun lalu harganya 100 perak, sering beli warung depan rumah πŸ˜€ .

  29. seru pasar natalnyaaa… kalo gak salah inget, gua pertama kali ke blog ini karena ngeliat pasar natalnya deh. πŸ˜€

    btw makan kerupuk pake kecap manis tuh enak… hahaha

    1. Di Amrik ada pasar Natal juga ga Man? seperti sekarang sudah banyak diberbagai negara nih pasar Natal. Iya sedaapp πŸ˜€ .

      1. Di LA gak ada… udh smp gw google. Haha.

        1. Hehe wah sampai cari di google πŸ˜€ .

  30. kerupuk itu emang indonesia banget ya mbk πŸ™‚

    1. Iyaa mbak Wulan, ga lengkap makan tanpa kerupuk dan sambel πŸ˜€ .

  31. hahhh bisa nanem cabe segala wihhh keren dan ulet banget, gimana tuh nasib cabe ditanam di negeri 4 musim hihi

    1. Cabe mahal disini mbak Siti. 4 biji 15rb, sekilo bisa hampir 250rb rupiah πŸ˜₯ . Musim dingin tanaman cabe, tomat dan sayuran mati semua, layu kedinginan. Tahun depan saya nanam lagi bibitnya πŸ˜‰ .

      1. jadi tiap tahun mesti nanam baru donk yaa…

  32. hahahhaaa krupuk sama nasi itu emang syedapp yah mba πŸ˜€

  33. yasalam beli kerupuk aja sampek sejuta, sini te aku traktir nasi murah 3000 perak di kampungku dah kenyang hahaha

    1. Nah ongkos pesawatnya ke mari 10 jeti πŸ˜€ .

  34. Bahagia itu otomatis, itu jika hati merasa nyaman..

Leave a Reply