Pernikahan Beda Agama di Indonesia

loading...

“The greatest marriages are built on teamwork. A mutual respect, a healthy dose of admiration, and a never-ending portion of love and grace.” –Fawn Weaver.
“The greatest marriages are built on teamwork. A mutual respect, a healthy dose of admiration, and a never-ending portion of love and grace.” –Fawn Weaver.
Semoga saya tidak berdosa nih 😳 menerbitkan tulisan kontra semacam ini. Temanya pernikahan beda agama. Sepasang manusia yang seagama saja banyak permasalahannya, apalagi yang berbeda. Mungkin di luar negeri hal ini biasa saja, namun di tanah air pernikahan beda agama tidak diperbolehkan (belum bisa dilakukan).

loading...

Kalau ada teman atau saudara yang saya kenal, tentu akan saya larang supaya jangan nekad. Apakah kamu memikirkan perasaan orangtua dan keluarga?, lalu anak-anak kamu akan ikut siapa?, apa sanggup jika di perggunjingkan lingkungan?. Apa iya pernikahan beda agama akan langgeng?, contohnya pernikahan Lidya Kandau dan Jamal Mirdad kandas, kemudian Dedy Korbuzier dan Kalina kandas juga (Dedy dan Kalina dinikahkan oleh tokoh Paramadina). Oke kamu bilang mereka artis, kalau kamu nekad juga maka saya no comment karena setiap orang selalu mempunyai pilihannya masing-masing dan kamu sendiri yang menjalaninya.

Lalu mengapa saya menerbitkan tulisan dengan tema pernikahan beda agama?. Kalau dulu-dulu biasanya saya malas menanggapi hal ini, paling saya jawab „tidak tahu, cari saja di google“. Kali ini saya buat tulisan, supaya saya punya contekannya, kalau ditanya ulang hehe 😀 .

Saya pusingg kalau sering ada yang bertanya ke email mengenai tema ini. Seperti halnya mereka yang menanyakan bagaimana cara sekolah atau kuliah atau kerja ke Jerman. Bagaimana caranya dapat pacar bule, bagaimana cara bisa tinggal di Luar negeri. Para pembaca beneran nih, untuk topik-topik tersebut jawabannya saya akan samar-samar (jadi jangan sering bertanya hal tersebut oke 😆 ), kecuali kalau kamu bertanya mengenai hobi berkebun saya, nah tuh baru saya tidak pusing dan akan sangat antusias menjawab, dan kita bisa tuker-tukeran foto koleksi kebun kita deh 😉 .

Apakah bisa melakukan pernikahan beda agama di Indonesia?. Bisa (silakan baca tulisan ini hingga selesai).

 

loading...

untuk ke halaman berikutnya klik Next/Lanjut

About these ads
loading...