Indahnya Warna Musim Gugur

loading...

Niatnya mau posting di bulan Oktober, apa daya sok sibuk, jadi tidak apa-apa ya gambar-gambarnya disajikan di November ceriah yang melow ini. Iya November saya sebut bulan yang melow, karena dingin, mendung, gerimis dan mataharinya sering ngumpet ๐Ÿ˜€ .

Bulan Oktober lalu disebut Golden Oktober karena banyak warna dedaunan mirip warna emas, di awal November ini dedaunannya sudah mulai rontok.

Indahnya warna musim gugur. Salah satu taman di Bad Rappenau, Jerman. Foto minggu terakhir Oktober 2013
Indahnya warna musim gugur. Salah satu taman di Bad Rappenau, Jerman. Foto minggu terakhir Oktober 2013

Foto-foto saya diambil di tiga kota: Bad Rappenau (tahun lalu saya tinggal di kota ini. Frank masih kerja disini) Bad Wimpfen dan Sinsheim (kota tempat tinggal saat ini).

1. Taman di Bad Rappenau

Perubahan warna dedaunan ketika musim gugur adalah fenomena yang menyebabkan daun yang awalnya berwarna hijau menjadi warna-warna lain yang cantik. Ada yang dari hijau berubah menjadi merah, kuning, ungu dan coklat. Setelah dedaunan berubah warna banyak yang berguguran, namun ada juga yang masih bertahan menempel di pepohonan. Fenomena perubahan warna dedaunan tersebut disebut โ€žwarna musim gugurโ€œ

Kalau cape jalan-jalan di Taman, istirahat dulu, ada beberapa bangku di taman ini
Kalau cape jalan-jalan di Taman, istirahat dulu, ada beberapa bangku di taman ini

 

Daun berwarna hijau karena adanya pigmen yang dikenal sebagai klorofil, yang ada didalam organel yang disebut kloroplas. Selama musim tanam, klorofil berlimpah dalam sel-sel daun. Ciri khasnya musim panas adalah daun-daun berwarna hijau cerah.
Klorofil memiliki fungsi penting: menangkap sinar matahari dan memanfaatkan energi yang dihasilkan dalam pembuatan gula sederhana tanaman yang dihasilkan dari air dan karbon dioksida.

This slideshow requires JavaScript.

Masih ada foto-fotonya ya, masih banyak ๐Ÿ˜†

 

Pada akhir musim panas, siang hari menjadi singkat dan suhu dingin. Pembuluh darah (tanaman) yang membawa cairan ke dalam dan keluar daun secara bertahap menutup. Asupan air dan mineral berkurang secara perlahan, pada masa tersebut jumlah klorofil mulai menurun.

loading...

Beberapa pohon (tanaman) yang menarik perhatianku:

 

Video Awal Musim Gugur di Taman di Bad Rappenau

 

2. Pohon di Bad Wimpfen

 

2 Minggu kemudian saya ke lokasi yang sama, daun-daun pohonnya sudah rontok.

Video salah satu pohon besar pada awal musim gugur di Bad Wimpfen

 

loading...

3. Sekarang kota tempat tinggal saya, Sinsheim

Autumn is the mellower season, and what we lose in flowers we more than gain in fruits.” -Samuel Butler-

Tulisan Terkini

About these ads
loading...

138 thoughts on “Indahnya Warna Musim Gugur

  1. mbak brusan udah saya transfer pulsanya 5 rb. udah dblas sma ma2 mbak. ‘ dah msuk 5 rb. trims y’. ๐Ÿ˜€ tp td sya transfer dr nmor saya. maaf y mbak. ๐Ÿ™ tkut nanti gk msuk lg pulsanya.

    kpan nie saya diajak travel breng ke jerman. ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

    1. Hai Jati thanks ya, mamaku tadi sms sudah masuk ๐Ÿ˜‰ . Ga perlu diajak, datang aja yukk ๐Ÿ˜€ .

      1. mw brpa juta byar tiket pulang pergi nya? ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

  2. Bagus banget mbak. saya paling suka autumn, bener2 majestic

  3. aaaa aku kangen fall di jerman. cantiknya banget2 meskipun hujannya ngeselin :p

    1. Iya benar, angin juga ngeselin ๐Ÿ˜€ .

  4. Hi Mba Nella, nggak nyangka si daun merah itu ternyata ada di Indonesia. Namanya Acer Laurinum. Cuma ini tanaman langka.

    1. Hai Silvie, maksudmu si daun merah “Maple Jepang” ya? iya itu nama lainnya ๐Ÿ˜‰ . Berapa harganya di Indonesia Vie?.

      1. Beda mba Nella, yang di Indonesia adanya di Taman Cibodas. Sama-sama Acer cuma yang di Indonesia evergreen. Ngga bisa merah. Kurang menarik lah dibanding Maple Jepang yang aduhai hot-nya!
        Ngga pernah nemu yang ngejual mba. Tanaman langka, cuma ada beberapa aja sekarang karena penggundulan hutan ๐Ÿ™ Tega ya manusia ngebabat hutan sampai flora fauna nyaris punah
        BTW, aku nemu yang jual bibit Sakura & Maple Jepang di Indonesia. Buka aja Iseedyou.com. Cuma nggak cocok di tempat panas mba……….

        1. kalau mau berubah warnanya yg maple dan sakura, harus ditempat dingin. Pas musim panas klo disini pada hijau daunnya tuh ๐Ÿ˜€ .

          1. Hikhik sayang banget deh. Tapi sekarang kan era pemanasan global, bukan nggak mungkin Indonesia bisa jadi negara 4 musim nantinya (ngayal). Sekarang aja musim ujan & kemarau kacau balau ๐Ÿ™

  5. Kalau musim gugur begitu warna kuning, orange, merahnya daun itu selalu memberikan keindahan tersendiri ya Mbak

    1. Iya Chris indah musim gugur begini, yang ga indah anginnya hehe :grin .

  6. Selain salju, ini alasan aku pengen ke eropa, buat lihat daun2 yang berguguran! hihihi. Keren sekali ya mba nella warna pohon-pohonnya.. Cakepppp ๐Ÿ™‚

    1. Hehe seperti temanku yg datang tahun lalu, berfoto di hamparan daun-daun musim gugur, sudah lama dia impikan hal tsb ๐Ÿ˜€ .

  7. Semakin berwarna aja nih postingannya, kayaknya kebawa suasana musim gugur ya Mba ๐Ÿ™‚

    1. Bulan depan akan satu warna kang, jadi putih semua karena salju ๐Ÿ˜€ .

  8. Sangat indah, Mbak…pastinya bikin betah jalan-jalan ya…

    1. Betah jalan-jalan kalau tidak hujan ๐Ÿ˜€ .

      1. Bali jarang hujan dan panasnya naudzubillah…

  9. salam kenal maaaak…autumn is my favorite season indeed…warnanya cantiiik, hati ini jadi sejuuk rasanya :D…apalagi kalau sudah mulai dingin, si daun pun makin meraaah ya mak :D…ngg salah kalau lagu The Autumn Leaves ngetop bangeeet :D…

    1. Autumn iya ngetopp kerennya, cuma dingin bbbrrrr angin melulu ๐Ÿ˜€ .

  10. Waaaah… indahnya….. :O

    Pengen deh ngerasain musim gugur. Mudah-mudahan suatu saat bisa berkunjung ke negeri 4 musim, dan merasakan musim gugur di sana, hehe….

    1. Aminn semoga Ditter bisa lihat langsung ya ๐Ÿ˜‰ .

  11. Canteeeiiikkkknyaaaaa…. Mupenggg

    1. Terima kasih ya Firsty ๐Ÿ˜‰ .

  12. Nisa

    Aaahhhh am dying lhooo mba liatnya. Cantikkkkk sekali. Semua foto2nya juga keren. Serasa pelangi ada dimana2 ya mba nella.
    Andaikan jakarta juga ada musim gugur hehehehehehe

    Blog/url nisadanchicco.blogspot.com dihapus karena blog tidak aktif lagi. Update 13.01.2016.

    1. Wah klo di Jakarta ada musim gugur, dingin banget dong ๐Ÿ˜€ .

  13. sudah jarang mampir, sekalinya mampir disuguhi pohon warna-warni. cantik :’)
    saya sangat ingin melihat 4 musim: semi, panas, gugur dan dingin. Rasanya pasti seru.
    Kapan ya, bisa ke negara yang ada 4 musimnya? hehee :3

    1. Ayo kapan? nabung dulu yukk, pasti bisa deh ๐Ÿ˜‰ .

      1. Aamiin.. target liburan semester ini, Kak.. doakan tercapai ya mimpiku :’)

  14. Keren banget… Jadi pengen main-main ke sana… Hahaha, tapi apa mungkin yah traveling ke luar negeri, wong mau traveling ke Bali aja harus nabung dulu berbulan-bulan. Capedehhhh…

    1. Hai Lia, mungkin ko. Dulu aku juga komentarnya seperti kamu. Saya nabung 2 tahun ke kumpul duitnya, jalan-jalan ke LN sendirian. Yang penting niat dulu ๐Ÿ˜‰ .

  15. Aih, keren banget mba Nella photo2nya.. I wish i were there! ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

  16. cantiknyaaaaa, kapan bisa jalan-jalan ke eropa ya.

    1. Hayoo kapan mbak Ika?, bisa kopdaran kita ๐Ÿ˜€ .

      1. Nunggu kamu pulang ke indonesia aja Nel ^^

  17. wah udah mau musim dingin ya… udah ngebayangin pemandangan musim dinginnya. ditunggu foto2 berikutnya mbak.

    1. Serba putih pas musim dingin deh, ditunggu ya 1 bulan lagi ๐Ÿ˜‰ .

  18. Pemuncak

    keren ya pemandangan pohonnya…
    apa di jerman itu memang semuanya seperti itu ya,… indah2…

    jadi pengen maen ke jerman.. ๐Ÿ˜€

    1. Indonesia juga ga kalah indah ko ๐Ÿ™‚ .

  19. suka banget liat pohon kemerahan gitu…

    1. Cantik ya warna merah ya ๐Ÿ˜€ yang kuning juga bagus ๐Ÿ˜‰ .

  20. Postingan mbak Nela selalu warna warni deh foto2nya keren keren tuh foto dikumpulin setahunan ya, kan pergantian musim setahun empat kali. Telaten nya sampai ada video segala, Nah kalo lihat tadi ada banyak berguguran terus yang nyapu dan bersihkan siapa ya? ada petugas kan? terbayang kalo mesti sapu halaman sendiri banyak donk ya hehe..

    1. Hai mbak Siti, ada petugas kebersihan jalan ko. Belakangan ini saya lihat sudah banyak petugasnya karena daun-daun banyak mengotori jalan, apalagi kalau hujan daun-daunnya jadi cepat busuk.

      1. ohhh iya soalnya bisa numpuk tebal donk kalau tak disapu mbak.. ! kalau di kampung mah sisa dikumpulin dan di bakar kalau disana pasti bisa ditangkap polisi kalo ada adegan bakar-bakar ya,…

  21. CANTIK BANGETTTT MBAK!!!
    Btw, foto yang bentuknya bulet itu gmn sik caranya Mbak? ๐Ÿ™‚

    1. Hai Deva. Diatur sebagai gallery. Caranya:
      1. Pilih Insert media (sama seperti masu masukkan foto biasa) lalu
      2. lihat di bagian kiri dan pilih “create gallery”,
      3. Pilih foto-foto yang ingin ditampilkan
      4. Klik “create a new gallery” (disebelah kanan agak bawah),
      5. Pilih jenisnya (lihat bagian kanan), untuk yang bulat pilih “circles”
      6. Setelah selesai “klik sisipkan gallery”.

      1. Ooo gitu ya Mbak….makasih ya tipsnya…kapan2 aku aplikasikan ๐Ÿ˜‰

  22. edy

    Hmmm,,,,
    berarti banyak yg tutup kebun donk?
    tp warna daun2 dari pepohonannya unik2, n kayak nx ga bakalan ada di Indonesia warna n bentuk daun yg seperti di negara 4 musim. ๐Ÿ™‚

    1. Hai pak Edy, iya sudah banyak orang yang membereskan (bongkar) kebun mereka. Kalau saya tanaman tomat masih saya tutupi kain, masih sayang dibuang ๐Ÿ˜€ . Mungkin di daerah-daerah seperti Dieng yang ada bulan tertentu dingin pohon bisa berubah warna dedaunannya, saya belum pernah lihat langsung sih.

  23. dian_ryan

    Ya ampun cantik banget mba Nella, daun2 berubah dan berguguran ah kalo aku betah berlama2 di taman kali yah menikmati suasana taman yang indah begitu.

    ( link dianryan.blogspot.com dihapus karena domain tidak aktif lagi. 06.10.2016 )

    1. Hai Dyan kalau pas tidak ada angin kencang menyenagkan berlama-lama di taman. Nah kalau berangin pengen cepattt pulang ๐Ÿ˜€ .

  24. Cantikkk bangett kak Nel!! ๐Ÿ˜€ Sukakkk dehh.. Disini juga daun2 berguguran *krn angin kencang* hehe.. Jadi biasa aja, ga ada perubahan warna apapun ke daun2. Kecuali daun di pohon2 di Sudirman. Dari hijau bisa jadi hitam krn polusi ๐Ÿ™

    1. Ha? masah sih pohon jadi hitam? ya ampunn, harus lebih banyak ditanama pohon penghijauan tuh supaya polusi terserap tanaman ๐Ÿ˜‰ .

  25. fiona

    wah mba nella keren bgt musim gugurnya…. kl diindo mmg berubah warna krn panas hahahaha alias kepanasan tu daun gosong hahahaha…. krn ada tanaman sy buah nona ato dikenal srikaya itu daun nya juga kek gt hahahaha alias gugur semua krn kepanasan xixixixi….
    mmg beda ya cuaca LN sama indo… walaupun panas tp nga gt nusuk ke kulit… kl indo panas ampun d….. hahaha…

    1. Hahahah bener banget Fiona. Pas musim panas panas banget loh disini bisa sampai 40 derajat C.

  26. wah cantik banget, mba Nella minta saran dong. Gimana sih cara nanem Gingko biloba dari biji? Saya dapet bijinya di Hero supermarket, saya coba berkali-kali buat ditanem nggak ada yang numbuh padahal udah ikutin saran di web.
    Please kalau tau kasih tau saya. Thx

    1. Hai Silvie ga tau cara menanamnya, coba tanya Steven di tulisan yang ini ya : http://pursuingmydreams.com/2013/09/30/cara-menanam-biji-pohon-wisteria

      1. Makasih Mba Nella, desperate banget nih coba nanem berbulan-bulan nggak ada yg jadi ๐Ÿ™ Padahal ngiler banget ama bentuk daunnya yang kayak kipas

        1. Steven

          Biji pohon gingkonya harus kering dl. Masukin aja bijinya ke kertas biarin bbrp hari, 1 minggu jg gpp. Da gt rendam di air 1hari, terus masukin ziplock bag dan kasi peatmoss basah (bukan banjir ya) atau pakai tissue jg boleh. Menurut yg di web itu harus di cold stratification 3bln setelah itu baru masukin ke dlm media yang lembab dengan suhu ruangan antara 70-75F ini krg lebi yah suhu ruangan 20-25c masi ok.

          1. Biji Gingkonya udah 3 bulan lebih di kulkas, saya udah coba ditanem langsung hasilnya gagal. Nanti coba cara Bapak deh.
            BTW, sudah 2 minggu biji Wisteria saya udah muncul sedikit tunas. Kapan boleh saya pindahin ke tanah ya? Thx ya..

          2. Steven

            Biji wisterianya sudah mulai berakar seperti yg di page cara tanam wisteria? Yg digambar itu foto bbrp hari sblm dimasukin ke pot ya. Kalau akarnya baru jendol jgn ditanam lsg biasanya ketahuan kok akarnya nanti pas tumbuh panjang mirip kaki tauge, tunggu akarnya agak panjang dl. Terus nanti kalau waktu mau di tanam jgn di teken bijinya, bikin lubang agak besar di pot, taruh bijinya dgn akar ke arah bawah terus tutup pakai media tanam dan jgn terlalu ditekan.

          3. Iya, sudah berjendol akarnya kayak yang di page Wisteria. Nanti kalau udah panjang akarnya baru dipindahin deh. Thx ya Pak Steven

  27. semuanya indah,,, Aster nya apa lagi,,,
    Tapi pasti jadi makin sering nyapu,,, hehehhe

    1. Hahaha iya Lia, petugas kebersihan jalan jadi banyak kerjaannya ๐Ÿ˜† .

      1. mbak nella bantuin gak?
        hahha

  28. bagus-bagus warna daunnya, mbak nella. berwarna warni. kalau punya hobi memotret spt mbak nella, pasti senang banget bisa dapat gambar bagus spt itu ๐Ÿ™‚

    1. Terima kasih pak Yudhi ๐Ÿ™‚ . Kalau cuaca cerah (tidak hujan) asyik mencari objek foto ๐Ÿ˜‰ .

  29. Ya ampun Nella, cakep bangeeeeet huhuhu aku juga suka warna warna di autumn, dulu pas film New York in Autumun yg Richard gere itu, aku mellow mellow juga kan settingnya keren. Ih cakep banget ya, Nel, kalo aku di situ aku lalap berfoto, kali….Macam di kalender jaman dulu yang selalu kulihat lihat dengan mupeng.

    1. Hai Sondang datanglah pas musim gugur, nanti kita puas2in berfoto dengan pohon-pohon yang warna daun-daunnya cantik ๐Ÿ˜‰ .
      Tahun lalu 2 temanku datang pas musim gugur, mereka puas-puasin berfoto dengan daun2, lucu juga lihat gaya mereka ๐Ÿ˜€ .

  30. terang benderang gitu msh dingin gak kak suhunya???

    1. Matahari bersinar cerah tetap saja dingin brrr ๐Ÿ™ .

  31. sungguh bikin romantis sekali mba autumn itu,,
    cantik2 banget fotonya ๐Ÿ™‚

    1. Makin romantis ya kalau jalan berduaan kekasih hati hehe ๐Ÿ˜€ .

  32. Wah orang pada bilang kalau ke LN bagusan pas fall karena warna-warni gitu ya… Pengen deh liat langsung >,<

    1. Iya bagus warna dedaunan berubah warna, tapi dinginnn ๐Ÿ˜€ .

  33. Rara

    Mbak Nella,,,cantik cantik banget fotonya,,,
    ini nih yang ngebuat saya pengen banget maen ke negara empat musim.
    Eh tapi di Bandung aku suka nemuin pohon yang daunnya warna kuning loh mbak
    *sayang ga sempet aku foto*

    1. Hai Rara, saat itu mungkin pas lagi dingin di Bandung ya? .

      1. Rara

        iya mbak nella…belakangan ini suka hujan. Kalau lagi dingin suhu udaranya bisa sampai 16 derajat

        1. Wah 16 derajat C seperti musim semi ๐Ÿ™‚ .

  34. Kak Nella bagus banget fotonya, cakep banget ya daun2nya udah berubah warna, emang musim gugur paling seru deh.. Sayangnya di indo gak bakalan liat daun2 warna warni giniiii, yang ada malah liat daun kering hahahaha

    1. Hahaha daun kering juga ga apa-apa kan? yang penting warnanya berubah ๐Ÿ˜‰ .

  35. mbak nella.. itu pemandangannya cantik banget.. Pengen nanti kalau bisa sampe ke negara 4 musim aku pas musim gugur aja, gak terlalu dingin dan gak panas juga.. aahhh keren deh pokoknya ๐Ÿ˜€

    1. Kalau begitu datangnya di awal musim gugur Niee, jadi daun-daun belum rontok ๐Ÿ˜‰ .

  36. Wah… Mbak itu daun2 cakep2 bgt… Rajin bgt mbak mewarnai daun2 itu hehehe.. Nice pic mbak.. Aku suka semuanya ๐Ÿ™‚

    1. Yang mewarnai alam ko, saya numpang potret saja ๐Ÿ˜€ .

  37. fotonya bagus-bagus mbak, ini yg ngebuat ane selalu mampir kalo ada tulisan baru di blog ini. share lagi dong mbak foto-foto yang lainnya. kalo ane save buat koleksi ga pa2 ya? :mrgreen:

    1. Hai Rumambay silakan di save foto-foto yang kamu suka ๐Ÿ˜‰ .

  38. ahh kapan di Indo bisa liat begituan huhuhu

    1. Kalau di Indo dingin baru bisa lihat beginian Non ๐Ÿ˜† . Kalau ga salah di Dieng ada bulan tertentu sedingin Eropa deh, jalan-jalan coba ke Dieng ๐Ÿ˜‰ .

      1. udah ke dieng mba tapi pas kemarau hehe

        1. Pas musim dinginya dong, aku lihat fotonya sampai ada salju/es ๐Ÿ˜€ .

          1. udah jauh skr mba Nel hehe, musim kemarau itu sebenarnya lebih dingin kalo di pegunungan di Indo (Bromo, Dieng dll) daripada musim hujan hehehe.

          2. Di Bromo pohon-pohonnya berubah warna daunnya ga Non karena dingin?.

  39. musim yg selalu saya tunggu2 nih mbak walo sering hujan ya ๐Ÿ™‚

    ada perasaan khusus saat menyaksikan guguran daun2nya berterbangan ditiup angin… heheheheh lebay bangeeed d… ๐Ÿ˜€

    salam
    /kayka

    1. Hai mbak Kayka, bukan perasaan mellow kan mbak? ๐Ÿ˜€ . Musim yang saya tungu-tunggu musim semi ๐Ÿ™‚ .

      1. heheh kadang2 jd mellow juga kalo langitnya abu2 ๐Ÿ˜€

        musim semi suka sih mbak nella tplebih sering menderitanya…

        salam
        /kayka

  40. Adaptasi tumbuhan terhadap perubahan suhu dari musim panas yang sungguh elok Jeng Nella. Sudah kelar mengevakuasi semua tanaman Jeng? Salam

    1. Hehe belum semua saya evakuasi tanamanku bu, soalnya buanyak banget. Yang penting spt mawar sudah saya tutupi kain, klo dahlia masih bisalah, kan aman umbinya dalam tanah.

  41. Aaaa, indah banget :-), saya punya lumayan banyak background musim gugur, klasik banget kayaknya.

    1. Jimah penyuka musim gugur ya? ๐Ÿ™‚ .

      1. lumayan, soalnya keren-kerengimana gitu,sukaamacoklat ama jingganya

  42. Ahhh Mbaaa, itu bagus bangettt semuanyaa, apalagi gambar yang awal, yang ada gradasi merahnya. Walaupun udah mulai gelap dan dingin, kalau siangnya liat pohon cantik gini, seneng juga ๐Ÿ˜€

    1. Gelap datangnya sudah cepat, jam 6 sore yg biasanya terang sekali sekarang jam 6 sudah gelap gulita ๐Ÿ˜€ .

  43. Ada keindahan tersendiri ya..

    1. Iya Erit tiap musim ada keindahannya tersendiri. Terima kasih sudah berkunjung yaa :Wink: .

  44. Aku juga sukaaa musim gugur mba… warna-warni daunnya, sejuknya udara biar mellow tapi indah… Tapi nggak suka anginnya yang bikin sakit mata ๐Ÿ™‚

    1. Hai mbak Ditha bulan yang mellow ini tambah indah kalau matahari bersinar ๐Ÿ™‚ . Iya anginnya membuat gemeteran ๐Ÿ˜† .

  45. Ria angelina

    itulah yang sangat membedakan indo dengan eropa.
    autumn yg sangat indah dan banyak lagu lagu yg menceritakan keindahan autumn.

    1. Iya indah nih karena perubahan musim ๐Ÿ™‚ .

  46. warnanya indah.. tapi knp daunnya bisa memerah gitu ya mbak.. ๐Ÿ˜€

    1. Ada tanaman tertentu begitu ada yg jadi merah spt Maple Jepang lalu ada yg kuning. Tanamannya kehilangan klorofil. Musim semi akan tumbuh dedaunan yang barunya ๐Ÿ˜‰ .

  47. Gradasi warna ijo, merah, oranye sm coklat itu.. SEMPURNA! Nice pictures, mbak Nella.. as usual.. ๐Ÿ™‚

    1. Terima kasih jeng Fitri ๐Ÿ˜‰ .

  48. Indah bangeeeet…….koq bisa ya…., apakah semua pohon mengalami seperti ini?

    1. Hai mas Budi, tidak semua pohon berubah warna daun-daunnya, contohnya pohon cemara tetap hijau ๐Ÿ˜€ .

  49. Aaaa… supeeeer keceee warna2nya mbak nella, dari zaman dulu aku tuh liat yg beginian seringnya dikalender ๐Ÿ˜€ , semoga ntar dpt kesempatan utk liat langsung amiiiin ๐Ÿ™‚

    1. Aminnnn semoga kamu bisa lihat langsung ya Nin ๐Ÿ˜‰ .

  50. netty zai

    Dunia penuh warna atau musim penuh warna. Menarik untuk dilihat mbak nella. Oh iya bunga warna ungu tuh krisan atau apa ya mbak?

    1. Mbak Netty aku jadi bingung itu bunga Aster http://en.wikipedia.org/wiki/Aster_(genus) atau bunga Krisan http://en.wikipedia.org/wiki/Chrysanthemum?? keluarganya sama mbak ๐Ÿ˜€ .

  51. keren banget mba..
    wah sayang d depok enga ada musim gugur, malahan pohon-pohon sekitar sini hijau banget..
    tapi baca blog ini jadi tau keidahan musim gugur.. wonderful..

    1. Beda negara beda musim ya, tapi aku lebih suka klo musim panas melulu spt di tanah air, jadi puas berkebunnya tanpa ada halangan cuaca ๐Ÿ˜‰ .

  52. aku senang kalau sudah musim gugur karena sebentar lagi musim dingin, musim favoritku ๐Ÿ™‚

    1. Hai Ning aku suka musim dingin kalau cerah alias ga hujan ๐Ÿ˜€ . Musim favoritku musim semi, senang melihat bunga-bunga mulai bermekaran ๐Ÿ™‚ .

  53. Keren banget, warna warni mengharu biru. Btw ntar gw kalo ke eropa mesti okt – nov biar tau perubahan musim nya hehe.

    Suka banget ama foto2 nya, cantikkkkk

    1. Musim gugur dingin bangettt Cumi, mending kalau mau jalan2 ke Eropa pas musim semi bagus deh, atau winter??. Jangan lupa mampir ke tempatku ya ๐Ÿ˜‰ .

  54. daun gugurnya ada yang warna ungu, indah banget ..
    itu bunga ungu di Bad Rappenau cantik , bunga apa itu Nel.., bentuknya mirip krisan ya

    1. Nah itu dia kak aku jadi bingung itu yang ungu bunga Aster atau Krisan? Lihat wikipedia keduanya keluarganya sama Asteraceae ๐Ÿ˜€ .

  55. Warna ungu itu cantik banget mba…. Sama disini juga udah mulai rontok mbak. Dan cuaca nya berubah dingin & berangin.

    1. Coba ya dingin tanpa angin ๐Ÿ˜€ . Yang bikin dingin tuh anginnya brrrrr.

  56. cakep warna2nya!!! merah, orange, kuning, ijo… ๐Ÿ™‚

    1. Iya Man tambah cakep kalau matahari bersinar ๐Ÿ™‚ .

  57. gorgeous! serasa pergi ke taman kaak.. seneng deh pagi2 disuguhi foto yang menyegarkan mata ๐Ÿ˜€

    1. Waktu itu aku ke tamannya pas pagi juga dan cuaca sangat cerah jadi seger melihat warna daun-daun mulai berubah warna ๐Ÿ˜‰ .

Leave a Reply