Kekasih Online, Kapan Kita Kopi Daratnya?

Kekasih Online, Kapan Kita Kopi Daratnya?
loading...

Mencari si Belahan Jiwa (Foto gettyimages)
Mencari si Belahan Jiwa (Foto gettyimages)
Lucu deh kalau dengar teman yang bilang punya “pacar” tapi belum ketemu secara langsung. Pernah dengar istilah “pacar online“? iya jadi jadiannya baru secara online. Tolong jangan nyinyir atau sinis ke saya kalau kamu adalah salah satunya πŸ˜› .

Saya sebagai salah satu wanita yang sudah malang melintang di dunia persilatan internet sejak tahun 1997 (ketahuan banget ya tuanya saya πŸ˜€ ) mau cerita lah sedikit aktivitas saya di dunia per chattingan (bukan blogging, baru ngeblog tahun 2009). Tahun 1997 saya mulai kuliah, dan saat itu baru mulai ada lab komputer dimana mahasiwa bisa gunakan internet secara gratis, itupun koneksinya ampun lemotnya (gratis tidak boleh komplen!) dan kita maksimal bisa gunakan internet selama 2 jam, karena sudah ada yang antri mau pakai juga. Bisa sih ke warnet cuma mahal. Kalau lab komputer lagi penuh, sampai bela-belain ke warnet di Fisip (saya di Mipa). Hp ketika itu belum secanggih sekarang, kalau ada fitur chatting pastinya masih mahal lah.

Apakah saya berinternet-ria untuk mencari atau ada hubungan dengan perkuliahan? engga dong! hahaha. Teman saya dan saya yang punya hobi sama, kita asyik cari gebetan. Hmm salah satu alasannya chatting adalah memperlancar bahasa Inggris?. Sangking banyaknya teman chatting (mostly bule) sampai nulis data singkat mereka, malu dong kalau ketemu (chat) dilain hari nanya lagi dari awal asl please? masih pada ingat dengan istilah asl tersebut? hahaha.

loading...

Apakah setelah melakukan pencarian (gebetan), setelah menghabiskan waktu di depan komputer (internet) selama berjam-jam, setelah menghabiskan begitu banyak duit untuk ke warnet, setelah membuang-buang waktu dengan teman-teman online saya tersebut, apakah saya mendapat pacar atau calon suami?. Jawabannya tidakkk!! πŸ˜₯ .

Selama 10 tahun lebih saya dibuai dengan asyiknya dunia perchattingan, dibuai dengan gombalan cowo-cowo sinting . Saya katakan sekarang kalau semua itu hanya buang-buang waktu. Teman-teman online hilang satu persatu. Kalau yang meninggalkan kesan tertentu (mungkin karena sering chat ya) bisa loh membuat saya melow “kemana ya si doi, ko ga online lagi?” sedih berhari-hari, malas makan, ngapa-ngapain tidak bersemangat, gilaa yaa? πŸ˜† .

Yang masih sedikit ku ingat tentang teman online:
β€’ Dulu saya punya teman, namanya Beni asal Kosova tinggal di Amrik. Kita ngobrol ngalur ngidul tentang banyak hal (lebih banyak ngomongin hal rohani), sama sekali dia tidak pernah nembak saya. Setelah sekian tahun tidak chat lagi, ternyata dia sudah menikah dan punya 3 anak. Dulu kan saya masih single, lalu saya minta si Beni mengenalkan (nyomblangin) dengan teman dia. Temannya bilang saya sudah banyak umur gile ga sopan!, padahal saat itu saya belum 30 tahun 😳 . Entah bagaimana ceritanya, akhirnya Beni dan saya curhat kalau kita dulunya saling suka, saya tuh nunggu kamu menyatakan cinta loh, ngengsi dong cewe duluan hahaha. Ya sudah kita tidak berjodoh. Beni dan saya hanya teman online, tidak pernah kopi darat.

β€’ Matthew tinggal di Amrik (Cincinnati Ohio), dengan cowo ini sudah menjurus ke pacar online, hampir jadian. Saya kalah bersaing dengan cewe Brazil, jadi Matt pilih tuh cewe. Gilanya si cewe Brazil juga nyamar, chat dengan saya, mencari tahu saya. Matt cowo pertama yang mengirimkan saya bunga di hari ultah saya ke 25. Dia menggirimkan surat ke adik saya dan bilang ke adik saya untuk memberikan kejutan di hari ultah saya. Nih cowo mengirimkan uang ke adik saya, untuk membelikan saya hadiah ultah dan buket bunga. Tapii kejutan rahasinya ketahuan saya duluan πŸ˜† karena saya kaget waktu lihat sepucuk surat ditujukan ke adik saya dari Matt, dan saya penasaran, saya buka suratnya haha ga surprised lagi deh. Matt berasal dari keluarga broken home, adiknya punya anak diluar nikah, kerjaannya juga tidak jelas. Semua hal negative saya cari supaya saya bisa puas tidak lanjut dengan dia. Sempat ada drama dulu dengan si cowo ini, sampai saya berhasil mencari kata kunci password email dia, dari situ kebongkar kalau dia lagi pdkt juga dengan cewe Brazil, klo nga gitu pasti saya akan terus tergila-gila dengan dia. Hanya teman online, tidak pernah kopi darat.

β€’ Eric, cowo Belanda, tinggal di Maastricht, punya saudara kembar (cowo). Dia berhasil membuat saya tergila-gila, mabuk kepayang. Begonya saya tidak sadar, kalau saya hanya dianggap pelipur lara, pengungsir kesepian dia sepulang kerja. Bisa dibilang saya yang ngejar-ngejar dia. Pernah beberapa kali video chat. Dia bilang tidak akan mau ke Indonesia. Saya sempat beberapa kali menghilang, dan dia mencari saya. Selalu panggil saya baby, honey dan malangnya banyak wanita (termasuk saya) klepek-klepek kalau dipanggil begitu. Saya yang beberapa kali telp dia (dia tidak pernah, atau pernah 1 kali?, ah lupa) intinya saya yang selalu keluar modal. Dulu kan telp ke LN mahal ya. Girang bukan kepalang kalau dia balas sms. Disaat kita berdua hanya terpisah kota, ya saya pernah ke Belanda. Eric bahkan tidak bersedia ke kota saya berada (mahal tiket kereta), dan dia meminta kita bertemu di titik tengah. Kamu bukan tipe saya, kamu tidak tergila-gila dengan saya, jadi maaf saya sudah tidak mau jadi wanita bego selamanya. Hanya teman online, tidak pernah kopi darat.

β€’ Maarten, cowo Belanda lagi. Pernah nikah, punya anak 1. Kita kopi darat, dia jadi guide saya selama saya di Belanda. Saya ke Belanda pakai duit sendiri, bukan untuk kopi darat namun untuk mewujudkan impian saya melihat LN. Untung juga bisa ke Belanda, jadi bisa melihat tempat tinggal cowo ini. Tempat tinggalnya hanya 1 ruangan (sempit), dapur, ruang tamu, tempat tidur jadi satu. Kerjaannya tidak jelas, saya hanya diajak melihat tempat kerja dia dari jalanan. Punya sepeda doang (penting dikasih tahu? hehe). Merokok (ini yang bikin saya berat terima dia). Waktu beberapa minggu dengan dia, ko saya malah kasihan melihat dia (hidup seadanya/dibawah garis kemakmuran). Pas saya kembali ke Indonesia, dia mulai bikin drama, katanya dia penjara bla bla ..bla .. . Saya sudah tahu kartu cowo yang suka bikin drama, intinya minta putus!. Hey kapan kita jadian? Haha.

β€’ A.T, cowo Belgia, duda dengan dua anak (Dewasa). Cerita detailnya pernah saya ceritakan, klik disini.

Kalau saya mulai dekat dengan pria-pria online, biasanya saya menyamar dan mencari tahu sebanyak-banyak tentang si pria. Saya mencari tahu, apakah semua yang si pria tersebut katakan sama persis kalau berbicara dengan orang lain.

Berhubung sudah panjang cuap-cuap, jadi saya berikan kesimpulan saja

Cowo bule itu benar-benar suka (jatuh cinta) dengan kamu:
β€’ Kalau dia tidak gombal. Baru kenal seminggu sudah panggil baby, honey, sayang. Hati-hati jangan langsung percaya, jangan mabuk kepayang.
β€’ Mau keluar modal. Jangan kamu dong (cewe) yang terus-terusan telp dia, sms dia, menggirimkan hadiah-hadiah.
β€’ Jangan cepat percaya. Baru kenal 1 – 2 bulan sudah bilang serius mau melamar, padahal ketemu langsung (kopi darat) saja belum pernah.
β€’ Tidak sabar untuk segera bertemu langsung denganmu. Jangan mau berlama-lama berhubungan hanya secara online hingga 1 tahun, 2 tahun bahkan lebih. Setelah 6 bulan, kalau dia bilang suka, minta dia mengunjungi kamu ke Indonesia (karena lebih aman buat si wanita). Tatap muka secara langsung sangat penting. Karena bisa saja kalian asyik berkomunikasi secara online, namun pas bertemu secara fisik lain rasanya. Ada yang bisa langsung tidak suka saat kopi darat (walaupun dulu-dulunya sudah jatuh cinta). Jadi lebih baik cepat bertemu, supaya bisa tahu perasaan masing-masing.
β€’ Jangan pernah jatuh cinta 100%, jangan berharap banyak, jangan kasih kepercayaan kalau belum bertemu fisik.
β€’ Jangan pernah menggirimkan uang kalau belum pernah bertemu secara langsung. Dengan alasan apapun!, sekalipun si pria/wanita bilang sudah dalam perjalanan ke Indonesia, namun tidak bisa keluar dari imigrasi (atau 1001 alasan lain) dan minta dikirimkan duit, walau bilang nanti akan diganti. Percaya saya, bule tidak pernah minta duit. Sayangnya banyak wanita yang bisa terperdaya, bisa memberikan duit ke kekasih online yang belum pernah ditemuinya langsung.
β€’ Buat wanita, pakai otak mu, matikan perasaanmu sebelum kamu bertemu si pria secara langsung. Jangan berpikiran β€ž.. perasaanku mengatakan dia baikβ€œ, β€ž.. perasaanku dia jujurβ€œ, β€ž.. perasaanku dia punya kerjaan bagus. ” .. perasaaku dia pasti akan melamarku, karena dia sudah menggirimkan hadiah-hadiah“. Haloo wanita jadilah wanita pintar, bukan wanita bodoh! Oke πŸ˜‰ .

At some point, in your life someone will love you more than you ever expected. Be patient, and learn to wait, because sometimes a patient person receives the best love story“. Source unkown.

Klik kekasih online bagian 2

 

loading...

Artikel Terkait:
β€’ Setelah Online, Saatnya Kopi Darat
β€’ Kisah Cintaku
β€’ Cinta via Biro Jodoh Online
β€’ 101 Romantic Ideas
β€’ Wanita Ciptaan Terindah
β€’ Cinta vs Uang Hati-hati Love Scam
β€’ Being Single and Happy
β€’ Mereka yang Nyasar ke Blog Saya – Tema Bule

About these ads
loading...

101 thoughts on “Kekasih Online, Kapan Kita Kopi Daratnya?

  1. dyah

    mbak nella cerita sama kaya aku skrg dan dari jaman sma udah mngenal dunia perchattingan 2005 banyak bget mantan diluar negeri tapi ga berakhir kopi darat dan bahagia. 2 tahun lalu ikut asian dating ga da yang post tapi skrg banyak banget sampe bingung. ada yg mau serius heh dua duanya mau datang ke indonesia akhir desember ini. cuma agak ragu ada 2 bule yang serius dan dua duanya punya anak dan duda saya agak ragu tapi sejauh ini mereka sopan dan baik tidak pernah minta uang. mudah mudahan saya berakhir bahagia ya mba nella seperti mba dapat suami yang romantis saya senang membaca blog mba sangat inspiratif sekali

    1. Anaknya ikut bapaknya ga? Pikirkan baik2 hingga kamu mantap ya. Wish you all the best Dyah πŸ˜‰ .

  2. Nurmaulana paris

    Hi sis Nella I, like your story , its impressed me a lot by your experience salam kenal dari rantau hk

  3. setujuuu!!!! kalo dia molor2 ngga mau nyamperin mah mending balik jadi temen aja lah XD /curhat
    hahahaaa

  4. Mba Nel…wah bisa ketemu d sini, masih inget saya ga? ini Aya yg di Eways dulu…
    Apa Kabar MbaK?
    br belajar ngblog, trs research malah ke link ke page dirimu, dan kebetulan topik di atas sangat sangat familiar ^_^; baru aja kena “malang” romansa dunia maya, harus lebih hati2 nextnya…keep count ya Mba Nel…

    1. Hai Aya apa kabar? iya ingat dong πŸ˜€ . kita kan berteman di fesbuk ya. Kamu sekarang kerja dimana?. Eh kamu malang romansa bagaimana? πŸ˜€ .

  5. Halloooo Mbak Nellaaaa….
    pas banget nih judulnya hehe… sekarang aku lagi dekat juga dgn sseorang, orang Indo jg tapi tinggalnya ngga di Indo. Uda 8 bulan kenal, mbak tapi belom kopi darat haha.. Entahlah.. kapan dia pulang ke Indonya tapi sejauh ini orangnya seru dan menyenangkan.. πŸ™‚

    1. Halooo Helen πŸ™‚ . Si dia ga penasaran dg mu? ko belum kopi darat juga? ajakin dong hehe.

      1. iya dia ngajakin ketemuan tapi kalau aku tanya kapan pulang ke Indo, dia ngga bisa kasi kepastian, mbaakk.. heuheu.. :

  6. Statement : “Buat wanita, pakai otak mu, matikan perasaanmu” kayanya berlaku juga ketika berhubungan dengan lelaki pribumi ya mbak πŸ˜› Biar ga melulu, mabuk kepayang hihihi

  7. wah pengalaman di dunia internet udah banyak banget, aku aja kenal internet pas smp itupun tahun 2004, itu juga baru kenal belum memperdalam.. mengenaskan hidupku padahal anak keluaran jaman sekarang

    1. Salah pemerintahnya sih penyebaran internet ga baik ke seluruh wilayah Indonesia πŸ˜€ .

  8. mantan mbak nella banyak juga yak, mana bule semua rupanya πŸ˜†
    mbak nella chattnya dimana sih? aku dulu kalo chat suka di YM tapi selalu dapat temannya keseringan india klo nggak org2 timur tengah, malah jarang dapat teman2 yg dari eropa/amrik, padahalkan niatnya mau memperlancar bahasa inggris, tapi karena kenalannya org2 itu jadi malas chat lg dah

    1. Hahaha iya banyak sekali ya orang India πŸ˜† . Dulu saya chat selalu di ym kan ada ruang-ruang chatnya, ada berdasarkan negara di Eropa, berdasarkan hobi, berdasarkan agama dll, sekarang kurang tahu ga pernah chat lagi πŸ˜€ .

      1. banget banyaknya mbak, padahal dulu aku udah masuk ruang wilayah2 eropa/amrik/australi tapi ketemu2nya mereka2 lagi πŸ˜†

  9. Kalo boleh tau, suaminya juga kenal dari chat kah ??

    1. Ketemu dari online dating πŸ˜‰ .

      1. Cie cieee,… pasti berkesan ya mbak nel

  10. Nel aku baru diceritain salah satu parents di sekolah krucils. Kecipratan rejeki on line juga, gitu. Jadi cowok dan cewek kenalan lewat online, pas pengen ngunjungin ceweknya di Bandung ini, cowok itu ngajak temennya. Eh yg jadian ya belakangan malahan temennya si cowok sama cewek itu (ya itulah pasangan suami istri ortunya temen krucils), dan sekarang merit udah 3 aje anaknya hahaha. Jadi meski udah kenal online duluan, giliran kopdar bisa buyar juga yah. Kalo dari temenku itu pelajarannya kalo kopdar sama gebetan online jangan bawa saingan hahahaha.

    1. Hahaha iyaaa benerr banget kopdaran mendin sendiri yaa πŸ˜† .

      1. Hahahaha. Bahaya juga kopdar bawa saingan. Jaman dulu itu saya lagi ngapain ya? Pengalamannya banyak banget Mba Nel.

        1. Kalau mau mau teman, jangan sampai dilihat calon target ya, kalau lebih cakep saingan bahaya deh hehe πŸ˜€ .

  11. Wah, ‘pacar online’nya banyak banget, Mbak. Hhehehee.
    Tapi wajar sih jam terbangnya sudah tinggi, saya tahun 1997 baru lulus SD. πŸ˜€

    1. Masa sih mas Gie thn 97 baru lulus SD ah beneran??? πŸ˜€ .

  12. Wah, banyak juga teman on line nya mbak. Saya gak pernah mengalami hal ini. Mungkin karena di tahun saya kuliah, teknologi belum mendukung.
    Tahun saya kuliah? Nah, mbak di posting ini bilang, ketahuan banget ya tuanya saya, ihhh mbak mah masih muda. Saya masuk kuliah thn 1983 mbak…*ketahuan sangat tuanya saya*

    Salam,

    1. Haha mas Asa seniorku dong yaa πŸ™‚ .

  13. ahh, jadi ingat dulu pernah punya kenalan orang bule….tapi ujung-ujungnya dia ngaku sebagai putri kerajaan (antah berantah) dan minta dikirimin dolar. Sori deh… ga napsu. Eh..ga mau. πŸ™

    1. Putri kerajaan ko malah minta duit ya, ketahuan bohong nya πŸ˜† .

  14. Cari pacar di dunia maya kayak nya ngak perna ada mati nye, dari jama jadul ampe sekarang amsih aja musim. Temen ku ada beberapa yg dapat dan menikah, salut buat mereka yg telaten menunggu untuk ketemu πŸ™‚ tapi kalo gw kayak nya ngak sabaran menunggu hehehe

    1. Kalau ga sabar ya susah bro πŸ˜€ . Harus banyak yang diseleksi hehe.

  15. Gila ya kak… Aku kayaknya nggak bakalan punya cukup tenaga buat nyamar-nyamar dan cari tahu tentang orang tersebut πŸ˜€
    Anyway aku ada mau kirim email private ke kakak nih. Ke alamat yang yahoo itu?

  16. Udah level grand master nih kalo di dunia catur xi xi xi

    1. Hahaha akang bisa aja deh πŸ˜† .

  17. Wih, dari cerita di sini, terlihat bahwa Mbak Nella benar-benar wanita yang sudah berpengalaman di dunia asmara online, hehe….

    1. Semoga pengalamanku berguna buat yang lain πŸ˜‰ .

  18. Buset mbak, bykamat mantan bulex. Hahaha. Sy jg dulu sk gotu, tp buat have fun doank. Lama2 males deh, abisnya aneh2. Haha
    mbak, ini perlu di bc tmnku nih. Dia mau belai2in ke london demi si laki bule yg blm pnh ktmu sblmx. Udh aq blngn tp ga mempan. Hrsx sih cowox dulu yg ke indo yak. Hbs putus ama tunanganx mbak, jd kykx hilang arah gitu. Diapain bagusnya itu anak.

    1. Cowoya dululah ke Indo, gitu lebih aman kan. Misal temanmu nekad juga mau ke London ya kamu temanin aja mumpung Tika juga di UK kan πŸ˜‰ .

      1. haish, nah itu dia. dia malah mo jadiin saya tumbalx kalo ad apa2. hahaha. cinta bisa bikin org buta ya mbak .. hihihi

        1. Kalau ada teman di negara yg dituju gpp lah samperin cowonya πŸ˜€ . Iya karena cinta itu buta makanya perlu teman yg pegangin spy jalan yg sedang katuh cinta bisa lurus πŸ˜‰ .

  19. Wah,banyak jga mantan mbak,hahaha…

    1. Hahaha *tutupmukakupakaikainlap” πŸ˜† .

  20. Menanti part 2 nya kak Nel..

    Py Udah dari jaman kapan bikin akun di dating site gitu tapi gak ada yg tertarik..hahah..Mksdnya mereka ga tertarik padaku…hikss.. :p

    1. Hahaha sama spt pengalamanku dulu, buanyak co ganteng sdh ku “like” ga direspon balik 😳 .

      1. Kalo gitu apa yg harus dirubah kak? Maksudnya profile apa gimana? πŸ˜€

  21. Ahh, mba Nella pengalamannya banyak πŸ˜€ Tapi kalau jodoh emang gak kemana ya Mba, kaya kisah nya Mba Nella πŸ™‚ Saya cuma sekali dibuatin temen akun di online dating eh nyantol, dan udah ketemuan seh dia dateng ke indo, dan senengnya juga pas baca tanda-tanda yang Mba Nella tulis, semuanya kaya gitu πŸ™‚ Thanks for sharing Mba πŸ™‚

    1. Hai Astrid terima kasih juga sudah berbagi pengalamanmu πŸ˜‰ .

  22. pacaran online harus hati-hati karena kebanyakan bisa bilang honey ke semua orang

    1. Iyaa Win jangan sampai termakan rayuan gombal πŸ˜€ .

      1. benar kak πŸ™‚ the truth love will be coming ahhaha, maksudnya klo dia emang sungguh2 pasti dtg πŸ™‚

  23. seru-seru ceritanya…
    say sih ga kebayang ada cerita kayak gini.. bener2 gaptek hehe…

    1. Hai mama Hilsya terima kasih ya ikut membaca πŸ˜‰ .

      1. Nella, berbagi pengalaman gini banyak membantu.. saya sampe mengklik link2 yg lain lho…

        1. Terima kasih mama Hilsya πŸ˜‰ .

  24. aish mbak nella,,, jodoh nya dari online nih…

    mbak, ada postingan Hutan Hitam/Black forest Jerman nggak?
    aq penasaran.

    1. Januari lalu niat ke black forest eh gara2 berkunjung ke rumah teman dekat situ malah ga jadi kehutannya πŸ™ .

      1. wah,, nanti kapan2 posting disini yah mbak…

  25. Wah, belum pernah tuh dapet pacar dari internet, paling temen sesama cewek yang suka sama koreaan, ngegosip doang. Masalahnya english saya amburadul banget Kak Nell, haha πŸ˜€

    1. Bahasa Inggrisku sama juga amburadul ko πŸ˜† . Untung berjodoh dg yg bukan native english.

  26. Haha, ane ngrasain masa chating gini pas SMA. Dan sempat punya pacar online juga. Bahkan pernah sekali kopdar. Hehe , tp ya tetap ujung2nya g jelas 😳

    1. Yang jelas ya harus dari pihak cowonya dong, mau lanjut ga? hehe.

      1. itu udah lama banget mbak, yg jelas sekarang udah ga lanjut. ceweknya aja udah ga tau kemana. πŸ˜†

  27. hihihi, ada gitu ya cowok yang ngga mau modal buat deketin

    1. Iya banyak cowo ga mau modal. Wong sama orang Indonesia aku pernah ketemu yg begitu. Pas aku ketemuan nih dg seorang co (dikenalin sodara). Kita janjian di resto cepat saji. Si co bilang ke aku: “Pesannya jangan yang mahal-mahal ya” πŸ˜† .

  28. yuni

    berguna bgt sharenya mba. ditunggu kelanjutan ceritanya.
    pengalaman mba mirip bgt dgn pengalaman tmnku yg suka masuk ke web dating2 gitu. apalah itu nama webnya g hafal. tmnku pacarnya rutin datang tiap tahun tp si bule g mau nikah n tmnku sdh terlanjur jatuh cinta. halaaaah ….. πŸ™ ntr aku suruh dia baca blog mba, mudah2an dpt pencerahan

    1. Duuuhh kalau si bule ga mau nikah, jadi hanya mau pacaran atau temanan saja?, kasihan teman mu Yun πŸ™ .

      1. yuni

        ya itu dia mba, aku lg manas – manasi tmnku biar cr bule lain (hrs bule katanya). si bule cm hubungi klu dia lg butuh tmnku.

        1. Wah kalau bulenya hubungi temanmu pas butuh saja, tidak perlu dilanjutkan lah, cape hati dan habis waktu.

  29. jadi ingat2 teman kuliah saya , jadi di kampus saya ada 6 cewek (maklum teknik) 4 dari 6 cewek ini nemu jodohnya dari chatting.. hahahha tapi yg cowok2 kayaknya ga ada yg nemu dari dunia maya. maklum cowok teknik kalo di kampus biasanya laku keras (baca:playboy)

    1. Hahaha laku keras banyak yang ngejar ya? πŸ˜† .

  30. Hahaha, betul mbak, begitu kenal juga sebaiknya langsung cari tau dengan google, ttg org yang baru dikenal itu πŸ™‚ hehehe, lacak semua info , biar gak keblasuk kata org jawa

    1. Iya bener banget Cha, harus tahu bibit bebet bobotnya dulu ya πŸ™‚ .

      1. tp aku dl belom ketemu udh mnt lgs dinikahi aja loh mbak, hahaha … *murahan bener yah*

  31. iya tuh males banget kalo cuma ngegombal trus gak modal pula ya.. hahaha

    1. Haha iya Man cowo harus modal dong ya πŸ˜€ .

  32. cutisyana

    Ahahaha! dulu pas jaman MIRC aku juga sering iseng ceting dan akhirnya ditembak sama 3 cowok minimal dalam sehari. Tapi buat main-main aja sih.. πŸ˜€

    1. hahaha inget mirc , tp wkt itu chatnya ya ama produk lokal πŸ™‚

      1. Waktu dulu aku bingung chat di mirc, paling sering di ym πŸ˜€ .

      2. cutisyana

        hi. asl plz.

        πŸ˜€

        1. Hi juga a=rahasia ah, f= cewe, l= jerin. Kamu? πŸ˜† .

          1. cutisyana

            F/25/ind β™₯

          1. Hahaha ko dua sih f dan m? πŸ˜† .

          2. ya mksdnya itu biasanya kan f/m trus tanda tanya gitu,

  33. Yang kenal secara nyata aja banyak drama nya apalagi yang kenal cuma dunia maya. Mesti ati ati banget pastinya. Tips nya bagus banget Nel! Aku gak pernah sih online chatting gt tapi tips nya Nella bener banget, musti obyektif pokoknya dan rasional. Btw, dulu suami aku juga nda punya apa apa kok nel dibawah garis kemakmuran juga, sepeda pun nda punya hihi kamarnya juga studio gt tp lama2 setelah lulus kuliah bisa mapan.

    1. Kalau memang keduanya sudah di LN mungkin ga masalah sih Pie, cuma kalau si cowo mau sponsorin kedatangan si cewe ga bisa, jika misal gaji (cowo)nya ga sesuai yang disyaratkan kedutaan, trus ga boleh kerja kontrak juga. Mungkin pemerintah entah Belanda/Jerman atau EU ketat supaya ga makin banyak penganggurannya di mari πŸ˜€ .

  34. O o o …. (baca oh oh oh) :-D. ternyata postingan ini khusus untuk cewek? … ich πŸ˜›

    1. Iya pak khusus cewe, saya belum punya kisah yang cowonya πŸ˜€ .

      1. itu kan kisah para remaja ya, tapi kalau orang yg sdhtuwir kayak aku, ada gak yah yg cari pasangan online?. πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

  35. ardika

    Pantesan bisa dapat mas Frank, ternyata jam terbang mbak Nella sangat-sangat tinggi. Proses seleksinya sangat ketat dan akhirnya dapat yang the best. Selamat ya mbak Nella.

    1. Hehe jangan sampai salah pilihlah, harus banyak yang diselidiki dulu. Terima kasih Ardika πŸ˜‰ .

  36. Tau deh type cowo yang begitu, bilang honey baby kemana-mana, padahal cewenya segudang, hahaha.. untung suami ga begitu typenya πŸ˜€

    1. Hahah iya biasanya banyak cewenya πŸ™‚ .

  37. Ria angelina

    Wah wah hebat juga udah melanglang buana gitu nel..
    banyak pengalaman juga ya nel, wah kalau aq juga pernah malah sampai sekarang jadi teman curhat hehe dia bule dari amrik.
    Untuk pasangan di dunia maya, walau kita sudah mengenal bahkan sudah saling bertemu.
    Tapi pasti akan mengalami kenyataan yg kadang emang menyakitkan juga ya nel.
    karena buanyak masalah kadang jadi penantian yang sia sia..
    huuff..

    1. Hai Ria, iya pastinya sakitlah kalau setelah bertemu langsung ga lanjut. Makanya jangan sampai jatuh cinta 100% deh selagi masih online πŸ˜€ .

    2. Ria angelina

      betul nel walaupun ketemunya didarat dan berlanjut di udara jadi geregetan juga ya hahaha.
      karena LD itu sangat sangat susah kalau udah saling tidak ada kepercayaan.
      ya setiap peristiwa dan kejadian diambil hikmahnya saja ya to..
      tetap ada positifnya juga namun kadang negatifnya juga ada.

  38. Woohooooo…! Mbak nella ternyata punya banyak dramaaaaa… hihi..
    Mbak, ponakanku ada loh, yg kenal cowok via chatting gitu, dan ajaibnyaaaa, mereka beneran berjodoh, skrg udh punya 2 anak. Kita yg liat mereka juga suka, soalnya ideal sekali. Eh, tp cowoknya bukan bule, sih. Jd mungkin perjalanan mereka nggak sedrama yg mbak Nella ceritain.. πŸ™‚
    Aku nungguuuu, part 2-nya, yaaaa…

    1. Syukurlah kalau mereka berjodoh ya πŸ™‚ . Iya sambungannya minggu ini πŸ˜‰ .

Comments are closed.