Budidaya Tomat dalam Pot

Tomatnya unik bentuknya seperti buah Pir. Tomat koktail Radana
loading...

Budidaya Tomat dalam Pot. Sahabat berkebun, saya mau pamer hasil kebun kecil saya, boleh ya πŸ˜€ . Kemarin panen terong 3 biji, Ketimun 1 biji besar sekali, 1 Zucchini dan lumayan banyak Tomat Koktail yang unik bentuknya, dan beberapa biji tomat lonjong.

Hore Panen dari Kebun Sendiri dong
Hore Panen dari Kebun Sendiri dong

Berkebun itu mengasyikan loh, senang sekali kalau bibit yang kita tanam tumbuh dan bisa menghasilkan buah & bunga (panen). Berkebun tidak harus di tanah yang luas, saya berkebun memanfaatkan area balkon karena saya tinggal di lantai satu. Semua tanaman saya tanam dalam pot.

Penampakan tanamannya sebelum panen:

Terong

loading...

Ketimun

Ketimunnya sudah siap dipanen nih
Ketimunnya sudah siap dipanen nih

Zucchini

Zucchini juga Siap di Panen. Enaknya dibikin apa ya
Zucchini juga Siap di Panen. Enaknya dibikin apa ya

Tomat

Saya kasih lihat yang tomat koktail dan tomat lonjong dulu nih yang sudah panen.

Tomat koktail ini namanya Radana, sepertinya jenis hibrida karena subur sekali dan tidak ada penyakitnya. Tidak terjangkit penyakit dari tanaman tomat disebelahnya juga, hebat deh si Radana 😎 . Saya beli bibitnya dari supermarket (sekarang sudah tidak ada), 1 kemasan hanya isi 5 benih Huh pelit banget hehe. Tanam 5 benih dan satu berhasil tumbuh subur.

Tomat lonjong, benihnya dari tahun lalu. Namun tomatnya tidak sesubur Radana. Si lonjong hanya menghasilkan beberapa tomat. Eh belakang ini sejak cuaca jadi adem, tanaman-tanaman jadi makin subur loh.

*****

berikut ini saya ingin share pengalaman saya dalam menanam tomat. Selain berdasarkan pengalaman sendiri ..

 

loading...

untuk ke halaman berikutnya klik β‡’ Next/Lanjut

About these ads
loading...

107 thoughts on “Budidaya Tomat dalam Pot

  1. Saya berencana membuat sepetak rumah kaca utk budidaya hibrida / hidroponik,
    Jika saya tanam tomat, suhu yang cocok berapa ya !

    1. Tomat tidak perlu rumah kaca ko, ditanam ditempat terbuka juga ga masalah, karena tanamannya butuh matahari.
      Suhunya sampai 30 drajat C tahan. Jangan kena hujan, kelebihan air bisa menyebabkan busuk buahnya.

      1. Oh iya,
        Terima kasih masukannya.
        Baru saja beli buku ttg budidaya tomat.. Heheh

        1. Sipp kalau sudah dibaca tuntas bukunya, langsung dipraktekkan ya πŸ˜‰ .

  2. emilia

    Mbak make pupuk apa buat itu tanaman biar subur n berbuah kebat?

    1. Hai Emilia karena pupuk kimia mahal, dalam setahun saya hanya beli 1 kali yg ukuran 1,5 L pakai diirit-irit untuk semua tanaman-tanamanku :lolo: . Saya lebih suka membuat kompos misal dari sampah dapur (kupasan bawang, sayuran dan kulit telur) pernah saya bahas silakan klik Tanamanku Subur Menggila karena .. Ada air cucian beras saya siraman ke mawar jadi suburr, jadi ampas kopi saya taburi juga di tanahnya jadi suburr silakan klik Pupuk dan Nutrisi untuk tanaman.

  3. ripiu

    Dulu pernah iseng tanam tomat dipekarangan, sudah besar batangnya, tapi tidak sampai berbuah. mati karena ada warna putih2 didaunnya. itu kira2 kenapa ya mbak ?

    1. Yang putih-putih tsb kutu, cepat sekali menyebarnya.

  4. Mbak nella,,, aku juga lagi pamerin terong aku tuh,,, hehehe..

  5. Mba Nellaaaaa…..
    Kangen euy udah lama ga blogwalking.Aku juga belum sempet posting apa2an padahal bahan udah numpuk.Itu tomatnya mantap2 bgt.Tanamanku masih belum jadi apa2 karena setelah kejadian dimakanin ayam,kemaren dirusak tikus πŸ™ Ini baru semingguan pad disemai.Aku nanem bunga matahari,daisy dan poppy.Utk tanaman sayur dkk,aku tanam cabe (macem2 jenis),baby cucumber,terong,daun mint,kemangi,tomat (macem2 jenis).
    Semoga kloter ke-3 ini baik2 aja ya.Ntar aku update di postingan aaah.
    *Ngiler banget liat tomatnya…maaoooooooo*

    1. Hai Nisa kangen jugaaa πŸ™‚ aku bbrp kali mampir ke blogmu, belum ada judul baru πŸ˜€ . Ditunggu ya update an nya hehe.

  6. Aku suka liatnyaaa mbak, meski aku belum ada minat nanem πŸ˜€ πŸ˜€

    1. Lihat juga bisa bikin senang ko πŸ˜‰ .

  7. Naksir tomat yang berbentuk ‘buah pier’ nya Jeng Nella, lucu menarik. Untuk ajir penyangga tanaman menggunakan apa Jeng, kalau di lahan kita kan cukup bambu dan ditali. Salam

    1. Gunakan besi spiral khusus tanaman tomat bu, berhub. mahal baru beli 3 buah πŸ˜€ . Lainnya gunakan stik bambu lebih murah.

  8. qyusha

    Aaiiihhhhh seru sekali. Gambar tomatnya yg paling atas seger2 banget mba. Apalagi itu mie gorengnya kok uenak yooo. Nyam nyam

    Aku suka banget konsumsi tomat cherry buat campuran smoothies. Plus klo lagi iseng suka aku jadiin camouran sambal juga sie mba πŸ™‚

    1. Tomat Cherry terlalu kecil, malas saya ngolahnya, paling langsung dimakan begitu saja πŸ˜€ .

  9. Tomatnya subur dan mengkal-mengkal. Dikasih pupuk apa nih?

    1. rajin disiram dengan air cucian beras πŸ˜‰ .

      1. Ia itu juga yang sering saya lakukan terhadap tanaman hias saya di Solo. Air leri beras memang bermanfaat untuk kesegaran tanaman hias atau tanaman buah.

  10. Wiiiihh hebaaat si kakak. Btw, tomatnya koq hijau itu kak?

    1. Yang hijau masih mentah, belum dipetik πŸ˜€ .

  11. Mba, kalau kultur jaringan untuk sayuran pernah nyoba ngga? saya kepingin mencoba ngembangin cuma belum tau pengetahuannya..

  12. suka banget liat gambar-gambarnya… pengen nanam juga cuma -biasanya- males ngerawat. hehehe

    1. Mending langsung beli yaa ga repot ngurusnya πŸ˜€ .

  13. Wah… Aku baru lihat tomat retak. Aku nggak punya kebun mbak, maklum anak beton. Dulu pas di Malang, di rumah banyak tomat dari hasil biji yang dibuang serampangan di halaman. Hebatnya tanah negeri ini, buang biji langsung jadi.

    1. Kalau di supermarket otmat2nya pasti sudah di sortir πŸ˜€ . Aku juga punya nih tomat yg numbuh sendiri, sptnya bijinya dari tahun lalu.

  14. Wah tomatnya lucu :). Baru sekali ini lihat tomat model gitu.
    Kalau aku sekarang yang lagi mau siap panen belimbing sayur, Mbak. Bakal buahnya banyak banget.

    1. Wah assyiik dong Chris, panennn belimbing sayur, biasanya diolah sbg apa? Atau dicampur dg daging kah?.

      1. Nah itu dia, aku punya pohonnya tapi gak tahu buat masak apa πŸ™ Biasanya sih aku bagi-bagikan ke teman-teman aja, Mbak. Katanya sih kalau bikin garang asem pakai belimbing sayur ini.

        1. Mungkin campuran menu makanan yg pakai asam ya diganti dg belimbing saja ya πŸ˜‰ .

          1. dita

            ikut nimbrung walau terlambat, karena kebetulan lg pengen berkebun tomat juga..
            salam kenal para senior…
            betul mbak belimbing sayur buat pengganti asam, bisa dimasak sayur asem, asem-asem daging, garang asem, seger rasanya. lebih seger lagi ditambah sambel atau masukin aja cabe merah ato cabe rawit di sayurnya. πŸ™‚

          2. Hai Dita terima kaish untuk infonya πŸ™‚ .Seandainya ada belimbing sayur ditempatku, bakalan kucoba deh πŸ˜‰ .

  15. Evi

    Ngiler memandangi tomat-toma koktail dan lonjong itu, Mbak Nella..Subur sekali ya tanaman mu, sekalipun berkebunnya cuma di teras. Pasti yang merawat telaten )

    1. Ini saya suka berkebun supaya banyak kegiatan, supaya betah nih mbak πŸ˜‰ .

  16. Tomat itu favorit saya Mbak…
    Jua tomat di siang hari membuat saya lbh segar, sedang tomat cherry enak sekali dibuat campuran salad….

    Senang sekali bisa memiliki kebun seperti Mbak, hasilnya bisa dinikmati dan juga menandakan Mbak orang yang telaten.

    1. Iya Hani aku sering bikin juice tomat mumoung musimnya jd murah, klo tomat2 yg kecil langsung aku makanin aja pas petik πŸ˜€ .

  17. miyake

    tomat di sana beda ya bentuknya sama tomat indo.

    1. Klo di supetmarket sama ko tomatnya2 sot di Indonesia. Ini yg kutanam yg unik2 aja πŸ˜‰ .

  18. fiona

    mba nella kenapa ya Zucchini sy daunnya byk kutu2 hijau gt dan daun hijau tp disentuh kek krupuk n hancur gt…itu penyakit ya mba nella?? padahal tanamannya da gede bgt lo… πŸ™

    1. Kutunya semprot dengan air sabun. Klo ga mempan haluskan bawang putih trus rendam dan saring. Semprot deh ke kutunya. 1 mawarku juga lagi kena kutu nih πŸ˜₯ . Waduhh klo daunnya ga tau aku, klo kepanasan pasti jadi coklat kan.

      1. fiona

        wah gt ya…bole coba nih…lagsung d nanti semprot…
        karena uda besar bgt jadi sayang kalau sempet matehok…
        awalnya subur bgt eh rupanya kena kutu daun dan byk semut kerubungi kutunya…stresss d gue…. πŸ™
        thanks mba nella atas infonya….

        1. Berarti semutnya menghalau kutu-kutunya dong. Iya coba semprot dulu ya πŸ˜‰ .

  19. Itu foto mie goreng ya mbak? Menggoda sekali hihihi.
    Aku orangnya ga terlalu suka berkebun, tapi aku suka liat-liat kebun orang hihi. Tomatnya mba Nella seger-seger yaaa.. Trus itu timunnya gede juga ya mbaaa πŸ˜€

    1. Iya aku juga sukaa lihat kebun2 orang, makanya suka banget jalan kaki dibanding naik bus πŸ˜€ .

  20. Kami cuma punya jeruk purut (yg daunnya rajin diminta tetangga yg tukang bikin kue nastar sama tukang jamu yg lewat) dan cabe rawit , Nel. Ih Nel aku napsir semuanya, kecuali zuccini karena aku nggak tau juga resep masakan apa yang pake itu. Bahkan MPASI anakku yg biasanya jadi bahan percobaan aneh aja aku nggak pernah nemu resepnya. Aku lagi suka-sukanya makan tomat buat campuran salad, aduuh itu kayaknya cekris banget deh. Di sini kalo organik mihil banget, Nel. Tapi emang beda rasanya sama tomat biasa, ini manis gituh.

    1. Oo daunjeruk bisa untuk nastar toh πŸ˜€ . Klo tomat aku suka di juice aja cuma klo keci2 langsung makan, enak ga asam πŸ˜‰ .

      1. bisa nel, katanya biar wangi. Ini kata si tukang kue ya bukan kataku,jadi agak valid lah infoya hihi

  21. mba Nel, aku kemaren dikasih bibit2 ama istri temen si matt. kita tanam tapi koq gak keluar ya? stress deh. apa tangan aku panas??

    1. Bibit-bibitnya ukurannya besar atau spt pasir? Bibit apa saja Non?. Untuk bibit yg kecil disemai di wadah yg kecil dulu klo langsung ke pot besar jarang tumbuh.
      Isi wadah dg tanah separuhnya taruh selapis tissu, taburi bibitnya semprot air dg perlahan trus timbun dg tanah kira2 1 cm, semprot lagi.

      1. ada macem2 mba. ini sekarang sisa yang mint ama basil. belon berani aku tanam lagi mba Nel

        1. Tanahnya jangan sampai kering, trus jangan kena matahari yg terik πŸ˜‰ .

  22. Tanamannya aneh2 ya mbak? Hehe…

    1. Sengaja nanam yg aneh hehe πŸ˜€ .

  23. ded

    Tomatnya kayak strawberry ya nel.
    Saya punya kebun nel, sdh psnen cabe, daun seledri, daun bawang, pohpohan, buncis dan kacang panjang menggunakan pupuk kotoran kambing saya sendiri.
    Oh ya, saya punya kambing 3 biang, 1 bandot. Dua biang baru saja melahirkan minggu lalu, yang satu anaknya kembar.
    Jadi saya sudah punya 7 ekor kambing. Seruuuu… nel
    Klo di pekarangan rumah ssya tambah cabe dan psre, tapi msh kecil2. Ada banyak pohon pepaya, daunnya untuk sayuran…… πŸ™‚

    1. Wah pasti sibuk dan seru ya pak berkebun dan beternak πŸ˜‰ .

  24. Klo aku pilih eksekusi zuccininya wkt msh ada kuncup atau msh jd zucchinni blossom…
    enaknya di stufed sm keju, jamur sama daging kak….
    tomatnya dijadiin sun dried tomato trus dibikin saus pesto deh…

    1. Oo gitu ya. Tahun depan petk waktu masih ada kuncup deh. Ini iseng nanam zucchini trus bingung enaknya dimasak apa πŸ˜€ .

  25. Waaah, ketimunnya gede! Bikin sambel, mbak. Buat lalap, hihi… eh, mr Frank jangan2 nggak doyan pedes, ya? πŸ™‚

    1. Aku lagi berhentimakan samel nih, tiap hari maka sael duuuhhh jerawat jadi banyak banget padahal dulu2 nga πŸ™ . Frank ga bisa makan pedes πŸ˜† .

  26. Keren mbak.. πŸ™‚ aku suka bangt tomat yg begitu hehehe

  27. nyapurnama

    bentuk tomatnya lucu ya Kak Nel.. Rasanya sama gak kak?
    danaku baru tahu ternyata kalau tomat panen sebanyak itu yaaa..

    nyapurnama.com linknya dihapus karena domain tidak aktif lagi. 22.02.2016

    1. Yang kecil-kecil ga asam loh, enak deh sambil dikebun periksa tanaman2, petik langsung makan tomatnya πŸ˜† . Diambil sedikit dulu ko tomatnya, klo banyak kuatir busuk.

  28. Aduuuh..aku senang sekalingelihat terongnya. Bagus banget hasilnya Mbak. Juga tomat yang bentuknya sperti buah pir itu. Bagus dan kayanya enak banget deh..

    1. Ya mbak enak nih tomat kecil tidak asam πŸ˜‰ .

  29. huwiiihhh terongnyaaa…. Pengen makan terong tapi disini lagi $5 aja harga sebuahnya πŸ™ Harusnya nanem sendiri ya mba hehehe πŸ˜€

    1. Waduhh mahal sekali pak. Iya ayoo nanam sendiri πŸ˜‰ .

  30. Jadi inget pelajaran pas SD dulu, ada yg namanya tambulapot. Tanaman buah dalam pot, hehe….

    Di belakang rumah saya ada kebun salak, tapi belum berbuah lagi…. Belum musimnya sih….

    1. Ditter kebunmu luass yaa? πŸ˜€ .

  31. ternyata perlu ketelatenan supaya tomat mulus ya. selama ini lihat hasil jadinya kok mulus n menggiurkan gitu.. jadi taken for granted gitu deh, hihihi

    1. Nanam tomat susah susah gampang Ning πŸ˜€ .

  32. cutisyana

    Wahahaha perut aku langsung kruyuk-kruyuk ngeliat foto mie gorengnya..

    1. 2 minggu lalu pas di Belanda, aku borong indomie πŸ˜€ .

      1. cutisyana

        di jerman banyak indomie juga kan ya mbak?

        1. Adanya di toko indonesia belinya online, pakai ongkos kirim mahal pula harga indomienya πŸ˜€ . Di Itali bgm, harus beli online juga?.

          1. cutisyana

            di roma sama milan ada toko asia yang jual mie sih.. tapo kita2 yang di selatan (ihik) biasanya beli online..

  33. itu indomie kak? kasih terong? aku doyan terong, apalagi dibikin balado, tapi makannya kudu pake nasi hehehehe… kalo makan terongnya doang, ga gitu suka hahahaha…

    1. Karena aku malas masak nasi biar cepat bikin mie goreng instan aja 😳 .

  34. jadi laper liat mie buatan mba Nella.. Mmmmmm…!!!

  35. segerr bangett kakk.. jadi pen bikin jus nya.. baru kli ini liat terong hitam kak.. Mantap deh kak hobinya bikin mata py selaluu berasa lebih segar walau lewat foto doang.

    1. Py sepertinya foto-foto jadi tambah bagus klo di upload ke blog πŸ˜€ .

  36. Mba Nella ini rajin banget bertanam ya. Dari berbagai bunga sampe tomat. Salut banget mba, pantas ditiru juga bertanam di pot secara rumah saya tidak punya halaman yg luas dan bertanah.
    Itu mba, terong sama mie goreng ya? Ngiler lihat ya…

    Salam,

    1. Terima kasih mas Asa πŸ˜€ . Berkebun kegiatan mengasyikan untuk saya mengisi waktu luang πŸ˜‰ . Iya mas mie goreng pakai terong πŸ™‚ .

  37. bikin ngiler, jadi pengen, seger bangettt.
    dipasarkan ga itu frau?

    1. Mungkin nanti-nantilah pak, karena harus di keluarkan biji2nya lalu di jemur, repott πŸ˜€ .

  38. Aaa salut banget dengan ketelatenan mbak Nella menanam sayuran. *kasihjempol*

    1. Terima kasih buat jempolnya yaa πŸ˜‰ .

  39. edy

    Hmmm,,,,
    unik betul bentuk buah tomat & terung nx.:)
    oya mba’ low rasa buah nx, sm ga dgn tomat n terong yg biasa dijual dipasaran?
    Trus btuh wkt brp lama dr menanam smpai bs panen?
    Soal nx saya blm prnh menanam buah tomat.
    Hehehe…

    1. Tomat yg kecil-kecil tdk seasam yg dipasaran. Tomat saya semai bibitnya ketika masih winter pada bulan Feb. Klo tgu sampai summer kuatir pas mau panen malah sdh winter πŸ˜† . Jadi sejak februari hingga pertengahan april taruh dirumah, akhir april dikeluarkan. Klo summer cepat sekali pertumbuhannya pak πŸ˜‰ .

  40. mba nel aku baru liat lhoo terong hitam,,warnanya bagus yaa
    senang nih kalau udah bisa panen πŸ™‚

    1. Kelihstan hitam ya? Aslinya ungu tua sih ya hampir item πŸ˜€ .

  41. Kog bisa tahu banyak sih Ka? Punya buku tanam-menanam ya? Baru tahu ada infeksi tomat, aq emang ga ahli tanaman nih

    1. Di sosial media aku join bbrp grup berkebun πŸ˜€ teman-teman yg suka tanaman juga sering email2an dg aku, trus rajin browsing juga termasuk beli buku berkebun klo pas diskon πŸ˜† .

  42. luar biasa Ibu yang satu ini… pecinta tanaman sejati

    1. Hehe terima kasih pak Bakul πŸ˜€ .

  43. Ria angelina

    wah kalau teman aku nel Zucchini biasanya dia diletakkan di atas atau bawah daging atau ayam trus di panggang, tp aku blm pernah coba tp dia sering buanget kasih Zucchini di setiap masakanya.

    1. Ooohh gitu thanks Ria akan ku coba πŸ˜€ .

      1. Ria angelina

        your welcome..

Leave a Reply