Terima Paket dari Luar Negeri, Senang atau tidak?

loading...

Kamu yang lagi menjalin hubungan jarak jauh (pacaran), pastinya senang dong kalau di โ€œsi diaโ€ mengirimkankan kamu hadiah-hadiah dari negara dia bermukim?. Misalnya si pria di Eropa dan si cewe di Indonesia. Cewe mana sih yang tidak senang kalau punya pacar yang rajin kirim-kirim paket hadiah, apalagi dari luar negeri. Si cewe pasti bahagia luar biasa dan makin cinta sama pacarnya ๐Ÿ˜€ .

Saya bukanya sirik atau sok-sok mau melarang kamu terima paket. Kalau saya lebih baik minta mentahnya saja hehe ๐Ÿ˜€ . Jangan bilang saya matre, karena saya tidak rela duitnya buat bayar pajak. Biaya kirim paketnya mahal lalu pas kita terima barangnya kena pajak yang mencekik ๐Ÿ™ .

Cerita 1.
Kira-kira 5 tahun lalu, ada seorang mantan teman yang bersikeras mengirimkan saya hadiah dari negara dia bermukim. Dia bilang mau kasih hadiah buat saya berupa 2 buah tas. Saya sudah melarang dia untuk kirim, saya bilang pasti kena pajak yang besar. Eh dia nya tidak percaya, ya terserahlah ..

Teman saya kirim paketnya menggunakan jasa DH* katanya supaya cepat dan aman. Kira-kira 1-2 minggu kemudian ada seseorang yang menghubungi saya di hp. Dia bilang ada paket dari negara .. kemudian pajaknya Rp.1,5 juta. Kaget banget dong saya, โ€žnga salah tuh pak?โ€œ.

loading...

Kemudian saya telp teman saya, โ€œTerima kasih ya paket hadiahnya sudah datang, pajaknya Rp.1,5 juta. Saya tidak mau bayar, kan sudah dibilang bakalan kena pajak yang mencekik, karena situ tidak percaya, jadi segera ditunggu transferan duitnya buat bayar pajaknya ke rekening nomer sekian .. โ€.

โ€œBagaimana kamu suka hadiahnya?, bahan tasnya kualitas bagus dan mereknya juga top dehโ€ kata teman saya dengan bangganya. โ€œSaya tidak suka, modelnya kok seperti model tas cowo, warnanya juga gituโ€ sahut saya. Saya menggerutu dalam hati, mending awalnya kasih duitnya aja, saya bisa beli tas merek terkena di mall ๐Ÿ˜› .

Wanita itu memang mahluk susah ditebak saudara-saudara. Dikasih hadiah bukannya berterima kasih malah menggerutu. Masih mending dikasih hadiah toh? Haha ๐Ÿ˜† .

Cerita 2.

Mantan pacar yang sekarang jadi suami tercinta, saat kami masih pacaran dia mau mengirimkan hadiah untuk ulang tahun saya. Saya bilang tidak mau terima, pasti kena pajak!. Tapi kalau hanya kirim cemilan seperti keripik-keripik, kue kering dan permen-permen, oh ya kartupos yang cantik-cantik juga mauuu dong. Model begituan pastinya aman ya ๐Ÿ˜‰ .

Tidak tanggung-tanggung dia kirim 2 paket secara bersamaan. 1 paket ukuran kecil dengan dus untuk kemasan 1 kg. Satunya lagi dus untuk kemasan 5 kg. Isinya seperti yang saya sebutkan diatas. Jadi isinya persediaan cemilan selama 1 tahun kali sangking banyaknya hihihi :mrgreen: .

Paket dia kirimkan melalui kantor pos atas permintaan saya (supaya murah). Kira-kira 2-3 minggu sampailah paket yang kecil. Bayar Rp.3.000 ke pak Pos, katanya biaya service. Ini biaya untuk bongkar dan rapikan paket, kenyataannya, habis bongkar tidak dirapikan, dusnya juga rusak parah ๐Ÿ™„ .

Box Paket Dalam Keadaan Rusak Parah, dan ditutup asal-asalan. Padahal isinya hanya seperti di Foto Kanan Cuma permen-permen dan kartupos
Box Paket Dalam Keadaan Rusak Parah, dan ditutup asal-asalan. Padahal isinya hanya seperti di Foto Kanan Cuma permen-permen dan kartupos

Padahal diatas paket sudah ada keterangan barangnya, tetap aja kena bongkar. Teman saya pernah cerita, setiap paket masuk pastinya dibandara sudah di endus ajing dulu, kalau dicurigai ada obat terlarang jadi ketahuan. Tetap aja petugas pos penasaran dengan isi paket. โ€œSiapa tahu ada yang bisa ditilep kan?โ€.

Saya juga kurang tahu kenapa diatas box paketnya ada secarik kertas dari kantor kecamatan. Memang petugas kantor pos kirim ke kecamatan dulu?, disensor petugas kecamatan gitu?, ah saya bingung. Pokoknya diatas dus ada teks petugas kecamatan yang bilang kalau paket sampai dimereka dalam keadaan terbuka.

Paket kedua sampai setelah 33 hari. Kena biaya Rp.7.000 (Rp.4.000 adalah harga plastiknya).

Paket diterima dalam keadaan Rapih. Biaya yang ditangih pas pos Rp.7000
Paket diterima dalam keadaan Rapih. Biaya yang ditangih pas pos Rp.7000

Heran saya kenapa harus dimasukkin plastik tuh paket bikin keluar duit saja. Paket yang ini rusaknya tidak parah .

Itu cerita beberapa tahun lalu ya..

loading...

 

untuk ke halaman berikutnya klik โ‡’ Next/Lanjut

About these ads
loading...

176 thoughts on “Terima Paket dari Luar Negeri, Senang atau tidak?

  1. ze

    haduh mba paketnya udah terlanjur ke kirim ๐Ÿ™ , bisa berdoa aja ๐Ÿ˜€

  2. Aku mau share nih mbak, untuk teman2 yg bertanya mengenai harga pajak, mungkin ini bisa membantu.
    baru2 ini aku terima paket dari pacarku di US,, dia kirim via USPS, aku juga dikasih no resi, jadi bisa pantau terus di webnya. jangka waktu sampai kekotaku cuma 10 hari (29 Nov-9 Des). Pak pos kirim surat pengambilan paket kerumahku tgl 12, jadi cuma 2 minggu deh. Paketnya isi kalung 92.5 % perak,boneka,gelang karet,keramik. Total barang $500, tapi aku suruh dia untuk nulis dengan harga minim, biar aku gak kena pajak yg mahal. hehee :p
    Dari $500, dia tulis jadi cuma $59 (total paket senilai dibawah $50 bebas pajak)
    Jadi aku gak dikenain pajak deh walaupun kelebihan $9. Aku cuma disuruh bayar Rp. 7000 untuk bayar bungkus ulang paket. Assik ya mbak, tapi licik ๐Ÿ˜€
    Gpp deh, yg penting kantong kita gak kekuras :p
    Next paket mesti begini lagi aja deh, sudah jelas aman dan duit gak banyak melayang ๐Ÿ˜€

    1. Thanks Korry untuk masukkannya ๐Ÿ˜‰ .

  3. korry

    Hi mbak Nel, aku baru2 ini dapat paket dari pacarku di US. Untuk tman2 yang bertanya2 masalah pajak mungkin ini bisa membantu.
    pacarku kirim paket via United States Postal Service (USPS), jangka waktu pengiriman hingga sampai ke kotaku hnya 10 hari (tgl 29 Nov dikirim dari kota pacarku, sampai kotaku tgl 9 Des). Tanggal 12 Des, pak tukang pos kirim surat pengambilan paket kerumahku. Jadi kalo dihitung2 ya cuma 2 minggu ๐Ÿ˜‰ USPS aman dan cepat ๐Ÿ˜‰
    Salah satu temanku ada yg dikirimin paket dr pacar amriknya juga, tapi dia terima paketnya setelah 1,5 bulan. Lama yah!! tp sy lupa tanya, pacarnya pakai via apa.
    BTW, Sbenarnya harga asli paket yg dikirim pacarku totalnya $500, karna aku bilang sama dia supaya jangan nulis jujur, alias tulis dgn harga yg minim, supaya nanti aku gak kena pajak yg mahal, jadi dia benar2 tulis totalnya cuma $59. (paket senilai dibawah $50 bebas pajak).
    jadi aku gak bayar pajak deh,cuma bayar biaya bungkus ulang Rp. 7000. Assikk tapi licik yah.hahahaaa ๐Ÿ˜€
    gpp deh, yg penting kantong gak kekuras :p
    next paket mesti begini lagi nih ๐Ÿ˜€

    1. Iya sih mesti diakalin juga, jangan jujur banget nulis harga aslinya. Tapi klo barang2 bermerek yg memang sdh terkenal, ya kita ga bisa bohonglah, petugas juga tahu harga2nya kan ada yang sudah ahli menaksir harga barang ๐Ÿ˜€ .

      1. ooops postingan aku ada 2 ya?? hihii jadi malu :p
        kirain yg pertama kali itu gagal, jd aku ngetik ulang lg.
        apus aja mbak nel yg satunya :p
        iya si mbak, petugas jg pasti sudah ahli menaksir harga beberapa barang dan merk,, nah yang kira2 gak bisa ketaksir itu baru mesti kita manipulasi :p
        pajak 1,5 juta untuk bayar tas disini udah dapet tas branded KW 4 bh ya mbak ๐Ÿ˜€

  4. UZziw

    kalo kita di kirim barang dari LN gimana sis? dia rncananya kirim tas ada merknya juga sih, boneka, baju, cincin, di dalam kotak paketnya udah di tulisin hadiah, baru di krim 2 hari yg lalu dri sna, kira” skarang berapa pajaknya ya sis? takut kemahalan ๐Ÿ™

    1. baca postingan aku diatas mbak, smoga bisa membantu ๐Ÿ˜‰

    2. oupps, sudah terlanjur dikirim ya paketnya?? waduh salah comment deh.hihii

    3. Dulu saya dikirimin tas kena pajak 1,5 juta rupiah. Padahal klo beli di Indonesia uang pajaknya sudah bisa beli tas bermerk juga tuh ๐Ÿ™ . Kapok setelah itu mending minta mentahnya saja.

  5. reni

    mba saya mau ngirim satu baju saja ke danmark itu kira kira biayanya berapa dan pake jasa pengerimannya apa ya? terimakasih mohon di balas ya mba

    1. Hai kirim lewat kantor pos saja, pakai yang tercatat jadi ada resi pengiriman. Ada yg biayanya Rp. 155.000/kg.

  6. ziya

    Hi mbak, kalau mau kirim bbrpa brng dri LN, trus ad tas brnded sm prhiasan, kira” brpa pjk ny ya mbak? Trus byrny dmn?

    1. Kalau kirim lewat pos bayarnya di posnya, klo lewat jasa pengiriman spt DH* bayar di kantor mereka, hati2 kena palak alias pajaknya bisa lebih mahal dari harga barang, silakan baca pengalaman seseorang klik disini. Oh ya Ziya di Indo? Kalau saya sih mending beli tas dan perhiasannya di Indonesia saja.

      1. Fauziyah Chaerani

        mending mentahnya aja ya mbak ๐Ÿ˜€

  7. Fauziyah Chaerani

    Hi Mba, rencananya saya mau di kirimin beberapa hadiah dari LN, dari paris tempatnya. Dia mau kirim tas, prhiasan, bneka, bju, spatu, sweater, kira-kira pajak sekarang berapa ya mbak??

    1. Hai Ziyah, kalau saya boleh saran mending klo ada yg berkunjung dititipi saja, krn pajaknya bisa gila2an klo kirim lewat pos atau jasa pengiriman lain, kamu baca2 deh para komentar ditulisan ini. Bisa2 tuh perhiasan malah hilang loh. Daftar barang kena bea cukai Indonesia silakan cek di: http://ems.posindonesia.co.id/custom.html

      1. Fauziyah Chaerani

        iya sih mbak, tapi barangnya udh trlanjur d krim ๐Ÿ™

  8. wied

    whoaa mbak aku dapet kode EME
    dapet kiriman coklat + boneka aja kok menurut si pengirim.
    kok masuk bea cukai yahh -__-

    1. Walahhh isinya banyak sekali kah?. Saya terakhir kirim paket ke Jakarta awal desember lalu, berat paket 1,7 kg lancar sih 13 sampai, isi paket makanan dan kripik2 aja. Ya sudah coba Wied datangi kantor posnya, klarifikasi aja itu kado ko.

      1. wied

        Paketku dikirim dari awal november mbak, kata pengirim 2 kg. 10 Coklat+ boneka.
        Smoga g kena palak deh

  9. Magdalena

    Saya tinggal di jepang, kirim barang senilai 35000jpy atau sekitar 400usd ke teman di surabaya. Ketika barang sampai ke indonesia teman saya dimintai pajak 1,1 juta dan dia menolak untuk membayar. Temen saya sudah minta barang tersebut dikembalikan saja ke jepang, tp sudah 1 bulan lebih barang tersebut tidak juga dikembalikan. Apa benar jika petugas pajak di indonesia tidak diberi uang barang tersebut selamanya tidak akan dikembalikan?

    1. Hai sis Magda, klo nilai segitu iya kena pajak. Yg bebas pajak nilai paket max 50 usd. Harus lapor (komplain) dari kantor pos pengirim, minta ditarik paketnya. Pos Indonesia tidak akan kirim klo tdk ada perintah dari Jepang.

      1. Magdalena

        SUdah suruh kantor pos jepang kirim balik dr 2 mgg lalu, tp masi blm dikirim balik tanpa alasan jelas. Apakah untuk kirim balik ke jepang dikenakan biaya? Saya curiga kantor pos indonesia sengaja memperlama proses pengembalian barang kalo tidak diberi “pelicin”

        1. Kalau di Jerman di slip pengiriman ada pilihannya, ada pos tercatat, diasuransi, tarik paket dan tiap jasa beda-beda biayanya. Kalau paketnya hilang ada penggantian tapi nilainya tergantung masing2 negara pengirim. Untuk proses investigasi paket hilang 4-5 bulan, klo beneran hilang atau tidak ada kabar dari Indonesia pos Jerman mengganti tapi nilainya tidak terlalu besar karena saya juga tidak berani kirim barang2 yg jutaan. Sebaiknya tanyakan langsung ke pos Jepang sis.

          1. Magdalena

            Makasih infonya ya

          2. Sama-sama sis Magda ๐Ÿ˜‰ .

  10. waduh mahal amat tu mbak pajaknya sampe 1,5 jt *tepok jidat*
    aq mau nanya ni mbak
    kalo boneka,cd and t shirt itu termasuk barang berharga ga ya ? n kena pajak juga ngak ?
    aq takut ni ๐Ÿ™ rencananya tmn aq dr USA mau kirim barang ke indo buat aq sama adek aq tapi setelah baca postingan dari mbak dan mbak siti aq jadi was was takut di kepoin ma pihak POS nya mending deh kalo cuma di kepoin takutnya di persulit dalam pengambilan paketnya :/
    berhubung belom di kirim ni barangnya baiknya dr USA kirim pake apa mbak ?
    soalnya nilai barangnya ada mungkin kurang lebih $100
    mohon pencerahanya ya mbak ๐Ÿ˜€ hehe maklum saya belom pernah dapet kiriman dari luar negeri sebelumnya
    kalo kirim barang ke luar negeri si pernah dan alhamdulliah sampai dengan selamat sampe tujuan kurang lebih makan waktu 10 hari waktu itu pake jasa pos indonesia
    sebelumnya thanks mbak, artikel nya sangat mebantu ๐Ÿ˜€

    1. Hai Tyas, gpp kalau barang yg kamu sebutkan tsb. Dalam paketnya sertakan selembar surat deh bilang kalau paket tersebut unukt kado. Barcode harganya barangnya copot saja.

      1. okok mbak ๐Ÿ˜€ thanks yaa buat infonyaa ๐Ÿ˜€
        sukses selalu buat mbak ๐Ÿ™‚

        1. mbak tyas udah dikirimin paketnya belum? via USPS aja, cepat dan aman. cuma 2 minggu. Baca postingan aku diatas deh biar jelasnya ๐Ÿ˜‰
          semoga membantu ๐Ÿ™‚

  11. Anda butuh jasa pengiriman murah keluar negeri?
    Anda butuh konsultasi masalah pengiriman paket keluar negeri?
    Kami berikan solusi terbaik bagi kesulitan anda, konsultasi gratis layanan 24 jam.

    1. Yang saya butuh jasa masukkin barang ke Indonesia, klo kirim lewat dh* atau fed** pajaknya kelewatan ga masuk akal. Ga berminat pakai jada tsb.

  12. Sis minta sarannya dong. Saya bakal dikirimin coklat, permen2 dan CD audio dari jerman. Katanya sih total barang sekitar 50 euro lebih. kira2 ini bakal kena pajak yg gila2an gak yah? duh jadi bingung juga nih T^T baru ngeh setelah baca ini, barang belum dikirim sis, mohon pencerahannya ya ๐Ÿ˜€

    1. CD player atau CD lagu? kalau barang elektronik gede pajaknya. Kalau coklat dan permen sih bisalah dikirim ๐Ÿ˜‰ . Daftar barang kena bea cukai Indonesia cek di http://ems.posindonesia.co.id/custom.html

      1. CD lagu mbak. Kira2 totalnya 3kgan katanya =..=a Itu yang barang kena becuk hitungannya per kg gitu ya mbak? atau udah semua?? maaf agak gak ngerti soalnya saya T^T

        1. Klo cd lagu bisalah, cuma saya tidak tahu besar pajaknya. Yg bebas pajak jika nilai paket mas 50 usd. Oh ya bilang pengirimnya gunakan jasa pos tercatat, klo barang hilang bisa dikomplain dan diganti, cuma penggantiannya saya kurang tahu berapa. Oh ya didalam paket tulis surat yg isinya paket tsb untuk kado.

          1. Iya mbak, katanya ditulis sebagai hadiah :3 tapi totalnya kalau dihitung2 lebih dari 60usd T^T semoga kalo kena pajak gak mahal2 amet…. coklat ma permen2 soalnya T^T (plus cd sih hehehe) thx bantuannya ya mbak ๐Ÿ˜€

  13. rendi

    Nanya dong,,itu jasa yang setara dengan kantor pos apa ya sis..? kalo dari UK kan royal mail namanya

    nah kalo dari germany searching DP tuh afiliasi dengan DHL,,apakah setiap pengiriman selalu memakai DHL ,,

    thx

    1. Saya selalu gunakan jasa kantor Jerman, klo jasa lain berkali lipat harganya itupun minimal pengirimannya terllau besar buat saya. Maksud Rendi DPP? Deutsche Paket Post setahu saya hanya untuk di Jerman saja.

  14. anna

    saya sedang menunggu paket yg dibeli dari hong kong, padahal paket dikirim dari 17 september.. sudah 3 kali beli dari sana dan sudah sampai semua kecuali satu paket ini aja.. 3 cd ost aja padahal, oke kl mau dibuka buat periksa tapi yang penting barang saya sampai.. sayangnya saya pake paket kiriman yg standar, ngga ada nomor resi atau yg bisa dilacak :,(
    gimana ya..? mudah-mudahan sampai..
    saya juga lagi nunggu blu-ray cd tahun depan tapi takut kena pajak nih..

    1. Coba datangi kantor posnya. Menurut saya susah juga melacaknya kalau tidak ada resi pengiriman, petugas harus cek satu persatu.

      1. anna

        atau pake nama bisa ngga, ya?
        sayang ngga ada temen yg lagi ke LN huhu :'(
        nyesek juga barang yg udah ditunggu-tunggu tapi harus direlain.. mudah-mudahan sampe kata orang yg pengalaman, tunggu sampe tgl 17 nov..

        1. anna

          akhirnya sampe juga.. padahal sudah dikirim dari september.. tapi karena kejadian ini jadi harus mikir 2x mau pake pos indo lagi atau bistip aja..
          (sekedar share)

          1. Syukurlah akhirnya sampai ya ๐Ÿ˜‰ .

  15. rini

    hai mbak,
    saya sedang pusing , stress, please bantu ya kalau ada yg senasib. Saya dpt kiriman hydrolat dan kotak kecil kayu untuk menyinpan botol essential oil, nilai paket 43 euro dibeli dari aroma zone.com prancis. Paket sampai tgl 9 oktober 2013, dikirim dari prancis tgl 4 oktober 2013. Status sampai skt ditahan bea cukai, perlu ijin BPOM. Saya sudah telp bea cukai, sudah datang ke fed ex , sudah datang ke BPOM; dikatakan oleh kepala sertifikasi BPOM surabaya bahwa POM tidak mengeluarkan surat ijin edar untuk perorangan spt yg diminta bea cukai cengkareng. Akhirnya saya ke fed ex lagi minta bantuan, fed ex minta saya bikin surat pernyataan bermaterai , saya sampaikan kiriman barang , nilai, dll dan alasan knp tdk bisa dptkan surat dari BPOM. Barusan saja hari ini saya dpt balasan email dari fed ex yg isinya bahwa surat pernyataan saya ke bea cukai ditolak, dan skr bea cukai minta NOM( surat keterangan bukan obat dan makanan. Email saya balas, saya tanya apakah NOM itu? Sama fed ex dibalas NOM itu mintanya di BPOM dan pakai CI dan AWB. Saya balas apa ya CI itu? KOk fed ex gak pro gini, masa saya yg disuruh2 lari kesana kemari padahal kirimnya pakai fed ex. Saya sedih banget, mengelus dada, repot amat jadi orang indonesia, sudah bayar pajak, mau nerima barang kiriman hadiah dari suami aja dipersulit kayak gini. Baru saja 3 hari lalu dpt kiriman mertua dari pakistan, isnya 3 pak masker wajah, yg ternyata sdh tumpah gak karuan krn kemasan digunting random. Saya sdh komplain ke kantor pos jemur sari sby, dilempar katanya suruh komplain ke kebun rojo sby, kebun rojo suruh saya komplain bea cukai, intinya pos nggak merusak barang orang yg merusak itu bea cukai, tapi bea cukai ngomong sebaliknya. Foto , email sdh saya kirim ke pengaduan bea cukai, malah dijawab pasal2 ttg pajak bea masuk bla bla, intinya mereka main lempar, sdh capek , paket saya ya tetep rusak padahal dikirim pakai ems. Sepertinya biar gak mangkel, orang indonesia dilarang terima paket dlm bentuk apapun baik dikirim pakai ems ataupun fed ex, dhl dan sejenisnya. Tolong bantu saya, yg tahu cara daptkan NOM yg diminta bea cukai cengkareng itu. Yang bisa bantu tolong email ke rini_siddiqui@yahoo.com. Terima kasih banyak sebelumnya, saya tunggu balasannya segera.

    1. Hai sis Rini, komplainnya ke kantor pos pengirim, nanti ada yg ngurus, malah klo ga salah bisa ditarik kembali kirimannya, tapi mungkin klo kirim dg jasa tertentu ya. Misal setiap paket saya kirim dg pos tercatat cuma nambah 2,5 euro dari paket biasa. Jika paket hilang bisa komplain dan ada penggantian, ya ga full mungkin ya.

      Susah sis dg petugas di negara kita masih banyak yg korup. Klo bukan perush besar, apa daya kita sis ga berduit buat sogok sana sini padahal nilai barang ga seberapa ya (tapi penting) ๐Ÿ™ .

    2. adelina

      saya sih udh gak percaya sm pos indo ..krn beberapa kali kirim brg gak ada yg sampe ato malah di mintain uang (alasan cukai) skrg sy mending titip temen yg plg kl mo titip buat ke indo. lebih aman. daripada sakit hati ๐Ÿ™

      1. Iya benar, lebih baik titip teman ๐Ÿ™‚ .

  16. mbak Nella, aku mau tanya nih.
    pacarku dari US mau kirim perhiasan berupa kalung. sepertinya sih bukan emas. kira2 brp pajak yg harus aku bayar yah? dan minta sarannya juga dong, langkah2 apa yang harus aku ambil supaya barangnya sampe ke tanganku dan kena pajaknya juga gak tinggi. trims sebelumnya mbak.

    1. Hai Korry kirim lewat kantorpos saja supaya tdk mahal, gunakan pos tercatat. Yang cek orang bea cukai susah yg barang murahan kadang di bilang mahal dan pajaknya bisa lebih dari nilai barang. Persentase nilai pajaknya silakan lihat http://ems.posindonesia.co.id/custom.html .

      1. waduh mbak, tapi aku jadi ciut nih gara2 baca comment mbak idawati dibawah, takut pajak kebesaran, gak sesuai sm barang yg dikirim. jd bingung nih mau terima apa nggak hadiahnya. hmmm.. jd gimana ya? hahaa

        1. Kalau saya kapok terima barang dari LN, mending minta mentahnya saja ๐Ÿ˜‰ .

          1. hahaaa. tp gak tega juga mbak minta mentahnya, ntar dikiranya dia, aku gold digger dong.. :p

  17. idawati

    Ya..saya juga mau berbagi pengalaman. Teman saya mau kirimin pakaian dari amrik,supaya aman dia kirim vai fedex, dan ternyata sampe di indo aku harus bayar pajak sebesar 1,5 juta, mau dibalikin kan gk mungkin, itu kan kado dari temen…nyesek banget rasanya waktu bayar. trus untuk ke 2 kalinya, dia mau kirim tas, kali ini kita coba via post krn lebih murah dan berharap gk kena pajak…tapi ya apun….kena juga sebesar 660 ribu, tas yg dikirim cuma 2, aku hrs byr 660 ribu…untuk yg belum pengalaman, jika ada teman yg mau kasih kado atau apapun dari luar negeri, mending minta mentahnya aja..kita udah bisa beli yang lebih banyak dari yang dikirim

    1. Benar mbak Ida, saya setuju saran mbak, mending minta mentahnya ๐Ÿ˜‰ . Sejak terima pakaet tas yg kena pajak 1,5 juta rupiah, saya ga mau lagi terima paket karena sayang duitnya mending buat saya ๐Ÿ˜€ .

  18. Jessi

    Pengalaman saya nih mbak, tunangan saya kan orang jerman, suka banget kirimin hadiah baju2,tas,high heels,buku2, makanan,etc, pernah kejadian dia beliin baju sama sepatu senilai EUR 500, hayah kena pajak dr DH* sekitaran 2.500.000,- untung doski langsung kirim uang buat nebus tu paket, mana pketnya dianterin kerumah,,ak suruh plg lagi org dh* nya ak bilangin ak ga mau bayar tu pajak haha…tertulis jg rincian pajak disuruh bayar bahan bakar pesawat berapa gitu, aneh deh ๐Ÿ™

    1. Hai Jessi lain kali minta mentahnya aja, beli di Indonesia, sayang pajaknya ga rela kasih ke petugas kan ๐Ÿ˜€ .

  19. Selama ini kiriman berupa buku dan dokumen saja Jeng Nella dan hitungan pajaknya masih rasional. Memang pernah dapat kiriman buku2 gratis dan pajaknya ampun mahal ya udah gak ditebus aja hehe. Sekarang kiriman buku gratis ganti wajah ebook tambah nyaman cepat sampai tanpa biaya. Terima kasih postingan yang sangat berharga untuk pertimbangan kirim mengirim paket.Salam

    1. Kalau melalui kantor pos, dari bbrp yg komentar sih bisa ditawar bu pajaknya ๐Ÿ˜€ . Iyalah kalau bukunya gratis mahal pajaknya ya kasih buat petugas aja bukunya hehe.

  20. Aku dulu kalo dapet kiriman dari Miku suka aku jemput sendiri di kantor pos mbak. Jadi aku perkirakan kapan dateng itu barang di Indonesianya dan aku emang orang yang suka gak sabaran kan yah, jadi aku telpon ke kantor pos nanyain dimana keberadaan barang. Dan sebelum dibongkar bea cukai udah aku ambil aja. Kalopun mereka bongkar aku mau mereka bongkar di depanku ๐Ÿ˜€ hihihi…

    1. Ooo begitu ya, jadi bisa kita tanya langsung ke kantor posnya. Semoga berguna info dari kamu ini Cha ๐Ÿ˜‰ .

  21. Hai mba Nella, salam kenal ya ๐Ÿ™‚

    Kemarin terima paket dari pacar di Jerman, dia kirim lewat Deutsche post tapi ga dapat resi pengiriman, jadi ga bisa lacak deh.. Kata pacar sih karena ngirimnya ga langsung ke saya atau option personal hand over (einlieferung), tapi nitip tetangga (soalnya saya kerja kalo pagi-sore, trus kirim kantor ribet juga kalo nyampenya weekend) tapi untung sampai juga dengan selamat. Kena bea cukai 3rb rupiah. Barangnya cuma 600gr.

    Kalo ngirim ke Jerman saya uda pernah juga, pakai Pos EMS, biaya sekilonya mau 39USD, mana dollar semakin tinggi mba.. beneran mencekik -_- Klo pake pos biasa mau makan waktu sebulanan trus harus langsung ke pos pusat yang langsung berhubungan ke bea cukainya, jauh lagi -_-
    EMS bisa langsung di kantor cabang. Setelah beberapa hari dikirim (Dari batam-Jakarta-Jerman), sampai di Jerman bisa dilacak di website DHL tracking http://nolp.dhl.de/ Total watu pengiriman lebih kurang 2 minggu.

    1. Hai Betty, thanks ya buat sharingnya ๐Ÿ™‚ . Iya klo kirim paket ke LN iyaa mahal sekali. Kurss lagi tinggi sekali.

  22. wied

    aduhh, baru dikabarin kalau dikirimin boneka + gelang dari jerman..
    *kepikiran bayar pajak*

    1. Gelang emas?. Klo boneka ga masalah ko ga kena pajak.

      1. wied

        kalau bukan emas ngga kena pajak mbak?
        belum tau sih emas atau ngga, belom sempet nanyain lagi

        1. wied

          klo yg dikirim swarovski?? kenanya lumayan yaa mbak

          1. Kamu tawar saja kalau pajkanya tinggi, bilang harganya sekian masah lebih mahal pajaknya sih.

        2. Kalau bukan barang mewah ga kena pajak ko. Klo pajaknya tinggi sekali bisa dinego ๐Ÿ˜‰ .

  23. Sebenarnya yg salah bukan petugas posnya kok, tapi petugas bea cukai bandara huhuhu… Tapi Petugas pos kena sialnya… bukan membela pak pos sih tapi emang petugas bea cukai suka obrak abrik baranggg…. kemarin baca di salah satu blog, dia beli dvd dari jepang harganya cuma sejutaan klo gak salah tapi kena pajak ampe 3-5juta deh, lupa lupa ingat, kena pajak pasal durasi katanya… dia gak mau bayar dan minta dibalikin ke jepang eh sampek jepang ilang satu barangnya grrrrr… kok jadi panjang ya komennya ehehe

    1. Klo ga bea cukai ya pos ada oknum-oknum yg ga baik. Waduhh ditilep dong dvdnya ๐Ÿ˜€ .

  24. Klo dikasih orang n paketnya nyampe sih mending kak,
    klo kita bli gourmet ingredient kayak truffle yg muahal dr ebay yg ada di spamyol, eh barangya gak nyampe2 pdhl lbh dr 6 bulan,
    itu jauh lbh menyakitkan…..hehehe

    1. Klo kirimnya ada resi pengiriman, bisa dikomplain dari kantor pos pengirim, klo hilang ada penggantian ko.

  25. pengalaman yang ‘mendebarkan’ yah? Hehehe. Berhubung belum pernah kirim atau dikirimin barang ke/dari Luar Negeri, saya menyimak aja.. ๐Ÿ™‚

    1. Terima kasih sudah turut menyimak ๐Ÿ˜€ .

  26. Sekarang kayanya Pos Indonesia ada perbaikan sih Mbak. Paling tidak sudah dua-tiga tahun ini kiriman majalah dari luar negeri sampai dengan aman dan lengkap. Dulu sih memang kacau, langganan majalah juga sering gak sampai. Memang kalau complain ke penerbitnya pasti diganti sih, tapi kan ya gak enak juga kalau complain terus. Kalau untuk barang lain, terus terang sampai sekarang aku masih kuatir kalau pakai jasa Pos karena pernah beberapa kali hilang dulu. Bahkan kiriman perangko dari dinas pos luar negeri juga pernah gak sampai. Untung aku asuransikan karena nilainya lumayan besar. Dengan courier service juga sama saja. Terakhir kiriman film dari luar gak sampai sama sekali, alasannya disensor dulu, padahal film kartun Disney yang biasanya lolos begitu saja ๐Ÿ™

    1. Ya ampun ko parah banget harus kena sensor? ๐Ÿ˜€ . Film dalam bentuk vcd?.

      1. Film dalam bentuk DVD Mbak. Yang bikin jengkel lagi, udah filmnya gak keterima, pajaknya tetap harus dibayar ๐Ÿ™

        1. Lah kok begitu?. Bukannya dvdnya sdh dibalikin ke negara pengirim?.
          Klo kantor pos bisa dinego Chris pajaknya :). .

  27. Dulu pas jaman sekolah kalo pulang sekolah pasti yang ditunggu sama aku adalah Pak Pos. Kenapa? Karena aku berharap dapet surat balasa dari sahabat pena di luar negeri (skalian ngincer prangkonya juga sih ๐Ÿ˜† ) Saking seringnya dapet surat sampe akrab sama si Pak Pos loh. Cuman pernah dapet kiriman paket CD sama majalah dari kakak sepupu yang kuliah di UK, pas nyampe Indo harus diambil di kantor pos dan bayar tebusan ๐Ÿ™ padahal harganya ga seberapa *aneh*

    1. Hai Nis, iya sama dulu sahabat penaku banyak. Kan aku pernah 2x menang tts majalah Bobo, jadi dapat banyak surat buat sahabat pena ๐Ÿ˜€ . Ko beda-beda ya dapat cd ada yg kena pajak ada pula yg tidak ๐Ÿ™ .

      1. Lucu deh Mba… dulu aku juga baca Bobo, eeh sekarang yang baca Bobo anak-anakku loh ๐Ÿ˜†
        Nah itu Mba karena masalah pajak yang jelas gini mendingan nitip aja sama temen di luar negeri kalo mau pulang kampung ke Indonesia. Bela-belain ke bandara juga gpp. Mendingan ngongkos bensin daripada ngongkosin yang gak jelas hehee

        1. Bobo bacaan dari generasi ke generasi ๐Ÿ˜€ . Iya benar Nis mending titip teman ๐Ÿ™‚ .

  28. Bukan gak cinta Pos Indonesia, maunya pake jasa mereka kan…akan tetapi dua kali mengalami masalah jadi mikir-mikir….
    Kebetulan pekerjaan Hani kadang mengharuskan kirim sample ke luar negeri, udah gak sampai dan katanya ngendon di kantor pos pusat lama ditanya juga CS nya isinya ksih jawaban gak enak…karena ada perjanjian apapun yang terjadi saya minta refund dunk…karena kantor jg menyuruh saya refund gegara si client g dapat paketannya..

    Mbak bener, Hani jg jarang mau dikirim-kirim mending titipin saja kalau ada yg plg ke Indonesia gt. Hani rela ambil ke hotel mereka nginep daripada bayar pajak, he he he

    1. Hai Hani, iya saya juga bukannya ga cinta pos Indonesia, cuma terpaksa gunakan mereka karena melalui jasa pengiriman lain mahalnya bukan main. Saya baru tahu triknya loh, klo sampai 3 minggu paket tidak sampai ke Indonesia, saya komplain ke pos dari tempat saya sini, trus di push dari Jerman kerja deh petugas di Indo ๐Ÿ˜€ . Karena saya selalu gunakan pos tercatat klo barangnya hilang ada penggantian dong (ga seberapa sih).

      Iya mending titip teman klo pas ada yg datang ๐Ÿ™‚ .

      1. Iya mbak….
        Paling murah sih EMS kalau sejenis FedEx, DHL mahalnya gak ketulungan….kalau terpaksa hrs pakai EMS bener yg mbak bikin deh ada perjanjian…

  29. blm pernah sih sis, tp ane pnya crita dri temen yg dpt kiriman hadiah dr Thailand. nyampenya sebulanan lebih, g ad kbr g ad angin. akhirnya temen kroscek ke markas si orenge, ternyata barangnya ‘macet’ di cukai, butuh pelicitin ktnya. so, intinya dr pihak orange malak temen ane agar paketannya boleh diambil, yg ngenes. Nominal palakan lebih mahal ketimbang harga barang paketan nya. yo wis lah..

    1. Trus ga diambil dong paketnya?, sudah coba nego harga pajaknya ga?. Klo barangnya ga terlalu berharga dan ga penting, ya relakan saja buat si orange ๐Ÿ˜† .

      1. Diambil jg sis, kt temen ane gpp lah.. sedekah. brngnya bantal sama tas majalah aj :-D.

        1. Ooo gitu, iya sih sesekali sedekah ๐Ÿ˜† .

  30. Nella, aku pernah kirim paket berisi tas, sepatu dan beberapa printilan n di Indo ngga kena todong macem-macem. Memang sih bayar pajak sebesar 790.000 tapi nilai total paket itu lumayan juga. Jadi sejauh ini aku puas yah dengan kantor pos. Mudah-mudahan banyak juga cerita yang memuaskan dengan kantor pos

    1. Hai Ning iya aku juga menantikan cerita-cerita bagus mengenai layanan pos Indonesia ๐Ÿ™‚ . Itu kamu beruntung ketemu petugas yg bagik kali ya, jadi pajaknya tidak terlalu besar ๐Ÿ˜€ .

  31. Kalo yang ngirim seneng, harusnya yang nerima ya seneng seneng saja ya

    1. Tambah senang klo tanpa pajak hehe ๐Ÿ˜€ .

  32. Senang pastinya menerima paket dari luar negeri, tetapi dengan banyak catatan seperti yang diuraikan Nella di atas ๐Ÿ˜€

    1. Iya asal jangan barang mewah dan nilainya tdk diatas 50 usd. OMG barang apaan ya senilai segitu ๐Ÿ˜€ .

  33. beneran ya mbak, mendingan dikirim duitnya daripada barangnya, jadi kan bisa pilih sendiri tas yang disenangi plus ga perlu keluar uang utk bayar pajaknya. aku belum pernah sih terima barang dari luar negeri, cuma pernah nerima kartu pos aja dari temenku waktu liburan di paris hehehe ๐Ÿ˜€

    1. Kartupos juga sering ga nyampe ke penerimanya loh, aku klo ngirim-ngirim jadi sebel aja ๐Ÿ™ .

      1. Tapi emang lama ya mba nyampenya, aku waktu itu sampai sebulan lebih, hampir dua bulan kalo ndak salah

        1. Bisa cepat bisa lama, tergantung posnya, mau-maunya petugas kirim yg mana duluan hehe ๐Ÿ˜€ .

  34. Wah 1.5 jt mending beli barang lain..

    1. Mending minta mentahnya kan? ๐Ÿ˜† .

  35. cuma pernah dapat kiriman dari Jepang mbak, dari mbak em pas dapat hadiah beliin CD, tapi gak bayar sama sekali seh ๐Ÿ˜€

    1. Beruntung kamu Niee, kalau hanya 1 cd ya ga masalah sih ๐Ÿ™‚ .

      1. Iya mbakk.. Makanya. Kalaupun kena bea cukai aku gak ngerti juga ngurusnya.. Hihihi

  36. baru ngerti kalo terima kiriman barang dari luar harus seperti itu.
    untung mau dikirimi hp ama saudara yang jadi TKI dulu kaga mau.
    biaya buat bayar pajak bisa buat beli hp baru kalo gitu caranya

    1. Mending minta duitnya saja Kris, trus beli sendiri. Klo misal kirim elektronik dg jasa yg ada aszrandi bisa mahal. Nah klo kirimnya ga bilang isinya hp ada 2 kemungkinan. 1. Bisa hilang (ditilep). 2. Pajaknya lebih dari nilai hp di negara pengirim.

  37. t3ph

    apa di indo aja ya yg pajak barang masuk nya tinggi?
    gw dulu perna trima kado tas dari mantan, gw di sydney, mantan di amerika.. kok nyampe2 aja ke rumah gw tanpa dimintai uang apapun ya?

    1. Wah asyik dong ya tinggal di Sydney ga kena pajak pas tetima barang.

  38. salam kenal mbak ๐Ÿ™‚
    iya saya juga pernah beli barang dari cina, belinya online. sampe sini pajaknya lebih mahal daripada barangnya :S
    eh tapi lucunya setelah saya telp knp mahal dll dll akhirnya si bapaknya bilang “ya ibu maunya berapa?” saya sebut aja 100ribu, langsung diterima (padahal sebelumnya minta 300rb). Jd bener tuh mbak kalo lewat post indo nego ajaah

    1. Hai Mel salam kenal juga ya. Iya bisa nego, cuma ya kita tidak tahu pajaknya buat negara atau masuk kantong petugasnya ๐Ÿ™ .

  39. adelina

    saya pernah kirim paket 2kgs isinya baju2 anak kecil (pk pos ireland ke indo). mikirnya pasti sampe lah..kan cuma baju jd pake pos biasa aja..sampe sekarang tuh paket gak sampe2 udh 7bln..malah saya udh sempet pulang ke jkt kmrn tetap belum sampe…jadi intinya sy gak mau kirim lg lewat pos indo (dan sdh byk pengalaman temen paket gak sampe) ..dan pernah juga di palak pos indo krn ada temen kirim ginseng dr korea.ke jkt…ktr pos minta duit 500rb alasan cukai atau brg akan di kirim balik lg (gak mungkin lah di kirim lagi..hehe pasti mo di tilep )..dan emang bs di nego jd cm 100 (pengalaman pribadii di ktr pos fatmawati) .. pokoknya gak mau lg pk pos..:( krn oknum2 di ktr pos nya :(:(

    1. Hai Ade itu paket bajunya kirim dg pos tercatat?. Bisa dicek ko keberadaannya di pos mana, mungkin masuk bea cukai deh.
      Klo ginseng petugas bilang akan dimusnahkan, saya juga ga percaya tuh.

      1. adelina

        pos biasa say , kl registered aku gak binggung deh mau lacak…tp biarin aja deh..mungkin mereka yg ambil lg butuh. (cm ya msh gondok ๐Ÿ™ ) cerita adikku lain lagi, org jepang di ktr nya terima paket makanan dr jpn (EMS). sebelum nya kurirnya tlp mo anter. si Jpg gak lancar bhs Indo jd dia suruh adik ku yg ngomong di tlp. Pas kurir nya dtg minta duit 700rb alasannya bea cukai. adik ku bilang mn surat resminya, kurirnya bilang besok sy dtg lg bw surat. sampe hr ini gak dtg2 lg tuh.. dan brg untung udh di terima. Jadi menurut ku sih oknum yg sk main2..krn mereka pikir kl ada kiriman dr LN pasti yg terima akan byr berapa aja asal bs terima tuh paket. menyedihkan .. ๐Ÿ™

        1. Iya menyedihkan sekaligus menyebalkan ya ๐Ÿ™ . Para oknum pikir yg terima paket dari LN semuanya orang kaya kali ๐Ÿ˜€ .

  40. aduh yang cerita pertama itu nyesek banget yang ngasih hadiah ya. udah dikasih hadiah malah diomelin pula. huahahaha

    1. Hahaha gue ga suka hadiahnya, trus pajaknya juga gilee kan bisa beli tas lagi dg duit segitu ๐Ÿ˜† .

  41. serem ya…. baru ngerti….pelajaran berharga ini….hmmm…
    *terpesona dengan info yang baru didapat

    **Ingin lebih SEHAT bonus Berat Badan Ideal? Yuk mampir ke blog Q yang ini juga yah Q yang ini juga yah http://nutrisicantik.blogspot.com/2013/08/akibat-benturan-kepala_27.html

  42. Awal tahun bos ku ke jepang, oleh-oleh di paketin via pos, eh, paketnya sampe dengan kondisi buruk dan isi nya sudah hilang 80%, sebeeel, anak buah ga jadi dapet oleh-oleh deh. Pelajaran, klo jalan-jalan yg di paketin baju bekas aja, yang baru-baru masuk koper. Beres. Pos indonesia ga bisa di percaya. Banyak alasan.

    1. Iya Je kamu benar, klo yg bekas2 bisalah dipaketin. Barang bagus dan baru beresiko.

  43. Hai mbak Nella, pengalaman sukses saya mengirim paket waktu masih LDR, produknya dibeli di negara penerimanya itu sendiri: yg pertama lewat vendor jam tangan di Jerman utk hadiah ultah, bayar dgn CC, kasih note spy dibungkus dgn box dan kertas kado jd saya sama sekali ga bungkus2. Bodohnya bill addressnya ke situ jg, lupa saya ganti jadi suami terima kado dan receiptnya ๐Ÿ˜€ Yang lain2 beli lewat Amazon Jerman, shipping address alamat suami jadi ga bayar paket mahal2. Kalo suami krn ga bisa pesan2 dari website Indonesia, apa yang dia beli selalu disimpan dulu sampai dia ke Jakarta atau saya ke Jerman, sayang biaya macam2nya itu..

    1. tammybrighten

      Oh iya, sama waktu pindahan dari Singapur saya kirim barang2 ke Jkt pake kardus gede banget, ga ditahan jg. Krn barang2nya bukan trmasuk berharga juga kali ya..

      1. Mungkin sudah di scanning mbak, isinya bukan barang mewah ๐Ÿ˜€ .

    2. Hai mbak Tami, yg nerima hadiah senang sekaligus heran dong mbak ada bill nya hihi. Oo gitu jadi ada triknya yaa ๐Ÿ˜‰ .

  44. udah bener deh Nel, minta diduit-in aja beli tas sendiri hihihi itu mah pajaknya aja bisa beli tas sendiri kan. Aku belum pernah terima paket dari LN, dan aku nggak tau loh kalo ada pajaknya begitu. Barang di bawah 50 dollar apaan yak hari gini kalo dari LN. Lah sepatu toms itu aja kan di atas gocap semua kalo gak salah.

    1. Iya Ndang mending minta mentahnya aja trus bisa beli di mall. Sekarang barang2 mahal2, 50 usd sih kecil itu yaa ๐Ÿ˜€ .

  45. oya mba nell,,aku kan baca2 postingan mba yg lalu2
    bolehkah kalau aku download foto2 pemandangan rumah mba nel sewaktu di swiss?

    1. Boleh, silakan Emma ๐Ÿ˜‰ .

      1. thanks mba nel,,
        aku jg dapet link belajar bahasa jerman online dari postingan mba nel, sangat membantu ,,hehe

        1. Iya ada buat belajar bhs Jerman dan tesnya ๐Ÿ˜‰ .

  46. Owalah, pajaknya 1,5 jt? *tepok jidat*
    Kena pajak impor ya mbak? Tapi kok segede itu? Tas nya pasti mahal beth ๐Ÿ˜€

    1. Hai Elam, paling tasnya harga 50-60 Euro ko, malah pajaknya lebih besar dari nilai barangnya ๐Ÿ™ .

  47. Setelah sekian lama, minggu lalu aku lihat pak pos di depan kantor dengan motor orange itu. Girang rasanya! Dulu mereka ini most wanted people ๐Ÿ™‚

    jaman SMP (di Malang) pernah makanan kering dari Australia segelnya dibongkar & dicicipi. Rasanya gondok banget. Setelah itu tiap kali ada paket pasti alert tetangga yang kerja di pos, paket jd lbh aman, tapi ngerepotin tetangga.

    Di Jakarta selatan, brg belanjaan di Amazon pernah nggak nyampe. Setelah nelpon dan di ping pong, Pak Pos beralasan udah sempet di antar tapi ga ada orang. Disuruh ambil ke Fatmawati, ongkos taksi dan waktu yang terbuang lumayan juga. Tapi ga dipalak. Setelah itu, kalau ada yang ga sampai dengan alasan ga ada yang terima, pak pos saya paksa kirim ulang. Ternyata mereka bisa diajak janjian untuk diantar tanggal tertentu. No extra charge!

    1. Iya enak klo kenal orang pos, bisa minta tolong ๐Ÿ˜€ .

  48. mba nel,, mihil banget yaa pajaknya ๐Ÿ™
    beneran kalo begitu mending mentahnya aja kalau ada yg mau ngirimin dari LN ,,hehe

    1. Iya Emm minta mentahnya aja ๐Ÿ˜€ .

  49. Mbak Nella, pas banget nih postingannyaa.. Jadi sebulan yang lalu aku kirim paket untuk adekku yang isinya : baju bola, jaket, cokelat, kartu pos, sosis, gantungan kunci, dll. Nah aku ngirimnya pke paket di kantor pos prancis yang beratnya 7kg. Aku kirim cokelat sebanyak 15 buah, dan ketika sampai rumah, kebetulan papa yg menerima, kondisi kardus dalam keadaan rusak. Cokelat yang saya kirim hilang 4, sosisnya dicuil, dan lain-lain. Rasanya sih cukup emosi mendengar laporan yang tidak mengenakkan itu. Lah wong saya bayar mahal2 dari sini, beli barang2nya jg lumayan mahal, ceritanya itu kado untuk adekku yang baru ketrima kuliah di negeri, kok ya kantor pos Indonesia ini ngeselinnya super duper. Entahlah mbak, ngga habis pikir aku. Untungnya jaket dan baju bolanya ngga hilang. Huufftt..

    1. Hai Helen, saya pernah baca di forum. Ada orang ke kantor pos, pas lihat dan dengar sendiri petugas posnya lagi asyik menikmati coklat-coklat dr LN, kata oknum yg makan, “Ga apa-apalah, yg terima paketnya juga pasti sering2 dapat coklat”. Iiiihh pengen marah kan, klo aku disana, ku potret tuh oknum2 nakal.

  50. KSATRIO PINANDHITO

    Ngga pernah kirim-kirim barang ke luar negeri, mbak. Dikirimin apalagi. Hehe.
    Tapi temen kantor ada yang hobinya beli diecast dr ebay. seringnya dia nego ke orang yang mau ngirim barang, supaya timbangannya dikurangin, biar di Indonesianya ngga kena cukai.

    1. Kalau kenal pihak pengiriman (kantor pos) ya enak bisa minta dikurangi berat kirimannya ๐Ÿ˜€ .

  51. ehh iya aku lupa mba Nel, waktu aku menang lomba foto di London itu kan mereka kasih hadiah vid cam mini gitu, ngirim pake DHL, aku dikenakan pajak Rp 1,2 jt. gak mau bayar sih karena itu hadiah akhirnya kantor di LOndon yang bayar hehehehe

    1. Hahaha iya klo barang elektronik (barang mewah) pajaknya gilee deh. Untung pihak penyelengara mau ya bayar pajkanya, dapat deh kameranya ๐Ÿ˜‰ .

  52. taon lalu ibu matt ngirimin kita paket hadiah natal mba, sekalian beberapa barang yang aku beli dari amazon (sepatu,kindle). nyampe di indo kena pajak hampir 400an ribu hehee. disesuaikan dgn hitungan pajaknya koq, cuman aku lupa itung2nya waktu itu. kalo ada npwp lebih murah.

    kemaren ada paket dari asos (UK) dialamatkan ke rumah ortu, ehh mereka gak dirumah, pak posnya gak mau ngasih karena katanya hrs bayar. biasanya kalo belanja dari luar kurang dari 50 USD kita hanya kena RP 7000 untuk biaya packing dari kantor pos. nah…masalahnya karena gak ada orang kemaren di rumah, akhirnya sampe skr paketnya belon nyampe ke rumah dan ASOS gak punya no airway bill, ya wis gak bisa di cek deh hahaha

    1. Kirim ke kantor pos ya Non? resmi ada surat pajaknya ga?.

      Klo paket diantar trus ga ada orang dirumah, kita harus ke kantor pos ambil paketnya, krn pak pos ga bakalan tuh balik lagi. Klo di Jerman, pak posnya kasih surat, ada barkotnya, trus kita ke kantor pos ada kotak penyimpanan disana, kertas barkot dari pas pos di arahkan ke kotaknya, ntar ke buka kotaknya secara otomatis, ambil deh paketnya.

      1. iya yg dari US pake kantor pos mba dan ada itung2annya resmi gitu pake form hahaha. cuman itu sih dari kantor pos pas masih di sby nah yg dimedan aku belon ngalamin.

        ini baru mau dapet yang dari ASOS kejadian tanpa airwaybill karena aku ambil model shipping yg standard.

  53. Wahhhhhhh 1.5 juta??? mending mentah nya saja lah hahaha.
    Tahun 2007 aku nerima paket dr temen yang di canada mba,,,tp saya cuman di kasih surat pemberitahuan dr kantor pos trs di suruh bayar 20 rb ato 30 lupa tp ya itu kardus nya udag di โ€œprawaniโ€ sama pak poss nya.
    Sejak itu saya trauma dan gak pernah mau berurusan lagi dgn kantor pos *aku jahat ya ?? lha pegimane mereka mejahati aku duluan mba nela ๐Ÿ™ *

    1. Iya Yan, dari awal saya sudah bilang minta mentahnya aja tapi dia bilang ntar ga ada kesannya klo dikasih duit ๐Ÿ˜€ . 20-30 rb ga mahal ko tuh ๐Ÿ˜‰ .

  54. Waa pajaknya mahal banget >.<

    1. Makanya mikir-mikir klo mau kirim-kirim ๐Ÿ˜€ .

  55. nggak punya pengalaman terima paket barang dari luar negri Nel…
    dulu aja terima kartu pos itu lamaaa…, orangnya malah duluan nyampe

    1. Masih mending nyampe kak kartuposnya. Aku pernah kirim ada kali 10 kartupos buat para blogger, 4 kartupos ga nyampe sudah 1 thn ๐Ÿ™ .

  56. Py baru sekali sih nerima paket gede dari US, isinya buku. Tapi ga ada disuruh2 bayar lagi sih kak :p

    Iya yah tukang pos indo tingkat kepo nya tinggi, jadi wanna know banget isi paket nya apa..hahaha :p

    1. Buku tidak termasuk barang mewah. Kamu beruntung Py petugas yg pegang paketmu tdk kepo buka2 dusnya ๐Ÿ˜‰ .

      1. Owhh iya baru ngeh, yg kena kan yg mewah yah :p

        1. Iya yg kena pajak berupa barang mewah. Tp masah spt baju aja kadang dipajakin iiihh padahal bukan bermerek ko ๐Ÿ˜€ .

  57. edy

    Haduh…
    lo smpe dpt kode EMS,
    sial amat deh.:(
    padahal belum tentu paket yg kita terima harga nx mahal.
    dan ga mustahil juga kn low salam tempel nx malah lebih besar dari harga paket yg kita terima.
    ya kan mba’.:)

    1. Tergantung negonya, ada ko yg awalnya petugas minta 200rb, trus si punya barang bilang dia ga punya duit segitu, hanya mahasiswa, isi barang bukan barang mewah. Ehhh 20rb diterima juga tuh sama petugasnya ๐Ÿ˜€ .

      1. edy

        Oya, mba’
        berdasarkan pengalaman orang2 yg nerima paket kiriman dari mba Nella di Indonesia, kr2 dikasih kode EMS ga ya oleh kantor pos indonesia sini?

        1. Dari sekian puluh ada 4 paket dg kode Ems, pdhl itu paket kecil, anehnya yg lbh berat lolos.

          1. edy

            Hehehe…
            lucu ya mba’ jd nx,
            ad2 z olah oknum dinegeri sini. ๐Ÿ™‚

  58. aku pun pernah lho kena pajak yang mencekik gitu. beli barang seharga 62usd. Kirim nya pake DHL. Masa kena pajak nya 850rb. Lebih tinggi dari harga barangnya dong..gue udah protes ke DHL tapi katanya ga bisa di nego. dan gue ga ngerti aturan per pajakan. Gue bilang kalo pun disuruh bayar 50% dari nilai barang masih gue bayar deh 300rb. Lha ini pajaknya lebih mahal kan gue males bayarnya. Manapun isinya casing iphone doang *sigh*

    1. Nah tuh dia klo pakai jasa selain pos tidak bisa di nego, soalnya resmi ada suratnya. Trus kamu bayar Dhit pajaknya?, mahal banget 850rb? ๐Ÿ™ .

  59. dulu adek saya pacaran sama pria di itali, pria dari itali itu ngirim boneka kelinci untuk adek saya, itu aja saya udah ikutan seneng banget, ngga nyangka jarak jauh [beda negara bok] ngga menghalangi mengirim paket ๐Ÿ˜€ , bahkan ketika hubungan sudah berakhir saya yang menyimpan box dan ucapannya – hahaha [kok jadi saya] untungnya ngga kena pajak, namun ya itu ongkos kirimnya ya keluar negeri alamak, antara apa yang dikasih sama ongkosnya kadang mahal ongkosnya ๐Ÿ™ – tapi wajar sih ya, avtur kan ngga murah [lalu bingung menyalahkan siapa-hahaha]

    1. Klo bukan barang mewah ga kena pajak. Jika nilai barangnya dibawah 50 USd juga ga kena pajak ko ๐Ÿ˜‰ .

  60. Waaah mahal banget kak Nella pajaknya 1,5jt. Kalo biaya pajaknya bisa nego2 gitu, enak di bea cukainya ya pasti dimahal2in hahaha

    1. Yang bisa di nego yg kantor pos, klo dari jasa pengiriman lain resmi ada suratnya.

      1. benny

        Ikut nimbrung sis
        Ni saya pingin beli barang dari luar negri tp ndak tahu cara nya
        Udah coba email bisa kirim indonesia menggunakan United States International Priority Mail itu nanti jatuh nya di kantor pos ya sis ?
        Berat nya kurang dari 1 kg harga nya 250 USD berupa elektronik pendapat sis gimana ?
        Biasa berapa lama barang nyampek ?
        Untuk kirim uang yang aman untuk menghindari penipuan pakai apa ya sis ?
        Tolong pencerahan nya

        1. Dear bro Benny belum beli kan? kalau saya boleh saran lebih baik tidak usah beli elektronik dari LN karena pajaknya bisa setara dg nilai barangnya. Coba cek pajakanya di Daftar barang kena bea cukai Indonesia http://ems.posindonesia.co.id/custom.html kalau saya baca sih pajaknya 10% namun pada kenyataannya pajak bisa membengkak. Kalau ada teman atau kerabat yg kebetulan sdg bepergian ke LN bisa dititipi saja. Proses pengiriman barang berdasarakan pengalaman saya kalau dari Jerman ke Jakarta paling cepat 1 minggu paling lambat 4 bulan (setelah dikomplain).

          Setiap kirim paket saya gunakan jasa pos tercatat jadi saya bisa cek barangnya sampai mana (2 minggu ini web pos indonesia malah bermasalah tidak bisa cek barangnya ๐Ÿ™ ). Biayainya beda sedikit dg paket biasa. Dengan pos tercatat klo barang hilang diganti, namun paket saya selalu dibawah 50 USD.

          Kirim uang ke toko online atau teman bro? kalau ke teman bisa gunakan https://www.worldremit.com .

          1. adnan

            Apa ya yang membedakan biaya bungkus ulang dan jika hanya kena beaya lalu bea? biasanya hanya beaya lalu bea sebesar 3000+10% 3300 kok sekarng kena beaya bunkus ulang? 7700

          2. Kalau kena Rp.7.700 paketnya dimasukkan plastik. Rp.3000 nya untuk biaya bongkar (cek isi paket).

          3. adnan

            Betul bu memang begitu pertanyaanya wong biasanya tanpa bungkus ulang ini kok tiba-tiab harus bungkus ulang? padahal puluhan paket yang sudah masuk tanpa bungkus ulang apa yang membedakanya? he he he

          4. Mungkin kantong plastik pos lagi banyak pak, jadi manfaatin customer untuk beli hehe. Saya juga heran ada yg pakai plastik ada yg tidak, padahal berat paket dan kardus sama persis.

          5. adnan

            OK bu makasih banyak infonya saya tanyakan kepada petugas posnya mereka juag bilang tidak tau ha ha ha ๐Ÿ™‚ mungkin menaikan fee kali ye (y)

          6. Petugas hanya menjalankan perintah pak hehe ๐Ÿ˜€ .

Leave a Reply