Perjuangan Membuat Ketoprak

loading...

Berbahagialah kamu yang bisa membeli jajanan di abang-abang lewat atau pergi ke pangkalannya. Saya mau cerita perjuangan membuat ketoprak. Sampai seminggu loh menggumpulkan bahan-bahannya hingga lengkap πŸ˜€ .

Bahan utama yang dibutuhkan membuat ketoprak seperti tahu, tauge dan bihun. Sambal kacang butuh kacang yang ternyata tidak mudah cari kacang tanah disini, mau pakai selai kacang sama tidak ya rasanya? Apakah kamu pernah mencoba membuat sambal kacang dari selai kacang? πŸ˜• .

Hari pertama saya keliling 2 supermarket mencari tahu, tidak ketemu. Pas lagi main ke kota lain, pergi ke supermarketnya β€œtahu” tidak ketemu juga. Saya temukan tauge dan bihun, beli dulu aja.

Toge = Mungobohnen. Harga 0,99 Euro (Rp.12.800) kalau tidak salah 100 gram.
Bihun = Laksa glasnudeln 1,49 euro (Rp.19.370) 100 gram.

Ternyata bihun di Asian Markt lebih murah berat 250 gram harganya 1,39 Euro. Lain kali beli di toko asia saja.

Kemudian saya ingat ada toko asia dekat rumah, tepatnya sih toko India. Ada toko asia lain (Asia laden) cuma tidak jelas nih toko, selalu tutup, kalau mau beli sesuatu harus ngebel dulu, itu juga tidak langsung dibukain, males deh kesitu.

Di toko India saya membeli:

Kacang tanah berat 375 gram harga 2,49 euro (Rp.32.000)
Bihun
Kerupuk Thailand
Ketimun
Bawang Merah asal Srilangka. Bawang merah di Jerman bentuknya lonjong, namanya Schalotte, kalau dibuat bawang goreng tidak bisa kering, jadi saya beli yang bulat di toko asia.
Cabe hijau
Cabe kering, disini lebih murah loh.

Kerupuknya setelah saya coba goreng, tidak enak, tawar, kapok beli.
Cabe hijau asal srilangka pedesnya amit-amit, saya pikir mirip cabe hijau Indonesia yang tidak pedas.

Belanja Pritilan begini aja 8 Euro, dirupiahkan 104rb, mending beli ketopraknya di abang-abang
Belanja Pritilan begini aja 8 Euro, dirupiahkan 104rb, mending beli ketopraknya di abang-abang

Belanja pritilan seperti di foto diatas saja habis 8,05 Euro (Rp.104.000), kalau beli jadi ketopraknya bisa berapa piring tuh? :mrgreen: .

Tetap belum ketemu β€œtahu”. Jadi saya bikin gado-gado ketoprak ala saya.

Bahan gado-gado ketoprak ala saya:
Bihun
Sayuran terserah kamu (saya pakai wortel, buncis dan toge) direbus setengah matang.
Ketimun

Bumbus halus (sambal kacang):
100 gram kacang tanah
2 siung bawang putih
1 siung bawang merah,
Cabe merah
Cabe rawit
Kemiri
*tidak harus: Andaliman (Merica Batak).

Semuanya saya ongseng dulu dengan api kecil, supaya harumnya keluar. Mama saya sering bikin sambel begitu, jadi saya ngikut.

Kira-kira ongseng 15-30 menit, kemudian semua bahan saya blender sampai halus, berikan sedikit garam dan sedikit air. Diulek dilumpang sebenarnya lebih bagus, hanya saya pilih yang praktis dan cepat hehe.

Sambelnya pedes sekali sampai perut panas selesai bersantap 😯 .

Perpaduan Ketoprak dan Gado-gado ala saya
Perpaduan Ketoprak dan Gado-gado ala saya

Selang beberapa hari, ketika berbelanja ke supermarket nemu β€œTahu” horeee :lol:. Siap-siap bikin ketoprak dong. Tahu = Bio Tofu 300 gram harga 1,49 Euro (Rp.19.000).

loading...

Resep Ketoprak:
Bahan:
1 buah tahu putih
Toge
100 gram bihun

Pelengkap sebenarnya pakai kerupuk, cuma kerupuk yang beli di toko Indonesia sudah habis saya lahap. Mau beli lagi mahal ongkos kirimnya.

Cara membuat ketoprak:
β€’ Tahu di potong dadu, goreng hingga kecoklatan.
β€’ Toge cuci bersih dan rebus setengah matang.
β€’ Seduh bihun dengan air panas dan tiriskan.
β€’ Berhubung saya masih punya wortel sekalian saya masukkan.
β€’ Siapkan piring saji, taruh tahu, toge, bihun lalu siram dengan bumbu kacang (resep lihat atas) berikan kecap manis jika suka.
β€’ Jika ada bawang goreng bisa ditaburkan dan juga kerupuk jika ada.
β€’ Selamat menikmati πŸ™‚ .

loading...

Menurut saya “Tahu” nya tidak seenak yang di Indonesia, yang saya beli disini sangat padat dan buyar kalau digigit πŸ˜• , sedangkan tahu Indonesia kenyal.

Bihun dan kacang tanahnya produksi Cina. Pas makan kalau ingat asal produknya, serasa nyangkut makanannya dileher hehe, ragu gitu aman tidak ya bihun dan kacang tanahnya 😳 . Kacang tanahnya sih perusahaan importirnya perusahaan Belanda, cuma ya produksi Cina.

Sudah puas makan ketoprak, sekarang tidak mau ngiler dulu ah kalau melihat foto-foto makanan Indonesia, selain repot cari bahannya, harga bahan-bahannya mahal.

Itulah perjuangan saya membuat ketoprak, apakah kamu pernah mengalami hal yang? Membuat menu apa? πŸ˜€ .

 

Tulisan Terkini

About these ads

163 thoughts on “Perjuangan Membuat Ketoprak

  1. Emilia

    Waw, perjuangan sekali bikin ketopraknya, Mb. Tapi selamat ya, akhirnya berhasil! Jadi ngerasain di posisi Mb. Super kangen makan indonesiaa. hehe. Anyway saya mampir ke sini karena lihat comment Mb di lapak Trinity traveler. Salam kenal dan have great adventures forward!

    1. Hai Emilia salam kenal ya, terima kasih sudah berkunjung πŸ˜‰ .

  2. ded

    Kalau di tempat saya harga satu porsi ketoprak Rp 10.000,- berarti untuk bahan2 sebanyak Rp 104.000+ Rp 19.000 dapat sekitar 12 piring ketoprak….:)

  3. Nisa

    Ya ampuunn mba nella..wes mahal n lama juga ya ngumpulin bahan2nya huehuehe. Aku baca yg bagian buat sambal kacang pake selai kacang ampe keselek fanta soale lagi sembari minum ini hehehe. Mba nel kurang krupuk merah ituuu mbaa….ketoprak n gado2 enak krupuknya banyak. Ups…dijerman ada gak yah yg jualan krpuk ?? :/

    Blog/url nisadanchicco.blogspot.com dihapus karena blog tidak aktif lagi. Update 13.01.2016.

    1. Haha ga cocok ya Nis? Soalnya awalnya susah cari kacang tanah, jadi mikir bisa ga pakai selai kacang πŸ˜† . Krupuknya sdh habiss, mo beli online mahal ah ongkos kirimnya.

  4. ded

    He3 demi sepiring ketoprak untuk mendapatkannya penuh perjuangan. Mudah2an nella menikmatinya.
    Klo di komplek saya harganya 10 ribu, jadi kalau 104.000 + tahu19.000 = 121.000, saya dapat 12 porsi ketoprak yang benar-benar enak.

    Sayang abang kotopraknya sudah meninggal sekitar 2 bulan yang lalu, dan sejak beberapa minggu yang lalu saya lihat gerobaknya sudah dikelilingi rumput. Setelah ini mudah2an saya akan buat tulisan tentangabang ketoprak ini.

    1. Haha banyak sekali ya pak bisa dapat 12 porsi πŸ˜€ . Turut berduka cita buat si abang penjual ketoprak. Mungkin klo ada keluarganya yg meneruskan usahanya, masyarakat tetap bisa menikmati sedapnya ketoprak.

      1. ded

        Maaf Nel, saya penasaran kok komen saya ga masuk ? eeeh teranyata ada, tapi saya sudah terlanjur komen lagi πŸ™‚

        1. Masuk semua pak Ded tpke spam box melulu πŸ™ . Setelah saya pindahkan ke inbox dan approved baru kelihatan. 2 komen terakhir ini langsung masuk ke komentar ko. Semoga besok-besok lancar πŸ™‚ .

  5. Aku lbh suka ketoprak pake sayuran mentah kak…
    btw, cb deh sausnya diganti brazillian nuts atau kacang mede, pasti lbh asoy!

    1. Klo sayuran mentah namanya karedok. Aku pengen bikin juga cuma bahan-bahannya susah dicari. Thanks buat saran sausnya lain kali ku coba πŸ˜‰ .

  6. […] yang mungkin kalian tertarik membacanya : β€’ Mangulosi Pada Pernikahan Batak β€’ Perjuangan Membuat Ketoprak β€’ Cinta via Biro Jodoh Online β€’ Relationship – Beatifully Imperfect β€’ Kontrakan Baru, […]

  7. nyapurnama

    whoaaa mahal banget Kak Nel.. harus banyak2 bersyukur masih bisa leluasa makan ketoprak.. x))))

    nyapurnama.com linknya dihapus karena domain tidak aktif lagi. 22.02.2016

    1. Serba mahal disini, biar sudah bikin sendiripun bahan-bahannya mahal. GppΓΆah daripada harus terbang ke Indo buat makan ketoprak πŸ˜€ .

  8. Kalau mau buka cathering ketoprak misalnya bakal habis biaya di bahan-2 ya, muahal bo. Tapi salutlah dengan semangatnya memanjakan lidah :).

    1. Iya mbak mending ga usah buka catering ah, harga bahan-bahannya mahal banget πŸ˜† .

  9. arianimartini

    kalau nanti pas ngidam pengen masakan indonesia semua gimana Mbak?biayanya lumayan ya?….salut dgn perjuangannya….

    1. Belum pernah ngerasain ngidam sih mbak, paling ya ditahan kali hehe.

      1. arianimartini

        Jangan ditahan nanti dedeknya ngiler lho…..hehehe

  10. Selamat nel sukses olahannya. Jadi dijual berapa seporsi? hehe

    1. Tidak bernilai Den haha, hanya untuk konsumsi pribadi πŸ˜† .

  11. ardika

    Kalo lihat fotonya bikin ngiler mbak. Tapi kalo tahu harganya tadi langsung ga jadi. Di sini udah bisa beli 21 piring mbak

    1. Haha banyak sekali 21 piring, bisa traktir sekeluarga πŸ˜€ .

  12. surga ya mbak negara kita kalo soal jajanan πŸ™‚

    salam
    /kayka

    1. Iya mbak, Indonesia topnya kuliner, pokoknya klo mudik puas-puasin wisata kuliner πŸ˜€ .

  13. Mantap, selain jago bercocok tanam, bisa bikin ketoprak juga ya …. ada rencana bikin rumah makan ketoprak di Jerman? Hehehe Ketoprak itu ciri khasnya bumbu kacangnya. Btw bahan-bahannya kog mahal gitu ya? Mendingan ditanam aja sekalian Nella, jadi kalau mau bikin ketoprak tinggal ambil dari kebun πŸ˜›

    1. Bikin rumah makan ga lakuu, bule ga suka sambal kacang, suamiku dan adik ipar prnh makan gado2 mereka bilang aneh sambal kacangnya πŸ˜€ .
      Mahal bahannya krn impor.

  14. dian_ryan

    hihihi berarti bersyukur banget yah mba disini kalo mau ketoprak atau gado/gado ga perlu pake usaha, cuma tinggal bilang “bang, ketopraknya satu yah, pedes” murah pula ga nyampe 10 ribu πŸ™‚

    ( link dianryan.blogspot.com dihapus karena domain tidak aktif lagi. 06.10.2016 )

    1. Haha iya tinggal ke luar rumah kadang sdh ada yg mangkal. Indonesia paling mantap klo soal kuliner.

  15. wah ribet juga ya mau buat ketoprak di jerman. tapi yang penting hasilnya memuaskan ya mbak.

    1. Iya yg penting kesampean nyicip. Thanks ya Ilham.

  16. Ahh.. Bener bgt kak, kalau udah jauh memang penuh perjuangan ut makan yah πŸ˜€

    Kalo Py bukan bikin sih, jadi ada makanan Manado namanya Perkedel Nike, disini susah nemu yg rasanya mirip sama yg di sana. Jadinya kudu dibawain lgsg.. πŸ˜€

    1. Perkedel Nike baru dengar, bumbunya khusus ada di Manado kali ya, jadi rasanya beda klo beli di kota lain πŸ˜€ .

      1. Ikannya sih kak, dia cuma ada di Danau Tondano πŸ˜€

  17. Guten morgen aus “Tulus”, France! πŸ™‚ Nella, all looks sooo yummy, may I come over, bitte?… πŸ˜‰ Have a great Monday and a formidable week! My very best and good luck in all your endeavours & friendly thoughts, MΓ©lanie
    – – –
    Danke schΓΆn for your constant visits at the New Playground… πŸ™‚

    1. Guten Tag Melanie πŸ™‚ . Thank you for your nice comment.

  18. Bikin ketoprak aja, mahal banget ya mba… hehehe
    BTW cabe ijo buat apa ya mba… πŸ™‚

    1. Cabe merah malah Rp.120rb sekilo, jadi saya campur dg cabe ijo yg pedes juga.

  19. Wah, beruntung sekali kami yang ada di Indonesia πŸ˜€
    Saya pernah berjuang mencari lengkuas ke sana kemari enggak ada, saat itu mau bikin sayur lodeh. Saya nyarinya di beberapa warung dekat kost, enggak ada lengkuasnya. Saya enggak ke pasar besar, karena jauh. Akhirnya coba beli di Ibu-ibu yang jual nasi warung, lengkuasnya habis. Akhirnya ketika hampir menyerah, lengkuasnya ada di warung ibu jual lontong πŸ˜€
    dikasih gratis lagi πŸ˜€

    1. Hehe iya tuh yg punya warung lengkap bumbu-bumbuhnya, oke juga cara Risma cari lengkuas πŸ˜‰ .

  20. kalo orang orang disana pada suka ketropak mba??
    kalo disini suka banged mba… 8ribuan udh dibikin nyenyak tidur, soalnya satu porsi bnyaak banged hhee

    1. Yg suka orang Indonesia doang πŸ˜€ . Suamiku ga suka bumbu /sambal kacang aneh katanya πŸ˜† .

      1. hehe… klo pada suka lumayan tuh dagang ketropak disana,
        padahal mah justru bumbunya yang bikin saya demen ama ketropak πŸ˜€

  21. Belum pernah ke luar negeri Mbak
    Kemarin teman di AMrik, aplot tempe. katanya puas banget bisa makan tempe hehe

    1. Ribet bikin tempe, cari ragi tempe juga susah ah πŸ˜€ .

  22. Waaaa.. akhirnya bikin ketoprak juga Nel?
    Emang ya kalo diurut2 harga bahannya mah bikin sakit hatiiii.. manalah susah pula karena banyak printilannya. Untunglah aku sekarang udah ga ngidam ketoprak lagi.. hahaha.. tapi sekarang cari siomay.. nah loooh.. :))

    1. Minta resep somay nya dong Be :Grin: .

  23. Baca tentang ketopraknya Mba Nella jadi kepikiran…kangen teh botol ga Mba hehee πŸ˜† cocok tuh ketoprak sama teh botol atau ngebaso minum teh botol.Ketopraknya ga pake lontong/tupat Mba?kalo aku ga makan tauge,ga suka.Ketoprak juga udah jarang. Aku ngurangin makan karbo,kalo pun makan nasi itu nasi merah.daginh merah juga ga.ttssskk…susah makannya aku -_-

    1. Ga terlalu pengen teh botol, paling aku nyeduh teh πŸ™‚ . Ketopraknya ga pakai lontong, soalnya diresepnya tanpa lontong.

      1. Ooohhh kalo aku Mba…es teh manis itu paling nikmat πŸ™‚ mau makan apa aja,di mana aja…pasti minumnya es teh manis. Ga kreatif nafsunya hehee

  24. Ahahaha, 104 ribu untuk makan ketoprak? :mrgreen:
    Tapi yg penting rasa kangen makanan indonesianya kesampaian kan mbak πŸ˜€

    1. Iya yg penting kesampean makannya πŸ˜‰ .

  25. Ya ampun, mahal banget mbak totalnya! Wah, saya jadi bersyukur bisa makan banyak makanan favorit di Indonesia ini. Murah-murah lagi, hehe….
    Tadi malam saya habis nyoba makan nasi goreng khas Aceh di sebuah warung khusus masakan Aceh. Bumbu rempah-rempahnya mantap. Pedas tapi enak. Jarang banget bisa nemuin masakan seenak itu, hehe….

    1. Kenapa nasgor Aceh namanya? Rempah2nya mungkin asli dari Aceh ya?.

  26. Selamat mbak.. Akhirnya kesampaian jg makan ketoprak.. Aku jd inget bebe yg perjuangan bikin ketoprak, dan dia jg bikin ketoprak dgn segala upaya… Namanya jg kangen makanan indo yaa.. Jd tetap hrs berjuang mau makan hehehe… Kita yg di indo kdg ga sadar betapa enak2nya kuliner disini, penjualnya byk, tinggal panggil abang ketoprak hehehe…. Btw.. Kalau pulang ke indo mgkn bs stok bawa bumbu2 masakan yg udh jadi mbak, yg udh dibungkus2in tuh.. Tp kalau bumbu ketoprak mgkn blm ada ya hehehehe….

    1. Nah tuh aku bawa bumbu2 dari Indo malah sebagian besar kebuang 2 thn ga pernah dipakai, kadaluarsa deh πŸ˜† .

  27. aku gak doyan ketoprak, menurutku rasanya aneh dan terlalu banyak karbohidratnya. Btw, tiap pagi aku nungguin tebengan disamping abang ketoprak. Banyak juga orang Indonesia yang sarapan ketoprak, padahal itu termasuk makanan besar.

    Sepiring ketoprak di German jadinya mahal banget ya Mbak.

    1. Klo pakai lontong mungkin jadi banyak karbohidratnya. Di Indo sarapan memang berat, klo makan roti ga nendang 1 jam lapar lagi πŸ˜€ .

      1. Soalnya roti disini kebanyakan pengembang, ga penuh gandum.

  28. hahaha… yaampuuunn mbak Nella.. demi mau makan ketoprak aja perjuangannya berat πŸ™‚
    mbak Nisa atau teh Nengwie itu kok sering masak makanan Indo tanpa kesulitan nyari bahan-bahannya yaa mbak.. teh Nengwie klo gak salah di Nunberg (bener gak tuh nulisnya)

    paling lucu pas bagian inget bahan makanan produksi Cina trs jd bikin makannya nyangkut di leher.. huahahaha… emang gmn ceritanya mbak? produk Cina gak aman ato gmn?

    1. Klo rumah kita pas dekat toko asia ya gampang cari bahan-bahannya. Klo beli online sdh mahal trus bayar ongkos kirim juga πŸ™ .
      Soalnya Cina terkenal sbg negara yg produksi barang2 & produk makanan murahhh cuma ga jelas kualitasnya.

  29. ya ampun mba Nel, seminggu yaaa mau buat ketoprak doang hahaha. gimana kalo mau buat rendang, lontong, semur dll? kebayang kalo lebaran/natal disana.

    1. Males Non bikin yg susah2 gitu ribett cari bahannya πŸ˜† .

  30. Lama dan mahal ya barangnya…
    tapi akhirnya terwujud juga,selamat mbak..

  31. hehehe bener2 penuh perjuangan ya.. πŸ™‚
    di deket rumah kita untungnya ada restoran indo yang ketoprak nya lumayan enak. jadi ya kalo pengen ketoprak tinggal beli aja πŸ˜€

    1. Di tempat gue ga ada resto Indonesia, beruntung deh yg dekat resto Indo.

  32. Untungnya gak jadi ketoprak humor bu..he. Walah, belanja segitu aja 8 euro bu..?? Kalo di Indo paling2 25 ribu..he

    1. Ketoprak humor mungkin lebih mahal lagi yaa πŸ˜† .

      1. Ha..bisa murah, bahkan gratisss bu..smangat ibu. Moga smakin produktif dalam mencipta sesuatu..

  33. hahahahaha bahagia itu sederhana salah satunya kalo pengen jajanan begini tinggal panggil ya di Indonesia, Nel. Ya gapapa deh kau kan bisa makan ketoprak di taman yang indah dan seger itu. Bener bener perjuangan si ketoprak ini ya hahahaha ngumpulin bahannya aja seminggu, makannya berapa meniiit?
    Itu ketoprajk buatamu bintang 5 deh Nel.
    Aku pernah nyoba bikin taiwan ice tea resepnya Fascha, enak sih tapi susah payah dan bahannya 35 rebuan padahal kalo beli ya 23 rebu udah yang Large hihihi tapi puas udah pernah nyoba bikin kan jadinya

    1. Sekarang sih aku baru bisa nyadar betapa bahagianya tinggal di Indonesia, apa-apa murah dan mudah didapat. Apakah yang tinggal di Indonesia sendiri menyadari hal tsb? hehe πŸ˜€ . Taiwan ice tea dari namanya aja sptnya ribet buatnya. Iya ada kenikmatan tersendiri kalau bisa bikin πŸ˜‰ .

  34. Di tempatku gado-gado atau ketoprak 7 ribu udah pake telor, Mbak.
    Jadi kalo 104rb dibagi 7rb, aku bisa makan sampe 14an porsi.
    Duh, ajak Mbak Nella sama temen-temen lain deh, gak bakal sanggup soalnya πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

    1. Hahah 14 porsi buat 2 minggu ya Win πŸ˜€ . Asyik diajak makan ketoprak πŸ™‚ .

  35. modal bikin ketoprak di sana mahal ya mbakkk.. :'(

    1. Iya mahal banget, makanya pengenya jarang-jarang aja ah πŸ˜† .

  36. Alhamdulillah akhir nya kesampean juga yaa bikin ketoprak πŸ™‚ kalo ke indo nanti aku traktir makan ketoprak sepuas nya yaa hahaha. Di deket tempat ku cukup 15 ribu dan itu pake campuran kacang mede

    1. Benerr yaa.. asyikk sudah ada 2 orang yg akan traktir aku πŸ˜† . Btw ko ada yg 8rb, 9rb pake telor, nah kenapa di tempat Cumi mahal 15rb?? πŸ˜€ .

  37. disini ketoprak 1 piring cukup 9rb aja,, udah pke telor mba ^_^

    1. Murah banget πŸ˜€ . Tidak pakai telur Rp.8rb ya?.

      1. 7rb kalau ga pakai telur mba,, πŸ™‚

  38. kalau tahunya hancur saat digigit biasanya murni nggak pake bahan kimia,mbak..

    1. Oo gitu ya, tapi saya ko lebih suka yg kenyal gitu, mungkin krn sdh terbiasa tahu kenyal, begitu makan yg hancur berasa aneh πŸ˜€ .

  39. wahhh,, alhamdulillaaaah saya meskipun merantau ke luar pulau juga tapi tetep masi bisa jajan ketoprak.. hehe.. dalam negeri ini.. :- D *merasa bersyukur*

    1. Beryukurlah yg masih di wilayah Indonesia πŸ˜€ kulinernya enak-enak.

      1. bener mbak Nella.. tapi saya sebenernya juga penasaran sama kuliner Jerman lho.. πŸ˜›

        1. Aku agak bosan dg kuliner Jerman πŸ˜€ .

          1. paketiiiin sini Mbaaaak.. *ngecess*

            nanti tak ganti glindingin duren wkwkwk.. :- D

      2. iya Mbak Nella,, jajanan indonesia enak-enak.. tapi sebenernya saya juga penasaran lho sama kulinernya Jerman.. πŸ˜›

  40. Hahahaii fotonya menggiurkan kak πŸ˜€ aku pernah juga kak waktu itu pengen makan lupis, tapi tak ada dijual seenak lupis Medan disini πŸ˜€ jadinya bikin sendiri dehh πŸ˜€

    1. Ooo lupis Medan enak ya, kapan-kapan ke Medan coba cari ah πŸ˜‰ .

  41. wkwkwk…. makanya kak, pesen dari sini. nanti saya Email bahan2nya.#lhooo, pie caranya :D#

    1. Haha kamu email resepnya ya dan fotonya πŸ˜€ .

  42. aaah lihat fotonya jadi ingin ketoprak juga..

    1. Hai Nin di Amrik banyak toko asia ga?. Ayo bikin juga πŸ˜‰ .

  43. KSATRIO PINANDHITO

    Oalah. Mau makan ketoprak aja repot begitu ya, mb nel. Kalo disini mah tinggal keluar rumah, ada banyak tukang ketoprak mangkal di pinggir jalan.

    1. Iyaa dulu juga gitu, keluar rumah “bang 1 piring ketoprak yg pedes yaa, kerupuknya banyakin” πŸ˜† .

      1. KSATRIO PINANDHITO

        Haha… mau nambah juga tinggal teriak dari dalem rumah ya, mba. Syahdu… :p

  44. Makannya pasti lebih nikmat karena perjuangannnya ekstra ya , Nel..

    1. Iya mbak, untungnya nikmat klo ga enak kapok bikin lagi hihi.

  45. Mahal ya ketopraknya mbak. Hehehe.. jadi laper deh liatnya pas jam makan siang gini. Di medan ga ada tuh yg jual ketoprak. πŸ˜€

    1. Oo di Medan ga ada, berarti ketoprak hanya ngetop di Jakarta kali ya πŸ˜€ .

  46. aaaakk 104 ribu mba neeeell, disini bisa dapet sama abang-abangnya sekalian kayaknya deh *lebay* *gak gitu juga kali* x)))))

    emang sama yang produksi cina itu jadi suka gimana gitu ya mba hehehe πŸ˜€

    1. Hahaha iyaaa Rin di tanah air, si abangnya juga bisa dibungkus ya πŸ˜€ .

  47. Halah, mau bikin ketoprak aja rempongnya setengah mati ya Nel. Nasib hidup di negeri orang pas kangen masakkan Indonesia tuh menderita ya Nel πŸ™‚

    1. Lebih menderita kalau pengen makan trus malas bikinnya, maunya langsung makan πŸ˜€ .

      1. Iya, alamat mahal ya Nel πŸ™‚

  48. Wah mahal juga ya harga bahan-bahannya
    itu belum ongkos membuatnya … hehehe

    Membuat dan Makan makanan Indonesia di negeri orang memang rasanya luar biasa …
    Maaf Lahir Batin ya Nel

    Salam saya

    1. Hehe ongkos buatnya gratis om hehe πŸ˜€ .
      Maaf lahir batin juga ya om Nh πŸ˜‰ .

  49. ka, kapan balik ke jakarta ? aku traktir makan ketoprak gimane ? terserah kk deh mo makan berape piring. mo kita tongkrongin tuh abang-abang dari pagi sampe sore, oke deh ! Hahaha … kesian banget deh ka, makan ketoprak aje sampe berjuang ( kalah deh pejuang 45 ) … wkwkwkwk …

    btw, usaha sama rasa ketopraknya sama gak ka ? ngerinye gak sama trus kk kesel, balik ke jakarta, open house-nye ketoprak semua menunya. wkwkwkwk …

    paling gak udah punya list yang harus dibawa sodara-sodara yg pengen berkunjung ke sana, ka. bawa : kacang tanah, tahu, toge, bihun yg semua ASELI Indonesia. hihihi …

    1. Hai Evy, wahh beneran nih ditraktir?? πŸ˜€ . Rasanya mantap ko, dari bahan-bahan yg kubeli bisa bikin 3 piring lumayan buat santap 2 hari. Iya klo ke Indo ntar kuborong bahan-bahannya πŸ˜‰ .

      1. evy doloks

        bener ka ! info-info kalau mau datang ya. kita makan ketoprak sepuasnya ! hehehe …

        1. Sippp πŸ˜€ . Klo ke Indo aku update deh di blog πŸ˜‰ .

  50. Wah salut perjuangannya untuk bisa makan ketoprak, Mbak πŸ˜€
    Memang kadang kalau udah kangen makanan tradisional suka bikin repot, apalagi kalau di sekitar kita gak ada yang jual. Mbak Nella untung masih bisa bikin sendiri meskipun penuh perjuangan.

    1. Iya Chris untung masih bisa ketemu bahan-bahannya, walaupun harganya mahal πŸ˜€ .

  51. wah kakak, perjuangannya berat juga ya hehehehe… tapi ketoprak biasanya ga pake wortel kak. cuma toge, bihun, tahu.. timun juga kadang suka ada yg ga pake… waktu kapan aku pengen coba bikin juga, cuma males…beli sama abang2 depan gang cuma 8rb perak hehehehe…

    1. Haha Iya Mel ini kak ketoprak ala saya πŸ˜† . Daripada wortelnya ciut dikulkas jadi sekalian dimasukkin. Iyalah klo murah kenapa harus bikin sendiri ribet malah πŸ˜€ .

  52. Yaampiiunnn Mba Nel. Ketoprak seharga seratus rebu.. Hihihihi. bisa dapet 8-10 piring di deket kantor. πŸ˜€
    Tapi dari potonya keliatan enak sekali Mba Nel. Hehehehe

    1. Iya Dan, makanya pas sudah terkumpul semua bahan, aku hitung harganya waduhh ko mahal sekali πŸ˜† .

  53. Kok jadinya aneh ya mbak? Haha…

    1. Hahaha yang penting rasanya, ya pasti ga mirip banget dong, saya bukan tukang ketoprak πŸ˜† .

  54. Ria angelina

    hahahahahaha.
    aku pikir mungkin aku juga akan mengalaminya.
    kamu tidak kangen Tempe nel..

    kadang kalau aku kejakarta aq tidak lupa makan ketoprak, nasi uduk, bubur ayam,gorengan di pingir jalan and satu lagi yg bikin kangen kalau ke jakarta

    SEMUR JENGKOL..

    nendang hahahahaha.

    1. Hai Ria, bulan lalu aku beli kerupuk tempe. Sejauh ini belum terlalu pengen banget tempe, sering lihat cara bikinnya sendiri, waduhh ribett πŸ˜† . Huhuhu jangan sebutin jajanan Indonesia bikin pengen. Semur jengkol haha aku baru sekali nyoba dulu teman ada yg bawa.

    2. Ria angelina

      iya kalau mau gudeg aku paketin dari yogya
      ma kelupuk udang and daster batik khas yogyakarta.
      hehehe.

      iya kangen juga ya ama..
      bakso bakso teng teng teng.

  55. duh jadi inget beli ketoprak satu porsi udah bikin kenyang aja cuma 8rb..hmm.. jadi berapa kali lipat gitu yaa kalo bikin sendiri disana :3

    1. Haha iya murah banget ya 8rb πŸ˜€ . Makanya saya mikir klo ga pengenn bangett mending ga usah, mahal bahan2nya πŸ˜† .

      1. akhir tahun mudik gak mba ke indonesia? hihi. puas-puasin makan ketoprak aja disini. hehe :p

        1. Belum tahu. Pokoknya pas mudik aku puas-puasin menikmati kuliner tanah air πŸ™‚ .

  56. yana

    Aduuuh mbak susah bnget ya, mau mkn kesukaan aja smpe cucah gtu. Klo lgi ngidem gmna donk?? Bsa ngeces mulu tu baby ntar. pdhal I Love indonesia foods. Yana Ga bsa klo Ga mkn sambel. Nie mata Ga bsa melek klo Ga mkn sambel . No energy , feel weak hahahhaha . Tpi kata cwok saya klo di holland bnyak asian foods, terutama indon.

    1. Disini orang-orangnya ga percaya ngidam Yan πŸ˜€ . Sambel aku bikin sendiri, ngulek sendiri, pernah 3-4 kali beli sambel botolan rasanya ga enak πŸ™ . Nah klo pas ada toko asia dan ada sambel produk Indonesia mantap deh enakk.

  57. Ganbateee sekali mba buat ketopraknya πŸ˜€ akhirnya jadi juga.
    Wahhh bahan makanannya muahal muahal yaaa TT_TT harus tahan tahan nafsu ni kalau kita tinggal di luar negri. kalau aku lebih suka gado gado mba ketimbang ketoprak. BTW gado gado itu beda kan sama ketoprak?? πŸ˜€

    1. Chitraa klo gado-gado lebih susah lagi cari sayurannya hiks 😳 . Iya beda, ketoprak isinya tahu, bihun dan toge. Gado-gado kan banyak sayurannya πŸ™‚ .

  58. Nice Post ! Aku sangat suka ketoprak. Kalo lagi pengen makan Ketoprak, dimanapun tukang jual Ketorprak berada aku samperin deh, tapi sayangnya yg satu ini jauhnyaaa. Di Jerman bo !
    duh jadi kangen Ketoprak nih, apalagi abis puasa. Hahay…. πŸ™‚

    1. Beruntung yang mudah beli ketoprak. Klo di Indo yg mangkal depan rumahpun ada πŸ˜€ .

  59. yana

    Aduuuh mbak ruwet bnget ya, kcian mbak ku. Tpi kta cowok Saya klo di holland Ga se susah gtu dech. Mau mkn model apa aja ada. Hehehe.. Klo saya Ga mkn sambal mata Ga bsa melek, no energy feel so weak . Mbak ntar klo yana uda di holland bleh main ke rmh mbak nella? Sya mau jln” ke kebun bunga mbak nella. Saya rencana thn dpn nikah di rotterdam. Insyaallah mbak, klo Tuhan menghendaki semga dia lah pelengkap hidup saya.

    1. Hai Yana iyaaa di Belanda sih gampang cari toko asia dan harga produk disana lebih murah, ntar klo pas ke Belanda aku mau borong hehe. Semoga lancar acaramu ya ya Yan, boleh kalau mau main, asal jangan pas winter kebunku tutup πŸ˜† .

      1. yana

        Mbk nella jgn kwatir dech. Yana klo prgi holland ntar tak bawain bahsn dari indon ya. Ga bnyak ciii tpi dikit ya. Mbak blng aja Ga usa sungkan. Tpi ntar klo yana main kermh mbak nella., Yana bleh numpang bobox alias sleep over night, ?? Of course with my husband. Tpi mas frank ksi ijin Ga ya ?

        1. Boleh kita ada kamar tamu cuma ya gitu deh kecil 😳 .

          1. yana

            Maaf lupa nie , mbak nella skrg. Tingl di swiss ato German ?? Gppa kecil yg penting bsa nginep gratis. Hehehe

  60. Selama di Rennes, saya masak yang mudah2 saja, mbak hehe.. misalnya pisang goreng, sop ayam, rendang, gulai ayam, udang asam-manis, nasi goreng, spaghetti, sarden, ayam panggang, dll.. kalau pengen makanan yang bahannya susah, saya tahan-tahan dulu sampai kembali pulang ke Indonesia hehe..

    1. Kalau pulang ke Indonesia masih lama, berat juga nahan pengen makannya πŸ˜€ .

      1. iya sih yaa.. si mbaknya pulangnya masih lama hehe.. jadinya mau ngga mau kalau kepengen masakan indo.. ya mesti buat sendiri hehe

  61. jadi buat ketoprak ini gegara ngiler lihat fotonya di blog teman?
    he..he…kudu usaha banget ya Nel mau makan ketoprak aja

    kl kk yg agak susah itu kalau mau buat lasagna, krn di dekat rumah nggak ada yg jual.., harus cari di supermarket gede

    1. Haha iya kak klo blog walking sering lihat foto-foto makanan jadi ngiler πŸ˜† . Kalau lasagna malah ditempatku banyak ditempatku kak πŸ˜€ .

  62. Terberkatilah saya yang tinggal di Belandaaa!! ya ampun, suseeehh bener ya dapet bahan-bahannya πŸ™ πŸ™ di freezer aja nel supaya tahan lama kalo gitu hahahaha!!! malam ini gw bikin mie ayam soalnya suami suka bgt sama mie ayam (tp minus pangsit dan minyak ayam, gw ganti sama bouillon aja). Ketoprak disini di toko harga seporsi 7-8 euro an. Trus kalo mo bikin sendiri sih gampang, tinggal ke toko asia naek metro bentar udah deh πŸ˜€ .. Bio tofu itu bagus loh nel soalnya kadar gluten nya kalo gak salah rendah dan kadang nol persen gluten (gluten free) Kalo tahu biasa yg di toko asia yg produk nya dari Indo atau Thailand yaahh yg kayak kita biasa makan ya, kenyal. Rencana kalo sempet minggu depan mau bikin soto betawi..semoga aja jadi :p

    1. Oppie ahhh kau bikin ngiler aku deh πŸ˜₯ . Kulkasku ga ada freezernya 😳 . Iya aku nyari tahu yg kenyal belum nemu. Bulan depan rencana suami & aku ke Belanda, belum pasti sih, kalau jadi mau borong produk makanan dari toko asia, trus bibit-bibit tulip kan bulan depan mulai keluar, pasti di Belanda lebih murah, mau borong juga πŸ˜† .

      1. Kalo ke amsterdam sekalian kopi darat yah nel πŸ˜€ ? Iya disini untungnya gampang bgt cari bahan2 makanan indonesia.

        1. Amsterdam jauh ga Pie dari Liessel dan Woudenberg?. Temanku ada yg akan nikah di Woudenberg, trus aku & suami nginep di Liessel.

          1. Eeekk dari Liessel jauh banget hihihi kalo dari Woudenberg sih 1.5 jam naek mobil…tp tetep jauh πŸ™

          2. Hiks jauh ya.. lihat ntar aja deh ya. Klo supirnya mau ya kita bisa kopdaran πŸ˜‰ .

  63. rusydi hikmawan

    semangat sekali buat ketopraknya, mba. saya suka makanan yg pake toge, kelihatan nikmat. setahu sy, kalo di sini, tahu yg mudah hancur biasanya gak dicampur bahan2 kimia, penyenyal makanan.

    1. Iya pak, tahunya mudah hancur, oo malah lebih bagus ya πŸ˜€ .

Leave a Reply

loading...