Akhirnya Setelah 2 Tahun

loading...

Judulnya agak lebay ya? :D. Setelah 2 tahun akhirnya .. saya makan ubi merah lagi dong πŸ˜† . Cuma mau pamer *ting ting kedip mata* :mrgreen: .

1. Ubi Merah
Saya hanya beli 1 buah berat kira-kira 300 g. Harganya 1 kg = 2.49 € (Rp.32.000). Pas di supermarket pengen banget makan ubi. Keesokan harinya hilang selera masak itu ubi. Selama 2 minggu di letakkin saja di dapur, akhirnya ubinya numbuh.

Ubi 2 minggu ga dimasak, malah jadi numbuh, tanam apa dimasak yaa
Ubi 2 minggu ga dimasak, malah jadi numbuh, tanam apa dimasak yaa

Setelah niat masak kembali hadir, saya kukus ubinya di rice cooker. Bawahnya masak nasi, bagian atas taruh ubi yang telah di potong-potong. Bagian yang numbuhnya saya potong, niatnya mau ditanam, kali aja bisa numbuh dan saya dapat ubi lagi kan πŸ˜€ .

Ubi di Jerman. Masak Nasi sambil ngukus ubi. Süßkartoffel
Ubi di Jerman. Masak Nasi sambil ngukus ubi. Süßkartoffel

Di Jerman Ubi disebut Süßkartoffel (kentang manis). Ini ubi ko setelah dimasak tidak manis ya, apa mungkin karena sudah tumbuh, jadi hilang rasa manisnya?. Tanya dong berapa harga ubi per kgnya di kota kamu? πŸ™‚ .

2. Pepaya
Selain ubi yang akhirnya saya nikmati kembali adalah buah pepaya. 2 tahun di tahan-tahan tidak beli pepaya, ga rela harganya yaa πŸ˜• .

Pepaya asal brazil  Berat 485 gram harganya superr mahal Rp. 32.000
Pepaya asal brazil Berat 485 gram harganya superr mahal Rp. 32.000

loading...

Harga pepaya 2,49 Eur satunya (Rp. 32.000). Ini pepaya kecil banget, berat 485 gram asal dari Brazil.

Sudah dua kali saya beli papaya. Beli masih hijau, begitu dirumah saya bungkus koran dulu supaya lekas matang. Dalam 2-3 hari jadi kuning kulitnya. Setelah bersih dikupas dan di potong-potong, saya masukkan kulkas dulu. Nikmati ketika cuaca panas sedap sekali. Ga nyesel belinya karena rasanya manis sekali.

Pepaya asal brazil  gpp deh mahal yg penting puass manisnya, masukin kulkas dulu disantap ketika cuaca panas sedapp
Pepaya asal brazil gpp deh mahal yg penting puass manisnya, masukin kulkas dulu disantap ketika cuaca panas sedapp

3. Nanas
Sudah beberapa kali beli nanas, rasa manisnya mantap. Nanas ini asal Costa Rica harga 1,59 Eur/biji (Rp.20.500). Di etiketnya dikasih tahu bagaimana menyantap nanas. Dikupas dan di buang bagian tengahnya. Saya malah paling suka bagian tengahnya yang keras loh! Lebih manis menurutku. Mamaku di Jakarta sih setelah ngupas nanas lalu nanasnya dicuci bersih trus ditaburi garam, katanya supaya tidak gatal? Saya ngikutin juga cara si mama.

Nanas asal Costa Rica Rp.20.500 Maniss deh
Nanas asal Costa Rica Rp.20.500 Maniss deh

Buah-buahan lainnya yang sering saya santap, seperti: apel, pisang, jeruk, pir, stoberi, mangga, kiwi, anggur. Penasaran dengan harga buah-buah tersebut? :wink:.

β€’ Apel (der Apfel) ada banyak jenisnya , harga mulai 2,49 Eur/kg hingga 2,99 eur/kg (Rp. 32.000- 38.000), apel sih banyak tumbuh subur di Jerman, jadi mending beli yang non impor.
β€’ Pir (die Birne) 1,99 Eur /kg (Rp.25.600).
β€’ Stroberi (die Erdbeere) waktu belum musim mahal 6,98 Eur/kg (Rp.90.000), kalau lagi musim harganya sekitar 2,98 eur/kg (Rp.38.000).
β€’ Pisang (die Banane) 1,99 Eur/kg (Rp.25.600).
β€’ Kiwi (die kiwi) 0,25 Eur/biji (Rp.3200).
β€’ Alpokat (Die Avocado 1,69 Eur /biji (Rp.21.800).
β€’ Mangga (die Mango) mulai 1,99 Eur sampai 2,49 Eur/biji (Rp.25.600-32.000).

Β΄.

Frank tidak terlalu suka makan sayur dan buah aneh kan? 😐 . Sedangkan saya suka sekali sayur dan buah. Di Indonesia surganya buah dan sayuran. Harganya juga tidak mahal di Indonesia yaa, mudah didapatkan disekitar kita.

Nah buah-buahan yang dulu saya jarang sekali lihat di tanah air tercinta seperti: Buah Persik, Buah Aprikot, Blackberry, Raspberry, Johannisbeeren, cherry, stroberi di Indonesia seringnya asam, di Jerman maniss. Buah-buahan tersebut banyak sekali di Jerman, malah ada yang tumbuh sebagai pohon peneduh di pinggir jalan.

This slideshow requires JavaScript.

Menurut aid.de swasembada buah-buahan di Jerman hanya diangka 10-14% alasannya karena faktor cuaca. Siapa yang mau buka kebun jeruk dan pisang kalau selalu merugi karena cuaca yang tidak mendukung?.

Mayoritas buah-buahan seperti anggur, kiwi, ceri, dan buah persik diimpor dari Spanyol, Italia dan Perancis. Buah-buahan tropis seperti pisang, nanas atau mangga berasal dari Amerika Selatan dan Tengah. Buah-buahan lain di impor dari negara Uni Eropa.

Mengapa buah-buahan di Jerman mahal?. Ya karena buah-buahan tersebut di import. Transportasi dan penyimpanannya sangat mahal. Buah import juga tidak bagus loh bagi lingkungan, karena banyak CO2 yang dilepaskan selama penggangkutannya. Jadi selama kita bisa menikmati buah dari sekitar kita mengapa kita harus membeli buah impor toh?. Seandainya saya punya tanah luas saya mau tanam sendiri pohon buah-buahan ah πŸ™‚ .

Buah-buahan yang belum pernah saya lihat di Jerman adalah salak, rambutan, durian, nangka, jambu air, duku, markisa. Pengen semuanya deh :mrgreen: . Sahabat blogger yang di Eropa yang mau pada mudik ke tanah air, saya mau oleh-oleh buah-buahan tersebut dong ngarep.com πŸ˜† .

Buah-buahan ini Belum Pernah saya Lihat di Jerman
Buah-buahan ini Belum Pernah saya Lihat di Jerman

Nama Buah-buahan dalam Bahasa Jerman dan Indonesia sebagai berikut:

Dulu saya paling tidak suka buah pir dan melon, karena baunya yang tidak enak saja menurutku :D. Saat ini sih kalau pir ya agak suka, untuk melon masih agak musuhan hehe. Sahabat blogger adakah buah-buahan tertentu yang kalian tidak suka?.

loading...

Tulisan yang mungkin kalian tertarik membacanya:

β€’ Orang Jerman itu
β€’ Aturan Internetan di Jerman
β€’ Musim Dingin di Jerman
β€’ Kuliner Indonesia yang Nganggenin
β€’ Musim Panas Suka atau Tidak Terpaksa Dinikmati
β€’ Istilah Masakan Jerman – Indonesia
β€’ Kamar Mandi di Jerman

About these ads

121 thoughts on “Akhirnya Setelah 2 Tahun

  1. Hihihi kirain ada apa mba setelah 2 tahun…ternyata ubi ya…hehehe πŸ˜€

    1. Huahaha judul menipu ya mbak πŸ˜† .

  2. […] senang makan buah-buahan. Apel, nanas, papaya, pir dll, masukin kulkas dulu supaya enak […]

  3. Kalau saya demen dengan semangka, satu buah besar bisa habis saya sendokin sambil liat tivi hehehe,,, eh kata siapa buah di Indonesia murah??? pisang cavendish 4 biji 17ribu -____- yg murah justru impor dari cina yg sudah diawetkan pake lilin dan kimia lainnya hufftttt….

    Tapi kalau ke pasar tradisional banyak nemu buah segar matang dari pohon macam srikaya, mangga podang yg kecut2 manis, dan buah2 kampung lainnya yg tidak bisa ditemui di supermarket atau negara lain. Yeah hidup INDONESIA ahahahaha

    1. Dimanapun buah impor mahal. Di Indo buah-buahan murah lah, berkebun bisa sepanjang tahun, matahari poll panasnya. Cinta deh dg Indonesia πŸ™‚ .

  4. Waaah, mahal banget buah-buahan disana πŸ™ , jadi sayang duit haha

    Hmm, kalau buah yang saya tidak suka itu buah yang ketika digigit seperti gigit gabus, rasanya gimanaaa gitu. Ngilu saya pas makannya. Contohnya apel, pir, bengkuang, mentimun, dsb.

    Saya sukanya buah jeruk manis, salak manis, pepaya madu, sawo manis πŸ˜€

    1. Kalau yang mirip gabus gitu buah pir tuh, dulu aku gak suka banget. Hehe samaa aku juga suka buah yang manis-manis :D.

  5. Wahh mehong banget kak pepaya nyaa :p Disinih cuman 10rb udah segede bagong..hahaha..:p kalo buah2 yg lain belum pernah beli juga sejak disini..

    1. Eh Py saya coba nanam biji pepaya dong, saya sebar aja ke pot, pada numbuh. Pas pindahin ke pot besar malah pada mati πŸ™ .

  6. hehehe…,saking pengennya,jadi harga pun ga jadi masalah,walah pepayanya kecil. kalo ditempat saya pepaya yang ukuran besar harganya 20ribu, kalo ubi dijualnya per-tumpuk, 1 tumpuk jumlahnya bisa 6 buah berukuran besar,harganya 10ribu.

    Buah yang saya tidak suka adalah buah mengkudu (pace),bahasa latinnya Morinda Citrifolia, namanya bagus tapi baunya kagak tahan…,hehehehe…,mbak suka buah Pace ini?

    1. Mengkudu kan pahit banget, aku juga ga suka. Biasanya buat obat kan ya? ;).

  7. ardika

    Wah kudu bersyukur jadi orang Indonesia nih mbak, apalagi asal dari pedesaan kayak aku. Kalo lapar tinggal bedol ketela pohon di kebun, haus tinggal panjat pohon kelapa, kurang puas tinggal tumbangin satu tandan pohon pisang belakang rumah, masih kurang? bisa ke pegunungan dekat rumah untuk “nyuri” buah2an yang katanya milik petani situ tapi kadang ga di panen. Hehehe

    1. Ya Ardika bersyukur ya jadi orang Indonesia, asal kita bisa memanfaatkan lahan kosong untuk berkebun :).

      1. ardika

        Iya mbak. (tapi ni lagi nggak di rumah)

  8. Melalui postingan ini, diingatkan betapa kayanya kita dengan buah tropis yang ngangeni. Bibit ubinya numbuh Jeng?

    1. Belum terlihat pertumbuhan signifikat pada ubinya bu. Mungkin kalau akar-akarnya sudah tumbuh dedaunannya akan muncul.
      Saya sebar piji pepaya sih tumbuh nih, cuma ga tau kalau musim dingin nanti bgm nasibnya.

  9. Saya juga udah lama gak makan pepaya,jadi kepengen..

    1. Ayooo Erit makan pepaya, mumpung murah kan di Indonesia ;).

  10. Nisa

    Klo aku ubi senengnya dibakar sie mba kayanyanlebih gurih n pulenn. Mahal2 bangett ya harga buah disana.

    Suami mba nella dibuatingreensmoothies aja. Pinacolada : nanas + kailan + mint trus diblend deh πŸ™‚
    Dan buah yang aku paling gak suka itu DUREN !! Mabok mbaaaa nyium baunya .

    Blog/url nisadanchicco.blogspot.com dihapus karena blog tidak aktif lagi. Update 13.01.2016.

    1. Haha kamu spt bule aja Nis ga suka durian πŸ˜† .

  11. Oooh, pantesan mahal ya harga buah2 di sana, ternyata impor….

    Kebetulan saya punya kebun salak mbak di belakang rumah. Tapi saya agak jarang makan salak, soalnya bosen dari kecil sering makan salak, hehe….

    1. Iya Ditter, buah2an disini umumnya buah impor. πŸ˜† sebaliknya saya malah pengen makan salak.

  12. Wah ngeliat buah-buahan itu jadi pengen makan, malam gini beli di mana ya?
    Btw maksud judulnya ini udah 2 tahun ga makan buah ya Nel? hehehe

    1. Iya Max 2 tahun tidak makan pepaya dan ubi :D.

  13. Waaah, beruntung deh yang masih tinggal di Indonesia. Gampang dapet dan murah banget… πŸ˜€

    1. Iya Winda yang di luar Indonesia ya gigit jari aja ngiri πŸ˜† .

  14. Lagi puasa begini lihat postingannya mbak Nella bikin pengen makan Mangga dan Nenas. Mamaku kalo motongin Nenas juga dikasiin garam mbak, dan menurutku emg jadi lebih enak rasanya. Aku baru tau kalo garam itu gunanya supaya lidah gak gatel2 yah..

    1. Selamat berpuasa Lia :). Iya fungsi garam supaya ga gatal.

  15. pepaya nya gak semerah kayak di indonesia ya mbak? Tapi manis?

    1. Pepayanya walau kecil manis ko. Lebih mantap manisnya pepaya Indonesia ;).

  16. Dy

    Suka sayur ama buah juga *tos dulu ah πŸ˜€
    tentang ubi, mb Nela udah pernah nyoba ubi cilembu?
    Dulu dy sempet ga suka ama pir, rasanya ga jelas. Tapi pas dihidangi mama udah dipotong-potong alias tinggal makan, jadi suka ampe sekarang. Dingin ga dingin, sama segernya. Tapi lebih seger dingin dink. Banyak airnya…slurp πŸ˜€

    1. *tosss* πŸ˜† . Iya saya pernah dengar katanya enakk banget ya ubi cilembu ;). Sekarang juga saya suka buah pir ;).

  17. Ubi, nanas, pepaya disini mah jual murah. Disana malah mahal banget yak.

    Makan nanas aku juga paling demen makan tengahnya yang bagian kerasnya.

    1. Iya mbak Ika mahal disini, produk impor sih :D. Samaa tengahnya nanas enak kan yaa ;).

      1. Iya, suka aku cocolkan disambel lotis/rujak. Bikin sendiri dari gula jawa. Aduh jadi ngeces nih πŸ˜€

        1. Sekarang sudah buka puasa nih :).

  18. Disini ubi lumayan banyak Nel, karena fungsinya sama kaya kentang, makanan pokok, awalnya aneh makan steik pake ubi, lama lama suka juga. harga harga nya hampir mirip, awal tinggal disini aku main hitung2an compare terus wal hasil keranjang belanja kosong hahahha, habis semua mahal, sekarang merem aza deh :-D. buah2 tropis juga ada di toko asia, durian, pete, nangka, manggis ada cuma harganya jangan ditanya πŸ˜€

    1. Iya ya mbak klo belanja merem aja πŸ˜† . Wah pete juga ada ya :D.

  19. wahh mbak, aku belum nemu ubi loh di sini hhe..

    1. Hai Helen kalau rambutan, salak, nangka dan durian ada kah di Perancis? ;).

      1. aku pernah beli nangka di toko Asia, mbak.. klo d swalayan biasa, ndak ada rasanya.. klo rambutan, salak belum pernah ketemu. Tadi sore aku abis beli cherry hhe.. segar.. πŸ˜€

        1. Ya cherry banyak disini lagi musimnya mari puas2in makan ;).

  20. Aku sependapat sama Dedy, Mbak. Ubi merah gak terlalu manis. Biasanya kalau aku rebus ubi merah, makannya aku taburin gula pasir. Kalau mau yang manis, di sini aku belinya ubi madu. Kalau itu asli manis.

    1. Ooo gitu ya Chris. Makasih tipsnya, klo saya masak ubi merah lagi kutaburin gula deh ;).

  21. fiona

    sy paling suka pepaya heee 1 bhpun bisa habis sy makan kl manis heee….
    lagian indo buah buahan murah dan super byk macam…jd masi bersyukur sini buah dan sayuran bayak dan nga mahal heeee…..

    1. Iyaa Cudy bersyukur ya di Indonesia buah-buahan melimpah dan murah ;).

  22. Koq bisa hilang selera untuk masak ubinya kak? Btw, disini harga buah juga mahal kak, karna musim yg semakin tak jelas, gagal panen dll..

    1. Ooo buah di Indonesia juga mulai mahal, kasihan petaninya dong ya kalau sering gagal panen πŸ™ .

  23. lebih baik nanam ubi daripada nanam tulip kak..:)
    wkwkwkkww

    1. Hahaha mau nanam keduanya :).

  24. bersyukurnya di INdonesia surganya buah,, dan tidak sebegitu mahal,, malahan bisa dipetik di belakang rumah..
    jadi inget nanem pepaya, singkong, dan semangka,, πŸ™

    1. Arif punya pohon pepaya, singkong dan semangka?? asyikk nya :D.

      1. karena bapak saya pedagang buah di pasar,
        kadang-kadang buah-buah sisa yg tak terpakai, di tanam emak diperkarangan,,

        1. Asyik dongnya bisa makan buah dari kebun sendiri. Seandainya saya punya tanah luas mau juga tanam pohon buah-buahan :).

          1. kalo tetangga saya, nanemnya di pekarangan atas rumah, atau ga nanem di pot..

            vertikal garden juga lagi musim?

          2. Bagian atas rumah, ya bisa dimanfaatkan juga sebagai lahan bercocok tanam. Vertikal Garden paling bbrp kali pernah saya tonton di TV, kalau di lingkungan saya sini masih berkebun di tanah langsung atau menggunakan pot-pot.

          3. di Indonesia kn lagi musim penggusuran buat bngun perumhan ya mau tak mau lahan berkurang.

            mau tanya: kalo buah khas jerman ap?

          4. Menurutku buah apel. Banyak sekali pohon-pohon aoel di kebun warga, bahkan dijadikan pohon peneduh di jalan-jalan :D.

          5. waduh asik banget kalo punya pohon begitu di pinggir jalan. sambil neduh, sambil nycipin :mrgreen:

  25. durian beku ada kog mbak di toko asia. ada yg utuh ada yg udah dikupas. duriannya durian monthong thailand πŸ™‚

    salam
    /kayka

    1. Saya pernah 2-3 kali ke toko asia buat beli kerupuk, ga lihat durian deh. Coba ah ke toko asia lainnya :).

  26. Di medan lg musim durian n rambutan mba nellaAaa, ayo mudik

    1. Mauuuu duren dan rambutan :D. Di Medan murah banget ya Non duren Rp.5000 pasti sdh enak kan ;).

      1. Huhaha murah n enakkkkkkk mba nella

  27. Durian ga ada di toko asia gitu Nel? biasanya kalau disini sering banget ketemu duren di toko asia.. Manalah durian thailand kan.. wuiiih gede2.. πŸ˜€

    Kalau rambutan aku kadang2 suka liat loh di supermarket sini.. Tapi bentuknya ga terlalu bagus sih. Mangga juga harganya lumayan.. tapi ga semahal di sana kayaknya..

    1. Aku pernah bbrp kali ke toko asia ga ada duren, adanya cabe dan sayuran asia Be :D. Rambutan belum pernah liat sama sekali. Wahh mungkin banyak petani mangga ya di tempatmu, atau dekat dengan negara importirnya makanya harganya lebih murah ;).

  28. aku sih sukaaaaa semua buah-buahan. πŸ˜€

    1. Beruntung bang Riga yaa kalau bisa makan semua buah-buahan :D, aku ga suka melon πŸ˜† .

  29. sejenak merasa bersyukur krn di indonesia masih gampang utk dapat buahan >.<

    1. Ya Leni bersyukur sekali yg tinggal di Indonesia bisa menikmati buah-buahan murah sepanjang tahun :).

  30. mahaaaal. inget depan rumaaah kebooon ubi, satu karung 50rb udah dapet ubi seabrek :3 disana maaahhaaal banget

    1. OMG murahhhh sekali yaa coba bisa di ekspor ke tempatku sini πŸ˜† .

      1. jatohnya sama juga kayanya haha

  31. Aku suka hampir semua buah sih mba hihi, kalo melon sih suka cuma kadang males makan dan males ngupas. Suka banget stroberi tapi disini asem, asem pun tetep dimakan loh saking sukanya haha πŸ˜€

    1. Kalau makan ngupas sering beli yg tinggal dimakan dong ya, lebih mahal sih tapi enak tinggal masukin mulu πŸ˜† .Stroberi di Jerman manis-manis mbak, kalau musimnya puas deh ngemilnya ;).

      1. iya sih hahahaa, kl di singapore biasanya beli yg udah kupasan, tp kl di Jakarta kok rasanya kurang seger gitu ya hihi πŸ˜€

  32. pepaya! aku ga suka ama pepaya hehehehe… baunya bikin eneg… makanya kalo jus pepaya suka dicampur madu yg banyak plus buah2an lain biar baunya tersamarkan… aku malah lebih suka melon hehehehe…

    1. Hahha kebalikan aku dong Mel, aku suka pepaya tapi ga suka melon karena baunya itu.

  33. wahh ubinya mahal sekali ya mba? di medan harganya 3ribu perkilo
    XD
    Ubi merah, kalau di medan dibilang ubi rambat mba. sy suka sekali ubi itu.
    Terus kalau di medan, susah sekali nyari buah nanas yang manis.
    :'(
    ga tau gimana deh cara milihnya. kalau nanya sama yg jualan. mereka sih bilangnya iya manis ini manis. hanya manis manis di bibir, sapai rumah asammmmnya poll.
    >_<
    Mba itu strauberrynya cantik kaliiii, lucu deh

    1. Wahhh murah bangett harga ubi di Medan :). Tukang buah kadang sering bohong Chit, supaya cepat laku daganggannya 😐 .

      1. iya mba murah bangett 3000 per kilo. πŸ˜€
        saya sering ragu beli nenas. :/
        manis di mulut, terus kadang pun ragu beli yg ada di tukang rujak. sudah di maniskan mereka.
        huhuhuhu, ga ada yang alami lagi deh kalau udah di potong potong πŸ˜€

        1. Nanas (utuh) bisa diperam dulu ga sih spt mangga dan pepaya?, dibungkus koran trus 2-3 hari kulitnya jadi kekuningan mateng deh.

          1. tapi mba, ga semua nenas yang kulitnya warna kuning rasanya manis. Kemaren pernah beli nanas yang warnanya hijau, Kata y ang jualan Manis, dan bener….rasanya manis bangettt mbaaaaa πŸ˜€
            Itu kalau yg jualan jujur mba. heheheh :p
            tapi pas dapet yg jualan ga jujur, yang kuning, yang hijau, semua di bilangnya manis. πŸ˜€

  34. gua juga pada dasarnya gak suka sayur. buah suka tapi males makan. aneh ya. hahaa. tapi kita sekarang rajin bikin smoothies sayuran dan buah nih. kalo diminum gini gua semangat. hahaha.

    sweet potato itu enak dibikin fries! πŸ™‚

    1. Ooo apa gue bikin smoothies juga ya buat Frank πŸ˜† . Doi saama sekali ga suka sayur, buah juga paling anggur, apel, pisang, lainnya dia ga mau.

  35. Mba Nella, tanem pohon pepaya aja di Jerman. Kan bijinya paling gampang numbuh tuh, abis dikupas-potong2 terus tebar aja di tanah. Ga usah diurusin tau2 numbuh tuh pepaya hehee.
    Kalo aku paling ga suka buah pisang -___- kecuali udah jadi banana cake, pisang goreng (atau sudah diolah) πŸ˜€ Aneh ya hehee

    1. Hai Nisa, aku lagi coba nanam biji pepaya, kusebar aja di pot, ada 2 yg numbuh belum tau itu pepaya atau bukan, semoga bisa tumbuh besar. Pisang aku juga jarang-jarang makan, cepat bikin kenyang. Banana Cake aku juga sukaa ;).

  36. Mbak nella harga pepayanya mahal bgt, brati papaya masuk jajarn buah kelas elit yak klo di jerman,haha..klo kecil sgitu mah paling 5ribu di indo, trus melon aku juga rada nggak terlalu doyan tp paling musuhan bgt sm pisaaaaaanngg

    1. Iya nih pepaya buah elit disini, jadi jarang-jarang beli :D. Pisang bikin cepat kenyang, saya makan paling kalau benar-benar lapar.

  37. Etdah, saya lg puasa mbak, LOL.
    Tapi tertarik sama harga-harganya, pepayanya kecil tapi mahaal, saya punya pohonnya di rumah dan ga ada bijinya, manis dan gede pula, πŸ˜€

    1. Selamat berpuasa Jimah :). Enak sekali punya pohonnya, kalau matang tinggal metik :D.

  38. kalau soal harga, saya kurang tahu mba. πŸ™‚
    cuma mau bilang: durian kan dilarang dikirim via paket ya? πŸ˜€

    1. Iya Ryan, durian dilarang kirim lewat paket bawa pas terbang juga dilarang πŸ˜• .

      1. kalau dalam bentuk jam atau olahan gimana ya mba?

  39. Akhiiirnyaaaa…. mbak nella bisa makan pepaya lagi πŸ™‚

    1. Hehe iyaaa Nin senang banget aku πŸ˜† .

  40. wahhh ada pepayaaaa πŸ˜€

    1. Kapan terakhir kali makan pepaya Rin? :D.

      1. kayaknya sebulan yang lalu dehh, harga buah lagi mahal banget di Jakarta mba *eh gak cuma buah aja sihh*

        1. Ooo lagi mahal, mungkin karena stoknya tersendat kali, kalau pepaya ga mungkin ditimbun ya spt bawang putih :D.

  41. buah yang kurang suka (bukan nggak suka) itu bengkoang sama nanas he..he.., kebalikan sama Nella

    1. Kenapa tidak suka ka? karena baunya ya? aku malah suka bengkoang dan nanas :).

  42. *minum jus alpukat* ah segernya *ceritanya pamer*
    Kalo di sana mahal pesen ke aku aja mbak, aku beliin deh. Trus di kirim photonya aja πŸ˜€

    1. Iiiii Fiaz aku mauuu tuh jus alpokat :mrgreen: .

  43. sprouting sweet potato emang biasanya gak terlalu manis lagi kak, trus ada bitter after tastenya,
    tp org “vegan” plg suka yg udah numbuh gini, krn enzim didalamnya aktif and seringnya di pickle/acar n diiris tipis kayak carpaccio…..

    1. Ooo begitu penjelasannya :). Walau tidak manis terpaksa kumakan lah daripada sayang sudah dimasak kan :D.

  44. di sini ada rambutan lhooo.. tapi bukan di New York, kemarin nemunya di Arizona. temanku langsung kalap belanja, dia kangen rambutan, hahaha

    1. Wahhh asyikkk dong, belum ada rambutan disini, mungkin kalau kulihat bisa kalap juga :D.

  45. Oleh- oleh buah itu rugi sekali mbaak!
    Harga buah gak seberapa, mau mangga sepuluh kilo juga mari kubelikan, tapi bawanya ini, bisa kena custom πŸ˜€ *ya gak sih*
    Aku rada gak perhatian ama harga2 belanjaan πŸ˜€ soalnya accountingnya akang bomes sih πŸ™‚ taunya tersedia di kulkas aja πŸ˜›

    1. Jangan mangga Cha banyak disini, yg ga ada tuh salak, duku, nangka tapi susah ah, minta bijinya aja 1-2 biji mau ku tanam hihi :lol.

      1. Tapi mangganya asem yah πŸ™
        Salak sih belom pernah nemu disini, ada yang kalengan doank rasanya, kalo nangka ama duku ada loooh πŸ™‚
        Ya ampun mbak, melas banget sih minta bijinya doank πŸ™

        1. Masah sih asam? Mangganya perem dulu Cha. 2-3 hari bungkus koran spy mateng, kulitnya jadi kuning, baru manis :). Duku dan nangka bukan kalengan kan?. Haha biar bisa kutanam aja Cha berat klo kamu bawa buah utuhnya πŸ˜† .

  46. Kirain apa Mba Nel dari judulnya. Hihihi. Etapi soal buah nanas samaa kita. Bagian tengghnya itu justru best partnya loh. Hihihi.

    1. Hahha judulnya menipu ya Dan πŸ˜† . Di etiket nanasnya yg kerasnya disuruh buang, aku malah paling suka tuh ya nga kubuang dong :D.

  47. Mahal bangeeet. Kemarin beli pepaya 8.0000/kg. Kalau dikampung malah tinggal petik.

    1. Iya pak Lambang, disini pepaya muahal banget πŸ™ .

        1. Iya pepaya buah import karena susah nanam pepaya terbentur musim dingin, musim panasnya singkat hanya 4 bulan.

          1. Terimakasih blognya, menambah ilmu

Leave a Reply

loading...