Kuliner Indonesia yang Nganggenin

loading...

Tahun pertama saya berada di Jerman sini, belum terasa kangen dengan makanan Indonesia. Tahun kedua ini mulai menyiksaku, pengen banget makanan asli tanah air. Pengen pecel lele, ikan baronang, mie pangsit, bakso yang lewat depan rumah, nasi uduk, sate pak Rahmat di Pangkalan Asam, kerupuk mie dengan sambel kacangnya, sate padang dll, ya itu saja yang terlintas di pikiranku saat ini :oops:.

Tambah tersiksa ketika membaca tulisan para blogger yang sering menggulas menu makanan Indonesia, hiks kalian suka ya menyiksaku :grin:.

Dibawah ini beberapa foto lama dari salah satu album di media sosialku. Mungkin ada yang berbaik hati untuk menggirimiku? :mrgreen:.

Pernahkah kamu sangking pengennya akan makanan tertentu sampai nangis? Hahaha tepatkah dibilang sakau? :roll:. Dua minggu lalu dong, ya mungkin saat itu karena saya sedang PMS, hormon lagi turun naik, bosan dengan makanan disini, trus kepikiran makanan Indonesia eh nanggis bo!.

Ditanya Frank β€ž..kenapa kau?β€œ trus saya bilang mau pecel lele, ikan baronang, mie pangsit, bakso dll banyak saya sebutkan, pokoknya makanan Indonesia. Ya udah minta sama Wana (adik saya) aja kirim bahan-bahannya ujar Frank. Emakkk mana bisa kirim ikan lele, ikan baronang, sate ayam dari Indonesia? Hikss yang tadinya saya mewek jadi ketawa dah! :smile:.

Dekat rumah sini ada toko asia, saya pernah beli krupuk mentah, setelah digoreng rasanya tidak sesuai keinginan saya, kerupuknya bukan asli Indonesia. Pernah 3 kali beli sambal botolan di supermarket, lagi-lagi harus kecewa karena rasanya tidak sesuai dengan lidah saya. Untuk urusan sambel sekarang saya selalu bikin sendiri, dan saya puas! ;).

loading...

Berhubung lagi pengen banget dengan kerupuk-kerupuk, jadi saya coba buka website Toko Indonesia. Saya pernah dua atau tiga kali pesan barengan dengan kedua temanku di Bad Rappenau, sudah lama sih, kalau tidak salah terakhir pesan tahun lalu. Biasannya pesanan saya tidak lebih 10 Euro. Eh ini kali pesanan saya Totalnya 22,26 Eur. Lapar mata melihat produk-produk makanan Indonesia :D.

Inilah daftar pesananku:
1. Gula merah 240g 1,39 EUR (Rp.17,900)
2. Sambal Cap Dua Belibis 340ml 2,79 EUR (Rp.36.000)
3. Krupuk Kampung “Matahari” 250g 1.49 EUR (Rp.19.200)
4. Krupuk Kampung “Pesta Besar” 250g 1.49 EUR (Rp.19.200)
5. Krupuk Singkong Pedas, 250g 1.79 EUR (Rp.23.000)
6. Krupuk, Bawang, “Fancy” 250g 1.49 EUR (Rp.19.200)
7. Kripik Tempe 250g 1.99 EUR (Rp.25.600)
8. Kripik Singkong KUSUKA 200g 2.39 EUR (Rp.30.800)
9. Indomie goreng 3 bungkus 1.99 EUR (Rp.25.600)
10. Emping Bamboe, pedas manis, 160g 249 EUR (Rp.32.100)
11. Kecap Manis ABC 140ml 0,99 EUR (Rp.12.700)
12. Krupuk Ikan Palembang Mini, goreng, 60g 1,79 EUR (Rp.23.000)

Total Belanjaan 22,26 EUR (Rp.287.000) Kalau dirupiahkan hehehe gilee ya belanja pritilan kecil-kecil saja hampir 300rb.

Teman saya Iluh yang pesanin secara online, belanjaan dia lebih banyak lagi. Jika belanja diatas 75 EUR; bebas ongkos kirim. Total belanjaan kami 85 EUR, jadi lumayan gratis ongkir :cool:.

Buat yang berada di luar Indonesia, kalau kangen produk makanan Indonesia silakan pesan online di toko Indonesia. Kalau kamu berada di Hamburg, Jerman ya bisa datang langsung ke tokonya alamatnya di Brenner. 27, 20099 Hamburg. Jam Buka: Senin – Jumat: 10.00 – 19.00 Sabtu: 10.00 – 18.00. Bagi yang berada di luar Jerman ada ongkos kirim tersendiri, silakan langsung buka websitenya saja.

Sedikit nasehat, jangan lama-lama pandangi websitenya, bisa kalap belanja hehe. Happy shopping! :mrgreen:.

loading...

Nah sahabat blogger makanan apa yang kamu lagi pengen banget saat ini? apakah kamu mudah mendapatkannya atau harus bersusah payah seperti saya? πŸ˜€ .

Tulisan Terkini

About these ads
loading...

155 thoughts on “Kuliner Indonesia yang Nganggenin

  1. Terima kasih atas sharenya mba, jadi dapat rekomendasi belanja makanan Indo online di Jerman πŸ˜€ Kalo ngirim dari sini jadi kemahalan :s Semalam pas kusuruh buka website tokoindonesia, jadi kalap belanja si pacar haha. Beli indomienya sampai 14 bungkus -_- trus sambal abc botol besar, kerupuk dll. Ternyata orang Jerman doyan juga makanan kita mba ya πŸ™‚

    1. Iya mereka doyan ko, cuma ga sering-sering belanja, mahal πŸ˜† .

  2. […] sebenarnya pakai kerupuk, cuma kerupuk yang beli di toko Indonesia sudah habis saya lahap. Mau beli lagi mahal ongkos […]

  3. Indomie, Rengginang, Kerupuk mie, Nasi Kuning/Uduk, Sate padang.
    INDONESIA BANGET πŸ™‚

    1. Iyaa karena saya cinta INDONESIA hehe :D.

      1. iya,,, makanan indonesia emang enak bgt

  4. coba bikin sendiri aja mbak sate padanganya hehe

    1. Susahh ah bikin sendiri :D, maunya tinggal makan.

  5. Sepertinya saya juga bisa sakau juga disana , mie ayam pangsit πŸ˜€

    1. Disini ga ada mie ayam pangsit :(.

  6. […] rela sungguh tak rela . Saya bilang ke Frank itu uang segitu 78 EUR = Rp.1.140.000 kalau beli kerupuk bisa berkarung-karung. Kami jadi tertawa-tawa saja untuk mengurangi kesal […]

  7. Mahal ya Indomienya, lebih mahal dari mie ayam. 😯

  8. Fufu Christie

    Nella, aku kemarin ini main2 ke Queens area, ke restoran khas padang dan Indoensia. alamak, nasi +udang belado+sayur singkong =$8.00 (mau nangis rasanya). pesen sate ayam 4 tusuk $7.00 … plus tip..$20… porsi nya kecilll…180ribu di Jakarta sudah bisa makan sampai eneg2 di Satay House Senayan Kebon Sirih πŸ˜€

    aku juga kadang ke Asian market buat nyetok kecap, sambal, indomie, super bihun (ini asli enak kalau2 dingin campur cabe rawit + baso), kerupuk, sama snack2 kacang garuda, chiki, dsb. lumayan lah mengobati kekangenan πŸ˜‰ tapi ada nilai + nya juga ya, aku jadi bisa belajar masak makanan Indonesia yang dulu sempet gak pede belajar. thank God for Youtube πŸ™‚

    1. Mbak Fufu mahal banget makanannya ya :D. Sate 4 tusuk? di Indonesia minimal kita makan 10 tusuk, kadang namabah hehe. Ya jauh dari tanah air kita dipaksa kreatif ya mbak, masak sendiri ;).

      1. Fufu Christie

        iya 4 tusuk Nella. kan kalau di Indonesia sate nya model kayak legit2 gitu ya daging ayamnya, ini mungkin pakai breast fillet dipotong kotak2 jadi kurang greget gitu makannya. πŸ™‚

        1. Yg bikin legit lemak ayamnya :D.

  9. sakaw…minta dikirimin apa mbak???

    1. Kerupuk mie yg lewat depan rumah :D, sate padang juga hehe.

      1. hadeh…nyari tukang kerupuknya itu nyang susah hehehehhe

  10. wkwkwkwk. coba naniura πŸ˜€

      1. hahahahaha… minta dari tetangga ito πŸ˜€

          1. itu lhoo namboru kita πŸ˜€

  11. kalo aku tinggal dijerman, aku buka toko klontong kak.. plus warteG.. hahahahah biar org jerman bisa ngomong Jawa ngapak. πŸ˜€

  12. Mba… aku lagi makan lauknya daun ubi tumbuk, teri balado sama minumnya juz terong belanda …

    mau ?

    1. Aku belu pernah makan daun ubi, klo daun singkong tumbuk ya itu makanan khas batak, sayurnya pahittt. Aku suka tuh teri balado mauuuu ;).

  13. Schweinshaxe klo jermannya…hehehe

  14. hehehe,
    brarti smuanya seimbang mbak, aku beli juniper berries hampir 120 rb + 96 rb ongkir di ebay….hehehe
    smua krn swinehaxe

  15. kalo kangen pulang dulu aja mbak, nyari makan sini.. ntar kalo udah makan balik lagi ke jerman πŸ˜€

  16. Indomie emang is the best..
    Kalo aku selalu kangen dengan makanan khas kotaku mba..PEMPEK..cuma beda kota aja aku slalu kangen, apalagi kalo aku di luar kayak mba heheee..bisa bisa demam pempek kayaknya

    1. Ahh iyaaa aku juga suka tuh. Thn lalu pas ortuku berkunjung bawain pempek plus kuah juga enakk :).

  17. aku melihat pastel ma Cik di sana…
    pastel Ma Cik sama pastel Putri itu punya keluarga papaku loh kak wahahahahaha!

    1. Ooo punya kel papanya Chelle. Enakkk banget pastelnya ;),

      1. iyah XD
        aku juga sukaaa~ tiap pulang ke Jakarta pasti tiap hari dikasih sarapan pastel, sama pulangnya dibawain beberapa kotak hehehe
        (dan ternyata temen kuliahku juga ada yang maniak pastel Ma Cik)

  18. tetep yah cinta produk indonesia,,hehe

  19. Kalo lagi kepengen makan kesukaan seperti itu siapapun pasti kangen kalo udah lama gak jumpa. Mahal juga ya kerupuknya, πŸ™‚

    1. Kerupuk impor ga apa-apalah ga sering ko belinya :D.

  20. Jeng Nella, postingan kebun juga kadang suguhkan masakan penggoda kangen, mhn maaf lho. Lain kali ditambah peringatan khusus buat Jeng Nella dilarang pengin. ….
    Salam

    1. Hehe kalau pingin salah sendiri gitu ya bu Prih ;).

  21. Kalau disana jadi mahal ya….hehehehehe.

    1. Impor sih ya jadi mahal deh :D.

        1. Di Indonesia jengkol Rp.60.000/kg ya mas, klo di impor berkali lipat tuh :D.

          1. Iya, kok jadi krisis jengkol ya?

          2. Indonesia lagi Gondjang Gandjing Jengkol Nasional bang..

          3. Jengkol 60rb per kilo yaa :D.

  22. serasa ngidam yah. Indonesia emang surganya kuliner dunia.. maknyuss

  23. ardika

    Aku waktu di Jerman kurang kreatif mbak. Makan roti ma selai melulu. Baru di minggu terakhir main2 ke Toko Asia. Ternyata banyak bahan-bahan makanan Indonesia yang bisa di masak. #Tapi mahal sih mbak.

    1. Iya Ardika mahal-mahal bahan makanan Indonesia, ya ga terpaksalah beli ga sering ko, daripada harus terbang ke Indonesia toh hehe.

      1. ardika

        Iya mbak. He he he

  24. kemarin pas pulang dari India dan begitu mendarat di Indonesia saya langsung nyari nasi pecel hahaha,,,, lidah emang gak bisa bohong πŸ™‚

    1. Hehe lidah memang tau aja yang enak ya :D.

  25. Wah..produk indonesia semuanya….,cemilannya itu sering jadi santapan saya tuh Mbak…,hmmm…,#langsung meluncur ke toko.

    1. Asyik deh ya klo dekat dengan toko ;).

  26. wuah seng komen uaakeh! kayaknya mau ke jerman smeua hahaha
    soal makanan/sambal saos botolan di Jerman ya jelas menyesuaikan lidah jerman Mbak. hahaha Tuh! kan ide saya yang kemarin ada benarnya juga. ternyata Mbak-nya kangen pecel lele. wuakakakak
    Eh! Kalo Frank makan sambal buatan Mbak suka ngeluh nggak?? barangkali terlalu pedas, kan yang bikin Pakai standart lidah Indonesia.
    πŸ˜€ hahahaha

    1. Frank ga bisa makan sambel buatanku, kepedesan :D.

      1. wakakakkakak πŸ˜€ mending sambalnya diumpetin Mbak. biar nggak dimakan sama Frank. kasihan kalau dia makan sambal buatan Mbak. bisa-bisa dia bolos kerja gara-gara sakit perut. hahaha

  27. cutisyana

    Mbak, masih mending masih bisa nemu Indomie disana.. Di kotaku gak ada yang jualan Indomie huhu, harus ke Roma atau ke Milan huhu..
    Kerupuk kuningnya bikin ngileeer..

    1. Ya ampunn susah dong ya klo lagi pengen Indomie. Ga ada toko asia ya di tempatmu?.

      1. abis ini saya mau buka toko importit barang indonesia. mulai mie instan sampai barang kerajinan. hahaha

        1. Hahahha ide bagus tuh Pai, mahal semua disini ;).

          1. Hmmm wah pasti pajak masuknya juga mahal tuh!
            πŸ™

      2. cutisyana

        adanya toko China dan Philipine, Mbak. Tapi mereka gak ngejual indomie (adanya mie china dan Philipine), saos ABC, atau bahan makanan yg Indonesia banget hahaha

        1. Klo ga produk Indonesia rasanya beda :D.

  28. hehe akan masak besar nih Mbak sepertinya buat menghilangkan sakau :p

    keuntungan tinggal di Hamburg memang ke TokIn gampang, toko-toko Asia juga isinya lengkap, ikan lele dijual loh Mbak di sana. ayok main ke sini, kita bikin pecel lele πŸ™‚

    1. Oh ya kamu di Hamburg ya Jeng duuhhh enak banget dekat toko Indonesia. Ada ikan lele juga?? :D.

      1. ada Mbak di toko Asia, di dalam tiefkΓΌhl πŸ™‚

  29. Aaa, jadi pengen pecel lele … πŸ˜€

    1. Aku pengen juga tp ga ada abang2 yg jual, hiks.

  30. nyapurnama

    aaakk krupuk Miee.. disini biasanya kl bulan puasa suka banyak yg jual itu, dan bentar lagi bulan puasa joget joget
    Kak Nel belanja yg cemilan nya banyak amat hahahaha, keliatan banget sakau nya x))
    btw asik banget bonus nya almond.. coba disini ada yang jual apaaaa aja dibonusin almond.. ngarep

    nyapurnama.com linknya dihapus karena domain tidak aktif lagi. 22.02.2016

    1. Iyaa pas puasa banyak jajanan yg enakk, ahh mupeng aku :D.
      Bonus almond itu dari kebun temanku ;).

  31. Sweet you,

    I’ve an award for you, for the person who you are and the things you share with the world
    http://summer4soul.wordpress.com/2013/06/10/peace-is-a-free-choice-so-is-this-award/

    Thank you for that..

    NamastΓ©, Summer

    1. Hello NamastΓ©, Summer thank you for the award. I keep that on my blog award file here.

      1. How sweet, thank you. Keep up the good things you do.

        Have a lovely day

  32. Toko langgananku nih Nel kalo udah urusan makanan Indo. Kalau beli dari sana pasti selalu diusahain sampe 20kg. Biar sekalian lah.. hahaha.. Jadi inget udah harus nyetok teh kotak lagi niiih.. hahaha

    1. Haha 20 kg busyett brp duit Be?, mending sekali ngirim ya, sekalian nyetok ;).

  33. Wahhhh klo soal makanan, aq pling sering sakaw mbak, soalnya bosan bgt sm makanan warung,kangen bgt sm makanan rumahan euuyy…

    1. Hehe sama dong kita, saya juga kangen masakan mamaku nih ;).

  34. Kalo printilan kayak sambel, mie, kerupuk disini banyak yg jual nel..lemper, trus snack gitu jg gampang…beli krupuk ke supermarket aja banyak hihi. nah yg susah dapetin tuh ya SOTO BETAWI! udah bikin sendiri cuma beda rasanya. Emang disini belanja bahan2 indonesia mahal tp yah gw sih rela aja deh πŸ™‚

    1. Kalau aku ke Belanda mau borong ah, disana sptnya lebih murah produk makanan Indonesia. Iya Pie terpaksa rela drpd terbang ke Indo kebih mahal ongkosnya :D.

  35. Kasihan…
    makanan Indo memang lezat2 mbak,btw,moga cepat bisa merasakan makanan indo ya..

    1. Makanan Indonesia memang paling lezat sedunia ;).

  36. fiona

    wah byk amet makanan nya heee…. mmg makanan indonesia yg maknyusss….kalo bukan jauh ke jerman mba nella susah sy kirimin pisang pekan baru yg tipis heeee
    enak nyo…. lagian kl kirim ke jerman bakalan jd jamuran kali ya πŸ™‚ soalnya sy pernah dikirmin teman dari sana enak lo heee kasi sambal cabe makin yummmyyy…..

    1. Pisang pekan baru spt apa Cud? spt pisang lampung atau pisang sale? wah bikin ngiler :D.

      1. fiona

        Pisangnya kek kipas dipotong tipis jd kl digoreng agak renyah gt heee….
        Enak lo mba heeee…. jd inget n pgn makan heeeee

  37. Aku mau apple pienya ikea n susah dapetnya. Mesti ke KL huhu

    1. Sptnya minggu lalu Noni baru dari KL?, beli ga apple pie? :).

      1. Beliiii mba😊. Makannya sampe diirit2 hehe

        1. Klo aku irit-irit goreng kerupuk :D.

          1. Haha disana mahal n susah dapetnya ya mba

          2. Mahal banget Non, lihat aja tuh kerupuk hasil belanja online ku :D.

          3. Hehehe kerupuknya naik pesawat Non, jadi ya gitu deh terpaksa maklum :D.

  38. Bukan sakau, melainkan ngidam. Hehehe

    1. Saya belum ngidam pak heheh .. klo ngidam mungkin lebih parah lagi :D.

      1. Iya betul, masak jam 12 malem di kampung tengah hutan suruh nyari es krim. Mana bisaa…?

        Tapi menyenangkan juga.

  39. Baru tau ada nasi uduk kuning… belum pernah liat sebelumnya. Favorit saya sih sate padang, dan kalo kepengen sate padang tinggal panggil, abangnya tiap sore lewat depan rumah saya :p

    1. Iyaaa Prita, itu sate Padang saya beli yg lewat depan rumah. kuah kentalnya itu duuhhh pengen banget :D.

  40. mahal kali mba indomenya 3 bungkus 26 ribu. :O
    aihh rengginang mbaaaa, enak enak. kerupuk palembangggggg awawawwwww.
    abis itu pisang sale goreng.
    :9
    maknyussss

    1. Pisang sale mauuuu dong Chit enak banget tuh sale :D.

      1. boleh mba, tapi kalau kirim dari indonesia ke jerman susah ga ya???
        pisang salehnya di potong tipis tipis terus di goreng. enakkk banget tuh mba. ada yg di lapisi selai blueberry, ada yg di tabur kejuuuu.
        aaaaaaaaa
        laperrr

        1. Mahal Chit ongkos kirimnya :D.

          1. πŸ˜€
            belum pernah ngirim keluar soalnya mba.
            kapan kapan aja deh pas mba liburan ke indonesia, sy kirimin.
            oia mba, kalau kirim kirim barang dari indo ke german gak susah masuknya???

          2. Susah Chit, ujung2nya ntar ke custom repot ah :D. Srmoga klo saya ke Indo, kita bisa kopdarannya ya ;).

          3. wahhh ke beacukainya gitu ya mba??
            hahah iya mba. πŸ˜€
            mba main ke medan donk. πŸ˜€
            ajak mr. frank ke danau toba mba πŸ˜€

  41. kripik tempeeeeee… aku sukaaaa.. πŸ˜€ kangen yah..? πŸ˜€

    1. so do i..
      gw juga penggil kripik tempe πŸ˜€

      yg penting mentalnya jangan tempe yaa booowk πŸ˜€

      1. Hahahah kalau mental ya jangan mental tempe dong! cukup sebagai makanannya :D.

    2. Sama dong kita ;). Saya kira kerupuk tempenya yg besar-besar, ternyata kecil-kecil euy, kalau belanja online harus lihat gambar dengan teliti deh :D.

      1. enak mbak..crispy hihihi πŸ˜€ kalo online harus jeli..

  42. Wewww.. Kusuka nya jadi 31rb? haha.. Emang jadi mahal beud yah.. Tapi tak apalah, nama pun lagi sakau yahh.. πŸ˜€ Untung makanan manado di jkt gampang nyarinya, ambas jadi surga dunia deh..haha πŸ˜€

    1. Di Jakarta berapaan Py? paling 15rb an ya?. Iya gpp ah lagi sakau nih hehe.

      1. Itu 200gr kan? Bukan yg 500gr? apa py salah baca? kalo 200gr kan gak nyampe ceban, kalo 500gr iya keknya 15rban.. πŸ˜€

        1. 200 gr, ihhh murah banget ceban? :D.

  43. Indomie cuma 3 bungkus harganya Rp. 25.000? :-O
    keripik kusuka itu juga mahal amat! Wajar sih, beli dari luar πŸ˜€

    1. Indomienya naik pesawat jadi ya mahal deh :D. Iya semua mahal ga cuma Kusuka, biarin deh jarang-jarang beli ko ;).

  44. bakso kak, soto lamongan, tahu campur lamongan, nasi boran lamongan πŸ˜€

    1. Enakkk semua tuh, jadi pengennn :D.

      1. mari-mari visit lamongan πŸ˜€
        brasa jd duta kota Lamongan πŸ˜€

  45. hihihihi, padahal aku ga bermaksud bikin ngiler loh πŸ˜€ indomie itu emang kayak makanan wajib di negara manapun ya hahahaha…

    1. Benar Mel wajib ada bbrp bungkus di lemari dapur, kalau tiba-tiba pengen mana ada penjual kaki 5 :D.

  46. Makanan yang ngangenin bagi saya adalah nasi jagung dengan gereh lombok ijo,, jarang lho sekarang ada… karena itu makanan jaman ORLA dan ORBA..

    1. Wah iyaa nasi jagung kapan ya terakhir saya lihat. Makanan tempo doele itu ;).

  47. Keren nih, makanan Indonesia punya tempat tersendiri bagi mereka yang kanggen band. Hehehee

    1. Iya mas Gie, saya lagi kangen bad nih :D.

  48. duh mba… bukannya gak mau kirim ke mba. tapi nyari krupuk mie pakai sambel kacang gitu saya juga dah agak susah nih. πŸ™
    jadi pengen deh…. *slurppp*

    1. Ooo di tempat Ryan jarang juga toh lewat pedagang kelilig kerupuk mie :D. Dulu saya beli yg lewat rumah tuh.

      1. iya. di rumah sekarang sih dah jarang banget. gak pernah lihat malah. kalau dulu sih deket rumah ada yang standby. apalagi pas puasa, keliling krupuk mie, kolak pisang/biji salak, kolang-kalik, pacar cina, gorengan. *ah saya lapar*

        1. Ah saya juga jadi ikutan lapar dengan makanan asli Indonesia :D.

          1. mari mencari πŸ˜€

  49. Saking kangennya belanjanya jadi maruk πŸ˜†

    1. Hahahha ember mbak, saya maruk banget nih :D.

  50. Memang makanan dari daerah asal selalu bikin kangen ya Mbak. Aku juga kadang suka kangen makanan dari kampung. Di Jakarta memang ada, tapi ya itu, rasanya gak semantap yang di kampung πŸ™

    1. Ditempat asalnya rasanya lebih mantap ya Chris ;).

      1. Betul, Mbak. Atau mungkin juga lidah kita sudah terprogram untuk mencecap rasa dengan standar rasa di tempat asal, jadinya di tempat lain rasanya jadi kurang mantap πŸ˜›

  51. Indomie goreng 1.99 EUR, hehe kalau di sini bisa dapet 15 – 16 bungkus ya.

    1. Iyaa mahal ya πŸ˜€ biarin deh, jarang-jarang ko beli cuma pas pengen aja.

  52. Evi

    haha..balas dendam belanja makanan Indonesia tampaknya, Mbak Nella. tapi klau sampai harus nangis sih kalau kangen ya gak apa-apa lah…untung ada toko Indonesia online yah…

    1. Iya mbak Evi untung ada toko Indonesia, tapi makanan spt pecel lele, gado-gado, mie pangsit ga ada di jual :(.

  53. Hahaha kalau lagi PMS emang menyebalkan sih. Mood naik turun πŸ™‚
    Akhirnya sekarang bisa tertawa dunk ya kak πŸ™‚ udah dapat sebagian yang diinginkan hehhe

    1. Sekarang ya agak bisa tertawa sudah kesampean beli kerupuk :D.

      1. Makan pake nasi panas sama sambal kecap nggak, kak? πŸ˜€

        1. Baru beli kecapnya, sambel juga ada. Makan yukkk ;).

  54. aku udh pernah belanja disitu mbak, tp sayang sambelnya kurang sip, wkt itu beli sambel ijo ama sambel terasi kl gak salah (lupa merknya) eeh kmrn disini nemu sambel terasi abc πŸ™‚

    1. Klo sambel belibis nih sipp pedasnya Cha. Klo kurang puas biasanya aku bikin sendiri :D.

  55. ah…., maafkan kakakmu ini dek…, secara aku juga pernah posting masakan , buat jadi sakaw ya…
    sakaw makanan pernah, sakaw mi rebus keling dari Medan, untungnya udah nemu penjualnya di Jkt sini,
    kl saat ini sih lagi sakaw jalan2 he..he…

    1. Iya kak saya maafkan deh :D. Sakawku agak berkurang nih sdh beli macem2 kerupuk ;).

Leave a Reply