Jalan-jalan ke Wilhelma Stuttgart (Bagian 3)

loading...

Beruntung sekali, suami dan saya mengunjungi Wilhelma Stuttgart ketika musim semi, jadi kami (terutama saya) tentunya senang sekali melihat pohon-pohon bermunculan bunganya, banyak sekali bunganya, bahkan nyaris saya tidak melihat dedaunan di pohon-pohon tersebut, hanya bunga-bunga nan indah yang menyelimuti pohonnya ;).

Pohon Magnolia × soulangeana warna pink
Pohon Magnolia × soulangeana warna pink

Magnolia Soulangeana (saucer magnolia) adalah tanaman hibrida keluarga Magnoliaceae. Bunganya muncul (bermekaran) ketika musim semi dengan berbagai nuansa putih, pink, dan ungu. Setelah bunganya rontok, baru akan muncul daun-daunnya, unik ya, selama ini saya tahunya daun-daun yang lebih dahulu bermunculan, baru bunganya, lah pohon ini malah kebalikannya :grin:.

Magnolia soulangeana di Jerman di kenal dengan nama Tulpen Magnolie, tidak tahu juga kenapa di namakan tulpen (tulip) apa mungkin akan bentuk bunganya yang agak mirip bunga tulip ya.

Magnolia × soulangeana, April 2013. Wilhelma Stuttgart
Magnolia × soulangeana, April 2013. Wilhelma Stuttgart

Magnolia Denudata, dikenal sebagai Yulan magnolia (asalnya dari timur Cina. Bunganya dianggap sebagai simbol kemurnian di Dinasti Tang. Bunga Magnolia denudata adalah juga bunga resmi kota Shanghai. (sumber: Wikipedia)

Wilhelma memiliki luas 30 hektar, setara dengan 40 lapangan sepak bola :mrgreen:. Sebelah selatan berbatasan langsung dengan Rosenstein Park, sebelah timur berbatasan dengan sungai Neckar, daerah pemukiman disebelah barat dan bagian utaranya berbatasan dengan Stuttgart- Bad Cannstatt.

Pemandangan Taman Wilhelma

Setelah puas melihat tanaman-tanaman, lihat apa lagi di Wilhelma?. ➡

Burung

Ada sekitar 9.500 spesies burung yang dikenal berada di kebun binatang Wilhelma. Bangga deh melihat beberapa jenis burung asal Indonesia ada di kebun binatang Wilhelma ;).

Nah melihat burung-burung berikut ini, pengunjung bisa masuk ke kandangnya, asal jangan lupa langsung tutup pintunya, supaya burungnya tidak keluar.

Monyet

Ruang Serangga

PERHATIAN yang geli dengan serangga, yang lagi makan jangan lihat foto-foto berikut, ga nurut tanggung sendiri kalau muntah :lol:.

Lainnya

Ada 9000 hewan dengan 1000 spesies berada di kebun binatang Wilhelma ini.

Sudah 5 jam keliling Wilhelma. Lelah & puas. “..Lah belum lihat gajah, harimau, macan, beruang, zebra dll” .. ahh sudah sering melihatnya, paling gitu-gitu saja kan. Pulang aja yukkk :cool:.

Video Kebun Binatang Wilhelma Stuttgart

Yang ingin melihat taman Wilhelma 360-panorama http://www.wilhelma.de/de/besuch/360-panorama.html silakan atur sesuai yang kamu inginkan, gerakkan kursornya.

Nah sahabat blogger setelah melihat taman sekaligus kebun binatang Wilhelma, adakah yang tertarik megunjungi lokasi seperti ini? untuk berlibur, dibanding hanya ke mall saja toh, lebih baik ke lokasi seperti Wilhelma, kita bisa banyak belajar dan mengenal alam.

-Tamat-

Jalan-jalan ke Wilhelma Bagian I klik disini.
Jalan-jalan ke Wilhelma Bagian II klik disini.

loading...

Tulisan Terkini

loading...
About these ads

82 thoughts on “Jalan-jalan ke Wilhelma Stuttgart (Bagian 3)

  1. […] also like: • Ladang Bunga di Jerman • Orang Jerman itu .. • Indahnya Kota Tua Bad Wimpfen • Jalan-jalan ke Wilhelma Stuttgart • Aturan Internetan di […]

  2. […] yang mungkin kamu tertarik membacanya: • Jalan-jalan ke Taman Wilhelma Stuttgart • Taman Mawar di Lottum, Belanda • Bunga Mawar Koleksiku • Update Kebun Musim Panas • […]

  3. Steven

    Magnolia bisa tumbuh kok di Indonesia cuma ya memang tidak bakal mekar seperti yang di negara 4 musim. Sepertinya kalau di sini mekarnya ada daunnya juga. Pernah lihat di web ada yang jual hasil stek magnolia saucer warna ungu tua baru 50cm harganya antara 400-500rb ya kalau ga salah. Karena mahal ya jd beli bijinya dan tanam sendiri. Dari 10 biji magnolia yulan cuma hidup 1 saja.

    1. Klo ada teman datang ke Indo minta titip saja bibit (tanamannya), beredar pas musim dingin, murah ko yang masih kecil ga sampai rp.100rb.

  4. […] yang mungkin kamu tertarik membacanya: • Jalan-jalan ke Taman Wilhelma Stuttgart • Taman Mawar di Lottum, Belanda • Bunga Mawar Koleksiku • Update Kebun Musim Panas • […]

  5. […] kalian tertarik membacanya: • Foto Perjalanan yang sebelumnya saya ikuti Culture/heritage • Jalan-jalan ke Wilhelma Stuttgart • Ramainya Bulan Oktober di München • Jalan-jalan ke Pasar Malam di Belanda • Liburan Swiss […]

  6. halo kunjungan perdana. 🙂
    bagus banget, kapan yah bisa ke sana, pengen foto sama bunga-bunganya.

    1. Hai Audrey terima kasih buat kunjungan perdanamu :).

    1. Secantik yg motret *narsis :)).

  7. magnolianya memesona sekali Mba 🙂

  8. Cantik sekali bunga magnolianya Jeng Nella, sekujur tanaman penuh bunga. Salam

    1. Hai bu Prih cantik ya magnolia. Saat ini pohon-pohon magnolia mulai berguguran bunga-bunganya dan digantikan daun-daun yang lebat.

  9. Gita

    Ah, kalo disini suhunya berkisar 28 sampe 31 derajat celcius(suhu ruang si, saya punya thermometer ruang), kalo suhu diluar sekitar 30 sampe 35 derajat (liat di laporan cuaca…hahahaha…). Sinar matahari teriknya penuh seharian, kadang belum jam 9 pagi…matahari udah terik….sampe jam 5 masih terik…tanaman saya pernah ada daun mudanya ampe kering, malah mungkin bisa dibilang hampir hangus….kadang sehari tanaman bisa saya siram ampe 2 kali dan saya semprot pake spray waktu tengah hari…banyak yg bilang kalo siram tengah hari tu gak boleh, tp kalo gak disiram…tanaman saya bisa hangus daun mudanya…
    Daunnya hangus kayak kena api begitu…nanti deh kapan2 saya foto buat kasi liat sis Nella…

    1. Iya aku mau dong liat foto-foto tanaman koleksi sis Gita ;).

  10. pengen nongkrong disana,,,sambil makan nasi goreng + rujak cingur

    salam kenal mbak,,
    berkunjung ke blog saya ya mbak hehehe

    1. Salam kenal juga Madi, ntar saya mampir yaa ;).

  11. Sungguh saya pengen foto2 disana, gimana caranya saya bisa pindah tempat dalam sekejap kesana ya 🙂

    1. Panggil doraemon dulu, pinjam pintu kemana saja ;).

  12. Gita

    suhu waktu musim semi sama musim panas berapa derajat, sis di Eropa, khususnya Jerman?
    Kalo lagi pas musim panas, panasan mana sama Indonesia?
    Saya lagi ngira-ngira suhu buat ngeletakin pot bunga, kira-kira perlu ditempatin dibawah naungan pohon/teras atau langsung kena sinar matahari…

    1. Kalau musim semi sekitar 15-25 derajat. Musim panas sama seperti Jakarta malah kadang lebih panas, bisa sampai 40 derajat sengsara deh tanaman :D, sorenya langsung kasih banyak air, tapi kalau pagi adem. Musim panas saya siram tanaman pagi hari dan sore. Lily of valley jangan kena sinara matahari sis, kecuali klo pagi ya ga masalah. Bunga Lily bisa kena panas, tapi kalau terik sekali ya lebih baik dipindah potnya. Bunga lily selalu mencari sinar matahari langsung, kadang saya putar potnya, batangnya jadi meliuk-liuk karena bbrp hari sekali saya putar :D.

  13. Huaaaa.. bunga2nya udah pada mekaaaar. Disini sakuranya udah berbunga Nel.. bagus banget.. seneng liatnya.. 😀

    1. Sama Be disini juga udah pada mekar, mulai rontok, karena mulai panas kali ya :D.

  14. Friskila Damaris Aquila Silitonga

    OH HOW BEAUTIFUL
    MOGA BISA KESANA

  15. jadi mupeng pengen kesana mbak …

    1. Aku juga mupeng mau balik lagi kesana, bareng yukk ;).

  16. aaaakkk magnoliaaaa, aku suka buanget nget mb Nella sm magnolia hahahaa, bahkan dl parfumku scent magnolia blossom (sayangnya discontinued) 😀

    1. Wahhh ada parfum magnolia toh? :D. Ga diproduksi lagi?.

      1. iyaa mba Nella, udah ga diproduksi lagi 🙁

        1. Sayang banget padahal baru mau niat cari :D.

  17. pohon magnolianya cakep banget ya….
    taman wilhelma nya juga keren abis!!!

    yang ruang serangga itu sih geli ngeliatnya. hahahaa.

  18. waaah,,bagus banget mba tempatnya,,kyknya kalau aku udah disana ga mau pulang tuh,,hehe
    itu bunga magnolia kalau diliat dari jauh kayak bunga sakura yah mba,,bagus banget pokoknya,,

    1. Mungkin karena warnanya ya jadi mirip bunga sakura ;).

  19. kayka

    thanks mbak nella jadi tau nih nama bunganya tulpen magnolie, cantikya 🙂

    btw cerbungnya udah selesai ya mbak?

    salam
    /kayka

    1. Cerbung yg kawin campur? Belum sempat upload mbak, mungkin minggu ini ;).

      1. kayka

        sippp deh ditunggu tayangannya ya 🙂 itu bagian yg terakhir kan ya?

        salam
        /kayka

        1. Sampai bagian 13 sih, mungkin disatukan saja ;).

        2. Dear mbak Kayka sudah saya posting lanjutan cerbungnya klik disini ya :).

  20. Burung mabruk (dara mahkota) ternyata nyampai sana juga.

    1. Iyaa jauh nih si burung dara jalan-jalan ;).

  21. i guess you had a great time there,
    itu kecoa madagaskar jgn dianggep remeh loh, di petshop hargny 200 rb buat 2 pasang sm kandangnya….
    btw, pernah liat jamur truffle gak kak di jerman ?

    1. Iya Ded aku baca juga itu kecoa madagaskar buat binatang pekiharaan, diaruh tangan, leher iiihhh gelii. Kata suamiku mahal babgett tuh jamur truffle 100 gramnya dirupiahkan sekitar 200 ribuan.

      1. itu blcak truffle atau white truffle kak ?
        kira2 klo di krm ke Palembang rusak gak ya?
        aku penasaran bgt sama yg namanya fruffle, definisi”earthy flavour” itu bkinku penasaran…

        1. Ga bisa kirim terlalu lama 2 mingguan baru sampai Palembang. Ada yg putih ada yg hitam, harus ditempat khusus yg high class tuh baru tersedia, di supermarket dekat2 rumahku ga ada, hrs ke kota besar ;).

          1. oh gitu ya kak, klo yg udah di rendem di glass jar/toples atau di kalengina atau udah dikeringing ada gak ya?
            aku dah cr2 di Jkt gak ada….
            tnang aja kak, aku transfer uang beli sama kargonya……

  22. Tempatnya asik dan cantik banget ya Mbak…betah dech di sana 🙂

    1. Iya Deva, saya betah banget disana, makanya sampai 5 jam muter-muter :).

  23. Bunganya bagus-bagus ya. Tapi ada kecoa nya hiiiiiiiiiii 😛
    Ga ada harimau, singa, kuda zebra, buaya, dan lain-lain? Kalau saya ke kebun binatang pasti lihat mereka dulu. Selain itu, ikan-ikan air tawar dan air laut juga. Mungkin karena terlalu luas ya, jadi ga sempat lihat semuanya

    1. Adaaa tapi berhubung sudah pegel jalan-jalan 5 jam, trus kadang hujan kadang gerimis, ya pulang aja :D.

  24. Adem liat langit mendung, bunga basah & jalan lembab. berasa smpe sini aroma petrichorny ^^
    slam buat monyetnya bunda Nella 😛

    1. Ntar deh disalamin ya klo balik ke sana lagi :D.

  25. melanietoulouse

    Guten tag aus Toulouse, France! 🙂 wonderful pix! I’ve been to Stuttgart several times to visit with “old”&close friends… it’s a pleasant city! 🙂
    – – –
    Have a serene day & good luck in all your endeavours! Alles gute, Mélanie

    1. hello Mélanie thank you for visiting my blog :). Liebe Gruße, Nella.

  26. Mba Nella aku br tau pohon magnolia. Dulu aku pikir itu bunga terompet hihi

    1. Agak-agak mirip terompet ya kalau dilihat sekilas :D.

  27. Indah banget Mba Nella bebungaannyaa..

    1. Iyaaa Dan banget-banget indah ;).

  28. waaaaa, bunganya magnolia berarti hampir mirip bunga sakura ya mba?
    bisa hidup dinegara Indonesia gak yaaa :3

    1. Mirip warnanya Chit, mekarnya ketika musim semi. Belum pernah nemu bibit magnolia, kalau tanamannya ada di jual mulai dari ukuran 5 cm, 20 cm dstnya, aku naksir mau beli yang paling kecil kan murah tapi mikir lagi supaya pohonnya tumbuh sempurna butuh pot besarrr dong atau di tanam di tanah langsung ;).

      1. iya ya mba, tapi pot besar semana yaaa 😀

  29. Kebun binatang yang lengkap dengan taman seperti ini selalu menjadi tempat yang menyenangkan untuk jalan-jalan ya Mbak.

    1. Iya Chris asyiklah pergi kesatu tempat bisa menikmati taman dan mengunjungi kebun binatang. Lokasi seperti Wilhelma ini satu-satunya di Jerman, biasanya taman & kebun binatang terpisah.

  30. Wah.. Bagus bunga magnolia nya. Baru kali ini lihat bunganya :p Keren yah bisa satu pohon full sama bunga aja..

    Btw, itu Madagascar kakerlake namanya? Orang manado bilang kecoa itu Kakarlak :p

    1. Hai Pypy masuk musim semi banyak pohon-pohon yang mengeluarkan bunga-bunganya dulu ya contohnya seperti magnolia & cherry blossom, masih banyak pohon yang lain. Kakerlake bahasa Jerman buat kecoa, wah mirip dengan bahasa Manado ya :D.

      1. Iya Mba, bahasa Manado memang banyak yang dari bahasa luar.. Kek Fork buat garpus, macis buat korek, dll :p

        1. Di Medan juga macis tuh bilangnya :D.

  31. Wow! 5 jam?! gak gempor mbak kakinya? haha..
    Itu yg bunga-bunga gugur itu sekilas kyk liat bunga sakura *salah fokus 😀
    Sayangnya satu, gak ada foto mbak Nella di situ.. klo ak jd mbak, dah rebahan di rerumputan itu trs foto-foto.. huahaha.. narsis level akut 😛

    1. Gempor sih Bunda, klo cape kan duduk dulu banyak bangku tamannya, capenya hilang lanjut jalan lagi ;). Iya banyak juga pohon seperti bunga sakuran namanya cherry blossom, saya tidak potret karena banyak sekali di sekitar rumah :D. Mau rebahan tapi rumputnya basah kena hujan :(.

  32. foto-fotonya segar sekali. btw itu habis hujan ya, kok magnolianya basah

    1. Iya Tyas memang saat itu hujan :D.

  33. udah pasti mau banget main2 ke park spt Wilhelma..,
    pengen Jkt punya taman seluas dan secantik inii

    1. Asyikk kak Monda suka juga jalan-jalan ke taman ;).

Leave a Reply

loading...