Paskah di Jerman

Bagus ya Bentuk Kelinci Paskah, dalamnya Coklat
loading...

Biasanya Paskah identik dengan musim semi, cuaca cerah dan hangat. Tahun ini luar biasa, di hari paskah (minggu) ternyata salju masih turun, ya tipis sih. Cukup membuat menggigil karena suhu hanya diangka 5-7 derajat C dan anginnya kencang. Mungkin anak-anak tidak ada kegiatan mencari telur dialam deh, karena cuaca tidak bersahabat. Bisa-bisa anak-anak malah sakit.

loading...

Libur paskah di Jerman berlangsung dari tanggal 29 Maret hingga 1 April. Jumatnya adalah hari Jumat Agung di Jerman disebut Karfreitag. Hari minggu & seninnya adalah hari Paskah, kalau minggu disebutnya Ostersonntag dan Seninnya Ostermontag.  Hari sabtu 30 Maret tidak termasuk hari libur, namun bagi orang kantoran tentu saja jadi libur panjang dari hari Jumat hingga Senin, hari selasa baru normal kembali. Anak-anak sekolah sudah libur sebelum hari yang saya sebutkan diatas.

Seperti Natal dan tahun baru, maka hari Paskah juga menjadi salah satu ajang dimana masyarakat menjadi konsumtif.  Hadiah-hadiah, coklat, telur-telur hias, bunga-bunga dan 1001 macam lainnya.

Karena tanggalan merah, jadi supermarket tutup hari Jumat, Minggu dan Senin. Kalau banyak liburnya seperti ini, biasanya masayarakat kalap, seakan-akan supermarket tutup setahun! Semuanya mau dibeli :lol:.

  • Hari Paskah kami berkumpul di rumah mertua. Mama mertuaku mengundang orangtuanya dan dua saudarannya. Jam 6.30 saya sudah sampai rumah mertuaku untuk bantu-bantu masak. Kami mulai masak jam 7.30 baru kelar hampir jam 12.

Kue-kue di Hari Paskah semuanya bikin sendiri (bukan saya yang bikin :mrgreen: )

Meja makan mertuaku di Senin Paskah

Hadiah-hadiah Pasakah yang suami dan saya terima

  • Saya ada kerjaan, cuma tiap dua minggu sekali. Kerja apa Nel? Kerja babu :cool:, bersihkan rumah seorang lansia. Kerja tiga jam, lumayan ada pemasukan buat beli bunga. Di kali kedua bekerja dapat bonus paskah, yang penting isi amplopnya ya hehehe. Lebih dari gaji sehari kerja Puji Tuhan! :D. Lansianya ramah banget, dia tinggal sendiri dan maunya ngobrol melulu. Saya harus pintar-pinter stop obrolan supaya bisa kerja dan selesai tepat waktu. Oh ya rumahnya bersih, heran juga apanya yang saya bersihkan hehehe. Paling saya bersihkan semua ruangan dengan vakum cleaner, eh ya kamar tidur utama tidak perlu dibersihkan. Kata si oma tidak ada yang tidur disana, sipp mengurangi kerjaan.

Trus ngepel kamar mandi, dapur, dan tangga. Sudah 2 kali selalu selesai setengah jam sebelumnya, si oma bilang udah tulis aja 3 jam kerja, ahh asyiknya ;). Si oma ini tinggal di lantai 1, dilantai dasar ada dua rumah, punya dia juga dikontrakin, tamannya luas. Good newsnya, di dekat pagar ada tanaman bunga Hortensia, sudah jadi pohon tinggi besar. Sudah banyak keluar tunas-tunasnya, akan mulai tumbuh kembali. Kalau sudah rimbun akan di stek dan aku akan dikasih, horeee!! ;).

  • Suami kuliah lagi (kampusnya di Heidelberg), ambil jurusan managemen keperawatan. Mulai 2 April 2013. Moga-moga dia bisa gantikan bos yang pensiun nantinya di kerjaannya *ngarep.com :D. Kuliahnya akan berlangsung selama dua tahun. Kenapa kuliah lagi? Jadi sekarang kan kerjanya keliling-keliling mengunjungi pasien-pasien (lansia) ke rumah-rumah. Sehari bisa dapat 25-30 orang yang harus dikunjungi. Katanya kerjaan perawat sangat menguras tenaga. Nah dengan kuliah lagi, nantinya akan bisa kerja di kantorannya, masih seputar perawat juga tapi lebih ke managemen dan tentunya jabatan juga jadi meningkat.

Kuliahnya hanya di awal bulan. Hari Senin hingga jumat dari jam 8 hingga jam 5 sore. Jadi seminggu kuliah, hari lainnya bekerja. Hitung-hitung biaya kuliah hingga tamat sekitar 5800 Euro. Nah suamiku baru kasih tahu katanya hari senin dia akan ke Rathaus (semacam kantor walikota) jadi pemerintah ada program kasih bantuan untuk warga negaranya. Biaya pendidikan akan dibantu separuhnya, dan dananya akan dikasih setiap bulan. Puji Tuhan mungkin kita hanya akan keluarkan total sekitar 2500 hingga 3000 Euro saja, lumayan banget kan daripada tidak dapat sama sekali.

  • Dirumah kami air panasnya tidak keluar :(. Mesin pemanasnya rusak. Pemilik kontrakan (tinggal dilantai dasar) minta maaf berkali-kali. Tidak ada air panas mulai hari Jumat 29 Maret. Untungnya kamis malam kami sudah mandi. Menderita kalau cuci piring, airnya sedingin air es. Mau cuci muka juga dinginnn. Pantesan ko telapak tangan dan wajah jadi pecah-pecah, baru nyadar karena airnya super dingin!. Hari sabtu kami mandi di rumah mertua. Minggu merayakan paskah dan nginep di mama mertua jadi mandi disana juga, senin sebelum pulang dari mertua, mandi dulu. Hari selasa kan sudah hari kerja, jadi ya ada tukang yang datang bisa perbaiki mesinnya.

Segitu dulu ya cerita paskah dan curhatan saya. Oh ya sahabat blogger liburan panjang minggu lalu kemana?.

 

Tulisan Terkini

loading...

About these ads
loading...

73 thoughts on “Paskah di Jerman

  1. Friskila Damaris Aquila Silitonga

    PINGIN DEHC PASKAH DI GERMAN

  2. Lucu-lucu deh makanannya. Aku punya yang coklat kelinci ituu!! Dibawain oleh2 sama oma. Lucu banget malah ga dimakan-makan karena sayang, hahaha

    1. Coklatnya jadikan pajangan dulu ya, kalau sudah lewat 1 bulan baru dimakan :D.

  3. selamat paskah mbak nella,
    salam kenal juga*salaman*
    maaf telat..
    saya ngiler liat kue & coklatnya.
    Rangkaian bunganya cantik.

    1. Hai Anastasia selamat Paskah juga ya, tidak masalah telat yang penting niatnya ;). Salam kenal juga. Terima kasih sudah berkunjung ;).

  4. Selamat Paskah, Mbak Nella. Sorry telat 😛
    Asyik banget acara kumpul-kumpulnya . . .

    1. Selamat Paskah juga pak Chris, aduhh maaf pak, selama ini saya langsung panggil nama, barusan lihat gravatar bapak, maaf ga sopan saya :D.

      1. Wah ha ha ha . . . di foto aku kelihatan tua ya, Mbak? Santai aja, panggil nama malah lebih enak koq. Kesannya lebih akrab :D.

        1. Lebih berumur diatas saya hehehe. Saya panggil pak saja ya, supaya lebih sopan :D, ya walaupun di Eropa biasanya langsung panggil nama tapi saya masih orang timur ;).

          1. He he he . . . nanti aku mau ganti foto pas masih SMA ah, biar dipanggil “dik” 😛 😀

          2. Heheheh saya nantikan foto SMA Chris ;).

      2. saya suka sekali berkenalan sama orang yang tetap santun dan sopan sekali walaupun sdh tinggal di LN ….mbak Nella sangat ramah sekali ya Pak Cris…

        1. Walau di sini, kalau bertemu dengan orang yang jauh lebih tua dari saya, saya coba tidak panggil namanya langsung bisa dengan tambahan bpk atau ibu :).

  5. kalau di luar negri Paskah identik sama pernak-pernik Kelinci ya Mba..
    btw yg bentuk kelinci itu coklat?? gedhe bgt..
    Met Paskah ya Mba *telat* 😀

    1. Iya Teena bentuk kelinci itu coklat mulai dari yang kecil sampai besar :D, tapi bagian tengah coklatnya kosong.

  6. kak, you’ve got so much fun out there….
    btw, kakak spupu yg tinggal di bremenhaven pernah bilang klo di jerman, easter or even christmas is all about celebration, nothing spiritual within…..
    they don’t even bother to go to the church at that day….
    smoga makna pengorbanan Kristusnya gak hilang ya dsn….

    1. Iya buat sebagian orang ya hanya perayaan saja, buat sebagian lagi tetap ke gereja, lebih banyak oma opa sih yg ke gereja.

  7. After Church we gathered at my mom and dad’s place for a small family dinner. My brothers, aunts and cousins were there. We had alot of food but cannot compare to the spread your inlaws had. Resurrection (Easter) day in Texas started with early morning stormy weather, but the rest of the day was sunny and beautiful. It was a lovely day!

    1. Family gathering always nice, thank you for sharing ;).

  8. Seru banget makan2 barengnya Nel.. Yang cake bentuk rusa atau apa itu lucu bangeeeet (eh itu bentuknya apa yaa?)

    Selamat udah mulai kerja ya Nel.

    1. Cake bentuk domba Be. Lucu ya, mau dimakan juga sayang :D.

  9. mau dong kuehnya 😀 liburan di dalam kota aja kak 😉 selamat paskah ya!

    1. Hai Messalin selamat Paskah juga ya ;).

  10. Mba Nella, sory nih diluar topik, aku minta pendapatmu dulu sebelum ke wp
    accountku dah suspended jadi dah ngga bisa apa2.
    Jika aku (sulitnih) pindah ke selfthosted seperti punya Mba masih bisa ngga ya ?..
    and berapa ya biaya minimalnya, maksudku Mba harus ada nambah biaya lagi ngga selain 18$/year…
    maaf.. Kalau aku dah paham baru nanti ke wp.com.. Gitu..
    Blogku di bekukan katanya blogku tergolong blog SEO.. Bingung n prustasi juga ngga ngerti.. Gimn bisa ngset SEO .? .. Mks Mba Nella..

    1. Hai pak Asmat, blog (domain) saya hosted di wp.com juga. Di Wp. com kita tidak boleh bermain dengan SEO atau pasang software atau apapun itu untuk mendongkrak SEO blog kita, kecuali kalau wp.org bebas. Domain blog saya ini biayanya $18/tahun hanya itu tidak ada biaya2 lain.

      Kalau mau selfhosted coba http://www.hostgator.com
      Oh ya pak, blog yang disuspend harus dalam keadaan aktif kembali supaya bisa di transfer ke domaian baru.

      Baca juga Type Blog yang diizinkan dan dilarang oleh Wp http://en.wordpress.com/types-of-blogs

      di wp.com kita dilarang pasang iklan juga kecuali klo punya domain sendiri bisa ikutan wordads infonya disini dilarang ngiklan http://en.support.wordpress.com/advertising

      Terakhir nih pak, silakan baca “solusi blog yang kena suspend” http://id.forums.wordpress.com/topic/solusi-blog-yang-kena-suspend?replies=138

      1. Mkasih Mba mo respon,
        Waktu Mba lakukan upgrade apakah menggunakan menu Custom Domain atau offsite redirect ya.. .? Apa sih bedanya.. .? Aku sih dah baca petunjuknya, tapi .. Biasa bhs inggrisku ngga mudeng.. jadi ngga yakin..
        Saya mo maksain pindah agar isi site lama tetap ada, dan teman-teman lama yang seach by google tetap bisa akses wp yg lama (yg gratisnya) ..walaupun dah pindah domain.. Itu bisa kan bisa ya..Mba ?

        1. Pak Asmat masih nge-blog di wp.com kan? kalau iya panduan untuk beli domaian di wordpress sbg berikut:
          1. Klik “toko”
          2. Pilih “Tambah domain”
          3. Baca ketentuan “pelajari lebih lanjut”
          4. Klik “beli sekarang”
          5. Cek domaian sulitnih.com di godaddy.com oke belum ada yang punya, berarti bisa bpk pakai
          6. Balik ke No.4 lanjut, masukkan domain pilihan tsb (tanpa www ya jadi hanya: sulitnih.com) ke kolom tersedia
          7. Klik “tambah domaian ke blog”
          8. Klik domaian sulitnih.com yang sudah ada di layar
          9. klik “update primary domaian” Contoh gambarnya seperti disini http://en.support.wordpress.com/domains
          10. Nanti diminta masukkan nama bpk dan no kartu kredit atau paypal.
          11. Ikuti panduan berikutnya atau silakan baca http://en.support.wordpress.com/domains

          Oh ya pak, wp.com sebelumnya yang gratisan harus dalam keadaan aktif ya, jadi setelah proses diatas selesai, seluruh tulisan di blog lama akan pindah otomatis ke domaian baru. Dan kalau ada teman2 yang mencari melalui google misalnya, kan semua tulisan lama masih di blog gratisan nah otomatis akan langsung diantar ke domaian baru. Blog gratisan masih tetap aktif ko, kalau teman2 masih buka blog gratisan maka maka otomatis akan terbuka yang domaian baru ;).

  11. seneng ya paskahnya ngumpul keluarga. berasa banget suasana paskahnya kak. telur paskahnya baguss.. kreatif. roti domba buat sendiri? coklatnya banyakk.. kok banyak coklat kelincinya ya kak? apa uda khas disana?

    happy ya kak dapet kerjaan disana.. sepertinya omanya baik banget yaa.. ahh.. jadi pengen tinggal dan kerja di luar nih.. hahaha.. *mimpi.com*

    1. Roti domba buatan tetangga mama mertuaku, ada cetakannya, cetakan kue bentuk kelinci juga ada ;). Menurut legenda, kelinci paskah membawa keranjang berisi telur2, permen2 & mainan2 berwarna-warni untuk anak2 ketika malam paskah. Kelinci menyembunyikan keranjangnya & anak2 akan mencarinya keesokan harinya. Kelinci paskah mempunya kemiripan dengan sinterklas yang membawa hadiah untuk anak2. Ren, Mimpi boleh2 saja ko, dulu aku juga berawal mimpi pengen tinggal di LN doain eh terwujud ;).

  12. ardika

    Suasananya kayak kalo yang muslim lebaran mbak, banyak makan-makannya dan kumpul keluarga. Wah, pemerintah Jerman peduli banget dengan pendidikan warga negaranya, ampe yang udah bekerja saja disubsidi. Sebuah contoh yang perlu diusahakan oleh pemerintah Indonesia. Semoga nanti pelan-pelan terwujud di sini.

    1. Aminn semoga pendidikan di Indonesia bisa juga di support pemerintah ;).

      1. ardika

        Wong negeri kelewat kaya gini kok ampe ga bisa nggratisin pendidikan. Semoga nanti suatu saat lahir pemimpin yang menyelamatkan kekayaan alam n nerusin Bung Karno

  13. Kue-kuennya keliatan enak banget, itu asli bikinan sendiri yah mbak? mauu..hihihi.. 😀
    Liburan paskah di Jakarta, anak rantau, apalagi kalau bukan mall ke mall..hahah.. 😀

    1. Iya kue2nya bikinan para undangan. Aku kangen mall2 di Jakarta :D.

  14. Telur2 paskah yg dilukis/diwarnai itu lucu2, btw itu bisa dimakan kan mbak?

    1. Iya bisa dimakan ko, itu pakai pewarna makanan ;).

  15. hahaha… kayak klo mau lebaran tuh mbak Nella!! pada kalap belanja, kayak toko mau tutup setaun aja 😀
    selamat yaa mbak Nella punya kesibukan baru dan penghasilan tambahan..
    sukses juga utk Frank! semoga recommended utk gantiin bosnya yaaa 😉

    kue-kuenya bikin ngiler *lap enceeess

    1. Terima kasih bunda Muna ;).
      Wahh ternyata di Indonesia & Jerman sama yaa banyak yg kalap belanja ;).

  16. Senangnya Mba Nella ngumpul semuanya waktu paskah gitu ya. Makanannya keliatan enak-enak.
    Soal kerjaan untung ya si Oma baik (orang jawa selalu untung). Semoga lancar ya Mba buat kuliahnya suami.

    1. Thanks ya Dan ;).Selain paskah, yg jadi ajang kumpul2 ya pas natal & ketika anggota keluarga ulang tahun, kerjanya makan melulu :D.

  17. wah horor yah mba kalo air panas mati di cuaca begitu
    Paskah ini mertua berkunjung ke sini mba Nella, jadi ya isinya jalan-jalan aja haha 😀

    1. Iya mbak bener2 horror tiap cuci piring & cuci muka :(.
      Wah asyik dong ya dikunjungi mertua ;).

  18. hmmm. kuenya mengundang selera tuh…

    1. Klo aku pilih dibungkus saja ah ;).

  19. Selamat Hari Paskah Nel…
    kue2 dan dekorasi mejanya cantik dan meriah …, pasti enak kuenya ya…

    aku bayangin si oma yg mungkin cuma bisa ngobrol 2 minggu sekali, hari lain dia sendirian ya…?
    kasihan juga, pantes senang kalau Nella datang

    1. Terima kasih kak Monda :).
      Iya kak sehari-hari si oma sendirian, rumahnya besar, anak2nya sudah bekerluarga semua jadi ga tinggal bareng oma, seperti itulah ciri khas di Jerman. Lansia klo ga tinggal sendirian dirumah ya tinggal di panti jompo.

      Hari pertama kerja, baru datang langsung disuruh duduk buat ngobrol2, setengah jam kemudian baru kerja.

  20. duh emang ya kalo di Jerman perayaan hari besar tuh banyak pernak pernik nya! Lucu banget sih itu cokelat nya. Kali ini kita ga begitu ngerayain paskah seperti taun2 berikutnya karena oma kami baru aja meninggal dunia … Yah biasa nya sih dinner di mertua & aku yg bikin hidangan pencuci mulut dari Indonesia (ciee..tumben nih) Kemaren cuma beres2 rumah, beres2 rumah oma, eh udah selasa lagi..

    1. Di Belanda ga banyak pernak pernik Pie? Tp klo bunga pastinya disana lebih banyakk ya ;). Turut berdukacita buat oma ya.

      1. Ada sih tp kalo dibandingin sama Jerman ya beda banget deh. Makasih ya.. Aku suka banget deh ngeliatin pernak pernik nya apalagi kalau Natal, wah rame banget ya.

  21. seru juga ya mbak perayaannya 🙂 Paling suka kalo udh kumpul dan makan2 gt
    Kuliahnya bayar yah? Untung dpt diskon yah, beruntung aku di Swedia kl gitu, kl kuliah bisa gretong.
    Kalo water heater mati sengsara ya mbak, kmrn aja accidently pake air dingin, kulit pecah2 semua nih 🙁 sakit ampe sekarang :'(

    1. Seru sih klo kumpul2 tp makan muluuu jadi nduutt :(.
      Iya sama kulitku juga pecah gara2 cuci piring & cuci muka, klo mandi ga berani :D.

  22. mbak nella tanya dong kalo kerjanya dua jam seminggu dapet Minilohn kah?

    salam
    /kayka

      1. Sori salah nulis mbak nella. Yg saya maksud Minijob 450 Euro.

        salam
        /kayka

        1. Yang saya kerjakan terlalu mini mbak, cuma 2 minggu sekali :D, ya mirip minijob kali ya ;).

  23. cokelatnya dikirim ke sini aja boleh ndak? hihihi, aku suka cokelaat
    btw ngga kebayang water heater mati :(.. bisa membayangkan dinginnya soalnya di sini juga masi turun salju!
    Happy Easter ya, Nella 🙂

    1. Pemanas ruang sih nyala, yang mat hanya air. Klo mandi ga berani, cuci piring ya terpaksa berdingin ria :(.
      Sore ini sudah bisa lagi air panasnya ;).

  24. wah asyik ya sudah dapat kerjaan …
    Selamat Paskah kak Nella …. maaf telat, baru sempat berkunjung dimari …. 😀
    Acara Paskahnya seru ya kak, makan-makan terus …

    1. Selamat paskah juga wong cilik ;).

  25. ya ampun kebayang lagi dinginnya begitu tapi water heater nya rusak?? wuiii…. soalnay cuci tangan aja pasti udah kedinginan banget ya. hehehe.

    seru tuh acara makan2 paskahnya… 😀
    kemaren paskah kita ke gereja datengnya telat. ramenya bukan main. nyari parker aja susah. hahaha.

    1. Iyaa Man dinginn banget kaya air es, apalagi gw ga punya mesin cuci piring ya terpaksa berdingin2 ria, hasilnya kulit tangan pecah2 ; (. Iya pemananasnya rusak.

  26. cutisyana

    Buona Pasqua Mbak 😉

      1. cutisyana

        iyaa.. artinya selamat paskah 😀

  27. Waaahh, banyak banget coklatnyaaaaa 😀
    oia mba, bunga Hortensia itu bunga hydrangea ya? 😀

    1. Iya Chit, hortensia sama saja hydragea ;).

      1. bisa di stek ya mba???
        hydrangea punyak ku gak tumbuh tumbuh bunganya, udah 2 tahun padahal. daunnya subur banget.
        sedangkan kalau yang di florist di medan, daunnya ga seger, tapi bunganya ada. 😀
        hahaha gimana ya mba cara numbuhinnya.

        1. Menurutku sih tukang bunga kasih banyak pupuk deh. Sementara aku pelit beli pupuk krn mahal :D. Aku beli hydragea biru, diskon baru tumbuh daun2nya kecil2, aku pindahakan ke pot baru jadi mati :(.

          1. iya mba sepertinya gitu. kalau punyaku jarang banget kasi pupuk, paling kasih ajinamoto. 😀
            hahahha
            tapi subur loh mba, bunga mawarku tiap ditabur itu banyak tumbuh kuntum bunganya. ga kebayang deh, ajinamoto bisa numbuhin bunga, gimana kalau manusua??
            kan itu bahan penyedap makanan ya kan mba

          2. Haaaa masah sih??? Aku mau coba juga deh, mawarku kasih penyedap rasa, klo ajimomoto ga ada disini :D.

          3. iya mba, mlahan mama lebih suka ngepupuk pakai ajinamoto, atau sasa. 😀
            bunga mawar, bugenvile, anggrek, di taburin mama pakai itu.
            Buanyak habis tu mba bunganya. coba deh mba 😀

Leave a Reply