Inilah The Queen of Night Tulip

loading...

Coba tunjuk tangan siapa yang sudah pernah melihat tulip hitam secara langsung?”. Kalau belum pernah lihat, saya mau pamer nih tulip hitamku, cantik loh! ;-).

loading...

Menurut ehow.com sebenarnya tulip hitam tidak ada. Meskipun beberapa varietas secara tidak langsung membuat kita berpikir warnanya hitam. Contohnya merah anggur, merah marun dan ungu adalah tulip berwarna sangat gelap.

Nah tulip yang paling dekat dengan warna hitam adalah : Queen of Night, Burgundy, Black Parrot, Black Hero dan Black Diamond. Saya punya salah satunya, ya si Queen of Night.

Bibit umbi Tulip hitam Mulai Tumbuh
Bibit umbi Tulip hitam Mulai Tumbuh

Menurut direktur teknis dari Pusat Bulb Bunga Internasional di Belanda, tidak ada tulip, bunga dan tanaman lainnya yang benar-benar murni berwarna hitam. Pada abad ke 17, Belanda memulai proyeknya untuk membuat tulip hitam.

Tulip Hitam semakin tumbuh besar. My Black Tulips Flower Getting Bigger
Tulip Hitam semakin tumbuh besar. My Black Tulips Flower Getting Bigger

Tulip, genus tanaman asli Asia, mulai muncul di barat, di kebun di Belanda pada abad ke-17. Sejak saat itu, tukang kebun dan pecinta tanaman di seluruh dunia telah menanam dan bereksperimen dengan tulip. Percobaan dalam menggabungkan sifat genetik tulip menghasilkan beberapa varietas tulip hitam.

Beautiful The Queen of Night Tulips 9 dan 10 Februari 2013
Beautiful The Queen of Night Tulips 9 dan 10 Februari 2013

Deskripsi Bunga Tulip Hitam

• Keluarga: Liliaceae
• Asal: Tulip hitam adalah jenis tulip hibrida. Tulip yang benar-benar (murni) hitam sangat sulit untuk mendapatkannya. Kebanyakan warna campuran ungu, merah anggur gelap atau merah marun yang paling dekat dengan hitam murni.

• Paparan sinar matahari: tulip Hitam membutuhkan paparan sinar matahari penuh atau parsial.
• Tinggi: tulip hitam meningkat dari 16 ke 18 inci.
• Tanah: berpasir, tanah yang subur, drainase baik, dan tidak terlalu basah adalah terbaik untuk tumbuh tulip hitam.

• Daun: daun tulip hitam tebal dan panjang memiliki warna perak keabu-abuan.
• Waktu Berbunga: tulip hitam mekar di akhir musim semi.
• Pemeliharaan: tulip hitam tidak memerlukan perawatan khusus karena mereka adalah bunga hibrida.
• Metode Perbanyakan: tulip dapat diperbanyak dengan menggunakan dua metode – melalui biji atau umbi. Untuk biji, saya belum mengerti dari bagian tulip mananya mendapatkan biji tulip?.

Top Ten Tulips menurut bulbsociety.org *sayang websitenya tidak aktif lagi 🙁 .

loading...

untuk ke halaman berikutnya klik Next/Lanjut

About these ads
loading...

94 thoughts on “Inilah The Queen of Night Tulip

  1. […] Terkait : • Tips Penanaman Tulip • Tulip hitam Queen of Night • Tulip di Indonesia • Tulip Berbau Permen • Memotret Bunga Tulip • Perkembangan Bibit […]

  2. Mungkin pada halekatnya bunga itu perlu warna untuk hidup ya mbak. makanya gak ada yg warna hitam polos *komensotoy*

    1. Iya ya Niee, susah juga bikin yg benar2 hitam :D.

  3. […] terkait : • Tulip hitam Queen of Night • Tulip di Indonesia • Tulip Berbau Permen • Memotret Bunga Tulip • Perkembangan Bibit […]

  4. Warnanya kerenn.. Suka banget bunga ya mbak? Sepertinya banyak sekali nanam bunga <3

    1. Iyaaa saya penggila tanaman :D.

  5. kereeen Mbaaak… akhirnya mekar juga tulip hitamnya 😀

  6. Sukaaaaaaaaaaaaaa.. aku suka tulip. Kayaknya warna ini pernah liat deh Nel.. tapi campuran sama warna lain gitu.. fotonya bisa diliat di sini http://bebenyabubu.com/2011/07/25/flowers/.. tulipnya ketemu di taman kecil gitu deh di Denmark. bagus yaaa..

    1. Aku sudah lihat blog Bebe, wahhh bagusss bangettt. Warna biru ya?, aku belum pernah lihat langsung warna tsb.

  7. Warna bunganya keren. Btw, kenapa bunga tulip identik dengan negeri Belanda? Padahal asal Asia, ya.

    1. Tulip berasal dari Asia tengah, negara Belanda yang mengembangkannya secara besar-besar, makanya negara Belanda identik dengan tulip :).

  8. indah sekali ungunya mba 😀 😀
    (lebih suka bilang ungu daripada hitam)

    1. Ayu suka ungu?, minggu depan saya posting tulip unguku :).

      1. suka banget mba, kesannya klasik gimana gitu.. 😀
        Tapi ini bagus banget ya warnanya
        Ada ungu versi lainnya? wah..ditunggu ni >>^o^<<

  9. keren. 🙂 kalo musim dingin dianya gimana mbak?

    1. Karena kutanam dipot, jd pas winter aku bisa taruh rumah, tumbuh lebih cepat, karena hangat dalam rumah.
      Kalau tanam ditaman, ya baru tumbuh ketika musim semi, dimana cuaca mulai hangat.

  10. aritunsa

    keren dan cantik yah warna bunganya 😀 itu baunya gmn mbak?

    1. Hai Ari, bunga ini tidak ada baunya.

  11. wah artikel yang keren ..blog nya juga tambah keren ..top

  12. tulip kalo ditanam di indonesia bisa tumbuh g ya mbak? 😀

    1. Ada yang nanam di Dieng dan Sleman bisa numbuh, daerah lain belum dapat laporan ;-).

  13. Cakep banget tulip hitamnya, Mbak Nella.
    Jadi sudah punya berapa jenis nih tulipnya?

    1. Kalau saya tidak salah hitung, punya 9 jenis tulip :D.

  14. Bagus banget warnanya… sayang ga bisa di tanam di depan rumah
    Bunga oh bunga… di depan rumah ku cuma ada bunga rumput, hehehe

    1. Rumput ada bunganya juga? :D.

  15. walaupun gak sepenuhnya hitam, ternyata beneran ada yaaa bunga yg wrnanya hitam…
    lama-lama mbak Nella nama tengahnya aku tambahi kata ‘Tulip’ nih… 😀

    1. Nella tulip Silaen gitu ya bunda hehehe :D.

  16. Baru kali ini lliat tulip warna hitam keunguan 😀
    Keren juga ya, sangar lihatnya 😀

    1. Hai Zippy, saya juga baru pertama kali menanam tulip hitam nih :).

  17. ded

    Kok saya melihat tulip mirip dg bunga bakung di halaman rumah saya ya nel? Yg pasti indah banget 🙂

    1. ada foto bunganya pak Ded?. iya sungguh indah :).

  18. Tulip warna gelap juga punya pesonanya sendiri ya..anggun & eksotis Mba.. 😀

    1. Iya Teena cantik ya sekaligus misterius :D.

  19. wahhh cantik mba.
    😀

    oia mba nella, saya mau bagi informasi nih, seputar perbanyak umbi tulip dari media biji. *beberapa hari yang lalu saya baru baca soalnya :D* hehehe

    dia dari bunganya mba, kayak penyerbukan gitu, ntar dari bunganya ada muncul kepingan calon umbi gitu.
    untuk lebih jelasnya baca di sini ya mba >> http://www.srgc.org.uk/bulblog/log2007/170707/log.html
    😉

    semoga bermanfaat

    1. Oo dari bunganya, yaa tulip2ku sudah selesai berbunga semuanya. Coba tahun depan deh. Makasih ya Chitra ;-).

      1. iya mba sama sama. 😀
        semoga bisa sukses tahun depan. Ntar kalau udah bisa ajarin ya mba.
        🙂

        1. Aku beberapa kali perhatikan kelopak bunga tulip, penasaran cari biji atau benihnya. Aku lihat2 ko ga ada yg mirip biji. Pas cek grape hyacint dari 40 bunga, cuma nemu 1 bibitnya :D.

          1. 😀 wah susah ya mba, Hmm apa mungkin perlu kita lakukan bantuan untuk penyerbukannya ya 😀
            Kemaren saya pernah nyerbukin bunga anggrek, udah jadi sih, pas mau panen gagal mulu. udah pecah duluan >_<

          2. Anggrek ku ga muncul2 bunganya :(. Chitra bahas cara penyerbukan anggrek dong, sekalian foto2nya ya. Makasih :D.

          3. oke mba :D,
            Besok aku lakukan penyerbukan silangkan mereka.
            Kebetulan lagi pada berbunga anggreknya.
            Dan untuk bahan Uji coba yang ke 4. XD
            semoga kali ini pas panen, belum pecah buahnya.

          4. sippp ga sabar baca tulisan Chitra :).

          5. 😀 heheheh tunggu ya mba. besok pagi pagi buta enak tuh mba polen nya. masih adem.

          6. Oia mba mau nanya bunga Rhododendro itu sama ya sama bunga azelia??

          7. Rhododendron beda Chit dengan Azalea. Salah satu yang membedakannya, pada musim gugur, daun-daun Azalea akan rontok, sedangkan Rhododendron tetap hijau :).

  20. Kalo mau tulip yang benar2 hitam sih gampang, tinggal dibakar aja sampe gosong :mrgreen: Mba Nella bunganya keren banget deh!!!

    1. Hahaha akang bisa aja deh :D.

  21. Wow…wow… sampe terharu liatnya Nel.. indaaahhhhh…
    Thanks udah berbagi…. I mean it !!!

    1. saya senang kalau mama Yara suka :).

  22. eh..jadi beneran ada ya Nel…si tulip hitam kirain cuma di cerita aja
    aku ingat ada cerita klasik pencarian tulip hitam. ..sayang nggak ingat lagi judul dan nama pengarangnya..

    1. krn novel2 klasik bertema atau berjudul tulip hitam, orang2 jadi penasaran mencari apa benar ada tulipya, benar ada kak :).

  23. tulipnya indah sekali …

    1. Hai wong Cilik, terima kasih ya :).

  24. ardika

    Jadi membayangkan rumahmu mbak. Pasti warna-warni banyak bunganya ya.

    1. sekarang sih lagi pada hijau kembali, karena tulip2ku sudah selesai masa berbunganya, trus lanjut nanam bibit-bibit bunga musim panas

      1. ardika

        Okelah mbak, yang penting diupdate foto-fotonya. he he

  25. keren banget warnanya yaaa 🙂

  26. bunganya cantik banget. Kamu bener2 bertangan dingin. Padahal ni hanya diloteng yak

    1. Iya mbak Ika, saya berkebun di loteng :).

  27. cantik bangettt mbaaa, aku langsung keinget sama arabian princess gitu atay egypt queen *ngayal* warnanya soalnya mistik-mistik gimana gitu..jadi langsung keinget timur tengah 😀

    1. Mistik ya warnanya. Aku punya dahlia arabian night, warnanya mirip si tulip hitam.

  28. cantik banget ya tulip hitamnya 🙂

    1. Cantik & misterius, begitulah gambaran tulip hitam :D.

      1. begitu ya mba hehehe endingnya menarik untuk dipelihara 😀

  29. waaa cantik sekaliiiii >.<

  30. mauuuuu…cantik banget yaaa ^^

    1. Sudah berakhir masa berbunganya :D.

  31. Aiiiiiih..
    Indah banget Mbak…
    Sangat suka keindalan dalamgelap.. lebih pekat dan berani…

    Hmmmm….
    Pingiiiiiiiiiiiiin

    1. sudah berakhir masa berbunganya :D.

  32. Rumahnya ganti dekorasi rupanya.

    Warnanya cantik, ungu misterius 🙂

    1. Kalau terkena sinar matahari jadi cenderung ke warna ungu :D.

    1. Terima kasih pak Lambang ;).

  33. Evi

    Waaaa…kayaknya baru lihat disini tulip hitam Mbak. Duh cantiknya, pengen cium hehehe…

    1. Tulip hitam tidak ada baunya mbak :D. Kalau tulip Yokohama (kuning) nah baru harummm banget.

  34. wah….indah bngt y sis!

    1. iyaaa cakeep ya sis :). Masa berbunga semua tulipku sdh berakhir.

      1. berarti tggl tunggu sale bibit ny aja nih!hihihi……

  35. Gak pernah liat, taunya cuman dari mba nella aja hehe. Cuakep ya warnanya gelap gitu

    1. Iya warnanya gelap, hampir mendekati hitamlah :D.

      1. sama, baru kali ini juga liat nya… keren! Siapa bilang ga ada bunga yang warna nya htam ya heheee

        1. Iyaaa ada dong ya bunga yang hitam :).

  36. indahnyaaaa. so elegant and gorgeous.

Comments are closed.